Poin Brogader : 9528 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 25.10.07 23:12
First topic message reminder :
Brogaders semua, berdasarkan pengalaman pribadi dan pengetahuan yang minim saya hanya mau sharing seputar penyebab mengapa mesin suzuki thunder sering brebet (byar pet klo kata PLN mah...)
Berikut mungkin root cause yang bisa menjadi penyebabnya, silahkan dirunut dan diperiksa pada kendaraan masing-masing jika mengalaminya:
Cek Bensin. Kemungkinan ada air yang masuk ke dalam karburator dan ikut terbakar di ruang bakar. Solusi: Kuras tangki, bersihkan karburator. Disarankan untuk service besar supaya kerak dari karbon di ruang bakar bisa dibersihkan.
Cek Busi / Kelistrikan. Biasanya supply listrik menjadi salah satu penyebab mengapa mesin brebet, hal ini dikarenakan supply listrik ke ruang bakar tidak konsisten (kadang ada kadang nggak) yg menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna. Solusi: Pastikan pasokan listrik ke ruang bakar yang melalui busi.
Cek Setingan Udara vs BBM di Karburator. Konsentrasi campuran BBM dan Udara yang ideal adalah prinsip dasar dalam hal pembakaran pada mesin kendaraan. Idealnya kondisi pengkabutan di ruang bakar harus pas supaya proses pembakaran dan pembentukan energi terjadi dengan sempurna. Di Suzuki Thunder, komposisi keduanya diatur oleh Karburator yang berfungsi menyiapkan campuran Udara dan BBM ke dalam mesin. Oleh karena itu, pastikan setingan ini pas / ideal dengan cara mengatur spuyer (Pilot Jet dan Main Jet), Setelan asupan udara, dan setelan klep buang (exhaust), serta jenis muffler atau knalpot.
Demikian sedikit sharing dr pengalaman yang pernah dialamain secara pribadi, mohon maaf kalau ada yang salah and please CMIIW... Thanks bro...
Pengirim
Message
Maz_Praz PELDA KOSTER
Total Posan : 266 Sejak : 17.04.07
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 23.04.08 18:28
Tonny_aja wrote:
tapi ngomong2 yang punya gw juga sama, tapi kasusnya kalo hujan aja. semua sudah saya lakukan seperti :
1. kabel busi di cek sampai gw lakban. 2. kabel2 gw dilakban ulang 3. tanki sudah dikuras pula 4. busi sudah diganti
Sori bro bukannya ane sok tau, tapi ane pernah ngalamin kayak gini. Cek punya cek gak taunya Switch Engine Cut Off Thundie 125 (yg di stang kanan atas warna merah) lengkap amat-red rentan karat kalo sering kena air hujan. Solusinya akhirnya itu switch gw JAMPER langsung alias di solder langsung. Jd switch itu walaupun di kutak katik gak bakal bikin mesin mati. Gejala yg gw alamin ditiap kali dibawa jalan tiba2x mesin mati atau klo kena gajlukan mesin tiba2x mati. Padahal semua yg diatas dah gw laksanain. Akhir ya ketahuan deh asal muasal masalahnya. Gw punya thundie 125 dah lebih 3 tahun bro......tp ampe skr cuman ganti spull magnet doang karena kebakar. Selebihnya gak ada.
Gitu aja bro info dari ane moga moga bermanfaat....................
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 24.04.08 2:40
kumis wrote:
minggu belakangan ini motor gw 125 punya problem brebet dan ngempos justru lagi enak2 dijalan suka tiba2 mati (bikin Malu)pas oper gigi terus digas eh langsung ngempos terus mati...deh motor...sudah masuk bengkel serin kali..mulai dari pengecekan karbu sampe setting, busi,ganti membrane dan lain2 tapi hasilnya nol. mekaniknya juga bilang ya thunder memang sudah begini.
gw bingung musti gimana lagi karena budget yg keluar sudah cukup besar, justru orang mekanik juga pada bingung... sebelum kami bersepakat mau jual nich thundie....saya cuma ingin dapat penjelasan resmi dari pihak suzuki atau pun bantuan dari para bro. kita musti ke bengkel mana... karena kami pikir setiap hari menggunakan thundie menyebalkan.. mohon pencerahan
Ok Bro Kumis, sy coba bantu ya?
Tp sblmnya sy ingin menegaskan kembali pernyataan para angota KOSTER lain bahwa, Suzuki Thunder cukup handal. Ini bukan krn kita dr Komunitas Suzuki Thunder, tp dlm kenyataannya demikian. Rata2 Thunder KOSTER sdh menempuh puluhan ribu km tanpa banyak masalah berarti. Jika pun ada masalah, mk masalahnya adalah umum dan msh dlm batas normal utk sbh kendaraan bermotor. Jadi menurut sy itu mekanik nggak benar. Kalau dia anak buah sy pasti langsung sy pecat.
Terus-terang, sy hanya bisa jawab berdasarkan data diatas dr bro, yg sy jabarkan kembali sbb.
mesin membrebet, yg menurut bro Dimas, byar pet, alias hidup-mati atau nyala-padam, atawa ndut2an. Betul?!
mesin ngempos, kalau menurut istilah teknik kehilangan tenaga. Betul?!
mesin sering mati, terutama ketika sehabis pindah gigi dan digas. Betul?!
Benar atau tdk jawaban yg saya berikan sangat bergantung pd data dr anda. Artinya, output bergantung pd input. Makin lengkap data input anda, makin lengkap output sy. Persis spt diagnosa dokter ke org sakit.
Penyebabnya adalah salah satu atau kombinasi bbrp kemungkinan dibawah ini! Bukan yg lain! Pasti!
BERHUBUNGAN DGN ALIRAN BENSIN DAN ATAU UDARA
Tanki bensin kotor. Bersihkan, kuras sampai bersih.
Selang saluran bensin kotor atau tersumbat. Bersihkan atau ganti.
Saringan|filter bensin kotor atau tersumbat. Bersihkan atau ganti.
Saringan|filter udara kotor atau tersumbat. Bersihkan atau ganti.
Stelan campuran gas bahanbakar dan udara karburator berubah. Stel.
Jet karburator kotor atau tersumbat. Bersihkan atau ganti.
Kebocoran udara pd pipa masukan. Kencangkan atau ganti.
BERHUBUNGAN DGN KELISTRIKAN
Konektor kontak kendor, longgar, atau aus. Kencangkan atau ganti.
Stelan celah | gap elektroda busi tdk pas. Stel.
Busi kotor, tdk cocok, aus, atau rusak. Bersihkan atau ganti.
Koil lemah, tdk cocok, aus, atau rusak. Ganti.
CDI lemah, tdk cocok, aus, atau rusak. Ganti.
BERHUBUNGAN DGN PERMESINAN
Oli mesin terlalu banyak. Periksa dan sesuaikan.
Stelan klep sdh berubah, menyimpang, atau klep aus. Stel atau ganti.
Stelan klep salah. Stel, betulkan.
Kelainan pd dudukan klep. Perbaiki.
Pegas | per klep lemah. Ganti.
Lengan ayun (rocker arm) klep aus. Ganti.
Sy kurang yakin dgn istilah ngempos yg anda gunakan. Krn istilah ini sebenarnya digunakan utk menyatakan tenaga mesin yg berkurang secara permanen krn ada bocoran tenaga. Jika tenaga mesin berkurang secara permanen, maka penyebabnya, sbg tambahan dr yg diatas adalah, sbb.
BERHUBUNGAN DGN PERMESINAN
Cincin (ring) zuiger | piston aus. Ganti.
Dinding silinder aus. Bubut atau ganti.
Kemungkinan diatas dikemukanan krn sy tdk tahu persis brp usia Thunder anda dan bgmn medan operasional sehari2. Kalau Thunder baru, kemungkian diatas sangat banyak bisa dikurangi. Artinya tingkat keausan komponen sangat rendah. Kemungkinan terbesar adalah salah penyetelan, terutama karburator, busi, dan klep. Jadi masalah faktor kesalahan manusia (human error) krn mekanik yg tdk becus!
Jujur saja, sy tk tahu hrs dibawa ke bengkel mana, krn Suzuki Thunder sy sejak beli s/d sekarang, sdh 2 thn kurang 2 bulan, dan 24.000 km lbh [pp touring JaBar dan JaTeng], blm pernah ke bengkel mana pun krn tdk pernah bermasalah, krn maintenansnya ekstra ketat dan sepenuhnya sy tangani sendiri di rumah. Jadi utk bengkel, silahkan merujuk ke rekomendasi Bro Gerry dan bro KOSTER lainnya.
Semoga membantu . . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 24.04.08 3:16
nasroelz wrote:
kalo motor mberebet pas nikung miring (kayak tracker) kenapa tuh? trus kalo baru diidupin ndut2an. gw dah servis di bengkel resmi, tapi te2p mash kayak gitu. apa perlu servis besar? oya, thundie 125 bisa pake aki kering ga?merknya apa? info:thundie 125 2005 (no kick starter) thx b4
Bro Nasroelz, utk urusan mesin mberebet, silahkan merujuk kpd jawaban sy utk Bro Kumis diatas.
Utk aki kering, jelas bisa! Tp sy coba luruskan istilahnya, sbb.
Aki dan baterai dlm istilah teknik disebut sel listrik (electric cell). Ada 2 macam sel listrik, yakni.
Sel basah (wet cell), menggunakan cairan elektrolit, dinamakan akumulator (accumulator) disingkat aki (accu).
Sel kering (dry cell), menggunakan serbuk elektrolit, dinamakan baterai (battery).
Jadi menurut istilah yg benar, cukup pakai istilah aki saja atau baterai saja, atau sel basah dan sel kering.
Baterai utk Suzuki Thunder banyak dijual [dekat rumah sy juga banyak]. Merupakan satu pak yg terdiri dr 6 unit baterai bertegangan 2,2V (Volt) dgn muatan 1,2 Ah (Ampere hour) yg dihubungan serial, shg total 6 x 2,2V = 13,2V dan 6 x 1,2Ah = 7,2Ah. Tegangan 13,2V ini akan merosot (drop) ketika dipasang pd kendaraan krn ada tegangan Shunt (Shunt Voltage) pd beban statik, shg mencapai sekitar 12V.
Merek baterai ini bermacam2. Ada buatan Jepang, Taiwan, dan China. Harganya lebih-kurang sama dgn harga aki 12V 7Ah standar Thunder. Saat ini, paling murah sekitar Rp 125.000.
Hal sel kering atau baterai ini sdh banyak dibahas dlm forum ini. Silahkan lihat link sbb.
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 24.04.08 3:50
Maz_Praz wrote:
Tonny_aja wrote:
tapi ngomong2 yang punya gw juga sama, tapi kasusnya kalo hujan aja. semua sudah saya lakukan seperti :
1. kabel busi di cek sampai gw lakban. 2. kabel2 gw dilakban ulang 3. tanki sudah dikuras pula 4. busi sudah diganti
Sori bro bukannya ane sok tau, tapi ane pernah ngalamin kayak gini. Cek punya cek gak taunya Switch Engine Cut Off Thundie 125 (yg di stang kanan atas warna merah) lengkap amat-red rentan karat kalo sering kena air hujan. Solusinya akhirnya itu switch gw JAMPER langsung alias di solder langsung. Jd switch itu walaupun di kutak katik gak bakal bikin mesin mati.
Gejala yg gw alamin ditiap kali dibawa jalan tiba2x mesin mati atau klo kena gajlukan mesin tiba2x mati. Padahal semua yg diatas dah gw laksanain. Akhir ya ketahuan deh asal muasal masalahnya. Gw punya thundie 125 dah lebih 3 tahun bro......tp ampe skr cuman ganti spull magnet doang karena kebakar. Selebihnya gak ada.
Gitu aja bro info dari ane moga moga bermanfaat....................
Jadi kalau hujan saja bermasalah, mk jawabnya sangat sederhana, sbb.
BERHUBUNGAN DGN KELISTRIKAN
Ada kontak listrik yg basah kena air. Keringkan. Semprot dgn pembersih anti karat. Lindungi dgn penyekat kedap air. Selesai.
Utk anti karat bisa digunakan spry chain lube (pelumas rantai).
. . . . . . :gigi rontok:
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 24.04.08 4:51
atnlie wrote:
oke dech bro, kalo dah ok mah bro kalo mo beli booster penambah oktan dimana ya bro? ga ngerusak mesin kan kalo oktanya tinggi, katanya seh kalo oktan tinggi itu lebih sempurna dan lebih mudah dibakar oleh api mesin thundie kita
Bro Anton Lie gimana sih? Kan ttg octan booster sdh dibahas dlm forum ini dlm topik:
Terus anda dpt info drmn kalau kadar oktan tinggi itu lbh mudah dibakar oleh percikan busi? Kata siapa? Katanya seh? Seh siapa? ha ha ha.
Keliru, itu terbalik bro!? Justeru makin tinggi nomor oktan, makin sulit dibakar! Premium 88 lbh mudah terbakar drpd Premium 90 [dulu Premix], dan Premium 90 lbh mudah terbakar drpd Pertamax 92, dan Pertamax 92 lbh mudah terbakar drpd Pertamax 96 [Pertamax Plus].
:melet lidah: Nomor oktan menunjukkan tingkat kesulitan pembakaran suatu BBM. Makin tinggi nomor oktan, makin sulit dibakar! Dan sebaliknya. Lantas kalau kadar oktan makin, tinggi makin sukit dibakar, utk apa kadar oktan ditingkatkan?
BBM dgn nomor oktan rendah cendrung terbakar krn kompresi! Spt solar dibakar oleh mesin Diesel yg tanpa busi! Nah, akibat sebagian BBM terbakar krn kompresi | desakan piston keatas, BBM yg dibakar percikan busi lbh sedikit, shg tenaga mesin dihasilkan berkurang, dan lbh makin berkurang krn BBM yg terbakar, krn kompresi menghasilkan tenaga yg memukul balik piston sblm piston mencapai titik tertinggi alias TMA|TDP (titik mati atas, top death point).
Pembakaran krn kompresi ini menimbulkan letupan atau detonasi (detonation) dan tenaga pukul baliknya menimbulkan ketukan (knocking) thdp permukaan piston, shg permukaan piston spt ditusuk ribuan jarum dan makin lama makin rusak. Jadi peristiwa pembakaran dini pra-penyulutan (pre-ignition) busi ini hrs dihindarkan, krn menurunan tenaga mesin alias menurunkan efisiensi mesin, dan jelas merusak mesin, terutama piston dan dinding silinder.
Jadi itu alasan kenapa Suzuki Thunder dilarang atau tdk dianjurkan memakai Premium 88, krn BBM ini terbakar pd rasio kompresi 8,8. Sedangkan rasio kompresi Thunder adalah 9,2 alias 1,045 kali lbh besar, shg efisiensi menurun jadi 95,7%.
Utk Suzuki Thunder, pembakaran normal, yakni 100% gas campuran BBM dan udara terbakar bertepatan dgn terjadinya percikan busi, adalah jika kadar oktan BBM 92, yg dimilik oleh Pertamax 92.
Jadi kalau mau pakai Premium, pakai Premium 90 [pengganti Premix], krn eror kompresi hanya 0,01 alias penurunan efisiensi hanya jadi 97,8%. Sebaliknya, jika pakai Pertamax 96 [Plus], maka akan lbh sulit dibakar, krn baru terbakar 100% pd rasio kompresi 9,6, jadi ada penurunan efiesiensi lagi jadi 95,7%.
Tolong informasi ini direkam, dan penjelasan serta alasan dikemukakan dipahami. Juga buat bro yg lain. Semoga berguna dan terimakasih.
. . . . . . :gigi rontok:
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 24.04.08 4:52
Jadi total 4 kasus atau masalah sdh sy bantu dgn 4 solusi diatas ya ...
Semoga berguna . . .
. . . . . . :
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8059 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder :
125
Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 24.04.08 7:26
salam koster :koster:
thanks om iwan yak atas pencerahannya...
candra904 BRIGJEN KOSTER
Poin Brogader : 6193 Total Posan : 1806 Sejak : 24.05.07 Domisili : Balikpapan KorWil : Balikpapan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 aja dah... Sikon : kawin 1 anak Slogan : Orang Bijak Taat Ibadah... Taat Pajak....Taat Berlalulintas
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 24.04.08 8:46
lengkap bener Pa Iwan..... mantab....
