Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 4 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 4 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?

Go down 
+51
thunder_warrior
Dhanny
dedy0208
ariawibawa
dree
andraloveeby
otipati17
agung diaz
bayoe
alam_hilman
u1_007
ajismandegar
esel
5M1L3
t0mj3ry
Aslavist
denbagus
Daverson
bartolomeaus
k0ng_k0ng
yadie_bejat
dexolgenk
France Tivoz
oenank-jtc
webster
buyung
nabaa0
Rhoiz JeTC
harry2yo
rherhe
cepyhafiz
not exist anymore
brorokrs
Thunder Rider
Maz_Praz
Teddy_Yanuar
atnlie
Heru
Tonny_aja
candra904
Wendy Dj
nasroelz
king syahriar
teddy
Bro Jay
ian 191
dimas.prihadi
gerry_garsono
kumis
DarkCloud
042
55 posters
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next
PengirimMessage
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9528
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime25.10.07 23:12

First topic message reminder :

Brogaders semua, berdasarkan pengalaman pribadi dan pengetahuan yang minim saya hanya mau sharing seputar penyebab mengapa mesin suzuki thunder sering brebet (byar pet klo kata PLN mah...)

Berikut mungkin root cause yang bisa menjadi penyebabnya, silahkan dirunut dan diperiksa pada kendaraan masing-masing jika mengalaminya:


  1. Cek Bensin.
    Kemungkinan ada air yang masuk ke dalam karburator dan ikut terbakar di ruang bakar.
    Solusi: Kuras tangki, bersihkan karburator. Disarankan untuk service besar supaya kerak dari karbon di ruang bakar bisa dibersihkan.
  2. Cek Busi / Kelistrikan.
    Biasanya supply listrik menjadi salah satu penyebab mengapa mesin brebet, hal ini dikarenakan supply listrik ke ruang bakar tidak konsisten (kadang ada kadang nggak) yg menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna.
    Solusi: Pastikan pasokan listrik ke ruang bakar yang melalui busi.
  3. Cek Setingan Udara vs BBM di Karburator.
    Konsentrasi campuran BBM dan Udara yang ideal adalah prinsip dasar dalam hal pembakaran pada mesin kendaraan. Idealnya kondisi pengkabutan di ruang bakar harus pas supaya proses pembakaran dan pembentukan energi terjadi dengan sempurna. Di Suzuki Thunder, komposisi keduanya diatur oleh Karburator yang berfungsi menyiapkan campuran Udara dan BBM ke dalam mesin. Oleh karena itu, pastikan setingan ini pas / ideal dengan cara mengatur spuyer (Pilot Jet dan Main Jet), Setelan asupan udara, dan setelan klep buang (exhaust), serta jenis muffler atau knalpot.


    Demikian sedikit sharing dr pengalaman yang pernah dialamain secara pribadi, mohon maaf kalau ada yang salah and please CMIIW... Thanks bro...
    Ini motor gue...!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net

PengirimMessage
Maz_Praz
PELDA KOSTER
PELDA KOSTER



Total Posan : 266
Sejak : 17.04.07

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime23.04.08 18:28

Tonny_aja wrote:
tapi ngomong2 yang punya gw juga sama, tapi kasusnya kalo hujan aja. semua sudah saya lakukan seperti :

1. kabel busi di cek sampai gw lakban.
2. kabel2 gw dilakban ulang
3. tanki sudah dikuras pula
4. busi sudah diganti

Sori bro bukannya ane sok tau, tapi ane pernah ngalamin kayak gini. Cek punya cek gak taunya Switch Engine Cut Off Thundie 125 (yg di stang kanan atas warna merah) lengkap amat-red rentan karat kalo sering kena air hujan. Solusinya akhirnya itu switch gw JAMPER langsung alias di solder langsung. Jd switch itu walaupun di kutak katik gak bakal bikin mesin mati.
Gejala yg gw alamin ditiap kali dibawa jalan tiba2x mesin mati atau klo kena gajlukan mesin tiba2x mati.
Padahal semua yg diatas dah gw laksanain. Akhir ya ketahuan deh asal muasal masalahnya.
Gw punya thundie 125 dah lebih 3 tahun bro......tp ampe skr cuman ganti spull magnet doang karena kebakar. Selebihnya gak ada.

Gitu aja bro info dari ane moga moga bermanfaat.................... We Love Koster! Angkat Gelas Bir Bua Angkat Gelas Bir Bua
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27469
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime24.04.08 2:33

Kuaget banget Wah banyak kasus nih ...

Binun nehh . . . Boleh sy bantu kasih solusi ya?

lama amat yach... . . . Biar nggak tercampur, solusinya satu per satu dah, masing2 dlm satu pos. . . .

Silahkan lihat pos berikut . . . mmhhhh...mikir...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27469
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime24.04.08 2:40

kumis wrote:
minggu belakangan ini motor gw 125 punya problem brebet dan ngempos justru lagi enak2 dijalan suka tiba2 mati (bikin Malu)pas oper gigi terus digas eh langsung ngempos terus mati...deh motor...sudah masuk bengkel serin kali..mulai dari pengecekan karbu sampe setting, busi,ganti membrane dan lain2 tapi hasilnya nol. mekaniknya juga bilang ya thunder memang sudah begini.

gw bingung musti gimana lagi karena budget yg keluar sudah cukup besar, justru orang mekanik juga pada bingung... sebelum kami bersepakat mau jual nich thundie....saya cuma ingin dapat penjelasan resmi dari pihak suzuki atau pun bantuan dari para bro. kita musti ke bengkel mana... karena kami pikir setiap hari menggunakan thundie menyebalkan.. mohon pencerahan
lama amat yach... Ok Bro Kumis, sy coba bantu ya?

Cayooo...Semangat! Tp sblmnya sy ingin menegaskan kembali pernyataan para angota KOSTER lain bahwa, Suzuki Thunder cukup handal. Ini bukan krn kita dr Komunitas Suzuki Thunder, tp dlm kenyataannya demikian. Rata2 Thunder KOSTER sdh menempuh puluhan ribu km tanpa banyak masalah berarti. Jika pun ada masalah, mk masalahnya adalah umum dan msh dlm batas normal utk sbh kendaraan bermotor. Jadi menurut sy itu mekanik nggak benar. Kalau dia anak buah sy pasti langsung sy pecat.

Terus-terang, sy hanya bisa jawab berdasarkan data diatas dr bro, yg sy jabarkan kembali sbb.
  • mesin membrebet, yg menurut bro Dimas, byar pet, alias hidup-mati atau nyala-padam, atawa ndut2an. Betul?!
  • mesin ngempos, kalau menurut istilah teknik kehilangan tenaga. Betul?!
  • mesin sering mati, terutama ketika sehabis pindah gigi dan digas. Betul?!
Benar atau tdk jawaban yg saya berikan sangat bergantung pd data dr anda. Artinya, output bergantung pd input. Makin lengkap data input anda, makin lengkap output sy. Persis spt diagnosa dokter ke org sakit.

Penyebabnya adalah salah satu atau kombinasi bbrp kemungkinan dibawah ini! Bukan yg lain! Pasti!
  1. BERHUBUNGAN DGN ALIRAN BENSIN DAN ATAU UDARA
    1. Tanki bensin kotor. Bersihkan, kuras sampai bersih.
    2. Selang saluran bensin kotor atau tersumbat. Bersihkan atau ganti.
    3. Saringan|filter bensin kotor atau tersumbat. Bersihkan atau ganti.
    4. Saringan|filter udara kotor atau tersumbat. Bersihkan atau ganti.
    5. Stelan campuran gas bahanbakar dan udara karburator berubah. Stel.
    6. Jet karburator kotor atau tersumbat. Bersihkan atau ganti.
    7. Kebocoran udara pd pipa masukan. Kencangkan atau ganti.

  2. BERHUBUNGAN DGN KELISTRIKAN
    1. Konektor kontak kendor, longgar, atau aus. Kencangkan atau ganti.
    2. Stelan celah | gap elektroda busi tdk pas. Stel.
    3. Busi kotor, tdk cocok, aus, atau rusak. Bersihkan atau ganti.
    4. Koil lemah, tdk cocok, aus, atau rusak. Ganti.
    5. CDI lemah, tdk cocok, aus, atau rusak. Ganti.

  3. BERHUBUNGAN DGN PERMESINAN
    1. Oli mesin terlalu banyak. Periksa dan sesuaikan.
    2. Stelan klep sdh berubah, menyimpang, atau klep aus. Stel atau ganti.
    3. Stelan klep salah. Stel, betulkan.
    4. Kelainan pd dudukan klep. Perbaiki.
    5. Pegas | per klep lemah. Ganti.
    6. Lengan ayun (rocker arm) klep aus. Ganti.
Sy kurang yakin dgn istilah ngempos yg anda gunakan. Krn istilah ini sebenarnya digunakan utk menyatakan tenaga mesin yg berkurang secara permanen krn ada bocoran tenaga. Jika tenaga mesin berkurang secara permanen, maka penyebabnya, sbg tambahan dr yg diatas adalah, sbb.
  • BERHUBUNGAN DGN PERMESINAN
    1. Cincin (ring) zuiger | piston aus. Ganti.
    2. Dinding silinder aus. Bubut atau ganti.
mmhhhh...mikir... Kemungkinan diatas dikemukanan krn sy tdk tahu persis brp usia Thunder anda dan bgmn medan operasional sehari2. Kalau Thunder baru, kemungkian diatas sangat banyak bisa dikurangi. Artinya tingkat keausan komponen sangat rendah. Kemungkinan terbesar adalah salah penyetelan, terutama karburator, busi, dan klep. Jadi masalah faktor kesalahan manusia (human error) krn mekanik yg tdk becus!

Binun nehh Jujur saja, sy tk tahu hrs dibawa ke bengkel mana, krn Suzuki Thunder sy sejak beli s/d sekarang, sdh 2 thn kurang 2 bulan, dan 24.000 km lbh [pp touring JaBar dan JaTeng], blm pernah ke bengkel mana pun krn tdk pernah bermasalah, krn maintenansnya ekstra ketat dan sepenuhnya sy tangani sendiri di rumah. Jadi utk bengkel, silahkan merujuk ke rekomendasi Bro Gerry dan bro KOSTER lainnya.

Semoga membantu . . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27469
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime24.04.08 3:16

nasroelz wrote:
kalo motor mberebet pas nikung miring (kayak tracker) kenapa tuh? trus kalo baru diidupin ndut2an.
gw dah servis di bengkel resmi, tapi te2p mash kayak gitu. apa perlu servis besar?
oya, thundie 125 bisa pake aki kering ga?merknya apa? info:thundie 125 2005 (no kick starter) thx b4
lama amat yach... Bro Nasroelz, utk urusan mesin mberebet, silahkan merujuk kpd jawaban sy utk Bro Kumis diatas.

Cayooo...Semangat! Utk aki kering, jelas bisa! Tp sy coba luruskan istilahnya, sbb.

Aki dan baterai dlm istilah teknik disebut sel listrik (electric cell). Ada 2 macam sel listrik, yakni.
  • Sel basah (wet cell), menggunakan cairan elektrolit, dinamakan akumulator (accumulator) disingkat aki (accu).
  • Sel kering (dry cell), menggunakan serbuk elektrolit, dinamakan baterai (battery).
Jadi menurut istilah yg benar, cukup pakai istilah aki saja atau baterai saja, atau sel basah dan sel kering.

Nyanyi nyanyi...Yess Baterai utk Suzuki Thunder banyak dijual [dekat rumah sy juga banyak]. Merupakan satu pak yg terdiri dr 6 unit baterai bertegangan 2,2V (Volt) dgn muatan 1,2 Ah (Ampere hour) yg dihubungan serial, shg total 6 x 2,2V = 13,2V dan 6 x 1,2Ah = 7,2Ah. Tegangan 13,2V ini akan merosot (drop) ketika dipasang pd kendaraan krn ada tegangan Shunt (Shunt Voltage) pd beban statik, shg mencapai sekitar 12V.

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Battery-pack-1-200x200P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Battery-pack-2-200x200

Merek baterai ini bermacam2. Ada buatan Jepang, Taiwan, dan China. Harganya lebih-kurang sama dgn harga aki 12V 7Ah standar Thunder. Saat ini, paling murah sekitar Rp 125.000.

Hal sel kering atau baterai ini sdh banyak dibahas dlm forum ini. Silahkan lihat link sbb.

http://www.suzuki-thunder.net/kelistrikan-suzuki-thunder-komponen-sistem-teknologi-dan-rekayasa-f66/baterai-atau-sel-kering-utk-suzuki-thunder-t2299.htm

http://www.suzuki-thunder.net/kelistrikan-suzuki-thunder-problema-dan-solusi-kelistrikan-f70/sekitar-aki-suzuki-thunder-t3501.htm
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27469
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime24.04.08 3:50

Maz_Praz wrote:
Tonny_aja wrote:
tapi ngomong2 yang punya gw juga sama, tapi kasusnya kalo hujan aja. semua sudah saya lakukan seperti :

1. kabel busi di cek sampai gw lakban.
2. kabel2 gw dilakban ulang
3. tanki sudah dikuras pula
4. busi sudah diganti
Sori bro bukannya ane sok tau, tapi ane pernah ngalamin kayak gini. Cek punya cek gak taunya Switch Engine Cut Off Thundie 125 (yg di stang kanan atas warna merah) lengkap amat-red rentan karat kalo sering kena air hujan. Solusinya akhirnya itu switch gw JAMPER langsung alias di solder langsung. Jd switch itu walaupun di kutak katik gak bakal bikin mesin mati.

Gejala yg gw alamin ditiap kali dibawa jalan tiba2x mesin mati atau klo kena gajlukan mesin tiba2x mati. Padahal semua yg diatas dah gw laksanain. Akhir ya ketahuan deh asal muasal masalahnya. Gw punya thundie 125 dah lebih 3 tahun bro......tp ampe skr cuman ganti spull magnet doang karena kebakar. Selebihnya gak ada.

Gitu aja bro info dari ane moga moga bermanfaat....................
lama amat yach... Jadi kalau hujan saja bermasalah, mk jawabnya sangat sederhana, sbb.

  • BERHUBUNGAN DGN KELISTRIKAN
    • Ada kontak listrik yg basah kena air. Keringkan. Semprot dgn pembersih anti karat. Lindungi dgn penyekat kedap air. Selesai.
Utk anti karat bisa digunakan spry chain lube (pelumas rantai).

. . . Nyanyi nyanyi...Yess . . . :gigi rontok:
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27469
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime24.04.08 4:51

atnlie wrote:
oke dech bro, kalo dah ok mah
bro kalo mo beli booster penambah oktan dimana ya bro?
ga ngerusak mesin kan kalo oktanya tinggi, katanya seh kalo oktan tinggi itu lebih sempurna dan lebih mudah dibakar oleh api mesin thundie kita
TOP BGT !

Kuaget banget Bro Anton Lie gimana sih? Kan ttg octan booster sdh dibahas dlm forum ini dlm topik:

http://www.suzuki-thunder.net/modifikasi-suzuki-thunder-f4/booster-utk-suzuki-thunder-t4007-6.htm

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Export%20Wizard-1

Binun nehh Terus anda dpt info drmn kalau kadar oktan tinggi itu lbh mudah dibakar oleh percikan busi? Kata siapa? Katanya seh? Seh siapa? ha ha ha.

Keliru, itu terbalik bro!? Meneketehe.... Justeru makin tinggi nomor oktan, makin sulit dibakar! Premium 88 lbh mudah terbakar drpd Premium 90 [dulu Premix], dan Premium 90 lbh mudah terbakar drpd Pertamax 92, dan Pertamax 92 lbh mudah terbakar drpd Pertamax 96 [Pertamax Plus].

:melet lidah: Nomor oktan menunjukkan tingkat kesulitan pembakaran suatu BBM. Makin tinggi nomor oktan, makin sulit dibakar! Dan sebaliknya. Lantas kalau kadar oktan makin, tinggi makin sukit dibakar, utk apa kadar oktan ditingkatkan?

BBM dgn nomor oktan rendah cendrung terbakar krn kompresi! Spt solar dibakar oleh mesin Diesel yg tanpa busi! Nah, akibat sebagian BBM terbakar krn kompresi | desakan piston keatas, BBM yg dibakar percikan busi lbh sedikit, shg tenaga mesin dihasilkan berkurang, dan lbh makin berkurang krn BBM yg terbakar, krn kompresi menghasilkan tenaga yg memukul balik piston sblm piston mencapai titik tertinggi alias TMA|TDP (titik mati atas, top death point).


P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 004strokeenginerun-ani


Pembakaran krn kompresi ini menimbulkan letupan atau detonasi (detonation) dan tenaga pukul baliknya menimbulkan ketukan (knocking) thdp permukaan piston, shg permukaan piston spt ditusuk ribuan jarum dan makin lama makin rusak. Jadi peristiwa pembakaran dini pra-penyulutan (pre-ignition) busi ini hrs dihindarkan, krn menurunan tenaga mesin alias menurunkan efisiensi mesin, dan jelas merusak mesin, terutama piston dan dinding silinder.

Jadi itu alasan kenapa Suzuki Thunder dilarang atau tdk dianjurkan memakai Premium 88, krn BBM ini terbakar pd rasio kompresi 8,8. Sedangkan rasio kompresi Thunder adalah 9,2 alias 1,045 kali lbh besar, shg efisiensi menurun jadi 95,7%.

Utk Suzuki Thunder, pembakaran normal, yakni 100% gas campuran BBM dan udara terbakar bertepatan dgn terjadinya percikan busi, adalah jika kadar oktan BBM 92, yg dimilik oleh Pertamax 92.

Jadi kalau mau pakai Premium, pakai Premium 90 [pengganti Premix], krn eror kompresi hanya 0,01 alias penurunan efisiensi hanya jadi 97,8%. Sebaliknya, jika pakai Pertamax 96 [Plus], maka akan lbh sulit dibakar, krn baru terbakar 100% pd rasio kompresi 9,6, jadi ada penurunan efiesiensi lagi jadi 95,7%.


P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Octan-num-vs-r-compression


Tolong informasi ini direkam, dan penjelasan serta alasan dikemukakan dipahami. Juga buat bro yg lain. Semoga berguna dan terimakasih.

. . . Nyanyi nyanyi...Yess . . . :gigi rontok:
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27469
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime24.04.08 4:52

lama amat yach... Jadi total 4 kasus atau masalah sdh sy bantu dgn 4 solusi diatas ya ...

Semoga berguna . . .

. . . Nyanyi nyanyi...Yess . . . Ketawa ampe rontok! :
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
gerry_garsono


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 8059
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime24.04.08 7:26

salam koster :koster: Bendera Indonesia

thanks om iwan yak atas pencerahannya...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
candra904
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
candra904


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6193
Total Posan : 1806
Sejak : 24.05.07
Domisili : Balikpapan
KorWil : Balikpapan
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja dah...
Sikon : kawin 1 anak
Slogan : Orang Bijak Taat Ibadah... Taat Pajak....Taat Berlalulintas

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime24.04.08 8:46

lengkap bener Pa Iwan..... mantab....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/candra904
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9528
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime24.04.08 8:55

thanks atas penjelasannya om Iwan...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Wendy Dj
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
Wendy Dj


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 5955
Total Posan : 1414
Sejak : 10.04.08
Domisili : SBY
KorWil : Surabaya
NRA : 263
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 250 akhirnya...
Sikon : Menikah

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime05.05.08 22:40

mesin saya juga mbrebet... help pls, dah hampir kehilangan akal ni Nyerah Dech

mesin standard, cdi brt hyperband, koil xp, busi emas merk GSP ---> tidak mbrebet, alias baek2 aja

ganti pilot jet 15 merk daytona, tulisan di bungkusnya: pilot jet #15 tm24/f1zr/satria, main jet tidak diganti ---> setelan sangat susah, mesin mbrebet, pas di rpm 4,5-6. diluar rpm itu gpp. kenapa ya kira2?
sekilas info: ujung kepala busi gosong. tandanya bensin terlalu besar yah? kalo bensin terlalu besar, mj diganti yg lebi gede, apa ga tambah gosong businya?

bagi yg udah ganti2 pj n mj, ada pertanyaan sedikit:
1. kalo ganti pj apa hrs ganti mj? kalo tidak harus, setelannya gimana?
2. apa ada yg pernah pake pj daytona? dari yg saya baca sih yg disarankan anak2 koster pj 15 n mj 115 kitaco. emang pj daytona jelek ya?
3. di sby sy ga tau yg jual brg2 begituan. untung ada bro iqbal, sy uda pesen pj n mj kitaco n busi ngk superace. moga2 sembuh deh hiks. my poor thundie

help.... my thundie....it's dying.... Capeeee dehhhh...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27469
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime06.05.08 6:03

Wendy Dj wrote:
mesin saya juga mbrebet... help pls, dah hampir kehilangan akal ni Nyerah Dech

mesin standard, cdi brt hyperband, koil xp, busi emas merk GSP ---> tidak mbrebet, alias baek2 aja

ganti pilot jet 15 merk daytona, tulisan di bungkusnya: pilot jet #15 tm24/f1zr/satria, main jet tidak diganti ---> setelan sangat susah, mesin mbrebet, pas di rpm 4,5-6. diluar rpm itu gpp. kenapa ya kira2?
sekilas info: ujung kepala busi gosong. tandanya bensin terlalu besar yah? kalo bensin terlalu besar, mj diganti yg lebi gede, apa ga tambah gosong businya?

bagi yg udah ganti2 pj n mj, ada pertanyaan sedikit:
1. kalo ganti pj apa hrs ganti mj? kalo tidak harus, setelannya gimana?
2. apa ada yg pernah pake pj daytona? dari yg saya baca sih yg disarankan anak2 koster pj 15 n mj 115 kitaco. emang pj daytona jelek ya?
3. di sby sy ga tau yg jual brg2 begituan. untung ada bro iqbal, sy uda pesen pj n mj kitaco n busi ngk superace. moga2 sembuh deh hiks. my poor thundie

help.... my thundie....it's dying.... Capeeee dehhhh...
Melet lidah . . . he . . . he . . . he . . . capeeekkk deh . . . kayaknya sdh sering dah sy bilang dlm forum ini, kalau mesin membrebet itu sdh pasti letak masalahnya adalah antara karburator, mesin, dan busi, dan dmn sumber utama masalahnya adalah karburator, krn dialah yg mencatu | memasok bahanbakar dr tanki ke mesin.

Kalau Suzuki Thunder anda msh standar, dlm konteks karburator, busi, koil dan CDI, dll, msh bawaan asal, silahkan lihat troubleshooting mesin membrebet pd pos sblmnya: http://www.suzuki-thunder.net/permesinan-suzuki-thunder-problema-dan-solusi-permesinan-f47/mesin-membrebet-kenapa-dan-bagaimana-t3770-26.htm

Tp kalau anda sdh ganti bbg komponen, lantas mesin membrebet, kasusnya bisa lbh fokus kpd masalah penggantian yg tak diset seimbang atau tak dlm konfiguransi balans.

Pd dasarnya, jika mesin membrebet, mk masalahnya adalah ketimpangan Meneketehe.... . . . atau ketakseimbangan pengaturan . . . antara catu | pasok bahanbakar oleh karburator dan pembakaran gas campuran bahanbakar dan udara dlm kamar bakar oleh busi.

lama amat yach... . . . begini brogader semua, kita pantau sejenak deh secara sepintas ttg cara kerja karburator Suzuki Thunder, agar hal semacam ini tak terjadi berulang kali pd Thunder para brogader.

mmhhhh...mikir... Suzuki Thunder menggunakan karburator kecepatan tetap (constant velocity), produk Mikuni tipe BS. Pd karburator tipe ini aliran udara senantiasa dipertahankan pd kecepatan tetap tertentu, tak pernah berubah. Pd awal akselerasi, respon tak terlalu cepat atau instan, namun demikian akselerasi yg halus dpt dicapai, walau pengoperasian klep|katup cekik (throttle valve) agak kasar, ini krn kontrol vakum klep|katup torak (piston valve).

Plat katup cekik berfungsi mengatur kelajuan mesin melalui pengaturan kuantitas gas campuran udara dan bahanbakar yg memasuki bandar masukan (intake port) mesin ketika klep|katup masuk (intake valve) membuka, dgn cara mengatur kuantitas udara yg menerobos karburator. Gerakan plat katup cekik dikendalikan oleh tuas percepatan|akselerasi [gas] di handle kanan. Katup ini menutup penuh ketika mesin dlm keadaan tanpa beban [idle], dan membuka ketika tuas percepatan disentak.

Ketika tuas akselerasi di handle kanan disentak, plat cekik terbuka, bahanbakar masuk kedlm karburator melalui berbagai jet, dan bercampur dgn udara. Prosesnya lebih-kurang sbb. Pilot jet bertugas sbg penuntun bahanbakar yg memasuki karburator, bekerja sama dgn pelampung (float). Ketika plat 0% s/d 30% terbuka, idle jet | pilot jet bekerja. Ketika antara 15% s/d 60% terbuka, needle jet bekerja. Kemudian antara 20% s/d 80% terbuka, maka jet needle bekerja. Sedangkan antara 60% s/d 100% terbuka, main jet bekerja.

Jadi, dgn kata lain, pilot jet bekerja utk mengatur pemasukan bahanbakar dr saat pelat katup cekik menutup s/d lebih-kurang 1/4 terbuka. Kemudian needle jet bekerja dr saat pelat katup cekik 1/4 s/d 3/4 membuka. Terakhir main jet bekerja dr saat lebih-kurang 1/2 s/d penuh membuka.

lama amat yach... . . . hal ini menjelaskan knp bila pilot jet diganti, problem akselerasi muncul pd kelajuan putaran mesin rendah, tp tdk pd kelajuan putaran mesin tinggi. Sedangkan bila main jet diganti, problem akselerasi muncul pd kelajuan putaran mesin tinggi, bukan pd kelajuan putaran mesin rendah.

Nyanyi nyanyi...Yess . . . perubahan ukuran jet akan menentukan kuantitas bahanbakar yg masuk dr tanki bahanbakar ke karburator dan dr karburator ke bandar masukan mesin. Semua jet sdh diset oleh pabrikan sedemikian agar ukuran masing2 seimbang. Jika salah satu jet diganti ukurannya sedangkan yg lain tetap, maka akan ada ketimpangan alias ketakseimbangan antara catu|pasok dan permintaan (supply dan demand) aliran bahanbakar dlm karburator, dan ini membuat mesin membrebet.

Intinya bahanbakar tak boleh terlalu kaya (rich) dan tak boleh terlalu miskin (poor) atau kurus (lean). Melainkan hrs pas, sesuai dgn kemampuan bakar percikan busi.

Kuaget banget . . . jika ukuran jet diperbesar, kuantitas bensin akan mengalir lbh banyak, secara sepintas tampak akan meningkatkan tenaga mesin, tp tak sesederhana itu, krn belum tentu semua gas dpt dibakar habis oleh percikan busi, tp yg jelas pemakaian bahanbakar akan jauh lbh boros. Lain drpd itu aliran udara pun hrs dpt mengimbangi aliran bahanbakar, krn jika tdk, mk tak dpt dicapai perbandingan campuran bahanbakar dan udara yg dpt dibakar dgn mudah dan sempurna oleh percikan busi. Kesalahan ekstrim pengaturan akan membuat mesin membrebet dan meletup dan knalpot menembak.

lama amat yach... . . . jadi penggantian jet dgn lubang lbh besar utk aliran bahanbakar hrs diatur agar karbutor tetap dlm keseimbangan, dan ini hrs diimbangi dgn kemampuan busi utk membakar kuantitas gas campuran bahanbakar dan udara yg lbh banyak dlm jangka waktu sama, berarti busi hrs diganti dgn yg lebih tahan panas. Lantas utk menghasilkan percikan busi yg lbh dahsyat, kemampuan koil dan CDI pun hrs ditingkatkan agar dpt menghasilkan tegangan elektroda busi yg lbh tinggi, dan ini dpt dilakukan dgn memasang sparking-plug booster atau ganti koil dan CDI.

Sebaiknya sblm memodifikasi karburator, kita hrs memahami betul prinsip kerjanya. Sebenarnya sy ingin mengupas banyak ttg karburator Suzuki Thunder dlm forum ini, tp krn kesibukan kerja blm sempat terealisasi. Mudahan dlm waktu dekat segera bisa sy pos dlm topik tersendiri.

Semoga berguna . . . Nyanyi nyanyi...Yess . . . Ketawa ampe rontok! . . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Wendy Dj
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
Wendy Dj


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 5955
Total Posan : 1414
Sejak : 10.04.08
Domisili : SBY
KorWil : Surabaya
NRA : 263
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 250 akhirnya...
Sikon : Menikah

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime06.05.08 22:06

BEAUTIFUL! penjelasan yang indah. thanks banget pak iwan.

bagus banget cara njelasinnya! bahasanya kali ini gampang saya mengerti hehe TOP BGT !

Quote :
Jadi, dgn kata lain, pilot jet bekerja utk mengatur pemasukan bahanbakar dr saat pelat katup cekik menutup s/d lebih-kurang 1/4 terbuka. Kemudian needle jet bekerja dr saat pelat katup cekik 1/4 s/d 3/4 membuka. Terakhir main jet bekerja dr saat lebih-kurang 1/2 s/d penuh membuka.

. . . hal ini menjelaskan knp bila pilot jet diganti, problem akselerasi muncul pd kelajuan putaran mesin rendah, tp tdk pd kelajuan putaran mesin tinggi. Sedangkan bila main jet diganti, problem akselerasi muncul pd kelajuan putaran mesin tinggi, bukan pd kelajuan putaran mesin rendah.

rpm 4,5-6 mbrebet itu termasuk di kategori pelat katup cekik menutup s/d lebih-kurang 1/4 terbuka ya? sy emang curiga ini penyebabnya, tp ada yg cuman ganti p j tapi bisa nyetelnya sampe ga mbrebet. jadi saya penasaran gitu.mungkin karena busi sy masi pake yg biasa. abis ini kan mo dikirimin yg supermaut ama bro iqbal. mungkin udah sip abis itu.oiya filter jg udah dicopot busanya doang.

Quote :
Kuaget banget . . . jika ukuran jet diperbesar, kuantitas bensin akan mengalir lbh banyak, secara sepintas tampak akan meningkatkan tenaga mesin, tp tak sesederhana itu, krn belum tentu semua gas dpt dibakar habis oleh percikan busi, tp yg jelas pemakaian bahanbakar akan jauh lbh boros. Lain drpd itu aliran udara pun hrs dpt mengimbangi aliran bahanbakar, krn jika tdk, mk tak dpt dicapai perbandingan campuran bahanbakar dan udara yg dpt dibakar dgn mudah dan sempurna oleh percikan busi. Kesalahan ekstrim pengaturan akan membuat mesin membrebet dan meletup dan knalpot menembak.

yak yak betul ramalan om, busi saya gosong! Kuaget banget

Quote :
lama amat yach... . . . jadi penggantian jet dgn lubang lbh besar utk aliran bahanbakar hrs diatur agar karbutor tetap dlm keseimbangan, dan ini hrs diimbangi dgn kemampuan busi utk membakar kuantitas gas campuran bahanbakar dan udara yg lbh banyak dlm jangka waktu sama, berarti busi hrs diganti dgn yg lebih tahan panas. Lantas utk menghasilkan percikan busi yg lbh dahsyat, kemampuan koil dan CDI pun hrs ditingkatkan agar dpt menghasilkan tegangan elektroda busi yg lbh tinggi, dan ini dpt dilakukan dgn memasang sparking-plug booster atau ganti koil dan CDI.

koil n cdi uda ganti, busi abis ini ganti, spark plug booster... ehm ehm (nunggu p.iwan punya ajah)

luarbiasa! kalo saya punya duit, saya akan ajak p. iwan buka bengkel khusus buat thunder , melayani anak2 klub thunder seluruh dunia!!!
p. iwan sbg head mechanic memimpin ratusan anak buah untuk dididik sebagai mekanik thunder yg handal.
Bersama, kita akan menguasai dunia!!! Mwahahahaha Iblis

o iya p.iwan, setelah ganti cdi, koil, busi, pj, mj, apakah tidak ada efek samping ke mesin yg membahayakan ya nantinya? soalnya kan dia beroperasi diluar wilayah yg sudah ditentukan pabrikan gitu? apa kuat mesinnya? apalagi kalo ntar ditambah sparkplug booster. kan makin sempurna pengapiannya.

thanks berat pak, your explanation really enlightens me Salut..Gue nyembah e Yea baby...
saya ini orang buta mesin. skr jadi ngerti cara kerja karburator. woo seneng banget rasanya. berikutnya apalagi pak? Tepok Tangan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27469
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime07.05.08 2:22

Wendy Dj wrote:
. . .
oiya p.iwan, setelah ganti cdi, koil, busi, pj, mj, apakah tidak ada efek samping ke mesin yg membahayakan ya nantinya? soalnya kan dia beroperasi diluar wilayah yg sudah ditentukan pabrikan gitu? apa kuat mesinnya? apalagi kalo ntar ditambah sparkplug booster. kan makin sempurna pengapiannya.

thanks berat pak, your explanation really enlightens me Salut..Gue nyembah e Yea baby...
saya ini orang buta mesin. skr jadi ngerti cara kerja karburator. woo seneng banget rasanya. berikutnya apalagi pak? Tepok Tangan
Efek samping membahayakan? . . . mmhhhh...mikir... . . . sy pikir tdk ada, asalkan semua komponen diatur serasi, dlm pengertian catu|pasok dan permintaan (supply and demand) bahanbakar seimbang, tdk terlalu kaya|gemuk dan dan tdk terlalu miskin|kurus, dan pewaktuan (timing) pas sbgmn mestinya, tdk terlalu cepat dan tdk terlalu lambat. Utk penyetelan memang dibutuhkan kepekaan tinggi. Makin berpengalaman atau makin tinggi jam terbang seorg teknisi, makin bagus penyetelannya.

Efek positiv yg jelas terjadi, antara lain adalah:
  • aliran bahanbakar lbh deras.
  • tegangan elektroda busi meningkat.
  • tenaga mesin meningkat.
  • suhu mesin meningkat.
  • akselerasi lbh cepat
Sedangan efek negativ yg jelas terjadi, antara lain adalah:
  • bahanbakar lebih boros, krn kuantitas bahanbakar mengalir dan dibakar lbh banyak.
  • busi lbh panas, krn tegangan elektroda lbh tinggi.
  • mesin lbh panas, krn suhu panas mesin meningkat.
  • klep|katup lbh cepat aus, krn mesin lbh panas.
  • masa pakai oli mesin menurun.
Jadi, agar pembakaran sempurna, efisiensi mesin dpt dipertahankan, dan mesin lbh dpt bertahan thdp panas,
  • gunakan busi yg lbh tahan panas [spark plug for racing].
  • gunakan oli yg lbh tahan panas [oil for racing].
  • lapisi silinder mesin dgn gel memiliki karakteristi keramik, krn keramik lbh tahan panas drpd metal.
  • hindari berkendaraan dlm kelajuan terlalu rendah.
  • upayakan agar aliran udara pendingi mesin tdk terhambat.
Semoga bisa dipahami dan berguna . . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9710
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime07.05.08 7:33

Wendy Dj wrote:
mesin saya juga mbrebet... help pls, dah hampir kehilangan akal ni Nyerah Dech

mesin standard, cdi brt hyperband, koil xp, busi emas merk GSP ---> tidak mbrebet, alias baek2 aja

ganti pilot jet 15 merk daytona, tulisan di bungkusnya: pilot jet #15 tm24/f1zr/satria, main jet tidak diganti ---> setelan sangat susah, mesin mbrebet, pas di rpm 4,5-6. diluar rpm itu gpp. kenapa ya kira2?
sekilas info: ujung kepala busi gosong. tandanya bensin terlalu besar yah? kalo bensin terlalu besar, mj diganti yg lebi gede, apa ga tambah gosong businya?

bagi yg udah ganti2 pj n mj, ada pertanyaan sedikit:
1. kalo ganti pj apa hrs ganti mj? kalo tidak harus, setelannya gimana?
2. apa ada yg pernah pake pj daytona? dari yg saya baca sih yg disarankan anak2 koster pj 15 n mj 115 kitaco. emang pj daytona jelek ya?
3. di sby sy ga tau yg jual brg2 begituan. untung ada bro iqbal, sy uda pesen pj n mj kitaco n busi ngk superace. moga2 sembuh deh hiks. my poor thundie

help.... my thundie....it's dying.... Capeeee dehhhh...

gw pake pj 15 kytaco trus mj RMG (gak ada tulisan ukurannya) gak ada berebet sampe RPM mentok bro...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
gerry_garsono


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 8059
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime07.05.08 7:42

salam koster :koster: Bendera Indonesia

he..he..ah yg bener jay..bukanya dah pake karbu pe 28 NSR ?? he..he..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9710
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime07.05.08 9:12

itu cerita gw sebelum pake PE28 Ger...sekarang mah karbu gw yg ada pj mj nya khan lagi dipake T.bear, hehe... Piss Mann!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
Wendy Dj
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
Wendy Dj


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 5955
Total Posan : 1414
Sejak : 10.04.08
Domisili : SBY
KorWil : Surabaya
NRA : 263
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 250 akhirnya...
Sikon : Menikah

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime07.05.08 9:16

Quote :
Jadi, agar pembakaran sempurna, efisiensi mesin dpt dipertahankan, dan mesin lbh dpt bertahan thdp panas,

  • gunakan busi yg lbh tahan panas [spark plug for racing].
  • gunakan oli yg lbh tahan panas [oil for racing].
  • lapisi silinder mesin dgn gel memiliki karakteristi keramik, krn keramik lbh tahan panas drpd metal.
  • hindari berkendaraan dlm kelajuan terlalu rendah.
  • upayakan agar aliran udara pendingi mesin tdk terhambat.



melapisi silinder mesin pake brg apa tuh yg merknya xado itu ya?
hindari berkendaraan dalam kelajuan terlalu rendah? hehee mesti gini terus yaK Motor gila

thanks p iwan, makin jelas aja nih ada efek2 nya segala sipsip

selamet pagi kang nazar!
businya waktu itu pake apa? yg maut ya? koil? cdi? lagian mungkin juga mekanik bro nazar lebih jago. sy masih mencari2 nih di sby mekanik mana yg jago. susah ternyata cari mekanik yg cocok.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9710
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime07.05.08 9:58

Wendy Dj wrote:
Quote :
Jadi, agar pembakaran sempurna, efisiensi mesin dpt dipertahankan, dan mesin lbh dpt bertahan thdp panas,

  • gunakan busi yg lbh tahan panas [spark plug for racing].
  • gunakan oli yg lbh tahan panas [oil for racing].
  • lapisi silinder mesin dgn gel memiliki karakteristi keramik, krn keramik lbh tahan panas drpd metal.
  • hindari berkendaraan dlm kelajuan terlalu rendah.
  • upayakan agar aliran udara pendingi mesin tdk terhambat.




melapisi silinder mesin pake brg apa tuh yg merknya xado itu ya?
hindari berkendaraan dalam kelajuan terlalu rendah? hehee mesti gini terus yaK Motor gila

thanks p iwan, makin jelas aja nih ada efek2 nya segala sipsip

selamet pagi kang nazar!
businya waktu itu pake apa? yg maut ya? koil? cdi? lagian mungkin juga mekanik bro nazar lebih jago. sy masih mencari2 nih di sby mekanik mana yg jago. susah ternyata cari mekanik yg cocok.

ane pake busi racing yang jarum (mereknya lupa), coil pake kytaco, cdi pake brt hyperband....emang betul apa kata bro wendy, kalo mekanik gak ahli emang setelannya gak bakalan bisa pas....nah kalo saran ane coba deh tanya2 ke anak2 club tiger bengkel2 referensinya mereka di kota sby.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
gerry_garsono


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 8059
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime07.05.08 10:22

salam koster :koster: Bendera Indonesia

he..he..bro jay ajak aja ke bang Bulil .di ciganjur....mekanik langganan ente...dijamin makyuss...iya kan ?
atau ke bang engkeng di Cimanggis depok, or mas agus Di lawu motor simpangan depok, or kang rohim di Bogor., kang ade di beres cibanteng...dijamin makyuss tuh motor thunder nya....he.he..
kalo di suroboyo...coba tanya2 aja ke bro2 Thunderian disana...ok
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27469
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime07.05.08 11:04

Wendy Dj wrote:


melapisi silinder mesin pake brg apa tuh yg merknya xado itu ya?

...
mmhhhh...mikir... . . . nggg . . . ada banyak merek Bro, dan Xado hanya salah satu merek diantaranya, silahkan pilih sesuai budget. Tp yg penting gel tsb memiliki karakteristik keramik, krn tujuannya adalah utk menanggulangi suhu panas mesin, disamping meminimasi friksi antar permukaan metal, agar tenaga mesin yg terbuang sbg panas minimum.

lama amat yach... Keramik jauh lbh mampu menahan panas, krn itu busi dilapisi keramik. Mesin kendaraan bermotor "high displacement" atau ber"cc" besar modern sekarang ini menggunakan keramik sbg peredam panas. Teknologi keramik digunakan dlm rancangan mesin balap Formula One.

Utk busi racing, sy pakai rancangan Jerman Mantappp Bro!, Volker Iridium [www.volker-iridium.com], yg menggunakan Tintanium dlm campuran metal busi utk extra performance. Harganya memang jauh lbh mahal, 3 s/d 4 x lipat harga busi racing biasa. Tp sekarang Volker sdh punya pabrik di Singapura, jadi harganya utk Indonesia sdh bisa ditekan, cuma sekitar 2 x lipat saja. Yg rada murah dan bisa digunakan utk Suzuki Thunder adalah Volker TOR racing 065, dgn regangan elektroda (electrode clearance) atau celah percik (spark gap), diset 0,9 s/d 1 mmm. Harganya hanya sekitar Rp 25 s/d 30 ribu saja. Tp mungkin agak susah memperolehnya di kebanyakan bengkel atau toko otomotiv, krn agak ekslusiv.

Utk oili, sy cukup pakai oli sintetik produk Pertamina, "Enduro 4T racing", yg memenuhi standar JASO MA2, API SJ, an SAE 10W-40. Harganya, kalau belum naik, sekitar Rp 50 ribu per liter.

Semoga berguna . . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9710
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime07.05.08 11:28

gerry_garsono wrote:
salam koster :koster: Bendera Indonesia

he..he..bro jay ajak aja ke bang Bulil .di ciganjur....mekanik langganan ente...dijamin makyuss...iya kan ?
atau ke bang engkeng di Cimanggis depok, or mas agus Di lawu motor simpangan depok, or kang rohim di Bogor., kang ade di beres cibanteng...dijamin makyuss tuh motor thunder nya....he.he..
kalo di suroboyo...coba tanya2 aja ke bro2 Thunderian disana...ok

iye bener tuh...kalo dijalan ketemu sama motor yang udah modif, kenalan aja, trus ngobrol2 deh, trus tanya deh bengkel yang udah pengalaman...hehe
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
brorokrs
MAYJEN KOSTER
MAYJEN KOSTER
brorokrs


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6692
Total Posan : 2178
Sejak : 08.01.08
Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie
KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD
NRA : 0242
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : rokrsthunder
Sikon : baru punya atu anak....
Hobi : Hiking-Fishing-Touring
Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime07.05.08 16:12

nazar wrote:
gerry_garsono wrote:
salam koster :koster: Bendera Indonesia

he..he..bro jay ajak aja ke bang Bulil .di ciganjur....mekanik langganan ente...dijamin makyuss...iya kan ?
atau ke bang engkeng di Cimanggis depok, or mas agus Di lawu motor simpangan depok, or kang rohim di Bogor., kang ade di beres cibanteng...dijamin makyuss tuh motor thunder nya....he.he..
kalo di suroboyo...coba tanya2 aja ke bro2 Thunderian disana...ok

iye bener tuh...kalo dijalan ketemu sama motor yang udah modif, kenalan aja, trus ngobrol2 deh, trus tanya deh bengkel yang udah pengalaman...hehe

bro zay...n bro gerry....beres yg maknyus dimana ya...
kemaren abis service di beres narogong kok karbu kaya nahan kalo putaran mesin ditahan digigi 3 pada rpm maksi terus masuk gigi 4 eehh..karbu kesedak gitu tuh...help dooong...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.vinnofj.co.cc/
not exist anymore
SERKA KOSTER
SERKA KOSTER
not exist anymore


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5889
Total Posan : 176
Sejak : 30.03.08
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime11.05.08 15:44

klo gw ada masalah di RPM 8...di setiap RPM pasti kaya endut2an gitu...kaya kesedek...gw pikir CDI...limiter..langsung ganti CDI XP + Koil Xp...tetep aja di RPM tersebut...kata mekanik gw...kelistrikan ada mslh di kabelnya...mesti di cek,..

pusing dah gw..

di netral RPM bisa ampe 12..alias mentok..tp klo dah di jalan...rpm 8 mo gigi 2,3,4,5 pasti ndut2an
Kembali Ke Atas Go down
cepyhafiz
PELTU KOSTER
PELTU KOSTER
cepyhafiz


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6110
Total Posan : 354
Sejak : 22.08.07
Domisili : tangerang,cibinong
NRA : 195
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125, the blues..
Sikon : Sedang Meniti Keluarga Sakinah

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime12.05.08 5:18

kalo main ke tangerang ada tuh bro, di Beres Otista. dgn Bro Handoko.
Doi juga punya bengkel modif di Perum I jl.Tongkol
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/cepyhafiz
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27469
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime12.05.08 8:18

dhe-d wrote:
klo gw ada masalah di RPM 8...di setiap RPM pasti kaya endut2an gitu...kaya kesedek...gw pikir CDI...limiter..langsung ganti CDI XP + Koil Xp...tetep aja di RPM tersebut...kata mekanik gw...kelistrikan ada mslh di kabelnya...mesti di cek,..

pusing dah gw..

di netral RPM bisa ampe 12..alias mentok..tp klo dah di jalan...rpm 8 mo gigi 2,3,4,5 pasti ndut2an
lama amat yach... Tu bengkel atawa montir koq ngggak bisa nangani sih?! Keterlaluan . . . Meneketehe.... . . .

mmhhhh...mikir... Jika putaran mesin tdk lancar, ndut-ndutan, tentu sdh jelas penunjuk RPM pun tdk benar, krn RPMmeter berpangkal pd putaran mesin, maka dlm kasus ini ada 3 kemungkinan gangguan putaran mesin.
  • hanya pd kelajuan rendah (on low speed only).
  • hanya pd kelajuan tinggi (on high speed only).
  • pada semua kelajuan (on all speed).
Lantas ada 3 kemungkinan utama sumber penyebabnya.
  • aliran bahanbakar: catu | pasok bahanbakar tdk pas, salah, terubah, terganggu.
  • kelistrikan: penyalaan percikan busi tdk benar, lemah.
  • permesinan: pewaktuan mesin tdk benar, salah, terubah.

Jika gangguan putaran mesin adalah pd kelajuan rendah, mk kemungkinan penyebabnya, antara lain adalah salah satu, atau kombinasi dari dua atau lbh faktor sbb.
  • BERHUBUNGAN DGN ALIRAN BENSIN
    • jet di Karburator tersumbat. Khususnya idle jet atau pilot jet. Bersihkan.

  • BERHUBUNGAN DGN KELISTRIKAN
    • celah atau keregangan elektroda busi terlalu "lebar". Stel.
    • busi lemah sdh mau mati. Ganti.
    • busi rusak, tdk cocok, salah. Ganti.
    • koil pengapian | penyalaan rusak, tdk cocok. Ganti
    • koil pick-up rusak, tdk cocok. Ganti.
    • CDI rusak, tdk cocok. Ganti.
    • kabel atau kontak ada yg longgar atau tak tersambung dgn benar. Perbaiki.

  • BERHUBUNGAN DGN PERMESINAN
    • celah atau kerenggangan katup|klep (valve) menyimpang. Stel.
    • dudukan katup|klep berubah, salah, atau aus. Stel atau ganti
    • pengarah katup|klep berubah, salah, atau aus. Stel atau ganti
    • lengan ayun (rocker arm) katup|klep aus. Ganti.
    • poros nok (camshaft, noken as) aus. ganti.

Jika gangguan putaran mesin adalah pd kelajuan tinggi, mk kemungkinan penyebabnya, antara lain adalah salah satu, atau kombinasi dari dua atau lbh faktor sbb.
  • BERHUBUNGAN DGN ALIRAN BENSIN
    • saringan|filter udara tersumbat|terhambat. Bersihkan
    • saringan|filter bensin tersumbat | terhambat, atau saluran bahanbakar dr tangki ke filter ke karburator tersumbat. Bersihkan.
    • jet di Karburator tersumbat. Khususnya main jet. Bersihkan.

  • BERHUBUNGAN DGN KELISTRIKAN
    • celah atau keregangan elektroda busi terlalu "sempit". Stel.
    • busi lemah sdh mau mati. Ganti.
    • busi rusak, tdk cocok, salah. Ganti.
    • koil pengapian | penyalaan rusak, tdk cocok. Ganti
    • koil pick-up rusak, tdk cocok. Ganti.
    • CDI rusak, tdk cocok. Ganti.

  • BERHUBUNGAN DGN PERMESINAN
    • pewaktuan pengapian | penyalaan dan pembakaran berubah, salah, tdk sempurna. Stel.
    • pegas|per katup|klep lemah atau aus. Ganti.
    • lengan ayun (rocker arm) katup|klep aus. Ganti.
    • poros nok (camshaft, noken as) aus. ganti.
Jika gangguan putaran mesin adalah pd semua kelajuan, mk kemungkina penyebabnya adalah kombinasi dua diatas.

Semoga berguna . . . dan menyelesaikan permasalahan . . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Sponsored content





P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?   P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? - Page 2 Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana?
Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 7Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next
 Similar topics
-
» P/S: Mesin Kasar, Berisik, Ribut ... Kenapa dan Bagaimana?
» P/S: Putaran Mesin Labil dan atau RPM Tak Teratur ...
» Mesin mengetak ... kenapa dan bagaimana?? Minta tolong

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Problem dan Solusi Suzuki Thunder :: Problem dan Solusi Permesinan Suzuki Thunder-
Navigasi: