| MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap | |
|
+12harry_cldg eWiNz M.Syukri greenmage_lv7 andre vembra Red Thunder bowie gerry_garsono [BOETHO] pecintamerahsejati Heri 042 16 posters |
Pengirim | Message |
---|
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9534 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
| Subyek: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 12.04.07 15:55 | |
| Perawatan Karburator Vakum Gangguan Akibat Salah Asuh Source: Motor Plus Online Karburator vakum alias CV (Constant Velocity) jadi standar di motor terkini. Silakan absen dari Yamaha Mio, Honda Vario, Kawasaki Kaze X130 hingga Suzuki Satria F-150. Pertimbangannya pasti soal konsumsi bahan bakar plus buka-tutup gas yang halus. Tapi, kinerja pengabut bensin tipe vakum bisa terganggu kalau salah asuh. Apa sih panduannya? “Tidak disarankan buka boks filter. Memang awalnya tarikan terasa lebih cepat, tapi kelamaan debu bisa menghambat gerakan skep,” buka Iwan Setiawan, punggawa GMC di Jl. Pendidikan, No. 30, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Skep di karbu CV beda karena bahan dari resin dilapis teflon (gbr. 1). Bandingkan dengan skep yang umum dengan bahan logam berlapis krom. Gara-gara kena debu, skep jadi macet dan kelamaan lapisan teflon tergores, hasilnya langsam tak stabil alias naik-turun. Bagian lain yang tak kalah sensitif adalah karet vakum (gbr. 2). Posisinya ada di atas karbu dan ditutup lempengan besi. “Saat servis nggak perlu dibuka karena kalau sampai salah rakit atau karet terjepit hingga rawan kebocoran. Akibatnya putaran mesin ngaco,” lanjut Iwan. Karet vakum juga nggak boleh kena bensin. Bisa melar atau paling parah tidak bisa digunakan lagi. Mana harganya mahal lagi. Untuk itu kudu hati-hati. Termasuk urusan trik oprek karbu dengan reamer atau memperbesar diameter venturi. Ini juga haram dilakukan di karbu vakum kalau nggak mau risiko skep oblak yang bisa berakibat mesin susah hidup. Karburator CV bekerja dengan tekanan udara dari crankcase dan intake. Jadi perhatikan kondisi slang vakum yang menuju karbu. Seumpama retak atau sobek, langsung ganti baru karena mesin bakal susah hidup. “Kondisi karet pemegang karbu dan intake manifold yang tak boleh ada kebocoran karena berimbas skep bakal susah naik (gbr. 3),” kata penyuka motor Honda ini. Termasuk klep masuk yang tak lagi rapat pun bisa bikin daya isap ke karbu vakum melorot. Jadi, rawatlah! | |
|
| |
Heri LETJEN KOSTER
Poin Brogader : 6389 Total Posan : 2503 Sejak : 13.11.06 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0079 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125 aja Sikon : Senang2 aja Hobi : lupa Slogan : lupa
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 12.04.07 16:04 | |
| wah,wah,wah....bener2 nih admin gak matinya | |
|
| |
pecintamerahsejati Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6304 Total Posan : 764 Sejak : 15.02.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0012 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : thunder bebex 70 cc Sikon : geus kawin coiii Hobi : -
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 18.04.07 10:44 | |
| iya bener neh punya gwe karet manipolnya retak" dan langsam jadi ngaco.. mana ngebukanya repot....kira" harga intakenya manipolnya berapa yah?? | |
|
| |
pecintamerahsejati Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6304 Total Posan : 764 Sejak : 15.02.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0012 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : thunder bebex 70 cc Sikon : geus kawin coiii Hobi : -
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 18.04.07 10:54 | |
| | |
|
| |
pecintamerahsejati Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6304 Total Posan : 764 Sejak : 15.02.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0012 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : thunder bebex 70 cc Sikon : geus kawin coiii Hobi : -
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 20.04.07 10:54 | |
| | |
|
| |
[BOETHO] Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7069 Total Posan : 4615 Sejak : 19.04.07 Domisili : Trenggalek - Bogor KorWil : Bogor NRA : 0013 Jabatan : Ang. Pendiri Thunder : Julukan : Big Black Beauty Sikon : MENGERIKAN.... Hobi : MANASIN ORANG Slogan : ADA APA YAH...??
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 20.04.07 11:03 | |
| | |
|
| |
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8065 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder : Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 20.04.07 11:10 | |
| salam biker salam koster
kalo nggak salah 80 rb an..to di SPM ada..tuh:top bangat dah :suporter: | |
|
| |
bowie PELTU KOSTER
Poin Brogader : 6309 Total Posan : 373 Sejak : 10.02.07 Domisili : cikarang Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : kawin
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 20.04.07 18:42 | |
| emang kaga ada matinya tuh admin ,,trus harga manipole yah -/+ segituan dah yg di bilang om gerry , Bravo Admin Bravo Koster Bravo TRCC Bravo STI | |
|
| |
pecintamerahsejati Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6304 Total Posan : 764 Sejak : 15.02.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0012 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : thunder bebex 70 cc Sikon : geus kawin coiii Hobi : -
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 30.04.07 12:17 | |
| kalo di beres ada nggak ger??? brahaan nyah??? | |
|
| |
vembra Red Thunder PRATU KOSTER
Poin Brogader : 6195 Total Posan : 22 Sejak : 06.06.07 Domisili : Jakarta Timur Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : Lajang
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 06.06.07 4:31 | |
| waduh kebetulan karet vacum motor ane bocor tuh bro.... klo mo ganti katernya aja bisa ga bro.. and berapa harganya? Yg ada stock dimana? thank's to ADMIN | |
|
| |
Heri LETJEN KOSTER
Poin Brogader : 6389 Total Posan : 2503 Sejak : 13.11.06 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0079 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125 aja Sikon : Senang2 aja Hobi : lupa Slogan : lupa
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 06.06.07 9:39 | |
| dari pada repot, mending beli thunder baru
copotin deh karet vacumnya truz ganti deh di thunder yang lama | |
|
| |
andre LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6365 Total Posan : 585 Sejak : 26.12.06 Domisili : TMII KorWil : Depok NRA : 102 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Suzuki Thunder Status : Sikon : Not Mariage Yet Hobi : Play Station Slogan : Bravo KOSTER
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 06.06.07 13:33 | |
| | |
|
| |
greenmage_lv7 KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 6218 Total Posan : 62 Sejak : 13.05.07 Domisili : jakarta,bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : loud n clear
| |
| |
M.Syukri SERMA KOSTER
Poin Brogader : 6164 Total Posan : 231 Sejak : 24.07.07 Domisili : Padang, Bekasi, Bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Si itam Sikon : Beristri satu Hobi : modifikasi motor
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 30.07.07 3:08 | |
| suit...suiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit | |
|
| |
M.Syukri SERMA KOSTER
Poin Brogader : 6164 Total Posan : 231 Sejak : 24.07.07 Domisili : Padang, Bekasi, Bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Si itam Sikon : Beristri satu Hobi : modifikasi motor
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 31.07.07 23:24 | |
| brooo.... harga karet manifoldnya berapaan???? trus harga karet vakum yg d dalam karbu berapaan jg??? trus kalo karbu subtitusi yg plug and play apa??? | |
|
| |
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9534 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
| Subyek: MAINTENANS: Karburator Vakum. Gangguan Akibat Salah Asuh 13.06.08 13:25 | |
| Source: Motor Plus Online Karburator vakum alias CV (Constant Velocity) jadi standar di motor terkini. Silakan absen dari Yamaha Mio, Honda Vario, Kawasaki Kaze ZX130 hingga Suzuki Satria F-150. Pertimbangannya pasti soal konsumsi bahan bakar plus buka-tutup gas yang halus. Tapi, kinerja pengabut bensin tipe vakum bisa terganggu kalau salah asuh. Apa sih panduannya? “Tidak disarankan buka boks filter. Memang awalnya tarikan terasa lebih cepat, tapi kelamaan debu bisa menghambat gerakan skep,” buka Iwan Setiawan, punggawa GMC di Jl. Pendidikan, No. 30, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Skep di karbu CV beda karena bahan dari resin dilapis teflon (gbr. 1)[b]. Bandingkan dengan skep yang umum dengan bahan logam berlapis krom. Gara-gara kena debu, skep jadi macet dan kelamaan lapisan teflon tergores, hasilnya langsam tak stabil alias naik-turun.
Bagian lain yang tak kalah sensitif adalah karet vakum [b](gbr. 2). Posisinya ada di atas karbu dan ditutup lempengan besi. “Saat servis nggak perlu dibuka karena kalau sampai salah rakit atau karet terjepit hingga rawan kebocoran. Akibatnya putaran mesin ngaco,” lanjut Iwan. Karet vakum juga nggak boleh kena bensin. Bisa melar atau paling parah tidak bisa digunakan lagi. Mana harganya mahal lagi. Untuk itu kudu hati-hati. Termasuk urusan trik oprek karbu dengan reamer atau memperbesar diameter venturi. Ini juga haram dilakukan di karbu vakum kalau nggak mau risiko skep oblak yang bisa berakibat mesin susah hidup. Karburator CV bekerja dengan tekanan udara dari crankcase dan intake. Jadi perhatikan kondisi slang vakum yang menuju karbu. Seumpama retak atau sobek, langsung ganti baru karena mesin bakal susah hidup. “Kondisi karet pemegang karbu dan intake manifold yang tak boleh ada kebocoran karena berimbas skep bakal susah naik (gbr. 3),” kata penyuka motor Honda ini. Termasuk klep masuk yang tak lagi rapat pun bisa bikin daya isap ke karbu vakum melorot. Jadi, rawatlah! | |
|
| |
eWiNz PELTU KOSTER
Poin Brogader : 5812 Total Posan : 327 Sejak : 21.06.08 Domisili : Kendari Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Red Maroon and Black Tirev Sikon : Stand By Hobi : Touring, Racing, Modif. Hmmm ...
| Subyek: MAINTENANS: Constant Velocity Vacuum Carburetor 08.07.08 13:11 | |
| Bro semua ini tentang karbu vakum... Kinerja karburator vakum bisa terganggu kalau salah perawatan, cara merawatnya berbeda dengan karburator konvensional. Misalnya tidak disarankan buka boks filter udara. Memang awalnya tarikan terasa lebih cepat, tapi kelamaan debu bisa menghambat gerakan skep. Skep di karburator vakum beda karena bahannya dari resin dilapis teflon. Bandingkan dengan skep yang umum dengan bahan logam berlapis krom. Gara-gara kena debu, skep jadi macet dan lama kelamaan lapisan teflon tergores, hasilnya motor susah langsam/nggak stabil. Bagian lain yang tak kalah sensitif adalah karet karburator vakum. Posisinya ada di atas karbu dan ditutup lempengan besi. Waktu servis nggak perlu dibuka karena kalau sampai salah rakit sehingga karet terjepit maka dapat mengakibatkan kebocoran sehingga putaran mesin jadi ngaco. Karet vakum juga nggak boleh kena bensin. Bisa melar atau paling parah tidak bisa digunakan lagi. Harganya mahal Bro. Buat yang biasa korek karburator konvensional dengan reamer atau memperbesar diameter venturi. Hal ini jangan dilakukan pada karburator vakum, resikonya skep bisa oblak yang bisa berakibat mesin susah hidup. Karburator CV bekerja dengan tekanan udara dari crankcase dan intake. Jadi perhatikan kondisi selang vakum yang menuju karbu. Seumpama retak atau sobek, langsung ganti baru karena mesin bakal susah hidup. Kondisi karet pemegang karbu dan intake manifold tidak boleh ada kebocoran karena berimbas skep bakal susah naik. Termasuk klep masuk yang tak lagi rapat pun bisa bikin daya isap ke karbu vakum jadi melorot. Jadi, hati-hati, teknologi baru, jangan sembarangan merawat, pelajari dulu. | |
|
| |
harry_cldg LETDA KOSTER
Poin Brogader : 5959 Total Posan : 426 Sejak : 20.02.08 Domisili : ciledug KorWil : koster jaxel NRA : 202 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : single bro Hobi : makan/minum, tidur & bekerja Slogan : jangan pernah menyerah
kegagalan adalah kemenangan yang tertunda jadi belajarlah dari kegagalan
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 08.07.08 13:17 | |
| salam koster...!!! thx bro ewinz atas infonya.. kmrn br aja ane ganti karbu vakum, ane ga tw gara2 ane buka n mungkin kena bensin jadi melar dan ga bs sempurna pd saat pertama di pasang yg mengakibatkan ane ga bs jalan lebih dari 60 km/jam.jd terpaksa sang thunder masuk UGD di dealer suzuki. n harga karet tsb 38rb kla ga salah. ok thx ya ... | |
|
| |
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO Sikon : merit Hobi : Adventure Slogan : Bravo KOSTER
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 08.07.08 13:42 | |
| Trims bro eWinz atas info2nya...wah bro eWinz ini berbakat jadi kadernya Om E-1 momod KOSTER ya? lanjutt | |
|
| |
Aslavist Donatur KOSTER
Poin Brogader : 6905 Total Posan : 1771 Sejak : 26.05.08 Domisili : BojongGede. Parung KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0223 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Mr.Black BiQ Status : Sikon : Single Hobi : naik motor, pool, photography,fishing, catur Slogan : real power does not hit hard,
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 08.07.08 15:36 | |
| salam bikers, ane juga baru ganti karet vakum karbu,soalnya begitu di cek sudah banyak lubang2,di daerah lipatan karet.share terus ilmunya untuk temen 2 thundie, bro. | |
|
| |
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO Sikon : merit Hobi : Adventure Slogan : Bravo KOSTER
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 08.07.08 15:38 | |
| yup lanjut bro ewinz :koster inside: | |
|
| |
wite KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5672 Total Posan : 63 Sejak : 12.11.08 Domisili : bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : mahasiswa Hobi : ngukur jalan n maen di aspal
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 12.11.08 2:13 | |
| salam bikers salam koster ane ian bro,orng bru yg ingin gbung d kmunitas yg insya allah bkal gede... ane prnah pnya pengalaman bnkar karbu thunder, trus karet vakumnya kna bensin...jdiny melar n ga bsa di pke lgi... mo ga mo bli yg bru lgi dech | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap 12.11.08 2:24 | |
| . . . Perihal teknologi karburator silahkan lihat dlm forum ini, dlm topik: - MESIN: KARBURATOR SUZUKI THUNDER
. . . Semoga berguna dan membantu . . . | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap | |
| |
|
| |
| MAINTENANS: Karburator Vakum Kecepatan Tetap | |
|