Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistBlogToolBarRSS FeedCalendarPencarianFAQBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
  • » Front End Bergetar
  • » Mesin tidak nyala
  • » WTA: Kenapa Mesin Excel Saya Panas Banget?
  • » mesin buat jarak jauh
  • » mesin berdengung
  • » DICARI MESIN EXCEL 150 YATIM PIATU
  • » MAU TANYA BENGKEL UNTUK SERVICE MESIN VESPA DI BSD TANGERANG
  • » Skuter di bentuk macam2.., bagaimana nanti dimasa depan?
  • » RPM tinggi mesin tersendat-sendat
  • » tarikan mesin terasa berat
  • TOPIK PILIHAN
    KOSTER 2005 2010
    community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
    MUSIK KOSTER







    Real-Time Clock
    community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
    Latest topics
    » MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
    24.03.14 15:01 by p.Cie

    » WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
    30.10.13 17:33 by 124m4

    » KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
    25.06.13 19:02 by webster

    » KORWIL: KOSTER Bekasi
    02.02.13 13:15 by harry2yo

    » WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
    02.02.13 13:14 by harry2yo

    » WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
    02.02.13 13:14 by harry2yo

    » tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
    16.12.12 23:07 by Arip Apendi

    » salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
    13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

    » MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
    05.12.12 17:44 by nanto_art

    » MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
    05.12.12 17:38 by nanto_art

    » MODIF: Akhirnya UpSideDown
    05.12.12 17:35 by nanto_art

    » thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
    05.12.12 17:31 by nanto_art

    » Thunder Black & White Simplicity
    05.12.12 17:30 by nanto_art

    » POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
    05.12.12 17:28 by nanto_art

    » MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
    05.12.12 17:24 by nanto_art

    » NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
    28.11.12 13:43 by harry2yo

    » WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
    27.11.12 16:54 by t.aguss

    » WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
    01.11.12 11:34 by harry2yo

    » MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
    01.11.12 11:13 by harry2yo

    » DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
    01.11.12 11:10 by harry2yo

    » KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
    01.11.12 11:06 by harry2yo

    » NEWBIE from Batam
    01.11.12 11:01 by harry2yo

    » MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
    01.11.12 11:00 by harry2yo

    » Setelan Angin Karburator
    22.10.12 1:00 by double

    » DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
    04.10.12 1:21 by voltage

    » Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
    24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

    » MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
    21.09.12 18:28 by harry2yo

    » Salam Kenal....
    21.09.12 18:18 by harry2yo

    » SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
    21.09.12 18:16 by harry2yo

    » Salam kenal untuk semuanya disini
    21.09.12 18:14 by harry2yo

    » Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
    04.09.12 0:01 by enjienji

    » KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
    01.08.12 0:47 by manyon

    » MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
    18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

    » WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
    20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

    » WTA: Saran Seputar Pasal 27 UU ITE
    15.06.12 17:13 by 124m4

    User Yang Sedang Online
    Total 7 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 7 Tamu

    Tidak ada

    User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
    SITUS KOSTER
    BLOG KOSTER
    FACEBOOK KOSTER


    community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

    SKEMA INSTALASI
    APLIKASI facebook KOSTER

    instal : klik disini

    KOMENTAR


    Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

    Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

    E-MAIL GRATIS THUNDER
    daftar dan periksa disini !!
    provided and supported by :
    powered by :
    MESIN LACAK
    NAVIGASI
    PAGINA BANTU

    E-MAIL KOSTER

    PESAN KE PENGPUS
    KOSTER INDONESIA

    singkat lengkap

    MILIS GROUP

    Ketikkan E-Mail Anda:





    Powered by
    www.suzuki-thunder.net

    NOTIFIKASI FORUM

    Ketikkan E-Mail Anda:





    Delivered by
    www.suzuki-thunder.net

    ANGGOTA KOSTER

    ANGKA PERTUMBUHAN
    ANGGOTA FORUM KOSTER
    WAKTU ANGGOTA
    01-09-06 1
    20-04-08 1.000
    10-05-09 2.000
    07-10-09 2.500
    09-12-09 3.000
    23-12-09 3.050
    06-01-10 3.100
    02-02-10 3.200
    18-02-10 3.250
    05-03-10 3.300
    22-04-10 3.350
    03-04-10 3.375
    09-04-10 3.400
    08-05-10 3.500
    05-06-10 3.600
    16-06-10 3.625
    17-06-10 3.630
    18-06-10 3.635
    19-06-10 3.640
    23-06-10 3.650
    28-06-10 3.670
    02-07-10 3.680
    06-07-10 3.690
    07-07-10 3.700
    15-07-10 3.737
    21-07-10 3.750
    23-07-10 3.760
    25-07-10 3.770
    28-07-10 3.780
    31-07-10 3.790
    04-08-10 3.800
    05-08-10 3.810
    12-08-10 3.830
    17-08-10 3.850
    21-08-10 3.870
    23-08-10 3.880
    25-08-10 3.890
    28-08-10 3.900
    01-09-10 3.920
    06-09-10 3.930
    07-09-10 3.940
    09-09-10 3.950
    17-09-10 3.975
    20-09-10 3.980
    25-09-10 3.990
    03-10-10 4.000
    11-10-10 4.025
    10-11-10 4.050
    06-12-10 4.075
    11-12-10 4.090
    22-12-10 4.100
    01-03-11 4.130
    16-03-11 4.140
    28-03-11 4.150
    07-04-11 4.160
    16-04-11 4.170
    29-04-11 4.180
    07-05-11 4.190
    08-05-11 4.200
    19-05-11 4.210
    28-05-11 4.220
    27-06-11 4.250
    11-08-11 4.300
    19-09-11 4.350
    RERATA PER BULAN : 100


    ANGKA PERTUMBUHAN
    ANGGOTA RESMI KOSTER
    NRA KOSTER WILAYAH
    0001 - 0154 JaDeBoTaBek
    0155 - 0170 TanjungPinang
    0171 - 0243 JaDeBoTaBek
    0244 - 0251 Pandaan
    0252 - 0271 Surabaya
    0272 - 0325 JaDeBoTaBek
    0326 - 0335 Cilacap
    0336 - 0364 Kupang
    0365 - 0375 Kendari
    0376 - 0385 Trenggalek
    0386 - 0400 Pontianak
    0401 - 0420 Malang
    0421 - 0460 Blitar
    0461 - 0540 Jember
    0541 - 0615 Bondowoso
    0616 - 0635 Situbondo
    0636 - 0655 Denpasar
    0656 - 0680 TanjungPinang
    0681 - 0780 JaDeBoTaBek
    0781 - 0837 JaDeBoTaBek
    0838 - 0841 Indramayu
    0842 - 1000 . . .

    community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

    NRA terakhir dikeluarkan
    pengurus pusat KOSTER:

    NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
    KORWIL: Indramayu


    WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
    KW WILAYAH NRA
    30 Jakarta Pusat 7
    20 Jakarta Barat 13
    19 Jakarta Selatan 21
    18 Jakarta Timur 32
    21 Jakarta Utara 12
    39 Tanggerang Sel 12
    01 Bogor 79
    02 Bogor: Cibinong 44
    22 Bogor: BojongGede 6
    08 Bogor: Parung 23
    32 Bogor: P. Panjang
    03 Bogor: LeuwiLiang 27
    06 Bogor: Ciawi 27
    07 Bogor: Cisarua 7
    16 Bogor: Citeureup 4
    17 Bogor: Cileungsi 14
    05 Depok 49
    40 Indramayu 4
    13 Dumai
    09 TanjungPinang 41
    27 Cilacap 10
    29 Surabaya 20
    43 Ponorogo 20
    44 Pacitan
    33 Malang 20
    48 Batu
    49 AsamBagus
    50 Tamanan
    04 Blitar 40
    41 Tulungagung  
    37 Trenggalek 10
    28 Pasuruan: Pandaan 8
    42 Probollingo
    11 Jember 80
    12 Situbondo 20
    38 Bondowoso 75
    31 Banyuwangi
    45 Banjarmasin  
    46 Palangkaraya
    15 Samarinda
    34 Balikpapan
    35 Pontianak 15
    36 Bali 20
    14 Kupang 30
    25 Soppeng
    23 Kendari 10
    24 BauBau
    26 Manado
    47 Kawanua
    10 Papua
    TOTAL KORWIL 50
    TOTAL NRA KOSTER 900
    TOTAL ANGGOTA 5.000


    KOSTER WILAYAH
    SENUSANTARA

    PENDATAAN KORWIL
    [ pop-up ]

    BELUM ANGGOTA KOSTER?
    KLIK DISINI
    [ pop-up ]

    INAUGURASI KOSTER
    [ pop-up slideshow ]

    CETAK
    BROSUR KOSTER

    [ ukuran dalam pixel ]
    1024 x 768 
       ●  800 x 600
       ●  640 x 480
       ●  520 x 390

    KIRIM PESAN KE PENGPUS
    KOSTER INDONESIA

    singkat lengkap


    AKTIVITAS KOSTER
    [ pop-up ]

    KONFIRMASI PEMBAYARAN
    [ pop-up ]

    LOGIN FACEBOOK-FORUM

    KOMENTAR

    Share | 
     

     P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?

    Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
    PengirimMessage
    punke
    CATAM KOSTER
    CATAM KOSTER


    ANGGOTA FORUM
    Male Poin Brogader: 1575
    Total Posan: 8
    Sejak: 10.07.10
    Domisili: Depok
    NRA: 0000
    Jabatan: Ang. Forum
    Thunder:
    • 125
    Sikon: Single
    Hobi: Futsal, dan olahraga
    Slogan: Bravo KOSTER

    PostSubyek: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 3:06

    Mlm bro n para suhu ...
    Mau nanya nih, ap iya setingan klep motor Thunder sensitif ya?? (bawahnya rendah)

    Masalahnya akhir2 ini mtor gw jadi ngelitik gtu,
    trus cb gw bw ke bengkel resmi n blg keluhannya, tp dpt jwban spt yg gw tanya d atas ...

    Mohon solusinya dunk utk ngatasi mslh ini, lama2 jd pengeng dgr mesin ngelitik

    Makasih ya bro n para suhu
    Kembali Ke Atas Go down
    http://pamungkas_sl8@yahoo.com
    Thunder Rider
    Admin | WebMaster
    Admin | WebMaster


    ANGGOTA RESMI
    Male Poin Brogader: 23945
    Total Posan: 24741
    Sejak: 19.06.07
    Domisili: Bogor.Parung | Depok.BojongSari
    KorWil: Parung | KOSPAD
    NRA: 0115
    Jabatan: Penasehat Ahli
    Thunder:
    • 125
    Julukan: Wild Horse | Silver Hawk
    Status:
    • kawin | nikah
    Sikon: 1I2A
    Hobi: 1001
    Slogan: Tiap Pribadi adalah Unik

    PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 3:29

    Berikut adalah bbrp faktor penyebab kenapa mesin berbunyi kasar.

    PROBLEM DAN SOLUSI SUZUKI THUNDER
    MESIN
    PROBLEM MESIN BERBUNYI TIDAK NORMAL, BRISIK, ATAU KASAR
    ANALISA | FAKTOR PENYEBAB DAN KEMUNGKINANSOLUSI | TINDAKAN
    ALIRAN BAHANBAKAR [tidak ada]
    PELUMASAN [tidakada]
    KELISTRIKAN [tidak ada]
    PERMESINAN [ada] bunyi disebabkan oleh:
    KATUP | KLEP (KLEP, VALVE)
    DAN POROS-UNGKIT | NOS-AS (NOKENSCHACHT, CAMSHAFT)
    1celah | kerenggangan katup tidak pas | terlalu renggangstel
    2katup ausganti
    3pegas | per katup lemah atau patahganti
    4lengan ayun (rocker arm) ausganti
    5poros ungkit | nok as (nokenschacht, camshaft) ausganti
    SILINDER DAN TORAK (ZUIGER, PISTON)
    1kamar bakar banyak endapan arang | karbon sisa pembakaran tak sempurnabersihkan
    2piston atau silinder ausganti
    3pin piston atau lubang pin piston ausganti
    4cicncin (ring) piston atau alur cincin piston ausganti
    POROS-ENGKOL | KRUK-AS (KRUKSCHACHT | CRANKSHAFT)
    1lager | bearing ausganti
    2lager | bearing pin poros engkol ausganti
    3celah | kerenggangan dorongan lager (bearing thrust) terlalu besarganti
    4poros-engkol | kruk-as (krukschacht, crankshaft) ausganti
    PERSNELING (VERSENELING, TRANSMISSION)
    1gigi (gear) ausganti
    2parit gigi ausganti
    3gigi primer aus atau rusakganti
    4lager | bearing ausganti
    KOPLING (CLUTH)
    1parit poros-pencacah (countershaft) ausganti
    2gigi pelat kopling ausganti
    3pelat kopling bengkokganti
    4pegas | per kopling lemahganti
    RANTAI KETENG | PEWAKTUAN (TIMING CHAIN)
    DAN RANTAI SPROKET | RODA (SPROCKET CHAIN)
    1rantai keteng | rantai pewaktuan (timing chain) melarganti
    2rantai sproket | rantai roda melarganti
    3mata | gigi rantai sproket ausganti
    4penyetel tegangan rantai sproket rusakperbaik | ganti
    THUNDER RIDER


    Bagian utama dan dasar mesin Suzuki Thunder 125|250 2005-2008


    Sesuai penjelasan pd pos BEDAH MESIN SUZUKI THUNDER, mesin Suzuki Thunder 125 dan 250, sejak dr 2005 s/d 2008, secara mekanik pada dasarnya tak banyak berbeda. Jadi gambar diatas berlaku utk baik ST 125 maupun ST 250, dan utk ST 2005, 2006, 2007, hingga 2008.

    Semoga bisa dicerna dan dipahami, membantu dan berguna . . .

    . . .
    Kembali Ke Atas Go down
    http://pro.tesqscape.com/
    Thunder Rider
    Admin | WebMaster
    Admin | WebMaster


    ANGGOTA RESMI
    Male Poin Brogader: 23945
    Total Posan: 24741
    Sejak: 19.06.07
    Domisili: Bogor.Parung | Depok.BojongSari
    KorWil: Parung | KOSPAD
    NRA: 0115
    Jabatan: Penasehat Ahli
    Thunder:
    • 125
    Julukan: Wild Horse | Silver Hawk
    Status:
    • kawin | nikah
    Sikon: 1I2A
    Hobi: 1001
    Slogan: Tiap Pribadi adalah Unik

    PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 3:36

    Berikut adalah diagram pengaturan dan penyetelan celah | keregangan katup | klep (valve clearance) silinder Suzuki Thunder, berdasarkan pd service manual yg dikeluarkan PT Indomobil Suzuki Internasional.



    Pengaturan dan penyetelan katup | klep silinder mesin Suzuki Thunder 125|250 2005-2008

    Mesin Suzuki Thunder 125 dan 250, sejak dr 2005 s/d 2008, secara mekanik tak berbeda. Jadi gambar diatas berlaku utk baik ST 125 maupun ST 250, dan utk ST 2005, 2006, 2007, hingga 2008.


    PENGUKURAN DAN PENYETELAN KERENGGANGAN KLEP | KATUP SILINDER MESIN
    (ENGINE CYLINDER VALVE CLEARANCE MEASUREMENT AND ADJUSMENT)


    Kerenggangan katup terdpt di antara ujung tangkai katup dan sekrup penyetel pd lengan ayun (rocker arm). Jika kerenggangannya melebihi batas alias terlalu besar|renggang, maka akan mengakibatkan timbul bunyi mengelitik, dan kompresi tak maksimum, shg tenaga mesin dihasilkan tak maksimum. Jika kerenggangan katup terlalu kecil|sempit, maka katup tak dpt duduk dgn tepat, dan mengakibatkan gas terbuang, shg tenaga yg dihasilkan tak maksimum. Hal yg paling buruk dgn kerenggangan katup terlalu kecil adalah katup akan menyentuh kepala torak (zuiger, piston) dan dpt mengakibatkan kerusakan pd keduanya yakni katup dan torak.

    REGANGAN KATUP TERLALU LEBAR
    • terjadi bocoran kompresi dan tenaga mesin terbuang percuma
    • tenaga mesin tak maksimum
    • mesin mengelitik
    REGANGAN KATUP TERLALU SEMPIT
    • terjadi bocoran gas masukan dan gas bahanbakar terbuang percuma
    • tenaga mesin tak maksimum
    • katup dan piston rusak
    Pd penyetelan katup masuk (intake valve), lakukan biasa saja. Sedangkan pd penyetelan katup buang (exhaust valve) terdapat pegas balik|pengembali (return spring) pd bagian lengan ayun, shg saat melakukan penyetelan, lengan ayun harus diungkit dgn obeng sambil memasukkan pencacah ketebalan (thickness gauge) antara sekerup atur (adjusting screw) dan tangkai katup.


    KEREGANGAN KLEP|KATUP
    • katup masuk (intake valve) .. : 0,03 - 0,07 mm, optimum sekitar 0,05 mm, maksimum 0,1 mm
    • katup buang (exhaust valve) : 0,12 - 0,18 mm, optimum sekitar 0,15 mm, maksimum 0,2 mm
    Ketika mengukur atau menyetel kerenggangan katup, lakukan ketika mesin dingin, dan dicek ketika mesin panas. Lakukan 2 s/d 3 kali, sampai diperoleh pengaturan keregangan optimum.


    PEWAKTUAN KLEP|KATUP (VALVE TIMING)

    Pewaktuan katup (valve timing) adalah saat membuka dan menutup katup masuk dan katup buang. Membuka dan menutup katup digerakkan oleh poros nok | as nok | poros kam (camshaft). Seperti halnya pewaktuan bandar (port timing) pd mesin 2-tak|langkah (2-stoke), Pewaktuan katup pd mesin 4-tak|langkah (4-stroke) sangat menetukan hasil kerja mesin, krn hal ini sbg pengatur saat pemasukkan dan pembuangan

    PEMBUKAAN DAN PENUTUPAN KLEP|KATUP
    • pemasukan (intake)
      • katup masuk membuka : 35 sebelum TMA
      • katup masuk memutup : 57 setelah TMB
      • durasi pemasukan : 35 + 180 + 57 = 272

    • pembuangan (exhaust)
      • katup buang membuka : 56 sebelum TMB
      • katup masuk memutup : 24 setelah TMA
      • durasi pembuangan: 56 + 180 +24 = 260

    • sudut tumpang-tindih (overlap) dua katup
      • pd TMA : 35 + 24 = 59
      • pd TMB : 57 + 56 = 113
    . . .

    Sbg pegangan dan pengetahuan tambahan, jika anda tak memiliki data ttg berapa semestinya ukuran keregangan klep silinder mesin suatu kendaraan bermotor, terutama spdmotor. Cara pendekatan (approximation) berikut ini bisa digunakan.

    Pada umumnya, celah (gap, clearance)pembukaan katup (klep, valve) itu tak terlalu besar, hanya dalam ordo per sepuluhan milimeter, antara 0,05 s/d 0,25 mm [0,005 s/d 0,025 cm, atau 0,002 s/d 0,009 inci; 1 inci = 2,54 cm]. Biasanya, ukuran celah klep masuk (intake valve, inlet valve) dan celah klep buang (exhaust valve) itu berbeda, krn durasi pembukaannya tak hrs sama. Umumnya, klep buang membuka sedikit lbh lama drpd klep masuk.



    Utk spdmotor thn 90 kebawah, umumnya celah klep masuk dan celah klep buang sama, sekitar 0,1 s/d 0,15 mm. Sedangkan utk spdmotor thn 90 keatas, celah klep sedikit lbh renggang, dan umumnya celah klep buang sedikit lbh renggang drpd celah klep masuk, yakni antara 0,1 s/d 0,15 mm utk klep masuk, dan antara 0,15 s/d 0,25 mm utk klep buang.

    Secara teknik, renggang-rapat celah klep masuk tak berpengaruh langsung pd pemakaian bahanbakar, krn debit bahanbakar ke silinder sebenarnya diatur pd setelan karburator.

    ... ... ...

    Dlm menyetel klep, gunakan feeler | gap gauge utk mempresisikan ukuran. Celah terbaik adalah dimana bunyi buka-tutup klep terdengar minimum, alias tak ada bunyi spt klik ... klik... klik, melainkan hanya bunyi percikan oli, spt cup ... cup ... cup ..., dgn catatan bahwa permukaan dan pinggiran klep dlm keadaan baik alias tdk aus. Jika pd ukuran celah terbaik ternyata bunyi ini tak bisa hilang, berarti klep aus dan hrs diganti.

    Penting dan perlu dicatat bahwa, jika tak bisa memperoleh celah terbaik, biarkan klep sedikit lbh renggang drpd lbh rapat, meski menimbulkan sedikit bunyi. Secara teknik, jika celah klep terlalu rapat, selain merusak klep, juga merusak mesin, dan kerja mesin terganggu, krn mesin tak memperoleh cukup bahanbakar dan atau tak bisa membuang sisa pembakaran secara sempurna, alias bisa berakibat fatal thdp mesin.

    ... ... ...


    Dlm praktek, klep tak membuka atau menutup tepat ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP (titik mati atas | top death point) atau di TMB|BDP (titik mati bawah | bottom death point). Tp bbrp derajat sebelum atau sesudah posisi ini. Begitu pula busi, tak menyala tepat ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP, tp bbrp derajat sebelumnya. Ini sengaja diatur sedemikian sehingga campuran bahanbakar dan udara dr karburator memiliki cukup waktu utk masuk ke silinder, dan pembakaran oleh penyalaan busi memiliki cukup waktu dlm proses membakar campuran bahanbakar dan udara, dan sedemikian sehingga pembakaran berakhir dan tenaga mesin dihasilkan persis ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP utk memperoleh daya gerak maksimum.

    Klep masuk|ambil (intake valve) tak persis membuka pd awal langkah pengambilan (intake stroke) ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, tp sudah terjadi pd akhir langkah pembuangan (exhaust stroke) bbrp derajat sebelum torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP. Dan tdk persis menutup pd akhir langkah pengambilan ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP, tp bbrp derajat sebelumnya.

    Demikian juga utk klep keluar|buang, tak persis membuka pd awal langkah pembuangan (exhaust stroke) ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP, tp sudah terjadi pd akhir langkah pendayaan (power stroke) bbrp derajat sebelum torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP. Dan tdk persis menutup pd akhir langkah pembuangan ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, tp bbrp derajat sesudahnya.

    Brp ukuran derajat sudut haluan (leading angle) dan sudut buritan (trailing angle), berbeda utk berbagai jenis kendaraan berbeda, bergantung juga pd volume silinder dan banyak silinder, dan laju putaran mesin. Utk Suzuki Thunder 125 | 250, harap merujuk kpd buku acuan teknik (technical refence) atau buku acuan layanan (service reference) masing2.

    Secara visual, brp derajat pembukaan dan penutupan masing-masing klep bisa dilihat pd posisi nok (cam) pd poros nok (nok as, camshaft).

    Uraian rinci sy ttg ini bisa dilihat dlm forum ini dlm topik:

    • MESIN MENGELITIK
    • MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER
    • BEDAH MESIN SUZUKI THUNDER
    • BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER

    Semoga berguna ...

    ________________________________________
    SALAM PENUNGGANG GURUH
    penerjun - penyelam - penembak

    SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
    THUNDER 512KB

    Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

    083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

    Kembali Ke Atas Go down
    http://pro.tesqscape.com/
    punke
    CATAM KOSTER
    CATAM KOSTER


    ANGGOTA FORUM
    Male Poin Brogader: 1575
    Total Posan: 8
    Sejak: 10.07.10
    Domisili: Depok
    NRA: 0000
    Jabatan: Ang. Forum
    Thunder:
    • 125
    Sikon: Single
    Hobi: Futsal, dan olahraga
    Slogan: Bravo KOSTER

    PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 3:39

    Thunder Rider wrote:
    Berikut adalah bbrp faktor penyebab kenapa mesin berbunyi kasar.

    PROBLEM DAN SOLUSI SUZUKI THUNDER
    MESIN
    PROBLEM MESIN BERBUNYI TIDAK NORMAL, BRISIK, ATAU KASAR
    ANALISA | FAKTOR PENYEBAB DAN KEMUNGKINANSOLUSI | TINDAKAN
    ALIRAN BAHANBAKAR [tidak ada]
    PELUMASAN [tidakada]
    KELISTRIKAN [tidak ada]
    PERMESINAN [ada] bunyi disebabkan oleh:
    KATUP | KLEP (KLEP, VALVE)
    DAN POROS-UNGKIT | NOS-AS (NOKENSCHACHT, CAMSHAFT)
    1celah | kerenggangan katup tidak pas | terlalu renggangstel
    2katup ausganti
    3pegas | per katup lemah atau patahganti
    4lengan ayun (rocker arm) ausganti
    5poros ungkit | nok as (nokenschacht, camshaft) ausganti
    SILINDER DAN TORAK (ZUIGER, PISTON)
    1kamar bakar banyak endapan arang | karbon sisa pembakaran tak sempurnabersihkan
    2piston atau silinder ausganti
    3pin piston atau lubang pin piston ausganti
    4cicncin (ring) piston atau alur cincin piston ausganti
    POROS-ENGKOL | KRUK-AS (KRUKSCHACHT | CRANKSHAFT)
    1lager | bearing ausganti
    2lager | bearing pin poros engkol ausganti
    3celah | kerenggangan dorongan lager (bearing thrust) terlalu besarganti
    4poros-engkol | kruk-as (krukschacht, crankshaft) ausganti
    PERSNELING (VERSENELING, TRANSMISSION)
    1gigi (gear) ausganti
    2parit gigi ausganti
    3gigi primer aus atau rusakganti
    4lager | bearing ausganti
    KOPLING (CLUTH)
    1parit poros-pencacah (countershaft) ausganti
    2gigi pelat kopling ausganti
    3pelat kopling bengkokganti
    4pegas | per kopling lemahganti
    RANTAI KETENG | PEWAKTUAN (TIMING CHAIN)
    DAN RANTAI SPROKET | RODA (SPROCKET CHAIN)
    1rantai keteng | rantai pewaktuan (timing chain) melarganti
    2rantai sproket | rantai roda melarganti
    3mata | gigi rantai sproket ausganti
    4penyetel tegangan rantai sproket rusakperbaik | ganti
    THUNDER RIDER


    Bagian utama dan dasar mesin Suzuki Thunder 125|250 2005-2008


    Sesuai penjelasan pd pos BEDAH MESIN SUZUKI THUNDER, mesin Suzuki Thunder 125 dan 250, sejak dr 2005 s/d 2008, secara mekanik pada dasarnya tak banyak berbeda. Jadi gambar diatas berlaku utk baik ST 125 maupun ST 250, dan utk ST 2005, 2006, 2007, hingga 2008.

    Semoga bisa dicerna dan dipahami, membantu dan berguna . . .

    . . .

    Ada recommend bengkel yg bs ngatasin permasalahan tsb ga, karena udh coba ke beres malah d cuekin. Dgn balasan setingan klep thunder emang spt itu..
    Klu blh kasih almatnya om..Pusing dgernya.
    Kembali Ke Atas Go down
    http://pamungkas_sl8@yahoo.com
    punke
    CATAM KOSTER
    CATAM KOSTER


    ANGGOTA FORUM
    Male Poin Brogader: 1575
    Total Posan: 8
    Sejak: 10.07.10
    Domisili: Depok
    NRA: 0000
    Jabatan: Ang. Forum
    Thunder:
    • 125
    Sikon: Single
    Hobi: Futsal, dan olahraga
    Slogan: Bravo KOSTER

    PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 3:43

    Btw makasih om penjelasannya yg komplit, malah gw sndri skg yg bngung gmn nyernanya. Anjrit salahhh...
    Maklum nubie bw Thundie om Ngakak Guling2an
    Kembali Ke Atas Go down
    http://pamungkas_sl8@yahoo.com
    Thunder Rider
    Admin | WebMaster
    Admin | WebMaster


    ANGGOTA RESMI
    Male Poin Brogader: 23945
    Total Posan: 24741
    Sejak: 19.06.07
    Domisili: Bogor.Parung | Depok.BojongSari
    KorWil: Parung | KOSPAD
    NRA: 0115
    Jabatan: Penasehat Ahli
    Thunder:
    • 125
    Julukan: Wild Horse | Silver Hawk
    Status:
    • kawin | nikah
    Sikon: 1I2A
    Hobi: 1001
    Slogan: Tiap Pribadi adalah Unik

    PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 4:03

    punke wrote:
    Ada recommend bengkel yg bs ngatasin permasalahan tsb ga, karena udh coba ke beres malah d cuekin. Dgn balasan setingan klep thunder emang spt itu..
    Klu blh kasih almatnya om..Pusing dgernya.

    . . .


    Pengetahuan saya perihal bengkel adalah NOL besar, karena sejak beli Thunder sejak tiga tahun lalu belum pernah punya masalah permesinan dan servis ke bengkel manapun, kecuali sekali waktu pelat koplingnya habis terkikis lantaran menanjak terus sampai di atas gunung, sehigga terpaksa harus digotong pakai mobil bak untuk bisa turun gunung sampai bengkel terdekat.


    . . .
    Kembali Ke Atas Go down
    http://pro.tesqscape.com/
    Thunder Rider
    Admin | WebMaster
    Admin | WebMaster


    ANGGOTA RESMI
    Male Poin Brogader: 23945
    Total Posan: 24741
    Sejak: 19.06.07
    Domisili: Bogor.Parung | Depok.BojongSari
    KorWil: Parung | KOSPAD
    NRA: 0115
    Jabatan: Penasehat Ahli
    Thunder:
    • 125
    Julukan: Wild Horse | Silver Hawk
    Status:
    • kawin | nikah
    Sikon: 1I2A
    Hobi: 1001
    Slogan: Tiap Pribadi adalah Unik

    PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 4:05





    MESIN MENGELITIK

    (C) 2006-2010 - E1 KOSTER 0115 Thunder Rider



    Mesin kendaraan bermotor mengelitik (pinking) bila terjadi ketukan (knocking) atau letupan (detonation) sekitar waktu pembakaran (combustion) [langkah|tak 3 utk mesin 4 tag|stroke], sebelum (before, voor) atau sesudah (after, na) penyalaan (iginition, ontsteking).

    Penyebabnya ada 3 kemungkinan, diurut berdasarkan pd kemungkinan tertinggi, salah satu saja atau kombinasi diantaranya.

    1. pewaktuan penyalaan tdk tepat (incorrect ignition timming): terdahulu|dini (pre-ignition, premature) atau terlambat|telat (post-ignition, late).
    2. terdapat banyak endapan kerak karbon dlm kamar bakar (combustion chammber), shg menggangu proses pembakaran normal.
    3. nilai oktan bahanbakar rendah, shg mudah terbakar pd suhu|temperatur dan tekanan kompresi sebelum busi menyala.

    Jika nilai oktan bahanbakar mencukupi, dan ruang silinder dan kamar bakar ternyata bersih, mk berarti adalah krn pewaktuan penyalaan tdk tepat, terdahulu atau terlambat.

    A. Terdahulu bila bahanbakar meletup lebih dulu sebelum (before, voor) busi menyala.
    B. Terlambat bila bahanbakar meletup kemudian sesudah (after, na) busi menyala.


    AKIBAT

    Jika waktu penyalaan tdk tepat, baik terdahulu maupun terlambat, maka berakibat pd:

    1. konsumsi bahanbakar lebih boros drpd semestinya, krn efisiensi dan efektivan mesin turun|drop.
    2. pembakaran tak sempurna, shg lebih banyak karbon sisa pembakaran dihasilkan.
    3. terjadi endapan kerak karbon dlm kamar bakar, silinder mesin hingga ke saluran gas buang | knalpot.
    4. sebagian besar bahanbakar tak diubah jadi tenaga mesin, tp jadi tenaga panas.
    5. suhu panas mesin lbh tinggi drpd semestinya, sbg dampak tenaga panas buangan.
    6. penghasilan daya mesin yg kurang drpd semestinya, shg kendaraan kurang berdaya|bertenaga, sangat terasa pd tanjakan.
    7. komponen mesin lbh cepat aus dan mesin lbh cepat rusak.


    SEBAB

    Jika waktu penyalaan tdk tepat, terdahulu atau terlambat, maka penyebabnya 7 kemungkinan, diurut berdasarkan pd kemungkinan tertinggi, salah satu saja atau kombinasi diantaranya.

    1. stelan jarak|waktu rantai keteng (timing chain, timing belt) tdk tepat: kemajuan atau kemunduran.
    2. stelan celah (gap) pembukaan klep|katup (valve) tdk tepat: kebesaran atau kekecilan.
    3. stelan mur (nut) lengan ungkit (rocker arm) tdk tepat: kekencangan atau kelonggaran.
    5. rantai keteng aus.
    6. lengan ungkit aus.
    7. klep|katup aus.


    SOLUSI

    1. Lakukan penyetelan pewaktuan penyalaan dan penyetalan klep.
    2. Ganti bila ada komponen yg aus.
    3. Bila tak bisa mengerjakan sendiri atau tak punya peralatan, sebaiknya bawa ke bengkel yg punya peralatan lengkap dan teknikan berpengalaman yg bisa menanganinya, krn ini pekerjaan dgn penyetelan "presisi".



    ilustrasi 4 fase proses dlm mesin 4 langkah|tak

    PENYETELAN PEWAKTUAN PENYALAAN (IGNITION TIMING SETTING)

    Penyetelan pewaktuan penyalaan busi harus dilakukan:

    1. diatur agar tepat, dlm arti sesuai dgn waktu buka-tutup pasangan klep|katup (valve) dan waktu naik-turun torak|zuiger|piston, yg diatur pewaktuan (timing) nya oleh rantai keteng (timing chain, timimg belt), yg dinyatakan oleh.
    2. sinkronisasi pasangan tanda pewaktuan pd mesin, tanda yg diam (static) dan tanda yg bergerak (dynamic).
    3. menggunakan alat bantu, lampu pewaktuan (timing light) | lampu strobo (strobo light), shg memungkinkan visualisasi frekuensi putaran mesin. Pengaturan dgn perasaan (feeling) atau perkiraan akan sangat bergantung kpd pengalaman dan kepekaan (sensitivity) teknikan yg melakukannya.


    PENYETELAN KLEP (VALVE SETTING)

    Penyetalan klep hrs dilakukan:

    1. ketika mesin dlm keadaan panas pd suhu normal mesin (engine normal temperature).
    2. klep dlm posisi membuka penuh (full opening).
    3. menggunakan alat bantu, pengukur jarak celah klep (valve gap feeler|filler).

    Dlm praktek, klep tak membuka atau menutup tepat ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP atau di TMB|BDP. Tp bbrp derajat sebelum atau sesudah posisi ini. Begitu pula busi, tak menyala tepat ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP, tp bbrp derajat sebelumnya. Ini sengaja diatur sedemikian sehingga campuran bahanbakar dan udara dr karburator memiliki cukup waktu utk masuk ke silinder, dan pembakaran oleh penyalaan busi memiliki cukup waktu dlm proses membakar campuran bahanbakar dan udara, dan sedemikian sehingga pembakaran berakhir dan tenaga mesin dihasilkan persis ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP utk memperoleh daya gerak maksimum.

    Klep masuk|ambil (intake valve) tak persis membuka pd awal langkah pengambilan (intake stroke) ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, tp sudah terjadi pd akhir langkah pembuangan (exhaust stroke) bbrp derajat sebelum torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP. Dan tdk persis menutup pd akhir langkah pengambilan ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP, tp bbrp derajat sebelumnya.

    Demikian juga utk klep keluar|buang, tak persis membuka pd awal langkah pembuangan (exhaust stroke) ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP, tp sudah terjadi pd akhir langkah pendayaan (power stroke) bbrp derajat sebelum torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP. Dan tdk persis menutup pd akhir langkah pembuangan ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, tp bbrp derajat sesudahnya.

    Brp ukuran derajat sudut haluan (leading angle) dan sudut buritan (trailing angle), berbeda utk berbagai jenis kendaraan berbeda, bergantung juga pd volume silinder dan banyak silinder, dan laju putaran mesin. Utk Suzuki Thunder 125 | 250, harap merujuk kpd buku acuan teknik (technical refence) atau buku acuan layanan (service reference) masing2.


    KALKULASI PEMBUKAAN|PENUTUPAN KLEP DAN PEWAKTUAN PENYALAAN

    Utk menentukan brp derajat sudut pembukaan dan penutupan ini, digunakan putaran kruk as atau nok as sbg acuan. Sbg contoh perhitungan, satu putaran kruk as adalah 360 derajat, sedangkan pembakaran campuran bahanbakar dan udara diperkirakan berlangsung 1/10 putaran atau 36 derajat, shg diatur agar pembakaran terjadi antara 36/2 = 18 derajat sebelum torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP dan berakhir 18 derajat sesudahnya. Dlm prakteknya, sudut haluan lbh besar drpd sudut buritan, shg bisa rasionya tak selalu 1 : 1, tp bisa 19 : 17 atau 20 : 16, dlsb, bergantung pd laju putaran mesin. Lantas selanjutnya brp detik proses pembakaran tsb berlangsung sempurna?

    Jika utk putaran mesin normal dlm keadaan "idle" atau stasioner, yakni ketika kendaraan diam, diatur 1.200 RPM (rotation|revolution per minute), berarti tiap detik terjadi 1200/60 = 20 putaran, dan 1 putaran = 1/20 = 0,05 detik. Berarti utk proses pembakaran dalam sudut 36 derajat berlangsung selama 36/360 x 1/20 = 1/200 = 0,005 detik.

    Lantas, jika putaran mesin makin tinggi | RPM makin tinggi, apakah waktu penyalaan harus disesuaikan? Logikanya, tentu saja, krn jika utk 1.200 RPM waktu pembakaran adalah 1/200 detik, maka utk 2.400 RPM berarti waktu pembakaran hanya 1/400 detik atau 0,0025 detik! Agar saat pembakaran tak terlambat, berarti waktu mulainya harus didahulukan, agar waktu berakhirnya pd saat sama, yaitu ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP.

    Secara teknis, utk mengatasi variasi perubahan RPM yg naik-turun, terutama pd waktu terjadi percepatan|akselerasi dan perlambatan|dekselerasi, agar akhir proses pembakaran selalu tepat waktu, tak terlambat, persis ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, maka mesin dilengkapi dgn alat yg dinamakan "mechanical advance" atau "centrifugal advance" dan atau "vacuum advance" [terutama utk mobil], atau alat dgn fungsi sejenis, yg secara otomatis bekerja mengimbangi perubahan RPM diatas RPM stasioner.


    PENYESUAIAN PEWAKTUAN DENGAN PUTARAN MESIN

    Setelan sinkronisasi pewaktuan penyalaan diset oleh pabrikan utk putaran mesin normal dlm keadaan idle|stasioner, dimana tachometer | RPM meter menunjukkan nilai skala normal idle|stasioner [antara 500 dan 1.000 RPM].

    Jika putaran mesin disetel lebih lambat atau lebih cepat drpd normal, krn mesin dimodifikasi atau mesin sdh tua, maka sinkronisasi pewaktuan ini harus disesuaikan dengan nilai RPM. Dgn kata lain, pewaktuan penyalaan hrs disesuaikan dgn kelajuan putaran mesin, dimana makin tinggi RPM, hrs diset makin besar sudut haluan sebelum (before, voor) torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, agar campuran bahanbakar dan udara memiliki cukup waktu utk masuk ke silinder dlm fase pengambilan, dan cukup waktu utk keluar dr silinder dlm fase pembuangan, dan penyalaan busi memiliki cukup waktu menyempurnakan seluruh proses pembakaran.


    ...

    Demikian ... semoga pemaparan dan kupasan diatas bisa membantu, dan maaf bila ada kekurangan dan terlalu teknis ...

    ...

    Utk penyetelan klep | katup Suzuki Thunder, silahkan lihat dlm forum ini, dlm topik:
    • STELAN KLEP Thundie
    ...

    Semoga berguna dan bermanfaat ...

    _________________________________________________

    (C) 2006-2010 - E1 KOSTER 0115 Thunder Rider

    HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

    Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.

    Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.


    ________________________________________
    SALAM PENUNGGANG GURUH
    penerjun - penyelam - penembak

    SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
    THUNDER 512KB

    Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

    083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

    Kembali Ke Atas Go down
    http://pro.tesqscape.com/
     

    P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?

    Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
    Halaman 1 dari 1

     Similar topics

    -
    » Mengapa Bearing Cam Mio Berisik ?
    » VESPA LOYOH, TIDAK BERTENAGA
    » di rpm tinggi mesin mati
    » upgrade mesin vbb
    » Tanya bengkel cat dan mesin di Mataram-NTB

    Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
     ::  ::  :: -