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9528 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 24.04.08 8:55
thanks atas penjelasannya om Iwan...
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5955 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 05.05.08 22:40
mesin saya juga mbrebet... help pls, dah hampir kehilangan akal ni
mesin standard, cdi brt hyperband, koil xp, busi emas merk GSP ---> tidak mbrebet, alias baek2 aja
ganti pilot jet 15 merk daytona, tulisan di bungkusnya: pilot jet #15 tm24/f1zr/satria, main jet tidak diganti ---> setelan sangat susah, mesin mbrebet, pas di rpm 4,5-6. diluar rpm itu gpp. kenapa ya kira2? sekilas info: ujung kepala busi gosong. tandanya bensin terlalu besar yah? kalo bensin terlalu besar, mj diganti yg lebi gede, apa ga tambah gosong businya?
bagi yg udah ganti2 pj n mj, ada pertanyaan sedikit: 1. kalo ganti pj apa hrs ganti mj? kalo tidak harus, setelannya gimana? 2. apa ada yg pernah pake pj daytona? dari yg saya baca sih yg disarankan anak2 koster pj 15 n mj 115 kitaco. emang pj daytona jelek ya? 3. di sby sy ga tau yg jual brg2 begituan. untung ada bro iqbal, sy uda pesen pj n mj kitaco n busi ngk superace. moga2 sembuh deh hiks. my poor thundie
help.... my thundie....it's dying....
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 06.05.08 6:03
Wendy Dj wrote:
mesin saya juga mbrebet... help pls, dah hampir kehilangan akal ni
mesin standard, cdi brt hyperband, koil xp, busi emas merk GSP ---> tidak mbrebet, alias baek2 aja
ganti pilot jet 15 merk daytona, tulisan di bungkusnya: pilot jet #15 tm24/f1zr/satria, main jet tidak diganti ---> setelan sangat susah, mesin mbrebet, pas di rpm 4,5-6. diluar rpm itu gpp. kenapa ya kira2? sekilas info: ujung kepala busi gosong. tandanya bensin terlalu besar yah? kalo bensin terlalu besar, mj diganti yg lebi gede, apa ga tambah gosong businya?
bagi yg udah ganti2 pj n mj, ada pertanyaan sedikit: 1. kalo ganti pj apa hrs ganti mj? kalo tidak harus, setelannya gimana? 2. apa ada yg pernah pake pj daytona? dari yg saya baca sih yg disarankan anak2 koster pj 15 n mj 115 kitaco. emang pj daytona jelek ya? 3. di sby sy ga tau yg jual brg2 begituan. untung ada bro iqbal, sy uda pesen pj n mj kitaco n busi ngk superace. moga2 sembuh deh hiks. my poor thundie
help.... my thundie....it's dying....
. . . he . . . he . . . he . . . capeeekkk deh . . . kayaknya sdh sering dah sy bilang dlm forum ini, kalau mesin membrebet itu sdh pasti letak masalahnya adalah antara karburator, mesin, dan busi, dan dmn sumber utama masalahnya adalah karburator, krn dialah yg mencatu | memasok bahanbakar dr tanki ke mesin.
Kalau Suzuki Thunder anda msh standar, dlm konteks karburator, busi, koil dan CDI, dll, msh bawaan asal, silahkan lihat troubleshooting mesin membrebet pd pos sblmnya: http://www.suzuki-thunder.net/permesinan-suzuki-thunder-problema-dan-solusi-permesinan-f47/mesin-membrebet-kenapa-dan-bagaimana-t3770-26.htm
Tp kalau anda sdh ganti bbg komponen, lantas mesin membrebet, kasusnya bisa lbh fokus kpd masalah penggantian yg tak diset seimbang atau tak dlm konfiguransi balans.
Pd dasarnya, jika mesin membrebet, mk masalahnya adalah ketimpangan . . . atau ketakseimbangan pengaturan . . . antara catu | pasok bahanbakar oleh karburator dan pembakaran gas campuran bahanbakar dan udara dlm kamar bakar oleh busi.
. . . begini brogader semua, kita pantau sejenak deh secara sepintas ttg cara kerja karburator Suzuki Thunder, agar hal semacam ini tak terjadi berulang kali pd Thunder para brogader.
Suzuki Thunder menggunakan karburator kecepatan tetap (constant velocity), produk Mikuni tipe BS. Pd karburator tipe ini aliran udara senantiasa dipertahankan pd kecepatan tetap tertentu, tak pernah berubah. Pd awal akselerasi, respon tak terlalu cepat atau instan, namun demikian akselerasi yg halus dpt dicapai, walau pengoperasian klep|katup cekik (throttle valve) agak kasar, ini krn kontrol vakum klep|katup torak (piston valve).
Plat katup cekik berfungsi mengatur kelajuan mesin melalui pengaturan kuantitas gas campuran udara dan bahanbakar yg memasuki bandar masukan (intake port) mesin ketika klep|katup masuk (intake valve) membuka, dgn cara mengatur kuantitas udara yg menerobos karburator. Gerakan plat katup cekik dikendalikan oleh tuas percepatan|akselerasi [gas] di handle kanan. Katup ini menutup penuh ketika mesin dlm keadaan tanpa beban [idle], dan membuka ketika tuas percepatan disentak.
Ketika tuas akselerasi di handle kanan disentak, plat cekik terbuka, bahanbakar masuk kedlm karburator melalui berbagai jet, dan bercampur dgn udara. Prosesnya lebih-kurang sbb. Pilot jet bertugas sbg penuntun bahanbakar yg memasuki karburator, bekerja sama dgn pelampung (float). Ketika plat 0% s/d 30% terbuka, idle jet | pilot jet bekerja. Ketika antara 15% s/d 60% terbuka, needle jet bekerja. Kemudian antara 20% s/d 80% terbuka, maka jet needle bekerja. Sedangkan antara 60% s/d 100% terbuka, main jet bekerja.
Jadi, dgn kata lain, pilot jet bekerja utk mengatur pemasukan bahanbakar dr saat pelat katup cekik menutup s/d lebih-kurang 1/4 terbuka. Kemudian needle jet bekerja dr saat pelat katup cekik 1/4 s/d 3/4 membuka. Terakhir main jet bekerja dr saat lebih-kurang 1/2 s/d penuh membuka.
. . . hal ini menjelaskan knp bila pilot jet diganti, problem akselerasi muncul pd kelajuan putaran mesin rendah, tp tdk pd kelajuan putaran mesin tinggi. Sedangkan bila main jet diganti, problem akselerasi muncul pd kelajuan putaran mesin tinggi, bukan pd kelajuan putaran mesin rendah.
. . . perubahan ukuran jet akan menentukan kuantitas bahanbakar yg masuk dr tanki bahanbakar ke karburator dan dr karburator ke bandar masukan mesin. Semua jet sdh diset oleh pabrikan sedemikian agar ukuran masing2 seimbang. Jika salah satu jet diganti ukurannya sedangkan yg lain tetap, maka akan ada ketimpangan alias ketakseimbangan antara catu|pasok dan permintaan (supply dan demand) aliran bahanbakar dlm karburator, dan ini membuat mesin membrebet.
Intinya bahanbakar tak boleh terlalu kaya (rich) dan tak boleh terlalu miskin (poor) atau kurus (lean). Melainkan hrs pas, sesuai dgn kemampuan bakar percikan busi.
. . . jika ukuran jet diperbesar, kuantitas bensin akan mengalir lbh banyak, secara sepintas tampak akan meningkatkan tenaga mesin, tp tak sesederhana itu, krn belum tentu semua gas dpt dibakar habis oleh percikan busi, tp yg jelas pemakaian bahanbakar akan jauh lbh boros. Lain drpd itu aliran udara pun hrs dpt mengimbangi aliran bahanbakar, krn jika tdk, mk tak dpt dicapai perbandingan campuran bahanbakar dan udara yg dpt dibakar dgn mudah dan sempurna oleh percikan busi. Kesalahan ekstrim pengaturan akan membuat mesin membrebet dan meletup dan knalpot menembak.
. . . jadi penggantian jet dgn lubang lbh besar utk aliran bahanbakar hrs diatur agar karbutor tetap dlm keseimbangan, dan ini hrs diimbangi dgn kemampuan busi utk membakar kuantitas gas campuran bahanbakar dan udara yg lbh banyak dlm jangka waktu sama, berarti busi hrs diganti dgn yg lebih tahan panas. Lantas utk menghasilkan percikan busi yg lbh dahsyat, kemampuan koil dan CDI pun hrs ditingkatkan agar dpt menghasilkan tegangan elektroda busi yg lbh tinggi, dan ini dpt dilakukan dgn memasang sparking-plug booster atau ganti koil dan CDI.
Sebaiknya sblm memodifikasi karburator, kita hrs memahami betul prinsip kerjanya. Sebenarnya sy ingin mengupas banyak ttg karburator Suzuki Thunder dlm forum ini, tp krn kesibukan kerja blm sempat terealisasi. Mudahan dlm waktu dekat segera bisa sy pos dlm topik tersendiri.
Semoga berguna . . . . . . . . .
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5955 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 06.05.08 22:06
BEAUTIFUL! penjelasan yang indah. thanks banget pak iwan.
bagus banget cara njelasinnya! bahasanya kali ini gampang saya mengerti hehe
Quote :
Jadi, dgn kata lain, pilot jet bekerja utk mengatur pemasukan bahanbakar dr saat pelat katup cekik menutup s/d lebih-kurang 1/4 terbuka. Kemudian needle jet bekerja dr saat pelat katup cekik 1/4 s/d 3/4 membuka. Terakhir main jet bekerja dr saat lebih-kurang 1/2 s/d penuh membuka.
. . . hal ini menjelaskan knp bila pilot jet diganti, problem akselerasi muncul pd kelajuan putaran mesin rendah, tp tdk pd kelajuan putaran mesin tinggi. Sedangkan bila main jet diganti, problem akselerasi muncul pd kelajuan putaran mesin tinggi, bukan pd kelajuan putaran mesin rendah.
rpm 4,5-6 mbrebet itu termasuk di kategori pelat katup cekik menutup s/d lebih-kurang 1/4 terbuka ya? sy emang curiga ini penyebabnya, tp ada yg cuman ganti p j tapi bisa nyetelnya sampe ga mbrebet. jadi saya penasaran gitu.mungkin karena busi sy masi pake yg biasa. abis ini kan mo dikirimin yg supermaut ama bro iqbal. mungkin udah sip abis itu.oiya filter jg udah dicopot busanya doang.
