Poin Brogader : 9534 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 21.06.07 8:58
First topic message reminder :
Seiring perkembangan industri ban, produk karet hitam after market makin banyak pilihan. Tak hanya ukuran, pattern (bentuk alur-red), sampai kompon juga beragam.
Tak heran, banyak bikers ganti ban diluar dari ukuran yang direkomendasi. “Perbedaan ukuran, pattern sampai kompon pasti ada efeknya. Karena desain ban standar sudah melalui berbagai riset validasi tes berkait performance, stability, torsi mesin dan lainnya,” jelas Darori, Quality Ansurance Technical Service, PT Gajah Tunggal, produsen ban IRC.
Penggantian ban yang lebih gede ukurannya dari standar dengan performa mesin yang tetap standar, sedikit mengurangi performa mesin. “Misal, aslinya harusnya memakai ban ukuran 2,75-17 inci. Lalu ganti 3,00-17 inci. Efeknya bagusnya mungkin handling lebih enak karena tapak lebih besar,” tambah Darori.
Tapi, jangan tanya kalau ada perubahan performa. “Kenaikan satu step ukuran ban, setidaknya nambah beban 10 persen beban. Belum lagi dihitung bidang kontak yang lebih banyak nempel di aspal,” terang Darori.
Demikian juga perubahan ukuran yang lebih kecil. Performa akan lebih enteng. “Tapi efek lain, soal safety akan berkurang karena koefisien konstruksinya tidak sesuai acuan falidasi tes motor tersebut,” ingatnya.
PENGGUNAAN BAN RACING
Demikian juga perbedaan kompon, seperti aplikasi ban balap atau racing untuk harian. Ban balap dipakai buat harian akan bermasalah kalau di kondisi jalan dicampur lumpur, genangan air dan pasir.
Traksi tidak semaksimal ban harian. Soalnya patern atau pola si kulit bundar buat kompetisi enggak diperuntukan harian. “Compound pun akan cepat habis. Berbeda buat harian yang dirancang untuk penggunaan yang panjang,” beber Hendro Purwanto, Product Development Section Head, PT Indomobil Bhupala, pemegang merek ban Vee Rubber.
BATAS UKURAN DARI PELEK
Batasan ubahan ban juga dipengaruhi ukuran pelek. Ukuran lebar ban yang lebih besar dibanding pelek, berimbas handling berat lantaran profil ban melebar. Lebih terasa waktu motor membelok. “Pas melewati tikungan panjang dengan kecepatan tinggi kemungkinan besar mendadak kehilangan traksi,” jelas M. Agung Yulianto, Product Design, PT Suryaraya Rubberindo Indonesia (SRI), produsen ban lokal Federal dan FDR, di Cileungsi, Bogor.
Sebaliknya kalau menggunakan profil ban sempit dibanding pelek bawaan motor. Terasa agak ringan waktu kecepatan tinggi dan lurus. Tapi, traksi ke aspal enggak maksimal waktu melintas kelokan panjang.
Makanya, kalau ingin sesuai batasan ukuran pelek dengan ban yang ideal, simak tabelnya. Di situ jelas ukuran pelek dan toleransi penggunaan ban yang ideal digunakan.
Juga perhatikan pula simbol batas kecepatan. Jadi bisa menyesuaikan kebutuhan ban yang kita butuhkan, sesuai penggunaan sehari-hari. Itu bisa dilihat dari huruf yang ada di tanda bagian sisi ban.
UKURAN PERSAMAAN BAN DAN PELEK Lihat Tabelnya disini: http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=10520
Pengirim
Message
christianhartono LETDA KOSTER
Total Posan : 429 Sejak : 18.12.06
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 17.09.07 13:16
gak lucu kalo motor keren tenaga gak ada... hahahahaha...
kayak Intruder 125... model keren abis, mesinnya kecil... ya gak asik lah....
