Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 11 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 11 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up

Go down 
3 posters
PengirimMessage
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Empty
PostSubyek: PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up   PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime27.01.10 16:46


koster.protek.web.id   |   wel.protek.web.id/koster   |   tireguard.protek.web.id/koster


PRODUK OPTIMISASI DAN PENDONKRAK TENAGA RANMOR ... TELAH TERUJI DAN TERBUKTI

SUKSES PENUH DI 2009 .. DAN KINI KAMI HADIR DENGAN PRODUK UNGGULAN UNTUK 2010

GAGAL ? .. TANPA EFEK EFISIENSI DAN PERFORMA ? ... GARANSI UANG KEMBALI 100% !!!



MENINGKATKAN RASIO KOMPRESI TANPA BORE-UP
DENGAN CARA MENINGKATKAN EFISIENSI TERMAL PEMBAKARAN MESIN

(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S

 

 


siklus Otto proses pembakaran mesin 4-tak

 

RASIO KOMPRESI DAN EFISIENSI TERMAL PEMBAKARAN MESIN


ilustrasi diagram PVT siklus Otto proses pembakaran mesin 4-tak

 

Merujuk kpd uraian sebelumnya di forum ini, dlm topik:

BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER

dimana dari relasi 6 fase termodinamik siklus Otto mesin 4-tak, diperoleh bahwa,

V2 / V1 = T2 / T1 = T3 / T4

dan juga bisa diperoleh bahwa

(T2 - T1) / T2 = (T3 - T4) / T3

atau

1 - T1/T2 = 1 - T4/T3

Nilai perbandingan V2 / V1 adalah rasio ekspansi | pemuaian (expansion ratio, XR, Rx) atau rasio kompresi | pemampatan (compression ratio, CR, Rc) isentropik volume silinder.

Berdasarkan dua relasi diatas diperoleh bahwa rasio kompresi :

CR = V2 / V1 = (T3 - T2) / (T4 - T1)

dimana V1 adalah volume kamar bakar (combustion chamber) dan V2 adalah volume total silinder mesin (engine cylinder), T3 - T2 adalah perbedaan suhu pemampatan (compression temperature different), dan.T4 - T1 adlah perbedaan suhu pembuangan (exhaustion temperature different).

Dgn kata lain, rasio ekspansi atau rasio kompresi isentropik volume silinder adalah perbandingan volume total silinder dan volume kamar bakar , yg mana setara dgn perbandingan beda suhu pemampatan dan beda suhu pembuangan.

Dlm kenyataan, pd mesin pembakaran dlm 4-tak dgn bahanbakar bensin, rasio kompresi tak dapat dibuat lbh besar drpd 10, krn jika rasio kompresi lbh besar drpd 10, maka peningkatan suhu dlm proses kompresi gas campuran udara dan bahanbakar akan dpt memanaskan dan membakar gas tsb sebelum gas tsb dibakar oleh percikan listrik busi, shg menimbulkan penyalaan dini (premature ignition) atau pra-penyalaan (pre-ignition) shg terjadi letupan (detonation) yg menimbulkan suara ketukan (knocking) dan gelitik (pinking) pd mesin.

Solusinya utk rasio kompresi diatas 10 adalah peningkatan oktan bahan bakar menjadi lbh besar drpd 100, sementara Pertamax Plus hanya memiliki nilai oktan 96.

Merujuk kpd uraian sebelumnya diatas, krn efisiensi termal (thermal efficiency, TE),

TE = [1 - (T4 - T1) / (T3 - T2)] x 100%

dan rasio kompresi (compression ratio, CR, Rc) isentropik volume silinder,

CR = V2 / V1 = (T3 - T2) / (T4 - T1)

maka

TE = (1 - 1 / CR) x 100%

yang berarti, makin besar rasio kompresi, makin besar efisiensi termal, atau

CR = 1 - 100% / TE

yang berarti, makin besar efisiendi termal, makin besar rasio kompresi.

Dengan demikian, efek rasio kompresi bisa diubah dengan mengubah efisiensi termal.

. . .

Seluruh formulasi dan kalkulasi diatas menggunakan aproksimasi ideal dimana panas jenis (spesific heat) dianggap bernilai smdgn 2.