Quote :
. . . jika ukuran jet diperbesar, kuantitas bensin akan mengalir lbh banyak, secara sepintas tampak akan meningkatkan tenaga mesin, tp tak sesederhana itu, krn belum tentu semua gas dpt dibakar habis oleh percikan busi, tp yg jelas pemakaian bahanbakar akan jauh lbh boros. Lain drpd itu aliran udara pun hrs dpt mengimbangi aliran bahanbakar, krn jika tdk, mk tak dpt dicapai perbandingan campuran bahanbakar dan udara yg dpt dibakar dgn mudah dan sempurna oleh percikan busi. Kesalahan ekstrim pengaturan akan membuat mesin membrebet dan meletup dan knalpot menembak.
yak yak betul ramalan om, busi saya gosong!
Quote :
. . . jadi penggantian jet dgn lubang lbh besar utk aliran bahanbakar hrs diatur agar karbutor tetap dlm keseimbangan, dan ini hrs diimbangi dgn kemampuan busi utk membakar kuantitas gas campuran bahanbakar dan udara yg lbh banyak dlm jangka waktu sama, berarti busi hrs diganti dgn yg lebih tahan panas. Lantas utk menghasilkan percikan busi yg lbh dahsyat, kemampuan koil dan CDI pun hrs ditingkatkan agar dpt menghasilkan tegangan elektroda busi yg lbh tinggi, dan ini dpt dilakukan dgn memasang sparking-plug booster atau ganti koil dan CDI.
koil n cdi uda ganti, busi abis ini ganti, spark plug booster... ehm ehm (nunggu p.iwan punya ajah)
luarbiasa! kalo saya punya duit, saya akan ajak p. iwan buka bengkel khusus buat thunder , melayani anak2 klub thunder seluruh dunia!!! p. iwan sbg head mechanic memimpin ratusan anak buah untuk dididik sebagai mekanik thunder yg handal. Bersama, kita akan menguasai dunia!!! Mwahahahaha
o iya p.iwan, setelah ganti cdi, koil, busi, pj, mj, apakah tidak ada efek samping ke mesin yg membahayakan ya nantinya? soalnya kan dia beroperasi diluar wilayah yg sudah ditentukan pabrikan gitu? apa kuat mesinnya? apalagi kalo ntar ditambah sparkplug booster. kan makin sempurna pengapiannya.
thanks berat pak, your explanation really enlightens me saya ini orang buta mesin. skr jadi ngerti cara kerja karburator. woo seneng banget rasanya. berikutnya apalagi pak?
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 07.05.08 2:22
Wendy Dj wrote:
. . . oiya p.iwan, setelah ganti cdi, koil, busi, pj, mj, apakah tidak ada efek samping ke mesin yg membahayakan ya nantinya? soalnya kan dia beroperasi diluar wilayah yg sudah ditentukan pabrikan gitu? apa kuat mesinnya? apalagi kalo ntar ditambah sparkplug booster. kan makin sempurna pengapiannya.
thanks berat pak, your explanation really enlightens me saya ini orang buta mesin. skr jadi ngerti cara kerja karburator. woo seneng banget rasanya. berikutnya apalagi pak?
Efek samping membahayakan? . . . . . . sy pikir tdk ada, asalkan semua komponen diatur serasi, dlm pengertian catu|pasok dan permintaan (supply and demand) bahanbakar seimbang, tdk terlalu kaya|gemuk dan dan tdk terlalu miskin|kurus, dan pewaktuan (timing) pas sbgmn mestinya, tdk terlalu cepat dan tdk terlalu lambat. Utk penyetelan memang dibutuhkan kepekaan tinggi. Makin berpengalaman atau makin tinggi jam terbang seorg teknisi, makin bagus penyetelannya.
Efek positiv yg jelas terjadi, antara lain adalah:
aliran bahanbakar lbh deras.
tegangan elektroda busi meningkat.
tenaga mesin meningkat.
suhu mesin meningkat.
akselerasi lbh cepat
Sedangan efek negativ yg jelas terjadi, antara lain adalah:
bahanbakar lebih boros, krn kuantitas bahanbakar mengalir dan dibakar lbh banyak.
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 07.05.08 7:33
Wendy Dj wrote:
mesin saya juga mbrebet... help pls, dah hampir kehilangan akal ni
mesin standard, cdi brt hyperband, koil xp, busi emas merk GSP ---> tidak mbrebet, alias baek2 aja
ganti pilot jet 15 merk daytona, tulisan di bungkusnya: pilot jet #15 tm24/f1zr/satria, main jet tidak diganti ---> setelan sangat susah, mesin mbrebet, pas di rpm 4,5-6. diluar rpm itu gpp. kenapa ya kira2? sekilas info: ujung kepala busi gosong. tandanya bensin terlalu besar yah? kalo bensin terlalu besar, mj diganti yg lebi gede, apa ga tambah gosong businya?
bagi yg udah ganti2 pj n mj, ada pertanyaan sedikit: 1. kalo ganti pj apa hrs ganti mj? kalo tidak harus, setelannya gimana? 2. apa ada yg pernah pake pj daytona? dari yg saya baca sih yg disarankan anak2 koster pj 15 n mj 115 kitaco. emang pj daytona jelek ya? 3. di sby sy ga tau yg jual brg2 begituan. untung ada bro iqbal, sy uda pesen pj n mj kitaco n busi ngk superace. moga2 sembuh deh hiks. my poor thundie
help.... my thundie....it's dying....
gw pake pj 15 kytaco trus mj RMG (gak ada tulisan ukurannya) gak ada berebet sampe RPM mentok bro...
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8059 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder :
125
Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 07.05.08 7:42
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 07.05.08 9:12
itu cerita gw sebelum pake PE28 Ger...sekarang mah karbu gw yg ada pj mj nya khan lagi dipake T.bear, hehe...
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5955 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 07.05.08 9:16
Quote :
Jadi, agar pembakaran sempurna, efisiensi mesin dpt dipertahankan, dan mesin lbh dpt bertahan thdp panas,
gunakan busi yg lbh tahan panas [spark plug for racing].
gunakan oli yg lbh tahan panas [oil for racing].
lapisi silinder mesin dgn gel memiliki karakteristi keramik, krn keramik lbh tahan panas drpd metal.
hindari berkendaraan dlm kelajuan terlalu rendah.
upayakan agar aliran udara pendingi mesin tdk terhambat.
melapisi silinder mesin pake brg apa tuh yg merknya xado itu ya? hindari berkendaraan dalam kelajuan terlalu rendah? hehee mesti gini terus yaK
thanks p iwan, makin jelas aja nih ada efek2 nya segala sipsip
selamet pagi kang nazar! businya waktu itu pake apa? yg maut ya? koil? cdi? lagian mungkin juga mekanik bro nazar lebih jago. sy masih mencari2 nih di sby mekanik mana yg jago. susah ternyata cari mekanik yg cocok.
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9710 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 07.05.08 9:58
Wendy Dj wrote:
Quote :
Jadi, agar pembakaran sempurna, efisiensi mesin dpt dipertahankan, dan mesin lbh dpt bertahan thdp panas,
gunakan busi yg lbh tahan panas [spark plug for racing].
gunakan oli yg lbh tahan panas [oil for racing].
lapisi silinder mesin dgn gel memiliki karakteristi keramik, krn keramik lbh tahan panas drpd metal.
hindari berkendaraan dlm kelajuan terlalu rendah.
upayakan agar aliran udara pendingi mesin tdk terhambat.
melapisi silinder mesin pake brg apa tuh yg merknya xado itu ya? hindari berkendaraan dalam kelajuan terlalu rendah? hehee mesti gini terus yaK
thanks p iwan, makin jelas aja nih ada efek2 nya segala sipsip
selamet pagi kang nazar! businya waktu itu pake apa? yg maut ya? koil? cdi? lagian mungkin juga mekanik bro nazar lebih jago. sy masih mencari2 nih di sby mekanik mana yg jago. susah ternyata cari mekanik yg cocok.
ane pake busi racing yang jarum (mereknya lupa), coil pake kytaco, cdi pake brt hyperband....emang betul apa kata bro wendy, kalo mekanik gak ahli emang setelannya gak bakalan bisa pas....nah kalo saran ane coba deh tanya2 ke anak2 club tiger bengkel2 referensinya mereka di kota sby.
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8059 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder :
125
Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 07.05.08 10:22
salam koster :koster:
he..he..bro jay ajak aja ke bang Bulil .di ciganjur....mekanik langganan ente...dijamin makyuss...iya kan ? atau ke bang engkeng di Cimanggis depok, or mas agus Di lawu motor simpangan depok, or kang rohim di Bogor., kang ade di beres cibanteng...dijamin makyuss tuh motor thunder nya....he.he.. kalo di suroboyo...coba tanya2 aja ke bro2 Thunderian disana...ok
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 07.05.08 11:04
Wendy Dj wrote:
melapisi silinder mesin pake brg apa tuh yg merknya xado itu ya?
...
. . . nggg . . . ada banyak merek Bro, dan Xado hanya salah satu merek diantaranya, silahkan pilih sesuai budget. Tp yg penting gel tsb memiliki karakteristik keramik, krn tujuannya adalah utk menanggulangi suhu panas mesin, disamping meminimasi friksi antar permukaan metal, agar tenaga mesin yg terbuang sbg panas minimum.
Keramik jauh lbh mampu menahan panas, krn itu busi dilapisi keramik. Mesin kendaraan bermotor "high displacement" atau ber"cc" besar modern sekarang ini menggunakan keramik sbg peredam panas. Teknologi keramik digunakan dlm rancangan mesin balap Formula One.
Utk busi racing, sy pakai rancangan Jerman , Volker Iridium [www.volker-iridium.com], yg menggunakan Tintanium dlm campuran metal busi utk extra performance. Harganya memang jauh lbh mahal, 3 s/d 4 x lipat harga busi racing biasa. Tp sekarang Volker sdh punya pabrik di Singapura, jadi harganya utk Indonesia sdh bisa ditekan, cuma sekitar 2 x lipat saja. Yg rada murah dan bisa digunakan utk Suzuki Thunder adalah Volker TOR racing 065, dgn regangan elektroda (electrode clearance) atau celah percik (spark gap), diset 0,9 s/d 1 mmm. Harganya hanya sekitar Rp 25 s/d 30 ribu saja. Tp mungkin agak susah memperolehnya di kebanyakan bengkel atau toko otomotiv, krn agak ekslusiv.
Utk oili, sy cukup pakai oli sintetik produk Pertamina, "Enduro 4T racing", yg memenuhi standar JASO MA2, API SJ, an SAE 10W-40. Harganya, kalau belum naik, sekitar Rp 50 ribu per liter.
Semoga berguna . . .
