Poin Brogader : 6197 Total Posan : 141 Sejak : 31.05.07 Domisili : Bandung-jombang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : thunder 125 Sikon : 100% perjaka Hobi : Otomotif,musik,komputer Slogan : belajar mati sebelum mati
Subyek: PERFORMA: Efek Porting 26.09.08 9:59
Q&A: Dampak Porting Kulit Jeruk
halo semu tolong info nya dong mengenai porting, apa baik/buruk-nya karena ada yg bilang, klo dinding dalem lobang isapan itu, sengaja oleh pabrik dibuat kasar mirip kulit jeruk. makasih atas atensinya
webster AdminMuda KOSTER
Poin Brogader : 7520 Total Posan : 5143 Sejak : 19.08.08 Domisili : RawaMangun KorWil : Jakarta Pusat NRA : 0728 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : Darknight Status :
lajang
Sikon : Single Hobi : Nonton Film Slogan : ** A little love can make a bi
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 26.09.08 12:25
Upaya mendongkrak performa mesin, bukan sekadar ganti komponen racing. Tak kalah penting, melakukan porting kepala silinder. Maksudnya, agar pasokan bahan bakar-udara masuk lebih banyak dan lancar. Namun tak banyak yang sadar, jika langkah ini bisa meningkatkan tenaga mesin secara drastis.
EFEK VENTURI
Proses porting tak sembarangan. Perlu ketelitian ekstra agar hasilnya sempurna. Jika salah, power mesin malah loyo. Wajar saja kalau mekanik mengenakan ongkos sekitar Rp 700.000 buat mengerjakannya.
Tetapi, apa sih yang namanya porting itu? "Porting adalah langkah untuk mencari efisiensi volumetrik yang ideal buat gas bakar," terang Taqwa Suryo Swasono, mekanik GARDEN SPEED Cilandak, Jakarta Selatan.
Prinsipnya mengupayakan campuran gas bakar lebih banyak masuk (cfm) dengan kecepatan tinggi (air speed). Hasilnya torsi putaran bawah naik. Paling penting, power band meningkat tanpa membuat boros konsumsi bahan bakar.
Buat tujuan itu, lubang intake kepala silinder dan manifold dirancang ulang sudut geometrinya. Tujuannya, udara bercampur bensin bisa tersedot masuk dengan lancar, mirip isapan angin tornado yang memutar (venturi).
Proses terbagi dalam tiga tahap. Tergantung bentuk lubang standar manifold dan intake kepala silinder. Jika desain pabrik sudah bisa menimbulkan efek venturi, cukup blue printing. Yaitu, meratakan lubang pertemuan antara bibir intake manifold dengan cylinder head. Soalnya, pabrikan belum tentu membuat bagian tersebut pas, sehingga perlu disempurnakan.
Setelah itu, diteruskan polish. Caranya dengan menghaluskan permukaan yang berkontur kasar (kulit jeruk) di dalam lubang. Biasanya kerjaan ini dilakukan secara manual, mengandalkan putaran bor gerinda
Di negara-negara maju, prosesnya berbeda. Blue printing dilakukan mesin CNC. Sedang polish pakai mesin khusus, dengan tujuan, "Menghaluskan 'kulit jeruk' di bagian yang sulit dijangkau. Caranya dengan menyemburkan pasta grill bertekanan tinggi lewat ujung-ujung lubang," papar Taqwa.
Buat intake standar yang belum terbentuk efek venturi, lubang masuk di cylinder head harus dirombak. Bagian yang perlu dipapas, di antaranya bibir luar lubang masuk (berbentuk segi tiga) dan chamber bagian bawah. Ukuran tergantung keperluan, maksimal tak lebih dari 5 mm. Lalu lubang intake manifold mengikuti pembesarannya dan 'kulit jeruk' kembali dihaluskan.
Poin Brogader : 7520 Total Posan : 5143 Sejak : 19.08.08 Domisili : RawaMangun KorWil : Jakarta Pusat NRA : 0728 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : Darknight Status :
lajang
Sikon : Single Hobi : Nonton Film Slogan : ** A little love can make a bi
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 26.09.08 12:28
porting silinder head yg sekarang banyak dilakukan adalah membuat landai atau tanpa sudut (0') saluran antara lubang inlet dan manipol juga antara lubang eksos dengan lubang kenalpot.
diameter landai ini sekitar 80% dari besarnya payung klep in atau out. kalo lebih dari 80% dipastikan pembalap harus gantung RPM setiap oper gigi. buat pembalap yg agak kasar sulit dibuat diatas 80% tapi pembalap yg narik koplingnya lembut bisa saja. kelas MP1 dan MP2 mungkin punya perhitungan lain, maslahnya pemabalap seeded punya jam terbang tinggi.
polishing jangan dibuat licin tetapi tetap harus dibuat seperti kulit jeruk untuk membuat campuran antara bahan bakar dan udara lebih bagus.
sebenarnya hasil setiap portingan harus dicoba dengan flowbench supaya bisa diketahui debit udara yg masuk dalam satuan liter per detik.
dengan trek lintasan road race di indonesia yg kebanyakan tikungan patah dan jarang trek panjangnya porting lebih cenderung diarahkan kepada kenaikan torsi dan jangan kearah peak power.
sedangkan peak RPM nya tergantung setingan CDI dan karakter pembalap.
noken as, ruang bakar, CDI dan kenalpot juga harus sesuai dengan lintasannya.
info lanjut klik http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080114090125AAtqKtb
Daverson Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7425 Total Posan : 2510 Sejak : 01.07.07 Domisili : Jakarta Utara KorWil : KOSTRAD NRA : 0321 Jabatan : Anggota Resmi Thunder :
125
Julukan : My Blue Sikon : apa yah.. ? Hobi : Makan & Traveling Slogan : Yakinlah pada kemampuan diri sendiri & berusahalah terus jgn putus asa
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 26.09.08 12:34
Wah informasinya cukup baik
Dodik JeTC Panglima KOSTER
Poin Brogader : 6563 Total Posan : 7746 Sejak : 04.07.08 Domisili : Jember. JaTim KorWil : JeTC NRA : 0494 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : MR. BIG Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah... Hobi : cari sodara
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 26.09.08 12:40
Nice Post Mos.....
lo2nmanson SERTU KOSTER
Poin Brogader : 6197 Total Posan : 141 Sejak : 31.05.07 Domisili : Bandung-jombang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : thunder 125 Sikon : 100% perjaka Hobi : Otomotif,musik,komputer Slogan : belajar mati sebelum mati
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 26.09.08 17:19
comos5 wrote:
Upaya mendongkrak performa mesin, bukan sekadar ganti komponen racing. Tak kalah penting, melakukan porting kepala silinder. Maksudnya, agar pasokan bahan bakar-udara masuk lebih banyak dan lancar. Namun tak banyak yang sadar, jika langkah ini bisa meningkatkan tenaga mesin secara drastis.
EFEK VENTURI
Proses porting tak sembarangan. Perlu ketelitian ekstra agar hasilnya sempurna. Jika salah, power mesin malah loyo. Wajar saja kalau mekanik mengenakan ongkos sekitar Rp 700.000 buat mengerjakannya. Tetapi, apa sih yang namanya porting itu? "Porting adalah langkah untuk mencari efisiensi volumetrik yang ideal buat gas bakar," terang Taqwa Suryo Swasono, mekanik GARDEN SPEED Cilandak, Jakarta Selatan.
Prinsipnya mengupayakan campuran gas bakar lebih banyak masuk (cfm) dengan kecepatan tinggi (air speed). Hasilnya torsi putaran bawah naik. Paling penting, power band meningkat tanpa membuat boros konsumsi bahan bakar.
Buat tujuan itu, lubang intake kepala silinder dan manifold dirancang ulang sudut geometrinya. Tujuannya, udara bercampur bensin bisa tersedot masuk dengan lancar, mirip isapan angin tornado yang memutar (venturi).
Proses terbagi dalam tiga tahap. Tergantung bentuk lubang standar manifold dan intake kepala silinder. Jika desain pabrik sudah bisa menimbulkan efek venturi, cukup blue printing. Yaitu, meratakan lubang pertemuan antara bibir intake manifold dengan cylinder head. Soalnya, pabrikan belum tentu membuat bagian tersebut pas, sehingga perlu disempurnakan.
Setelah itu, diteruskan polish. Caranya dengan menghaluskan permukaan yang berkontur kasar (kulit jeruk) di dalam lubang. Biasanya kerjaan ini dilakukan secara manual, mengandalkan putaran bor gerinda
Di negara-negara maju, prosesnya berbeda. Blue printing dilakukan mesin CNC. Sedang polish pakai mesin khusus, dengan tujuan, "Menghaluskan 'kulit jeruk' di bagian yang sulit dijangkau. Caranya dengan menyemburkan pasta grill bertekanan tinggi lewat ujung-ujung lubang," papar Taqwa.
Buat intake standar yang belum terbentuk efek venturi, lubang masuk di cylinder head harus dirombak. Bagian yang perlu dipapas, di antaranya bibir luar lubang masuk (berbentuk segi tiga) dan chamber bagian bawah. Ukuran tergantung keperluan, maksimal tak lebih dari 5 mm. Lalu lubang intake manifold mengikuti pembesarannya dan 'kulit jeruk' kembali dihaluskan.
infolanjut
www.gardenspeed.com/pdf/23.pdf
wah info nya thank bgt udah agak cerah.klo di aplikasikan di motor thunder gimaNA YA
Daverson Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7425 Total Posan : 2510 Sejak : 01.07.07 Domisili : Jakarta Utara KorWil : KOSTRAD NRA : 0321 Jabatan : Anggota Resmi Thunder :
125
Julukan : My Blue Sikon : apa yah.. ? Hobi : Makan & Traveling Slogan : Yakinlah pada kemampuan diri sendiri & berusahalah terus jgn putus asa
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 26.09.08 19:04
lo2nmanson wrote:
wah info nya thank bgt udah agak cerah.klo di aplikasikan di motor thunder gimaNA YA
Yang pasti ngacir dah motor ente tambahan Info di tabloid M plus edisi minggu ini ada paket Bore up Thunder 125
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27465 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
TENTANG PORTING | PEMBANDARAN DAN EFEK TABUNG VENTURI
(C) 2006―2008 ― EE ONE S | Thunder Rider
PORTING | PEMBANDARAN
Port artinya bandar atau pelabuhan. Pada kendaraan bermotor ada sepasang bandar: bandar masuk (input port, inlet) atau bandar ambil (intake port), dan bandar keluar (ouput port, outlet) atau bandar buang (exhaust port). Yang diambil adalah gas campuran udara dan bahahbakar, dan yang dibuang adalah gas sisa pembakaran, bila ada.
Jadi porting atau pembadaran maksudnya adalah menyetel agar pengambilan gas campuran udara dan bahahbakar dan pembuangan gas sisa berlangsung secara efisien dan efektiv.
Satu cara pengaturan dilakukan adalah dengan mengatur bentuk bibir dan lorong bandar masuk|ambil dan bandar keluar|buang, dan bentuk katup (klep, valve) masing-masing yang sesuai. Dan bentuk ideal adalah seperti sebuah terompet yang dirancang berdasarkan pada efek tabung Venturi (Venturi tube) yang berlandaskan pada azas Bernaulli tentang aliran fluida dalam lorong (tunnel) atau tabung (tube).
EFEK TABUNG VENTURI
Pada semua kendaraan bermotor, aliran udara dari luar ke karburator ke mesin diatur berdasarkan pada perbedaan penampang lorong, sesuai hukum fisika yang berlaku pada dinamika aliran fluida dalam tabung atau lorong.
Hukum fisika dinamika aliran fluida dalam tabung atau lorong ini bekerja berdasarkan pd hukum Bernoulli, yg oleh dirumuskan 3 abad lampau oleh ahli fisika Daniel Bernoulli (1700-1782), dan kemudian dikembangkan oleh ahli fisika, G. B. Venturi (1746-1822), yg mengembangkan tabung yg kemudian dinamakan tabung Venturi, untuk menghormati penemuannya.
Tabung Venturi adalah tabung yang memiliki perbedaan luas penampang pada dua ujung dan tengahnya. Dirancang sesuai dengan penggunaannya, mana saja penampang yang lebar dan mana saja penampang yang sempit. Gunanya adalah untuk mengatur laju aliran fluida, udara atau air, karena laju aliran fludia dalam lorong tabung berbanding terbalik dengan luas penampang. Makin besar penampang, makin besar tekanan, makin lambat aliran. Sebaliknya makin kecil penampang, makin kecil tekanan, makin cepat aliran.
Semua karburator berkerja dgn konsep dan prinsip dasar sama dan memiliki satu struktur dasar sama. Secara mendasar, suatu karburator terdiri dr sebuah tabung dan yg menyepit di bagian dlm dan sebuah katup pelat yg bisa diatur bergerak pd penampang tabung. Tabung dan plat ini merupakan tabung Venturi dan pelat katup cekik (throttle valve plate). Guna tabung ini adalah utk mengatur rendah-tinggi tekanan udara dan lambat-cepat aliran udara, dan sedangan guna plat adalah utk mengatur luas penampang tabung Venturi dan sedikit-banyak udara masuk kedlm tabung Venturi karburator.
Konsep dasar pencampuran bahanbakar dan udara dlm karburator adalah dgn cara membuat tabung karburator sbg suatu tabung yg menyempit, shg tekanan udara didlm karburator lbh rendah drpd tekanan udara luar, tp kecepatan aliran udara didlm karburator lbh cepat drpd aliran udara diluar, dgn demikian udara luar akan menerobos masuk kedlm karburator, menguapkan bahanbakar, dan menendangnya masuk kedlm mesin. Pd bagian dimana tekanan udara mendekati nol, terbentuk vakum atau ruang hampa udara. Dlm vakum inilah terletak bbrp penyembur (jet) dgn moncong (nozzle) yg berlaku sbg penyemprot atau spruyer (sproeier, sprayer), yakni suatu lubang kecil dlm bentuk pembuluh rabut atau pipa kapiler yg memungkinkan pengkabutan bahanbakar dan membuat gas campuran bahanbakar dan udara tersedot kedlm vakum.
Utk memahami bgmn efek tabung Venturi bekerja, kita hrs meninjau pd azas atau prinsip Bernoulli. Prinsip ini menjelaskan bahwa kecepatan udara saling bergantungan dgn tekanan udara. Jika udara bergerak makin cepat, maka tekanan udara makin rendah, dan sebaliknya.
Pernyataan pinsip Benaulli lbh-kurang sbb: "penurunan tekanan gas [uap, udara] selaras dgn peningkatan | kenaikan kecepatan gas tsb, dan selaras dgn penyempitan penampang lorong dilewati gas tsb. Dlm keadaan ideal tertentu, perbanding perubahan tekanan dan kecepatan udara ini hampir linier. Misalnya, jika kecepatan naik 3 x lipat, maka tekanan turun 3 x lipat.
Perbedaan luas penampang pipa Venturi dlm karburator menyebabkan perbedaan tekanan udara, antara udara diluar dan didlm karburator, dimana krn penampang luar pipa Venturi lbh luas drpd penampang dlm pipa Venturi, tekanan diluar karburator lbh tinggi drpd tekanan udara didlm karburator, shg udara luar menerobos masuk kedlm karburator, dimana kecepatan udara makin meningkat makin masuk kdlm karburator. Akibatnya, cairan bahanbakar dlm ruangan penampungan karburator didesak menyembur ke lorong percampuran bahanbakar dan udara utk seterusnya disedot oleh kevakuman mesin melalui bandar masuk.
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
lo2nmanson SERTU KOSTER
Poin Brogader : 6197 Total Posan : 141 Sejak : 31.05.07 Domisili : Bandung-jombang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : thunder 125 Sikon : 100% perjaka Hobi : Otomotif,musik,komputer Slogan : belajar mati sebelum mati
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 27.09.08 9:15
Thunder Rider wrote:
TENTANG PORTING | PEMBANDARAN DAN EFEK TABUNG VENTURI
(C) 2006―2008 ― EE ONE S | Thunder Rider
PORTING | PEMBANDARAN
Port artinya bandar atau pelabuhan. Pada kendaraan bermotor ada sepasang bandar: bandar masuk (input port, inlet) atau bandar ambil (intake port), dan bandar keluar (ouput port, outlet) atau bandar buang (exhaust port). Yang diambil adalah gas campuran udara dan bahahbakar, dan yang dibuang adalah gas sisa pembakaran, bila ada.
Jadi porting atau pembadaran maksudnya adalah menyetel agar pengambilan gas campuran udara dan bahahbakar dan pembuangan gas sisa berlangsung secara efisien dan efektiv.
Satu cara pengaturan dilakukan adalah dengan mengatur bentuk bibir dan lorong bandar masuk|ambil dan bandar keluar|buang, dan bentuk katup (klep, valve) masing-masing yang sesuai. Dan bentuk ideal adalah seperti sebuah terompet yang dirancang berdasarkan pada efek tabung Venturi (Venturi tube) yang berlandaskan pada azas Bernaulli tentang aliran fluida dalam lorong (tunnel) atau tabung (tube).
EFEK TABUNG VENTURI
Pada semua kendaraan bermotor, aliran udara dari luar ke karburator ke mesin diatur berdasarkan pada perbedaan penampang lorong, sesuai hukum fisika yang berlaku pada dinamika aliran fluida dalam tabung atau lorong.
Hukum fisika dinamika aliran fluida dalam tabung atau lorong ini bekerja berdasarkan pd hukum Bernoulli, yg oleh dirumuskan 3 abad lampau oleh ahli fisika Daniel Bernoulli (1700-1782), dan kemudian dikembangkan oleh ahli fisika, G. B. Venturi (1746-1822), yg mengembangkan tabung yg kemudian dinamakan tabung Venturi, untuk menghormati penemuannya.
Tabung Venturi adalah tabung yang memiliki perbedaan luas penampang pada dua ujung dan tengahnya. Dirancang sesuai dengan penggunaannya, mana saja penampang yang lebar dan mana saja penampang yang sempit. Gunanya adalah untuk mengatur laju aliran fluida, udara atau air, karena laju aliran fludia dalam lorong tabung berbanding terbalik dengan luas penampang. Makin besar penampang, makin besar tekanan, makin lambat aliran. Sebaliknya makin kecil penampang, makin kecil tekanan, makin cepat aliran.
Semua karburator berkerja dgn konsep dan prinsip dasar sama dan memiliki satu struktur dasar sama. Secara mendasar, suatu karburator terdiri dr sebuah tabung dan yg menyepit di bagian dlm dan sebuah katup pelat yg bisa diatur bergerak pd penampang tabung. Tabung dan plat ini merupakan tabung Venturi dan pelat katup cekik (throttle valve plate). Guna tabung ini adalah utk mengatur rendah-tinggi tekanan udara dan lambat-cepat aliran udara, dan sedangan guna plat adalah utk mengatur luas penampang tabung Venturi dan sedikit-banyak udara masuk kedlm tabung Venturi karburator.
Konsep dasar pencampuran bahanbakar dan udara dlm karburator adalah dgn cara membuat tabung karburator sbg suatu tabung yg menyempit, shg tekanan udara didlm karburator lbh rendah drpd tekanan udara luar, tp kecepatan aliran udara didlm karburator lbh cepat drpd aliran udara diluar, dgn demikian udara luar akan menerobos masuk kedlm karburator, menguapkan bahanbakar, dan menendangnya masuk kedlm mesin. Pd bagian dimana tekanan udara mendekati nol, terbentuk vakum atau ruang hampa udara. Dlm vakum inilah terletak bbrp penyembur (jet) dgn moncong (nozzle) yg berlaku sbg penyemprot atau spruyer (sproeier, sprayer), yakni suatu lubang kecil dlm bentuk pembuluh rabut atau pipa kapiler yg memungkinkan pengkabutan bahanbakar dan membuat gas campuran bahanbakar dan udara tersedot kedlm vakum.
Utk memahami bgmn efek tabung Venturi bekerja, kita hrs meninjau pd azas atau prinsip Bernoulli. Prinsip ini menjelaskan bahwa kecepatan udara saling bergantungan dgn tekanan udara. Jika udara bergerak makin cepat, maka tekanan udara makin rendah, dan sebaliknya.
Pernyataan pinsip Benaulli lbh-kurang sbb: "penurunan tekanan gas [uap, udara] selaras dgn peningkatan | kenaikan kecepatan gas tsb, dan selaras dgn penyempitan penampang lorong dilewati gas tsb. Dlm keadaan ideal tertentu, perbanding perubahan tekanan dan kecepatan udara ini hampir linier. Misalnya, jika kecepatan naik 3 x lipat, maka tekanan turun 3 x lipat.
Perbedaan luas penampang pipa Venturi dlm karburator menyebabkan perbedaan tekanan udara, antara udara diluar dan didlm karburator, dimana krn penampang luar pipa Venturi lbh luas drpd penampang dlm pipa Venturi, tekanan diluar karburator lbh tinggi drpd tekanan udara didlm karburator, shg udara luar menerobos masuk kedlm karburator, dimana kecepatan udara makin meningkat makin masuk kdlm karburator. Akibatnya, cairan bahanbakar dlm ruangan penampungan karburator didesak menyembur ke lorong percampuran bahanbakar dan udara utk seterusnya disedot oleh kevakuman mesin melalui bandar masuk.
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
klo siaplikasikan ke bagian intake gimana karena intake lubang isap dinding nya kasar mirip kulit jeruk apa boleh itu dihaluskan
om ndute5758 Moderator KOSTER
Poin Brogader : 7438 Total Posan : 10946 Sejak : 21.12.07 Domisili : Cilacap KorWil : Cilacap: NusaKambangan | DENSUS-27 NRA : 0333 Jabatan : KetHan | KaWil Thunder :
125
Julukan : EN125 Sikon : mmmmm ... enikah Hobi : touring Slogan : see my profile at www.ndute5758.co.nr
klo siaplikasikan ke bagian intake gimana karena intake lubang isap dinding nya kasar mirip kulit jeruk apa boleh itu dihaluskan
Ada 2 pilihan , bergantung kebutuhan:
Jika dihaluskan, maka akan membantu memperlancar aliran gas campuran udara dan BBM, dari karburator ke silinder mesin.
Jika dikasarkan, maka akan membantu memecah sebagian molekul aliran gas campuran udara dan BBM, shg makin granular.
Kalau pd Suzuki Thunder saya, pemecahan molekul BBM sdh dilakukan antara tanki BBM dan karburator, menggunakan efek medan elektromagnetik. Pemecahan molekul ini gunanya adalah utk meningkatkan kerapatan bobot | densitas masa BBM, yakni berat molekul per satuanh volume BBM, sedemikian shg penyaluran dan pembakaran gas BBM lbh efiiesn dan efektiv.
. . .
Dodik JeTC Panglima KOSTER
Poin Brogader : 6563 Total Posan : 7746 Sejak : 04.07.08 Domisili : Jember. JaTim KorWil : JeTC NRA : 0494 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : MR. BIG Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah... Hobi : cari sodara
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 29.09.08 11:11
Thunder Rider wrote:
Kalau pd Suzuki Thunder saya, pemecahan molekul BBM sdh dilakukan antara tanki BBM dan karburator, menggunakan efek medan elektromagnetik. Pemecahan molekul ini gunanya adalah utk meningkatkan kerapatan bobot | densitas masa BBM, yakni berat molekul per satuanh volume BBM, sedemikian shg penyaluran dan pembakaran gas BBM lbh efiiesn dan efektiv.
. . .
pemecahan molekul antara tangki dan karburator .... gimana caranya Om... apa nambah alat lagi ???
boybowie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6616 Total Posan : 4444 Sejak : 05.08.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125cc Sikon : kawin Hobi : touring Slogan : Jadikanlah hidupmu penuh dengan persahabatan dan kekeluargaan
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 29.09.08 15:36
Boleh juga nich postingan... Tentang dampak porting kulit jeruk. Bisa juga sekalian belajar mesin..!
Dodik JeTC Panglima KOSTER
Poin Brogader : 6563 Total Posan : 7746 Sejak : 04.07.08 Domisili : Jember. JaTim KorWil : JeTC NRA : 0494 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : MR. BIG Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah... Hobi : cari sodara
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 29.09.08 16:41
yah paling tidak ane tau sedikit sedikit ( sedikit sekali )
romo_dudutz Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5821 Total Posan : 1010 Sejak : 13.06.08 Domisili : bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : makan Slogan : olahraga biar kurus
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 29.09.08 20:30
waa ... postingannya bagus . nambah ilmu buat mesin . hhe maklum ane cuma ngerti dikit bgt .. x)
FENCO Bejater'z BRIGJEN KOSTER
Poin Brogader : 5810 Total Posan : 1627 Sejak : 16.09.08 Domisili : pondok gede KorWil : BEJATER\"S NRA : - Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : diakui Hobi : ngobrol dan mencari masalah Slogan : perbaiki diri dari hari demi hari, hari sekarang lebih baik dari hari kemaren
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 29.09.08 20:43
comos5 wrote:
porting silinder head yg sekarang banyak dilakukan adalah membuat landai atau tanpa sudut (0') saluran antara lubang inlet dan manipol juga antara lubang eksos dengan lubang kenalpot.
diameter landai ini sekitar 80% dari besarnya payung klep in atau out. kalo lebih dari 80% dipastikan pembalap harus gantung RPM setiap oper gigi. buat pembalap yg agak kasar sulit dibuat diatas 80% tapi pembalap yg narik koplingnya lembut bisa saja. kelas MP1 dan MP2 mungkin punya perhitungan lain, maslahnya pemabalap seeded punya jam terbang tinggi.
polishing jangan dibuat licin tetapi tetap harus dibuat seperti kulit jeruk untuk membuat campuran antara bahan bakar dan udara lebih bagus.
sebenarnya hasil setiap portingan harus dicoba dengan flowbench supaya bisa diketahui debit udara yg masuk dalam satuan liter per detik.
dengan trek lintasan road race di indonesia yg kebanyakan tikungan patah dan jarang trek panjangnya porting lebih cenderung diarahkan kepada kenaikan torsi dan jangan kearah peak power.
sedangkan peak RPM nya tergantung setingan CDI dan karakter pembalap.
noken as, ruang bakar, CDI dan kenalpot juga harus sesuai dengan lintasannya.
info lanjut klik http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080114090125AAtqKtb
berita yang bagus bangat...buat brogaders smua....
romo_dudutz Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5821 Total Posan : 1010 Sejak : 13.06.08 Domisili : bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : makan Slogan : olahraga biar kurus
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 29.09.08 21:47
oke deh . hehehehe
FENCO Bejater'z BRIGJEN KOSTER
Poin Brogader : 5810 Total Posan : 1627 Sejak : 16.09.08 Domisili : pondok gede KorWil : BEJATER\"S NRA : - Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : diakui Hobi : ngobrol dan mencari masalah Slogan : perbaiki diri dari hari demi hari, hari sekarang lebih baik dari hari kemaren
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 29.09.08 22:19
YOOOIII
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27465 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Kalau pd Suzuki Thunder saya, pemecahan molekul BBM sdh dilakukan antara tanki BBM dan karburator, menggunakan efek medan elektromagnetik. Pemecahan molekul ini gunanya adalah utk meningkatkan kerapatan bobot | densitas masa BBM, yakni berat molekul per satuan volume BBM, sedemikian shg penyaluran dan pembakaran gas BBM lbh efisienn dan efektiv. . . .
pemecahan molekul antara tangki dan karburator .... gimana caranya Om... apa nambah alat lagi ???
Ya jelas tambah alat!!! Ada banyak macam jenis dan merek beredaran di pasaran. Harga berkisar antara Rp 150 s/d 250 ribu bergantung merek dan promosi. Brogader KOSTER sdh banyak koq yg pakai: sy, Bro Eep, Brp Ade Gunung, dll.
Kalau Suzuki Thunder sy menggunakan alat ganda :
pemecah molekul udara, antara corong udara dan filter udara.
pemecah molekul BBM, antara tanki BBM dan filter BBM.
Fungsinya meringankan tugas dua filter tsb, baik filter udara maupun filter BBM, sblm udara dan uap BBM memasuki karburator dan bercampur sbg gas bakar ke silnder mesin.
Kombinasi tiga ini :
booster udara
booster BBM
booster percikan busi
membuat proses pembakaran dlm mesin Suzuki Thunder sy sangat efisien dan efektiv. Jika masing-masing memiliki andil pengiritan BBM 5 s/d 15 persen saja, maka Thundie sy bisa menghemat 15 s/d 45 persen BBM. Dlm prakteknya, konsumsi BBM Thundie sy 60 s/d 90 km per liter, bergantung sikon dan medan jelajah. Utk JaBoDeTaBek, rerata 70 km/liter.
. . .
Dodik JeTC Panglima KOSTER
Poin Brogader : 6563 Total Posan : 7746 Sejak : 04.07.08 Domisili : Jember. JaTim KorWil : JeTC NRA : 0494 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : MR. BIG Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah... Hobi : cari sodara
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 30.09.08 8:35
alatnya namanya apa Om ? apa dijual bebas ? ada gambarnya ?
maap Pak Iwan, ane banyak nanya, tertarik sih....
romo_dudutz Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5821 Total Posan : 1010 Sejak : 13.06.08 Domisili : bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : makan Slogan : olahraga biar kurus
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 30.09.08 14:34
tar di pasang dimana om ?
Dodik JeTC Panglima KOSTER
Poin Brogader : 6563 Total Posan : 7746 Sejak : 04.07.08 Domisili : Jember. JaTim KorWil : JeTC NRA : 0494 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : MR. BIG Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah... Hobi : cari sodara
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 30.09.08 16:51
tunggu dutz, Om Iwan lebaran dulu
romo_dudutz Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5821 Total Posan : 1010 Sejak : 13.06.08 Domisili : bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : makan Slogan : olahraga biar kurus
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 30.09.08 21:19
oh oke oke .. mudik ga om ?
om ndute5758 Moderator KOSTER
Poin Brogader : 7438 Total Posan : 10946 Sejak : 21.12.07 Domisili : Cilacap KorWil : Cilacap: NusaKambangan | DENSUS-27 NRA : 0333 Jabatan : KetHan | KaWil Thunder :
125
Julukan : EN125 Sikon : mmmmm ... enikah Hobi : touring Slogan : see my profile at www.ndute5758.co.nr
Subyek: Re: PERFORMA: Efek Porting 09.10.08 21:35
atas nama pribadi, keluarga, Cilacap Suzuki Club dan koster cilacap mo ngucapin met Lebaran alias Idul Fitri 1429 H buat brogaders kosterians smuanya.mohon maaf lahir dan batin.