AKI APAPUN SAMA SAJA(C) 2006—2010 — KOSTER 0115 Thunder RiderSEL LISTRIK - SUMBER MUATAN LISTRIKHarap diketahui bahwa, tegangan [voltage] dan muatan [couloumbage = ampere-hourage] suatu baterai atau aki ditentukan oleh komposisi sel listrik (electric cell) pembentuknya, dan bergantung antara lain pd :
- Jenis material kimiawi sel digunakan utk pasangan elektroda dan dielektrik diantaranya [menentukan tegangan dan muatan bisa diperoleh per sel],
- banyak sel digunakan [menentukan banyak muatan total], dan
- susunan baterai, apakah serial ataukah paralel [menentukan tegangan total atau kuat arus total].
Utk mempersingkat dan menyederhanakan kupasan, bahasan disini kita batasi utk sel bisa-muat-ulang (rechargeable) yg umum digunakan utk ranmor, apakah sel basah (wet cell) ataukah sel kering (dry cell), terlepas dari materialnya [Zn, Pb, Ni, NiCa, Li, dlsb].
Sel listrik yg dibahas dlm konteks ini adalah sel listrik kimiawi (chemical electric cell, chemo-electric cell), yakni sumber muatan listrik (electric charge source) yg diproduksi melalui proses kimiawi. Dan yg dimuat-buang (discharge) dan dimuat-ulang (recharge) adalah muatan listrik negativ yg dibawa oleh elektron material yg seolah bergerak secara estafet antar ion [partikel atomik bermuatan listrik] melalui bahan kimiawi sbg media perantara listrik atau dielektrik, tak perduli apakah padat atau cair [atau gas].
Banyak atau kuantitas muatan listrik (electric charge quantity, q) diukur dlm satuan C (Couloumb). Sedangkan kuat atau intensitas arus listrik (electric current intensity, i) diukur dlm satuan A (Ampere), adalah setara ukuran kuantitas muatan dialirkan per rentang waktu tertentu s, m, atau hr (second, minute, or hour), dimana C = A.s (Ampere second). Krn itu kapasitas muatan suatu aki dinyatakan dlm A.hr (Ampere hour).
BATERAI DAN AKI - TEGANGAN TANPA-BEBAN DAN TEGANGAN DENGAN-BEBANDlm praktek, sel basah disebut aki (accu = accumulator), dan sel kering disebut baterai (battery). Dan dua istilah ini kerap dipertukarkan atau disamakan. Istilah aki atau pak baterai (battery pack) secara mendasar digunakan utk menyatakan suatu paket yg terdiri dari rangkaian bbrp sel.
Singkat kata, sel listrik bisa-muat-ulang yg umum digunakan utk ranmor memiliki tegangan optimal tanpa beban 2,2 V DC per sel, dan tegangan nominal pd beban 2 V DC per sel krn rosot tegangan (voltage drop) sbg efek resistansi sirkuit.
Utk melipatgandakan tegangan [voltage], dua atau lbh sel tunggal dirangkai sederet atau serial. Sedangkan utk melipatgandakan kuat arus [amperage], dua atau lbh sel tunggal dirangkai sejajar atau paralel. Dan rangkaian manapun digunakan, keduanya menghasilkan pelipatgandaan muatan [couloumbage]. Jika sederet, maka terjadi pelipatan muatan pd kuat arus tetap, dan jika sejajar, maka terjadi pelipatan muatan pd tegangan tetap.
Aki ranmor bertegangan nominal 6 V adalah rangkaian sederet 3 sel 2,2 V dgn tegangan total 6,6 V. Sedangkan aki ranmor bertegangan nominal 12 V adalah rangkaian sederet 6 sel 2,2 V dgn tegangan total 13,2 V. Dan aki ranmor bertegangan nominal 24 V adalah rangkaian sederet 12 sel 2,2 V dgn tegangan total 26,4 V. Dst.
Aki ranmor Suzuki Thunder adalah aki ranmor bertegangan nominal 12 V yg terdiri dari rangkaian sederet 6 sel 2,2 V dgn tegangan total 13,2 V.
DERET TEGANGANJika tiap terminal sel tunggal penyusunnya ditonjolkan keluar, sedemikian shg ada 6 pasangan terminal, yg disederhanakan hanya jadi 7 terminal saja krn terminal dempet bisa digabung, maka aki dpt digunakan sbg sel dgn 6 variasi tegangan, dgn tegangan tanpa beban antar tiap terminal bersisian adalah 2,2 V, dan secara berurutan tiap pasangan terminal kombinasi menghasilkan deret tegangan tanpa beban 2,2, 4,4, 6,6, 8,8, 11, dan 13,2 V, dan deret tegangan pd beban 2, 4, 6, 8, 10, dan 12 V, dan dpt digunakan sbg pengganti catu daya beban elektronik 1,5, 3, 4,5, 6, 7,5, dan 9 V DC.
Krn itu aki sel basah 12 V ranmor memiliki 6 lubang utk pengisian air aki, cairan elektrolit atau aqua-pura. Dan baik sel basah maupun sel kering memiliki 7 terminal [hanya saja apakah ditonjolkan keluar atau tidak].
0|------|2[2,2]|------|4[4,4]|------|6[6,6]|------|8[8,8]|------|10[11]|------|12[13,2]
pak baterai 12 V [13,2 V] yg terdiri dari 6 sel kering 2 V [2,2] V sederet.
aki 12 V [13,2 V] yg terdiri dari 6 sel basah 2 V [2,2] V sederet.
DC BOOSTER - CAPACITOR BANKDC booster pd prinsip dasarnya adalah serupa dgn aki. Secara teknik, krn material digunakan berbeda, mk berbeda dlm konstanta waktu RLC (resistance, inductance, capacitance). Secara mendasar terdiri dari ELCO (electrolityc capacitor) yg berlaku sbg RECAP (reservoar capacitor) atau populer dgn isrtilah CAB (capacitor bank). Pemasangannya adalah sejajar arau paralel dgn aki, sedemikian shg terjadi pelipatgandaan muatan [couloumbage = ampere-hourage] pd tegangan tetap. Jadi pasangan ini berfungsi sbg pelipat muatan (charge multiplier) dan sumber arus (current source), bukan sumber tegangan (voltage source). Gunanya adalah utk mempertahankan kuat arus (current intensity) pd daya tetap (constant power) agar selalu diatas minimum ketika terjadi rosot tegangan (voltage drop), bila tegangan aki merosot atau lemah. Yg dibutuhkan komponen kelistrikan ranmor, spt lampu, klakson, starter motor adalah daya [wattage] pd kuat arus nominal pd tegangan bervariasi hingga maksimum 12 V DC. Pd daya tetap, kuat arus meningkat ketika tegangan merosot, dan sebaliknya.
ALTENATOR, RECTIFIER DAN REGULATOR - DARI AC KE PC KE DCKrn tegangan total tanpa beban aki ranmor Suzuki Thunder adalah 13,2 V, utk memuati aki dibutuhkan sumber muatan listrik (electric charge source) dgn tegangan minimum diatas 13,2 V DC (direct current) atau PC (pulsating current), agar arah aliran arus adalah dari pemuat (charger) ke aki, bukan sebaliknya. Krn itu tegangan keluran (output voltage) dari pack cuprox (cuprous oxyde) rectifier + regulator suzuki Thunder adalah berkisar antara 13,5 s/d 16,5 V DC atau PC, yg bergantung pd rektifikasi tegangan RMS (root-mean square) 50 s/d 75 V AC (alternating current) 3-fasa keluaran spul stator alternator [AC generator] pd putaran antara 1.500 s/d 8.500 rpm (rotations | revolutions per minute), rerata atau konstan sekitar 5.000 rmp. Fungsi rektifier dan regulator yg memasing menggunakan dioda adalah utk menyearahkan arus bolak-balik dan mengendalikan pemuatan sekaligus menahan agar jangan sampai arus listrik mengalir terbalik ke arah berlawanan bilamana terjadi tegangan aki lbh tinggi drpd tegangan keluaran kuproks.
...
... ... ... whaaa kkkaaaaa khaaaaaaakkkkkkkkk ... ... ...
. . .
__________________________________________________
(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.