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9710 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 07.05.08 11:28
gerry_garsono wrote:
salam koster :koster:
he..he..bro jay ajak aja ke bang Bulil .di ciganjur....mekanik langganan ente...dijamin makyuss...iya kan ? atau ke bang engkeng di Cimanggis depok, or mas agus Di lawu motor simpangan depok, or kang rohim di Bogor., kang ade di beres cibanteng...dijamin makyuss tuh motor thunder nya....he.he.. kalo di suroboyo...coba tanya2 aja ke bro2 Thunderian disana...ok
iye bener tuh...kalo dijalan ketemu sama motor yang udah modif, kenalan aja, trus ngobrol2 deh, trus tanya deh bengkel yang udah pengalaman...hehe
brorokrs MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 6692 Total Posan : 2178 Sejak : 08.01.08 Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD NRA : 0242 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : rokrsthunder Sikon : baru punya atu anak.... Hobi : Hiking-Fishing-Touring Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 07.05.08 16:12
nazar wrote:
gerry_garsono wrote:
salam koster :koster:
he..he..bro jay ajak aja ke bang Bulil .di ciganjur....mekanik langganan ente...dijamin makyuss...iya kan ? atau ke bang engkeng di Cimanggis depok, or mas agus Di lawu motor simpangan depok, or kang rohim di Bogor., kang ade di beres cibanteng...dijamin makyuss tuh motor thunder nya....he.he.. kalo di suroboyo...coba tanya2 aja ke bro2 Thunderian disana...ok
iye bener tuh...kalo dijalan ketemu sama motor yang udah modif, kenalan aja, trus ngobrol2 deh, trus tanya deh bengkel yang udah pengalaman...hehe
bro zay...n bro gerry....beres yg maknyus dimana ya... kemaren abis service di beres narogong kok karbu kaya nahan kalo putaran mesin ditahan digigi 3 pada rpm maksi terus masuk gigi 4 eehh..karbu kesedak gitu tuh...help dooong...
not exist anymore SERKA KOSTER
Poin Brogader : 5889 Total Posan : 176 Sejak : 30.03.08 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 11.05.08 15:44
klo gw ada masalah di RPM 8...di setiap RPM pasti kaya endut2an gitu...kaya kesedek...gw pikir CDI...limiter..langsung ganti CDI XP + Koil Xp...tetep aja di RPM tersebut...kata mekanik gw...kelistrikan ada mslh di kabelnya...mesti di cek,..
pusing dah gw..
di netral RPM bisa ampe 12..alias mentok..tp klo dah di jalan...rpm 8 mo gigi 2,3,4,5 pasti ndut2an
cepyhafiz PELTU KOSTER
Poin Brogader : 6110 Total Posan : 354 Sejak : 22.08.07 Domisili : tangerang,cibinong NRA : 195 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125, the blues.. Sikon : Sedang Meniti Keluarga Sakinah
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 12.05.08 5:18
kalo main ke tangerang ada tuh bro, di Beres Otista. dgn Bro Handoko. Doi juga punya bengkel modif di Perum I jl.Tongkol
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Mesin Membrebet ... Kenapa dan Bagaimana? 12.05.08 8:18
dhe-d wrote:
klo gw ada masalah di RPM 8...di setiap RPM pasti kaya endut2an gitu...kaya kesedek...gw pikir CDI...limiter..langsung ganti CDI XP + Koil Xp...tetep aja di RPM tersebut...kata mekanik gw...kelistrikan ada mslh di kabelnya...mesti di cek,..
pusing dah gw..
di netral RPM bisa ampe 12..alias mentok..tp klo dah di jalan...rpm 8 mo gigi 2,3,4,5 pasti ndut2an
Tu bengkel atawa montir koq ngggak bisa nangani sih?! Keterlaluan . . . . . .
Jika putaran mesin tdk lancar, ndut-ndutan, tentu sdh jelas penunjuk RPM pun tdk benar, krn RPMmeter berpangkal pd putaran mesin, maka dlm kasus ini ada 3 kemungkinan gangguan putaran mesin.
hanya pd kelajuan rendah (on low speed only).
hanya pd kelajuan tinggi (on high speed only).
pada semua kelajuan (on all speed).
Lantas ada 3 kemungkinan utama sumber penyebabnya.
permesinan: pewaktuan mesin tdk benar, salah, terubah.
Jika gangguan putaran mesin adalah pd kelajuan rendah, mk kemungkinan penyebabnya, antara lain adalah salah satu, atau kombinasi dari dua atau lbh faktor sbb.
BERHUBUNGAN DGN ALIRAN BENSIN
jet di Karburator tersumbat. Khususnya idle jet atau pilot jet. Bersihkan.
BERHUBUNGAN DGN KELISTRIKAN
celah atau keregangan elektroda busi terlalu "lebar". Stel.
kabel atau kontak ada yg longgar atau tak tersambung dgn benar. Perbaiki.
BERHUBUNGAN DGN PERMESINAN
celah atau kerenggangan katup|klep (valve) menyimpang. Stel.
dudukan katup|klep berubah, salah, atau aus. Stel atau ganti
pengarah katup|klep berubah, salah, atau aus. Stel atau ganti
lengan ayun (rocker arm) katup|klep aus. Ganti.
poros nok (camshaft, noken as) aus. ganti.
Jika gangguan putaran mesin adalah pd kelajuan tinggi, mk kemungkinan penyebabnya, antara lain adalah salah satu, atau kombinasi dari dua atau lbh faktor sbb.
BERHUBUNGAN DGN ALIRAN BENSIN
saringan|filter udara tersumbat|terhambat. Bersihkan
saringan|filter bensin tersumbat | terhambat, atau saluran bahanbakar dr tangki ke filter ke karburator tersumbat. Bersihkan.
jet di Karburator tersumbat. Khususnya main jet. Bersihkan.
BERHUBUNGAN DGN KELISTRIKAN
celah atau keregangan elektroda busi terlalu "sempit". Stel.