Jika, panas jenis diperhitungkan, maka formula efisiensi termal real menjadi

TE = [1 - 1 / CR^(h-1)] x 100%

dimana h adalah panas jenis gas campuran udara dan bahanbakar, yg mana utk nilai h = 2,

TE = (1 - 1 / CR) x 100%

Jika CR = 9 dan h = 1,5 [utk udara, nilai h mendekati 1,4], maka

TEi = (1 - 1 / 9) x 100% = 0,889 x 100% = 88,9%
TEr = [1 - 1 / [9^(1,5 - 1)]] x 100% = (1 - 1 / 9^0,5) x 100% = (1 - 1/3) x 100% = (1 - 0,333) x 100% = 0,666 x 100% = 66,6%

 

RASIO KOMPRESI DAN EFISIENSI TERMAL SUZUKI THUNDER

Rasio kompresi mesin Suzuki Thunder, berdasarkan data spesifikasi teknik, adalah 9,2, berarti efisiensi termal mesin Suzuki Thunder adalah

TEi = (1 - 1/9,2) x 100% = 0,891 x 100% = 89,1%
TEr = [1 - 1 / [9.2^(1,5 - 1)]] x 100% = (1 - 1 / 9.2^0,5) x 100% = (1 - 1/3,033) x 100% = (1 - 0,33) = 0,67 x 100% = 67%

Kembali pd pernyataan pertama diatas bahwa hampir seluruh kalkulasi diatas menggunakan aproksimasi ideal, namun dlm kenyataan, pd mesin pembakaran dlm 4-tak dgn bahanbakar bensin, banyak faktor lain mesin yg mempengaruhi keseluruhan proses, shg menurunkan efisiesi termal mesin, al.

  1. dinding silinder adalah bukan metal ideal, shg ada tenaga panas hilang krn penyerapan panas oleh metal dinding silinder.
     
  2. gesekan|friksi antara bagian2 mesin tdk nol krn mesin menggunakan oli | minyak pelumas bukan ideal shg tak ada tenaga gerak hilang utk mengatasi gesekan.
     
  3. udara yg memasuki silinder mesin, tak berlaku sbg gas ideal yg memiliki kapasitas panas tetap, dimana panas jenis (specific heat) 1,4, dan dimana gas campuran udara dan bahanbakar dlm silinder mengalami turbulensi|gejolak.
     
  4. mesin, dlm prakteknya, tak selalu dlm status "idle", tanpa beban, kendaraan tak diam alias bergerak, shg ada akselerasi|percepatan dan dekselerasi|perlambatan dlm gerak mesin, shg seluruh proses adalah tak "quasi-static" alias berlangsung dgn perubahan labil.

Jadi, dlm praktek, secara teknis, mesin dgn efisiensi antara 60% s/d 70% sdh dianggap cukup efisien, atau memiliki efisiensi normal.

Efisiensi termal mesin dpt ditingkatkan dgn bbrp cara,al.

  1. meningkatkan rasio kompresi antara 9 dan 10 [hrs turun mesin].
     
  2. meningkatkan suhu penyalaan dan pembakaran via peningkatan tegangan elektroda busi, dgn cara menambahkan SPB (spark-plug booster) antara koil dan busi, dan mengganti busi dgn yg lbh tahan panas.
     
  3. meniadakan endapan kerak arang|karbon dlm ruang silinder mesin, dgn cara meningkatkan pembakaran menjadi lbh sempurna, al via cara 2.
     
  4. melapisi permukaan metal mesin dgn bahan gel anti-friksi [minimasi friksi].
     
  5. meningkatkan nilai kekentaan|viskositas oli | minyak pelumas, dgn mengganti pelumas dgn yg memiliki viskositas lbh kental pd suhu tinggi.
     
  6. meningkatkan nilai oktan bahanbakar, shg tak terjadi pembakaran dini (pre-ignition) yg menimbulkan letupan (detonation) dan ketukan (knocking) pd mesin, dgn cara mengganti bahanbakar dgn yg memiliki nilai oktan lbih tinggi [tapi tentu dgn harga lbh mahal].
     
  7. melumasi dgn baik seluruh bagian bergerak | mekanisme kendaraan, dan memelihara agar tekanan angin ban selalu pd ukuran tepat [ini juga minimasi friksi].

 

KESIMPULAN

Efek rasio kompresi bisa ditingkatkan dlm 2 cara:

  1. cara perangkat keras (hardware), dengan turun mesin, yakni memperbesar volume silider (bore up) dan atau memperkecil volume kamar bakar, dan ini adalah butir 1 dlm daftar diatas.
     
  2. cara perangkatlunak (software), tanpa turun mesin, yakni meningkatkan efisiensi termal, via butir 2 s/d 7 dlm daftar diatas.

Semua perangkatlunak utk mneningkatkan efisiensi pembakaran mesin ini tersedia di forum ini.

  • ignitor stabilizer, ignitor improver, ignition coil booster, sparkplug booster, dan Iridium sparkplug, utk meningkatkan suhu penyalaan dan pembakaran via peningkatan tegangan elektroda busi
  • anti-carbon, utk menghilangkan endapan kerak arang dari dlm mesin.
  • engine revitalizant dan engine metal conditioner, utk memulihkan permukaan metal mesin menjadi halus rata dan melapisinya dengan bahan anti-friksi.
  • engine lubricant oil (oli | minyak pelumas mesin) dengan viskositas tinggi dan tahan terhadap variasi temperatur mesin, SAE 20 s/d50.
  • fuel octan booster, fuel improver atau fuel conditioner, yang bisa meningkatkan nilai oktan bahanbakar minyak.
  • chain lubricant, dan tire auto sealant, utk melumasi rantai dan membuat jadi ban anti-kempes.

Silahkan lihat di forum ini dlm topik [ klik link berikut ]:

PERANGAT PENINGKAT PERFORMA
DAN PENGIRIT BAHANBAKAR DAN MINYAK PELUMAS

Demikian, semoga jelas dan bisa dicerna.

__________________________________________________

(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up   PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime27.01.10 16:52


koster.protek.web.id | wel.protek.web.id/koster | tireguard.protek.web.id/koster


MENGUKUR TENAGA MESIN, GAYA DALAM SILINDER, DAN TEKANAN TERHADAP PISTON
DAN HUBUNGANNYA DENGAN RASIO KOMPRESI DAN EFISIENSI TERMAL PEMBAKARAN


(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S


ilustrasi diagram PVT siklus Otto proses pembakaran mesin 4-tak


Merujuk kpd uraian sebelumnya di forum ini, dlm topik:

BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER


dalam proses pembakaran, aliran tenaga panas masukan | input Q1 berlangsung selama proses pemanasan dan penyalaan dan pembakaran dalam garis T2-T3 dan tenaga panas keluaran | output Q2 berlangsung selama proses pendinginan dan pembuangan T4-T1.

Relasi termodinamik menunjukkan bahwa kuantitas tenaga panas Q1 dan Q2 memiliki hubungan langsung dengan suhu panas T2 dan T3 dan T4 dan T1, dimana kuantitas tenaga panas masukan|input Q1 dgn perubahan suhu pemanasan T2 dan T3, dan kuantitas tenaga panas keluaran|output Q2 dgn perubahan suhu pendingan T4 dan T1.

Proses pemasukan|pengambilan gas campuran bahanbakar dan udara dlm garis T0-T1, dan proses pengeluaran|pembuangan sisa gas pembakaran dlm garis T1-T0, bukan merupakan sistem tertutup termodinamik (thermodynamic closed system), tp sistem terbuka termodinamik (thermodynamic open system), shg bukan merupakan bagian inti dr konversi energi dlm siklus Otto yg merupakan sistem tertutup termodinamik. Dua proses ini mengambil tenaga|energi mesin shg mengurangi efisiensi.


Relasi termodinamik menunjukkan bahwa efisiensi termal (thermal efficiency TE, Et) siklus Otto dlm sistem ini adalah, persentasi perbandingan kuantitas tenaga mekanik keluaran (mechanical energy quantity output) atau kerja dilakukan (work done, W), dan kuantitas tenaga panas masukan (heat energy quantity input Q1), yg bila dijabarkan secara matematik fisika adalah sbb.

TE = W / Q1 x 100% = [(Q1 - Q2) / Q2] x 100% = [1 - Q2 / Q1] x 100%

dimana jika W = Q1 atau Q2 = 0, maka efisiensi 100%.

Q1, kuantitas tenaga panas masukan atau terpakai, dlm Joule
Q1, kuantitas tenaga panas keluaran atau terbuang, dlm Joule
W, kuantitas kerja dilakuan atau tenaga mekanik | mesin | gerak dihasilkan, dlm Joule

Dari hubungan diatas,

W = (TE x Q1) / 100%

Dari mekanika gerak mesin diperoleh hubungan,

W = F x s = p x A x s = p x V

atau

p = W / V = W / (A x s)

dimana,

F, gaya (force) mekanik terhadap piston, dlm Newton
p, tekanan (pressure) mekanik terhadap permukaan piston, dalam Pascal
s, jarak ruang (space distance) langkah piston antara TMA dan TMB atau tinggi silinder mesin, dlm meter
A, luas (area) permukaan piston atau penampang silnder mesin, dlm meter persegi
V, volume silender mesin, dlm meter kubik





KESIMPULAN

Dari rumusan diatas, artinya, tekanan terhadap permukaan piston berbading lurus dgn tenaga mesin dihasilkan, dan berbanding terbalik dgn volume silinder mesin, luas permukaan piston atau penampang silinder mesin, dan jarak ruang langkah piston atau tinggi silinder.

Dgn demikian, utk volume tertentu silinder mesin, makin besar tenaga mesin dihasilkan, makin kuat tekanan terhadap permukaan piston. Dan besar tenaga ini berbanding lurus dgn rasio kompresi dan efisiensi termal mesin, dimana makin besar rasio kompresi atau makin efisien pembakaran mesin, makin besar tenaga mesin dihasilkan.

Sebaliknya, tenaga mesin berbanding lurus dengan tekanan dan volume silinder mesin, shg makin besar volume silinder, makin besar tenaga dihasilkan dan makin kuat pula gaya dorong thdp kendaraan dihasilkan.

Bagaimana meningkatkan rasio kompresi dan atau efisiensi termal, silahkan lihat dlm forum ini, dlm topikl: [ klik link berikut ]

MENINGKATKAN RASIO KOMPRESI TANPA BORE-UP
DENGAN CARA MENINGKATKAN EFISIENSI TERMAL PEMBAKARAN MESIN

Demikian, semoga jelas dan bisa dicerna.

__________________________________________________

(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up   PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime27.01.10 19:20

PILIHAN CARA MENINGKATKAN RASIO KOMPRESI MESIN

(C) 2006—2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S


Efek rasio kompresi bisa ditingkatkan dlm 2 cara:
  • cara perangkat keras (hardware), dengan turun mesin, yakni memperbesar volume silider (bore up) dan atau memperkecil volume kamar bakar.

  • cara perangkatlunak (software), tanpa turun mesin, yakni meningkatkan efisiensi termal, via perangkat peningkat performa, dan Semua perangkatlunak utk meningkatkan efisiensi pembakaran mesin ini tersedia informasinya di forum ini.
Penjelasan ttg ini tlh dikupas pd pos pertama.

Tekanan di ruang bakar sebanding dgn kesempurnaan proses pembakaran, yg ditentukan a.l. oleh:
  • nomor oktan bahanbakar, yg mana makin tinggi nomor oktan, makin sulit utk dibakar, dan sebaliknya, makin rendah nomor oktan, makin mudah terbakar,
  • stelan katup (klep, valve), dan rangkum waktu buka-tutup klep mesin, utk mengambil gas campuran udara dan bahanbakar, dan kemudian membuang gas sisa pembakaran,
  • perbandingan stoisiometrik antara kuantitas udara dan kuantitas bahanbakar,
  • laju dan rangkum waktu gas campuran udara dan bahanbakar memasuki kamar bakar (combustion chamber),
  • informasi akurat kumparan jemput (pick-up coil) thdp ignitor (penyulut), ttg laju putaran mesin,
  • kerja ignitor dan frekuensi interupsi dan induksi sesuai laju putran mesin,
  • tegangan listrik keluaran kumparan penyulutan (ignition coil), utk menyulut busi (bougie, sparkplug),
  • kemampuan elektroda busi memercikan bunga-api listrik (vonk, spark),
  • kuat percikan listrik busi, utk dpt membakar habis seluruh gas campuran tanpa sisa,
  • kuantitas gas campuran udara dan bahanbakar dibakar, dan
  • waktu tuntas pembakaran yang bertepatan dgn posisi piston di TMA (titik mati atas) | TDP (top death point)
Makin banyak gas dpt dibakar, makin sempurna pembakaran, makin besar tenaga (energy) mesin dihasilkan, makin besar gaya (force) mesin, makin besar tekanan (pressure) thdp permukaan piston, makin besar daya (power) dorong kendaraan. Utk cara perhitungan, tlh dikupas pd pos diatas.

Ttg kekuatan metal tak perlu dirisaukan, krn peningkatan tenaga mesin tak akan pernah mencapai 1,5 s/d 2 x lipat drpd seblmnya. Maksimum 30% dpt diraih, dan nilai ini masih dlm toleransi logam kendaraan ranmor secara umum.

Pd dasarnya, secara alami tenaga (energi) tak dpt diciptakan dan tak dpt dimusnahkan (not created nor destroyed), melainkan hanya dpt diubah (converted) dari satu bentuk ke bentuk lain. Jika tenaga ingin ditingkatkan, maka hanya ada 3 cara utk ranmor:
  • cara keras: memperbesar volume ruang silinder mesin.
  • cara lunak: menyempurnakan pembakaran, sedemikian shg dpt memulihkan sebagian tenaga mesin terbuang sbg tenaga panas.
  • cara lunak: memperkecil gesekan antara bagian bergerak, dgn pelumasan sempurna, sedemikian shg juga dpt memulihkan sebagian tenaga mesin terbuang sbg tenaga panas.
Demikian, semoga dpt dicerna dan berguna . . .

__________________________________________________

(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Tatok-NTC
SERKA KOSTER
SERKA KOSTER
Tatok-NTC


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5713
Total Posan : 184
Sejak : 20.04.09
Domisili : Nganjuk
NRA : 0000
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : BlueLover
Sikon : menikah
Hobi : membaca, naik motor (indie touring), internet
Slogan : Happy Riding In Safety, Love, Peace and Unity With Thunder

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up   PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime27.01.10 20:27

Info yg bagus pak...
Menambah pengetahuan alternatif meningkatkan performa mesin
bagi para pemilik Thunder yg ogah bongkar mesinnya...

Tepok Tangan Tepok Tangan Tepok Tangan
Kembali Ke Atas Go down
http://rahardjopunya.blogspot.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up   PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime29.01.10 20:13

. . .


Sesuai kupasan diatas . . .

Utk meningkatkan performa mesin, termasuk rasio kompresi, . . .

tak perlu bongkar | turun mesin . . .


. . .


Kalau bisa dbikin mudah, kenapa harus jadi sulit?


. . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
enjienji
KOPTU KOSTER
KOPTU KOSTER
enjienji


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5527
Total Posan : 57
Sejak : 25.05.09
Domisili : buaran
KorWil : Bekasi Jakarta Timur(BEJAT)
NRA : 761
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : The blues
Sikon : mahasiswa
Hobi : utak-atik motor,tidur(hehehhe)
Slogan : keep all the brother in 1 big family..

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up   PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime30.01.10 0:06

salah satu caranya ningkatin performa thundy gimana bro??
soalnya top speed ane cuma 100 km/jam..
padahal dah ganti CDI BRT dan koil racing.
Please dong
Kembali Ke Atas Go down
http://anggi_080590@yahoo.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up   PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime09.03.10 4:02

enjienji wrote:
salah satu caranya ningkatin performa thundy gimana bro??
soalnya top speed ane cuma 100 km/jam..
padahal dah ganti CDI BRT dan koil racing.
Please dong



SILAHKAN PILIH TETAP SEIMBANG KOMPROMISTIK ATAU PINCANG

(C) 2006—2010 — EE ONE S | KOSTER 0115 Thunder Rider


Tiap ranmor sdh diracang dgn pertimbangan matang dlm segala aspek oleh para ahli dedengkot otomotiv, puluhan bahkan ratusan ilmuwan dan insinyur di pabrikan ranmor bersangkutan. Sdh pula diuji-coba utk bbg faktor utk memenuhi bbg ketetapan standar Internasional. Jadi sangat kecil sekali bahwa suatu ranmor mengalami penyimpangan rekayasa rancang-bangun atau disain dan konstruksi dlm pabrikasinya, apalagi cuma sepedamotor.

Dan ini termasuk SUZUKI Thunder.

Lantas, jika ada masalah atau anggapan kekurangan, maka letaknya kemungkinan besar dan bahkan hampir dpt dipastikan adalah pd peguna awam, bukan krn kesalahan atau keteledoran pabrikan!

Pd dasarnya tiap ranmor maksud umum atau "general purpose" dirancang dgn memperhatikan aspek kompromistik rasio teknik atau "win-win" alias jalan tengah terbaik, yg secara teknik disebut "optimum", yakni titik terbaik antara medium dan maksimum.

Demikian pula dgn SUZUKI Thunder.

Jadi kesalahan bukan pd produsen atau pabrikan, tp pd konsumen atau peguna!

. . .

Istiah "tarikan" ramor, dlm istilah ilmiah dan teknik adalah "percepatan" atau "akselerasi" (acceleration), yakni perubahan "pertambahan kecepatan per satuan waktu". Lawannya adalah "perlambatan" atau "deselerasi" (deceleration), yakni perubahan "perkurangan kecepatan per satuan waktu" alias percepatan negativ.

Secara mekanik, besar atau kuat percepatan ditentukan oleh diameter roda gigi, baik roda gigi transmisi (transmission gear) maupun roda gigi rantai, cakram rantai atau sproket (sprocket), krn roda gigi inilah yg menjadi media perpindahan tenaga, gaya, dan daya (energy, force and power), dari mesin (engine) ke roda (wheel).

Sesuai hukum fisika mekanika, makin besar atau lebar diameter roda gigi, makin besar atau kuat percepatan, dan sebaliknya. Tp sbg implikasi dan konsekuensi hal ini, makin besar percepatan dpt dicapai, makin rendah kecepatan maksimum kendaraan dpt diraih, dan sebaliknya.

Artinya, jika kuat akselerasi ditingkatkan, maka laju maksimum merosot, dan sebaiknya.

Hal ini menjelaskan mengapa pd gigi transmisi 1 kuat akselerasi adalah maksimum, tapi kecepatan adalah minimum. Sedangkan pd gigi transmisi 5 kuat akselerasi adalah minimum, tapi kecepatan adalah maksimum. Sebab diameter roda gigi transmisi 1 sekitar 5 x diameter roda gigi transmisi 5, dan sebaliknya!

. . .

Nah, berarti utk meningkatkan tarikan Thunder, bisa dilakukan dgn mengganti sproket standar Thunder dgn sproket lain berdiameter lbh besar. Tp dgn konsekuensi top speed merosot.

Sebaliknya, utk meningkatkan top speed Thunder, bisa dilakukan dgn mengganti sproket standar Thunder dgn sproket lain berdiameter lbh kecil. Tp dgn konsekuensi tarikan merosot.

Jadi tinggal pilih, mana yg ingin diunggulkan. Tarikan atau top speed! Krn tak mungkin atau mustahil bisa ditingkat sekaligus bersama.

Apa yg tlh diset oleh pabrikan SUZUKI Thunder adalah titik optimum kompromistik antara tarikan dan top speed.

Sekarang bergantung pd pemilik atau peguna, apakah titik keseimbangan ini ingin digeser, dgn mengunggulkan yg satu dan mengorbankan yg lain.

Terserah anda!


. . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up   PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime09.03.10 4:03

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Soldie11 ... Bro tau nggak,
krn kelajuan dan tarikan spdmotor itu bergantung juga pd banyaknya gerigi pd cakram rantai alias "sprocket",

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Soldie14 berarti dgn mengganti cakram rantai depan dan atau belakang ... dan juga berarti juga ganti rantai,

krn akan dibutuhkan rantai dgn banyak mata-rantai berbeda, PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Soldie13

kecepatan dan percepatan bisa diubah ... PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Soldie20

pernahkah anda berpisikir sedemikian ... ???
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up   PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime09.03.10 4:05

PILIH SALAH SATU SAJA, TOP SPEED ATAU AKSELERASI

(C) 2006—2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S


PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Motorcycle_sprocket_sets_3_320x240
sproket | cakram-gigi depan dan belakang


Secara teknik, ada 2 macam rasio gigi,
  • rasio daya, bila roda|cakram-gigi depan berputar lbh cepat drpd roda|cakram-gigi belakang
  • rasio kelajuan, bila roda|cakram-gigi depan berputar lbh lambat drpd roda|cakram-gigi belakang
Jika cakram-gigi depan ditambah 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi depan menjadi lbh besar, maka cakram-gigi belakang berputar lbh cepat, dan spdmotor akan menghasilkan peningkatan top speed, tp akselerasi lbh lambat. Sebaliknya, jika cakram-gigi depan dikurangi 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi depan menjadi lbh kecil, maka cakram-gigi belakang berputar lbh lambat, dan spdmotor akan menghasilkan akselerasi lbh cepat, tp top speed merosot.

Jika cakram-gigi belakang dikurangi 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi belakang menjadi lbh kecil, maka cakram-gigi belakang berputar lbh cepat, dan spdmotor akan menghasilkan peningkatan top speed, tp akselerasi lbh lambat. Sebaliknya, jika cakram-gigi belakang ditambahi 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi belakang menjadi lbh besar, maka cakram-gigi belakang berputar lbh lambat, dan spdmotor akan menghasilkan akselerasi lbh cepat, tp top speed merosot.

cakram-gigi mana pun diubah | diganti banyak giginya, berarti rantai penggelindingnya juga harus diganti, krn akan membutuhkan banyak mata-rantai berbeda. Rantai Thundie 125 standar 118 mata-rantai.

Jadi tinggal pilih, apakah top speed atau akselerasi ingin ditingkatkan.
  • Jika cakram-gigi depan lbh besar, mk top speed lbh tinggi, tp akselerasi lbh lambat.
  • Jika cakram-gigi depan lbh kecil, mk top speed lbh rendah, tp akselerasi lbh cepat.
  • Jika cakram-gigi belakang lbh kecil, mk top speed lbh tinggi, tp akselerasi lbh lambat.
  • Jika cakram-gigi belakang lbh besar, mk top speed lbh rendah, tp akselerasi lbh cepat.
Sistem transmisi dan cakram-gigi roda adalah pelipat torsi (torque multipliers). Dlm istilah awam, jika gigi 1 memiliki rasio 3 dan gigi 5 memiliki rasio 1 dan mesin menghasilkan 100 daya putar, maka ban belakang bekerja 300 daya putar pd gigi 1 dan 100 pd gigi 5. Ini menjelaskan knp kendaraan memiliki akselerasi lbh cepat pd gigi 1 dan lbh lambat pd gigi lainnya.


PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Sprocket-resize

Pasangan sprocket | cakram-gigi menentukan rasio secara keseluruhan. Torsi ban belakang bisa dinaikkan atau diturunkan dgn mengubah rasio ini, dan ini secara langsung berdampak pd akselerasi dan top speed.

. . .

__________________________________________________

(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up   PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime09.03.10 4:07

CARA PENINGKATAN TENAGA MESIN RANMOR TERBAIK DI DUNIA!!!

(C) 2006—2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S


. . .

MENAMBAH TENAGA MESIN RANMOR?

BORE-UP SILINDER MESIN? BERARTI PEMBOROSAN!!!

PERBESAR DIAMETER SPRAYER KARBURATOR? BERARTI PEMBOROSAN!!!

BOROS BBM DAN BOROS DUIT!!!


LALU BAGAIMANA AGAR HEBAT TAPI HEMAT?

GUNAKAN LOGIKA DAN AKAL SEHAT!!!


. . .


TENAGA DAN VOLUME SILINDER

Hukum alam atau fisika menyatakan bahwa tenaga atau energi tak dapat diciptakan dan tak dapat dimusnahkan, melainkan hanya dapat diubah dari satu bentuk ke lain bentuk.

Jumlah total tenaga dan benda atau energi dan materi di seluruh semesta atau alam raya adalah tetap atau konstan. Hukum alam atau fisika menyatakan bahwa energi dan materi adalah satu hal sama dalam wujud berbeda.

Hukum alam atau fisika pula menyatakan bahwa energi atau tenaga adalah fungsi ruang dan juga fungsi waktu. Tenaga adalah produk gaya (force) terhadap ruang dan produk daya (power) terhadap waktu.

Kesimpulannya adalah mustahil atau tak mungkin memperbesar tenaga pada volume ruang tetap, dan makin lama makin banyak tenaga dialihkan dgn bergulirnya waktu.

Karena itu tenaga ranmor bergantung pada volume silinder mesin (engine cylinder volume). Makin besar volume silinder mesin, makin jauh perpindahan (displacement) atau langkah torak (piston stroke) terhadap ruang, makin besar tenaga dihasilkan pd gaya tetap, dan makin besar daya dihasilkan pd satuan waktu tetap.

Jadi, tak ada cara lain yg lbh efektiv utk memperbesar tenaga mesin ranmor, kecuali dgn cara memperbesar volume silinder mesin. Dlm konteks ranmor ini berarti peningkatan rasio kompresi (compresion ratio) atau perbandingan volume total silinder mesin thdp volume kamar bakar (combustion chamber) secara fisik.

Dgn demikian, "bore-up" atau over-size" silinder mesin adalah termasuk kategori ini.


. . .


TENAGA DAN BAHANBAKAR

Meski demikian, sesuai pernyataan pertama diatas, cara lain dpt dilakukan utk peningkatan tenaga adalah melalui pengubahan bentuk lain tenaga. Dlm konteks ranmor, yakni pengubahan tenaga BBM (bahanbakar minyak). Makin banyak BBM dibakar, makin besar gaya dorong (thrusting force) atau dorongan (thrust), makin besar tenaga mesin dihasilkan. Namun ini berarti pemborosan BBM dan tentu biaya.

Penggantian penyemprot (sprayer; sproier) karburator dgn yg memiliki diameter penampang lbh besar adalah termasuk kategori ini.

Berkaitan dgn hal ini, utk mesin Otto, yakni mesin menggunakan busi (spark plug; bougie), digunakan juga pengubahan tenaga listrik. Makin kuat tenaga listrik, makin kuat percikan bunga-api listrik (electric spark; vonk) dihasilkan busi, makin tinggi suhu pembakaran utk membakar gas campuran udara dan BBM, makin sempurna pembakaran, makin banyak gas dibakar, makin besar tekanan (pressure), makin besar dorongan, makin besar tenaga mesin dihasilkan. Namun ada batas maksimum suhu diperkenankan, batas ketingkatbakaran gas yg ditentukan oleh nomor oktan (octant number) BBM, dan kriteria komposisi campuran yg ditentukan oleh rasio stoisiomerik (stoichiometric ratio) campuran udara dan BBM, dan ketepatan waktu penyulutan (ignition timming), agar proses pembakaran berlangsung semestinya sbgmana diinginkan. Jika tidak, maka yg terjadi justeru pembakaran tak sempurna dan pembuangan tenaga percuma sebagai gas buang dan panas.

. . .

Cara manapun diterapkan dari alternativ diatas, berarti adalah pemborosan atau pembengkakan biaya, baik awal, pengubahan, maupun operasional. Artinya, tak efisien secara ekonomik, meski efektiv secara teknik.


. . .


TENAGA DAN EFISIENSI TERMAL MESIN

Efisiensi termal mesin berarti penghematan panas mesin, yakni penghematan tenaga mesin yg terbuang sbg tenaga panas.

Hukum alam atau fisika menyatakan bahwa tiap media bergesekan akan selalu menghasilkan panas! Artinya, dlm tiap pergesekan akan selalu ada sebagian tenaga total [potensial dan kinetik] terbuang krn diubah menjadi tenaga panas sbg efek fisik utk mengatasi gesekan tsb. Makin kasar permukaan media, makin besar gesekan, makin banyak tenaga terbuang sng panas! Dan ini berlangsung dlm tiap mesin ranmor dan mekanisme pendukungnya!

Jadi, cara terbaik utk meningkatkan tenaga mesin adalah dgn cara memulihkan tenaga mesin yg terbuang sbg tenaga panas. Makin kecil tenaga panas, makin besar tenaga mesin.

Stop! Harap dicatat bahwa tenaga panas (heat energy) tak samadgn suhu panas (hot temperature)! Tak identik! Samasekali beda! Jika tenaga panas adalah ukuran kuantitas, maka suhu panas adalah ukuran kualitas.

Dgn demikian tinggi suhu panas mesin bukan ukuran banyak tenaga mesin terbuang sbg tenaga panas!

Suhu panas mutlak dibutuhkan oleh mesin! Tp pengubahan tenaga mesin menjadi tenaga panas tidak!

Cara paling murah dan mudah, efiesien dan efektiv, secara teknik dan juga ekonomik, adalah optimisasi operasi mesin (engine operation optimization), utk mencegah dan meniadakan pengubahan tenaga mesin menjadi tenaga panas, yg dpt dilakukan, antara lain dgn cara:
  • minimasi friksi atau gesekan bagian-bagian bergerak mesin, melalui penggunaan pelumas tepat yg memiliki kekentalan (viscosity) terbaik bertahan terhadap rangkum perubahan suhu (temperature variation range) mesin, utk gesekan antar permukaan logam, didalam mesin dan diluar mesin.

  • minimasi friksi atau gesekan antara permukaan ban dan jalan, melalui penggunaan ban sesuai dgn beban dan laju ranmor dan sikon jalan, dgn tekanan udara sesuai dgn volume ban dan beban.

  • akurasi pewaktuan penyulutan (ignition timming), melalui penyetelan waktu pembukaan dan penutupkan katup (valve; klep) mesin secara tepat thdp titik mati (death point), keregangan katup (valve clearance), dan kumparan jemput (pick-up coil) atau pendeyut (pulser).

  • maksimasi tenaga listrik utk penyulutan busi, melalui penyulut (ignitor) dan kumparan sulut (ignition coil).

  • maksimasi penyulutan, melalui penggunaan busi yg sesuai dgn tegangan dan arus listrik dihasilkan dan penyetelan keregangan elektroda busi, utk menghasilkan percikan bunga-api listrik terkuat.

  • maksimasi BBM, melalui penggunaan nomor oktan BBM sesuai dgn rasio kompresi mesin, dgn atau tanpa katalisator pembakaran.

  • maksimasi rapat molekular (molecular density) BBM, dan penyaring bahanbakar (fuel filtering).

  • maksimasi komposisi komponen udara, dan penyaringan udara (air filtering).

  • maksimasi proses pembakaran gas campuran udara dan BBM.

  • minimasi terpaan angin atau helaan (drag) krn gerak ranmor thdp udara, melalui pembentukan tubuh kendaraan ke bentuk aerodinamik, dimana hukum dinamika fluida (fluid dynamics) menyatakan bahwa, makin kuat dorongan (thrust), makin kuat helaan (drag), sementara dua gaya ini berlawanan arah atau bertolak belakang.
Semua ini dilakukan utk satu tujuan, yaitu meminimasi tenaga gerak terbuang sbg tenaga panas.

Sepuluh cara utama diatas inilah yg disarankan atau dianjurkan oleh tiap pabrikan ranmor di seluruh dunia! Tak ada cara lain lbh efisien dan efektiv, alias hemat dan berdampak, secara teknik dan ekonomik! Atas dasar konsep pemulihan tenaga terbuang ini pula semua donkrak (booster) ranmor di seluruh dunia dirancang dan dibuat, agar tenaga terbuang adalah minimum.

Sadarilah bahwa anda tak akan pernah lebih pintar drpd jutaan ilmuwan dan insinyur terdidik dan terlatih yg bekerjasama dlm tim utk merancang bbg ramor di seluruh perusahaan pabrikan otomotiv di seluruh dunia!!!

Apa yg dilakukan oleh tiap item dlm daftar diatas tiada lain adalah upaya peningkatan efisiensi mesin, utk memulihkan sebagian tenaga mesin yg terbuang sbg tenaga panas! Sedemikian shg tenaga dihasilkan mesin dan ditransalsikan ke ranmor adalah maksimum! Namun krn selalu saja ada sebagian tenaga mesin terbuang sbg tenaga panas krn gesekan antar media, ygmana tak bisa dihilangkan samasekali atau dibuat menjadi nol, maka dikatakan bahwa upaya minimasi keterbuangan ini adalah optimisasi mesin. Optimum artinya adalah yg terbaik antara medium dan maksimum.

And all of these what I have done to my Thunder!

Has proven that best maintenance produces best performance!!!

. . .


__________________________________________________

(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Sponsored content





PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Empty
PostSubyek: Re: PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up   PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
PERFORMA: Memperoleh Efek Peningkatan Rasio Kompresi Tanpa Bore-Up
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» PERFORMA: Sprayer Set Carb untuk Tingkatkan Performa Thunder125
» PROMO: Paket Peningkatan Performa dan Pengiritan BahanBakar dan Minyak Pelumas
» AMAZING: Gadis Perenang Tanpa 1 Tangan dan Tanpa 2 Kaki

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Performa Suzuki Thunder :: Performa Permesinan Suzuki Thunder-
Navigasi: