Pengirim | Message |
---|
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 30.06.08 22:23 | |
| tapi kalo baca dari post bro astalavista yang soal setelan angin karbu bautnya rusak, kayaknya itu deh bro masalahnya. dulu knalpot saya jg gitu, abis distel karbunya beres deh sampe skrg | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 01.07.08 8:10 | |
| Begini aja Bro sekalian . . . kalau knalpot menembak, dlm istilah teknik disebut sbg "back fire" . . . itu tentu adalah hanya akibat . . . dan tentu ada sebab . . . Sebabnya adalah ada gas campuran udara dan bahanbakar yg tak berhasil habis dibakar oleh busi, krn pembakaran tak-sempurna (imperfect combustion), shg gas gagal bakar ini kemudian ikut dibuang bersama gas sisa pembakaran melalui klep buang (exhaust valve) ke knalpot. Nah, gas gagal bakar yg masih aktiv ini kemudian terbakar di lorong pembuangan antara bandar buang (exhaust port) dan knalpot krn suhu panas tinggi di lorong ini. Shg akibatnya terjadi letupan, ledakan, atau tembakan di knalpot, dan bahkan terkadang bisa menyemburkan api. Jadi penyebab utamanya adalah "pembakaran tak-sempurna", dan sebab dari sebab ini ada bbrp kemungkinan. Silahkan lacak berdasarkan tabel berikut. PROBLEM DAN SOLUSI SUZUKI THUNDER | PROBLEM PEMBAKARAN : knalpot menembak (back fire) | ANALISA |FAKTOR PENYEBAB DAN KEMUNGKINAN | SOLUSI | TINDAKAN | pembakaran tak-sempurna (imperfect combustion) | | ALIRAN BAHANBAKAR | | | karburator | | 1 | setelan campuran udara dan bahanbakar karburator tak pas | stel | 2 | sekrup pengaturan setelan karburator rusak | ganti | 3 | mekanisme karburator jelek atau rusak | perbaiki | 4 | karburator tak cocok | ganti | 5 | filter | penapis udara kotor atau tersumbat | bersihkan | 6 | filter | penapis udara jelek atau rusak | ganti | KELISTRIKAN | | | busi | | 1 | setelan pasangan elektroda busi tak pas | stel | 2 | busi jelek atau sekarat | ganti | 3 | busi tak cocok | ganti | | koil dan atau CDI | | 1 | setelan pewaktuan penyulutan | penyalaan | pengapian (ignition timing) busi tak pas | stel | 2 | koil penyulutan (ignition coil) tak mampu menghasilkan tegangan elektroda busi dibutuhkan utk melakukan pembakaran, jelek atau rusak | ganti | 3 | CDI dan atau koil penjemputan (pick-up coil) | pulser jelek atau rusak | ganti | PERMESINAN | | | klep | katup (valve) | | 1 | stelan klep masuk (intake valve) dan atau klep buang (exhaust valve) tak pas | stel | 2 | klep aus atau rusak | ganti | 3 | stelan mekanisme klep tak pas | stel | 4 | mekanisme klep aus atau rusak | ganti | | knalpot | | 1 | knalpot jelek atau rusak | perbaiki | 2 | knalpot tak cocok | ganti | THUNDER RIDER |
Tp kalau menembaknya lantaran knalpot bocor, renggang, atau longgar, itu lain cerita lagi, namanya sih semustinya bukan menembak, tapi suara rembes alias bocor . . . he he he . . . Semoga berguna . . . Thunder is never out of style . . . ... ...
Terakhir diubah oleh Thunder Rider tanggal 01.07.08 8:21, total 1 kali diubah | |
|
| |
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9710 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO Sikon : merit Hobi : Adventure Slogan : Bravo KOSTER
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 01.07.08 8:17 | |
| - bambang wrote:
- knalpotnya freeflow atw standar pabrik bro , kalo emang nembak2 trus di stel arus angin and suplai bensinnya supaya balance gitu tapi kalo mo enak ganti spuyer nya bro..
benk, anter aja bro astalavista ke bengkel sekitar ciganjur buat benerin setelan anginnya biar ga nembak2, abis gitu makan soto di bro hanung, ok | |
|
| |
Aslavist Donatur KOSTER
Poin Brogader : 6899 Total Posan : 1771 Sejak : 26.05.08 Domisili : BojongGede. Parung KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0223 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Mr.Black BiQ Status : Sikon : Single Hobi : naik motor, pool, photography,fishing, catur Slogan : real power does not hit hard,
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 01.07.08 9:10 | |
| salam bikers, halo all bro,kemarin setelah dapat info dari bro dexolgenk untuk cek packing exhaust, ternyata bener 100%.setelah ganti dgn packing baru dan ganti busi,batuk2 nya langsung sembuh..totallll.wah lega rasanya,thanks atas info info nya all bro. :sallute: | |
|
| |
dexolgenk Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6034 Total Posan : 3355 Sejak : 25.12.07 Domisili : Batam Island Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Thunder 125 ... pengen dijadiin kaya motard.. Sikon : Single Hobi : Surfing Slogan : Keep Fighting ( Tetap Berusaha, bukan terus berantem )
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 01.07.08 9:23 | |
| - astalavista wrote:
- salam bikers,
halo all bro,kemarin setelah dapat info dari bro dexolgenk untuk cek packing exhaust, ternyata bener 100%.setelah ganti dgn packing baru dan ganti busi,batuk2 nya langsung sembuh..totallll.wah lega rasanya,thanks atas info info nya all bro. :sallute: sama2 bro....... om dimas, nah kalo kasusnya kaya gini baru nembak luar om kalo masalahnya di karbu baru nembak dalam... hehhehehehhehe sumpe deh....ngakak gw liat postingan om dimas..... | |
|
| |
eWiNz PELTU KOSTER
Poin Brogader : 5806 Total Posan : 327 Sejak : 21.06.08 Domisili : Kendari Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Red Maroon and Black Tirev Sikon : Stand By Hobi : Touring, Racing, Modif. Hmmm ...
| |
| |
AtokSenK SERKA KOSTER
Poin Brogader : 5909 Total Posan : 177 Sejak : 21.06.08 Domisili : padang Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : lajang Hobi : touring
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 01.07.08 15:49 | |
| ane jg kyak gitu dulu bro..
trus dibongkar karbunya..
g tau diapain ama orang bengkel, tapi sekarang udah OK!! | |
|
| |
ragil Kapten KOSTER
Poin Brogader : 6132 Total Posan : 685 Sejak : 12.03.08 Domisili : Cileungsi - Jakarta KorWil : Cileungsi NRA : 0285 Jabatan : KaKorWil Thunder : Julukan : 125 Sikon : Meried Hobi : Traveling Slogan : Bersama Koster, hidup terasa lebih berarti, aaalaaah....ngarep banget deh
| |
| |
harry_cldg LETDA KOSTER
Poin Brogader : 5953 Total Posan : 426 Sejak : 20.02.08 Domisili : ciledug KorWil : koster jaxel NRA : 202 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : single bro Hobi : makan/minum, tidur & bekerja Slogan : jangan pernah menyerah
kegagalan adalah kemenangan yang tertunda jadi belajarlah dari kegagalan
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 01.07.08 17:10 | |
| wagh terkadng punya ane juga thx ya atas infonya bwt smua | |
|
| |
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5955 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 01.07.08 22:36 | |
| om ragil mau beli cdi brt ane ga? | |
|
| |
thunder-fighter PRADA KOSTER
Poin Brogader : 5745 Total Posan : 12 Sejak : 21.08.08 Domisili : surabaya Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : single Hobi : modif
| Subyek: bensin boros, knalpot nembak, busi basah & hitam 24.08.08 21:09 | |
| hi BRO KOSTER saya pakai thunder 125cc 2006, knalpot ori, bensin 1ltr = 25 km, kalau jalan rpm tinggi terus turun kadang knalpot nembak2, busi basah dan hitam. gimana solusinya karburator ori,s udah saya coba setel angin2 kayaknya gak ngaruh. kata temen thunder bisa 1ltr=40km apa benar? kalau pakai pertamax plus paling 1 ltr=27,5km. beda tipis thanks bro | |
|
| |
thunder-fighter PRADA KOSTER
Poin Brogader : 5745 Total Posan : 12 Sejak : 21.08.08 Domisili : surabaya Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : single Hobi : modif
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 24.08.08 21:38 | |
| | |
|
| |
thunder-fighter PRADA KOSTER
Poin Brogader : 5745 Total Posan : 12 Sejak : 21.08.08 Domisili : surabaya Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : single Hobi : modif
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 24.08.08 21:44 | |
| | |
|
| |
Daverson Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7429 Total Posan : 2510 Sejak : 01.07.07 Domisili : Jakarta Utara KorWil : KOSTRAD NRA : 0321 Jabatan : Anggota Resmi Thunder : Julukan : My Blue Sikon : apa yah.. ? Hobi : Makan & Traveling Slogan : Yakinlah pada kemampuan diri sendiri & berusahalah terus jgn putus asa
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 24.08.08 22:18 | |
| bro coba cek PJ & MJ ukuran masih standart ngak? | |
|
| |
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5955 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 26.08.08 21:22 | |
| wah radiator / oil cooler tuh yang di depan blok mesin? cakep jg bro | |
|
| |
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5955 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 26.08.08 21:26 | |
| wah kalo mesin ori kayak gitu jelas ga beres bro, coba dibawa ke begnkel suzuki aja, kali setelan karbunya kurang sip, ato paking knalpot nya bocor karena masang ga bener. thundie ane th 2005, waktu masi standar bisa jalan 49km/liter bro. dan itu normal nya. kalo dibawah itu berarti ada yg ga maksimal atau ada yg uda dimodif sehingga berpengaruh ke konsumsi bensin atau si bro nya kalo bawa motor kekencengan kali hehehe | |
|
| |
nico-jtc Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6175 Total Posan : 1136 Sejak : 13.08.07 Domisili : Karawaci. Tanggerang KorWil : JTC Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : GSX 250 Sikon : in a relationship (FS banget yah)
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 27.08.08 7:28 | |
| - Wendy Dj wrote:
thundie ane th 2005, waktu masi standar bisa jalan 49km/liter bro. dan itu normal nya. kalo dibawah itu berarti ada yg ga maksimal atau ada yg uda dimodif sehingga berpengaruh ke konsumsi bensin atau si bro nya kalo bawa motor kekencengan kali hehehe nah ini baru bener-bener thunder 125. irit bener dah..... | |
|
| |
Dodik JeTC Panglima KOSTER
Poin Brogader : 6567 Total Posan : 7746 Sejak : 04.07.08 Domisili : Jember. JaTim KorWil : JeTC NRA : 0494 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : MR. BIG Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah... Hobi : cari sodara
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 27.08.08 8:34 | |
| kalo busi basah kayanya keborosan deh... perlu cek karbu tuh bro... | |
|
| |
webster AdminMuda KOSTER
Poin Brogader : 7524 Total Posan : 5143 Sejak : 19.08.08 Domisili : RawaMangun KorWil : Jakarta Pusat NRA : 0728 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Darknight Status : Sikon : Single Hobi : Nonton Film Slogan : ** A little love can make a bi
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 27.08.08 9:10 | |
| mungkin cari tempat beres yang bener bagus untuk tanganin itu kalau masih standar harusnya nggak ada masalah kaya gitu thunderkan tangguh, atau mungkin ada hub dengan radiator.. ga tau dink.... | |
|
| |
Baskoro LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6652 Total Posan : 553 Sejak : 05.04.07 Domisili : Telaga Kahuripan. Parung | Kemang. Jakarta Selatan KorWil : Parung NRA : K8-013 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : Nikah Punya anak 1 Hobi : Baca Slogan : BE YOUR SELF
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 27.08.08 10:47 | |
| Mau jelas nya tanya deh sama Pak Iwan...... tock cer abis | |
|
| |
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9528 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 27.08.08 10:53 | |
| itu motornya kembaran ama motor om Wendy DJ....deltabox udah sama persis... hehehe... satu kampung pula dr Surabaya hehehe...
coba bawa aja ke Beres setempat..ksh tau problemnya.... sapa tau mekaniknya bs benerin om... | |
|
| |
dexolgenk Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6034 Total Posan : 3355 Sejak : 25.12.07 Domisili : Batam Island Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Thunder 125 ... pengen dijadiin kaya motard.. Sikon : Single Hobi : Surfing Slogan : Keep Fighting ( Tetap Berusaha, bukan terus berantem )
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 27.08.08 11:46 | |
| gw sur banget ama delta box nya..... mengkilat......... kalo dilihat dari permasalahannya pasti ada masalah ama karbu dan pengapian
bener kata om mimin coba bawa ke beres | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 27.08.08 14:32 | |
| - thunder-fighter wrote:
- hi BRO KOSTER
saya pakai thunder 125cc 2006, knalpot ori, bensin 1ltr = 25 km, kalau jalan rpm tinggi terus turun kadang knalpot nembak2, busi basah dan hitam. gimana solusinya karburator ori,s udah saya coba setel angin2 kayaknya gak ngaruh. kata temen thunder bisa 1ltr=40km apa benar? kalau pakai pertamax plus paling 1 ltr=27,5km. beda tipis thanks bro Suzuki Thunder EN 125 2006 standar, konsumsi BBM adalah sekitar 50 km/liter. Jadi Thunder anda super-boros. Sementara Thunder sy sekitar 70 km/liter alias super-irit. Kalau knalpot menembak, yg dlm istilah teknik disebut sbg " back-fire", artinya terjadi pembakaran tak sempurna ( imperfect combustion), dimana sebagian gas campuran udara dan BBM gagal dibakar oleh percikan listrik busi, shg busi basah, dan gas yg tak terbakar ini kemudian dibuang keluar melalui klep buang (exhaust valve) dan akhirnya terbakar dan meledak antara bandar buang (exhaust port) dan knalpot krn suhu panas jalur pembuangan ini. Penyebab pembakaran tak sempurna, dgn tsb diatas a.l adalah: - setelan karburator tdk tepat, terlalu gemuk atau kaya (rich) bahanbakar.
- setelan pewaktuan penyulutan (ignition timing) tak tepat, kemungkinan terlalu lambat | mundur (late), atau justeru terlalu cepat | maju (advance).
- setelan keregangan klep mesin (engine valve) tak tepat, kemungkinan terlalu lebar.
- setelan keregangan celah (clearance) elektroda busi tak sesuai, kemungkinan terlalu lebar, atau busi tdk cocok, atau terlalu dingin.
- tegangan elektroda busi lemah, krn tegangan koil penyulutan (ignition coil) lemah.
- ada bocoran dlm sistem catu bahanbakar dan atau penyulutan dan atau pembakaran.
- kemungkinan lain, silahkan merujuk kepanduan problem dan solusi tlh sy susun secara sistematik dlm forum ini.
Semua hal diatas tlh sy kupas tuntas dlm bbg topik berkaitan ttg permesinan dan kelistrikan Suzuki Thunder dlm forum ini. Silahkan gunakan fasilitas pelacakan | pencarian. Semoga berguna . . . | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 27.08.08 14:38 | |
| Begini aja Bro . . . kalau knalpot menembak, dlm istilah teknik disebut sbg "back fire" . . . itu tentu adalah hanya akibat . . . dan tentu ada sebab . . . Sebabnya adalah ada gas campuran udara dan bahanbakar yg tak berhasil habis dibakar oleh busi, krn pembakaran tak-sempurna (imperfect combustion), shg gas gagal bakar ini kemudian ikut dibuang bersama gas sisa pembakaran melalui klep buang (exhaust valve) ke knalpot. Nah, gas gagal bakar yg masih aktiv ini kemudian terbakar di lorong pembuangan antara bandar buang (exhaust port) dan knalpot krn suhu panas tinggi di lorong ini. Shg akibatnya terjadi letupan, ledakan, atau tembakan di knalpot, dan bahkan terkadang bisa menyemburkan api. Jadi penyebab utamanya adalah "pembakaran tak-sempurna", dan sebab dari sebab ini ada bbrp kemungkinan. Silahkan lacak berdasarkan tabel berikut. PROBLEM DAN SOLUSI SUZUKI THUNDER | PROBLEM PEMBAKARAN : knalpot menembak (back fire) | ANALISA |FAKTOR PENYEBAB DAN KEMUNGKINAN | SOLUSI | TINDAKAN | pembakaran tak-sempurna (imperfect combustion) | | ALIRAN BAHANBAKAR | | | karburator | | 1 | setelan campuran udara dan bahanbakar karburator tak pas | stel | 2 | sekrup pengaturan setelan karburator rusak | ganti | 3 | mekanisme karburator jelek atau rusak | perbaiki | 4 | karburator tak cocok | ganti | 5 | filter | penapis udara kotor atau tersumbat | bersihkan | 6 | filter | penapis udara jelek atau rusak | ganti | KELISTRIKAN | | | busi | | 1 | setelan pasangan elektroda busi tak pas | stel | 2 | busi jelek atau sekarat | ganti | 3 | busi tak cocok | ganti | | koil dan atau CDI | | 1 | setelan pewaktuan penyulutan | penyalaan | pengapian (ignition timing) busi tak pas | stel | 2 | koil penyulutan (ignition coil) tak mampu menghasilkan tegangan elektroda busi dibutuhkan utk melakukan pembakaran, jelek atau rusak | ganti | 3 | CDI dan atau koil penjemputan (pick-up coil) | pulser jelek atau rusak | ganti | PERMESINAN | | | klep | katup (valve) | | 1 | stelan klep masuk (intake valve) dan atau klep buang (exhaust valve) tak pas | stel | 2 | klep aus atau rusak | ganti | 3 | stelan mekanisme klep tak pas | stel | 4 | mekanisme klep aus atau rusak | ganti | | knalpot | | 1 | knalpot jelek atau rusak | perbaiki | 2 | knalpot tak cocok | ganti | THUNDER RIDER |
Tp kalau menembaknya lantaran knalpot bocor, renggang, atau longgar, itu lain cerita lagi, namanya sih semustinya bukan menembak, tapi suara rembes alias bocor . . . he he he . . . Semoga berguna . . . Thunder is never out of style . . . ... ... | |
|
| |
tege SERKA KOSTER
Poin Brogader : 5924 Total Posan : 161 Sejak : 18.03.08 Domisili : X-m4L4nG Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : RIZLAVATAR 125 Sikon : merit hepi Hobi : liatin motor keren di web
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 28.08.08 11:42 | |
| hi bro... Karbu stndar thunder kok bisa bikin knalpot nembak ya?? Seharusnya kan, dengan pake karbu vakuum, tidak akan ada bensin yg tersisa di ruang bakar, krn kan masuknya bensin disesuaikan ama kebutuhan mesin, bukan dari bukaan gas.
PS: thunder fighter <----- cool name delta box <----- slurup slurup...keren banget...brpaan harganya? headlamp <----- naksir juga,tp gw masih cinta ama lampu bulet
tege bad niger | |
|
| |
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9528 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? 28.08.08 11:44 | |
| - Thunder Rider wrote:
- thunder-fighter wrote:
- hi BRO KOSTER
saya pakai thunder 125cc 2006, knalpot ori, bensin 1ltr = 25 km, kalau jalan rpm tinggi terus turun kadang knalpot nembak2, busi basah dan hitam. gimana solusinya karburator ori,s udah saya coba setel angin2 kayaknya gak ngaruh. kata temen thunder bisa 1ltr=40km apa benar? kalau pakai pertamax plus paling 1 ltr=27,5km. beda tipis thanks bro Suzuki Thunder EN 125 2006 standar, konsumsi BBM adalah sekitar 50 km/liter. Jadi Thunder anda super-boros. Sementara Thunder sy sekitar 70 km/liter alias super-irit.
Kalau knalpot menembak, yg dlm istilah teknik disebut sbg "back-fire", artinya terjadi pembakaran tak sempurna (imperfect combustion), dimana sebagian gas campuran udara dan BBM gagal dibakar oleh percikan listrik busi, shg busi basah, dan gas yg tak terbakar ini kemudian dibuang keluar melalui klep buang (exhaust valve) dan akhirnya terbakar dan meledak antara bandar buang (exhaust port) dan knalpot krn suhu panas jalur pembuangan ini.
Penyebab pembakaran tak sempurna, dgn tsb diatas a.l adalah:
- setelan karburator tdk tepat, terlalu gemuk atau kaya (rich) bahanbakar.
- setelan pewaktuan penyulutan (ignition timing) tak tepat, kemungkinan terlalu lambat | mundur (late), atau justeru terlalu cepat | maju (advance).
- setelan keregangan klep mesin (engine valve) tak tepat, kemungkinan terlalu lebar.
- setelan keregangan celah (clearance) elektroda busi tak sesuai, kemungkinan terlalu lebar, atau busi tdk cocok, atau terlalu dingin.
- tegangan elektroda busi lemah, krn tegangan koil penyulutan (ignition coil) lemah.
- ada bocoran dlm sistem catu bahanbakar dan atau penyulutan dan atau pembakaran.
- kemungkinan lain, silahkan merujuk kepanduan problem dan solusi tlh sy susun secara sistematik dlm forum ini.
Semua hal diatas tlh sy kupas tuntas dlm bbg topik berkaitan ttg permesinan dan kelistrikan Suzuki Thunder dlm forum ini. Silahkan gunakan fasilitas pelacakan | pencarian.
Semoga berguna . . . wow....layak dapet cendol ijo 2 karung... | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? | |
| |
|
| |
| P/S: Knalpot Menembak-nembak ... Kenapa dan Bagaimana? | |
|