Tamu Tamu
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 17.09.07 14:26
christianhartono wrote:
B-I wrote:
eh iya, ngomong2 soal ban gede, dah ada yg pake ban uk. 180 n velg 5,5 inch blm? pgn dgr sharing2nya.
Untuk ukuran 160 keatas, minim cc harus 250 keatas. kenapa? selain berat, karena daya lekat ban ke aspal lebih lebar, maka daya kekuatan mesin harus besar. untuk 250 aja udah mentok di 160. kalo mau lebih, ganti aja 400cc.. hehehehe... R1 aja 190, Vmax 1200cc cuman 170 (itu gw) standarnya 150.
Jadi Thunder 125 mentok ada di 140. gak ganti arm, kalo 250, bisa mentok di 160. itu idealnya.
kalo menurut gw 125 ama 250 sama mentoknya, paling ke tembok kalo engga ke kendaraan yang di depannya.
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9534 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 17.09.07 15:14
destianbs wrote:
kalo menurut gw 125 ama 250 sama mentoknya, paling ke tembok kalo engga ke kendaraan yang di depannya.
Nih anak...blum sembuh udah masuk forum lagi...begini nih akibatnya...
belan LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6372 Total Posan : 541 Sejak : 03.03.07 Domisili : batam Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 17.09.07 16:47
saya mahh..tetep ban gede..aja...
christianhartono LETDA KOSTER
Poin Brogader : 6361 Total Posan : 429 Sejak : 18.12.06 Domisili : Blitar - Jawa Timur Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 250 Sikon : Married
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 17.09.07 23:57
destianbs wrote:
kalo menurut gw 125 ama 250 sama mentoknya, paling ke tembok kalo engga ke kendaraan yang di depannya.
untung.... gw gak dipentokin.... masih mulus tanpa cacat sedikitpun. lebih mulus dari paha cewek artis.. hahahahahaha... gak ada kan artis bopengan pahanya? gak ada juga artis pahanya buluan....
160 jalan terus... mulussss......
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Tp klo ane mikir sendiri alias nyadar diri kyana kebesaran ya bannya??...
Nah ... sdh ngerasa sendir tuh ...
Utk lebih jelas silahkan baca tulisan sy dlm forum ini dlm topik KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/KALKULASI-UKURAN-BAN-SUZUKI-THUNDER-t2228.htm
... dan ... UKURAN BAN PENGGANTI UTK SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/UKURAN-BAN-PENGGANTI-UTK-SUZUKI-THUNDER-t2232.htm
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Utk lebih jelas silahkan baca tulisan sy dlm forum ini dlm topik KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/KALKULASI-UKURAN-BAN-SUZUKI-THUNDER-t2228.htm
... dan ... UKURAN BAN PENGGANTI UTK SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/UKURAN-BAN-PENGGANTI-UTK-SUZUKI-THUNDER-t2232.htm
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Utk lebih jelas silahkan baca tulisan sy dlm forum ini dlm topik KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/KALKULASI-UKURAN-BAN-SUZUKI-THUNDER-t2228.htm
... dan ... UKURAN BAN PENGGANTI UTK SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/UKURAN-BAN-PENGGANTI-UTK-SUZUKI-THUNDER-t2232.htm
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 18.09.07 6:01
sapto aji wrote:
gsx 250 ane pake 120/60/17 (velk depan sama dg belakg takasago) belakang pake metzeler 140/70/17 masih jari2 utk speed enak bnget klo bln kemaren dpn blkng bannya sama 120/70/17 enak larinya top speed 160Kpj tapi melayang btw klo skrg agak mantaf karena ban nya dah ok top speed berkurg sih 140Kpj....tapi ga apa2 yg penting safe
Bro ... dua ban ente ... diluar batas toleransi max ... /- 3% [1.03 dan 0.97]
Utk lebih jelas silahkan baca tulisan sy dlm forum ini dlm topik KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/KALKULASI-UKURAN-BAN-SUZUKI-THUNDER-t2228.htm
... dan ... UKURAN BAN PENGGANTI UTK SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/UKURAN-BAN-PENGGANTI-UTK-SUZUKI-THUNDER-t2232.htm
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 18.09.07 6:04
teddy wrote:
Salam Koster,
Dah bannya pake standar aja. ngapain sich gede2 amat. itu ukuran Ban dirancang oleh para ahli bro. hehehehehe karena di sesuaikan ma kemampuan mesin bro.
