Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 4 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 4 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator

Go down 
4 posters
PengirimMessage
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9534
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Empty
PostSubyek: MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator   MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime19.11.07 15:40

Arus
listrik yang dihasilkan sepul pengisian tipenya AC (bolak-balik). Arah
dan besar tegangan selalu berubah mengikuti putaran magnet. Makanya,
tegangan yang dihasilkan sepul pengisian kurang-lebih 20 volt di
putaran tinggi.
Cuma masalahnya sistem kelistrikan di motor menganut tegangan 12
volt DC. Maka dibutuhkan kuproks alias pengatur besar tegangan
pengisian. Guna mengubah arus AC jadi DC yang akan disuplai ke aki juga
mencegah arus listrik di aki balik ke sepul pengisian.
kuproks sendiri dipakai di motor yang masih pakai aki. Dimana aki jadi tumpuan utama semua kelistrikan motor. “Tapi begitu aki soak
(tidak fit) atau sengaja dilepas, peranti kelistrikan motor jadi
gampang rusak. Itu karena aki juga sebagai penyetabil. Sebagai
indikator, bohlam lampu sering putus ketika mesin berputar tinggi,”
ujar Sugiharto, mekanik Angkasa Jaya Motor di Kemayoran, Jakarta Pusat.
Tapi, seiring perkembangan teknologi juga melihat banyak konsumen enggan pakai aki, pabrikan mengembangkan kuproks jadi regulator/rectifier.
Meskipun regulator masih didukung perangkat kuproks gabungan komponen
tambahan sebagai penyetabil tegangan. Sehingga bila tunggangan tak
dilengkapi aki, bohlam lampu tidak cepat putus.
Sayangnya sampai saat ini masih banyak konsumen salah kaprah soal
kuproks dan regulator. Ketika motor mengalami masalah seputar
kelistrikan, kuproks dianggap sebagai biang keladi. Padahal kuproks
sendiri di motor rakitan sekarang sudah jarang dipakai.
Nah, untuk mengetahui secara gamblang beda kuproks dan regulator, Sugiharto kasih info gimana
cara mengetahuinya. Apalagi secara fisik bentuk kedua peranti ini tidak
jauh beda. “Tapi yang paling mencolok, harga kuproks lebih murah. Di
toko paling mahal Rp 20.000. Sementara banderol regulator KW2, di atas
Rp 40 ribu,” wantinya.
kuproks lebih murah ketimbang regulator lantaran di dalam part ini cuma ada dioda (gbr. 1). Sementara di dalam regulator, selain dioda juga ada peranti elektronik tambahan yang berfungsi menstabilkan tegangan (gbr. 2).
Lalu cara lain melihat kemampuan regulator bisa juga membaca besar tahanan (ohm) di kaki terminal-nya pakai multitester dengan range 1 kΩ (gbr. 3).
“Maka di dua kaki sisi kanan regulator akan terbaca arus searah tanda
dioda bekerja. Sementara 2 kaki sebelahnya akan terbaca jarum penunjuk
multitester sebesar 50 kΩ, meskipun dites bolak-balik,” tunjuk pria
asli Ponorogo, Jawa Timur.
Nah, kalau jarum bergerak ke kanan sampai
mentok atau tidak bergerak sama sekali itu tandanya bahaya. Artinya
regulator sudah rusak.

Sumber: http://mielvi.wordpress.com/category/otomotif/info-teknik/
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27475
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator   MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime20.11.07 3:55

...

Bro, ... nggg ... sy perjelas dan koreksi dikit ya bro ttg istilah diatas ... ttg apa itu yg disebut sbg kiprok dan regulator dlm artikel diatas ... dan gambarnya juga saya perjelas ... dan sy kasih judul:

...

AC TO PC TO DC CONVERTER

...

Anjrit salahhh... kiprox [dlm artikel diatas adalah istilah salah kaprah berasal dari] < cuprox (cupri-oxyde) AC to PC diode rectifier


MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Rectifier

AC to PC diode rectifier


Cayooo...Semangat! Perlu dicatat bahwa, cuprox adalah nama bahan|material, sedangkan diode adalah nama peranti mikro-elektronik yg terbuat dr material semi-konduktor, yg bersifat hanya mengantar arus listrik pd satu arah. Jadi diode digunakan sbg rectifier alias penyearah arus bolak-balik (AC, alternating current) ke arus denyuit (PC, pulsating current) yg setelah ditapis (filtered) riak (ripple) nya menjadi arus searah (DC, direct current)

Anjrit salahhh... regulator [dlm artikel diatas maksudnya adalah] < diode rectifier plus regulator = AC to PC diode rectifier plus PC to DC filter plus DC stabilizer|regulator


MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Rectifier-regulator

AC to DC diode rectifier



Cayooo...Semangat! Ada 4 (empat) terminal dlm gambar diatas, yg menunjukkan ada 4 diode rectifier, dimana 3 (tiga) terminal diode adalah untuk 3 (tiga) kutub positiv alternator tiga-fase (three-phase alternator), dan 1 (satu) terminal diode lagi adalah utk kutub negativ alternator yg merupakan shared common point | common return | chassis ground. Fungsi 4 diode ini adalah agar arus dr alternator mengalir ke accu | aki, dan tak sebaliknya, alias arus dr accu | aki tak mengalir ke alternator shg listrik aki terkuras ke chassis.

Artikel kupas tuntas ttg alternator dan rectifer plus filter dan stabilizer, berikut rangkaian listriknya akan dibahas di forum ini dlm topik:
PENGANTAR KE KELISTRIKAN THUNDER


MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Muttimeter-digital-test

pengukuran AC TO DC diode rectifier menggunakan Ohm-meter
dlm AVO (Ampere Volt Ohm) meter atau multi-meter digital,
juga bisa dilakukan menggunakan multi-meter analog.

MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Multimeter-digital-1
multi-meter digital.


Penjelasan lbh lanjut secara global adalah sbb.


Cayooo...Semangat! FUNGSI UTAMA AKI pd kendaraan bermotor adalah,
1. utk menggerakkan motor starter via tombol starter | sbg pemicu|penyulut (trigger).
2. utk mencatu arus listrik searah (direct current, DC) ke instrumen kontrol [pengukur BBM, dll], klakson, dan lampu2.
3. utk mencatu tenaga | daya | tegangan | arus listrik ketika kendaraan dlm keadaan padam.

Tanpa aki pun, kendaraan bermotor dpt dinyalakan dgn cara memutar poros engkol melalui kick starter atau dgn cara mendorong kendaraan, sampai kumparan (coil) alternator mampu menghasilkan arus listrik, utk memuati CDI (capacitor discharge ignition) shg dpt mencatu arus dibutuhkan pd kumparan penyalaan (ignition coil), yg membangkitkan tegangan tinggi pd elektroda busi yg mampu menghasilkan percikan (spark).

Jadi, aki tak diperlukan utk memutar mesin kendaraan ketika kendaraan sdh menyala, krn mesin memutar alternator [generator arus bolak-balik, alternating current, AC] yg via penyearah (rectifier)[yg para bro sering sebut dgn istilah cuprox (cupri oxyde), kuproks, atau kiprok, whatever ...] membangkitkan listrik arus searah, shg jika aki dilepas, maka kendaraan tetap menyala, krn penyalaan busi utk pembakaran mesin dicatu langsung dari generator [alternator plus rectifier] via kumparan penyalaan (ignition coil) yg diatur oleh CDI.

Cayooo...Semangat! FUNGSI UTAMA GENERATOR pd kendaraan bermotor adalah,
1. utk membangkitkan tenaga listrik, yg digunakan utk pemuatan-kembali (recharging) aki.
2. sumber tenaga listrik pendukung aki, agar tenaga listrik aki tak pernah terkuras sampai habis.
3. menahan kendaraan tetap menyala bilamana aki lemah atau mati.

:melet lidah: ARUS DENYUT
Meski demikian,
1. generator [alternator plus rectifier] ini tdk menghasilkan arus searah sempurna, melainkan tak sempurna, yg disebut sbg arus denyut (pulsating current, PC) yg tinggi-gelombang | amplitudonya tdk rata, melainkan mengandung riak (ripple), bergelombang naik-turun, kecuali dilewatkan via penyaring|penapis (filter) [lihat gambar].
2. besar tenaga | daya | tegangan | arus dihasilkan tdk tetap (constant), melainkan bergantung pd kelajuan putaran mesin, dimana makin laju, makin besar, dan sebaliknya.
3. pd putaran lambat, tegangan aki lbh tinggi drpd tegangan generator, namun arus listrik dr aki tak akan mengalir ke generator yg dpt membuat tenaga listrik aki terkuras habis, krn ditahan oleh resistansi balik dioda. Sebaliknya, pd putaran cepat, daya listrik dihasilkan lbh besar, tegangan generator sedikit lbh tinggi drpd tegangan aki, dimana pd putaran cepat arus listrik pun lbh kuat, dan arus listrik mengalir dr generator ke aki, dgn demikian generator dpt melakukan pemuatan-ulang aki.

MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Ac-pc-dc-800x380
diagram blok sumber kelistrikan kendaraan bermotor



Anjrit salahhh... ARUS TAK RATA DAN TAK CUKUP DAYA
Jadi, jika aki dilepas ketika kendaraan dlm keadaan sdh menyala,
1. arus listrik dihasillkan adalah arus denyut [lihat gambar], shg tak dpt mencatu arus searah yg dibutuhkan klakson dan atau lampu2.
2. tenaga dan daya listrik dihasilkan tdk tetap besarnya, dan terutama pada putaran lambat, tdk cukup kuat utk mencatu daya kebutuhan klakson dan atau lampu2.
3. krn itu, klakson bunyinya tak sempurna, demikian juga nyala lampu redup, dan mengikuti irama putaran mesin.

Meneketehe.... SMR VS SMB
Sedangkan pada kebanyakan SMR (sepedamotor ringan), spt jenis underbound dan scooter, catu daya listriknya memang diambil langsung dari generator, terutama tampak pd Vespa, dimana terang-redup lampu utama mengikuti irama putaran mesin, krn pd umumnya daya yg diserap tdk sebesar spt pd SMB (sepedamotor berat|besar) atau MOGE (motor gede), dan utk SMR yg lbh modern, generatornya mungkin sdh dilengkapi dengan filter dan bahkan mungkin juga ditambahkan pemantap | pengatur tegangan atau arus (current or voltage regulator | stabilizer) sederhana. Kebijakan spt ini dibuat krn SMR dirancang tdk utk dimodifikasi spt SMB bugil (naked) yg terbuka (open) utk modifikasi dan penambahan beban listrik spt klakson, alarm | sirine, dan bbg lampu tambahan.

lama amat yach... FILTER DAN STABILIZER
Jika bro ingin klakson tdk membrebet ketika tanpa aki, maka harus dipasang filter dan stabilzer setelah generator [sesudah rectifier], dan ini ada berbagai disain dgn bbg kalkulasi elektronik, dimana makin bagus, makin banyak komponen elektronik dilibatkan, atau makin canggih komponen elektronik digunakan, shg makin mahal, dan selain itu filter dan stabilizer ini harus memiliki ketahanan utk daya cukup besar, bilamana ada penambahan beban modifikasi kelistrikan di kemudian hari.

Filter PC ke DC pd dasarya tak dibutuhkan pd kendaraan bermotor bila generator hanya berfungsi memuati-kembali aki, krn keberadaan riak tak mengganggu pemuatan ini. Namun filter dibutuhkan utk menindas riak bila generator digunakan langsung utk mencatu beban DC yg bila menerima riak akan mengalami gangguan derau (noise), spt misalnya utk mencatu radio dan atau audio player, dimana riak akan ditranslasi ke bentuk bunyi derau pd loudspeaker yg kebanyakan org menyebutnya sbg gangguan "storing".

BTW ... touring pengantar kelistrikan kita belum sampai kesini [altenator, rectifier, filter, stabilizer], shg saya tdk membahas seraca rinci ttg hal ini, krn dibutuhkan pengetahuan dasar kelistrikan lbh jauh.

...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
France Tivoz
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
France Tivoz


KEPALA DIVISI BAKTERI
Male Poin Brogader : 6754
Total Posan : 3535
Sejak : 02.10.07
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0206
Jabatan : KaDiv Bakteri
Thunder :
  • 125
  • 125 dan 250
Julukan : Red Bull
Sikon : unmeried
Hobi : Belajar
Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA

MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator   MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime20.11.07 14:32

Tepok tangan Tepok tangan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
brorokrs
MAYJEN KOSTER
MAYJEN KOSTER
brorokrs


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6698
Total Posan : 2178
Sejak : 08.01.08
Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie
KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD
NRA : 0242
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : rokrsthunder
Sikon : baru punya atu anak....
Hobi : Hiking-Fishing-Touring
Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.

MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Empty
PostSubyek: Pengganti kuproks Thunder125   MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime15.03.10 14:08

Dear pak e-one....
Gini pak..saya ada masalah kelistrikan nih...
Kebetulan aki saya baru ganti dan setelah dipakai ngantor eeh malah gak keisi setrum...Apakah penyebab aki tdk tersupply arus listrik, sedangkan spul baru digulung ulang dgn kawat diameter lebih besar...Apakah kiproknya masalah...
Apakah ada pengganti kuproks utk sementara waktu (mis, dgn menggunakan dioda) atau bagamana bila menggunakan kapasitor bang or regulator
Mohon penjelasannya pak e-one...
Trims...
Bravo KOSTER..!!!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.vinnofj.co.cc/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27475
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator   MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime16.03.10 22:57

. . .

Utk problem dan solusi kelistrikan dari rotor dan stator alternator, cuprox rectifier + regulator, hingga accumulator, silahkan lihat di:

http://www.suzuki-thunder.net/problem-dan-solusi-kelistrikan-suzuki-thunder-f70/master-listrik-problem-solusi-kelistrikan-suzuki-thunder-t5129.htm

Jika spul alternator baru dan aki juga baru, maka letak masalahya adalah antara alternator dan aki. Bisa kuproks, bisa juga cuma koneksi yg tdk sempurna, longgar, atau kotor, dlsb.

Utk pemeriksaan kuproks, silahkan lihat di:

http://www.suzuki-thunder.net/kelistrikan-suzuki-thunder-komponen-sistem-teknologi-dan-rekayasa-f66/listrik-motor-alternator-dan-transfomator-suzuki-thunder-t4131-30.htm


MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Alternator-ac-out-640x480


MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Alternator-dc-out-640x480

. . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Sponsored content





MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator   MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
MAINTENANS: Kuproks: Rektifier dan Regulator
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» MAINTENANS: TIP: Maintenans Velg
» MAINTENANS: TIP: Minyak Rem
» MAINTENANS: TIP: Mengisi BBM

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Maintenans Suzuki Thunder :: Maintenans Kelistrikan Suzuki Thunder-
Navigasi: