Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 9 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 9 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas

Go down 
+31
nasroelz
Rhoiz JeTC
captain
Ahmad_JeTC
yadie_bejat
DHeriS
ars_gma
die
t0mj3ry
Wendy Dj
oenank-jtc
webster
buyung
FENCO Bejater'z
DarkCloud
candra904
Rendy 133
ROBIN 151
wiwaha
France Tivoz
zack
go_retro
king syahriar
belan
[BOETHO]
gerry_garsono
ubayy
nino 125
dotvb
D14NR
042
35 posters
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3  Next
PengirimMessage
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9523
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: MEMILIH PELUMAS YANG BAIK DAN BENAR .   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime11.11.06 17:38

First topic message reminder :

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Oli
Pelumas adalah bahan penting bagi kendaraan bermotor. Memilih dan
menggunakan pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan bermotor anda,
merupakan langkah tepat untuk merawat mesin dan peralatan kendaraan agar
tidak cepat rusak dan mencegah pemborosan.

Umum beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin.
Padahal oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara lain
sebagai; Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup Celah pada
Dinding Mesin.

Semua Fungsi tersebut adalah sangat erat berkaitan; sebagai Pelumas, Oli
akan membuat gesekan antar komponen di dalam mesin bergerak lebih halus,
sehingga memudahkan mesin untuk mencapai suhu kerja yang ideal. Selain itu
Oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas ruang bakar yang
mencapai 1000-1600 derajat Celcius ke bagian lain mesin yang lebih dingin.

Dengan tingkat kekentalan yang disesuaikan dengan kapasitas volume maupun
kebutuhan mesin. Maka semakin kental oli, tingkat kebocoran akan semakin
kecil, namun disisi lain mengakibatkan bertambahnya beban kerja bagi pompa
oli.

Oleh sebab itu, peruntukkan bagi mesin kendaraan Baru (dan/atau relatif Baru
berumur dibawah 3 tahun) direkomendasikan untuk menggunakan oli dengan
tingkat kekentalan minimum SAE10W. Sebab seluruh komponen mesin baru (dengan
teknologi terakhir) memiliki lubang atau celah dinding yang sangat kecil,
sehingga akan sulit dimasuki oleh oli yang memiliki kekentalan tinggi.

Selain itu kandungan aditif dalam oli, akan membuat lapisan film pada
dinding silinder guna melindungi mesin pada saat start. Sekaligus mencegah
timbulnya karat, sekalipun kendaraan tidak dipergunakan dalam waktu yang
lama. Disamping itu pula kandungan aditif deterjen dalam pelumas berfungsi
sebagai pelarut kotoran hasil sisa pembakaran agar terbuang saat pergantian
oli.

SPESIFIKASI OLI

Semakin banyaknya pilihan oli saat ini, tidak semestinya membuat bingung.
Ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan Acuan; antara lain, kenali
karakter kendaraan anda (spesifikasi mesin serta lingkungan dimana mayoritas
anda berkendara (suhu, kelembaban udara, debu, dsbnya.).

Tingkat kekentalan oli yang juga disebut "VISKOSITY-GRADE" adalah ukuran
kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu
menjadi prioritas terpenting dalam memilih Oli. Kode pengenal Oli adalah
berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive
Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan
tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50, semakin besar angka
yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut.

Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan singkatan
dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan
SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan
kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin
start pada kondisi ekstrim sekalipun. Sementara itu dalam kondisi panas
normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50
menurut standar SAE.

Mutu dari oli sendiri ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum
Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. API: SL, kode
S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua
mununjukkan nilai mutu oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin baik
dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan
kebutuhan mesin modern.

- SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996)
- SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001)
- SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004)

Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin,
atau diesel (2 tak atau 4 tak), peralatan industri, dan sebagainya. Untuk
memilih kualitas pelumas yang cocok, kita dapat mengacu pada API Service
(American Petroleum Institute), JASO (Japan Automotive Standard
Association), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d' Automobiles),
DIN (Deutsche Industrie Norm), dan lain-lain yaitu acuan untuk kerja
(performance) pelumas berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh lembaga
independen industri pelumas international.

Semua oli baik mineral maupun synthetic sama-sama ada standar APInya. Oli
mineral biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli synthetic dari
hasil campuran kimia. Bahan oli synthectic biasanya PAO (PolyAlphaOlefin).
Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama dengan oli Synthetic API SL.

Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin2 berteknologi terbaru (turbo,
supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik
(racing) dimana celah antar part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana
hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna. Oli synthetic
tidak disarankan untuk mesin yang berteknologi lama dimana celah antar part
biasanya sangat besar/renggang sehingga bila menggunakan oli synthetic
biasanya menjadi lebih boros karena oli ikut masuk keruang pembakaran dan
ikut terbakar sehingga oli cepat habis dan knalpot agak ngebul.

Berikut beberapa keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral :

- Lebih stabil pada temperatur tinggi
- Mengontrol/Mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
- Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
- Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin
- Tahan terhadapan perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga lebih ekonomis dan efisien
- Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan mesin lebih dingin
- Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan mesin dari kerak

Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan sudah
menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic (campuran dengan
mineral oil) atau fully-synthetic.

Note: Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.

Oli untuk motor sampai saat ini belum dapat informasinya yang sudah API SL.
Oli motor synthetic hampir semuanya baru SJ, kalo mineral mungkin baru
SG/SH.

Mineral Oil :
§ Sprinta 2000 : SAE 20W-50, API SG
§ Evalube 4T : SAE 20W-50, API SF
§ Mesran Super : SAE 20W-50, API SG
§ Enduro 4T : SAE 20W-50, API SG
§ Penzoil Motorcycle 4T : SAE 20W-50, API SF

Oli yang bagus (biasanya synthetic) mampu memberikan lapisan film tipis yang
pada komponen metal yang bergerak yang mana berguna untuk mengurangi gesekan
komponen metal sehingga suara mesin jadi lebih halus dan tarikan lebih
mantap.

Pada intinya milih oli hampir sama dengan milih bini (cocok2an) tapi ada
garis besarnya yang bisa di-ikuti :
- Disarankan jangan menggunakan oli untuk mobil ke motor anda sebab ada bahan di-oli mobil yang harus dikurangi bahkan dihilangkan tetapi di motor harus agak banyak untuk meredam gesekan karena putaran mesin motor lebih tinggi dan lebih berat kerjanya.
- Motor tahun 2001 keatas disarankan menggunakan Oli API SG keatas misal API SH/SJ atau SL. SAE bisa 20w50 atau 10w40. Usahakan yang Semi Sintetik karena lebih licin sehingga bisa masuk kecelah2 metal mesin yang sempit dan tahan
oksidasi sehingga kualitas oli tidak gampang rusak dan mesin jadi lebih bersih dan tentunya tarikan jadi lebih mantap.

Disarankan juga untuk menggunakan Pelumas yang memiliki dan mencantumkan Nomor Pelumas Terdaftar Untuk melindungi kepentingan masyarakat atas mutu pelumas yang beredar di dalam negeri pelumas sesuai dengan Keputusan Menteri
Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1693.K/34/MEM/2001 tanggal 22 Juni 2002. Pelumas yang memiliki NPT adalah pelumas yang telah memenuhi persyaratan administratif dan teknis serta lulus uji laboraturium terakreditasi yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal MIGAS. NPT dapat diidentifikasikan dengan 12 digit huruf dan angka Contoh :
DEPTAMBEN RI NPT
: AB25E4110199 atau DESDM RI NPT : AC66E1054104.

MITOS

Minimnya pengetahuan tentang perkembangan teknologi pelumas, menyebabkan timbulnya banyak mitos di masyarakat. Sebagai contoh, saat mengganti oli mesin ... oli bekas berwarna hitam ... sering dianggap oli berkualitas buruk.

Padahal justru sebaliknya, perubahan warna oli menandakan bahwa oli telah bekerja dengan baik sebagai pelarut kotoran. Selanjutnya kotoran akan terbawa keluar pada saat pergantian oli dilakukan, karenanya dinding mesin akan terbebas dari kerak.

Dilain pihak, apabila perubahan warna tersebut terjadi dalam kurun waktu yang sangat dekat (terhitung sejak saat pergantian pertama), itu menandakan kemungkinan adanya kerusakan komponen didalam mesin sehingga oli cepat teroksidasi.

Kita jangan bingung2, pake aja oli yang bagus (mungkin harus 2-4 kali coba baru dapet, kayak pacaran aja kalau cocok jadi bini).
Kalau dilihat dibuku petunjuk motor hampir tidak disebutkan merk oli dan yang disebutkan hanya API SG 20w50 atau yang lebih baik. Jadi kalau anda pakai oli yang lebih baik kenapa takut garansi batal? Coba tanya ke staff AHASS hal ini, apa jawaban mereka?

Untuk mencoba oli baru bisa ikuti prosedur berikut :
- Sebelum ganti oli, coba bersihkan saluran bahan bakar dan kerak yang mungkin ada di mesin. Tidak usah bingung, bisa pakai carburator cleaner yang dituang ke tangki misal merk STP. Lakukan tiga hari sebelum ganti oli dan motor dipakai seperti biasa dan kalau bisa kecepatan agak tinggi, ini untuk
membersihkan saluran bahan bakar dan endapan karbon.
- Ganti oli dengan oli baru yang sesuai (jangan lupa ada JASO MA) termasuk filter olinya. Lakukan penggantian oli pada kondisi mesin panas agar oli lama keluar semua.
- Coba deh pakai selama seminggu ada perubahan yang enak gak? kalau nggak berarti olinya tidak cocok. Perubahannya : - Suara mesin jadi lebih halus, tarikan lebih ringan, tenaga lebih mantap.

Oli merk apapun kalau sudah mendapat sertifikasi API (SG/SH/SJ/SL) dan JASO MA berarti oli itu sudah memenuhi standar baku yang cukup bagus dan memenuhi semua unsur yang diperlukan oleh mesin. Masalahnya banyak oli di Indonesia
tidak ada ada sertifikasi tersebut. Coba lihat kemasan oli anda, kalau tidak ada sertifikasi tersebut apakah anda rela mesin anda menderita sengsara dan akhirnya turun mesin bahkan ganti mesin?

Ternyata oli mineral gak cocok untuk motor baru, so yang pakai repsol moto 15W50 siap2 ganti aja Jangan Keliru Memilih Oli Mesin MINYAK pelumas atau oli tidak akan terpisahkan dengan mesin kendaraan bermotor. Tanpa oli, mesin rontok. Bila oli berkurang, komponen akan cepat aus akibat gesekan antara kedua permukaan komponen. Karena itu, kelangsungan hidup mesin amat
dipengaruhi oleh oli. Makin besar kerja mesin, makin penting peran oli.
Hal serupa juga terjadi pada sepeda motor, terutama di kota-kota besar, dimana lalu-lintas cenderung macet, ruwet, dan suhu kian panas. Mengingat penting dan peranannya, oli menjadi ladang bisnis menggiurkan paling tidak tiap 2.000 km sampai 5.000 km-- oli harus diganti. Berbagai merek dan jenis oli pun bermunculan di pasaran. Mulai dari oli biasa (konvensional) yang disebut pelumas mineral, sampai oli sintetis dan semi sintetis.
Perbedaan ketiga jenis oli ini, bisa dilihat dari komponen dan unsur di dalamnya. Pelumas konvensional, umumnya terdiri atas 90% minyak dasar (crude oil), hasil penyulingan minyak bumi, ditambah 10% campuran bahan kimia aditif guna meningkatkan kinerjanya. Bahan kimia yang dipakai sebagai campuran biasanya detergen (pembersih), antioksidasi dan Index Viscosity Imorover (campuran peningkat kekentalan). Penggabungan unsur-unsur itu membentuk oli yang mampu melumasi mesin. Pelumas sintetis, sebagian besar
atau seluruhnya terdiri atas bahan-bahan aditif. Jumlahnya menentukan jenis oli sintetisnya. Oli sintetis penuh (full synthetic oil) mengandung 100% bahan aditif, yaitu minyak dasar bahan kimia yang bukan dihasilkan dari penyulingan minyak bumi. Sedangkan oli semi sintetis pelumas yang dibuat dengan menggunakan minyak dasar bahan kimia dicampur minyak mineral.
Mengingat proses pengolahannya tidak lagi mengandalkan minyak dasar, bahan kimia yang banyak diaplikasi sebagai pengganti antara lain ester asam berbasa dua, ester organo fosfat, ester-silikat, glicol-polialkilena, silikon, klorida sert fluor hidrokarbon. Mengingat bahannya masih alami,
oli mineral amat cocok untuk motor motor lawas, seperti Honda C-70, Honda
C-90Z, Supercup, Astrea 800, Yamaha V-75, Suzuki Crystal, Binter Mercy, dan
sebagainya. Kelebihannya, oli tak mudah menguap saat mesin ada pada
temperatur ideal, sehingga jeroan yang sudah aus tidak bertambah parah.
Untuk mesin motor baru seperti Honda Supra, Karisma, Astrea Impressa, Yamaha
F1-Z, RX-King, RX-Z, Kawak Ninja, Yamaha Vega, Yupiter, Kawak Kaze, Suzuki
Shogun, dan sebagainya, bisa memakai oli semi-sintetis. Perpaduan unsur mineral dan kimia, mampu menjaga kondisi mesin tetap prima, tanpa meninggalkan kemampuan untuk melindungi komponen dalam mesin. Sedangkan oli full synthetic sangat cocok dipakai pada motor balap yang mesinnya terus menerus digeber pada putaran (rpm) tinggi. Oli ini mampu melumasi seluruh bagian mesin sampai di sela-sela kecil sekalipun. Tingkat kekentalannya pun stabil meski dalam kondisi ekstrem, dan mampu menjaga mesin meski pada suhu tinggi. Klasifikasi oli sintetis tidak berbeda dengan oli biasa. Pelumas sintetis mempunyai jenis klasifikasi tingkat kekentalan tunggal (single grade), misalnya SAE 20, SAE 40 dan SAE 50. Ada juga jenis klasifikasi tingkat kekentalan jamak (multigrade) antara lain SAE 15W-50 atau SAE 20W-50. Bahkan, pada aplikasi motor balap atau mesin berteknologi mutakhir, tingkat kekentalannya sering dibuat sangat ekstrem, misalnya SAE
5W-50, SAE 10W-60. Mengingat oli sintetis memiliki banyak keunggulan dan proses pembuatannya lebih rumit dibanding oli biasa, harganya pun relatif mahal. Nah, untuk memilih oli yang pas, sesuaikan dengan kebutuhan mesin
motor Anda. (amn)

Credits to: TCI Forum
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net

PengirimMessage
wiwaha
KOPTU KOSTER
KOPTU KOSTER



Total Posan : 50
Sejak : 19.12.07

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime21.12.07 12:08

go_retro wrote:
wiwaha wrote:
Pertama kali pake Motul Ester 15w-50 sampai sekitar 6 bulan yg lalu....karena harga melonjak sangat tinggi akhirnya pindah ke Shell Advance SX-4T 15w-50....:D Performa motor bagus kok....:D


walo masi lebih asik pake Motul Ester 15w-50 dibanding shell ya bro?

Mantappp Bro!

...tapi...

Bokek euyyy...






Capeeee dehhhh... Capeeee dehhhh... Capeeee dehhhh...

Ya memang Motul Ester sangat enak bro....tapi ya itu harganya udah gak bersahabat di kantong....wuihhhh Motul naiknya 3 kali lipat harganya.....nangis...


:Go Koster!:
Kembali Ke Atas Go down
[BOETHO]
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
[BOETHO]


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 7058
Total Posan : 4615
Sejak : 19.04.07
Domisili : Trenggalek - Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0013
Jabatan : Ang. Pendiri
Thunder :
  • 125
Julukan : Big Black Beauty
Sikon : MENGERIKAN....
Hobi : MANASIN ORANG
Slogan : ADA APA YAH...??

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime21.12.07 14:41

:koster inside:
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
ROBIN 151
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
ROBIN 151


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6064
Total Posan : 1394
Sejak : 27.10.07
Domisili : Bejat
KorWil : Bejat
NRA : 151
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : nikah
Hobi : alam bebas

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime24.12.07 11:42

emang berapa harga oli motul bro?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.robin.allysa@gmail.com
Rendy 133
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
Rendy 133


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 6273
Total Posan : 3594
Sejak : 25.07.07
Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur
KorWil : BEJAT
NRA : 0133
Jabatan : KetHan | KaWil
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Black&Black
Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871
Hobi : keep for brothers......
Slogan : it's me

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime24.12.07 16:45

salam koster

Ane tetep pakai..Global.. gak bisa pindah ke lain hati MUr mer ui..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki thunder.com
zack
CATAM KOSTER
CATAM KOSTER
zack


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5993
Total Posan : 7
Sejak : 12.12.07
Domisili : bandung
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : pelajar

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Olie???? nah lo...   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime24.12.07 20:38

om, saya pakei repsol elite.. bkannye itu teh bs bos??? tp kan bwat mobil itu teh??
bgus ga??
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 434202
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
[BOETHO]
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
[BOETHO]


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 7058
Total Posan : 4615
Sejak : 19.04.07
Domisili : Trenggalek - Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0013
Jabatan : Ang. Pendiri
Thunder :
  • 125
Julukan : Big Black Beauty
Sikon : MENGERIKAN....
Hobi : MANASIN ORANG
Slogan : ADA APA YAH...??

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime25.12.07 2:14

BM 1 aja dahh.....PC 1200...SYNTHETIC 4 STROKE....SAE 10-40W....udah lebih dari cukup buat BIG BLACK BEAUTY........
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
go_retro
LETKOL KOSTER
LETKOL KOSTER
go_retro


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6053
Total Posan : 818
Sejak : 15.10.07
Domisili : bejat
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder CB 125
Sikon : sehat jasmani dan rohani

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime27.12.07 3:43

ROBIN 151 wrote:
emang berapa harga oli motul bro?

kalo motul gold (dulu motul ester) yang 3100 antara 60rb - 70rb bro,
kalo motul gold 1500 harga antara 35rb - 40rb,
kalo gk salah...
kalo.
Kembali Ke Atas Go down
http://claimid.com/mhehamahua
wiwaha
KOPTU KOSTER
KOPTU KOSTER
wiwaha


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5986
Total Posan : 50
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : EN-125
Sikon : Family

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime27.12.07 15:21

go_retro wrote:
ROBIN 151 wrote:
emang berapa harga oli motul bro?

kalo motul gold (dulu motul ester) yang 3100 antara 60rb - 70rb bro,
kalo motul gold 1500 harga antara 35rb - 40rb,
kalo gk salah...
kalo.

Bro,

Saya ralat ya...

Motul Ester 5100 15w-50, harga 65 ribu :nangis bombay:
Motul Gold 3100 20w-50, harga 45 ribu

Nah Motul Ester & Motul Gold beda bro....segitu aja infonya... Piss Mann!
Kembali Ke Atas Go down
Rendy 133
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
Rendy 133


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 6273
Total Posan : 3594
Sejak : 25.07.07
Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur
KorWil : BEJAT
NRA : 0133
Jabatan : KetHan | KaWil
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Black&Black
Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871
Hobi : keep for brothers......
Slogan : it's me

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime27.12.07 15:29

jahud jahud
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki thunder.com
go_retro
LETKOL KOSTER
LETKOL KOSTER
go_retro


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6053
Total Posan : 818
Sejak : 15.10.07
Domisili : bejat
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder CB 125
Sikon : sehat jasmani dan rohani

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime28.12.07 2:17

Mikirrr...


yang gw pake apaan ya?
Kembali Ke Atas Go down
http://claimid.com/mhehamahua
wiwaha
KOPTU KOSTER
KOPTU KOSTER
wiwaha


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5986
Total Posan : 50
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : EN-125
Sikon : Family

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime28.12.07 9:13

go_retro wrote:
Mikirrr...


yang gw pake apaan ya?

Coba bro cek kemasan botolnya.....just to make sure.... mmhhhh...mikir...
Kembali Ke Atas Go down
go_retro
LETKOL KOSTER
LETKOL KOSTER
go_retro


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6053
Total Posan : 818
Sejak : 15.10.07
Domisili : bejat
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder CB 125
Sikon : sehat jasmani dan rohani

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime28.12.07 9:55

mmhhhh...mikir...


yang pasti sih bukan switsal....
































*itukanbabyoil.hahahaha.*
Kembali Ke Atas Go down
http://claimid.com/mhehamahua
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9523
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime28.12.07 10:07

huahahaha retro gebleg...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9523
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime28.12.07 10:17

ngaco neh si retro Ketawa ampe rontok!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
candra904
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
candra904


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6188
Total Posan : 1806
Sejak : 24.05.07
Domisili : Balikpapan
KorWil : Balikpapan
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja dah...
Sikon : kawin 1 anak
Slogan : Orang Bijak Taat Ibadah... Taat Pajak....Taat Berlalulintas

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime28.12.07 12:26

aya2 wae yeuh si Retro...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/candra904
wiwaha
KOPTU KOSTER
KOPTU KOSTER
wiwaha


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5986
Total Posan : 50
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : EN-125
Sikon : Family

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime28.12.07 14:29

Kalo switzal buat keramas thunder...hihihi.....(OOT) Capeeee dehhhh...
Kembali Ke Atas Go down
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER
DarkCloud


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5986
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime03.01.08 7:50

nino 125 wrote:
Pelumas adalah bahan penting bagi kendaraan bermotor. Memilih dan
menggunakan pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan bermotor anda,
merupakan langkah tepat untuk merawat mesin dan peralatan kendaraan
agar tidak cepat rusak dan mencegah pemborosan.

Umum beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin.
Padahal
oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara lain
sebagai; Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup Celah
pada Dinding Mesin.

Semua Fungsi tersebut adalah sangat erat
berkaitan; sebagai Pelumas, Oli akan membuat gesekan antar komponen di
dalam mesin bergerak lebih halus, sehingga memudahkan mesin untuk
mencapai suhu kerja yang ideal. Selain itu Oli juga bertindak sebagai
fluida yang memindahkan panas ruang bakar yang mencapai 1000-1600
derajat Celcius ke bagian lain mesin yang lebih dingin.Dengan tingkat
kekentalan yang disesuaikan dengan kapasitas volume maupun kebutuhan
mesin. Maka semakin kental oli, tingkat kebocoran akan semakin kecil,
namun disisi lain mengakibatkan bertambahnya beban kerja bagi pompa oli.

Oleh sebab itu, peruntukkan bagi mesin kendaraan Baru (dan/atau relatif
Baru
berumur dibawah 3 tahun) direkomendasikan untuk menggunakan oli dengan
tingkat kekentalan minimum SAE10W. Sebab seluruh komponen mesin baru
dengan teknologi terakhir) memiliki lubang atau celah dinding yang
sangat kecil, sehingga akan sulit dimasuki oleh oli yang memiliki
kekentalan tinggi.

Selain itu kandungan aditif dalam oli, akan membuat lapisan film pada
dinding
silinder guna melindungi mesin pada saat start. Sekaligus mencegah
timbulnya karat, sekalipun kendaraan tidak dipergunakan dalam waktu
yang lama. Disamping itu pula kandungan aditif deterjen dalam pelumas
berfungsi sebagai pelarut kotoran hasil sisa pembakaran agar terbuang
saat pergantian oli.


SPESIFIKASI OLI

Semakin
banyaknya pilihan oli saat ini, tidak semestinya membuat bingung. Ada
beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan Acuan; antara lain, kenali
karakter kendaraan anda (spesifikasi mesin serta lingkungan dimana
mayoritas anda berkendara (suhu, kelembaban udara, debu, dsbnya.).

Tingkat
kekentalan oli yang juga disebut "VISKOSITY-GRADE" adalah ukuran
kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur
tertentu menjadi prioritas terpenting dalam memilih Oli. Kode pengenal
Oli adalah berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of
Automotive Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya,
menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50,
semakin besar angka yang mengikuti Kode oli menandakan semakin
kentalnya oli tersebut. Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang
angka awal, merupakan singkatan dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli
tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 10 untuk kondisi suhu dingin
dan SAE 50 pada kondisi suhu panas.

Dengan kondisi seperti
ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada
kondisi ekstrim sekalipun. Sementara itu dalam kondisi panas normal,
idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50 menurut
standar SAE.

Mutu dari oli sendiri ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum
Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. API: SL,
Kode S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua
mununjukkan nilai mutu oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin
baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan kebutuhan mesin modern.

- SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996)
- SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001)
- SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004)

Perhatikan
peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin, atau
diesel (2 tak atau 4 tak), peralatan industri, dan sebagainya. Untuk
memilih kualitas pelumas yang cocok, kita dapat mengacu pada API
Service (American Petroleum Institute), JASO (Japan Automotive Standard
Association), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d'
Automobiles),DIN (Deutsche Industrie Norm), dan lain-lain yaitu acuan
untuk kerja (performance) pelumas berdasarkan standar yang dikeluarkan
oleh lembagaindependen industri pelumas international.

Semua oli
baik mineral maupun synthetic sama-sama ada standar APInya. Oli mineral
biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli synthetic dari
hasil campuran kimia. Bahan oli synthectic biasanya PAO
(PolyAlphaOlefin). Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama
dengan oli Synthetic API SL. Oli synthetic biasanya disarankan untuk
mesin2 berteknologi terbaru (turbo, supercharger, dohc, dsbnya) juga
yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik(racing) dimana celah antar
part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana hanya oli synthetic yang
bisa melapisi dan mengalir sempurna. Oli synthetic tidak disarankan
untuk mesin yang berteknologi lama dimana celah antar part biasanya
sangat besar/renggang sehingga bila menggunakan oli synthetic biasanya
menjadi lebih boros karena oli ikut masuk keruang pembakaran dan ikut
terbakar sehingga oli cepat habis dan knalpot agak ngebul.

Berikut beberapa keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral :
- Lebih stabil pada temperatur tinggi
- Mengontrol/Mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
- Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
- Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin
- Tahan terhadapan perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga lebih ekonomis dan efisien
- Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan mesin lebih
dingin
-
Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan mesin dari
kerak. Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan
sudah menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic
(campuran dengan mineral oil) atau fully-synthetic.

Note: Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.
Oli untuk motor sampai saat ini belum dapat informasinya yang sudah API
SL. Oli motor synthetic hampir semuanya baru SJ, kalo mineral mungkin baru SG/SH.

bersambung ...


Ada tuh bro yang synthetic API SL Merknya Shell VSX 4T 10W40 isis 1 liter harganya 47 ribu, bisa di dapet di Pom Bensin Shell.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9523
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: MAINTENANS: Cara Memilih Oli   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime16.10.08 14:29

CARA MEMILIH OLI



Sebenernya oli yg bagus untuk motor itu relatif, yang pasti yang di

recomendasikan oleh Pabrikan sudah pasti lulus dari test untuk pemakaian dan

jangka waktu yang telah ditentukan oleh pabrik. Jadi misalnya untuk motor

Honda, pabrikan sudah merekomendasikan Oli Federal. Jangka waktu

pemakaiannya pun sudah ditentukan berkisar 2000 km atau 2 bulan tergantung

mana yang tercapai terlebih dahulu. Mengapa demikian, karena oli yang telah

terkena udara luar walaupun tidak digunakan juga akan berkurang kwalitasnya.



Kondisi itu adalah kondisi normal, pemakaian untuk se-hari². Bukan untuk

race atau balapan. Bila mesin dikondisikan untuk balapan yang dibutuhkan

putaran mesin yang tinggi dan suhu mesin yang juga cukup tinggi dalam waktu

yg cukup lama, maka diperlukan kwalitas oli yang lebih baik lagi.



Sebagai masukan, kebanyakan motor roda dua di Indonesia menganut system

kopling basah. Maksudnya kopling terendam oli. Sehingga jangan pernah

gunakan oli yang diperuntukan untuk mobil ke dalam mesin motor. Oli mobil

memiliki komposisi aditif yang berbeda dengan oli yang digunakan motor,

karena mobil menggunakan kopling system kering. Bila dipaksakan maka ada

kemungkinan kopling motor akan mengalami selip dan tenaga dari mesin tidak

akan tersalur sempurna ke roda.



Apabila mas bro akan mengup-grade oli dari yang standar, perhatikan beberapa

hal berikut :



1. kualitas oli ditentukan oleh API servicenya, contoh SA, SB, SC, SD, SE

dan seterusnya, bahkan sekarang sudah ada yg SM. S menunjukan bahwa oli

tersebut diperuntukkan mesin bensin, huruf kedua semakin tinggi, maka

kualitasnya semakin bagus. Itu berdasarkan kepada API (American Petroleum

Institute) yaitu badan yang mengurusi kualitas oli dunia. ketentuan ini

berlaku umum untuk oli mobil maupun motor.



2. Sedangkan oli yang khusus untuk motor, pilih yang ada sertifikasi dari

JASO MA. JASO MA adalah badan (dari Jepang) yang mengurusi standarisasi

kualitas oli yang diciptakan untuk mesin yang khusus menggunakan kopling

system basah atau terendam oli.



3. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah SAE (Society of Automotive

Engineers) yang menunjukkan kekentalan Oli. Sebaiknya pilih yang sesuai

dengan mesin motor anda, biasanya dari pabrikan sudah ditentukan berapa yang

cocok. Untuk motor Honda SAE 20W50, maksudnya ada angka 20 dan 50 adalah oli

ini multigrade, kekentalannya bervariasi dari 20 pada saat dingin (W artinya

winter) sehingga memudahlan start mesin pada saat masih dingin dan 50 pada

saat suhu kerja mesin sudah tercapai. Jangan gunakan oli yang terlalu encer

atau terlalu kental. Terlalu encer menyebabkan oli tidak tersalur

sempurna ke bagian atas mesin (silinder head dan isinya) pada saat putaran

mesin rendah atau stationer, terlalu kental menyebabkan reaksi mesin menjadi

berat dan lubang2 kecil saluran oli di mesin tidak bisa terisi dengan cepat.



4. Beli Oli di bengkel resmi atau di tempat yang terpercaya, ini yang paling

penting. Lebih baik dapat oli asli (bukan daur ulang atau palsu) yang API

servicenya tidak terlalu tinggi, daripada dapat oli palsu. Oli palsu bisa

merusak mesin karena kemampuan melumasinya sudah jauh berkurang.



Jadi bila ingin up grade oli motor, pilih oli untuk motor yang ada

sertifikasi dari JASO MA, lalu pilih API service yang lebih tinggi dari oli

yang mas bro gunakan sekarang. SAE bisa disesuaikan dengan standar pabrik.

Untuk merk, sebaiknya pilih yang cukup terkenal dan beli di tempat yang

terpercaya, dan harga sangat bervariatif....., silahkan disesuaikan dengan

kantong..he..he...he....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9523
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: MAINTENANS: Memilih Oli yg baik dan tepat   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime16.10.08 14:32

Memilih Oli yg baik dan tepat

Pelumas adalah bahan penting bagi kendaraan bermotor. Memilih dan
menggunakan pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan bermotor anda
merupakan langkah tepat untuk merawat mesin dan peralatan kendaraan
agar tidak cepat rusak dan mencegah pemborosan.

Umum beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin.
Padahal oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara
lain sebagai; Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup
Celah pada Dinding Mesin.

Semua Fungsi tersebut adalah sangat erat berkaitan; sebagai Pelumas,
Oli akan membuat gesekan antar komponen di dalam mesin bergerak lebih
halus, sehingga memudahkan mesin untuk mencapai suhu kerja yang ideal.
Selain itu Oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas
ruang bakar yang mencapai 1000-1600 derajat Celcius ke bagian lain
mesin yang lebih dingin.

Dengan tingkat kekentalan yang disesuaikan dengan kapasitas volume
maupun kebutuhan mesin. Maka semakin kental oli, tingkat kebocoran akan
semakin kecil, namun disisi lain mengakibatkan bertambahnya beban kerja
bagi pompa oli.

Oleh sebab itu, peruntukkan bagi mesin kendaraan Baru (dan/atau relatif
Baru berumur dibawah 3 tahun) direkomendasikan untuk menggunakan oli
dengan tingkat kekentalan minimum SAE10W. Sebab seluruh komponen mesin
baru (dengan teknologi terakhir) memiliki lubang atau celah dinding
yang sangat kecil, sehingga akan sulit dimasuki oleh oli yang memiliki
kekentalan tinggi.

Selain itu kandungan aditif dalam oli, akan membuat lapisan film pada
dinding silinder guna melindungi mesin pada saat start. Sekaligus
mencegah timbulnya karat, sekalipun kendaraan tidak dipergunakan dalam
waktu yang lama. Disamping itu pula kandungan aditif deterjen dalam
pelumas berfungsi sebagai pelarut kotoran hasil sisa pembakaran agar
terbuang saat pergantian oli.

SPESIFIKASI OLI

Semakin banyaknya pilihan oli saat ini, tidak semestinya membuat
bingung. Ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan Acuan; antara
lain, kenali karakter kendaraan anda (spesifikasi mesin serta
lingkungan dimana mayoritas anda berkendara (suhu, kelembaban udara,
debu, dsbnya.).

Tingkat kekentalan oli yang juga disebut "VISKOSITY-GRADE" adalah
ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur
tertentu menjadi prioritas terpenting dalam memilih Oli. Kode pengenal
Oli adalah berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of
Automotive Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya,
menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50,
semakin besar angka yang mengikuti Kode oli menandakan semakin
kentalnya oli tersebut.

Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan
singkatan dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki
tingkat kekentalan SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada
kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan
perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun.
Sementara itu dalam kondisi panas normal, idealnya oli akan bekerja
pada kisaran angka kekentalan 40-50 menurut standar SAE.

Mutu dari oli sendiri ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum
Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. API: SL,
kode S(Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua
mununjukkan nilai mutu oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin
baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai
dengan kebutuhan mesin modern.

§ SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996)
§ SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001)
§ SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004)

Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin
bensin, atau diesel (2 tak atau 4 tak), peralatan industri, dan
sebagainya. Untuk memilih kualitas pelumas yang cocok, kita dapat
mengacu pada API Service(American Petroleum Institute), JASO (Japan
Automotive Standard Association), ACEA (Association Des Constructeurs
Europeens d' Automobiles), DIN (Deutsche Industrie Norm), dan lain-lain
yaitu acuan untuk kerja (performance) pelumas berdasarkan standar yang
dikeluarkan oleh lembaga independen industri pelumas international.

Semua oli baik mineral maupun synthetic sama-sama ada standar APInya.
Oli mineral biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli
synthetic dari hasil campuran kimia. Bahan oli synthectic biasanya PAO
(PolyAlphaOlefin). Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama
dengan oli Synthetic API SL.

Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin2 berteknologi terbaru
(turbo, supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan pelumasan
yang lebih baik (racing) dimana celah antar part/logam lebih
kecil/sempit/presisi dimana hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan
mengalir sempurna. Oli synthetic tidak disarankan untuk mesin yang
berteknologi lama dimana celah antar part biasanya sangat
besar/renggang sehingga bila menggunakan oli synthetic biasanya menjadi
lebih boros karena oli ikut masuk keruang pembakaran dan ikut terbakar
sehingga oli cepat habis dan knalpot agak ngebul.

Berikut beberapa keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral :

§ Lebih stabil pada temperatur tinggi
§ Mengontrol/Mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
§ Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
§ Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar
logam yang berakibat kerusakan mesin
§ Tahan terhadapan perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga
lebih ekonomis dan efisien
§ Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan mesin lebih dingin
§ Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan mesin dari kerak

Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan sudah
menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic (campuran dengan
mineral oil) atau fully-synthetic.

Note: Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.

Oli untuk motor sampai saat ini belum dapat informasinya yang sudah API
SL. Oli motor synthetic hampir semuanya baru SJ, kalo mineral mungkin
baru SG/SH.

Mineral Oil :
§ Sprinta 2000 : SAE 20W-50, API SG
§ Evalube 4T : SAE 20W-50, API SF
§ Mesran Super : SAE 20W-50, API SG
§ Enduro 4T : SAE 20W-50, API SG
§ Penzoil Motorcycle 4T : SAE 20W-50, API SF

Oli yang bagus (biasanya synthetic) mampu memberikan lapisan film tipis
yang pada komponen metal yang bergerak yang mana berguna untuk
mengurangi gesekan komponen metal sehingga suara mesin jadi lebih halus
dan tarikan lebih mantap.

Pada intinya milih oli hampir sama dengan milih bini (cocok2an) tapi ada garis besarnya yang bisa diikuti :
§ Disarankan jangan menggunakan oli untuk mobil ke motor anda sebab
ada bahan di-oli mobil yang harus dikurangi bahkan dihilangkan tetapi
di motor harus agak banyak untuk meredam gesekan karena putaran mesin
motor lebih tinggi dan lebih berat kerjanya.
§ Motor tahun 2001 keatas disarankan menggunakan Oli API SG keatas
misal API SH/SJ atau SL. SAE bisa 20w50 atau 10w40. Usahakan yang Semi
Sintetik karena lebih licin sehingga bisa masuk kecelah2 metal mesin
yang sempit dan tahan oksidasi sehingga kualitas oli tidak gampang
rusak dan mesin jadi lebih bersih dan tentunya tarikan jadi lebih
mantap.

Disarankan juga untuk menggunakan Pelumas yang memiliki dan
mencantumkan Nomor Pelumas Terdaftar Untuk melindungi kepentingan
masyarakat atas mutu pelumas yang beredar di dalam negeri pelumas
sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor
1693.K/34/MEM/2001 tanggal 22 Juni 2002. Pelumas yang memiliki NPT
adalah pelumas yang telah memenuhi persyaratan administratif dan teknis
serta lulus uji laboraturium terakreditasi yang ditunjuk oleh
Direktorat Jenderal MIGAS. NPT dapat diidentifikasikan dengan 12 digit
huruf dan angka Contoh : DEPTAMBEN RI NPT : AB25E4110199 atau DESDM RI NPT : AC66E1054104.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9523
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime16.10.08 14:34

MITOS

Minimnya pengetahuan tentang perkembangan teknologi pelumas,
menyebabkan timbulnya banyak mitos di masyarakat. Sebagai contoh, saat
mengganti oli mesin. Oli bekas berwarna hitam sering dianggap oli
berkualitas buruk. Padahal justru sebaliknya, perubahan warna oli
menandakan bahwa oli telah bekerja dengan baik sebagai pelarut kotoran.
Selanjutnya kotoran akan terbawa keluar pada saat pergantian oli
dilakukan, karenanya dinding mesin akan terbebas dari kerak.

Dilain pihak, apabila perubahan warna tersebut terjadi dalam kurun
waktu yang sangat dekat (terhitung sejak saat pergantian pertama), itu
menandakan kemungkinan adanya kerusakan komponen didalam mesin sehingga
oli cepat teroksidasi.

Kita jangan bingung2, pakai saja oli yang bagus (mungkin harus 2-4 kali
coba baru dapat yang cocok). Kalau dilihat dibuku petunjuk motor hampir
tidak disebutkan merk oli dan yang disebutkan hanya API SG 20w50 atau
yang lebih baik. Jadi kalau pakai oli yang lebih baik kenapa takut
garansi batal?

Untuk mencoba oli baru bisa ikuti prosedur berikut :
§ Sebelum ganti oli, coba bersihkan saluran bahan bakar dan kerak yang
mungkin ada di mesin. Tidak usah bingung, bisa pakai carburator cleaner
yang dituang ke tangki misal merk STP. Lakukan tiga hari sebelum ganti
oli dan motor dipakai seperti biasa dan kalau bisa kecepatan agak
tinggi, ini untuk membersihkan saluran bahan bakar dan endapan karbon.
§ Ganti oli dengan oli baru yang sesuai (jangan lupa ada JASO MA)
termasuk filter olinya. Lakukan penggantian oli pada kondisi mesin
panas agar oli lama keluar semua.
§ Coba pakai selama seminggu apakah ada perubahan? kalau tidak berarti
olinya tidak cocok. Perubahan yang bisa dirasakan suara mesin jadi
lebih halus, tarikan lebih ringan, dan tenaga lebih mantap.

Oli merk apapun kalau sudah mendapat sertifikasi API (SG/SH/SJ/SL) dan
JASO MA berarti oli itu sudah memenuhi standar baku yang cukup bagus
dan memenuhi semua unsur yang diperlukan oleh mesin. Masalahnya banyak
oli di Indonesia tidak ada ada sertifikasi tersebut. Coba lihat kemasan
oli anda, kalau tidak ada sertifikasi tersebut apakah anda rela mesin
anda menderita sengsara dan akhirnya turun mesin bahkan ganti mesin?

Berikut contoh Jenis-jenis Oli yang umum dipakai dan peredarannya mudah didapat di bengkel-bengkel resmi penyalur oli:

Oli Repsol:
§ Repsol Moto Racing 4T 10W50 Semi Synthetic Oil
Sertifikasi: API SJ; JASO MA
§ Repsol Moto 4T 15W50 Mineral Oil
§ Repsol Moto Sintético 4T 10W40 Semi Synthetic Oil
Sertifikasi: API SG; JASO MA; Honda Specs.

Oli Shell 4T:
§ Shell Advance S4 SAE 10W-40, 15W-40, 20W-40, 20W-50, SAE 40 Mineral oil
Sertifikasi:
API SF; belum JASO MA menurut Shell Singapore
()
API SL; JASO MA menurut Shell USA
()
§ Shell Advance SX4 SAE 10W-40, 15W-40, 15W-50 20W-50 Mineral oil
§ Shell Advance VSX4 SAE 10W-40, 15W-50, 20W-40 Semi Synthetic oil
Sertifikasi: API SL - JASO MA
§ Shell Advance Ultra 4 SAE 10W-40, 15W-50 Synthetic oil
Sertifikasi:
API SG menurut Shell Singapore
API SL - JASO MA menurut Shell USA

Untuk produk oli import ahrus dicek kemasannya terlebih dahulu sebab
walaupun kemasannya sama tapi bisa jadi sertifikasi beda. Jadi yang
disana beli 35.000 disini lebih murah hanya 25.000 ternyata beda
sertifikasi. Waspadalah...!

Oli Top1 :
§ SMO-MC SAE 20W-50 Semi Synthetic
Sertifikasi: API..??
§ EVOLUTION SAE 15W-50 Synthetic
Sertifikasi: API SL

Oli Esso ada 4 tipe :
§ Esso 4T 20W-40, 20W-50 (recommended for engine <50cc) Mineral Oil
Sertifikasi: API SF - JASO MA
§ Esso 4T Power 10W-40, 15W-40, 15W-50, 20W-50 Mineral Oil
Setifikasi: API SG - JASO MA
§ Esso 4T Pace 10W-40 Semi Synthetic Oil
Setifikasi: API SJ - JASO MA
§ Esso 4T Gold 10W-40, 15W-50 and 20W-50 Synthetic Oil
Setifikasi: API SJ, SH (15W-50) - JASO MA

Caltex:
§ Caltex Revtex Fully Synthetic 4T SAE 10W40,
§ Caltex Revtex Semi-Synthetic 4T SAE 20W50,
§ Caltex Revtex Super 4T SAE 10W40, 20W40, 20W50,
Sertifikasi: API SG, JASO MA
§ Caltex Revtex Plus 4T SAE 25W-40,
§ Caltex Revtex 4T SAE 40,
Sertifikasi: API SF, JASO MA

Mobil 1:
§ Mobil Super 4T SAE 15W-50,
Seritifikasi: API SG, JASO MA
§ Mobil Extra 4T SAE 10W-40
§ Mobil Racing 4T SAE 15W-50
Sertifikasi: API SJ, JASO MA

OLI AGIP :
§ AGIP Super 4T MINERAL 15W-50
§ AGIP TEC 4T SEMI-SINT. 15W-50
§ AGIP Racing 4T SINT. 20W-50
§ Sertifikasi: API SJ

OLI MOTUL :
§ MOTUL 3000 4T MINERAL 20W-50
§ MOTUL 5100 Ester SEMI-SINT. 15W-50
§ MOTUL 300V competition SINT. 15W-50
Sertifikasi: API SG - JASO MA

Ternyata oli mineral tidak cocok untuk motor baru, so yang pakai repsol
moto 15W50 siap2 ganti. Jangan Keliru Memilih Oli Mesin MINYAK pelumas
atau oli tidak akan terpisahkan dengan mesin kendaraan bermotor. Tanpa
oli, mesin pasti rontok. Bila oli berkurang, komponen akan cepat aus
akibat gesekan antara kedua permukaan komponen. Karena itu,
kelangsungan hidup mesin amat dipengaruhi oleh oli. Makin besar kerja
mesin, makin penting peran oli. Hal serupa juga terjadi pada sepeda
motor, terutama di kota-kota besar, dimana lalu-lintas cenderung macet,
ruwet, dan suhu kian panas. Mengingat penting dan peranannya, oli
menjadi ladang bisnis menggiurkan paling tidak tiap 2.000 km sampai
5.000 km oli harus diganti. Berbagai merek dan jenis oli pun
bermunculan di pasaran. Mulai dari oli biasa (konvensional)yang disebut
pelumas mineral, sampai oli sintetis dan semi sintetis. Perbedaan
ketiga jenis oli ini, bisa dilihat dari komponen dan unsur di dalamnya.
Pelumas konvensional, umumnya terdiri atas 90% minyak dasar (crude
oil), hasil penyulingan minyak bumi, ditambah 10% campuran bahan kimia
aditif guna meningkatkan kinerjanya. Bahan kimia yang dipakai sebagai
campuran biasanya detergen (pembersih), antioksidasi dan Index
Viscosity Imorover (campuran peningkat kekentalan). Penggabungan
unsur-unsur itu membentuk oli yang mampu melumasi mesin. Pelumas
sintetis, sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas bahan-bahan
aditif. Jumlahnya menentukan jenis oli sintetisnya. Oli sintetis penuh
(full synthetic oil) mengandung 100%
bahan aditif, yaitu minyak dasar bahan kimia yang bukan dihasilkan dari
penyulingan minyak bumi. Sedangkan oli semi sintetis pelumas yang
dibuat dengan menggunakan minyak dasar bahan kimia dicampur minyak
mineral. Mengingat proses pengolahannya tidak lagi mengandalkan minyak
dasar, bahan kimia yang banyak diaplikasi sebagai pengganti antara lain
ester asam berbasa dua, ester organo fosfat, ester-silikat,
glicol-polialkilena, silikon, klorida sert fluor hidrokarbon. Mengingat
bahannya masih alami, oli mineral amat cocok untuk motor motor lawas,
seperti Honda C-70, Honda C-90Z, Supercup, Astrea 800, Yamaha V-75,
Suzuki Crystal, Binter Mercy, dan sebagainya. Kelebihannya, oli tak
mudah menguap saat mesin ada pada
temperatur ideal, sehingga jeroan yang sudah aus tidak bertambah parah.
Untuk mesin motor baru seperti Honda Supra, Karisma, Astrea Impressa,
Yamaha F1-Z, RX-King, RX-Z, Kawak Ninja, Yamaha Vega, Yupiter, Kawak
Kaze, Suzuki Shogun, dan sebagainya, bisa memakai oli semi-sintetis.
Perpaduan unsur mineral dan kimia, mampu menjaga kondisi mesin tetap
prima, tanpa meninggalkan kemampuan untuk melindungi komponen dalam
mesin. Sedangkan oli full synthetic sangat cocok dipakai pada motor
balap yang mesinnya terus menerus digeber pada putaran (rpm) tinggi.
Oli ini mampu melumasi seluruh bagian mesin sampai di sela-sela kecil
sekalipun. Tingkat kekentalannya pun
stabil meski dalam kondisi ekstrem, dan mampu menjaga mesin meski pada
suhu tinggi. Klasifikasi oli sintetis tidak berbeda dengan oli biasa.
Pelumas sintetis mempunyai jenis klasifikasi tingkat kekentalan tunggal
(single grade), misalnya SAE 20, SAE 40 dan SAE 50. Ada juga jenis
klasifikasi tingkat kekentalan jamak (multigrade) antara lain SAE
15W-50 atau SAE 20W-50. Bahkan, pada aplikasi motor balap atau mesin
berteknologi mutakhir, tingkat kekentalannya sering dibuat sangat
ekstrem, misalnya SAE 5W-50, SAE 10W-60. Mengingat oli sintetis
memiliki banyak keunggulan dan proses pembuatannya lebih rumit
dibanding oli biasa, harganya pun relatif mahal. Nah, untuk memilih oli
yang pas, sesuaikan dengan kebutuhan mesin motor Anda.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
FENCO Bejater'z
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
FENCO Bejater'z


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5809
Total Posan : 1627
Sejak : 16.09.08
Domisili : pondok gede
KorWil : BEJATER\"S
NRA : -
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : diakui
Hobi : ngobrol dan mencari masalah
Slogan : perbaiki diri dari hari demi hari, hari sekarang lebih baik dari hari kemaren

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime16.10.08 14:34

Kalo kuda besi ane...selalu pake Shell Helix...(15W50) motor jadi enak kalo lg ngebut...???kira-kira berpengaruh ga ya Bro 042???mohon pencerahannya,...tapi kalo lagi servis di bengkel resmi selalu pake SGO (20W50)? Thanks bro!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
buyung
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
buyung


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6488
Total Posan : 4508
Sejak : 04.05.08
Domisili : PAMULANG
KorWil : TANG-SEL
NRA : 0237
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : menikah
Hobi : TIDUR
Slogan : Jadilah diri sendiri

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime16.10.08 15:14

ane belum dapet oli yg cocok nih...
lagi nyoba semua produk dulu....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
webster
AdminMuda KOSTER
AdminMuda KOSTER
webster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 7519
Total Posan : 5143
Sejak : 19.08.08
Domisili : RawaMangun
KorWil : Jakarta Pusat
NRA : 0728
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : Darknight
Status :
  • lajang
Sikon : Single
Hobi : Nonton Film
Slogan : ** A little love can make a bi

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime16.10.08 15:24

jadi kesimpulannya oli yang bagus untuk kthunder apa min?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
oenank-jtc
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
oenank-jtc


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6207
Total Posan : 1367
Sejak : 15.07.08
Domisili : Bekasi City
KorWil : JTC
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 250
Julukan : 250 black silver
Sikon : doain aja...
Hobi : Gluduk Glundung
Slogan : alon2 asal kelakon

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime16.10.08 15:30

nyari yg aman aja deh, pke produk SUZUKI Supersyn Gold
Kembali Ke Atas Go down
http://www.gixxer.com
Wendy Dj
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
Wendy Dj


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 5950
Total Posan : 1414
Sejak : 10.04.08
Domisili : SBY
KorWil : Surabaya
NRA : 263
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 250 akhirnya...
Sikon : Menikah

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime17.10.08 10:37

Kalo ga salah,mekanik suzuki prn blg, oli sgo itu sama kyk pertamina enduro 4t. Kalo supersyn lebi jelek dari sgo. Makanya supersyn digratisin waktu beli motor baru ya? Hehehe
Ane skr lg pake motul 3100 20w50. Abis ini mo coba motul multipower yg 20w50.
Shel helix kyknya jg bagus,cuman kekentalannya itu, yg cuma 15w50, bikin ragu.kok ga ada yg 20w50 ya?
Sebelum motul ane pake bm1,sama 15w50 jg, hasilnya cylinder block stl 3th nggentong shg hrs dikolter oversize 50. Selain oli,jg krn motor ane sjk umur 2th ketas suka digeber rpm tinggi, diatas 10,jd mesin kerja keras,oli keenceran,hasilnya ya kalah partnya... Lagian kt mekanik,kualitas cylinder blocknya udah beda ama motor dulu. Yg jaman dulu lebi bagus bahannya. Makanya ati2 pilih oli. Dulu dgn kualitas part bgs, beda kualitas oli dikit2 ga masalah. Tp skr kyknya ga bisa gitu lg deh...
Lagian di buku manual thunder kan emang disarankan pake oli 20w50.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9523
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime17.10.08 10:45

pengalaman gw pake oli sbb:

awal2 beli: disaanin pake oli gratisan dr suzuki, supersyn, gw turutin

pas service ke dua di CAB disaranin ganti pake BM1, gw ikutin

karena BM1 kemasannya cuman 800 ml dan jarang yg 1 L makanya ga ekonomis. lagipula gw ngerasa gak cocok pake BM1.

Disaranin ama kepala mekanik CAB pake Repsol 20W. Gw ikutin. Semenjak 2007 gw pake Repsol secara rutin. Tapi kok lama-lama nih Oli gampang bgt nguap, entah produknya abal-abal atau gimana gw gak ngerti. Pernah kejadian pas ganti oli, itu oli bekas yg keluar dr mesin dikit banget kt mekaniknya...walhasil rante keteng gw kena n kudu diganti kata mekaniknya...emang suara mesin kasar banget waktu itu

Disaranin ganti pake Enduro ama mekanik. Skr gw pake Enduro deh.. blm tau hasilnya gimana, kayaya sih enak2 aja pake Enduro yg 20W
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Sponsored content





MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas   MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas - Page 2 Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
MAINTENANS: Memilih Oli | Minyak Pelumas
Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 3Pilih halaman : Previous  1, 2, 3  Next
 Similar topics
-
» MAINTENANS: Mengganti Oli | Minyak Pelumas
» POLL: Survey KOSTER: Apa Oli | Minyak Pelumas Moto Anda Bro?
» MAINTENANS: TIP: Minyak Rem

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Maintenans Suzuki Thunder :: Maintenans Permesinan Suzuki Thunder :: Pelumasan-
Navigasi: