Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 8 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 8 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas

Go down 
+31
nasroelz
Rhoiz JeTC
captain
Ahmad_JeTC
yadie_bejat
DHeriS
ars_gma
die
t0mj3ry
Wendy Dj
oenank-jtc
webster
buyung
FENCO Bejater'z
DarkCloud
candra904
Rendy 133
ROBIN 151
wiwaha
France Tivoz
zack
go_retro
king syahriar
belan
[BOETHO]
gerry_garsono
ubayy
nino 125
dotvb
D14NR
042
35 posters
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3
PengirimMessage
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9523
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: MEMILIH PELUMAS YANG BAIK DAN BENAR .   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime11.11.06 17:38

First topic message reminder :

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Oli
Pelumas adalah bahan penting bagi kendaraan bermotor. Memilih dan
menggunakan pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan bermotor anda,
merupakan langkah tepat untuk merawat mesin dan peralatan kendaraan agar
tidak cepat rusak dan mencegah pemborosan.

Umum beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin.
Padahal oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara lain
sebagai; Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup Celah pada
Dinding Mesin.

Semua Fungsi tersebut adalah sangat erat berkaitan; sebagai Pelumas, Oli
akan membuat gesekan antar komponen di dalam mesin bergerak lebih halus,
sehingga memudahkan mesin untuk mencapai suhu kerja yang ideal. Selain itu
Oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas ruang bakar yang
mencapai 1000-1600 derajat Celcius ke bagian lain mesin yang lebih dingin.

Dengan tingkat kekentalan yang disesuaikan dengan kapasitas volume maupun
kebutuhan mesin. Maka semakin kental oli, tingkat kebocoran akan semakin
kecil, namun disisi lain mengakibatkan bertambahnya beban kerja bagi pompa
oli.

Oleh sebab itu, peruntukkan bagi mesin kendaraan Baru (dan/atau relatif Baru
berumur dibawah 3 tahun) direkomendasikan untuk menggunakan oli dengan
tingkat kekentalan minimum SAE10W. Sebab seluruh komponen mesin baru (dengan
teknologi terakhir) memiliki lubang atau celah dinding yang sangat kecil,
sehingga akan sulit dimasuki oleh oli yang memiliki kekentalan tinggi.

Selain itu kandungan aditif dalam oli, akan membuat lapisan film pada
dinding silinder guna melindungi mesin pada saat start. Sekaligus mencegah
timbulnya karat, sekalipun kendaraan tidak dipergunakan dalam waktu yang
lama. Disamping itu pula kandungan aditif deterjen dalam pelumas berfungsi
sebagai pelarut kotoran hasil sisa pembakaran agar terbuang saat pergantian
oli.

SPESIFIKASI OLI

Semakin banyaknya pilihan oli saat ini, tidak semestinya membuat bingung.
Ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan Acuan; antara lain, kenali
karakter kendaraan anda (spesifikasi mesin serta lingkungan dimana mayoritas
anda berkendara (suhu, kelembaban udara, debu, dsbnya.).

Tingkat kekentalan oli yang juga disebut "VISKOSITY-GRADE" adalah ukuran
kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu
menjadi prioritas terpenting dalam memilih Oli. Kode pengenal Oli adalah
berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive
Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan
tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50, semakin besar angka
yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut.

Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan singkatan
dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan
SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan
kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin
start pada kondisi ekstrim sekalipun. Sementara itu dalam kondisi panas
normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50
menurut standar SAE.

Mutu dari oli sendiri ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum
Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. API: SL, kode
S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua
mununjukkan nilai mutu oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin baik
dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan
kebutuhan mesin modern.

- SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996)
- SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001)
- SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004)

Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin,
atau diesel (2 tak atau 4 tak), peralatan industri, dan sebagainya. Untuk
memilih kualitas pelumas yang cocok, kita dapat mengacu pada API Service
(American Petroleum Institute), JASO (Japan Automotive Standard
Association), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d' Automobiles),
DIN (Deutsche Industrie Norm), dan lain-lain yaitu acuan untuk kerja
(performance) pelumas berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh lembaga
independen industri pelumas international.

Semua oli baik mineral maupun synthetic sama-sama ada standar APInya. Oli
mineral biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli synthetic dari
hasil campuran kimia. Bahan oli synthectic biasanya PAO (PolyAlphaOlefin).
Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama dengan oli Synthetic API SL.

Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin2 berteknologi terbaru (turbo,
supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik
(racing) dimana celah antar part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana
hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna. Oli synthetic
tidak disarankan untuk mesin yang berteknologi lama dimana celah antar part
biasanya sangat besar/renggang sehingga bila menggunakan oli synthetic
biasanya menjadi lebih boros karena oli ikut masuk keruang pembakaran dan
ikut terbakar sehingga oli cepat habis dan knalpot agak ngebul.

Berikut beberapa keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral :

- Lebih stabil pada temperatur tinggi
- Mengontrol/Mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
- Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
- Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin
- Tahan terhadapan perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga lebih ekonomis dan efisien
- Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan mesin lebih dingin
- Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan mesin dari kerak

Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan sudah
menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic (campuran dengan
mineral oil) atau fully-synthetic.

Note: Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.

Oli untuk motor sampai saat ini belum dapat informasinya yang sudah API SL.
Oli motor synthetic hampir semuanya baru SJ, kalo mineral mungkin baru
SG/SH.

Mineral Oil :
§ Sprinta 2000 : SAE 20W-50, API SG
§ Evalube 4T : SAE 20W-50, API SF
§ Mesran Super : SAE 20W-50, API SG
§ Enduro 4T : SAE 20W-50, API SG
§ Penzoil Motorcycle 4T : SAE 20W-50, API SF

Oli yang bagus (biasanya synthetic) mampu memberikan lapisan film tipis yang
pada komponen metal yang bergerak yang mana berguna untuk mengurangi gesekan
komponen metal sehingga suara mesin jadi lebih halus dan tarikan lebih
mantap.

Pada intinya milih oli hampir sama dengan milih bini (cocok2an) tapi ada
garis besarnya yang bisa di-ikuti :
- Disarankan jangan menggunakan oli untuk mobil ke motor anda sebab ada bahan di-oli mobil yang harus dikurangi bahkan dihilangkan tetapi di motor harus agak banyak untuk meredam gesekan karena putaran mesin motor lebih tinggi dan lebih berat kerjanya.
- Motor tahun 2001 keatas disarankan menggunakan Oli API SG keatas misal API SH/SJ atau SL. SAE bisa 20w50 atau 10w40. Usahakan yang Semi Sintetik karena lebih licin sehingga bisa masuk kecelah2 metal mesin yang sempit dan tahan
oksidasi sehingga kualitas oli tidak gampang rusak dan mesin jadi lebih bersih dan tentunya tarikan jadi lebih mantap.

Disarankan juga untuk menggunakan Pelumas yang memiliki dan mencantumkan Nomor Pelumas Terdaftar Untuk melindungi kepentingan masyarakat atas mutu pelumas yang beredar di dalam negeri pelumas sesuai dengan Keputusan Menteri
Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1693.K/34/MEM/2001 tanggal 22 Juni 2002. Pelumas yang memiliki NPT adalah pelumas yang telah memenuhi persyaratan administratif dan teknis serta lulus uji laboraturium terakreditasi yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal MIGAS. NPT dapat diidentifikasikan dengan 12 digit huruf dan angka Contoh :
DEPTAMBEN RI NPT
: AB25E4110199 atau DESDM RI NPT : AC66E1054104.

MITOS

Minimnya pengetahuan tentang perkembangan teknologi pelumas, menyebabkan timbulnya banyak mitos di masyarakat. Sebagai contoh, saat mengganti oli mesin ... oli bekas berwarna hitam ... sering dianggap oli berkualitas buruk.

Padahal justru sebaliknya, perubahan warna oli menandakan bahwa oli telah bekerja dengan baik sebagai pelarut kotoran. Selanjutnya kotoran akan terbawa keluar pada saat pergantian oli dilakukan, karenanya dinding mesin akan terbebas dari kerak.

Dilain pihak, apabila perubahan warna tersebut terjadi dalam kurun waktu yang sangat dekat (terhitung sejak saat pergantian pertama), itu menandakan kemungkinan adanya kerusakan komponen didalam mesin sehingga oli cepat teroksidasi.

Kita jangan bingung2, pake aja oli yang bagus (mungkin harus 2-4 kali coba baru dapet, kayak pacaran aja kalau cocok jadi bini).
Kalau dilihat dibuku petunjuk motor hampir tidak disebutkan merk oli dan yang disebutkan hanya API SG 20w50 atau yang lebih baik. Jadi kalau anda pakai oli yang lebih baik kenapa takut garansi batal? Coba tanya ke staff AHASS hal ini, apa jawaban mereka?

Untuk mencoba oli baru bisa ikuti prosedur berikut :
- Sebelum ganti oli, coba bersihkan saluran bahan bakar dan kerak yang mungkin ada di mesin. Tidak usah bingung, bisa pakai carburator cleaner yang dituang ke tangki misal merk STP. Lakukan tiga hari sebelum ganti oli dan motor dipakai seperti biasa dan kalau bisa kecepatan agak tinggi, ini untuk
membersihkan saluran bahan bakar dan endapan karbon.
- Ganti oli dengan oli baru yang sesuai (jangan lupa ada JASO MA) termasuk filter olinya. Lakukan penggantian oli pada kondisi mesin panas agar oli lama keluar semua.
- Coba deh pakai selama seminggu ada perubahan yang enak gak? kalau nggak berarti olinya tidak cocok. Perubahannya : - Suara mesin jadi lebih halus, tarikan lebih ringan, tenaga lebih mantap.

Oli merk apapun kalau sudah mendapat sertifikasi API (SG/SH/SJ/SL) dan JASO MA berarti oli itu sudah memenuhi standar baku yang cukup bagus dan memenuhi semua unsur yang diperlukan oleh mesin. Masalahnya banyak oli di Indonesia
tidak ada ada sertifikasi tersebut. Coba lihat kemasan oli anda, kalau tidak ada sertifikasi tersebut apakah anda rela mesin anda menderita sengsara dan akhirnya turun mesin bahkan ganti mesin?

Ternyata oli mineral gak cocok untuk motor baru, so yang pakai repsol moto 15W50 siap2 ganti aja Jangan Keliru Memilih Oli Mesin MINYAK pelumas atau oli tidak akan terpisahkan dengan mesin kendaraan bermotor. Tanpa oli, mesin rontok. Bila oli berkurang, komponen akan cepat aus akibat gesekan antara kedua permukaan komponen. Karena itu, kelangsungan hidup mesin amat
dipengaruhi oleh oli. Makin besar kerja mesin, makin penting peran oli.
Hal serupa juga terjadi pada sepeda motor, terutama di kota-kota besar, dimana lalu-lintas cenderung macet, ruwet, dan suhu kian panas. Mengingat penting dan peranannya, oli menjadi ladang bisnis menggiurkan paling tidak tiap 2.000 km sampai 5.000 km-- oli harus diganti. Berbagai merek dan jenis oli pun bermunculan di pasaran. Mulai dari oli biasa (konvensional) yang disebut pelumas mineral, sampai oli sintetis dan semi sintetis.
Perbedaan ketiga jenis oli ini, bisa dilihat dari komponen dan unsur di dalamnya. Pelumas konvensional, umumnya terdiri atas 90% minyak dasar (crude oil), hasil penyulingan minyak bumi, ditambah 10% campuran bahan kimia aditif guna meningkatkan kinerjanya. Bahan kimia yang dipakai sebagai campuran biasanya detergen (pembersih), antioksidasi dan Index Viscosity Imorover (campuran peningkat kekentalan). Penggabungan unsur-unsur itu membentuk oli yang mampu melumasi mesin. Pelumas sintetis, sebagian besar
atau seluruhnya terdiri atas bahan-bahan aditif. Jumlahnya menentukan jenis oli sintetisnya. Oli sintetis penuh (full synthetic oil) mengandung 100% bahan aditif, yaitu minyak dasar bahan kimia yang bukan dihasilkan dari penyulingan minyak bumi. Sedangkan oli semi sintetis pelumas yang dibuat dengan menggunakan minyak dasar bahan kimia dicampur minyak mineral.
Mengingat proses pengolahannya tidak lagi mengandalkan minyak dasar, bahan kimia yang banyak diaplikasi sebagai pengganti antara lain ester asam berbasa dua, ester organo fosfat, ester-silikat, glicol-polialkilena, silikon, klorida sert fluor hidrokarbon. Mengingat bahannya masih alami,
oli mineral amat cocok untuk motor motor lawas, seperti Honda C-70, Honda
C-90Z, Supercup, Astrea 800, Yamaha V-75, Suzuki Crystal, Binter Mercy, dan
sebagainya. Kelebihannya, oli tak mudah menguap saat mesin ada pada
temperatur ideal, sehingga jeroan yang sudah aus tidak bertambah parah.
Untuk mesin motor baru seperti Honda Supra, Karisma, Astrea Impressa, Yamaha
F1-Z, RX-King, RX-Z, Kawak Ninja, Yamaha Vega, Yupiter, Kawak Kaze, Suzuki
Shogun, dan sebagainya, bisa memakai oli semi-sintetis. Perpaduan unsur mineral dan kimia, mampu menjaga kondisi mesin tetap prima, tanpa meninggalkan kemampuan untuk melindungi komponen dalam mesin. Sedangkan oli full synthetic sangat cocok dipakai pada motor balap yang mesinnya terus menerus digeber pada putaran (rpm) tinggi. Oli ini mampu melumasi seluruh bagian mesin sampai di sela-sela kecil sekalipun. Tingkat kekentalannya pun stabil meski dalam kondisi ekstrem, dan mampu menjaga mesin meski pada suhu tinggi. Klasifikasi oli sintetis tidak berbeda dengan oli biasa. Pelumas sintetis mempunyai jenis klasifikasi tingkat kekentalan tunggal (single grade), misalnya SAE 20, SAE 40 dan SAE 50. Ada juga jenis klasifikasi tingkat kekentalan jamak (multigrade) antara lain SAE 15W-50 atau SAE 20W-50. Bahkan, pada aplikasi motor balap atau mesin berteknologi mutakhir, tingkat kekentalannya sering dibuat sangat ekstrem, misalnya SAE
5W-50, SAE 10W-60. Mengingat oli sintetis memiliki banyak keunggulan dan proses pembuatannya lebih rumit dibanding oli biasa, harganya pun relatif mahal. Nah, untuk memilih oli yang pas, sesuaikan dengan kebutuhan mesin
motor Anda. (amn)

Credits to: TCI Forum
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net

PengirimMessage
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER



Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime17.10.08 10:45

pengalaman gw pake oli sbb:

awal2 beli: disaanin pake oli gratisan dr suzuki, supersyn, gw turutin

pas service ke dua di CAB disaranin ganti pake BM1, gw ikutin

karena BM1 kemasannya cuman 800 ml dan jarang yg 1 L makanya ga ekonomis. lagipula gw ngerasa gak cocok pake BM1.

Disaranin ama kepala mekanik CAB pake Repsol 20W. Gw ikutin. Semenjak 2007 gw pake Repsol secara rutin. Tapi kok lama-lama nih Oli gampang bgt nguap, entah produknya abal-abal atau gimana gw gak ngerti. Pernah kejadian pas ganti oli, itu oli bekas yg keluar dr mesin dikit banget kt mekaniknya...walhasil rante keteng gw kena n kudu diganti kata mekaniknya...emang suara mesin kasar banget waktu itu

Disaranin ganti pake Enduro ama mekanik. Skr gw pake Enduro deh.. blm tau hasilnya gimana, kayaya sih enak2 aja pake Enduro yg 20W
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
FENCO Bejater'z
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
FENCO Bejater'z


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5809
Total Posan : 1627
Sejak : 16.09.08
Domisili : pondok gede
KorWil : BEJATER\"S
NRA : -
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : diakui
Hobi : ngobrol dan mencari masalah
Slogan : perbaiki diri dari hari demi hari, hari sekarang lebih baik dari hari kemaren

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime17.10.08 10:55

sekali Shell Helix dan SGo tetap Shell Helix dan SGO.... TOP BGT !
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
t0mj3ry
PELTU KOSTER
PELTU KOSTER
t0mj3ry


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6028
Total Posan : 312
Sejak : 21.06.08
Domisili : Karawaci
KorWil : Parung
NRA : K8-023
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : Merit
Hobi : Thunder
Slogan : Sehat & Tetap Semangat

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime17.10.08 14:06

ada yg uda pengalaman pake Nano Energizer ? (tersedia di ACE Hardware karawaci)
ga tau kalau ditempat lain..^_^

liat brosurnya katanya bisa nambal yg baret2 dalam blok mesih..he..he..
jadi gw coba deh...hasilnya sih belum tau krn dalam mesin ga...^_^
namun mesin terasa lebih halus...bunyinya...maklum thundie gw th.05 sudah
3th an....

mohon di share jika sudah ada yg coba sejak lama..^_^
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
webster
AdminMuda KOSTER
AdminMuda KOSTER
webster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 7519
Total Posan : 5143
Sejak : 19.08.08
Domisili : RawaMangun
KorWil : Jakarta Pusat
NRA : 0728
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : Darknight
Status :
  • lajang
Sikon : Single
Hobi : Nonton Film
Slogan : ** A little love can make a bi

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime17.10.08 14:15

sekarang juga ada oli baru quadsar katanya sih bagus ada yang pernah coba nggak?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Wendy Dj
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
Wendy Dj


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 5950
Total Posan : 1414
Sejak : 10.04.08
Domisili : SBY
KorWil : Surabaya
NRA : 263
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 250 akhirnya...
Sikon : Menikah

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime18.10.08 8:34

Quasar prnah dengar,yg jual bro iqbal wkt itu.ktnya emang bgs,tp muahal... Mending pake oli trust sekalian hihi hrg ga tau tp denger2 muahal pisan.

To bro min: dulu waktu ketauan cylinder block ane nggentong, gejalane jg gitu, ga ada bocoran oli,tp wkt ganti oli kuarnya dikit. Ternyata bocor ke ruang bakar, jd knalpot ada asap putihnya walaupun tipis2,yg artinya asap dari hasil oli yg terbakar.
Moga2 ngga deh ya. Repot mesti nginepin motor kyk ane ntar
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
die
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
die


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5830
Total Posan : 1137
Sejak : 15.05.08
Domisili : Bogor
KorWil : Sumedang Tandang Nyandang Kahayang
NRA : 1001
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 500cc
Sikon : menikah
Hobi : Nu ngeunah-ngeunahlah
Slogan : Tiada hari tanpa tancap gas!

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime18.10.08 9:03

pake oli cap BANGO aja bro...item n kentel banget loh!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.tagged.com/diecikiray...http://profiles.friendster.co
ars_gma
SERKA KOSTER
SERKA KOSTER
ars_gma


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5737
Total Posan : 158
Sejak : 04.09.08
Domisili : bandung
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : 99% bujangan
Hobi : game's online
Slogan : kesempatan tidak datang 2x

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime18.10.08 9:09

yanto wrote:
nyari yg aman aja deh, pke produk SUZUKI Supersyn Gold



SUZUKI Supersyn Gold ??? (perasaan baru denger )
Tipe oli mineral / semi synthetic / full synthetic tuh ???
1 botol 1100ml ???
Ada SAE 20W-50 ???
Standard API apa ??? SG / SJ / SL ???
Dah sertifikasi JASO-MA ????
Harganya berapa tuh ???
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki_thunder.net
webster
AdminMuda KOSTER
AdminMuda KOSTER
webster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 7519
Total Posan : 5143
Sejak : 19.08.08
Domisili : RawaMangun
KorWil : Jakarta Pusat
NRA : 0728
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : Darknight
Status :
  • lajang
Sikon : Single
Hobi : Nonton Film
Slogan : ** A little love can make a bi

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: MAINTENANS: Cara Memilih Oli Tepat untuk Moto Kamu   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime17.01.09 17:55

Memilih oli mesin kadang cukup membingungkan, karena ketidak tahuan spesifikasi oli yang akan kita pakai. Pemahaman tentang kondisi pengoperasian mesin yang dipakai, serta pengetahuan mengenai spesifikasi oli, bisa membantu memecahkan persoalan was-was ini.

Sebagaimana telah diketahui bahwa oli mesin memegang peran yang sangat penting misalnya memperkecil koeffisien friksi antar elemen mesin yang saling bersinggungan, menjadi cooling agent di ruangan mesin, menghindari karat, menjaga agar tidak terjadi wearing pada permukaan elemen dsb.

Selain persyaratan tsb di atas oli mesin, saat mesin beroperasi, senantiasa berada dalam lingkungan yang memiliki suhu tinggi dikarenakan proses pembakaran di ruang bakar. Proses pembakaran tsb juga menyebabkan reaksi oksidasi serta menimbulkan radicals atau senyawa yang biasanya timbul dikarenakan reaksi efek panas, sehingga menyebabkan penurunan mutu oli mesin tsb. Untuk menjaga kwalitas oli dari reaski tsb diperlukan additive pencegah oksidasi.

Disamping itu blow-by gas yang merupakan gas pembakaran yang masuk ke ruang mesin mengandung bagian bahan bakar yang tidak terbakar sempurna, cenderung menjadi soot atau particulete, untuk menghindari particulate tersebut menggumpal sehingga menjadi gangguan tersendiri, oli mesin juga perlu additive anti pembentuk gumpalan tsb. Disamping itu pada mesin diesel, yang memungkinkan sulfur terkandung cukup banyak maka oli mesin untuk jenis ini memerlukan additive penetral sulfur tsb.

Seperti diketahui bahwa elemen mesin seperti piston-ring dan cylinder-liner, ujung connecting rod, lalu cam-nose dan rocker-arm adalah saling bersentuhan. Untuk bagian seperti ini, pelumasan dari fluida yang bersifat mengalir menjadi pelumasan permukaan dimana alirannya sangat terbatas. Kondisi jenis pelumasan yang ada di ruang mesin tsb, harus direspon oleh satu jenis oli mesin saja.

Untuk pelumasan jenis permukaan tsb, kekentalan oli mesin yang tinggi akan lebih cocok untuk melindungi dari wearing elemen, namun kekentalan oli mesin yang tinggi tsb menjadi hambatan bagi elemen-elemen yang berputar yang menurunkan effisiensi bahan bakar dari sistem itu sendiri. Sebaliknya kekentalan yang rendah atau encer, bagus untuk effisiensi bahan bakar, tetapi memungkinkan kerusakan elemen mesin lebih tinggi disebabkan kemungkinan gesekan antar elemen yang lebih besar. Sehingga oli mesin perlu di kondisikan agar mampu merespon kondisi jenis pelumasan yang diperlukan seperti di atas. Misalnya dengan penambahan additive ZDTP untuk melindungi bagian-bagian yang bersinggungan seperti cam dsb.

Distribusi penggunaan energi hasil pembakaran bisa digambarkan kurang lebih energi yang bisa dipakai sebagai tenaga gerak sistem 25%, gesekan roda dan jalan 6%, lalu loss karena mekanik 7.5%, dari distribusi tsb misalnya dengan menggunakan oli mesin shg loss mekanik menjadi 0% sekalipun, effisiensi bahan bakar akan naik 7.5%, namun sebenarnya tidaklah bisa diharapkan begitu tinggi peningkatan effisiensi bahan bakarnya. Namun harga oli yang cocok untuk effisiensi bahan bakar tinggi, tidaklah begitu berbeda dari oli biasa, maka penggunaan oli untuk mempertinggi keiritan bahan bakar ini tetap menjadi salah satu point yang tidak dilupakan.

Spesifikasi oli untuk mengirit bahan bakar tsb meliputi berbagai hal penting yang perlu diingat. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa ada beberapa jenis pelumasan yang terjadi di ruangan mesin, secara ringkas oli yang baik adalah oli yang mampu menurunkan friksi pada jenis pelumasan yang manapun di atas. Pada oli yang dipasarkan, ada sebuah sertifikat yang dikeluarkan dengan standard ILAC, yaitu standard yang dikeluarkan oleh produsen minyak dan produsen mobil tentang grade oli tsb.

Kecenderungan oli mesin saat ini adalah penurunan kekentalan oli untuk menurunkan hambatan fluida pada elemen yang berputar, sedangkan untuk menangani masalah pada permukaan elemen yang bersinggungan ditambahkan additive anti wearing, dsb. Pada operasional di lapangan yang lebih banyak dalam kondisi beban ringan atau sedang, dengan suhu sekitar 150 derajad celcius, oli yang memiliki base dari polimer memiliki kelebihan. Hal ini karena oli dengan base polimer mengalami perubahan kekentalan yang sedikit sekalipun terjadi perubahan suhu yang cukup besar. Sehingga aplikasi riilnya memiliki range usability yang lebih luas atau fleksible. Namun dengan kekentalan yang rendah, atau oli yang lebih encer, memiliki kecenderungan menguap yang lebih tinggi dari pada oli berkekentalan tinggi. Hal ini juga menjadi salah satu tema penelitian pada formula-development oli mesin.


Kode kekentalan dari sebuah oli mesin, biasanya tertulis di luar kaleng oli tersebut. Bagian yang ada huruf W, merupakan index kekentalan tsb yang diuji dengan sistem pengujian Cold Cranking Simulator (CCS) Ini dilakukan pada suhu rendah di bawah nol, misalnya 10W, 20W, 5W, atau 0W. Semakin kecil angka di situ semakin encer oli mesin tsb. Atau semakin mudah dalam starter mesin. Namun kalau dilihat secara problem pemakaian khusus nya di Indonesia dan bukan di dataran tinggi, oli tanpa standard CCS ini juga mencukupi. Apabila tanda kekentalan tsb, tidak menggunakan huruf W, maka oil tsb hanya di test dengan standard pada suhu 100 derajad C. Semakin kecil angkanya, semakin encer, cocok untuk titik berat pada fuel effisiency, tetapi kurang baik untuk melindungi elemen mesin yang saling bersentuhan.


Jadi sebenarnya dari sudut pandang teknis, untuk Indonesia yang tidak menjumpai suhu dingin, sudah cukup melihat spesifikasi oli dengan code angka tanpa huruf W. Tetapi dalam pemakaian riilnya kembali kepada kepuasan user, apakah memakai standard ganda atau cukup dengan standard tunggal tanpa pengujian CCS.


Long Life Engine Oil
Dengan semakin tingginya perhatian terhadap issue lingkungan, usaha untuk penggunaan oli mesin sampai dengan 30,000 km saat ini telah dimulai oleh beberapa produsen oli. Hal ini disamping lebih ringan bebannya terhadap lingkungan juga mengurangi tema dalam perawatan mesin. Dari penelitian telah diketahui bahwa penyebab utama rusaknya oli dimulai dari berkurangnya additive anti oksidasi dalam oli tsb. Semakin berkurangnya additive anti oksidasi ini menyebabkan kerusakan senyawa base oil karena proses kimia oksidasi, yang membawa effek berantai dengan kerusakan additive yang lain secara eksponensial yang mempercepat kenaikan kekentalan oli mesin tsb. Telah diketahui juga bahwa letak penyebab kerusakan mutu oli mesin ini, umumnya dimulai dari bagian antara piston dan silinder.

Pemakaian oli dalam kondisi mutu oli sudah rusak ini akan mengakibatkan timbulnya kotoran yang tertumpuk dalam mesin tsb. Kotoran ini berasal dari oli itu sendiri yang terurai, dan menggumpal yang akhirnya bisa diketemukan pada elemen-elemen mesin. Sehingga untuk memecahkan persoalan ini penggunaan additive anti oksidasi, additive detergent serta additive pencegah gumpalan menjadi salah satu kunci penting pada penentuan formula oli mesin baru.

Namun sebagai "rule of thumb", sampai saat ini, menggunakan oli yang biasa tetapi sering diganti lebih aman dari pada menggunakan oli bagus tetapi jarang diganti.

Secara garis besarnya, oli mesin ada lima group (menurut Standard API)

GROUP I : Mineral Oil dengan impurity cukup besar
GROUP II : Mineral oil dengan impurity lebih sedikit dari Group I
GROUP III : Mineral Oil sama dengan Group II dengan index viscosity lebih besar.
GROUP IV : PAO (PolyAlphaOlefin) Synthetic Oil
GROUP V : Esters Synthetic Oil

Group III ini dibuat dengan teknologi Synthetic - disebut dengan Synthetized Mineral Oil. Dilakukan oleh CASTROL dan menjualnya dengan Label SYNTHETIC tentu saja dengan harga Synthetic Oil.

Sekarang ini hampir semua synthetic oil menurunkan grade mereka mengikuti CASTROL dan menjualnya dengan harga Synthetic Oil (hem, meraup keuntungan yang berlipat ganda).

Tanpa melihat jenis dan kwalitas oli yang digunakan, yang menjadi masalah adalah BBM yang ada dalam ruang bakar tidak secara sempurna menguap, sehingga tidak semuanya terbakar. Sisa BBM ini dan Blowby akan membasahi Ring piston dan dinding silinder, melarutkan oli sehingga kering, hingga gesekan antara ring piston dengan dinding silinder nggak ada yang nahan, cepat AUS dan RUSAK.

Point UTAMAnya adalah bagaimana menjadikan BBM yang dimasukkan kedalam ruang bakar menguap (mendekati 100%), sehingga akan terjadi pembakaran sempurna, nggak ada sisa BBM. Se moderen2nya motor buatan baru, tetap saja tidak bisa menjadikan BBM menguap sempurna dalam ruang bakar (tergantung dari kwalitas bahan bakar), terlebih-lebih lagi kalau ada acara OPLOS-OPLOSan Bensin + Minyak tanah, ..... mesin akan cepat rusak atau performancenya akan dengan cepat mengalami DEGRADASI.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
DHeriS
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
DHeriS


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6183
Total Posan : 1016
Sejak : 22.06.07
Domisili : Ciamis - Bandung - Jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 250
Julukan : masih 250 euy...
Sikon : a wife with 3 kids...
Slogan : mutiara...

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime22.01.09 12:39

wow, lengkap infonya... tks bro...
Kembali Ke Atas Go down
http://dianheri.wordpress.com
yadie_bejat
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
yadie_bejat


ANGGOTA BIASA
Male Poin Brogader : 9672
Total Posan : 4274
Sejak : 08.10.08
Domisili : antara bekasi dan jakarta timur
KorWil : bejatterz SeJaT
NRA : B3JA
Jabatan : JENDRAL BEJAT
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 "b
Status :
  • lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa
Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah..
Slogan : be U'r self lah..

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime22.01.09 12:49

kAlO kOplIng sEriNg sLip pEngArUH dArI pEmIliHan oLi jG gA bRo?
mmhhhh...mikir... Binun nehh Binun nehh
Kembali Ke Atas Go down
http://setiadisaputra.blogspot.com/
oenank-jtc
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
oenank-jtc


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6207
Total Posan : 1367
Sejak : 15.07.08
Domisili : Bekasi City
KorWil : JTC
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 250
Julukan : 250 black silver
Sikon : doain aja...
Hobi : Gluduk Glundung
Slogan : alon2 asal kelakon

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime22.01.09 12:53

ane pke SUPER SYN GOLD, sampe sekarang masih OK berarti cocok sama mongtor ane
Kembali Ke Atas Go down
http://www.gixxer.com
Ahmad_JeTC
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
Ahmad_JeTC


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6117
Total Posan : 1160
Sejak : 12.12.08
Domisili : Jember. JaTim
KorWil : Jember
NRA : 0483
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Blue Thunder
Sikon : bujang
Hobi : modifikasi, touring
Slogan : Teman Datang Bukan Dari Audisi.......Tapi Teman Datang Dari HATI.......

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime22.01.09 13:14

klo ane pakek SGO sampe skrg motor ane baik2 aja
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
captain
SERTU KOSTER
SERTU KOSTER
captain


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5622
Total Posan : 135
Sejak : 22.12.08
Domisili : solok
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : married
Slogan : I Fear No One. I Want Nothing. I'm Free

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime22.01.09 14:17

Mantap info ya broo....
klo gw pake castrol aja...... TOP BGT !
Kembali Ke Atas Go down
Rhoiz JeTC
Panglima KOSTER
Panglima KOSTER
Rhoiz JeTC


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 8809
Total Posan : 8909
Sejak : 01.11.08
Domisili : Jember. JaTim
KorWil : Jember
NRA : 0464
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : The Lajang.
Hobi : Touring & Organisasi
Slogan : Touring Terus Pantang Mundur

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime22.01.09 14:32

Mantap Bro Eagle Mos Infonya..
Kembali Ke Atas Go down
nasroelz
SERTU KOSTER
SERTU KOSTER
nasroelz


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6109
Total Posan : 126
Sejak : 13.09.07
Domisili : Cilandak, Jakarta Selatan
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : EN 125 Blue Street Tracker Style
Sikon : Single
Hobi : Motor

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime20.04.09 16:14

Jelasin tentang kekentalannya dong..seperti Repsol 4T Super 20W50.20W50 itu artinya apa? Thx..
Kembali Ke Atas Go down
http://buvee.awardspace.com
Ahmad_JeTC
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
Ahmad_JeTC


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6117
Total Posan : 1160
Sejak : 12.12.08
Domisili : Jember. JaTim
KorWil : Jember
NRA : 0483
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Blue Thunder
Sikon : bujang
Hobi : modifikasi, touring
Slogan : Teman Datang Bukan Dari Audisi.......Tapi Teman Datang Dari HATI.......

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime20.04.09 18:38

thanks bro eagle untuk infonya
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
ryankustiana
KOPTU KOSTER
KOPTU KOSTER
ryankustiana


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6282
Total Posan : 62
Sejak : 07.04.07
Domisili : pekan baru
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : kawin

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime22.04.09 12:16

udah ada yg pernah pake shell ultra full sintetik ga?
kira2 enak ga ya?

trus mhal ga ya ?
Kembali Ke Atas Go down
marhanfaiz
CATAM KOSTER
CATAM KOSTER
marhanfaiz


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5487
Total Posan : 9
Sejak : 15.05.09
Domisili : Tangerang
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 250
Sikon : Menikah
Hobi : Travelling, membaca
Slogan : Hati-hati dengan Hati

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime15.05.09 14:15

Pengalamanku, pake Shell VSX 10-40w (lebih encer) tarikannya lebih enteng daripada Shell 15-50w. Tapi kayaknya kok cepet abis ya? Nguap karena keenceran, gak tahu juga. Pake yang encer emang suara mesin lebih berisik..
Kembali Ke Atas Go down
http://marhanfaiz.wordpress.com
Rhoiz JeTC
Panglima KOSTER
Panglima KOSTER
Rhoiz JeTC


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 8809
Total Posan : 8909
Sejak : 01.11.08
Domisili : Jember. JaTim
KorWil : Jember
NRA : 0464
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : The Lajang.
Hobi : Touring & Organisasi
Slogan : Touring Terus Pantang Mundur

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime15.05.09 14:21

yadie_bejat wrote:
kAlO kOplIng sEriNg sLip pEngArUH dArI pEmIliHan oLi jG gA bRo?
mmhhhh...mikir... Binun nehh Binun nehh

itu berarti kampas kopling'nya uda minta ganti bro yadie..
Kembali Ke Atas Go down
5M1L3
PELDA KOSTER
PELDA KOSTER
5M1L3


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 5780
Total Posan : 281
Sejak : 11.03.09
Domisili : Malang
KorWil : Malang
NRA : 0405
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : single
Hobi : -
Slogan : -

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime16.05.09 2:25

sebetulnya oli yang baek tu gimana sih?
pernah pake repsol moto....enak sih....
tapi mesin cepet banget panas....
kalo di pikir2 repsol bikin oli risetnya juga dimana?
cocok ga dengan iklim indonesia....
sekarang lagi nyoba2 pake produknya pertamina....
moga aja adem2 aja makenya....
Anjrit salahhh... Anjrit salahhh...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
paksam
SERKA KOSTER
SERKA KOSTER
paksam


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5761
Total Posan : 157
Sejak : 08.01.09
Domisili : Surakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : menikah

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime16.05.09 3:23

sy barusan ganti dari shell 15-50W ke motul 15-50W. dari pengamatan sy, pake motul tarikannya jauh lebih responsif. penginnya geber gas terus sih. cuma emang mesinnya berisik. kalo masalah panas, sy ndak bisa bedain sih, soalnya selalu pake sepatu and paling jauh pake motor selama 1 jam aja. tapi oli motul-nya kok murah ya? masak cuma 40rb? sedang shell 35rb/liter. kata yg jual sih asli olinya.
sy sdr ndak tahu bedain oli palsu dan asli utk oli selain produk pertamina. kalo oli pertamina sih gampang bedainnya.
Kembali Ke Atas Go down
http://google.co.id
ars_gma
SERKA KOSTER
SERKA KOSTER
ars_gma


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5737
Total Posan : 158
Sejak : 04.09.08
Domisili : bandung
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : 99% bujangan
Hobi : game's online
Slogan : kesempatan tidak datang 2x

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime16.05.09 10:42

paksam wrote:
sy barusan ganti dari shell 15-50W ke motul 15-50W. dari pengamatan sy, pake motul tarikannya jauh lebih responsif. penginnya geber gas terus sih. cuma emang mesinnya berisik. kalo masalah panas, sy ndak bisa bedain sih, soalnya selalu pake sepatu and paling jauh pake motor selama 1 jam aja. tapi oli motul-nya kok murah ya? masak cuma 40rb? sedang shell 35rb/liter. kata yg jual sih asli olinya.
sy sdr ndak tahu bedain oli palsu dan asli utk oli selain produk pertamina. kalo oli pertamina sih gampang bedainnya.

emang bedain oli pertamina palsu ama yang asli gmana bro???

soalnya pas bgt gw pake oli Enduro...

mohon pencerahannya...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki_thunder.net
paksam
SERKA KOSTER
SERKA KOSTER
paksam


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5761
Total Posan : 157
Sejak : 08.01.09
Domisili : Surakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : menikah

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime17.05.09 4:14

kalo oli pertamina, pada tutupnya ada nomor serinya. nomor seri ini harus sama dengan nomor yg ada di leher botol. coba nanti bro perhatiin.
Kembali Ke Atas Go down
http://google.co.id
Sponsored content





MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 3 Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas
Kembali Ke Atas 
Halaman 3 dari 3Pilih halaman : Previous  1, 2, 3
 Similar topics
-
» MAINTENANS: Mengganti Oli | Minyak Pelumas
» POLL: Survey KOSTER: Apa Oli | Minyak Pelumas Moto Anda Bro?
» MAINTENANS: TIP: Minyak Rem

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Maintenans Suzuki Thunder :: Maintenans Permesinan Suzuki Thunder :: Pelumasan-
Navigasi: