Poin Brogader : 9523 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 25.10.07 23:12
First topic message reminder :
Brogaders semua, berdasarkan pengalaman pribadi dan pengetahuan yang minim saya hanya mau sharing seputar penyebab mengapa mesin suzuki thunder sering brebet (byar pet klo kata PLN mah...)
Berikut mungkin root cause yang bisa menjadi penyebabnya, silahkan dirunut dan diperiksa pada kendaraan masing-masing jika mengalaminya:
Cek Bensin. Kemungkinan ada air yang masuk ke dalam karburator dan ikut terbakar di ruang bakar. Solusi: Kuras tangki, bersihkan karburator. Disarankan untuk service besar supaya kerak dari karbon di ruang bakar bisa dibersihkan.
Cek Busi / Kelistrikan. Biasanya supply listrik menjadi salah satu penyebab mengapa mesin brebet, hal ini dikarenakan supply listrik ke ruang bakar tidak konsisten (kadang ada kadang nggak) yg menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna. Solusi: Pastikan pasokan listrik ke ruang bakar yang melalui busi.
Cek Setingan Udara vs BBM di Karburator. Konsentrasi campuran BBM dan Udara yang ideal adalah prinsip dasar dalam hal pembakaran pada mesin kendaraan. Idealnya kondisi pengkabutan di ruang bakar harus pas supaya proses pembakaran dan pembentukan energi terjadi dengan sempurna. Di Suzuki Thunder, komposisi keduanya diatur oleh Karburator yang berfungsi menyiapkan campuran Udara dan BBM ke dalam mesin. Oleh karena itu, pastikan setingan ini pas / ideal dengan cara mengatur spuyer (Pilot Jet dan Main Jet), Setelan asupan udara, dan setelan klep buang (exhaust), serta jenis muffler atau knalpot.
Demikian sedikit sharing dr pengalaman yang pernah dialamain secara pribadi, mohon maaf kalau ada yang salah and please CMIIW... Thanks bro...
Pengirim
Message
dree PRATU KOSTER
Total Posan : 28 Sejak : 14.04.10
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 06.05.10 15:51
Poin Brogader : 6131 Total Posan : 572 Sejak : 03.12.07 Domisili : Bandung - Garut Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : Sijalu Sikon : Menikah Hobi : SepakBola
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 06.05.10 16:27
Saya juga pernah begitu bro......., tapi lhamdulillah hanya ganti BBM saja dari Premium ke Pertamax dan tok cer.... nggak berebet lagi...., cuman malsah nya mongtor ane bukan brebet .. tapi ngebul klo dipanasin... atau motorpas disimpen agal lamaan......
thunder_warrior KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5466 Total Posan : 72 Sejak : 14.08.09 Domisili : Denpasar. Bali KorWil : Denpasar. Bali NRA : 650 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : thunder 125 Sikon : Married Hobi : Jalan-jalan, fotografi Slogan : Bravo KOSTER
let's make a better world to make a better life
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 07.05.10 15:52
Masalah brebet itu artinya adalah: pembakaran di ruang bakar tidak stabil... kadang sesuai, kadang hilang... nah berakar dari konsep itu maka dapat dilihat faktor2 yang berperan dalam memproses pembakaran adalah: - bensin dan udara yang masuk dari klep intake - api untuk membakar yang dihasilkan oleh busi... - exhaust (walaupun secara logika tinggal besarkan aja pipa knalpot, maka makin lancar pembuangan Nah dari ketiga itu kalo mau selidiki lagi secara lebih detail: - apakah setelan karburatornya ada hambatan? tangki bensin kotor? saringan udara? dll?? - pengapian cek busi, tali busi dll - dll....
Nah kalo males menyelidiki... tinggal ke bengkel pada saat bensin udah mau habis trus minta servis besar.. sekalian stel klep dan semua.. bersihkan dan stel karbu.. minta juga sekalian bersihkan tangki dll... trus INGAT BAYAR
baru serasa naek motor agak baru lah he he... IMHO
webster AdminMuda KOSTER
Poin Brogader : 7519 Total Posan : 5143 Sejak : 19.08.08 Domisili : RawaMangun KorWil : Jakarta Pusat NRA : 0728 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : Darknight Status :
lajang
Sikon : Single Hobi : Nonton Film Slogan : ** A little love can make a bi
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 08.05.10 0:54
suzuki thunder 125 kalau sudah ganti knalpot..siap siap terjadi banyak masalah ..
bayoe CATAM KOSTER
Poin Brogader : 5467 Total Posan : 7 Sejak : 07.06.09 Domisili : Bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 27.05.10 22:02
mau bantu aja nih... kmrn jg gw sempet ngalamin kaya gt...mtr brebet kalo lg ujan...
coba liat karet manifold-nya..yg ngubungin karbu ma mesin...kalo pecah2 harus d ganti...kalo ga skepnya suka nyangkut...pas d gas ga mau turun lg tuh skep...jadi ngempos...trs mati dah tuh motor...
smoga membantu
jann CATAM KOSTER
Poin Brogader : 5038 Total Posan : 7 Sejak : 04.08.10 Domisili : solo NRA : 0000 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: P/S : Tolooonnnggggggg.. thundie keujanan, masuk angin... 27.08.10 0:12
Bro-Bro sekalian saia butuh bantuan ini....
kok thundie saia kalo pas lg jalan n kondisi ujan, habis putaran tinggi trs lepas gas n gas ditarik lg kok malah mbrebet yah??? keseringan sampe malah mati... trs kalo udah minggir, di choke mau nyala lg rada mbrebet hrs digeber2 dulu baru normal, nanti selang berapa jauh gitu lg.... kira2 apanya ya Bro?? solusinya apa?? udah saia cek karbu berulang-ulang tetep aja gitu. ... mohon bantuan dari Bro-Bro senior... makasih sebelumnya. ...
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27464 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 27.08.10 23:41
Pak Iwan, kira2 apa sebaiknya ganti kabel busi?? ato bgmn??
iya, tiap kali dibawa pas ujan2 pasti gitu. jadi habis lepas gas n di gas lagi kyk telat ngangkat trs kalo dipaksa di gas trs terkadang malah mati... pernah hampir celaka gara2 itu, pas lagi nyalip mobil n dari depan juga papasan mobil tau2 kumat lagi...
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27464 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 28.08.10 10:47
Sejauh diketahui, utk kabel busi plus kepala busi asal | orisinil, tak pernah bermasalah kena hujan, bahkan meski disiram sekalipun.
Thunder para brogader KOSTER pada umumnya sering menerjang hujan deras dan bahkan banjir hampir setiinggi mesin, blm pernah ada yg mogok atau bermasalah, termasuk Thunder sy, dan walau disiram langsung beremberember tak terganggu sedikitpun.
Para brogader KOSTER disini sering pergi-pulang tour dlm kondisi hujan deras, dan sy blm pernah dengar ada motor anggota KOSTER yg mbrebet kena hujan. Bbrp waktu lalu, sy pakai Thunder sendirian pulang malam menempuh hujan tiada henti dari Bandung hingga ke Bogor selama sekitar dua jam non-stop, padahal biasanya sekitar tiga jam, tp krn hujan deras, jalan sepi, dan sy bisa tancap gas penuh rerata 100 kmph, dan samasekali tak bermasalah.
. . .
Jadi ada kemungkinan sambungan antara kabel dan kepala busi pd Thunder anda tak tersambung dgn baik dan benar. Atau bisa jadi bahwa kabel dan atau kepala busi Thunder anda pernah diganti dgn yg berkualitas jelek.
. . .
Jadi penggantian bukan solusi, kalau malah tak lbh baik dan pemasangannya tak benar.
Yg benar adalah bahwa air di kabel busi tak boleh mengalir merembes menembus kepala busi shg membasahi dan membuat lembab ruang kontak antara kawat inti kabel dan elektroda busi.
Perlu dicatat bahwa, yg bikin masalah bukan basahnya, tp lembabnya!!! Artinya, walau antara kawat dan elektroda busi basah, asal tak lembab, maka konduksi listrik ttp berlangsung, krn air adalah konduktor listrik.
. . .
Tonny_aja BRIGJEN KOSTER
Poin Brogader : 7424 Total Posan : 1766 Sejak : 21.11.07 Domisili : Bogor - Jakarta KorWil : Bogor NRA : 0084 Jabatan : Anggota Bisa Koster Bogor Thunder :
125
Julukan : 125 & 250 Sikon : Punya Anak 1
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 28.08.10 11:15
jann wrote:
Pak Iwan, kira2 apa sebaiknya ganti kabel busi?? ato bgmn??
iya, tiap kali dibawa pas ujan2 pasti gitu. jadi habis lepas gas n di gas lagi kyk telat ngangkat trs kalo dipaksa di gas trs terkadang malah mati... pernah hampir celaka gara2 itu, pas lagi nyalip mobil n dari depan juga papasan mobil tau2 kumat lagi...
Mudah mudahan membantu,
Bro Jann permasalahaannya ada di karburator, skep/zuiger kalburator sdh baret dan lapisan teplonnya sdh habis, biar rada sedikit lancar skep di bersihkan pakai KIT atau otosol tp jangan terlalu keras gosoknya ...
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9672 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 28.08.10 16:06
:KOSTER nice info
jann CATAM KOSTER
Poin Brogader : 5038 Total Posan : 7 Sejak : 04.08.10 Domisili : solo NRA : 0000 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 30.08.10 12:16
wah Bro makasih, kmrn saia cek semua.. ternyata cuk dari kabel busi longgar n di skep-nya ada semacam keraknya... udah di benerin semua.. kmrn pas pg hunting n keujanan udah sehat.... wkwkwkwkwk.... Makasih Bro-Bro sekalian. ...
nuraminrais CATAM KOSTER
Poin Brogader : 4536 Total Posan : 6 Sejak : 29.12.11 Domisili : salatiga KorWil : KOSTER NRA : 0000 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: mbrebet,,,karburator apa kelistrikan ya? 16.04.12 22:33
Selamat malam,,,...salam koster!!! ane pake thunder thun 2005...karburator asli mbrebet kalo dipake pada rpm 5000an... alhasil, ane ganti pake punya RX king KW...masih mbrebet...ane ganti lagi pake RX king ori... waktu pertama pemakaian mbrebet tapi dkit,,sekarang kok banget ya ,,pas rpm 500an jg kl dibiarin jalan pada rpm it aja..kl langsung buat kenceng sech gpp,,tp kl pas jalan dan hrs rpm 5000 psti mbrebet...ada yg tahu solusinya gan? hmpr frustasi ne...mau dibiarin dan dilupain jg susah,wing tiap hr dipake jalan... ap mngkin ad mslah ama CDI ya? mhon pencerahan..
Deden Andriawan AdminMuda KOSTER
Poin Brogader : 5829 Total Posan : 565 Sejak : 27.02.10 Domisili : Jakarta KorWil : Jakarta Selatan NRA : 863 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125 dan 250
Julukan : Thunder 125FU Status :
kawin | nikah
Sikon : Bahagia Hobi : Komputer, Thunder, Makanan Halal & Nonton Film Slogan : Bravo KOSTER
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 18.04.12 20:52
Selamat Malam Juga Bro Amin, Salam Kenal
Selamat Datang di
Artinya Pembakaran Ga Sempurna (Pengapian / Suplay BBM) Biasanya
Masalahnya Setingan Angin di Karburator / Cangklong & Koil Yg Mulai Aus Coba
Cek Dulu Satu Per Satu Mungkin Salah Satunya Bro Amin
jhaya_skywalker CATAM KOSTER
Poin Brogader : 4411 Total Posan : 6 Sejak : 19.04.12 Domisili : Gorontalo KorWil : KOSTER NRA : 0000 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : blacknblue Status :
kawin | nikah
Hobi : MODIF Slogan : Bravo KOSTER
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 18.05.12 12:12
mohon bantuannya.. nama saya Jaya, NEWBIE, thunder rider Gorontalo. pake thunder125 sejak 2007 (kondisi standar, BBm bensin, pelumas cas*rol, perawatan rutin /bulan) hingga sebulan lalu si thunder punya mslah sbb : 1. seprti kehilangan tenaga (istilahnya ngempos ya?..maaf klo salah) terutama saat berkendara RPM rendah, saat narik gas utk ganti gigi atau pengereman (lampu merah, stop dll)..kadang juga terjadi saat perjalanan dgn kondisi medan berbukit +/- 30Km tiba2 kayak mau mati kehabisan bensin, klo terpaksa mati di stater hidup n jalan lagi.. Pernah juga kejadian diparkiran kantor, hidup bisa tapi gasnya ga bisa naik.. 2. ternyata di servis ganti karet vakum (bocor), ganti busi, setel klep, karbu dibersihin..nah, pd saat bersihin karbu katanya si montir PJnya gak bisa dibuka, udah keras, solusinya PJ hanya disemprot pake kompresor...(apa itu sdh betul??) hasilnya bagus tapi setelah dipake 1 atau 2 hari kemudian masalah di atas datang lagi.. 3. alhasil...solusi smntara klo lagi jalan trus ngmposs, RPM si thunder dijaga jgn terlalu dibawah, takut klo Rpm bawah dia mati..hehehe
untuk Itulah saya mohon masukannya dr senior2....atas jawaban/solusinya saya ucapkan bnyak terimakasih...
Sponsored content
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?