Subyek: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! 26.11.07 15:40
First topic message reminder :
SUZUKI THUNDER PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!
SUZUKI THUNDER SEMUSTINYA PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!
Berikut kutipan dr pagian 18 dlm buku "PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125", yg dikeluarkan oleh PT. IndoMobil Suzuki International, yg disertakan dlm tiap paket penjualan Suzuki Thunder 125:
PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125, pag 18, wrote:
BAHAN BAKAR
Disarankan agar menggunakan bahan bakar tanpa timbal dengan kadar oktan sekurang-kurangnya 90.
.
[timbal = timah hitam, lead, Plumbum, Pb]
Mayoritas orang Indonesia sekarang ini memilih menggunakan Premium ketimbang Pertamax utk kendaraan bermotornya yg bermesin bensin. Krn lbh murah per liternya. Andaikata ada yg lbh murah drpd Premium, pasti kebanyakan akan menggunakannya. Sedangkan solar, hanya utk kendaraan bermotor yg bermesin diesel.
Utk beda mesin kendaraan bermotor, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
JENIS, MACAM, DAN TIPE MESIN - SILSILAH MESIN SUZUKI THUNDER
Memang ada segelintir org yg memilih menggunakan Pertamax, bahkan Pertamax Plus! Atau bbg BBM lain berkadar oktan tinggi produk non-PERTAMINA, spt PETRONAS atau SHELL yg stasiun pompa BBM mrk kini mulai muncul di bbg pelosok JADEBOTABEK.
MENENTUKAN BBM YANG SESUAI
Bagaimana kita menentukan suatu kendaraan bermotor bensin menggunakan BBM apa?
Rumusnya sederhana:
FUEL'S OCTAN RATE|NUMBER >= ENGINE'S COMPRESSION RATIO x 10, atau
NOMOR|KADAR OKTAN BBM >= RASIO KOMPRESI MESIN x 10
BBM SESUAI UNTUK SUZUKI THUNDER ADALAH PERTAMAX
Suzuki Thunder 125, memiliki rasio kompresi 9,2 dan Pertamax memiliki kadar oktan 92
Sedangkan Premium memiliki kadar oktan 88, adalah utk mesin dgn rasio kompresi 8,8 kebawah.
Data rasio kompresi Suzuki Thunder tercantum dlm spesifikasi teknik dikeluarkan Suzuki, buku panduan pemilik, dlm brosur, dan situs Suzuki.
Berdasarkan pd "spesifikasi teknik", pd pagina 35 dlm buku "PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125", yg dikeluarkan oleh PT. IndoMobil Suzuki International, yg disertakan dlm tiap paket penjualan Suzuki Thunder 125:
PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125, pag 35, wrote:
SEPESIFIKASI
MESIN
Perbandingan kompresi .......... 9,2 : 1
Ttg apa yg dimaksud dgn rasio kompresi dan bagaimana cara menghitung rasio kompresi, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER: FORMULASI DAN KALKULASI RASIO KOMPRESI MESIN
SILINDER, KAMAR BAKAR, DAN RASIO KOMPRESI: MENGHITUNG RASIO KOMPRESI
Ttg apa yg dimaksud dgn kadar|nomor oktan BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
DAMPAK PEMAKAIAN PREMIUM TERHADAP SUZUKI THUNDER
mesin mengelitik, terjadi ketukan (knocking) dan letupan (detonation) dlm kamar bakar (combustion chamber), krn ada pembakaran BBM pra-penyalaan (pre-ignition) alias pembakaran dini, sebelum busi menghasilkan percikan (spark).
pembakaran tdk sempurna.
BBM lbh boros drpd semestinya.
efisiensi mesin menurun dibawah nilai semestinya.
terjadi endapan kerak arang|karbon dlm kamar bakar, permukaan piston|zuiger, dan dinding silinder.
terjadi pembuangan CO diatas kadar semestinya.
tenaga mesin tak dpt dihasilkan secara penuh.
akselerasi|percepatan yg lamban.
komponen mesin lbh cepat aus dan rusak.
usia mesin lbh singkat | MTBF (mean time before failure) menurun.
MESIN MENGELITIK?
Ttg mesin mengelitik, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER: MESIN MENGELITIK
Jadi kebanyakan kita melakukan penghematan harian secara ekonomis, utk jangka waktu singkat (short term), tp tdk utk jangka waktu lama (long term).
Barangkali kebanyakan org akan bilang, "Apa boleh buat! Kendaraannya saja belinya pakai angsuran alias cicilan alias via kredit bank atau lembaga keuangan lain! Yg penting menggelinding! Habis perkara!!!"
Jadi, boleh jadi juga ini kesalahan atau kekeliruan yg memang disengaja, atau memang tdk tahu, atau memang krn kecendrungan memilih yg paling murah!!!
Tp secara teknik, harga selalu sesuai dgn mutu. Jadi harga nggak bohong, begitu bro!
Nah, bro silahkan anda estimasi atau kalkulasi sendiri, mana lbh menguntungkan secara ekonomis [cost to benefit rasio], pakai Premium atau Pertamax!!!
Kebijakan ada ditangan masing-masing, dan tentu masing-masing juga punya alasan sendiri.
BAGAIMANA MENGOPTIMASI KADAR OKTAN?
Jika anda tetap memilih Premium, maka anda perlu melakukan optimasi penggunaan BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
BERAPA SIH TOP SPEED THUNDIE KAMU?: MY THUNDIE ... ENGINEERED FOR EFFICIENCY
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
Semoga bermanfaat ....
Terakhir diubah oleh tanggal 26.11.07 20:12, total 7 kali diubah
Pake SHELL SUPER aja bro... 1 liter Rp. 7.000 ,- Irit lagi, karena pembakarannya bagus... Ane kalo pake pertamax 1 minggu bisa 9 liter. Tapi pake shell super 1 minggu cuma 8 liter. Padahal kilometer yang ditempuh relatif sama..
wite KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5665 Total Posan : 63 Sejak : 12.11.08 Domisili : bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : mahasiswa Hobi : ngukur jalan n maen di aspal
bro ane mo nanya...mtor ane klo pke pertamax larinya malah berat.. tpi klo premium rada enteng... ni kesalahan di motor ane taw di pertamax'y??? mohon pencerahan'y dulur??...thank's
dhienz Kapten KOSTER
Poin Brogader : 6090 Total Posan : 669 Sejak : 13.02.08 Domisili : Jakarta Barat NRA : 319 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
bro ane mo nanya...mtor ane klo pke pertamax larinya malah berat.. tpi klo premium rada enteng... ni kesalahan di motor ane taw di pertamax'y??? mohon pencerahan'y dulur??...thank's
Pertamaxnya yg Bio ato Biasa,coba isi Shell super terasanya bagaimana
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5954 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
bro ane mo nanya...mtor ane klo pke pertamax larinya malah berat.. tpi klo premium rada enteng... ni kesalahan di motor ane taw di pertamax'y??? mohon pencerahan'y dulur??...thank's
di hal2 awal2 kan ditulis ama p iwan, kalo thunder itu kompresi nya 9.2:1 berarti pake pertamax yg paling sip. kalo malah mbrebet berarti kemungkinan besar di motor ente bro, mungkin silinder blok udah nggentong, seal klep uda ancur, sehingga kompresi mesin bocor. angka kompresinya nggak 9.2 lagi, malah turun mungkin jadi di bawah angka 9, sehingga pake premium malah klop hihi. gak tau lagi deh, ini analisa ala ndeso dari saya ajah...
ROBIN 151 Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6068 Total Posan : 1394 Sejak : 27.10.07 Domisili : Bejat KorWil : Bejat NRA : 151 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
bro ane mo nanya...mtor ane klo pke pertamax larinya malah berat.. tpi klo premium rada enteng... ni kesalahan di motor ane taw di pertamax'y??? mohon pencerahan'y dulur??...thank's
Pertamaxnya yg Bio ato Biasa,coba isi Shell super terasanya bagaimana
son
sosialisasikan produk dalam negeri... demi kemakmuran bangsa..
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5954 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Poin Brogader : 6600 Total Posan : 1519 Sejak : 06.11.08 Domisili : Bogor - Jakarta KorWil : KOSTRAD NRA : 0324 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : The Crusher Sikon : Keliatan Jelas Hobi : Turing Kuliner Slogan : Makan sebelum laper...ngopi sebelum haus....
Subyek: Re: PERFORMA: Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! 18.11.08 2:32
Pagi semuaaa...!!!
Bro, boleh dong bagi2 pengalamannya ama yg udah pernah pake pertamax buat T250, terutama yg penggunaan jarak jauh sehari2 (saya Bogor-Jakarta PP). Soalnya dulu pernah coba pake pertamax, tapi mesin kok makin panas ya? Biji berasa kepanggang. Normal ngga, bro? Apa karena emang cc nya beda? Apa anomali mesin? Maklum...
Trus, kalo kalo emang lebih irit, kan selisihnya kira2 seribu perak ama premium, apa ngga sebaiknya balik pake pertamax lagi?
Tengkiu buat sharingnya...
:brapo koster:
oenank-jtc Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6211 Total Posan : 1367 Sejak : 15.07.08 Domisili : Bekasi City KorWil : JTC Jabatan : Ang. Forum Thunder :
250
Julukan : 250 black silver Sikon : doain aja... Hobi : Gluduk Glundung Slogan : alon2 asal kelakon
Bro, boleh dong bagi2 pengalamannya ama yg udah pernah pake pertamax buat T250, terutama yg penggunaan jarak jauh sehari2 (saya Bogor-Jakarta PP). Soalnya dulu pernah coba pake pertamax, tapi mesin kok makin panas ya? Biji berasa kepanggang. Normal ngga, bro? Apa karena emang cc nya beda? Apa anomali mesin? Maklum...
Trus, kalo kalo emang lebih irit, kan selisihnya kira2 seribu perak ama premium, apa ngga sebaiknya balik pake pertamax lagi?
Tengkiu buat sharingnya...
:brapo koster:
mesin T250 pada dasarnya emang panas, bahkan melebihi REGIT ato OIPROCS apalagi di pkein pertamax, makin panas deh tuh mesin
solusi paling mudah u/ mengurangi panas mulai dari oli mesin, pilih yg bagus klo ane pke supersyn gold + pke Xado, lumayan bwt ngurangin panas mesin T250 yg amit2...
boybowie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6619 Total Posan : 4444 Sejak : 05.08.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125cc Sikon : kawin Hobi : touring Slogan : Jadikanlah hidupmu penuh dengan persahabatan dan kekeluargaan
Betul Bro, mesin thundie memang cepat panas. Apalagi jalanan di jakarta yang macet, makin panas deh. Saya kalo di lampu merah selalu matikan mesin... hehehehe..!
bro suLai Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6263 Total Posan : 1046 Sejak : 06.11.08 Domisili : Kebon Jeruk. Jakarta Barat KorWil : Jakarta Barat | PEJABAT NRA : 0318 Jabatan : Anggota Resmi ber NRA Thunder :
125
Julukan : bro suLai Sikon : In a Relationship Hobi : Touring, Rolling, Flirting hehe.. Slogan : Positive Thinking
Betul Bro, mesin thundie memang cepat panas. Apalagi jalanan di jakarta yang macet, makin panas deh. Saya kalo di lampu merah selalu matikan mesin... hehehehe..!
ada2 aja bro bowie..
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5954 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
kalo lebih panas dari biasanya, artinya kan pembakaran makin bagus ya? kayaknya gitu deh perna liat dari post nya p iwan tentang panas http://www.suzuki-thunder.net/permesinan-suzuki-thunder-komponen-sistem-teknologi-dan-rekayasa-f67/panas-apa-panas-t2097.htm
b4192lr KOPDA KOSTER
Poin Brogader : 6312 Total Posan : 47 Sejak : 31.01.07 Domisili : jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Bro, boleh dong bagi2 pengalamannya ama yg udah pernah pake pertamax buat T250, terutama yg penggunaan jarak jauh sehari2 (saya Bogor-Jakarta PP). Soalnya dulu pernah coba pake pertamax, tapi mesin kok makin panas ya? Biji berasa kepanggang. Normal ngga, bro? Apa karena emang cc nya beda? Apa anomali mesin? Maklum...
Trus, kalo kalo emang lebih irit, kan selisihnya kira2 seribu perak ama premium, apa ngga sebaiknya balik pake pertamax lagi?
Tengkiu buat sharingnya...
:brapo koster:
mesin T250 pada dasarnya emang panas, bahkan melebihi REGIT ato OIPROCS apalagi di pkein pertamax, makin panas deh tuh mesin
solusi paling mudah u/ mengurangi panas mulai dari oli mesin, pilih yg bagus klo ane pke supersyn gold + pke Xado, lumayan bwt ngurangin panas mesin T250 yg amit2...
belakangan gw pk shell super...kebetulan jalurnya lewatin shell...enak bener tarikannya omm...eunnntenggg...ga pk betot gas dalem-dalem....panas mesin jg ga berlebihan bgt gw bilang...pas mesin panas idle-nya jg ga pernah diatas 1500 rpm...mustinya pertamax jg gitu hasilnye...tp tau dah
Daverson Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7428 Total Posan : 2510 Sejak : 01.07.07 Domisili : Jakarta Utara KorWil : KOSTRAD NRA : 0321 Jabatan : Anggota Resmi Thunder :
125
Julukan : My Blue Sikon : apa yah.. ? Hobi : Makan & Traveling Slogan : Yakinlah pada kemampuan diri sendiri & berusahalah terus jgn putus asa
bro ane mo nanya...mtor ane klo pke pertamax larinya malah berat.. tpi klo premium rada enteng... ni kesalahan di motor ane taw di pertamax'y??? mohon pencerahan'y dulur??...thank's
Pertamaxnya yg Bio ato Biasa,coba isi Shell super terasanya bagaimana
son
sosialisasikan produk dalam negeri... demi kemakmuran bangsa..
.. Pak Robin Saya Cinta Produk Dalam Negeri termasukdalam negeri...
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27468 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
sosialisasikan produk dalam negeri... demi kemakmuran bangsa..
Bro Robin and All, sptnya semboyan tsb tdk begitu relevan atau kontesktual ya? setidaknya utk sektor MIGAS (minyak dan gas bumi). Yg saya tahu persis, dimana ada perusahan MIGAS asing di suatu pulau atau kepulauan, provinsi, daerah atau wilayah, di Indonesia, minimum jalan raya di kotamadya, kabupaten, kecamatan, hingga kelurahan atau desa beraspal licin, klinik dan pusat kesehatan bahkan mungkin rumahsakit maju, sekolah-sekolah terutama SD dan SMP berdiri kokoh, begitu juga rumah ibadah, perkantoran, pusat pertokoan dan perbelanjaan modern, hingga restoran, kafe, sampai pusat hiburan malam, dan bahkan bandara tak luput dari pembenahan.
Ini bukan saja krn kebutuhan dr perusahaan MIGAS bersangkutan , krn tuntutan lingkungan hidup para ekspatriat, dan komitmen perusahaan atas kesehjateraan karyawan, pekerja, dan keluarganya, tp juga bisa kita katakan sebagai dampak bagian implikativ dr persetujuan kontrak dgn yg punya negara.
Silahkan lihat juga artikel berkaitan dgn ulasan ini, meski bukan di Indonesia, tp bisa jadi ukuran perbandingan, dlm forum ini, dlm topik LENSA: SALJU DI SAHARA
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27468 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
sosialisasikan produk dalam negeri... demi kemakmuran bangsa..
. . . melanjutkan yg diatas . . .
Bro Sekalian, sebagian besar perusahaan minyak dan gas bumi multinasional asing kaliber dunia, terutama yg memiliki perusahaan subsider [incorporated] di Indonesia, spt, Shell Indonesia, CalTex (California-Texas) Pacific Indonesia, Exxon-Mobil Indonesia, Total Indonesche, British Petroleum Indonesia, Stanvac Indonesia, dlsb . . . dst . . . msh banyak lagi, hingga PetroNas, semuanya adalah dlm kontrak bagi-hasil (production-sharing) dgn PERTAMINA (perusahaan tambang minyak negara), dlm komposisi sekitar 60 : 40, atau sebagian dari mereka berfungsi sbg operator, atau bentuk kontrak kerjasamana lainnya dgn PERTAMINA sbg tuan rumah atawa persisnya si empunya lahan.
Artinya, mereka bukan membawa minyak dan gas dari luar ke dalam negeri, tapi justreru sebaliknya, dari Indonesia ke negara mereka, dimana sebagian dari hasil eksplorasi mrk adalah menjadi hak PERTAMINA. Dan ini sdh berlangsung puluhan tahun sejak dulu.
Jadi minyak yg mereka jual di Indonesia boleh dikata . . . adalah minyak yg sama dgn yg dijual oleh PERTAMINA, dan bahkan bila mrk kekurangan stok, mrk membeli dari PERTAMINA, atau sebaliknya.
Jadi hanya beda plakat, beda warna, tp isinya lebih kurang sama, . . . yah paling beda sedikit bumbu pemanis atawa penyedapnya, katakanlah zat subtraktiv, zat additiv, zat protektiv | engine protector, octan improver, . . . dan combustion catalisator, dan itu sdh menjadi identitas dan trademark tiap produser.
BTW, jika dulu bisnis SPBU di Indonesia msh dlm KOMPETISI MONOPOLI [banyak pembeli, tersedia banyak produk berbeda, dan penjualnya sedikit atau hanya satu, i.e. PERTAMINA], maka kini dgn masuknya Shell dan PetroNas ke bisnis SPBU di Indonesia, persaingan pasar mulai memasuki kancah KOMPETISI OLIGOPOLI [banyak pembeli, tersedia banyak produk serupa, dan penjualnya sedikit] dan bisa saja kelak bergeser ke KOMPETISI MONOPOLISTIK [banyak pembeli, tersedia banyak produk berbeda, dan penjualnya banyak]. Dgn demikian ini juga memberikan keuntungan bagi konsumen, krn adanya bbrp pilihan dgn perbedaan mutu dan harga yg relativ cukup berarti bagi kebanyakan org.
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27468 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
sosialisasikan produk dalam negeri... demi kemakmuran bangsa..
. . . melanjutkan yg diatas . . .
Perihal beda harga, itu wajar, krn menyangkut bbrp faktor spt, biaya prospekting, akuisisi, eksplorasi, eksploitasi, produksi dan pemasaran, dan tentu pajak-pajak dan kompensasi aspek legal, dan . . . spt pernah sy katakan, harga minyak dan gas bumi juga dipengaruhi oleh kepentingan politik, dgn kata lain, ia bukan saja sekedar komoditas ekonomi, tp juga sdh menjadi komoditas politik. Silahkan lihat dlm forum ini, dlm topik LENSA: FLUKTUASI HARGA BBM DI INDONESIA DAN DUNIA
Dan perlu dicatat bahwa mayoritas produksi PERTAMINA adalah hasil prospekting, akuisisi, eksplorasi kontraktor asing. Dan juga perlu dicatat bahwa kontraktor asing yg membuka SPBU di Indonesia hrs membayar suatu nilai kompensasi kepada PERTAMINA. Jadi perkenan PERTAMINA atas dibukanya SPBU asing bukan suatu hal yg tak membawa keuntungan finansial bagi PERTAMINA, disamping adanya penyerapan tenaga kerja "non-expert" bagi negara.
FYI, lbh 70% tenaga kerja "expert" di bidang MIGAS asli Indonesia sdh diserap oleh perusahaan minyak dan gas bumi multinasional asing atau jasa berkaitan dengannya, baik didalam maupun diluar negeri, krn kompensasi: gaji, benefit | tunjangan, insentiv | ransangan, dan allowance | kelapangan, yg 2, 3 s/d 5 kali lipat drpd yg dpt diberilkan oleh PERTAMINA. Katakanlah, sbg misal: high-pay, carrer development, personality improvement, opportunity, work environment, paid meal, paid transportation, paid vocation and leave with pay, paid education, paid medical, paid travel, paid return to point of origin for the whole family, housing | home ownership program, insurance, retirement, etc.
Just for example, contoh konkrit, pd 1983 ketika MOI (PT Mobil Oil Indonesia inc.) [sblm merged jadi Exxon-Mobil] berani membayar saya Rp 1,8 per bulan, ELNUSA (PT Elektronika Nusantara) [subsidiari PERTAMINA] hanya berani membayar saya Rp 600 ribu per bulan utk jenis pekerjaan yg sama. Lalu 20 thn kemudian, pd 2003, ketika PERTAMINA Pusat menawarkan kpd saya kompensasi Rp 20 juta per bulan, kontraktor Perancis dan kontraktor Arab berani menawarkan kpd saya Rp 60 juta per bulan utk posisi dan tanggungjawab sama. Ini blm termasuk benefit, insentiv, dan allowance. Anyone wants to testify? [Kayaknya Bro Jay nih lagi makmur semenjak jadi bajing loncat di foreign oil service company . . . bisa punya moto 125 dan 250 full modif plus beli rumah lumayan gede . . . and kawin . . . eh . . . nikah lagi aja belon nih . . . and juga Bro Dimas Mimin yg sekarang lagi kebajiran proyek nih . . . travel travel aboard melulu . . . en bentar lagi mau merried . . . stlh ngumpulin banyak duit . . . he he he . . .]
Ini semua hanya sbg gambaran bahwa kontraktor MIGAS asing bisa bawa kemakmuran bangsa juga dan atau setidaknya bikin makmur sebagian anak bangsa, terutama "expert level professionals" dan "experienced skiled persons", dan tentu dgn keluarganya. But, ini tak berarti kita hrs kehilangan nasionalisme. Apalagi sekarang sdh masuk era globalisasi, teknologi informasi dan komunikasi world wide web.
FYI, sy secara individual sdh lbh 10 thn melanglang buana sbg kontraktor dan konsultan ahli seismologi dan geofisika perminyakan di departemen eksplorasi dan prosesing di hampir semua perusahaan multinasional minyak dan gas bumi di Indonesia, termasuk bbrp perusahaan mutinasional jasa prosesing data akusisi, jadi kurang-lebih atau sedikit-banyak tahu kisah perjalanan darimana dan kemana sang minyak dan gas bumi nusantara ini datang dan perginya . . .
Semoga bisa dicerna dan berguna . . .
b4192lr KOPDA KOSTER
Poin Brogader : 6312 Total Posan : 47 Sejak : 31.01.07 Domisili : jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
penjelasan dari om iwan, lugas, tajam , & terpercaya.....( kayak majalah T***P* ) yak..he..he.. Yg jelas kita kudu cinta terhadap produk2 asli dalam negeri....ok
BRAVO KOSTER ! :koster:
oenank-jtc Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6211 Total Posan : 1367 Sejak : 15.07.08 Domisili : Bekasi City KorWil : JTC Jabatan : Ang. Forum Thunder :
250
Julukan : 250 black silver Sikon : doain aja... Hobi : Gluduk Glundung Slogan : alon2 asal kelakon