Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 7 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 7 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!

Go down 
+52
nico-jtc
Iwan K-310
harry2yo
ThunderRiyan STERIL
bro suLai
T1aZ
wite
N4L
ade_aban
dhienz
Dhanny
bash
boybowie
124m4
webster
Daverson
Bro Jay
tege
denbagus
mawan
oenank-jtc
dexolgenk
ipoel
FENCO Bejater'z
ricardosigit
Heru
mad_dog
audiarsza
atnlie
rahmat
111
Wendy Dj
king syahriar
brorokrs
candra904
go_retro
Thunder.Rider
b4192lr
Teddy_Yanuar
Us Fuck
Heri
ROBIN 151
Rendy 133
teddy
budiwonk
France Tivoz
[BOETHO]
belan
Rotor
gerry_garsono
042
Thunder Rider
56 posters
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next
PengirimMessage
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27468
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime26.11.07 15:40

First topic message reminder :

SUZUKI THUNDER PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Suzuki-thunder-v4-125-black-400


SUZUKI THUNDER SEMUSTINYA PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!

Berikut kutipan dr pagian 18 dlm buku "PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125", yg dikeluarkan oleh PT. IndoMobil Suzuki International, yg disertakan dlm tiap paket penjualan Suzuki Thunder 125:

PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125, pag 18, wrote:
BAHAN BAKAR

Disarankan agar menggunakan bahan bakar tanpa timbal dengan kadar oktan sekurang-kurangnya 90.
.

[timbal = timah hitam, lead, Plumbum, Pb]

Mayoritas orang Indonesia sekarang ini memilih menggunakan Premium ketimbang Pertamax utk kendaraan bermotornya yg bermesin bensin. Krn lbh murah per liternya. Andaikata ada yg lbh murah drpd Premium, pasti kebanyakan akan menggunakannya. Sedangkan solar, hanya utk kendaraan bermotor yg bermesin diesel.

Utk beda mesin kendaraan bermotor, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
JENIS, MACAM, DAN TIPE MESIN - SILSILAH MESIN SUZUKI THUNDER

Memang ada segelintir org yg memilih menggunakan Pertamax, bahkan Pertamax Plus! Atau bbg BBM lain berkadar oktan tinggi produk non-PERTAMINA, spt PETRONAS atau SHELL yg stasiun pompa BBM mrk kini mulai muncul di bbg pelosok JADEBOTABEK.


PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Thunder-2007-032



MENENTUKAN BBM YANG SESUAI

Bagaimana kita menentukan suatu kendaraan bermotor bensin menggunakan BBM apa?

Rumusnya sederhana:
FUEL'S OCTAN RATE|NUMBER >= ENGINE'S COMPRESSION RATIO x 10, atau

NOMOR|KADAR OKTAN BBM >= RASIO KOMPRESI MESIN x 10


BBM SESUAI UNTUK SUZUKI THUNDER ADALAH PERTAMAX

Suzuki Thunder 125, memiliki rasio kompresi 9,2 dan Pertamax memiliki kadar oktan 92

Sedangkan Premium memiliki kadar oktan 88, adalah utk mesin dgn rasio kompresi 8,8 kebawah.

Data rasio kompresi Suzuki Thunder tercantum dlm spesifikasi teknik dikeluarkan Suzuki, buku panduan pemilik, dlm brosur, dan situs Suzuki.

Berdasarkan pd "spesifikasi teknik", pd pagina 35 dlm buku "PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125", yg dikeluarkan oleh PT. IndoMobil Suzuki International, yg disertakan dlm tiap paket penjualan Suzuki Thunder 125:

PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125, pag 35, wrote:
SEPESIFIKASI

MESIN

Perbandingan kompresi .......... 9,2 : 1

Ttg apa yg dimaksud dgn rasio kompresi dan bagaimana cara menghitung rasio kompresi, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER: FORMULASI DAN KALKULASI RASIO KOMPRESI MESIN

SILINDER, KAMAR BAKAR, DAN RASIO KOMPRESI: MENGHITUNG RASIO KOMPRESI
Ttg apa yg dimaksud dgn kadar|nomor oktan BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 004strokeenginerun-ani


DAMPAK PEMAKAIAN PREMIUM TERHADAP SUZUKI THUNDER

  1. mesin mengelitik, terjadi ketukan (knocking) dan letupan (detonation) dlm kamar bakar (combustion chamber), krn ada pembakaran BBM pra-penyalaan (pre-ignition) alias pembakaran dini, sebelum busi menghasilkan percikan (spark).

  2. pembakaran tdk sempurna.

  3. BBM lbh boros drpd semestinya.

  4. efisiensi mesin menurun dibawah nilai semestinya.

  5. terjadi endapan kerak arang|karbon dlm kamar bakar, permukaan piston|zuiger, dan dinding silinder.

  6. terjadi pembuangan CO diatas kadar semestinya.

  7. tenaga mesin tak dpt dihasilkan secara penuh.

  8. akselerasi|percepatan yg lamban.

  9. komponen mesin lbh cepat aus dan rusak.

  10. usia mesin lbh singkat | MTBF (mean time before failure) menurun.



MESIN MENGELITIK?

Ttg mesin mengelitik, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER: MESIN MENGELITIK

Jadi kebanyakan kita melakukan penghematan harian secara ekonomis, utk jangka waktu singkat (short term), tp tdk utk jangka waktu lama (long term).

Barangkali kebanyakan org akan bilang, "Apa boleh buat! Kendaraannya saja belinya pakai angsuran alias cicilan alias via kredit bank atau lembaga keuangan lain! Yg penting menggelinding! Habis perkara!!!"

Jadi, boleh jadi juga ini kesalahan atau kekeliruan yg memang disengaja, atau memang tdk tahu, atau memang krn kecendrungan memilih yg paling murah!!!

Tp secara teknik, harga selalu sesuai dgn mutu. Jadi harga nggak bohong, begitu bro!

Nah, bro silahkan anda estimasi atau kalkulasi sendiri, mana lbh menguntungkan secara ekonomis [cost to benefit rasio], pakai Premium atau Pertamax!!!

Kebijakan ada ditangan masing-masing, dan tentu masing-masing juga punya alasan sendiri.


BAGAIMANA MENGOPTIMASI KADAR OKTAN?

Jika anda tetap memilih Premium, maka anda perlu melakukan optimasi penggunaan BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
BERAPA SIH TOP SPEED THUNDIE KAMU?: MY THUNDIE ... ENGINEERED FOR EFFICIENCY

TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN

Semoga bermanfaat ....


Terakhir diubah oleh tanggal 26.11.07 20:12, total 7 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/

PengirimMessage
[BOETHO]
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER



Total Posan : 4615
Sejak : 19.04.07

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime28.11.07 1:16

HIDUP BENSOL + AVTUR..................... Ngupil Ngupil Ngupil
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27468
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime28.11.07 8:22

Quote :
Teddy wrote: Salam Koster,

Bro, kalau pakainya 60% pertamax 40% bensin ngaruh ga ke mesin, soalnya berasa euy kalau tiap hari isi pertamax 30 Ribu hehehe maklum tiap hari touring jakarta bogor hehehe

Rgds
3-002

Quote :
Rotor wrote: ane pake premium plus additive penambah octan

Meneketehe.... ... nggg ... Bro Teddy, sy belum bisa ngasih jawaban persis bgmn kalau komposisi BBM 40% Premium dan 60% Pertamax, krn mesti liat spesifikasi teknik masing-masing produk Pertamina ini.

Ada 2 kemungkin proses bisa terjadi,

  • proses fisik, yakni percampuran yg menghasilkan campuran fisik (physical mixture), dan
  • proses kimiawi, yakni persenyawaan yg menghasilkan senyawa kimiawi (chemical compound) baru.
Nah, kalau bercampur sdh jelas, tp apakah ada senyawa baru yg dibentuk, sy blm tahu. Lantas, apakah campuran ini membuat BBM lbh stabil atau justeru sebaliknya, dan bila ada senyawa baru apakah akan menghasilkan efek lbh baik atau tidak.

mmhhhh...mikir... ... Jadi utk sementara, sy cendrung pakai 2 pilihan,

  • Premium dgn "additive", atau
  • Pertamax saja.
lama amat yach... Alasan tekniknya adalah sbb.

Petroleum adalah campuran rangkap (complex mixture) bbrp senyawa organik kimiawi, dimana diantara bbrp senyawa tsb ada yg labil atau tak stabil (unstable compound), shg dpt terbakar krn tekanan atau desakan|kompresi (pressure, compression) tinggi sblm busi (bougie, sparkplug) menghasilkan percikan (spark) utk membakar gas|uap campuran udara dan BBM tsb, dan menimbulkan bunyi menggelitik (knocking) atau letupan (detonation) dlm kamar bakar (combustion chamber) yg disebut sbg pembakaran dini pra-penyalaan (pre-ignition premature combustion) sblm terjadi pembakaran pd titik dan saat ditentukan.

Utk mencenggah hal ini terjadi, yg mana dgn sendirinya mengurangi tenaga mesin yg semestinya dihasilkan dr pembakaran penuh campuras gas tsb, krn terjadi penurunan efisiensi, BBM perlu dibuat sedemikian rupa shg tdk terbakar krn kompresi. Ada bbg cara, antara lain,


  • Utk BBM mengandung timbal|timah-hitam (lead, plumbum, Pb), dilakukan peredaman (damping) thdp senyawa organik tak-stabil via penambahan bahan dpt menstabilkannya atau menetralisirnya, yg disebut "lead additives", sedemikian shg kadar oktan dioptimasi.

  • Utk BBM tanpa timbal, dilakukan proses perbaikan petrol (petrol refinery) shg senyawa tak-stabil menjadi stabil atau sebaliknya dibuang, sedemikian shg kadar oktan meningkat lbh tinggi.
Cayooo...Semangat! ... Kasus ini terbalik samasekali utk kendaraan bermesin Diesel, dimana BBM digunakan justru yg tak-stabil, yg mana lekas meledak krn tekanan tinggi, shg tak diperlukan busi utk menghasilkan percikan, krn pembakaran dpt dilakukan cukup via kompresi. Ini menjelaskan mengapa harga solar lbh murah, krn prosesnya tak memerlukan petrol refinery.

Ttg bagaimana mengoptimasi BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
Semoga bermanfaat


Terakhir diubah oleh tanggal 28.11.07 10:04, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27468
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime28.11.07 9:58

Quote :
Robin wrote: motor gw pake pertamax plus, buat mesin cepet panas ga ya? atau gw pake pertamax biasa aja?

Quote :
Heri wrote: wah......makin cepet panas tuh

lama amat yach... Bro Robin,


  • ada panas tertentu yg dibutuhkan mesin utk performa mesin, yakni suhu panas (heat temperature) alias "hot", dan

  • ada panas yg samasekali tak dibutuhkan mesin dan justeru ingin ditiadakan, yakni tenaga panas (heat energy) alias "heat".

Utk lbh jelas silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
PANAS APA 'PANAS'???
Pertamax Plus tentu lbh baik drpd Pertamax biasa. Tp harganya juga tentu lbh mahal.

...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
teddy
MAYJEN KOSTER
MAYJEN KOSTER
teddy


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6978
Total Posan : 2070
Sejak : 08.12.06
Domisili : LeuwiLiang
KorWil : LeuwiLiang
NRA : 0090
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : t250
Slogan : Bravo KOSTER

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime28.11.07 17:40

Salam Koster,


makasih atas penjelasannya, soalnya gini Bro, aku dari pertama beli
tuch
Thundie pake Pertamax, nah kalau langsung di kasih bensin ajaib sekali
motor tuch endut2tan. nah gmn caranya kalau pertama kali ganti dari
Pertamax ke Premium supaya Thundie ga mbrebettt. ada yang pernah coba
ga?

Hatur Nuhun.
Teddy
3-002

Thunder Rider wrote:
Quote :
Teddy wrote: Salam Koster,

Bro,
kalau pakainya 60% pertamax 40% bensin ngaruh ga ke mesin, soalnya
berasa euy kalau tiap hari isi pertamax 30 Ribu hehehe maklum tiap hari
touring jakarta bogor hehehe

Rgds
3-002

Quote :
Rotor wrote: ane pake premium plus additive penambah octan


Meneketehe....
... nggg ... Bro Teddy, sy belum bisa ngasih jawaban persis bgmn kalau
komposisi BBM 40% Premium dan 60% Pertamax, krn mesti liat spesifikasi
teknik masing-masing produk Pertamina ini.

Ada 2 kemungkin proses bisa terjadi,

  • proses fisik, yakni percampuran yg menghasilkan campuran fisik (physical mixture), dan
  • proses kimiawi, yakni persenyawaan yg menghasilkan senyawa kimiawi (chemical compound) baru.
Nah,
kalau bercampur sdh jelas, tp apakah ada senyawa baru yg dibentuk, sy
blm tahu. Lantas, apakah campuran ini membuat BBM lbh stabil atau
justeru sebaliknya, dan bila ada senyawa baru apakah akan menghasilkan
efek lbh baik atau tidak.

mmhhhh...mikir... ... Jadi utk sementara, sy cendrung pakai 2 pilihan,

  • Premium dgn "additive", atau
  • Pertamax saja.
lama amat yach... Alasan tekniknya adalah sbb.

Petroleum
adalah campuran rangkap (complex mixture) bbrp senyawa organik kimiawi,
dimana diantara bbrp senyawa tsb ada yg labil atau tak stabil (unstable
compound), shg dpt terbakar krn tekanan atau desakan|kompresi
(pressure, compression) tinggi sblm busi (bougie, sparkplug)
menghasilkan percikan (spark) utk membakar gas|uap campuran udara dan
BBM tsb, dan menimbulkan bunyi menggelitik (knocking) atau letupan
(detonation) dlm kamar bakar (combustion chamber) yg disebut sbg
pembakaran dini pra-penyalaan (pre-ignition premature combustion) sblm
terjadi pembakaran pd titik dan saat ditentukan.

Utk mencenggah
hal ini terjadi, yg mana dgn sendirinya mengurangi tenaga mesin yg
semestinya dihasilkan dr pembakaran penuh campuras gas tsb, krn terjadi
penurunan efisiensi, BBM perlu dibuat sedemikian rupa shg tdk terbakar
krn kompresi. Ada bbg cara, antara lain,


  • Utk BBM
    mengandung timbal|timah-hitam (lead, plumbum, Pb), dilakukan peredaman
    (damping) thdp senyawa organik tak-stabil via penambahan bahan dpt
    menstabilkannya atau menetralisirnya, yg disebut "lead additives",
    sedemikian shg kadar oktan dioptimasi.
  • Utk BBM tanpa
    timbal, dilakukan proses perbaikan petrol (petrol refinery) shg senyawa
    tak-stabil menjadi stabil atau sebaliknya dibuang, sedemikian shg kadar
    oktan meningkat lbh tinggi.
Cayooo...Semangat!
... Kasus ini terbalik samasekali utk kendaraan bermesin Diesel, dimana
BBM digunakan justru yg tak-stabil, yg mana lekas meledak krn tekanan
tinggi, shg tak diperlukan busi utk menghasilkan percikan, krn
pembakaran dpt dilakukan cukup via kompresi. Ini menjelaskan mengapa
harga solar lbh murah, krn prosesnya tak memerlukan petrol refinery.

Ttg bagaimana mengoptimasi BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
Semoga bermanfaat
Kembali Ke Atas Go down
Rendy 133
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
Rendy 133


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 6277
Total Posan : 3594
Sejak : 25.07.07
Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur
KorWil : BEJAT
NRA : 0133
Jabatan : KetHan | KaWil
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Black&Black
Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871
Hobi : keep for brothers......
Slogan : it's me

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime28.11.07 21:35

salam Koster

Ane Dulu pakai Pertamax Juga..
tapi seiring perekonomian yang makin goyang
akhirnya ane coba premium..mula mula memang sendut sendut..
tapi lama lama asik asik aja..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki thunder.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27468
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime29.11.07 1:32

lama amat yach... PREMIUM VS PERTAMAX DAN PERTAMAX PLUS

Bensin banyak macamnya dgn nomor|kadar oktan (octane rate|number) berbeda. Utk produk PERTAMINA, antara lain,
  1. Premium 88 UL (unleaded, tanpa timbal | timah-hitam (lead, plumbum, Pb) [dulu Premium 82 masih mengandung timbal], dgn kadar oktan 88 [dulu 82], utk kendaraan dgn rasio kompresi dibawah 9.

  2. Pertamax 92 UL [sebelumnya Pertamax 91 UL, dulu Premix 92 UL], dgn kadar oktan 92 [sebelumnya 91], utk kendaraan dgn rasio kompresi antara 9 dan 10.

  3. Pertamax Plus 96 UL [sebelumnya Pertamax Plus 95 UL, dulu Super TT-98 UL], dgn kadar oktan 96 [sebelumnya 95], utk kendaraan dgn rasio kompresi diatas 10.
Pertamax diluncurkan oleh PERTAMINA pada akhir 1999 sbg pengganti Premix yg mengadung MTBE (methyl tertiary butyl ether, C5H12O) yg berbahaya bagi lingkungan, dan merupakan BBM bebas timbal. Premium 88, meski berlabel UL, tp masih mengandung timbal antara 0,005 [JADEBOTABEK] s/d 0,05 gram/liter, atau dgn spesifikasi kandungan timbal rata-rata 0,013 gr/ltr.

Perlu dicatat bahwa kadar oktan BBM produksi Indonesia masih dibawah kadar oktan standar internasional. Kadar oktan BBM produksi Pertamina adalah standar RON (Research Octane Number) atau Nomor Oktan Riset. Sedangkan BBM produksi PETRONAS [Malaysia] adalah standar PON (Pump Octane Number), yg merupakan nilai rata-rata, yakni jumlah RON dan MON (Motor Octane Number) dibagi dua.



Mencurigakan nehhh BBM NONSUBSIDI VS BBM BERSUBSIDI

mmhhhh...mikir... LEBIH MAHAL Rp 2.450 DAN Rp 2.650 PER LITER

Beda harga per liter masing-masing sekarang [29 November 2007] adalah: Premium Rp 4.500, bersubsidi, sedangkan Pertamax Rp 6.950, dan Pertamax Plus Rp 7.150, nonsubsidi.

PT PERTAMINA (Persero) per jam 00:00 WIB 15 November 2007 lalu tlh menaikkan harga BBM nonsubsidi jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, dan Bio-Pertamax, sehubungan dengan kenaikan harga minyak dunia belakangan ini, dan krn melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS 0,22 persen dibandingkan perhitungan bulan lalu. Hingga saat ini, harga minyak mentah dunia sudah menyentuh kisaran US$ 93 per barel.

Harga Pertamax di wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat naik menjadi Rp 6.950/ltr dibanding harga per 1 Nopember lalu sebesar Rp 6.250/ltr. Sedangkan, harga Pertamax Plus di wilayah sama naik dari Rp 6.400/ltr menjadi Rp 7./ltr, Pertamina Dex dari Rp 7.500/ltr menjadi Rp 8.100/ltr, dan Bio-Pertamax menjadi Rp 6.950/ltr dari sebelumnya Rp 6.250/ltr.

Harga baru Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, dan Bio-Pertamax di wilayah lainnya juga mengalami kenaikan berkisar antara Rp 600 s/d 800 per liter. Selain itu, Pertamina juga menaikkan harga BBM untuk industri rata-rata 10%.

Kenaikan ini hanya berselang dua minggu sejak kenaikan harga terakhir pada 1 November 2007 antara 2,9 s/d 6,4 persen dibandingkan per 1 Oktober 2007. Sebelumnya, Pertamina pernah menyatakan akan melakukan penyesuaian harga BBM tiap dua minggu sekali bila harga minyak dunia mengalami fluktuasi yang cukup tajam.



ngambekk pokonya .. PREMIUM HANYA UNTUK KENDARAAN UMUM ...!

nangis... KENDARAAN PRIBADI HARUS MENGGUNAKAN PERTAMAX ...!!!


Namun, itu belum seberapa, karena pemerintah RI [via PERTAMINA] berencana melarang kendaraan pribadi menggunakan Premium dan Solar bersubsidi bila harga minyak dunia mencapai US$ 100/barel [sekarang US$ 93/barel]. Artinya, pilihan mereka hanya menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus.

BPH Migas (Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi) mengusulkan Solar dan Premium subsidi hanya dijual untuk kendaraan umum. Artinya, kendaraan pribadi apalagi mobil mewah tak boleh menggunakan Premium bersubsidi. Langkah ini diambil untuk mengurangi beban subsidi. Demikian dikatakan Ketua BPH Migas Tubagus Haryono di Jakarta, Senin 12 November 2007 lalu.

Menurut Tubagus Haryono, semua SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) nantinya diwajibkan menjual BBM nonsubsidi seperti Pertamax dan Pertamax Plus. Pemerintah menerapkan rencana ini jika harga minyak mentah dunia menembus US$ 100/barel.

Ada dua penyedot subsidi terbesar, yaitu minyak tanah dan Premium. Untuk minyak tanah, pemerintah punya cara untuk mengurangi subsidi, yaitu dengan mempercepat konversi minyak tanah ke ELPIJI (LPG, Liquid Petroleum Gas] di 2012 ke 2010. Gejolak harga minyak dunia saat ini membuat subsidi BBM yg harus ditanggung pemerintah RI naik sekitar Rp 90 triliun.



Mantappp Bro! SHELL PROMOSI DISKON LIMA PERSEN DIBAWAH HARGA PERTAMINA!

Sementara itu, per Agustus 2007 lalu, SHELL melakukan promosi menjual BBM setara Premium, Pertamax, dan Pertamax Plus, dgn harga 5% lbh murah drpd harga PERTAMINA. BBM produk SHELL setara Pertamax adalah Super.

...

Meneketehe.... Jadi, pilih mana??? Tp kayaknya sebentar lagi bakalan nggak ada pilihan, kecuali pakai Super atau Pertamax !!! ...

...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27468
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime29.11.07 2:08

Quote :
belan wrote: gw pake pertamax plus..7000 per liter... mmhhhh...mikir... mmhhhh...mikir...

Quote :
robin wrote: motor gw pake pertamax plus, buat mesin cepet panas ga ya? atau gw pake pertamax biasa aja?

... SUZUKI THUNDER, ...

BAGAIMANA KALAU MENGGUNAKAN PERTAMAX PLUS
DAN BAGAIMANA KALAU MENGGUNAKAN PREMIUM???

lama amat yach... Kembali ke awal topik, Suzuki Thunder sebaiknya menggunakan BBM apa? Jk berdasarkan pd spesifikasi teknik mesin, dimana rasio kompresi mesin Thundie adalah 9,2, mk harus menggunakan BBM dgn kadar oktan minimum 92, atau paling rendah 90. Utk produk PERTAMINA, BBM dgn kadar oktan 92 hanyalah Pertamax.

Kasus ini tak hanya terjadi utk Suzuki Thunder, tp utk segala jenis kendaraan. Dlm kenyataannya, sering kita lihat, khususnya di SPBU PERTAMINA, spdmotor dan mobil tahun 2000an keatas dgn rasio kompresi 9 keatas, berderet dlm antrian panjang di pompa bensin jenis Premium dgn kadar oktan 88. Tampaknya para pemilik kendaraan di Indonesia memang kurang memahami ttg pemilihan BBM yg sesuai, atau barangkali faktor ekonomik seharihari lebih mendesak ketimbang dampak rusak pada mesin kendaraan kelak bbrp bulan mendatang.

mmhhhh...mikir... Lalu bagaimana kalau Suzuki Thunder dgn rasio kompresi 9,2 menggunakan Premium yg hanya dgn kadar oktan 88? Atau justeru sebaliknya bila Thundie menggunakan Pertamax Plus dgn kadar oktan 96!

Sebagian org yg secara ekonomik lbh baik, ternyata menggunakan Pertamax Plus dgn kadar oktan 96, dan berharap kinerja atau performa kendaraan akan lbh baik! Apakah tindakan ini benar beralasan secara teknik? Mari kita tinjau, apakah ada manfaat teknik (technical benefit) atau tdk!

ngambekk pokonya Tiap mesin kendaraan bermotor membutuhkan jenis BBM yg sesuai dgn jenis mesin dan rancangan teknik mesin tsb, agar dpt beroperasi normal dgn baik, dan menghasilkan kinerja atau performa optimum. Jenis BBM antara lain dinyatakan oleh kadar oktan BBM tsb. Jika mesin Diesel membutuhkan solar, BBM dgn kadar oktan rendah, krn beroperasi tanpa busi alias hanya mengandalkan kompresi, maka mesin Otto membutuhkan bensin, BBM dgn kadar oktan tinggi, krn beroperasi dgn busi.



BAGAIMANA KALAU THUNDIE MENGGUNAKAN PERTAMAX PLUS
ATAU BBM LAIN DENGAN KADAR OKTAN LEBIH TINGGI?

Binun nehh BBM dgn kadar oktan lbh tinggi drpd Pertamax, spt Pertamax Plus, dlsb, tlh melewati pengolahan lebih lanjut, perbaikan (refinery), dilengkapi dgn zat aditiv, pembersih, dlsb. Namun menggunakan BBM dgn kadar oktan lbh drpd semestinya tak menghasilkan peningkatan tenaga yg signifikan pd kendaraan. Artinya, nilai tambahnya tak sebanding dgn peningkatan harga per liternya. Jadi hanya akan memboroskan uang saja. Alasan secara teknik sangat sederhana.

Makin tinggi kadar oktan BBM, makin mahal harganya, krn BBM tsb memerlukan proses lanjut yg tentu saja menelan lbh banyak biaya dlm pabrikasinya. Meski demikian, tinggi nomor|kadar oktan tak berarti bahwa tenaga mesin dihasilkan dr pembakarannya akan lbh besar. Kadar oktan tak ada kaitannya dgn "kuantitas" tenaga|energi mesin hasil pembakarannya, melainkan ukuran "kualitas" BBM yg berkaitan dgn tingkat suhu pembakaran (combustion temperature) dlm kamar bakar (combustion chamber).

Anjrit salahhh... Jadi adalah suatu anggapan keliru bahwa dgn menggunakan BBM dgn kadar oktan lbh tinggi akan membuat kendaraan lbh bertenaga. Dgn demikian, sebaiknya, cukup menggunakan BBM dgn kadar oktan yg sesuai dgn rasio kompresi. Kecuali ada modifikasi mesin dan kelistrikan yg berpengaruh langsung thdp mesin.
  • makin tinggi kadar oktan, makin tinggi suhu bakarnya, artinya makin sulit atau lambat dibakar oleh percikan busi, dan sebaliknya.
  • makin tinggi kadar oktan, makin tinggi suhu penguapannya, artinya makin sulit utk diubah jadi uap|gas dan dicampur dgn udara, dan sebaliknya.
  • BBM yg gagal dibakar oleh percikan busi, krn oktan terlalu tinggi, akan mengakibatkan penumpukan endapan kerak arang|karbon dlm kamar bakar, pd permukaan katup|klep|valve, pd permukaan zuiger|piston, dan pd dinding silider mesin, dan bahkan dlm laras knalpot dan peredam-suara|silencer.
TOP BGT ! Tp kalau utk Suzuki Satria F 150, silahkan pakai Pertamax Plus, krn rasio kompresi Satria adalah 10,2.


SOLUSI AGAR THUNDIE DAPAT MENGGUNAKAN PERTAMAX PLUS

lama amat yach... Ada bbrp cara atau strategi utk menyiasati agar Thundie yg memiliki rasio kompresi 9,2 dpt menggunakan Pertamax Plus yg berkadar oktan 96 [4 poin lbh tinggi], tanpa mengakibatkan penumpukan endapan kerak arang|karbon dlm kamar bakar. Antara lain,
  • memasang "spark-plug booster" antara kumparan penyalaan (ignition coil) dan busi (spark-plug).
  • memasang "fuel flow rectifier" antara tanki BBM dan karburator.
  • menambahkan "combustion catalyzer" dlm kamar bakar dgn cara melarutkannya dgn memasukkannya kedlm tanki BBM.
  • mengatur kembali waktu pengapian|penyalaan (ignition timing) secara tepat, shg tak terjadi penyalaan terdahulu sebelum (before, voor) atau terlambat sesudah (after, na) waktunya, yg ditandai dgn tak adanya bunyi gelitik, ketukan, atau letupan dlm kamar bakar.
  • dlsb.


BAGAIMANA KALAU THUNDIE MENGGUNAKAN PREMIUM
ATAU BBM LAIN DENGAN KADAR OKTAN LEBIH RENDAH?

Binun nehh BBM dgn kadar oktan lbh rendah drpd Pertamax, spt Premium, tak dilengkapi dgn zat aditiv, dlsb. Penurunan kadar oktan drpd semestinya akan menghasilkan penurunan tenaga yg signifikan pd kendaraan, tp dampaknya thdp mesin cukup parah.
  • makin rendah kadar oktan, makin rendah suhu bakarnya, artinya makin mudah atau cepat dibakar oleh percikan busi, dan sebaliknya.
  • makin rendah kadar oktan, makin rendah suhu penguapannya, artinya makin mudah utk diubah jadi uap|gas dan dicampur dgn udara, dan sebaliknya.
  • BBM yg terbakar lebih dulu krn tingginya kompresi dlm silinder sblm busi menghasilkan percikan (spark) utk membakarnya, tenaganya akan memukul permukaan piston|zuiger yg tengah naik dan memaksanya turun sblm waktunya piston tsb turun, shg terjadi gelitik (pinking), ketukan (knocking), atau bahkan letupan (detonation), dgn demikian ada sebagian BBM yg terbuang percuma menjadi tenaga tak berguna, dan tenaga dihasilkan mesin pun kurang drpd semestinya.
  • gelitik, ketukan, atau letupan, yg terus-menerus memukul permukaan piston, ribuan kali per menit selaras nilai RPM, lambat laun akan merusak permukaan piston tsb, dimana permukaan piston spt ditusuk paku dan digodam dgn martil bertubi-tubi, shg akhirnya bopeng dan bolong spt permukaan bulan yg berkawah, dan mesin kehilangan kompresi total.


SOlUSI AGAR THUNDIE DAPAT MENGGUNAKAN PREMIUM

lama amat yach... Ada bbrp cara atau strategi utk menyiasati agar Thundie yg memiliki rasio kompresi 9,2 tak harus menggunakan Pertamax yg berkadar oktan 92, tp cukup menggunakan Premium yg berkadar oktan 88 [4 poin lbh rendah], namun dlm mesin tdk terjadi gelitik, ketukan, atau letupan, krn pembakaran dini pra-penyalaan (pre-ignition premature combustion). Antara lain,
  • menambahkan "octane booster" utk meningkatkan kadar oktan, dgn memasukkannya kedlm tanki BBM. Meski penambahan "octane booster" ini tak begitu signifikan, krn kandungan kimiawi spt MMT (methyl-cyclo-pentan-dienyl manganese tricarbonyl) tak dpt meningkatkan oktan terlalu besar, namun sedikit-banyak berpengaruh thdp BBM.
  • mengatur kembali waktu pengapian|penyalaan (ignition timing) secara tepat, shg tak terjadi penyalaan terdahulu sebelum (before, voor) atau terlambat sesudah (after, na) waktunya, yg ditandai dgn tak adanya bunyi gelitik, ketukan, atau letupan dlm kamar bakar.
  • menurunkan rasio kompresi, dgn cara mengganjal kop silinder dgn paking lbh tebal, dgn akibat tenaga mesin merosot dibawah standar.
  • dlsb.


CATATAN

Ttg rasio kompresi mesin, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik [klik kanan hyperlink, open in new window]:
BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER: FORMULASI DAN KALKULASI RASIO KOMPRESI MESIN

SILINDER, KAMAR BAKAR, DAN RASIO KOMPRESI: MENGHITUNG RASIO KOMPRESI
Ttg kadar oktan, gelitik, ketukan, atau letupan, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER: MESIN MENGELITIK
Ttg peningkatan kinerja atau performa mesin, penambahan fuel flow rectifier, octane booster, combustion catalyzer, dan spark-plug booster, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
Semoga bermanfaat ...

...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27468
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime29.11.07 2:34

...

  ... nggg ... intinya kalau bisa, pakai yg pas atau sesuai, ... jangan lebih, ... dan ... jangan kurang ... !!!

jadi, Thundie pakai Pertamax, Super, atau setara, ... jangan yg lain ... !!!

  ... nggg ... tp kalau harga Pertamax 1,5 x harga Premium ... gimana ya ... ??? Demi alasan "tong pes" sih apa boleh buat ... terpaksa pakai Premium ... gitu ...

  ... nggg ... tp kalau ntar Premium nggak dijual lagi utk kendaraan pribadi gimana ya ... ??? Demi "tong pes" terpaksa ngaku ojeg aja kali ya ... ???



Wha ... ha ... ha ... wa ... kaa ... kaaakkkkkkk ... ... ... .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Heri
LETJEN KOSTER
LETJEN KOSTER
Heri


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6382
Total Posan : 2503
Sejak : 13.11.06
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0079
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja
Sikon : Senang2 aja
Hobi : lupa
Slogan : lupa

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime29.11.07 10:40

OOOO, HMMMM,
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Rendy 133
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
Rendy 133


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 6277
Total Posan : 3594
Sejak : 25.07.07
Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur
KorWil : BEJAT
NRA : 0133
Jabatan : KetHan | KaWil
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Black&Black
Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871
Hobi : keep for brothers......
Slogan : it's me

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime29.11.07 13:34

:nangis bombay: nangis...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki thunder.com
belan
LETTU KOSTER
LETTU KOSTER
belan


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6365
Total Posan : 541
Sejak : 03.03.07
Domisili : batam
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : single

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime29.11.07 15:48

Anjrit salahhh... Anjrit salahhh...
bulan desember BBM non subsidi (pertamax ,..dll) bakal naek lagi,....
nangis... nangis... :nangis bombay: lama amat yach...
Kembali Ke Atas Go down
[BOETHO]
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
[BOETHO]


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 7062
Total Posan : 4615
Sejak : 19.04.07
Domisili : Trenggalek - Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0013
Jabatan : Ang. Pendiri
Thunder :
  • 125
Julukan : Big Black Beauty
Sikon : MENGERIKAN....
Hobi : MANASIN ORANG
Slogan : ADA APA YAH...??

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime29.11.07 16:31

NAEKK TERUSSSSSSSS....................
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27468
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime06.12.07 12:11

...
MULAI TAHUN 2008, PREMIUM 90 DISAMPING PREMIUM 88

... HARGA PREMIUM 90 TAK BEDA JAUH DARI PERTAMAX 92


ANTARA RP 5.500 S/D 7.400 PER LITER ... BERGANTUNG HARGA MINYAK DUNIA | ICP ...

..

Kamis, 06 Des 2007

SPBU DIBAGI TIGA JENIS

JAKARTA - Mulai tahun depan, konsumen harus jeli jika masuk pom bensin. Bersamaan dengan penerapan kebijakan pengurangan premium bersubsidi, pemerintah akan mendesain ulang jenis BBM yang dijual SPBU.

Dirjen Migas Departemen ESDM Luluk Sumiarso menjelaskan, nanti ada tiga jenis pom bensin, yakni pom bensin yang hanya menjual premium oktan 88 (premium bersubsidi yang sekarang dijual di semua SPBU), hanya menjual premium oktan 90 (BBM baru), dan menjual keduanya. "Pemerintah akan membatasi pom bensin di wilayah tertentu yang boleh menjual premium oktan 88 yang kini disubsidi," jelasnya kemarin.

Pom bensin yang berada di jalan protokol, perumahan elite, dan jalan tol tidak lagi menjual premium oktan 88, tapi hanya menjual premium oktan 90. Pom bensin lain tetap menjual premium oktan 88 atau menjual keduanya, oktan 88 dan oktan 90.

Luluk yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh karawitan itu menegaskan, prinsip program pembatasan premium bersubsidi adalah keadilan. "Artinya, masyarakat yang tergolong mampu diarahkan membeli premium oktan 90 yang lebih mahal, sedangkan yang tidak mampu boleh membeli oktan 88 (premium bersubsidi), " tegasnya. Dengan tidak ada pemaksaan terhadap konsumen premium tersebut, pemerintah berharap tidak timbul gejolak sosial saat program dilaksanakan.

Luluk juga mengatakan, premium oktan 90 masih akan mendapatkan subsidi. Namun, jumlahnya kecil dan tetap. Dengan mekanisme subsidi tetap, harga premium oktan 90 akan berubah-ubah mengikuti harga pasar. Kalau harga minyak Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) mencapai USD 82 per barel, harga premium oktan 90 berkisar Rp 6.750 per liter. "Pemerintah akan menentukan formula subsidinya, sedangkan penentuan harga bisa dilakukan pemerintah atau Pertamina," jelasnya. Luluk juga menambahkan, perusahaan seperti Shell atau Petronas bisa saja menjual premium oktan 90, namun tidak akan mendapatkan subsidi.

Saat dikonfirmasi, Deputi Direktur Niaga dan Pemasaran PT Pertamina Hanung Budya mengatakan, Pertamina juga mengajukan usul tiga harga premium bersubsidi oktan 90 yang disesuaikan dengan perkiraan rata-rata harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) pada 2008.

Kisaran harga yang ditawarkan Rp 5.500 sampai Rp 7.400 per liter. Subsidi pemerintah untuk premium oktan 90 diusulkan tetap, yaitu Rp 500 per liter. Untuk ICP USD 70 per barel, Pertamina memperhitungkan harga pasar premium oktan 88 Rp 5.600 per liter, harga pasar premium oktan 90 Rp 5.900 per liter sehingga harga jual premium oktan 90 yang diajukan adalah Rp 5.500. Pada ICP USD 80 per barel, Pertamina mengajukan harga premium oktan 90 Rp 6.200 per liter dengan patokan harga pasar premium oktan 88 Rp 6.600 per liter, sedangkan harga pasar premium oktan 90 Rp 6.600 per liter.

Pada ICP USD 90 per barrel, Pertamina mengajukan harga premium oktan 90 Rp 7.100 per liter dengan perkiraan harga pasar premium oktan 88 Rp 7.300 dan harga pasar premium oktan 90 Rp 7.400 per liter. "Namun, usul itu baru dibahas di internal Pertamina dan belum diajukan ke pemerintah," ujar Hanung.

Dalam usul Pertamina juga disebutkan pengalihan pemakaian premium bersubsidi oktan 88 ke oktan 90 dilakukan bertahap mulai tahun 2008 sampai 2010. Tahun 2008, Pertamina mengusulkan pengalihan premium dilakukan di DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Batam, dan Bali. Tahun 2009, pengalihan ditargetkan sudah dilakukan di seluruh Jawa dan tahun 2010 mencapai Sumatera dan Kalimantan.

Selain faktor jumlah pemakaian, Pertamina mempertimbangkan kesiapan infrastruktur tangki timbun dan tempat pengisian. Di Jabodetabek, Pertamina akan menghilangkan premium oktan 88 di 20 ruas jalan tol. Kawasan perumahan elite, seperti Pondok Indah, Kelapa Gading, Bumi Serpong Damai, dan Menteng, menjadi target pengalihan.

Pada kesempatan terpisah, Menteri PPN/Kepala Bappenas Paskah Suzetta menjamin, meskipun Premium oktan 90 diluncurkan, pemerintah menjamin tidak akan menaikan harga premium bersubsidi. "Sampai akhir pemerintahan SBY, tidak ada kenaikan harga premium," ujar Paskah setelah memberikan paparan dalam Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi 2007 di Jakarta Convention Centre (JCC) kemarin (5/12)..

Saat ini, jelas Paskah, beban subsidi BBM di luar listrik yang ditanggung pemerintah Rp 60 triliun. Ditambah listrik, jumlahnya naik menjadi Rp 87 triliun. Itu didasarkan pada asumsi harga minyak per barel USD 60. Harga seliter premium di pasar dunia saat ini, jika dirupiahkan, adalah Rp 6.500, sedangkan harga premium di Indonesia Rp 4500. Berarti pemerintah mensubsidi konsumen Rp 2.000.

Kalau subsidi tetap dipaksakan, Paskah memprediksi, uang negara yang bakal dikucurkan itu bisa membengkak sampai Rp 150 triliun hingga Rp 160 triliun. "Itu angka yang fantastis, hampir seperempat nilai APBN," tambah Paskah.

Pembatasan pemakaian premiun, jelas Paskah, akan dilakukan secara bertahap mulai dari Jabodetabek yang mengonsumsi 5 juta kiloliter premium, mendominasi pemakaian premium di Indonesia sebanyak 17 juta kiloliter. Diharapkan Rp 6 triliun uang negara dihemat dari tahap coba-coba di Jabodetabek mulai awal 2008.

Menurut Paskah, pihaknya sedang menelaah operasionalisasi kebijakan tersebut. "Pasti ada dampak. Bisa saja orang beramai-ramai ngantre," ujar Paskah. Penolakan masyarakat dengan cara beramai-ramai turun ke jalan pun tak mustahil terjadi.

Jika program substitusi premium berhasil, Paskah mengungkapkan kebijakan serupa akan diberlakukan pada solar maupun kerosene. (ein/kim)


Terakhir diubah oleh tanggal 06.12.07 12:33, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
teddy
MAYJEN KOSTER
MAYJEN KOSTER
teddy


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6978
Total Posan : 2070
Sejak : 08.12.06
Domisili : LeuwiLiang
KorWil : LeuwiLiang
NRA : 0090
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : t250
Slogan : Bravo KOSTER

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime06.12.07 12:30

Salam Koster,

Hidup Pertamax heheheh dari pada bingung, habis kalau dari awal kita dah pake pertamax trus tiba2 harganya melambung tinggi terus dan terus ya terpaksa dech kita campur pertamax 60% Premium 40%, soalnya kalau tuch thundie dr awalnya pake Pertamax trus tiba2 pake Premium hehehe pengalaman gw mbrebet mbrebet... mudah2an pemerintah ada solusi yang terbaik buat para Bikers.. yang rata2 kantongnya ga terlalu tebel hehehehe kalau emang Premuim di hapus dr peredaran yo wish kembali Ke pertamax. dari pada motor ga jalan moso thundie mau di isi air ledeng hehehehe

Rgds
3-002
Kembali Ke Atas Go down
Teddy_Yanuar
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
Teddy_Yanuar


ANGGOTA BIASA
Male Poin Brogader : 6402
Total Posan : 1381
Sejak : 19.02.07
Domisili : Gunung Putri
KorWil : Citeureup - Cibinong - cileungsi
NRA : 0126
Jabatan : Ang. Resmi 126
Thunder :
  • 125
Julukan : Pearl Blue Thunder
Sikon : Manusia
Hobi : 0

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime06.12.07 14:44

Pakai Bio Diesel Bisa ga ya ........... Mikirrr... mmhhhh...mikir... Mikirrr... mmhhhh...mikir... chikendance
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
b4192lr
KOPDA KOSTER
KOPDA KOSTER
b4192lr


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6312
Total Posan : 47
Sejak : 31.01.07
Domisili : jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 250
Sikon : mo nya

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime06.12.07 16:01

Bokek euyyy...
Kembali Ke Atas Go down
http://thunder.invisionplus.net/
Thunder.Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder.Rider


KETUA DEWAN PENASEHAT
Male Poin Brogader : 8258
Total Posan : 252
Sejak : 07.12.07
Domisili : Parung.Bogor | BojongSari.Depok
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk 512 KB 2006
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime07.12.07 6:51

teddy wrote:
Salam Koster,

Hidup Pertamax heheheh dari pada bingung, habis kalau dari awal kita dah pake pertamax trus tiba2 harganya melambung tinggi terus dan terus ya terpaksa dech kita campur pertamax 60% Premium 40%, soalnya kalau tuch thundie dr awalnya pake Pertamax trus tiba2 pake Premium hehehe pengalaman gw mbrebet mbrebet... mudah2an pemerintah ada solusi yang terbaik buat para Bikers.. yang rata2 kantongnya ga terlalu tebel hehehehe kalau emang Premuim di hapus dr peredaran yo wish kembali Ke pertamax. dari pada motor ga jalan moso thundie mau di isi air ledeng hehehehe

Rgds
3-002

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 980835Bro Teddy, drpd nyampur Premium-88 dan Pertamax-92, mendingan pakai BBM hibrida aja ... PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 913381 ... yg dgn kadar oktan antara Premium-88 dan Pertamax-92, yakni Premium-90 ... !!! Lbh tinggi 2 nomor oktan drpd Premium-88 dan lbh rendah 2 nomor oktan drpd Pertamax-92. ...
Sebenarnya Premium-90 adalah Pertamax-90 yg diproduksi kembali ... PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 17381 ... ... krn sekarang rata2 kendaraan adalah 4-tak dgn rasio kompresi minimum 9 ... !!!
...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
go_retro
LETKOL KOSTER
LETKOL KOSTER
go_retro


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6057
Total Posan : 818
Sejak : 15.10.07
Domisili : bejat
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder CB 125
Sikon : sehat jasmani dan rohani

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime10.12.07 4:03

PERTAMAX / SUPER
jahud


Ay Lop Yu... THUNDIE BEUREUM
Kembali Ke Atas Go down
http://claimid.com/mhehamahua
candra904
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
candra904


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6192
Total Posan : 1806
Sejak : 24.05.07
Domisili : Balikpapan
KorWil : Balikpapan
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja dah...
Sikon : kawin 1 anak
Slogan : Orang Bijak Taat Ibadah... Taat Pajak....Taat Berlalulintas

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime10.12.07 10:06

sekarang aja udah 7000 lebih, harga minyak dunia naek terus lama lama bokek juga.... cape deeee.........
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/candra904
ROBIN 151
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
ROBIN 151


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6068
Total Posan : 1394
Sejak : 27.10.07
Domisili : Bejat
KorWil : Bejat
NRA : 151
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : nikah
Hobi : alam bebas

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime10.12.07 16:16

:koster:




Mikirrr...
PRENIUM/PERTAMAX



Anjrit salahhh...
NAIK TERUS....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.robin.allysa@gmail.com
teddy
MAYJEN KOSTER
MAYJEN KOSTER
teddy


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6978
Total Posan : 2070
Sejak : 08.12.06
Domisili : LeuwiLiang
KorWil : LeuwiLiang
NRA : 0090
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : t250
Slogan : Bravo KOSTER

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime10.12.07 18:14

EE ONE S wrote:
teddy wrote:
Salam Koster,

Hidup Pertamax
heheheh dari pada bingung, habis kalau dari awal kita dah pake pertamax
trus tiba2 harganya melambung tinggi terus dan terus ya terpaksa dech
kita campur pertamax 60% Premium 40%, soalnya kalau tuch thundie dr
awalnya pake Pertamax trus tiba2 pake Premium hehehe pengalaman gw
mbrebet mbrebet... mudah2an pemerintah ada solusi yang terbaik buat
para Bikers.. yang rata2 kantongnya ga terlalu tebel hehehehe kalau
emang Premuim di hapus dr peredaran yo wish kembali Ke pertamax. dari
pada motor ga jalan moso thundie mau di isi air ledeng hehehehe

Rgds
3-002

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 980835Bro Teddy, drpd nyampur Premium-88 dan Pertamax-92, mendingan pakai BBM hibrida aja ... PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 913381
... yg dgn kadar oktan antara Premium-88 dan Pertamax-92, yakni
Premium-90 ... !!! Lbh tinggi 2 nomor oktan drpd Premium-88 dan lbh
rendah 2 nomor oktan drpd Pertamax-92. ...
Sebenarnya Premium-90 adalah Pertamax-90 yg diproduksi kembali ... PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 17381 ... ... krn sekarang rata2 kendaraan adalah 4-tak dgn rasio kompresi minimum 9 ... !!!
...

Salam Koster,

Emang dah di jual ya Bro,? kadar yang 90 oktannya

Rgds
3-002
Kembali Ke Atas Go down
[BOETHO]
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
[BOETHO]


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 7062
Total Posan : 4615
Sejak : 19.04.07
Domisili : Trenggalek - Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0013
Jabatan : Ang. Pendiri
Thunder :
  • 125
Julukan : Big Black Beauty
Sikon : MENGERIKAN....
Hobi : MANASIN ORANG
Slogan : ADA APA YAH...??

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime10.12.07 18:50

Anjrit salahhh... Anjrit salahhh... Anjrit salahhh...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
gerry_garsono


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 8058
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime11.12.07 13:04

salam koster :koster:

ya udah disesuaikan dengan kocek kita masing2 aja bro...
kalo tgl tua yah pake premium/shell-super/petronas...
kalo tgl muda pake pertamax / pertamax plus/shell-super extra /petronas...
nah kalo tgl pas di tengah2....itu liat SIituasi KONondisi TOLoleransi PANdangan dan JANGngkauan....he...he... Piss Mann! boleh premium/shell-extra/petronas + pertamax !

Oke bro.........
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
brorokrs
MAYJEN KOSTER
MAYJEN KOSTER
brorokrs


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6691
Total Posan : 2178
Sejak : 08.01.08
Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie
KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD
NRA : 0242
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : rokrsthunder
Sikon : baru punya atu anak....
Hobi : Hiking-Fishing-Touring
Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Pemerintah Mendesain Ulang Jenis BBM   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime21.02.08 15:09

......semoga Bermanfaat !!!


Mulai tahun depan, konsumen harus jeli jika masuk pom
bensin. Bersamaan dengan penerapan kebijakan pengurangan premium
bersubsidi, pemerintah akan mendesain ulang jenis BBM yang dijual
SPBU.

Dirjen Migas Departemen ESDM Luluk Sumiarso menjelaskan, nanti ada
tiga jenis pom bensin, yakni pom bensin yang hanya menjual premium
oktan 88 (premium bersubsidi yang sekarang dijual di semua SPBU),
hanya menjual premium oktan 90 (BBM baru), dan menjual keduanya.
"Pemerintah akan membatasi pom bensin di wilayah tertentu yang boleh
menjual premium oktan 88 yang kini disubsidi," jelasnya kemarin.

Pom bensin yang berada di jalan protokol, perumahan elite, dan jalan
tol tidak lagi menjual premium oktan 88, tapi hanya menjual premium
oktan 90. Pom bensin lain tetap menjual premium oktan 88 atau menjual
keduanya, oktan 88 dan oktan 90.

Luluk yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh karawitan itu
menegaskan, prinsip program pembatasan premium bersubsidi adalah
keadilan. "Artinya, masyarakat yang tergolong mampu diarahkan membeli
premium oktan 90 yang lebih mahal, sedangkan yang tidak mampu boleh
membeli oktan 88 (premium bersubsidi)," tegasnya. Dengan tidak ada
pemaksaan terhadap konsumen premium tersebut, pemerintah berharap
tidak timbul gejolak sosial saat program dilaksanakan.

Luluk juga mengatakan, premium oktan 90 masih akan mendapatkan
subsidi. Namun, jumlahnya kecil dan tetap. Dengan mekanisme subsidi
tetap, harga premium oktan 90 akan berubah-ubah mengikuti harga pasar.
Kalau harga minyak Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) mencapai USD
82 per barel, harga premium oktan 90 berkisar Rp 6.750 per liter.
"Pemerintah akan menentukan formula subsidinya, sedangkan penentuan
harga bisa dilakukan pemerintah atau Pertamina," jelasnya. Luluk juga
menambahkan, perusahaan seperti Shell atau Petronas bisa saja menjual
premium oktan 90, namun tidak akan mendapatkan subsidi.

Saat dikonfirmasi, Deputi Direktur Niaga dan Pemasaran PT Pertamina
Hanung Budya mengatakan, Pertamina juga mengajukan usul tiga harga
premium bersubsidi oktan 90 yang disesuaikan dengan perkiraan
rata-rata harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP)
pada 2008.

Kisaran harga yang ditawarkan Rp 5.500 sampai Rp 7.400 per liter.
Subsidi pemerintah untuk premium oktan 90 diusulkan tetap, yaitu Rp
500 per liter. Untuk ICP USD 70 per barel, Pertamina memperhitungkan
harga pasar premium oktan 88 Rp 5.600 per liter, harga pasar premium
oktan 90 Rp 5.900 per liter sehingga harga jual premium oktan 90 yang
diajukan adalah Rp 5.500. Pada ICP USD 80 per barel, Pertamina
mengajukan harga premium oktan 90 Rp 6.200 per liter dengan patokan
harga pasar premium oktan 88 Rp 6.600 per liter, sedangkan harga pasar
premium oktan 90 Rp 6.600 per liter.

Pada ICP USD 90 per barrel, Pertamina mengajukan harga premium oktan
90 Rp 7.100 per liter dengan perkiraan harga pasar premium oktan 88 Rp
7.300 dan harga pasar premium oktan 90 Rp 7.400 per liter. "Namun,
usul itu baru dibahas di internal Pertamina dan belum diajukan ke
pemerintah," ujar Hanung.

Dalam usul Pertamina juga disebutkan pengalihan pemakaian premium
bersubsidi oktan 88 ke oktan 90 dilakukan bertahap mulai tahun 2008
sampai 2010. Tahun 2008, Pertamina mengusulkan pengalihan premium
dilakukan di DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Batam, dan Bali.
Tahun 2009, pengalihan ditargetkan sudah dilakukan di seluruh Jawa dan
tahun 2010 mencapai Sumatera dan Kalimantan.

Selain faktor jumlah pemakaian, Pertamina mempertimbangkan kesiapan
infrastruktur tangki timbun dan tempat pengisian. Di Jabodetabek,
Pertamina akan menghilangkan premium oktan 88 di 20 ruas jalan tol.
Kawasan perumahan elite, seperti Pondok Indah, Kelapa Gading, Bumi
Serpong Damai, dan Menteng, menjadi target pengalihan.

Pada kesempatan terpisah, Menteri PPN/Kepala Bappenas Paskah Suzetta
menjamin, meskipun Premium oktan 90 diluncurkan, pemerintah menjamin
tidak akan menaikan harga premium bersubsidi. "Sampai akhir
pemerintahan SBY, tidak ada kenaikan harga premium," ujar Paskah
setelah memberikan paparan dalam Konferensi Nasional Pemberantasan
Korupsi 2007 di Jakarta Convention Centre (JCC) kemarin (5/12).

Saat ini, jelas Paskah, beban subsidi BBM di luar listrik yang
ditanggung pemerintah Rp 60 triliun. Ditambah listrik, jumlahnya naik
menjadi Rp 87 triliun. Itu didasarkan pada asumsi harga minyak per
barel USD 60. Harga seliter premium di pasar dunia saat ini, jika
dirupiahkan, adalah Rp 6.500, sedangkan harga premium di Indonesia Rp
4500. Berarti pemerintah mensubsidi konsumen Rp 2.000.

Kalau subsidi tetap dipaksakan, Paskah memprediksi, uang negara yang
bakal dikucurkan itu bisa membengkak sampai Rp 150 triliun hingga Rp
160 triliun. "Itu angka yang fantastis, hampir seperempat nilai APBN,"
tambah Paskah.

Pembatasan pemakaian premiun, jelas Paskah, akan dilakukan secara
bertahap mulai dari Jabodetabek yang mengonsumsi 5 juta kiloliter
premium, mendominasi pemakaian premium di Indonesia sebanyak 17 juta
kiloliter. Diharapkan Rp 6 triliun uang negara dihemat dari tahap
coba-coba di Jabodetabek mulai awal 2008.

Menurut Paskah, pihaknya sedang menelaah operasionalisasi kebijakan
tersebut. "Pasti ada dampak. Bisa saja orang beramai-ramai ngantre,"
ujar Paskah. Penolakan masyarakat dengan cara beramai-ramai turun ke
jalan pun tak mustahil terjadi.

Jika program substitusi premium berhasil, Paskah mengungkapkan
kebijakan serupa akan diberlakukan pada solar maupun kerosene.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.vinnofj.co.cc/
king syahriar
PELTU KOSTER
PELTU KOSTER
king syahriar


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6006
Total Posan : 317
Sejak : 08.12.07
Domisili : Surakarta Hadiningrat
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 bro
Sikon : perjaka
Hobi : Main Game, Nonton Film, nOngkrOng, tOuring

PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime12.04.08 23:29

Nah itu baru namanya keadilan. Orang elite harusnya minum yang mahal. buat orang menengah masih ada jatah donk tentunya.
Kembali Ke Atas Go down
http://king.syahriar@yahoo.co.id
Tamu
Tamu
Anonymous



PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime14.04.08 10:31

kyknya harusnya dari dulu aja napa sih..
knp baru skrg??? apakah krn sdh mulai ada saingan jd uda nga bs monopoli lagi???
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!   PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! - Page 2 Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium!
Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 9Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next
 Similar topics
-
» PERFORMA: Optimasi Konsumsi Bensin Suzuki Thunder
» PERFORMA: TIP: M+: Up-grade Performa Suzuki Thunder 125
» PERFORMA: Booster untuk Suzuki Thunder

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Performa Suzuki Thunder :: Performa Permesinan Suzuki Thunder-
Navigasi: