Subyek: PERFORMA: Suzuki Thunder Pakai Pertamax! Bukan Premium! 26.11.07 15:40
First topic message reminder :
SUZUKI THUNDER PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!
SUZUKI THUNDER SEMUSTINYA PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!
Berikut kutipan dr pagian 18 dlm buku "PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125", yg dikeluarkan oleh PT. IndoMobil Suzuki International, yg disertakan dlm tiap paket penjualan Suzuki Thunder 125:
PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125, pag 18, wrote:
BAHAN BAKAR
Disarankan agar menggunakan bahan bakar tanpa timbal dengan kadar oktan sekurang-kurangnya 90.
.
[timbal = timah hitam, lead, Plumbum, Pb]
Mayoritas orang Indonesia sekarang ini memilih menggunakan Premium ketimbang Pertamax utk kendaraan bermotornya yg bermesin bensin. Krn lbh murah per liternya. Andaikata ada yg lbh murah drpd Premium, pasti kebanyakan akan menggunakannya. Sedangkan solar, hanya utk kendaraan bermotor yg bermesin diesel.
Utk beda mesin kendaraan bermotor, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
JENIS, MACAM, DAN TIPE MESIN - SILSILAH MESIN SUZUKI THUNDER
Memang ada segelintir org yg memilih menggunakan Pertamax, bahkan Pertamax Plus! Atau bbg BBM lain berkadar oktan tinggi produk non-PERTAMINA, spt PETRONAS atau SHELL yg stasiun pompa BBM mrk kini mulai muncul di bbg pelosok JADEBOTABEK.
MENENTUKAN BBM YANG SESUAI
Bagaimana kita menentukan suatu kendaraan bermotor bensin menggunakan BBM apa?
Rumusnya sederhana:
FUEL'S OCTAN RATE|NUMBER >= ENGINE'S COMPRESSION RATIO x 10, atau
NOMOR|KADAR OKTAN BBM >= RASIO KOMPRESI MESIN x 10
BBM SESUAI UNTUK SUZUKI THUNDER ADALAH PERTAMAX
Suzuki Thunder 125, memiliki rasio kompresi 9,2 dan Pertamax memiliki kadar oktan 92
Sedangkan Premium memiliki kadar oktan 88, adalah utk mesin dgn rasio kompresi 8,8 kebawah.
Data rasio kompresi Suzuki Thunder tercantum dlm spesifikasi teknik dikeluarkan Suzuki, buku panduan pemilik, dlm brosur, dan situs Suzuki.
Berdasarkan pd "spesifikasi teknik", pd pagina 35 dlm buku "PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125", yg dikeluarkan oleh PT. IndoMobil Suzuki International, yg disertakan dlm tiap paket penjualan Suzuki Thunder 125:
PEDOMAN PEMAKAIAN DAN PERAWATAN SUZUKI THUNDER 125, pag 35, wrote:
SEPESIFIKASI
MESIN
Perbandingan kompresi .......... 9,2 : 1
Ttg apa yg dimaksud dgn rasio kompresi dan bagaimana cara menghitung rasio kompresi, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER: FORMULASI DAN KALKULASI RASIO KOMPRESI MESIN
SILINDER, KAMAR BAKAR, DAN RASIO KOMPRESI: MENGHITUNG RASIO KOMPRESI
Ttg apa yg dimaksud dgn kadar|nomor oktan BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
DAMPAK PEMAKAIAN PREMIUM TERHADAP SUZUKI THUNDER
mesin mengelitik, terjadi ketukan (knocking) dan letupan (detonation) dlm kamar bakar (combustion chamber), krn ada pembakaran BBM pra-penyalaan (pre-ignition) alias pembakaran dini, sebelum busi menghasilkan percikan (spark).
pembakaran tdk sempurna.
BBM lbh boros drpd semestinya.
efisiensi mesin menurun dibawah nilai semestinya.
terjadi endapan kerak arang|karbon dlm kamar bakar, permukaan piston|zuiger, dan dinding silinder.
terjadi pembuangan CO diatas kadar semestinya.
tenaga mesin tak dpt dihasilkan secara penuh.
akselerasi|percepatan yg lamban.
komponen mesin lbh cepat aus dan rusak.
usia mesin lbh singkat | MTBF (mean time before failure) menurun.
MESIN MENGELITIK?
Ttg mesin mengelitik, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER: MESIN MENGELITIK
Jadi kebanyakan kita melakukan penghematan harian secara ekonomis, utk jangka waktu singkat (short term), tp tdk utk jangka waktu lama (long term).
Barangkali kebanyakan org akan bilang, "Apa boleh buat! Kendaraannya saja belinya pakai angsuran alias cicilan alias via kredit bank atau lembaga keuangan lain! Yg penting menggelinding! Habis perkara!!!"
Jadi, boleh jadi juga ini kesalahan atau kekeliruan yg memang disengaja, atau memang tdk tahu, atau memang krn kecendrungan memilih yg paling murah!!!
Tp secara teknik, harga selalu sesuai dgn mutu. Jadi harga nggak bohong, begitu bro!
Nah, bro silahkan anda estimasi atau kalkulasi sendiri, mana lbh menguntungkan secara ekonomis [cost to benefit rasio], pakai Premium atau Pertamax!!!
Kebijakan ada ditangan masing-masing, dan tentu masing-masing juga punya alasan sendiri.
BAGAIMANA MENGOPTIMASI KADAR OKTAN?
Jika anda tetap memilih Premium, maka anda perlu melakukan optimasi penggunaan BBM, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik:
BERAPA SIH TOP SPEED THUNDIE KAMU?: MY THUNDIE ... ENGINEERED FOR EFFICIENCY
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
Semoga bermanfaat ....
Terakhir diubah oleh tanggal 26.11.07 20:12, total 7 kali diubah
Waduh...! Bro harry lagi bergairah ya? Yuk kita kembali ke topic.... PERFORMA: Tunder pakai pertamax! Bukan premium! Nah...statement ini pasti berkaitan dengan nilai oktan.
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Waduh...! Bro harry lagi bergairah ya? Yuk kita kembali ke topic.... PERFORMA: Tunder pakai pertamax! Bukan premium! Nah...statement ini pasti berkaitan dengan nilai oktan.
ya...makin tinggi oktan makin bagus pembakaran meningkatkan performa
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
agar anggota forum pada kenal, dan . . . ini etika komunikasi dan sdh jadi tradisi KOSTER . . .
Tak perduli anggota KOSTER atau bukan, sdh pernah KopDar atau sdh punya NRA atau belum . . . sdh lama mendaftar di forum ini atau blm . . . bila pertama masuk forum ini hendaknya lbh dulu memperkenalkan diri, apalagi bukan atau blm jadi anggota resmi KOSTER, meski anda anggota senior di klub atau komunitas lain. Mohon dipahami dan diperhatikan . . . mau punya "brother" tapi nggak jelas orgnya . . . how can? . . .
PLEASE FOR BROTHERHOOD . . .
boybowie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6618 Total Posan : 4444 Sejak : 05.08.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125cc Sikon : kawin Hobi : touring Slogan : Jadikanlah hidupmu penuh dengan persahabatan dan kekeluargaan
Bro, bio-pertamax performanya lebih oke ketimbang pertamax biasa [walau harganya sama] karena dengan campuran ethanol, pembakaran mesin lebih sempurna, bersih dan mesin lebih awet.
Konsumsi pertamax dg motor thunder standar : 40:1 Konsumsi bio-pertamax dg motor thunder standar : 43,5:1
Klo bio-pertamax plus ane lom coba bro... mungkin bisa share disini dapat berapa km / liternya.
Kalau bio-pertamax ga ada atau lagi habis, minimal pakai bio-premium asal jangan bio-solar, ntar thundie lo nge-rodok kayak truk.
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9526 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Bro, bio-pertamax performanya lebih oke ketimbang pertamax biasa [walau harganya sama] karena dengan campuran ethanol, pembakaran mesin lebih sempurna, bersih dan mesin lebih awet.
Konsumsi pertamax dg motor thunder standar : 40:1 Konsumsi bio-pertamax dg motor thunder standar : 43,5:1
Klo bio-pertamax plus ane lom coba bro... mungkin bisa share disini dapat berapa km / liternya.
Kalau bio-pertamax ga ada atau lagi habis, minimal pakai bio-premium asal jangan bio-solar, ntar thundie lo nge-rodok kayak truk.
coba di share dong gimana campuran antara pertamax dengan etanol ? perbandingannya berapa banding berapa? terus cari etanol yang bagus untuk campuran di bensin dimana? serta harganya berapa per liternya ?
Rhoiz JeTC Panglima KOSTER
Poin Brogader : 8812 Total Posan : 8909 Sejak : 01.11.08 Domisili : Jember. JaTim KorWil : Jember NRA : 0464 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : The Lajang. Hobi : Touring & Organisasi Slogan : Touring Terus Pantang Mundur
motor ane baru 3 minggu nih bro...... kyny mo pk pertamax aje deh.................
jd bingung lah....
Jubei1809 KOPKA KOSTER
Poin Brogader : 5532 Total Posan : 86 Sejak : 19.07.09 Domisili : Jakarta KorWil : Lagi Coba Ke Barat NRA : Blm Ada, Tapi Akn DiUsahakan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : Thunder 125 "Black Angel" Sikon : Lajang Hobi : Travelling,Wisata Kuliner,Fotografi.... Slogan : Learn From Yesterday, Live For Today And Hope For Tomorrow...
Poin Brogader : 5532 Total Posan : 86 Sejak : 19.07.09 Domisili : Jakarta KorWil : Lagi Coba Ke Barat NRA : Blm Ada, Tapi Akn DiUsahakan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : Thunder 125 "Black Angel" Sikon : Lajang Hobi : Travelling,Wisata Kuliner,Fotografi.... Slogan : Learn From Yesterday, Live For Today And Hope For Tomorrow...
motor ane baru 3 minggu nih bro...... kyny mo pk pertamax aje deh.................
jd bingung lah....
ADMINISTRATOR WARNING: ATTENTION !!!
Total pesan anda poskan: 2.
OOT: Silahkan buat topik perkenalan dulu Bro, NEWBIE: : Kenalan
di http://suzuki-thunder.net/anggota-baru-f5/ [ klik link ini ]
agar anggota forum pada kenal, dan . . . ini etika komunikasi dan sdh jadi tradisi KOSTER . . .
Tak perduli anggota KOSTER atau bukan, sdh pernah KopDar atau sdh punya NRA atau belum . . . sdh lama mendaftar di forum ini atau blm . . . bila pertama masuk forum ini hendaknya lbh dulu memperkenalkan diri, apalagi bukan atau blm jadi anggota resmi KOSTER, meski anda anggota senior di klub atau komunitas lain, atau cuma sekedar numpang jualan. Mohon dipahami dan diperhatikan . . . mau punya "brother" tapi nggak jelas orgnya . . . how can? . . .
PLEASE FOR BROTHERHOOD . . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
FUEL FLOW BOOSTER | FUEL SAVER: X POWER ENGINE-UP FUEL SAVER
TIPE : UNTUK RANMOR
XP 00800, utk sepedamotor dengan kapasitas silinder mesin s/d 600 cc.
XP 02000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 0.500 s/d 1.000 cc.
XP 04000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 1.000 s/d 1.500 cc.
XP 07000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 1.500 s/d 3.000 cc.
XP 09000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 3.000 s/d 5.000 cc.
XP 16000, utk mobil dgn kapasitas silinder mesin 5.000 s/d 12.000 cc, bisa digunakan untuk bus, truk, dan tabung LPG 50 kg.
HARGA :
XP 00800 S Rp 100.000
XP 00800 G Rp 150.000
XP 02000 S Rp 225.000
XP 02000 G Rp 305.000
XP 04000 S Rp 300.000
XP 04000 G Rp 350.000
XP 07000 S Rp 350.000
XP 07000 G Rp 400.000
XP 09000 S Rp 425.000
XP 09000 G Rp 475.000
XP 16000 S Rp 500.000
XP 16000 S Rp 550.000
PERBEDAAN XP S [silver] dan G [gold] :
tingkat pengiritan
kualitas material
masa pemakaian, MTBF (Mean Time Before Failure)
CATATAN :
spesifikasi dan harga bisa berubah pada sembarang waktu tanpa pemberitahuan di depan.
TEKNOLOGI
X Power adalah perangkat teknologi modern dan telah dipatenkan dengan kode registrasi HAKI No. DOO 2003.10958.11060. X Power pada dasarnya adalah ionizer, pembuat ion, atom atau molekul bermuatan listrik, dan bekerja menggunakan gelombang "neodyne magnetic" dengan sistem IECCPMF (Induction Energy Closed-Circuit Positive Micro-Frequency), dimana X Power mengubah molekul BBM (BahanBakar Minyak) atau BBG (BahanBakar Gas) seperti LPG (Liquid Petroleum Gas) dan BG (Bio Gas)] menjadi ion.
PENGHEMAT BAHANBAKAR | FUEL SAVER
Ionisasi terhadap molekul bahanbakar memecah molekul bahanbakar menjadi lebih kecil dan lebih ringan, sedingga rapat masa per satuan volume bahanbakar meningkat, dan menghemat pemakaian bahanbakar, 10 s/d 50 % [ BBM 20 s/d 40 %, dan BBG 25 s/d 50 % ].
PENINGKAT NOMOR OKTAN | OCTAN BOOSTER
Ionisasi dihasilkan X Power dapat mereduksi efek negativ zat tak diinginkan terkandung dalam BBM, seperti Pb (Plumbum) atau timbal atau timah-hitam, Fe (Ferrum) atau besi, dlsb, dan dengan demikian X Power dapat meningkatkan nomor oktan BBM, dan mengubah kualitas Premium 88 atau Premium 90 [ dulu Premix 90 ] menjadi setara Pertamax 92 atau Pertamax Plus 96, dimana makin tinggi nomor oktan, makin sulit bahanbakar dibakar pada suhu rendah, kecuali pada suhu tinggi, sehingga X Power dapat meminimasi bahkan meniadakan pembakaran dini (premature combustion) karena tekanan tinggi, dan dengan demikian X Power mereduksi atai bahkan mengeliminasi ketukan (knocking) atau letupan (detonation) dalam silinder mesin.
PEMERCEPAT PEMBAKARAN | COMBUSTION CATALYST
Ionisasi terhadap molekul bahanbakar dapat mengikat oksigen secara lebih sempurna, dan dengan demikian X Power dapat meningkatkan laju pembakaran, sehingga pembakaran lebih sempurna, mesin lebih bertenaga, dan kontaminasi gas buang minimum bahkan mendekati nol, sehingga polusi udara karena emisi mendekati nol.
MANFAAT DAN KEUNTUNGAN | BENEFIT AND ADVANTAGE
Konsekuensi ionisasi X Power terhaap BBM | BBG antara lain adalah :
Memecah molekul bahanbakar menjadi ion, sehingga menghemat bahanbakar 10 s/d 50 %.
Meningkatan nomor oktan bahanbakar, sehingga menghilangkan ketukan dan letupan dalam silinder mesin, dan dengan demikian mengubah Premium setara Pertamax | Pertamax Plus.
Memudahkan campuran gas dibakar, sehingga menyempurnakan pembakaran.
Membuat pembakaran lebih efektiv, sehingga mesin lebih bertenaga dan tarikan lebih ringan.
Membuat kerja mesin lebih enteng, getaran mesin lebih halus, suara mesin lebih halus.
Meningkatkan suhu panas pembakaran dan mesin lebih mantap.
Membuat kamar bakar lebih bersih.
Mereduksi gas buang dan memperbaiki kualitas gas buang atau emisi kendaraan.
Membuat komponen mesin lebih awet.
Menghemat biaya pemeliharaan mesin.
PENERAPAN DAN KEUNGGULAN
X Power dapat digunakan untuk segala jenis mesin dan merk kendaraan bermotor :
dengan sistem pembakaran 2 tak ataupun 4 tak.
sistem penyaluran bahanbakar menggunakan karburator ataupun inyeksi bahanbakar (fuel injection).
jenis mesin berbahanbakar bensin [OTO] ataupun berbahanbakar solar [DIESEL], ataupun berbahanbakar gas.
X Power dapat digunakan pada segala jenis kendaraan bermotor dan mesin stasioner :
kendaraan bermotor air, seperti: perahu motor, kapal motor, dlsb.
mesin stasioner, seperti generator listrik, air conditiner, mesin las, mesin penggiling, dlsb.
PEMASANGAN
X Power dipasang pada saluran BBM, sebelum atau sesudah penapis bahanbakar (fuel filter).
X Power bekerja pada saluran bahanbakar, dan dimana pun dia ditempatkan, sepanjang masih dalam tata saluran bahanbakar, ia dpt bekerja secara efektiv.
sangat mudah dalam cara pemasangan dan pemeliharaan.
tak ada efek sampingan negativ dapat merusak mesin.
tak menggugurkan garansi kendaraan.
garansi terbatas pabrikan 12 bulan.
masa pemakaian, MTBF (Mean Time Before Failure): 5 tahun untuk BBG dan 7 tahun untuk BBM.
X Power berbeda dengan kebanyakan alat lain penghemat bahanbakar, yang menggunakan sistem jepit, dan unjukkerjanya turun bila diletakkan dekat sumber panas, dan dapat merusak mesin karena tak menggunakan teknologi IECCPMF.
CARA PEMASANGAN
X Power dipasang pada saluran BBM, sebelum atau sesudah penapis bahanbakar (fuel filter).
Faktor teknik perlu diperhatikan dalam pemasangan.
Sebelum pemasangan :
pastikan mesin ranmor dalam kondisi normal alias tak bermasalah.
jangan memotong slang | pipa BBM bawaan asli ranmor, gunakan ekstensi telah disediakan.
Sesudah pemasangan :
pastikan pada klem slang tak ada bocoran aliran bahanbakar.
untuk ranmor dengan sistem karburator, stel sekrup aliran udara karburator pada 1 s/d 3 putaran berlawanan arah jarum jam, dari kondisi setelan normal sebelumnya [ bukan dari kondisi nol ].
untuk ranmor dengan sistem injeksi bahanbakar elektronik {electronic fuel injection, EFI), aliran udara tak perlu distel, karena sistem akan secara otomatis menyesuaikan atau mengatur sendiri.
untuk mesin Diesel, keluarkan udara dalam saluran bahanbakar dengan cara memompa dengan pompa pada mesin, aliran udara tak perlu distel, karena sistem akan secara otomatis menyesuaikan atau mengatur sendiri.
BEBERAPA FAKTOR PENDUKUNG BERFENGARUH TERHADAP EFEK KERJA X POWER DALAM PENGHEMATAN BAHANBAKAR
kebersihan penapis bahanbakar (fuel filter), bersihkan dan ganti secara teratur dan berkala.
kebersihan penapis udara (air filter), bersihkan dan ganti secara teratur dan berkala.
kebersihan penapis minyak pelumas (oil filter) mesin, bersihkan dan ganti secara teratur dan berkala.
kekentalan minyak pelumas mesin, ganti minyak pelumas secara teratur dan berkala.
kondisi mesin sebelum pemasangan, gunakan engine revitalizant untuk memulihkan logam mesin dari goretan dan membuat permukaan logam menjadi halus, dan engine conditioner untuk melindungi logam mesin dari gesekan, terutama bila minyak pelumas encer atau kurang.
kondisi gerigi sproket dan rantai, stelan dan pelumasan rantai, ganti bila aus dan lumasi secara teratur dan berkala.
kondisi ban, jangan sampai kurang angin dan aus.
kondisi pelat kopling, jangan sampai tipis atau aus.
cara berkendara, upayakan selalu kelajuan konstan, pindahkan gigi transmisi pada waktunya dan jalankan kendaraan pada putaran 3.000 s/ d 9.000 rpm atau pada kelajuan 50 s/d 100 kmph.