Rgds
teddy
... good bro Teddy ...
Ttg ukuran ban ini sy kupas dlm tulisan sy dlm forum ini dlm topik KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/KALKULASI-UKURAN-BAN-SUZUKI-THUNDER-t2228.htm
... dan ... UKURAN BAN PENGGANTI UTK SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/UKURAN-BAN-PENGGANTI-UTK-SUZUKI-THUNDER-t2232.htm
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 18.09.07 6:13
christianhartono wrote:
bro... sori nyelak lagi...
untuk ban dan velg, ternyata eh ternyata... kalo velg aftermarket yang banyak ditemuin di toko2 biasanya memang berat. apalagi ditambah bannya... hmmmm cukup menguras tenaga bledhek. apalagi yang 125. bisa sempoyongan tuh motor... kalo mau, setelah pengalaman saya pribadi, ganti dengan velg limbah yang orisinil. besar, tapi jauh lebih ringan daripada velg aslinya. (mengingat tempat produksi dan bahan beda - sesuai kebutuhan) punya saya menggunakan velg Aprillia RS125 dengan lebar 3.00 dan 3.50 ban menggunakan 110 depan, 160 belakang. bobot buletan dua ini (dengan ban terpasang) masih lebih berat daripada velgnya asli (tanpa ban)... karena memang velg ini di desain untuk motor cc 125 tapi spek racing. jadi memang dibuat khusus dengan bahan2 ringan. kalau yang bro boetho punya velg GSX 400, yang notabene 4 tak cc besar, tenaga gambot... velg brapapun ya monggo....
Kesimpulannya, jika memang mau menggunakan velg tapak lebar : 1. gunakan yang orisinil (limbah) harga nggak terpaut jauh udah termasuk ban luar bekas minim 80%. 2. yang pasti diperhatikan lagi arm / lengan ayun harus sesuai agak tidak mentok. 3. Ban baru 140 keatas memang mahal. jadi ya beli bekas aja... hehehehehe... 4. kenyamanan dijamin nambah 40%....
gimana pak Iwan? mohon pencerahannya jika ada yang salah...
Dari data yg sy miliki, ukuran ban standard Aprilia adalah sbb.
Aprilia RS 125 R Extrema DEPAN ---------- BELAKANG 110/70 ZR 17 --- 150/60 ZR 17
Aprilia RS 250 DEPAN ---------- BELAKANG 110/70 ZR 17 --- 150/60 ZR 17 120/60 ZR 17 --- 150/60 ZR 17
Utk dua ban anda silahkan rekalkulasi kembali dgn merujuk kpd tulisan sy dlm forum ini dlm topik KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/KALKULASI-UKURAN-BAN-SUZUKI-THUNDER-t2228.htm
... dan ... UKURAN BAN PENGGANTI UTK SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/UKURAN-BAN-PENGGANTI-UTK-SUZUKI-THUNDER-t2232.htm
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Diluar daftar ini, ban lebar akan menghambat performa mesin Thunder 125 ... dan membuat bensin jauh lbh boros.
Utk ukuran ban dan toleransi, silahkan baca tulisan sy dlm forum ini dlm topik KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/KALKULASI-UKURAN-BAN-SUZUKI-THUNDER-t2228.htm
... dan ... UKURAN BAN PENGGANTI UTK SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/UKURAN-BAN-PENGGANTI-UTK-SUZUKI-THUNDER-t2232.htm
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 18.09.07 6:21
christianhartono wrote:
B-I wrote:
eh iya, ngomong2 soal ban gede, dah ada yg pake ban uk. 180 n velg 5,5 inch blm? pgn dgr sharing2nya.
Untuk ukuran 160 keatas, minim cc harus 250 keatas. kenapa? selain berat, karena daya lekat ban ke aspal lebih lebar, maka daya kekuatan mesin harus besar. untuk 250 aja udah mentok di 160. kalo mau lebih, ganti aja 400cc.. hehehehe... R1 aja 190, Vmax 1200cc cuman 170 (itu gw) standarnya 150.
Jadi Thunder 125 mentok ada di 140. gak ganti arm, kalo 250, bisa mentok di 160. itu idealnya.
Utk ukuran ban dan toleransi, silahkan baca tulisan sy dlm forum ini dlm topik KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/KALKULASI-UKURAN-BAN-SUZUKI-THUNDER-t2228.htm
... dan ... UKURAN BAN PENGGANTI UTK SUZUKI THUNDER http://forum.suzuki-thunder.com/Aerodinamika-Suzuki-Thunder-Tune-up-bodi-Fairing-dan-Manouver-f68/UKURAN-BAN-PENGGANTI-UTK-SUZUKI-THUNDER-t2232.htm
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9534 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 18.09.07 8:35
WEDEH...THANKS PAK IWAN
atnlie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6431 Total Posan : 3368 Sejak : 21.02.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan NRA : 0313 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : http://www.atnlie.co.nr
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 22.02.08 10:38
DHeriS wrote:
nambahin dikit..
menurut ane sih, ban belakang thunder masih agak kurang proporsional secara fisik terhadatp bodi tuh.... jadinya menurut ane nih, so pasti subjektif, perlu digedein dikiiiittt aja..... mo lbh gede lagi, kyknya lbh bagus....
Setuju brur kalo dilihat dari belakan aja ban sheny kesayanganku ini kurang imbang. jadi lebih gede dikit misal 120 ok juga tuh.... peace brur. soalnya bukan ikut2an mode, tapi pengen membuatnya lebih anggun dan mantap hehehe
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8065 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder :
125
Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 22.02.08 14:17
salam koster :koster:
yup lebih oke lagi kalo diganti pake velk ring 17 ( tatsuno, power, extreme, RGV, aprilia ) ban bisa pake BT45 or BT 92 wah dah keren & safety lah...he..he.. disesuaikan budget aja bro...ok
atnlie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6431 Total Posan : 3368 Sejak : 21.02.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan NRA : 0313 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : http://www.atnlie.co.nr
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 29.02.08 13:40
mau ganti velg 17 ahh.... tapi nabung dulu.....
sabar2
gw bisa gw bisa
3 bulan kemudian
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 13.03.08 13:08
Canggih bener...siip lah Pak E-1...thanks
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8065 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder :
125
Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 13.03.08 13:26
salam koster :koster:
thanks berat om E - 1 , info kalkulatornya akurat banget...heee JAy berarti ban ente masuk kategori mana nih ? banyak error nya apa masih recommended ?? heee
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9534 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: Re: MODIF: Pengaruh Ubahan Ukuran Ban Terhadap Performa 13.03.08 13:32
Thunder Rider wrote:
KALKULATOR PERUBAHAN UKURAN BAN SUZUKI THUNDER
KODE UKURAN BAN STANDAR SUZUKI THUNDER:
DEPAN
80/90 x 18 45 P TT
silahkan pilih parameter ban pengganti
BELAKANG
90/90 x 18 51 P TT
menggunakan ON-LINE CALCULATOR pd link berikut ini.
KALKULATOR PERUBAHAN UKURAN BAN SUZUKI THUNDER
luar biadabbbb...ehhh biasaaaa..........! mantap jaya pak iwan... :sallute: :sallute:
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
ukuran tekanan angin ban pengganti dlm kg/cm2 dan psi.
tombol salin (copy) data dan informasi hasil proses kalkulasi, dr memori utk tempel (paste) ke notepad agar bisa disimpan dlm berkas berformat teks standar.
Silahkan melakukan simulasi utk ban pengganti.
Semoga berguna utk semua ...
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :