Subyek: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! 26.11.07 15:40
First topic message reminder :
SUZUKI THUNDER PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!
SUZUKI THUNDER SEMUSTINYA PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!
Berikut kutipan dr pagian 18 dlm buku "PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125", yg dikeluarkan oleh PT. IndoMobil Suzuki International, yg disertakan dlm tiap paket penjualan Suzuki Thunder 125:
PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125, pag 18, wrote:
BAHAN BAKAR
Disarankan agar menggunakan bahan bakar tanpa timbal dengan kadar oktan sekurang-kurangnya 90.
.
[timbal = timah hitam, lead, Plumbum, Pb]
Mayoritas orang Indonesia sekarang ini memilih menggunakan Premium ketimbang Pertamax utk kendaraan bermotornya yg bermesin bensin. Krn lbh murah per liternya. Andaikata ada yg lbh murah drpd Premium, pasti kebanyakan akan menggunakannya. Sedangkan solar, hanya utk kendaraan bermotor yg bermesin diesel.
Utk beda mesin kendaraan bermotor, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
JENIS, MACAM, DAN TIPE MESIN - SILSILAH MESIN SUZUKI THUNDER
Memang ada segelintir org yg memilih menggunakan Pertamax, bahkan Pertamax Plus! Atau bbg BBM lain berkadar oktan tinggi produk non-PERTAMINA, spt PETRONAS atau SHELL yg stasiun pompa BBM mrk kini mulai muncul di bbg pelosok JADEBOTABEK.
MENENTUKAN BBM YANG SESUAI
Bagaimana kita menentukan suatu kendaraan bermotor bensin menggunakan BBM apa?
Rumusnya sederhana:
FUEL'S OCTAN RATE|NUMBER >= ENGINE'S COMPRESSION RATIO x 10, atau
NOMOR|KADAR OKTAN BBM >= RASIO KOMPRESI MESIN x 10
BBM SESUAI UNTUK SUZUKI THUNDER ADALAH PERTAMAX
Suzuki Thunder 125, memiliki rasio kompresi 9,2 dan Pertamax memiliki kadar oktan 92
Sedangkan Premium memiliki kadar oktan 88, adalah utk mesin dgn rasio kompresi 8,8 kebawah.
Data rasio kompresi Suzuki Thunder tercantum dlm spesifikasi teknik dikeluarkan Suzuki, buku panduan pemilik, dlm brosur, dan situs Suzuki.
Berdasarkan pd "spesifikasi teknik", pd pagina 35 dlm buku "PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125", yg dikeluarkan oleh PT. IndoMobil Suzuki International, yg disertakan dlm tiap paket penjualan Suzuki Thunder 125:
PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125, pag 35, wrote:
SEPESIFIKASI
MESIN
Perbandingan kompresi .......... 9,2 : 1
Ttg apa yg dimaksud dgn rasio kompresi dan bagaimana cara menghitung rasio kompresi, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER: FORMULASI DAN KALKULASI RASIO KOMPRESI MESIN
SILINDER, KAMAR BAKAR, DAN RASIO KOMPRESI: MENGHITUNG RASIO KOMPRESI
Ttg apa yg dimaksud dgn kadar|nomor oktan BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
DAMPAK PEMAKAIAN PREMIUM TERHADAP SUZUKI THUNDER
mesin mengelitik, terjadi ketukan (knocking) dan letupan (detonation) dlm kamar bakar (combustion chamber), krn ada pembakaran BBM pra-penyalaan (pre-ignition) alias pembakaran dini, sebelum busi menghasilkan percikan (spark).
pembakaran tdk sempurna.
BBM lbh boros drpd semestinya.
efisiensi mesin menurun dibawah nilai semestinya.
terjadi endapan kerak arang|karbon dlm kamar bakar, permukaan piston|zuiger, dan dinding silinder.
terjadi pembuangan CO diatas kadar semestinya.
tenaga mesin tak dpt dihasilkan secara penuh.
akselerasi|percepatan yg lamban.
komponen mesin lbh cepat aus dan rusak.
usia mesin lbh singkat | MTBF (mean time before failure) menurun.
MESIN MENGELITIK?
Ttg mesin mengelitik, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER: MESIN MENGELITIK
Jadi kebanyakan kita melakukan penghematan harian secara ekonomis, utk jangka waktu singkat (short term), tp tdk utk jangka waktu lama (long term).
Barangkali kebanyakan org akan bilang, "Apa boleh buat! Kendaraannya saja belinya pakai angsuran alias cicilan alias via kredit bank atau lembaga keuangan lain! Yg penting menggelinding! Habis perkara!!!"
Jadi, boleh jadi juga ini kesalahan atau kekeliruan yg memang disengaja, atau memang tdk tahu, atau memang krn kecendrungan memilih yg paling murah!!!
Tp secara teknik, harga selalu sesuai dgn mutu. Jadi harga nggak bohong, begitu bro!
Nah, bro silahkan anda estimasi atau kalkulasi sendiri, mana lbh menguntungkan secara ekonomis [cost to benefit rasio], pakai Premium atau Pertamax!!!
Kebijakan ada ditangan masing-masing, dan tentu masing-masing juga punya alasan sendiri.
BAGAIMANA MENGOPTIMASI KADAR OKTAN?
Jika anda tetap memilih Premium, maka anda perlu melakukan optimasi penggunaan BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
BERAPA SIH TOP SPEED THUNDIE KAMU?: MY THUNDIE ... ENGINEERED FOR EFFICIENCY
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
Semoga bermanfaat ....
Terakhir diubah oleh tanggal 26.11.07 20:12, total 7 kali diubah
motor jaman sekarang katanya tangki nya tipis. kalo pake pertamax tangki nya cepet korosi. untuk mesin sih ok ok aja, tapi untuk tangki buruk akibatnya. apa bener tuh ya? yg bilang org BERES tuh, malah kepala mekaniknya. dia bilang juga, kalo mau dicampur aja dengan perbandingan 3 premium : 1 pertamax.
gimana nih?
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27468 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Lha ... knp nggak tanya saja langsung sama kepala mekanik tsb? lama amat dan jauh amat tu pertanyaan dibawa kemari?! Bgmn penjelasan ilmiah dia? Org kan kalo ngomong musti punya alasan yg bisa dipertanggungjawabkan?!
. . . :melet lidah:
111 PELTU KOSTER
Poin Brogader : 6228 Total Posan : 365 Sejak : 13.05.07 Domisili : Cileungsi KorWil : Cileungsi NRA : 0111 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Lha ... knp nggak tanya saja langsung sama kepala mekanik tsb? lama amat dan jauh amat tu pertanyaan dibawa kemari?! Bgmn penjelasan ilmiah dia? Org kan kalo ngomong musti punya alasan yg bisa dipertanggungjawabkan?!
. . . :melet lidah:
hehe saya ga tanya sampe segitu detail sih. beberapa mekanik yg lain jg bilang begitu di saat yg bersamaan. kalo setiap saya tanya trus mesti pake penjelasan ilmiah yg detail, ntar orang males jawab pertanyaan saya lagi. soalnya waktu itu kondisinya informal banget. bukan pas lagi di seminar/forum tertentu
di post ini blm ada yg bilang apakah pemakaian pertamax exklusif baik utk tangki/tidak. jadi saya ingin pastikan lagi gitu
atnlie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6424 Total Posan : 3368 Sejak : 21.02.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan NRA : 0313 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : http://www.atnlie.co.nr
yup emang betul kalo nanya sama orang yang tidak punya bakat ilmiah, apa lagi orang yang hanya bisa praktek itu pertanyaan memang agak menyinggung mereka.
jadi kalo yang mo jawab ilmiah kita tunggu pak E-1 aja hehehe
monggo pak E-1 di jawab, soale diriku juga merasa premium membuat shenny jadi males jalan tuh hehehe
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8058 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder :
125
Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
Gini aja bro...semuanya tergantung dari diri kita sendiri kok mau pake pertamax oke2 aja...premium juga oke2 aja... nah sekarang tinggal kita menyikapi nya aja... kalo menurut buku petunjuk pemakain EN 125 alis Suzuki Thunder, maka seyogyanya si thunder dikasih minum PERTAMAX yg oktanya lebih tinggi dibanding premium... Silahkan coba sendiri aja...& disesuaikan dengan kocek masing2 he..he... Sekedar bahan perbandingan : 1 liter pertamax : Rp.8.300 1 liter Premium : Rp. 4.500
audiarsza LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6230 Total Posan : 518 Sejak : 10.05.07 Domisili : kota 1000 angkot NRA : double O seven Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : inspek aja deh Hobi : ga ada...
Gini aja bro...semuanya tergantung dari diri kita sendiri kok mau pake pertamax oke2 aja...premium juga oke2 aja... nah sekarang tinggal kita menyikapi nya aja... kalo menurut buku petunjuk pemakain EN 125 alis Suzuki Thunder, maka seyogyanya si thunder dikasih minum PERTAMAX yg oktanya lebih tinggi dibanding premium... Silahkan coba sendiri aja...& disesuaikan dengan kocek masing2 he..he... Sekedar bahan perbandingan : 1 liter pertamax : Rp.8.300 1 liter Premium : Rp. 4.500
udh beralih jadi petugas inspek ger??
atnlie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6424 Total Posan : 3368 Sejak : 21.02.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan NRA : 0313 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : http://www.atnlie.co.nr
tapi ikut aturan pemakaina lebih bagus daripada ikut aturan sendiri, pabrikan sudah mentakar sesuai dengan kebutuhan mesin
kan kalo di pelabuhan tuh si nelayan mereka menggunakan mesin pake solar berhubung solar mahal mereka campur solar ama minyak tanah supaya murah harganya. nah gimana tuh bro??? boleh2 aja kan, ok ok aja kan tapi lama2 kelamaan akan cepet ancur juga tuh bro mesin. sama juga kaya thundie kita seharusnya pertamax eh dikasih premium
jadi seharusnya umur thundie 1 tahun bisa jadi 6 blan aja umurnya thundie
tapi semua ini harus tiu harus dijelaskan secara ilmiah dan juga butuh survey untuk keakuratannya
kl ane pikir mau premium atau pertamax kyknya sama aja krn yg beda hanya oktannya saja, memang semakin besar oktan maka pembakaran akan semakin baik tp kondisi skrg musti kita sikapi juga bro... bagi yg punya bugdet utk transportasi lebih bs gunakan pertamax tp kl kondisi yg ngepas bagaimana?? apakah musti dipaksakan juga??? skrg kembali ke kita aja masing2, selama perawatan kendaraan dgn benar maka kondisi motor juga akan sehat koq tidak hanya pengaruh bahan bakarnya... kl ane daripada mikirin bensin lebih baik mikirin oli motor apa yg paling bagus krn material tsb yg bs membuat mesin awet..
atnlie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6424 Total Posan : 3368 Sejak : 21.02.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan NRA : 0313 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : http://www.atnlie.co.nr
semua saling berpengaruh kali bro, pernyataan yang diatasnya juga dah jelas kan bro. oktan digunakan untuk memudahkan pembakaran, sama juga solar udah memiliki oktan sekian dan minyak tanah memiliki oktan sekian trusk kalo digabung jadi solar oplosan yang banyak dipake dipesisir pantai nah gimana tuh bro? apa ga masalah kalo oktanya turun?? bisa2 banyak kerak yang akan dibentuk ato banyak bahan bakar yang terbuang sia2 karena ga bisa dibakar
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27468 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
SUZUKI THUNDER SEMUSTINYA PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!
Berikut kutipan dr pagian 18 dlm buku "PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125", yg dikeluarkan oleh PT. IndoMobil Suzuki International, yg disertakan dlm tiap paket penjualan Suzuki Thunder 125:
PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125, pag 18, wrote:
BAHAN BAKAR
Disarankan agar menggunakan bahan bakar tanpa timbal dengan kadar oktan sekurang-kurangnya 90.
[timbal = timah hitam, lead, Plumbum, Pb]
Mayoritas orang Indonesia sekarang ini memilih menggunakan Premium ketimbang Pertamax utk kendaraan bermotornya yg bermesin bensin. Krn lbh murah per liternya. Andaikata ada yg lbh murah drpd Premium, pasti kebanyakan akan menggunakannya. Sedangkan solar, hanya utk kendaraan bermotor yg bermesin diesel.
Utk beda mesin kendaraan bermotor, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
JENIS, MACAM, DAN TIPE MESIN - SILSILAH MESIN SUZUKI THUNDER
Memang ada segelintir org yg memilih menggunakan Pertamax, bahkan Pertamax Plus! Atau bbg BBM lain berkadar oktan tinggi produk non-PERTAMINA, spt PETRONAS atau SHELL yg stasiun pompa BBM mrk kini mulai muncul di bbg pelosok JADEBOTABEK.
MENENTUKAN BBM YANG SESUAI
Bagaimana kita menentukan suatu kendaraan bermotor bensin menggunakan BBM apa?
Rumusnya sederhana:
FUEL'S OCTAN RATE|NUMBER >= ENGINE'S COMPRESSION RATIO x 10, atau
NOMOR|KADAR OKTAN BBM >= RASIO KOMPRESI MESIN x 10
BBM SESUAI UNTUK SUZUKI THUNDER ADALAH PERTAMAX
Suzuki Thunder 125, memiliki rasio kompresi 9,2 dan Pertamax memiliki kadar oktan 92
Sedangkan Premium memiliki kadar oktan 88, adalah utk mesin dgn rasio kompresi 8,8 kebawah.
Data rasio kompresi Suzuki Thunder tercantum dlm spesifikasi teknik dikeluarkan Suzuki, buku panduan pemilik, dlm brosur, dan situs Suzuki.
Berdasarkan pd "spesifikasi teknik", pd pagina 35 dlm buku "PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125", yg dikeluarkan oleh PT. IndoMobil Suzuki International, yg disertakan dlm tiap paket penjualan Suzuki Thunder 125:
PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125, pag 35, wrote:
SEPESIFIKASI
MESIN
Perbandingan kompresi .......... 9,2 : 1
Ttg apa yg dimaksud dgn rasio kompresi dan bagaimana cara menghitung rasio kompresi, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER: FORMULASI DAN KALKULASI RASIO KOMPRESI MESIN
SILINDER, KAMAR BAKAR, DAN RASIO KOMPRESI: MENGHITUNG RASIO KOMPRESI
Ttg apa yg dimaksud dgn kadar|nomor oktan BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
DAMPAK PEMAKAIAN PREMIUM TERHADAP SUZUKI THUNDER
mesin mengelitik, terjadi ketukan (knocking) dan letupan (detonation) dlm kamar bakar (combustion chamber), krn ada pembakaran BBM pra-penyalaan (pre-ignition) alias pembakaran dini, sebelum busi menghasilkan percikan (spark).
pembakaran tdk sempurna.
BBM lbh boros drpd semestinya.
efisiensi mesin menurun dibawah nilai semestinya.
terjadi endapan kerak arang|karbon dlm kamar bakar, permukaan piston|zuiger, dan dinding silinder.
terjadi pembuangan CO diatas kadar semestinya.
tenaga mesin tak dpt dihasilkan secara penuh.
akselerasi|percepatan yg lamban.
komponen mesin lbh cepat aus dan rusak.
usia mesin lbh singkat | MTBF (mean time before failure) menurun.
MESIN MENGELITIK?
Ttg mesin mengelitik, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER: MESIN MENGELITIK
Jadi kebanyakan kita melakukan penghematan harian secara ekonomis, utk jangka waktu singkat (short term), tp tdk utk jangka waktu lama (long term).
Barangkali kebanyakan org akan bilang, "Apa boleh buat! Kendaraannya saja belinya pakai angsuran alias cicilan alias via kredit bank atau lembaga keuangan lain! Yg penting menggelinding! Habis perkara!!!"
Jadi, boleh jadi juga ini kesalahan atau kekeliruan yg memang disengaja, atau memang tdk tahu, atau memang krn kecendrungan memilih yg paling murah!!!
Tp secara teknik, harga selalu sesuai dgn mutu. Jadi harga nggak bohong, begitu bro!
Nah, bro silahkan anda estimasi atau kalkulasi sendiri, mana lbh menguntungkan secara ekonomis [cost to benefit rasio], pakai Premium atau Pertamax!!!
Kebijakan ada ditangan masing-masing, dan tentu masing-masing juga punya alasan sendiri.
BAGAIMANA MENGOPTIMASI KADAR OKTAN?
Jika anda tetap memilih Premium, maka anda perlu melakukan optimasi penggunaan BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
BERAPA SIH TOP SPEED THUNDIE KAMU?: MY THUNDIE ... ENGINEERED FOR EFFICIENCY
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
Semoga bermanfaat ....
Gini aja dah!
Semustinya, sesuai rasio kompresi Suzuki Thunder yg 9,2, dan yg disarankan oleh perusahaan Suzuki sbg "produsen" si Thundie, ya pakai Pertamax yg nomor oktannya 92. Kalau Premium, ada yg 88 an ada yg 90 [pengganti Premix].
Efeknya sdh sy jelaskan secara panjang lebar dlm bbg topik dlm forum ini.
Kan tu perusahaan Suzuki sdh memperhitungkan segala sesuatu ttg dampak atau efek teknik mesin rancangan dan buatan mrk. Sekarang ente pilih mana, ikutin perusahaan Suzuki [ada ratusan hingga ribuan skilled automotive engineers dibalik perusahaan ini di seluruh dunia] atau para mekanik tu bengkel? Level dan cara pemikiran serta pengambilan keputusannya kan beda!
Kalau Suzuki Thunder ada cepat rusak, itu wajar! Krn itu marketing strategy perusahaan Suzuki. Kalau nggak mana bisa mereka jualan spare-parts dan bayar gaji segitu banyak karyawan? Dan entar Suzuki model baru yg bakal diluncurkan tiap 6 bulan pan nggak laku!
Implikasi kemajuan teknologi, di bidang, baik elektronik maupun otomotiv, adalah kemudahan dan percepatan laju produksi, dan juga peningkatan produksi dgn harga murah (low cost for mass production). Jadi semua produk teknologi utk dunia industri dan konsumen, sejak thn 2000an dirancang memilik MTBF (mean-time before failure, waktu-rerata sebelum gagal | rusak) atau LT (life time, waktu kehidupan) rendah, kecuali utk pesanan militer dan proyek eksplorasi antariksa dan pesanan khusus lainnya, yg mana harganya sangat mahal.
:melet lidah: Sistem teknologi maju sekarang ini didisain "modular", bahkan ada yg "unity". Artinya kalau rusak, yg dilakukan adalah "module replacement" atau "unit replacement", alias "part replacement", bukan "part repair"! Intinya "replacement" (penggantian), bukan "repair" (perbaikan)!. Dgn kata lain, semua produk teknologi masa kini dirancang utk pemakaian waktu singkat, kasarnya: "kalau rusak, ya ganti dgn yg baru, dan yg lama dibuang!".
Nah, krn Indonesia bukan negara industri, dan mayoritas rakyat bangsa kita adalah "miskin", jadi kebanyakan kita berpikir ttg bgmn caranya agar suatu produk yg dibeli dgn harga "relativ mahal" utk ukuran kantong org Indonesia, bisa dipakai utk jangka waktu lama, dan kalau bisa nggak pernah atau nggak sering rusak! Alias agar MTBF dan LT produk tsb panjang! Jadi bertolak-belakang dgn cara berpikir pabrikan negara Industri maju.
Nah, sekarang kita lihat realitas di dunia nyata di Indonesia. Kalau pakai Pertamax yg harganya 2X lipat Premium, yah mikir 2X. Hanya ada 2 pilihan, yakni efisiensi mesin atau efisiensi ekonomi atau penghematan kantong! Terserah anda! Yg "kaya" silahkan pakai Pertamax, dan yg "miskin" terpaksa rela pakai Premium.
Jujur saja, krn sy "miskin", ya utk keseharian, Thundie sy "terpaksa" pakai Premium. Tu Thundie kan bukan dipakai buat balap. Jadi, meski secara otomotiv tak efisien, tapi buat ukuran kantong sy irit. BTW sampai sekarang OK saja. Soal rusak itu urusan nanti, lagi pula kan sy bisa betulin sendiri . . . he he he
Jadi nggak usah malu lah ngaku "miskin". Beli, kredit! Boleh "ngirit", tp jangan "pelit" ... :melet lidah: :gigi rontok:
. . .
Terakhir diubah oleh Thunder Rider tanggal 21.04.08 12:12, total 1 kali diubah
France Tivoz Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6747 Total Posan : 3535 Sejak : 02.10.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0206 Jabatan : KaDiv Bakteri Thunder :
125
125 dan 250
Julukan : Red Bull Sikon : unmeried Hobi : Belajar Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA
Wah kalau gt sich Pak ,saya gak bisa pakai Thunder Gak kuat bli pertamax,saya aja ngisi premiun 10rb udah susah.
mad_dog SERMA KOSTER
Poin Brogader : 5903 Total Posan : 213 Sejak : 24.03.08 Domisili : cileduk sekitar nya (Koster Pejabat) KorWil : Jakarta Barat NRA : 0317 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
hmm kalo soal mesin tidak diragukan lagi, pertamax jelas paling sip buat thunder. soal kantong itu urusan masing2 mau nurutin gak.
so, soal kantong dikesampingkan. skr soal pertamaxnya. di mesin bagus. di tangki? kyknya blm ada yg bisa jelasin soal ini secara gamblang buat saya yg jelas2 dodol n awam soal mesin, tapi ingin dapat pencerahan soal ini. saya bertanya tidak pandang bulu. baik yg ngerti teknis ataupun ngerti prakteknya doang. blm ada jawaban pasti dari yg berpengetahuan teknik. tp dari rata2 org yg saya tanya (cuman tau praktek) semua blg uap pertamax tidak baik untuk tangki. mau percaya atau tidak, saya akan buktikan. mau gimana lagi? saya tidak cukup punya pengetahuan teknis untuk membuktikan secara teknikal. terpaksa korbankan cukup banyak uang untuk beli pertamax selama saya masi kuat beli hehe. trus nanti di check hasilnya pada tangki. kalo tangki rusak, kumpulin duit bikin tangki baru yang model ducati sekalian hehehe (kesempatan modif!)
btw, thundie saya belinya nyicil nih, nda kuat beli cash langsung. bulan juli 2008 ini pas cicilan terakhir (36bln). i'm not poor, but i'm not that rich either. thanks buat yg sudah berusaha jelasin ke saya yg awam n cupu ini
peace all
Heru Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6415 Total Posan : 3127 Sejak : 13.11.06 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0069 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
PAKAI PREMIUM 90 [PREMIX 90], PERTAMAX 92, ATAU PERTAMAX 96 | PLUS - JANGAN PREMIUM 88
Agar tak bolak-balik, para pempos baru dlm topik ini agar lbh dulu menelusuri semua posan sblmnya dr awal, krn dlm topik ini sdh banyak dikupas ttg nomor oktan BBM dan segala dampaknya.
Yg jelas beda Premium 88 dan Pertamax 92 adalah bahwa Premium mengandung Timbal alias Timah Hitam (Lead, Plumbum, Pb) dan sedangkan Pertamax tdk. Pb ini adalah bahan yg sama yg digunakan utk elektroda aki. Tentu sedikit-banyak Pb ini berpengaruh pd:
tanki bensin
saringan|filter bensin
saluran bensin
karburator
kamar bakar
knalpot
gas buang
Pb ini dpt mengikat molekul gas Asam alias Oksigen (DiOxyde, O2), dan membentuk senyawa Timbal Asam atau Timbal PerOksida (Lead PerOxyde, Plumbum DiOxyde, PbO2) yg berupa serbuk coklat spt karat, dan atau Timbal Litarga (Lead Litharge, Plumbum MonoOxyde, PbO) yg berupa serbuk kuning. Keduanya beracun dan berbahaya bagi manusia.
Jadi pd tiap bagian yg dilewati BBM mengadung PB, baik dlm bentuk gas ataupun cairan, cendrung meninggalkan noda, kerak, atau endapan Pb atau senyawanya berbentuk bubuk spt karat. Jika kendaraan anda menggunakan Premium 88, untuk jangka waktu lama, silahkan periksa tanki BBM, filter BBM, dan karburator, pasti ada lapisan kecoklatan sbg dampak Pb.
Hal ini tak terjadi bila anda menggunakan BBM tanpa Pb, spt Pertamax. Jadi secara fisik, Premium 88 lbh merusak tanki BBM drpd Pertamax.
Dari Buku Pegangan Servis (Service Manual) Suzuki Thunder 125 yg dikeluarkan oleh PT ISI (IndoMobil Suzuki Internasional), pagina 50:
DATA SERVIS - BAHAN BAKAR
BAGIAN
SPESIFIKASI
CATATAN
Jenis bahan bakar
Pergunakan bensin yang mempunyai nilai oktan 90 - 97 atau lebih
Berarti berdasarkan pd spesifikasi, Suzuki Thunder 125 masih bisa pakai Premium, asalkan Premium 90 [dulu Premix, oktan 90], bukan Premium 88.[oktan 88].
BBM paling cocok memang Pertamax 92, krn rasio kompresi Suzuki Thunder 9,2.
Melihat bahwa BBM dgn oktan 97 atau lbh bisa digunakan, jadi tak bermasalah dgn Pertamax 92 dan Pertamax 96.alias Pertamax Plus.
Adalah suatu anggapan keliru bahwa dgn menggunakan BBM dgn kadar oktan lbh tinggi akan membuat kendaraan lbh bertenaga. Dgn demikian, sebaiknya, cukup menggunakan BBM dgn kadar oktan yg sesuai dgn rasio kompresi. Kecuali ada modifikasi mesin dan kelistrikan yg berpengaruh langsung thdp mesin.
makin tinggi kadar oktan, makin tinggi suhu bakarnya, artinya makin sulit atau lambat dibakar oleh percikan busi, dan sebaliknya.
makin tinggi kadar oktan, makin tinggi suhu penguapannya, artinya makin sulit utk diubah jadi uap|gas dan dicampur dgn udara, dan sebaliknya.
BBM yg gagal dibakar oleh percikan busi, krn oktan terlalu tinggi, akan mengakibatkan penumpukan endapan kerak arang|karbon dlm kamar bakar, pd permukaan katup|klep|valve, pd permukaan zuiger|piston, dan pd dinding silider mesin, dan bahkan dlm laras knalpot dan peredam-suara|silencer.
Utk Suzuki Satria F 150, silahkan pakai Pertamax Plus, krn rasio kompresi Satria adalah 10,2.
. . .
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5954 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
omigod!!! tadi sore isi solar buat panther, sambil liat harga pertamax, 8550! pertamax plus 8750!!! uda lama ga beli pertamax naeknya segitu...
gileee. isi setangki aja bisa abis 100rb nih huehee. abis ini pelit2an deh, kalo ga perlu ga dipake thundienya. kalo pegi untuk keperluan kantor bela2in pake supra pit butut punya kantor aja biar ga nombok. kantor mana mau ganti pertamax hehe kalo suprapitnya mogok di jalan gua tinggal aja naik becak
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27468 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :