Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistBlogToolBarRSS FeedCalendarPencarianFAQBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
24.03.14 15:01 by p.Cie

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

» WTA: Saran Seputar Pasal 27 UU ITE
15.06.12 17:13 by 124m4

User Yang Sedang Online
Total 4 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 4 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR

Kirim topik baru   Kirim balasanShare | 
 

 P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
punke
CATAM KOSTER
CATAM KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader: 1606
Total Posan: 8
Sejak: 10.07.10
Domisili: Depok
NRA: 0000
Jabatan: Ang. Forum
Thunder:
  • 125
Sikon: Single
Hobi: Futsal, dan olahraga
Slogan: Bravo KOSTER

PostSubyek: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 3:06

Mlm bro n para suhu ...
Mau nanya nih, ap iya setingan klep motor Thunder sensitif ya?? (bawahnya rendah)

Masalahnya akhir2 ini mtor gw jadi ngelitik gtu,
trus cb gw bw ke bengkel resmi n blg keluhannya, tp dpt jwban spt yg gw tanya d atas ...

Mohon solusinya dunk utk ngatasi mslh ini, lama2 jd pengeng dgr mesin ngelitik

Makasih ya bro n para suhu
Kembali Ke Atas Go down
http://pamungkas_sl8@yahoo.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader: 23976
Total Posan: 24741
Sejak: 19.06.07
Domisili: Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil: Parung | KOSPAD
NRA: 0115
Jabatan: Penasehat Ahli
Thunder:
  • 125
Julukan: Wild Horse | Silver Hawk
Status:
  • kawin | nikah
Sikon: 1I2A
Hobi: 1001
Slogan: Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 3:29

Berikut adalah bbrp faktor penyebab kenapa mesin berbunyi kasar.

PROBLEM DAN SOLUSI SUZUKI THUNDER
MESIN
PROBLEM MESIN BERBUNYI TIDAK NORMAL, BRISIK, ATAU KASAR
ANALISA | FAKTOR PENYEBAB DAN KEMUNGKINANSOLUSI | TINDAKAN
ALIRAN BAHANBAKAR [tidak ada]
PELUMASAN [tidakada]
KELISTRIKAN [tidak ada]
PERMESINAN [ada] bunyi disebabkan oleh:
KATUP | KLEP (KLEP, VALVE)
DAN POROS-UNGKIT | NOS-AS (NOKENSCHACHT, CAMSHAFT)
1celah | kerenggangan katup tidak pas | terlalu renggangstel
2katup ausganti
3pegas | per katup lemah atau patahganti
4lengan ayun (rocker arm) ausganti
5poros ungkit | nok as (nokenschacht, camshaft) ausganti
SILINDER DAN TORAK (ZUIGER, PISTON)
1kamar bakar banyak endapan arang | karbon sisa pembakaran tak sempurnabersihkan
2piston atau silinder ausganti
3pin piston atau lubang pin piston ausganti
4cicncin (ring) piston atau alur cincin piston ausganti
POROS-ENGKOL | KRUK-AS (KRUKSCHACHT | CRANKSHAFT)
1lager | bearing ausganti
2lager | bearing pin poros engkol ausganti
3celah | kerenggangan dorongan lager (bearing thrust) terlalu besarganti
4poros-engkol | kruk-as (krukschacht, crankshaft) ausganti
PERSNELING (VERSENELING, TRANSMISSION)
1gigi (gear) ausganti
2parit gigi ausganti
3gigi primer aus atau rusakganti
4lager | bearing ausganti
KOPLING (CLUTH)
1parit poros-pencacah (countershaft) ausganti
2gigi pelat kopling ausganti
3pelat kopling bengkokganti
4pegas | per kopling lemahganti
RANTAI KETENG | PEWAKTUAN (TIMING CHAIN)
DAN RANTAI SPROKET | RODA (SPROCKET CHAIN)
1rantai keteng | rantai pewaktuan (timing chain) melarganti
2rantai sproket | rantai roda melarganti
3mata | gigi rantai sproket ausganti
4penyetel tegangan rantai sproket rusakperbaik | ganti
THUNDER RIDER


Bagian utama dan dasar mesin Suzuki Thunder 125|250 2005-2008


Sesuai penjelasan pd pos BEDAH MESIN SUZUKI THUNDER, mesin Suzuki Thunder 125 dan 250, sejak dr 2005 s/d 2008, secara mekanik pada dasarnya tak banyak berbeda. Jadi gambar diatas berlaku utk baik ST 125 maupun ST 250, dan utk ST 2005, 2006, 2007, hingga 2008.

Semoga bisa dicerna dan dipahami, membantu dan berguna . . .

. . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader: 23976
Total Posan: 24741
Sejak: 19.06.07
Domisili: Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil: Parung | KOSPAD
NRA: 0115
Jabatan: Penasehat Ahli
Thunder:
  • 125
Julukan: Wild Horse | Silver Hawk
Status:
  • kawin | nikah
Sikon: 1I2A
Hobi: 1001
Slogan: Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 3:36

Berikut adalah diagram pengaturan dan penyetelan celah | keregangan katup | klep (valve clearance) silinder Suzuki Thunder, berdasarkan pd service manual yg dikeluarkan PT Indomobil Suzuki Internasional.



Pengaturan dan penyetelan katup | klep silinder mesin Suzuki Thunder 125|250 2005-2008

Mesin Suzuki Thunder 125 dan 250, sejak dr 2005 s/d 2008, secara mekanik tak berbeda. Jadi gambar diatas berlaku utk baik ST 125 maupun ST 250, dan utk ST 2005, 2006, 2007, hingga 2008.


PENGUKURAN DAN PENYETELAN KERENGGANGAN KLEP | KATUP SILINDER MESIN
(ENGINE CYLINDER VALVE CLEARANCE MEASUREMENT AND ADJUSMENT)


Kerenggangan katup terdpt di antara ujung tangkai katup dan sekrup penyetel pd lengan ayun (rocker arm). Jika kerenggangannya melebihi batas alias terlalu besar|renggang, maka akan mengakibatkan timbul bunyi mengelitik, dan kompresi tak maksimum, shg tenaga mesin dihasilkan tak maksimum. Jika kerenggangan katup terlalu kecil|sempit, maka katup tak dpt duduk dgn tepat, dan mengakibatkan gas terbuang, shg tenaga yg dihasilkan tak maksimum. Hal yg paling buruk dgn kerenggangan katup terlalu kecil adalah katup akan menyentuh kepala torak (zuiger, piston) dan dpt mengakibatkan kerusakan pd keduanya yakni katup dan torak.

REGANGAN KATUP TERLALU LEBAR
  • terjadi bocoran kompresi dan tenaga mesin terbuang percuma
  • tenaga mesin tak maksimum
  • mesin mengelitik
REGANGAN KATUP TERLALU SEMPIT
  • terjadi bocoran gas masukan dan gas bahanbakar terbuang percuma
  • tenaga mesin tak maksimum
  • katup dan piston rusak
Pd penyetelan katup masuk (intake valve), lakukan biasa saja. Sedangkan pd penyetelan katup buang (exhaust valve) terdapat pegas balik|pengembali (return spring) pd bagian lengan ayun, shg saat melakukan penyetelan, lengan ayun harus diungkit dgn obeng sambil memasukkan pencacah ketebalan (thickness gauge) antara sekerup atur (adjusting screw) dan tangkai katup.


KEREGANGAN KLEP|KATUP
  • katup masuk (intake valve) .. : 0,03 - 0,07 mm, optimum sekitar 0,05 mm, maksimum 0,1 mm
  • katup buang (exhaust valve) : 0,12 - 0,18 mm, optimum sekitar 0,15 mm, maksimum 0,2 mm
Ketika mengukur atau menyetel kerenggangan katup, lakukan ketika mesin dingin, dan dicek ketika mesin panas. Lakukan 2 s/d 3 kali, sampai diperoleh pengaturan keregangan optimum.


PEWAKTUAN KLEP|KATUP (VALVE TIMING)

Pewaktuan katup (valve timing) adalah saat membuka dan menutup katup masuk dan katup buang. Membuka dan menutup katup digerakkan oleh poros nok | as nok | poros kam (camshaft). Seperti halnya pewaktuan bandar (port timing) pd mesin 2-tak|langkah (2-stoke), Pewaktuan katup pd mesin 4-tak|langkah (4-stroke) sangat menetukan hasil kerja mesin, krn hal ini sbg pengatur saat pemasukkan dan pembuangan

PEMBUKAAN DAN PENUTUPAN KLEP|KATUP
  • pemasukan (intake)
    • katup masuk membuka : 35 sebelum TMA
    • katup masuk memutup : 57 setelah TMB
    • durasi pemasukan : 35 + 180 + 57 = 272

  • pembuangan (exhaust)
    • katup buang membuka : 56 sebelum TMB
    • katup masuk memutup : 24 setelah TMA
    • durasi pembuangan: 56 + 180 +24 = 260

  • sudut tumpang-tindih (overlap) dua katup
    • pd TMA : 35 + 24 = 59
    • pd TMB : 57 + 56 = 113
. . .

Sbg pegangan dan pengetahuan tambahan, jika anda tak memiliki data ttg berapa semestinya ukuran keregangan klep silinder mesin suatu kendaraan bermotor, terutama spdmotor. Cara pendekatan (approximation) berikut ini bisa digunakan.

Pada umumnya, celah (gap, clearance)pembukaan katup (klep, valve) itu tak terlalu besar, hanya dalam ordo per sepuluhan milimeter, antara 0,05 s/d 0,25 mm [0,005 s/d 0,025 cm, atau 0,002 s/d 0,009 inci; 1 inci = 2,54 cm]. Biasanya, ukuran celah klep masuk (intake valve, inlet valve) dan celah klep buang (exhaust valve) itu berbeda, krn durasi pembukaannya tak hrs sama. Umumnya, klep buang membuka sedikit lbh lama drpd klep masuk.



Utk spdmotor thn 90 kebawah, umumnya celah klep masuk dan celah klep buang sama, sekitar 0,1 s/d 0,15 mm. Sedangkan utk spdmotor thn 90 keatas, celah klep sedikit lbh renggang, dan umumnya celah klep buang sedikit lbh renggang drpd celah klep masuk, yakni antara 0,1 s/d 0,15 mm utk klep masuk, dan antara 0,15 s/d 0,25 mm utk klep buang.

Secara teknik, renggang-rapat celah klep masuk tak berpengaruh langsung pd pemakaian bahanbakar, krn debit bahanbakar ke silinder sebenarnya diatur pd setelan karburator.

... ... ...

Dlm menyetel klep, gunakan feeler | gap gauge utk mempresisikan ukuran. Celah terbaik adalah dimana bunyi buka-tutup klep terdengar minimum, alias tak ada bunyi spt klik ... klik... klik, melainkan hanya bunyi percikan oli, spt cup ... cup ... cup ..., dgn catatan bahwa permukaan dan pinggiran klep dlm keadaan baik alias tdk aus. Jika pd ukuran celah terbaik ternyata bunyi ini tak bisa hilang, berarti klep aus dan hrs diganti.

Penting dan perlu dicatat bahwa, jika tak bisa memperoleh celah terbaik, biarkan klep sedikit lbh renggang drpd lbh rapat, meski menimbulkan sedikit bunyi. Secara teknik, jika celah klep terlalu rapat, selain merusak klep, juga merusak mesin, dan kerja mesin terganggu, krn mesin tak memperoleh cukup bahanbakar dan atau tak bisa membuang sisa pembakaran secara sempurna, alias bisa berakibat fatal thdp mesin.

... ... ...


Dlm praktek, klep tak membuka atau menutup tepat ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP (titik mati atas | top death point) atau di TMB|BDP (titik mati bawah | bottom death point). Tp bbrp derajat sebelum atau sesudah posisi ini. Begitu pula busi, tak menyala tepat ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP, tp bbrp derajat sebelumnya. Ini sengaja diatur sedemikian sehingga campuran bahanbakar dan udara dr karburator memiliki cukup waktu utk masuk ke silinder, dan pembakaran oleh penyalaan busi memiliki cukup waktu dlm proses membakar campuran bahanbakar dan udara, dan sedemikian sehingga pembakaran berakhir dan tenaga mesin dihasilkan persis ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP utk memperoleh daya gerak maksimum.

Klep masuk|ambil (intake valve) tak persis membuka pd awal langkah pengambilan (intake stroke) ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, tp sudah terjadi pd akhir langkah pembuangan (exhaust stroke) bbrp derajat sebelum torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP. Dan tdk persis menutup pd akhir langkah pengambilan ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP, tp bbrp derajat sebelumnya.

Demikian juga utk klep keluar|buang, tak persis membuka pd awal langkah pembuangan (exhaust stroke) ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP, tp sudah terjadi pd akhir langkah pendayaan (power stroke) bbrp derajat sebelum torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP. Dan tdk persis menutup pd akhir langkah pembuangan ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, tp bbrp derajat sesudahnya.

Brp ukuran derajat sudut haluan (leading angle) dan sudut buritan (trailing angle), berbeda utk berbagai jenis kendaraan berbeda, bergantung juga pd volume silinder dan banyak silinder, dan laju putaran mesin. Utk Suzuki Thunder 125 | 250, harap merujuk kpd buku acuan teknik (technical refence) atau buku acuan layanan (service reference) masing2.

Secara visual, brp derajat pembukaan dan penutupan masing-masing klep bisa dilihat pd posisi nok (cam) pd poros nok (nok as, camshaft).

Uraian rinci sy ttg ini bisa dilihat dlm forum ini dlm topik:

  • MESIN MENGELITIK
  • MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER
  • BEDAH MESIN SUZUKI THUNDER
  • BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER

Semoga berguna ...

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
punke
CATAM KOSTER
CATAM KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader: 1606
Total Posan: 8
Sejak: 10.07.10
Domisili: Depok
NRA: 0000
Jabatan: Ang. Forum
Thunder:
  • 125
Sikon: Single
Hobi: Futsal, dan olahraga
Slogan: Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 3:39

Thunder Rider wrote:
Berikut adalah bbrp faktor penyebab kenapa mesin berbunyi kasar.

PROBLEM DAN SOLUSI SUZUKI THUNDER
MESIN
PROBLEM MESIN BERBUNYI TIDAK NORMAL, BRISIK, ATAU KASAR
ANALISA | FAKTOR PENYEBAB DAN KEMUNGKINANSOLUSI | TINDAKAN
ALIRAN BAHANBAKAR [tidak ada]
PELUMASAN [tidakada]
KELISTRIKAN [tidak ada]
PERMESINAN [ada] bunyi disebabkan oleh:
KATUP | KLEP (KLEP, VALVE)
DAN POROS-UNGKIT | NOS-AS (NOKENSCHACHT, CAMSHAFT)
1celah | kerenggangan katup tidak pas | terlalu renggangstel
2katup ausganti
3pegas | per katup lemah atau patahganti
4lengan ayun (rocker arm) ausganti
5poros ungkit | nok as (nokenschacht, camshaft) ausganti
SILINDER DAN TORAK (ZUIGER, PISTON)
1kamar bakar banyak endapan arang | karbon sisa pembakaran tak sempurnabersihkan
2piston atau silinder ausganti
3pin piston atau lubang pin piston ausganti
4cicncin (ring) piston atau alur cincin piston ausganti
POROS-ENGKOL | KRUK-AS (KRUKSCHACHT | CRANKSHAFT)
1lager | bearing ausganti
2lager | bearing pin poros engkol ausganti
3celah | kerenggangan dorongan lager (bearing thrust) terlalu besarganti
4poros-engkol | kruk-as (krukschacht, crankshaft) ausganti
PERSNELING (VERSENELING, TRANSMISSION)
1gigi (gear) ausganti
2parit gigi ausganti
3gigi primer aus atau rusakganti
4lager | bearing ausganti
KOPLING (CLUTH)
1parit poros-pencacah (countershaft) ausganti
2gigi pelat kopling ausganti
3pelat kopling bengkokganti
4pegas | per kopling lemahganti
RANTAI KETENG | PEWAKTUAN (TIMING CHAIN)
DAN RANTAI SPROKET | RODA (SPROCKET CHAIN)
1rantai keteng | rantai pewaktuan (timing chain) melarganti
2rantai sproket | rantai roda melarganti
3mata | gigi rantai sproket ausganti
4penyetel tegangan rantai sproket rusakperbaik | ganti
THUNDER RIDER


Bagian utama dan dasar mesin Suzuki Thunder 125|250 2005-2008


Sesuai penjelasan pd pos BEDAH MESIN SUZUKI THUNDER, mesin Suzuki Thunder 125 dan 250, sejak dr 2005 s/d 2008, secara mekanik pada dasarnya tak banyak berbeda. Jadi gambar diatas berlaku utk baik ST 125 maupun ST 250, dan utk ST 2005, 2006, 2007, hingga 2008.

Semoga bisa dicerna dan dipahami, membantu dan berguna . . .

. . .

Ada recommend bengkel yg bs ngatasin permasalahan tsb ga, karena udh coba ke beres malah d cuekin. Dgn balasan setingan klep thunder emang spt itu..
Klu blh kasih almatnya om..Pusing dgernya.
Kembali Ke Atas Go down
http://pamungkas_sl8@yahoo.com
punke
CATAM KOSTER
CATAM KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader: 1606
Total Posan: 8
Sejak: 10.07.10
Domisili: Depok
NRA: 0000
Jabatan: Ang. Forum
Thunder:
  • 125
Sikon: Single
Hobi: Futsal, dan olahraga
Slogan: Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 3:43

Btw makasih om penjelasannya yg komplit, malah gw sndri skg yg bngung gmn nyernanya. Anjrit salahhh...
Maklum nubie bw Thundie om Ngakak Guling2an
Kembali Ke Atas Go down
http://pamungkas_sl8@yahoo.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader: 23976
Total Posan: 24741
Sejak: 19.06.07
Domisili: Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil: Parung | KOSPAD
NRA: 0115
Jabatan: Penasehat Ahli
Thunder:
  • 125
Julukan: Wild Horse | Silver Hawk
Status:
  • kawin | nikah
Sikon: 1I2A
Hobi: 1001
Slogan: Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 4:03

punke wrote:
Ada recommend bengkel yg bs ngatasin permasalahan tsb ga, karena udh coba ke beres malah d cuekin. Dgn balasan setingan klep thunder emang spt itu..
Klu blh kasih almatnya om..Pusing dgernya.

. . .


Pengetahuan saya perihal bengkel adalah NOL besar, karena sejak beli Thunder sejak tiga tahun lalu belum pernah punya masalah permesinan dan servis ke bengkel manapun, kecuali sekali waktu pelat koplingnya habis terkikis lantaran menanjak terus sampai di atas gunung, sehigga terpaksa harus digotong pakai mobil bak untuk bisa turun gunung sampai bengkel terdekat.


. . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader: 23976
Total Posan: 24741
Sejak: 19.06.07
Domisili: Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil: Parung | KOSPAD
NRA: 0115
Jabatan: Penasehat Ahli
Thunder:
  • 125
Julukan: Wild Horse | Silver Hawk
Status:
  • kawin | nikah
Sikon: 1I2A
Hobi: 1001
Slogan: Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?   10.07.10 4:05





MESIN MENGELITIK

(C) 2006-2010 - E1 KOSTER 0115 Thunder Rider



Mesin kendaraan bermotor mengelitik (pinking) bila terjadi ketukan (knocking) atau letupan (detonation) sekitar waktu pembakaran (combustion) [langkah|tak 3 utk mesin 4 tag|stroke], sebelum (before, voor) atau sesudah (after, na) penyalaan (iginition, ontsteking).

Penyebabnya ada 3 kemungkinan, diurut berdasarkan pd kemungkinan tertinggi, salah satu saja atau kombinasi diantaranya.

1. pewaktuan penyalaan tdk tepat (incorrect ignition timming): terdahulu|dini (pre-ignition, premature) atau terlambat|telat (post-ignition, late).
2. terdapat banyak endapan kerak karbon dlm kamar bakar (combustion chammber), shg menggangu proses pembakaran normal.
3. nilai oktan bahanbakar rendah, shg mudah terbakar pd suhu|temperatur dan tekanan kompresi sebelum busi menyala.

Jika nilai oktan bahanbakar mencukupi, dan ruang silinder dan kamar bakar ternyata bersih, mk berarti adalah krn pewaktuan penyalaan tdk tepat, terdahulu atau terlambat.

A. Terdahulu bila bahanbakar meletup lebih dulu sebelum (before, voor) busi menyala.
B. Terlambat bila bahanbakar meletup kemudian sesudah (after, na) busi menyala.


AKIBAT

Jika waktu penyalaan tdk tepat, baik terdahulu maupun terlambat, maka berakibat pd:

1. konsumsi bahanbakar lebih boros drpd semestinya, krn efisiensi dan efektivan mesin turun|drop.
2. pembakaran tak sempurna, shg lebih banyak karbon sisa pembakaran dihasilkan.
3. terjadi endapan kerak karbon dlm kamar bakar, silinder mesin hingga ke saluran gas buang | knalpot.
4. sebagian besar bahanbakar tak diubah jadi tenaga mesin, tp jadi tenaga panas.
5. suhu panas mesin lbh tinggi drpd semestinya, sbg dampak tenaga panas buangan.
6. penghasilan daya mesin yg kurang drpd semestinya, shg kendaraan kurang berdaya|bertenaga, sangat terasa pd tanjakan.
7. komponen mesin lbh cepat aus dan mesin lbh cepat rusak.


SEBAB

Jika waktu penyalaan tdk tepat, terdahulu atau terlambat, maka penyebabnya 7 kemungkinan, diurut berdasarkan pd kemungkinan tertinggi, salah satu saja atau kombinasi diantaranya.

1. stelan jarak|waktu rantai keteng (timing chain, timing belt) tdk tepat: kemajuan atau kemunduran.
2. stelan celah (gap) pembukaan klep|katup (valve) tdk tepat: kebesaran atau kekecilan.
3. stelan mur (nut) lengan ungkit (rocker arm) tdk tepat: kekencangan atau kelonggaran.
5. rantai keteng aus.
6. lengan ungkit aus.
7. klep|katup aus.


SOLUSI

1. Lakukan penyetelan pewaktuan penyalaan dan penyetalan klep.
2. Ganti bila ada komponen yg aus.
3. Bila tak bisa mengerjakan sendiri atau tak punya peralatan, sebaiknya bawa ke bengkel yg punya peralatan lengkap dan teknikan berpengalaman yg bisa menanganinya, krn ini pekerjaan dgn penyetelan "presisi".



ilustrasi 4 fase proses dlm mesin 4 langkah|tak

PENYETELAN PEWAKTUAN PENYALAAN (IGNITION TIMING SETTING)

Penyetelan pewaktuan penyalaan busi harus dilakukan:

1. diatur agar tepat, dlm arti sesuai dgn waktu buka-tutup pasangan klep|katup (valve) dan waktu naik-turun torak|zuiger|piston, yg diatur pewaktuan (timing) nya oleh rantai keteng (timing chain, timimg belt), yg dinyatakan oleh.
2. sinkronisasi pasangan tanda pewaktuan pd mesin, tanda yg diam (static) dan tanda yg bergerak (dynamic).
3. menggunakan alat bantu, lampu pewaktuan (timing light) | lampu strobo (strobo light), shg memungkinkan visualisasi frekuensi putaran mesin. Pengaturan dgn perasaan (feeling) atau perkiraan akan sangat bergantung kpd pengalaman dan kepekaan (sensitivity) teknikan yg melakukannya.


PENYETELAN KLEP (VALVE SETTING)

Penyetalan klep hrs dilakukan:

1. ketika mesin dlm keadaan panas pd suhu normal mesin (engine normal temperature).
2. klep dlm posisi membuka penuh (full opening).
3. menggunakan alat bantu, pengukur jarak celah klep (valve gap feeler|filler).

Dlm praktek, klep tak membuka atau menutup tepat ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP atau di TMB|BDP. Tp bbrp derajat sebelum atau sesudah posisi ini. Begitu pula busi, tak menyala tepat ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP, tp bbrp derajat sebelumnya. Ini sengaja diatur sedemikian sehingga campuran bahanbakar dan udara dr karburator memiliki cukup waktu utk masuk ke silinder, dan pembakaran oleh penyalaan busi memiliki cukup waktu dlm proses membakar campuran bahanbakar dan udara, dan sedemikian sehingga pembakaran berakhir dan tenaga mesin dihasilkan persis ketika torak|zuiger|piston berada di TMA|TDP utk memperoleh daya gerak maksimum.

Klep masuk|ambil (intake valve) tak persis membuka pd awal langkah pengambilan (intake stroke) ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, tp sudah terjadi pd akhir langkah pembuangan (exhaust stroke) bbrp derajat sebelum torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP. Dan tdk persis menutup pd akhir langkah pengambilan ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP, tp bbrp derajat sebelumnya.

Demikian juga utk klep keluar|buang, tak persis membuka pd awal langkah pembuangan (exhaust stroke) ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP, tp sudah terjadi pd akhir langkah pendayaan (power stroke) bbrp derajat sebelum torak|zuiger|piston berada tepat di TMB|BDP. Dan tdk persis menutup pd akhir langkah pembuangan ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, tp bbrp derajat sesudahnya.

Brp ukuran derajat sudut haluan (leading angle) dan sudut buritan (trailing angle), berbeda utk berbagai jenis kendaraan berbeda, bergantung juga pd volume silinder dan banyak silinder, dan laju putaran mesin. Utk Suzuki Thunder 125 | 250, harap merujuk kpd buku acuan teknik (technical refence) atau buku acuan layanan (service reference) masing2.


KALKULASI PEMBUKAAN|PENUTUPAN KLEP DAN PEWAKTUAN PENYALAAN

Utk menentukan brp derajat sudut pembukaan dan penutupan ini, digunakan putaran kruk as atau nok as sbg acuan. Sbg contoh perhitungan, satu putaran kruk as adalah 360 derajat, sedangkan pembakaran campuran bahanbakar dan udara diperkirakan berlangsung 1/10 putaran atau 36 derajat, shg diatur agar pembakaran terjadi antara 36/2 = 18 derajat sebelum torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP dan berakhir 18 derajat sesudahnya. Dlm prakteknya, sudut haluan lbh besar drpd sudut buritan, shg bisa rasionya tak selalu 1 : 1, tp bisa 19 : 17 atau 20 : 16, dlsb, bergantung pd laju putaran mesin. Lantas selanjutnya brp detik proses pembakaran tsb berlangsung sempurna?

Jika utk putaran mesin normal dlm keadaan "idle" atau stasioner, yakni ketika kendaraan diam, diatur 1.200 RPM (rotation|revolution per minute), berarti tiap detik terjadi 1200/60 = 20 putaran, dan 1 putaran = 1/20 = 0,05 detik. Berarti utk proses pembakaran dalam sudut 36 derajat berlangsung selama 36/360 x 1/20 = 1/200 = 0,005 detik.

Lantas, jika putaran mesin makin tinggi | RPM makin tinggi, apakah waktu penyalaan harus disesuaikan? Logikanya, tentu saja, krn jika utk 1.200 RPM waktu pembakaran adalah 1/200 detik, maka utk 2.400 RPM berarti waktu pembakaran hanya 1/400 detik atau 0,0025 detik! Agar saat pembakaran tak terlambat, berarti waktu mulainya harus didahulukan, agar waktu berakhirnya pd saat sama, yaitu ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP.

Secara teknis, utk mengatasi variasi perubahan RPM yg naik-turun, terutama pd waktu terjadi percepatan|akselerasi dan perlambatan|dekselerasi, agar akhir proses pembakaran selalu tepat waktu, tak terlambat, persis ketika torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, maka mesin dilengkapi dgn alat yg dinamakan "mechanical advance" atau "centrifugal advance" dan atau "vacuum advance" [terutama utk mobil], atau alat dgn fungsi sejenis, yg secara otomatis bekerja mengimbangi perubahan RPM diatas RPM stasioner.


PENYESUAIAN PEWAKTUAN DENGAN PUTARAN MESIN

Setelan sinkronisasi pewaktuan penyalaan diset oleh pabrikan utk putaran mesin normal dlm keadaan idle|stasioner, dimana tachometer | RPM meter menunjukkan nilai skala normal idle|stasioner [antara 500 dan 1.000 RPM].

Jika putaran mesin disetel lebih lambat atau lebih cepat drpd normal, krn mesin dimodifikasi atau mesin sdh tua, maka sinkronisasi pewaktuan ini harus disesuaikan dengan nilai RPM. Dgn kata lain, pewaktuan penyalaan hrs disesuaikan dgn kelajuan putaran mesin, dimana makin tinggi RPM, hrs diset makin besar sudut haluan sebelum (before, voor) torak|zuiger|piston berada tepat di TMA|TDP, agar campuran bahanbakar dan udara memiliki cukup waktu utk masuk ke silinder dlm fase pengambilan, dan cukup waktu utk keluar dr silinder dlm fase pembuangan, dan penyalaan busi memiliki cukup waktu menyempurnakan seluruh proses pembakaran.


...

Demikian ... semoga pemaparan dan kupasan diatas bisa membantu, dan maaf bila ada kekurangan dan terlalu teknis ...

...

Utk penyetelan klep | katup Suzuki Thunder, silahkan lihat dlm forum ini, dlm topik:
  • STELAN KLEP Thundie
...

Semoga berguna dan bermanfaat ...

_________________________________________________

(C) 2006-2010 - E1 KOSTER 0115 Thunder Rider

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.


________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
 

P/S: Mesin Mengelitik . . . Mengapa dan Bagaimana?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 ::  ::  :: -
Kirim topik baru   Kirim balasan