Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 6 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 6 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi

Go down 
+4
Supriyadi Restiyawan
gerry_garsono
Bro Jay
Thunder Rider
8 posters
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27463
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime06.09.07 2:02

PENGETAHUAN TEKNIK DASAR KENDARAAN BERMOTOR - SUZUKI THUNDER

PENTING UTK DIPAHAMI BAGI YANG SUKA MODIKASI

FYI: topik ini dilengkapi dgn topik:


TIGA LANDASAN POKOK

Tiga hal pokok berperan penting dalam rancangan | disain suatu spdmotor [berlaku umum utk kendaraan bermotor jenis lainnya, spt mobil, pesawat terbang | kapal udara, kapal laut, speedboat dll adalah:

1. permesinan (machinery)
2. pergerakan (motion, movement)
3. kelistrikan (electricity)

Masing2 berlandaskan pd sains dan teknologi sbb.

1. thermodinamik
2. fluid-dinamik: aerodinamik [utk yg menempuh udara] | hidrodinamik utk yg menempuh air]
3. elektromagnetik | elektronik



FAKTOR DISAIN | RANCANGAN KENDARAAN

Ada lebih selusin faktor yg menjadi pertimbangan disain suatu kendaraan, al:

01. berat (weight)
02. dorongan (thrust)
03. angkatan (lift)
04. hambatan atau helaan (drag) dalam gerak maju.
05. kelajuan (speed)
06. unjukkerja (performance)
07. kemantapan | stabilitas (stability)
08. kemampuan | kapabilitas manouver (manouvre capabiility)
09. kemampuan | kapabilitas jelajah (crusing | roving capability)
10. tampungan | kapasitas angkut beban (load capacity)
11. jenis bahan-bakar digunakan dan pemakaian | konsumsi bahan-bakar (fuel comsumption)
12. kehandalan (reliability)
13. kemudahan pemeliharan (maintainability)
14. kenyamanan | komfortabilitas kendara (riding comfortability) | ergonomik
15. keselamatan kendara (riding safety)
16. keamanan kendaran (vechicle security)
17. pemenuhan kriteria standar dunia.
18. kecendrungan model kendaraan yg lagi digemari (trend).
19. permintan pasar (market demand)
20. harga jual kendaraan (selling price)

Nomor urut faktor tak menunjukkan prioritas mana yg lbh utama.



PROBLEMA DISAIN

Namun bbg faktor diatas tak dapat dicapai secara maksimum sekaligus secara bersamaan, krn ada kebutuhan faktor yg saling bertentangan. Jadi hrs ada faktor yg jadi prioritas atau diutamakan dan faktor lain yg musti dikesampingkan atau dikorbankan.

Bgmn bbg faktor diatas dipertimbangkan, bergantung pd jenis dan macam kendaraan akan dibuat. Jika spdmotor, maka pd jenis dan macam spdmotor. Ulasan lebih lanjut akan dibahas pd posting mendatang.


Terakhir diubah oleh tanggal 16.02.08 12:23, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27463
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime07.09.07 8:51

...

DILEMA DAN KONTRADIKSI DISAIN DAN KONSTRUKSI OTOMOTIV

Yang jadi masalah adalah bahwa faktor-faktor diatas tak dapat dicapai secara maksimum sekaligus secara bersamaan, krn ada kebutuhan faktor yg saling bertentangan. Jadi harus ada faktor yg jadi prioritas atau diutamakan dan faktor lain yg musti dikesampingkan atau dikorbankan.

Berikut adalah bbrp contoh masalah.

Jika kelajuan dan kemampuan manouver adalah utama, maka tampungan angkut dan konsumsi BBM dikorbankan, sebab dorongan (thrust) kendaraan harus besar yg berarti boros BBM dan tubuh kendaraan harus kecil dan ramping yg berarti tak dpt mengangkut banyak beban dan penumpang. Spdmotor balap, mobil balap, mobil sedan, pesawat tempur, dan speedboat dirancang dgn kriteria ini.

Jika tampungan angkut kendaraan adalah utama, maka kelajuan dan kemampuan manover dan stabilitas dikorbankan, sebab tubuh kendaraan harus besar agar dpt memuat banyak beban dan penumpang yg berarti tak mampu bergerak laju dan lincah utk melakukan manouver dan stabilitas tubuhnya tak dapat diandalkan krn bentuk tubuhnya spt kotak (box). Spdmotor angkut, mobil box, mobil bus, mobil truk, dan pesawat airbus, dan kapal induk dirancang dgn kriteria ini.

Jika keiritan konsumsi BBM kendaraan adalah utama, maka kelajuan harus dikorbankan, krn dorongan kuat tak mungkin dihasilkan dgn sedikit BBM. Spdmotor underbone, mobil minibus, dirancamg dgn kriteria ini.

Krn untuk memperoleh semua faktor secara maksimum adalah tak mungkin, maka diambil jalan tengah, yaitu disain kompromistik utk mencapai optimum bbrp faktor yg diunggulkan, tp tetap saja tak bisa berlaku utk semua faktor.


Semua faktor dan kendala diuraikan diatas berlaku penuh utk disain suatu spdmotor.

Berikut adalah bbrp contoh.

Spdmotor balap (racing moto, racer) dan spdmotor olahraga (sporter) dirancang utk kelajuan, kapabilitas manouver, dan stabilitas, dimana kapasitas angkut, konsumsi BBM, dan komfortabilitas dikorbankan.

Spdmotor wisata (touring moto, tourer) dirancang utk kapabilitas jelajah, kapasitas angkut, dan komfortabilitas, dimana kelajuan dan stabilitas sedikit dikorbankan.

Spdmotor penumbang bolak-balik (commuter) dirancang utk kapasitas angkut, konsumsi BMM, dan juga harga kendaraan, dimana kelajuan dan stabiltas dikorbankan.

Dgn demikian perlu diperhatikan ketika anda memodifikasi spdmotor atau kendaraan bermotor lainnya, faktor mana yg ingin diunggulkan dan faktor mana terpaksa harus dikorbankan, atau anda harus mengambil bentuk kompromistik.


Terakhir diubah oleh tanggal 07.11.07 19:18, total 2 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27463
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime07.09.07 8:52

...

DILEMA DALAM RANCANG-BANGUN TEKNOLOGI SEPEDAMOTOR

Sebenarnyanya dilema diatas berlaku untuk semua jenis kendaraan, baik yang bermesin maupun yang tidak, baik kendaraan darat, laut, bawah-air, dan udara. Berlaku untuk mobil dan sepeda motor, kapal laut, kapal selam, dan kapal terbang.

Dilema terjadi adalah karena keterbatasan hukum fisika fulida-dinamika, baik aerodinamika [gerak benda di udara] maupun hidrodinamika [gerak benda di air].

Dalam merancang suatu kendaraan, kita terpaksa harus memilih salah satu, dari sekian banyak fakor diatas, nialnya, apakah dirancang untuk:

1. performa dan manouver, kecil, ringan, dan kapasitas angkut minim.
2. kecepatan dan stabilitas, traksi kuat, tapi boros bahan-bakar dan kapasitas angkut minim.
3. keiritan bahan-bakar dan daya angkut, tapi lambat dan tak stabil.
4. bentuk hibrida kompromistik, setengah cepat dan setengah stabil, dan setengah irit dan setengah kapasitas angkut

karena tak mungkin dicapai sekaligus semuanya dalam satu disain kendaraan. Jadi harus dipilih, mana yang musti diunggulkan dan mana yang terpaksa dikorbankan.

Hal ini menjelaskan mengapa mobil sedan stabil pada kecepatan tinggi, tapi boros bensin dan daya angkut rendah, sedangkan bus dan truk labil pada kecepatan tinggi, namun irit bensin dan daya angkut tinggi, sementara jeep, rover, dan crusier kompromistik antara keduanya. Begitu pula, speedboat dan pesawat jet tempur, badannya ramping, bisa bergerak cepat, tapi muat hanya satu dua orang, namun boros bahan-bakar, sedangkan kapal pesiar dan bus udara badannya besar, sarat penumpang, tak bisa cepat, namun irit bahan-bakar.

Jika semua orang memahami hal ini, tentu tak ada supir bus atau minibus yang kebut-kebutan, karena sudah dapat dipastikan bahwa pada ambang kecepatan tertentu kendaraan bertubuh kotak tsb akan oleng dan terjungkal. Sebaliknya tak ada yang bingung mengapa mobil sedan mereka begitu boros bensin dibanding minibus.

dst ....

ditinjau dari fisika sangat sesuai dengan hukum dinamika fluida (fluid dynamics), mencakup aerodinamika (aerodynamics) dan hidrodinamika (hydrodynamics), dan hal serupa juga berlaku untuk dinamika angkasa (space dynamics).
Dalam dinamika fluida, disain suatu kendaraan otomotiv: pesawat, kapal, mobil, motor, dan lainnya, ditentukan antara lain oleh faktor-faktor utama aerodinamik atau hidrodinamik diatas:

Karena adanya saling keterkaitan berkebalikan satu dengan yang lain dalam sekian faktor diatas, dimana semua faktor tak dapat diset maksimum secara bersamaan, maka untuk memperoleh keunggulan dalam sebagian faktor, berarti sebagian faktor lain harus dikorbankan.

Misalnya, jika suatu kendaraan dibutuhkan untuk kecepatan, dorongan, angkatan, unjukkerja, dan stabilitas, maka badannya harus ramping, dan dengan konsekuensi muatannya sedikit dan konsumsi bahan-bakarnya boros. Atau, jika satu kendaraan dibutuhkan untuk kapasitas angkutnya, maka badannya harus luas dan besar, dengan konsekuensi kecepatan, dorongan, angkatan, unjukkerja, dan stabilitasnya rendah.

Hal ini menjelaskan mengapa pesawat tempur dan mobil balap tubuhnya ramping dan bahan-bakarnya boros, sedangkan pesawat angkut dan mobil bis tak bisa kencang, dan mobil kotak bahan-bakarnya irit tapi stabilitasnya rendah.

Berhubungan dengan hal ini, kendaraan dapat dibedakan atas tiga kelompok sebagai berikut.

1. kendaraan maksud-khusus (special-purpose vechicles):

    Jika sesuatu kendaraan dibutuhkan untuk kecepatan, daya-dorong, daya-tempuh, unjukkerja, dan stabilitas-nya, maka tubuhnya harus sekecil dan seramping dan seringan mungkin, sehingga gampang bergerak dan melakukan manouver, tapi dengan konsekuensi daya-muat atau kapasitasnya sangat terbatas dan bahan-bakar-nya akan menjadi sangat boros. Pesawat tempur, kapal jetfoil, dan mobil balap dan mobil sedan dirancang dengan kriteria ini.


2. kendaraan maksud-umum (general-purpose vechicles):

    Jika sesuatu kendaraan dibutuhkan untuk daya-angkutnya dan keiritan bahan-bakar, maka tubuhnya harus sebesar, seluas, atau selebar dan sepanjang mungkin, tapi dengan konsekuensi tak bisa bergerak cepat dan gesit, dan tak-stabil pada kecepatan tinggi. Pesawat airbus, kapal pesiar, dan mobil bus, truk dan mobil kotak, dan berbagai kendaraan penumpang dirancang dengan kriteria ini.


3. kendaraan kompromistik | hibrida:

    Merupakan hasil negosiasi kepentingan 1 dan 2, sehingga memiliki bentuk kompromistik antara 1 dan 2.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27463
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 11:19

KALKULATOR PERUBAHAN UKURAN BAN SUZUKI THUNDER

KODE UKURAN BAN STANDAR SUZUKI THUNDER:
DEPAN80/90 x 18 45 P TTsilahkan pilih parameter ban pengganti
BELAKANG90/90 x 18 51 P TTmenggunakan ON-LINE CALCULATOR pd link berikut ini.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27463
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 11:20

KALKULATOR PERUBAHAN UKURAN BAN SUZUKI THUNDER

KODE UKURAN BAN STANDAR SUZUKI THUNDER:
DEPAN80/90 x 18 45 P TTsilahkan pilih parameter ban pengganti
BELAKANG90/90 x 18 51 P TTmenggunakan ON-LINE CALCULATOR pd link berikut ini.


EDISI REVISI KALKULATOR tlh dilengkapi dgn:
  • ukuran tekanan angin ban pengganti dlm kg/cm2 dan psi.
  • tombol salin (copy) data dan informasi hasil proses kalkulasi,
    dr memori utk tempel (paste) ke notepad agar bisa disimpan dlm berkas berformat teks standar.
Silahkan melakukan simulasi utk ban pengganti.

Semoga berguna utk semua ...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27463
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 11:20

KALKULATOR PERUBAHAN RPM DAN KMPH KELAJUAN SUZUKI THUNDER

BERDASARKAN PADA
UKURAN BANsilahkan pilih parameter ban pengganti
POSISI GIGI TRANSMISI
DAN RPM MESIN
menggunakan ON-LINE CALCULATOR pd link berikut ini.


DAPAT MENGHITUNG KMPH PADA TIAP RPM UNTUK TIAP GIGI TRANSMISI UNTUK BERBAGAI UKURAN BAN
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9704
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 13:58

Tepok tangan Mantappp Bro! Salut..Gue nyembah e
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9704
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 14:03

Tepok tangan Mantappp Bro! Salut..Gue nyembah e
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
gerry_garsono


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 8053
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 14:16

salam koster :koster: Bendera Indonesia

sip lah pa iwan..top bgt dah....
nih forum emang bisa buat kita katagihan bro...heee
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Supriyadi Restiyawan
Mayor KOSTER
Mayor KOSTER
Supriyadi Restiyawan


SEKUM I
Male Poin Brogader : 6185
Total Posan : 743
Sejak : 30.10.07
Domisili : LeuwiLiang. Bogor
KorWil : LeuwiLiang
NRA : 0132
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : Single
Slogan : Bravo KOSTER

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 15:05

Awas ketagihan! Thanks bro! Thanks bro!
Kembali Ke Atas Go down
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9704
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 15:15

yah gw mo pasang icon itu, udah diduluin si supri...
neh gw pasang lagih Awas ketagihan! Awas ketagihan!

Kembali ke topik don lanjuttt
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
gerry_garsono


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 8053
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 15:33

salam koster :koster: Bendera Indonesia

Pa iwan...thunder yg thn 2004-2005 kan belon ada slah nya tuh
otomatis hanya mengandalkan accu saja untuk system kelistrikannya...
Nah kalo yg thunder 2006 - 2008 kan udah slah plus chuck nya di stang...?
Kira2 ada tips or trik supaya si thunder 2004-2005 awal tetep bisa
terawat dengan baik ...?? baik untuk maintenance spull, kiprok, CDI, KOil , kabel body , dinamo starternya ??
mohon pencerahannya om iwan...karena itulah masalah yg sering timbul dengan si THUNDER 125 ....thanks
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
atnlie
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
atnlie


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6419
Total Posan : 3368
Sejak : 21.02.08
Domisili : Jakarta Selatan
KorWil : Jakarta Selatan
NRA : 0313
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : single
Hobi : http://www.atnlie.co.nr

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 16:04

ehem2 gara2 motor bro Ger ga bisa distater lagi ya hehehe
Piss Mann!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/atnlie
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9704
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 16:30

iya Pak E-1 kasian kan brogaders koster yang motornya masih non engkol banyak yang dibikin keder pas problem gak bisa nyalain electric starter
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
atnlie
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
atnlie


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6419
Total Posan : 3368
Sejak : 21.02.08
Domisili : Jakarta Selatan
KorWil : Jakarta Selatan
NRA : 0313
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : single
Hobi : http://www.atnlie.co.nr

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 16:42

Iya Pak E-1, kasian tuh yang mengalami hal tersebut
We Love Koster!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/atnlie
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9704
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 17:19

Ton, buruan turun, dah gak ada kerjaan kan?, nanti Om Gerr nyampe duluan lohh
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
Heru
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
Heru


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6410
Total Posan : 3127
Sejak : 13.11.06
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0069
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : Single
Hobi : Touring
Slogan : Mutiara

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime14.03.08 21:28

thx bgt atas informasinya bro....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27463
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime17.03.08 2:22

KALKULATOR PERUBAHAN BEBAN KELISTRIKAN SUZUKI THUNDER

BERDASARKAN PADA
UKURAN LAMPU DAN KLAKSONsilahkan pilih parameter lampu dan atau klakson pengganti
UKURAN AKI DAN SEKERINGmenggunakan ON-LINE CALCULATOR pd link berikut ini.


DAPAT MENGHITUNG DAYA LISTRIK DLM WATT DAN KUAT ARUS LISTRIK DLM AMPERE BERIKUT HAMBATAN LISTRIK DLM OHM UTK TIAP MACAM BEBAN PERANGKAT | PERANTI LISTRIK DIPASANG, DAN SECARA OTOMATIS MENGHITUNG TOTAL WATT, TOTAL AMPERE, TOTAL OHM, DAN MENENTUKAN BERAPA BESAR UKURAN SEKERING YANG SESUAI AGAR TDK PUTUS DAN KENDARAAN TDK TERBAKAR.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thandyman
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
Thandyman


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 5804
Total Posan : 1640
Sejak : 05.06.08
Domisili : Pandaan. Pasuruan. JaTim
KorWil : Pandaan. Pasuruan
NRA : 0244
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : married
Hobi : Riding
Slogan : You can't stand alone

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime11.06.08 10:06

Bro Iwan

Salam kenal juga ya saya thandyman dari Pandaan, Jabat Erat... Bro saya mohon pencerahannya tentang transmisi thunder 125, sehingga kita jadi tahu bagaimana dan part apa saja yang secara berkala harus kita rawat atau ganti.
Dan apa mungkin thunder 125 dimodif transmisinya jadi 6 speed???? seperti satria f 150.
Diatas Motor Begaya


Salam Gluduk


Thandyman
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kmbspda@net.id
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27463
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime12.06.08 18:03

Untuk sistem transmisi Thunder 125 tak ada Meneketehe.... maintenans atau pemeliharaan khusus yang harus atau perlu dilakukan pemakai, dan tak ada bagian harus diganti secara berkala dalam waktu singkat, kecuali yang berkaitan dengan itu, seperti clutch | kopling, sproket, dan rantai. Itu pun, hanya rantai perlu perhatian.

Tentu ada masa aus komponen transmisi, tapi MTBF (mean-time to failure) relativ tinggi, dan tentu saja ada data teknik tiap komponen, tapi tak banyak gunanya untuk diketahui pemakai, kecuali seperti ukuran rantai, dan itu ada di buku peguna.

BTW, sampai sekarang, . . . setahu saya tak satu pun Meneketehe.... Thunder KOSTER pernah bermasalah serius dengan sistem transmisi. Sehingga saya belum menganggap perlu mengangkat secara rinci tentang sistem transmisi di forum ini. Sejauh sistem transmisi digunakan secara normal dan wajar, tak akan bermasalah untuk jangka waktu relativ lama, kecuali Thunder anda mengalami kerusakan karena kecelakaan, itu lain cerita.

Bisa saja Thunder 125 dibikin jadi 6 speed. Tapi menurut saya tak ada Meneketehe.... banyak gunanya. CBR (cost to benefit ratio) tak sebanding. Thunder 125 dirancang sbg spdmotor sport-touring, bukan racing, dan modifikasinya lebih cocok ke touring, karena kapasitas mesinnya kecil.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thandyman
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
Thandyman


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 5804
Total Posan : 1640
Sejak : 05.06.08
Domisili : Pandaan. Pasuruan. JaTim
KorWil : Pandaan. Pasuruan
NRA : 0244
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : married
Hobi : Riding
Slogan : You can't stand alone

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime13.06.08 9:17

Ada sedikit pertanyaan sejak saya memakai thunder, sejak pertama kali pakai hingga sekarang apabila saya mengoper gigi dari 5 ke 4 hampir tidak terasa perpindahannya bahkan seakan akan tidak ngoper padahal lampu petunjuk sudah menyala, selanjutnya pada saat turun lagi ke gigi 3 ada suara cukup keras dan terasa sekali perpindahannya. Pada saat service pertama sayatanyakan ke teknisi katanya tidak masalah?????


Sampai saat ini km sudah saya capai1700 km, oli pakai
castrol.

Terus kalu pagi saya starter pakai kick susah sekali nyalanya.tapi kalau pakai dynamo langsung nyala?????

Demikian Bro Iwan thanks atas pencerahannya


Salam Gluduk



Thandyman
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kmbspda@net.id
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27463
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime13.06.08 11:09

Baru 1.700 km, berarti masih baru dong? Koq bermasalah? Kuaget banget Pakai gigi 5 utk kecepatan berapa?

Thunder sy sdh 25.000 lebih, sdh 2 thn lebih, belum pernah sekali pun bermasalah dalam hal apa pun, alias semuanya ok2 saja.

lama amat yach... Kalau gigi, memang makin tinggi, makin simpel atau makin mudah perpindahannya, krn banyak gerigi makin sedikit, krn diameter makin kecil, dan arahnya dari diameter besar ke diameter kecil alias turun, dan rangkum jarak perpindahan makin pendek. Dan sebaliknya.

Thunder sy, dr dan ke gigi mana pun sama saja mudahnya dan perpindahannya "smooth", halus dan lancar, tak pernah susah, apalagi sampai menimbulkan bunyi. Mungkin anda belum terbiasa melakukan perpindahan gigi secara sinkron.

mmhhhh...mikir... Logikanya, kalau distart pakai dinamo ok, tentu pakai kick starter lebih ok lagi. Mungkin anda belum terbiasa melakukan start dgn kaki.

Gini saja, krn masih baru, kalau bermasalah, yah kembalikan saja ke dealer, sampai nggak bermasalah lagi.

Binun nehh Tp sy pikir, spdmotor bergantung sama yg punya. Jadi anda hrs mengerti betul karakteristik Suzuki Thunder anda, dan bagaimana mesti memperlakukannya.

. . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thandyman
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
Thandyman


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 5804
Total Posan : 1640
Sejak : 05.06.08
Domisili : Pandaan. Pasuruan. JaTim
KorWil : Pandaan. Pasuruan
NRA : 0244
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : married
Hobi : Riding
Slogan : You can't stand alone

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime13.06.08 12:01

Yak setuju mungkin perlakuan saya yang salah, namun untuk starter saya akan coba kembalikan masalahnya ke dealer, tapi bener bro sungguh aneh. Saya selama ini selalu pakai motor sport. jadi saya pikir kick stater harusnya sama saja. Motor pertama saya GL 100 th 91 sampai sekarang cukup sekali Kick langsung greeng. ?????

Baiklah bro thanks atas advisenya

Brgd's

Thandyman
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kmbspda@net.id
Thandyman
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
Thandyman


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 5804
Total Posan : 1640
Sejak : 05.06.08
Domisili : Pandaan. Pasuruan. JaTim
KorWil : Pandaan. Pasuruan
NRA : 0244
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : married
Hobi : Riding
Slogan : You can't stand alone

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime03.07.08 14:52

Pak Iwan, saya pernah baca artikel ttg water injection. Katanya bisa menaikkan performa mesin. Bagaimana tuh pak kerjanya, katanya karbunya diinject air, apa nggak mati tuh mesin??? Saya tertarik karena katanya murah dan bisa dirakit sendiri.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kmbspda@net.id
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9704
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime03.07.08 14:53

wah ada water injection di karbu juga ya? mudah2an Om E-1 bisa memberikan pencerahan menganai ini...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
Sponsored content





MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Empty
PostSubyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi   MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» TEKNOLOGI: Pengetahuan Dasar Tentang Ban
» MODIF: Modifikasi Swing Arm
» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Modifikasi Suzuki Thunder-
Navigasi: