Tiga hal pokok berperan penting dalam rancangan | disain suatu spdmotor [berlaku umum utk kendaraan bermotor jenis lainnya, spt mobil, pesawat terbang | kapal udara, kapal laut, speedboat dll adalah:
Ada lebih selusin faktor yg menjadi pertimbangan disain suatu kendaraan, al:
01. berat (weight) 02. dorongan (thrust) 03. angkatan (lift) 04. hambatan atau helaan (drag) dalam gerak maju. 05. kelajuan (speed) 06. unjukkerja (performance) 07. kemantapan | stabilitas (stability) 08. kemampuan | kapabilitas manouver (manouvre capabiility) 09. kemampuan | kapabilitas jelajah (crusing | roving capability) 10. tampungan | kapasitas angkut beban (load capacity) 11. jenis bahan-bakar digunakan dan pemakaian | konsumsi bahan-bakar (fuel comsumption) 12. kehandalan (reliability) 13. kemudahan pemeliharan (maintainability) 14. kenyamanan | komfortabilitas kendara (riding comfortability) | ergonomik 15. keselamatan kendara (riding safety) 16. keamanan kendaran (vechicle security) 17. pemenuhan kriteria standar dunia. 18. kecendrungan model kendaraan yg lagi digemari (trend). 19. permintan pasar (market demand) 20. harga jual kendaraan (selling price)
Nomor urut faktor tak menunjukkan prioritas mana yg lbh utama.
PROBLEMA DISAIN
Namun bbg faktor diatas tak dapat dicapai secara maksimum sekaligus secara bersamaan, krn ada kebutuhan faktor yg saling bertentangan. Jadi hrs ada faktor yg jadi prioritas atau diutamakan dan faktor lain yg musti dikesampingkan atau dikorbankan.
Bgmn bbg faktor diatas dipertimbangkan, bergantung pd jenis dan macam kendaraan akan dibuat. Jika spdmotor, maka pd jenis dan macam spdmotor. Ulasan lebih lanjut akan dibahas pd posting mendatang.
Terakhir diubah oleh tanggal 16.02.08 12:23, total 1 kali diubah
Pengirim
Message
Bro Jay Donatur KOSTER
Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07
Subyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi 03.07.08 14:53
wah ada water injection di karbu juga ya? mudah2an Om E-1 bisa memberikan pencerahan menganai ini...
Thandyman BRIGJEN KOSTER
Poin Brogader : 5792 Total Posan : 1640 Sejak : 05.06.08 Domisili : Pandaan. Pasuruan. JaTim KorWil : Pandaan. Pasuruan NRA : 0244 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : married Hobi : Riding Slogan : You can't stand alone
Subyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi 03.07.08 16:32
Bener Bro Jay ane udah posting sekema dan testimoninya di forum teknologi permesinan, mudah mudahan pak Iwan bisa bantu pencerahan juga.
:Go Koster!: :Go Koster!:
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9692 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi 03.07.08 16:57
TQ Bro, akan sy pelajari dulu, sejauh mana benefit dr sistem ini .
Utk dpt menyimpulkan secara teknik, sy akan coba analisa secara ilmiah, bagaimana sistem kerjanya, krn ada sangat banyak sistem "water injection" yg sdh dipatenkan, dan masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.
Teknologi "water injection'" sdh dicoba sejak 1910an , tp baru diterapkan secara luas sejak awal 2000an.
BTW, sy cukup banyak punya referensi, dan akan sy coba simpulkan pd pos berikutnya.
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9692 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi 11.07.08 15:40
Thandyman wrote:
Pak Iwan, saya pernah baca artikel ttg water injection. Katanya bisa menaikkan performa mesin. Bagaimana tuh pak kerjanya, katanya karbunya diinject air, apa nggak mati tuh mesin??? Saya tertarik karena katanya murah dan bisa dirakit sendiri.
Thandyman wrote:
Bener Bro Jay ane udah posting sekema dan testimoninya di forum teknologi permesinan, mudah mudahan pak Iwan bisa bantu pencerahan juga.
Utk informasi ttg teknologi injeksi air (water injection) digunakan pd kendaraan bermotor, silahkan lihat dlm forum ini, dlm topik:
TEKONOLOGI INJEKSI AIR UNTUK SEPEDAMOTOR?
Utk informasi ttg kendaraan superbooster dan turbobooster yg menerapkan teknologi injeksi air (water injection), silahkan lihat dlm forum ini, dlm topik:
MESIN STANDAR VS MESIN SUPER | TURBO
Semoga berguna . . .
. . . . . . . . . . . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27451 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi 23.08.08 2:59
PENGARUH KOTAK BAGASI | BAGAGE BOX TERHADAP PERFORMA MOTO
PENGARUH BOBOT MUATAN KOTAK BAGASI TERHADAP TARIKAN
Jawabnya yang pasti adalah "ya", tp brp besar atau brp banyak pengaruhnya, bergantung pd berat beban isinya, makin berat beban muatannya, makin kecil atau menurun tarikan | percepatan | akselerasi. Formulasi teknik fisika matematiknya adalah:
a = F / m = E / (m x s)
dimana,
a, akselerasi (acceleration) | percepatan atau tarikan, dalam m/s2 (meter per square second). m, masa (mass) | bobot total kendaraan, termasuk beban muatan, dlm kg (kilogram). s, jarak ruang (space distance) tempuh kendaraan, dlm m (meter) F, gaya (force) dihasilkan mesin kendaraan, dlm kg.m/s2, atau N (Newton). E, tenaga | energi (energy) dihasilkan mesin kendaraan, dlm N.m (Newton meter), atau J (joule).
Jadi untuk tenaga dan gaya yg sama besarnya, pertambahan bobot atau berat dengan sendirinya membuat tarikan merosot (drop). Namun sejauh beban muatan tsb msh dlm toleransi kemampuan kendaraan, tak akan bermasalah.
Kalau hanya kotak bagasi tanpa beban, bobotnya relativ ringan, shg tak punya pengaruh cukup berarti.
PENGARUH LETAK KOTAK BAGASI TERHADAP DORONGAN
Yang perlu diperhatikan adalah dampak aerodinamik yg muncul krn cara penempatan pemasangan kotak bagasi, baik yg belakang maupun yg samping, krn letaknya akan mempengaruhi dorongan (thrust) kendaraan akibat timbulnya hambatan atau helaan (drag) karena terpaan angin atau aliran udara terhadap tubuh kendaraan yg arahnya berlawanan atau bertolakbelakang dgn arah maju kendaraan. Formulasi teknik fisika matematiknya adalah:
F = Ft - Fd
dimana,
F, gaya (force) dihasilkan mesin kendaraan, dlm kg.m/s2, atau N (Newton). Ft, dorongan (thrust) atau gaya dorong (thrusting force) kendaraan, dlm kg.m/s2, atau N. Fd, helaan (drag) atau gaya hela (draging force) angin, dlm kg.m/s2, atau N.
Problem yg timbul adalah bahwa, makin laju kendaraan, makin besar hambatan angin terhadap kendaraan.
Cara mengatasinya adalah dgn cara membuat sudut serang (angle of attack) menjadi minimum, shg sedikit menghasilkan angkatan (lift) atau gaya angkat (lifting force) terhadap tubuh kendaraan, krn perbedaan tekanan angin di atas dan di bawah kotak bagasi, tanpa membuat kendaraan terjungkal krn kena perangkap (stall) gejolak aliran udara atau turbulensi (turbulence).
Hal serupa juga berlaku utk pemasangan perisai atau tameng-angin (wind-shield). Krn itu sy pakai model sportiv yg aerodinamik dan dipasang miring ke belakang, shg aliran udara diteruskan dengan lancar di kanan dan kiri atas dan tak menerpa tubuh pengendara.
Semoga bisa dicerna dan dipahami . . .
Sponsored content
Subyek: Re: MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi
MODIF: Pengetahuan Dasar Teknologi Otomotiv utk Modifikasi