| MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan | |
|
+13pandoo FENCO Bejater'z boybowie webster Ralf Thunder Rider Flik ThunderRiyan STERIL gerry_garsono Bro Jay buyung KzmX Wendy Dj 17 posters |
|
Pengirim | Message |
---|
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5961 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
| Subyek: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 07.06.08 14:33 | |
| Sulap Karbu Vakum jadi Spontan (dari R2) SULAP JADI SPONTAN dari majalah sepeda motor R2, edisi 5/ Juni 2008, hal 57 Penulis : Nur Basuki Fotografer : Hendra Sonie. Gambar difoto dengan kamera 2MB di HP n diedit lagi demi kejelasan kualitas gambar (ya gini ini kalo ga punya scanner).Respon Karburator tipe vakum (Constant Velocity) tak sebaik karburator tipe VM (Viller Model). Masalahnya karburator tipe CV kini kian banyak diaplikasi motor-motor keluaran terbaru. Perhatikan saja karburator yang melekat di Honda CS-1 yang belum lama dilaunching, Suzuki Thunder atau Yamaha Mio Soul. Semuanya mengusung tipe CV. Buat yang mengidolakan akselerasi tentu penggantian karburator tipe CV jadi tipe VM jadi opsi utama. Contohnya Suzuki Satria FU bisa mengadopsi karburator Keihin PE28 kepunyaan Honda NSR-SP. Namun imbalannya berefek pada konsumsi BBM. "Sejak diganti pakai karbu NSR, konsumsi BBM Satria saya hanya berkisar 20-25km//liter, padahal sebelumnya bisa 30km/liter", keluh Tomi, pemilik Satria FU 2005. Belum lagi memperhitungkan harga karburator yang berkisar Rp.600.000-650.000. Zaman gini? Alternatifnya sobat bisa melirik langkah yang ditawarkan Rosyid, tuner tim drag Ijo-ijo R Speed. "Saya hanya memaksimalkan kinerja karburator Vakum. Caranya cukup dengan membesarkan lubang main air jet yang ada di corong depan (Gambar 1). Saya jamin respon mesin lebih baik", garansi Rosyid yang mengaku sudah terapkan jurus ini di beberapa motor Satria FU. Cukup DiborTertarik? Sebenarnya main air jet itu mirip-mirip spuyer. Lubangnya punya ukuran tertentu. Sayangnya pada karburator untuk motor harian, spuyer ini gak bisa dicopot layaknya spuyer main jet atau pilot jet. Karena itu jalan satu satunya untuk membesarkan adalah dengan mengebor. "Cukup dengan mata bor 1 mm", sebut Rosyid. Perlu diperhatikan untuk melakukan pekerjaan ini nosel alias needle jet harus dilepas lebih dulu. Lantas, "Lakukan pengeboran hingga tembus ke ruang nosel tadi". Silakan dicoba. Setting SpuyerKarena lubang main air jet sudah gak standar lagi maka takaran campuran udara dan bahan bakar ikut berubah. Ukuran spuyer harus direvisi. "Ukuran pilot jet dipastikan turun Sementara main jet naik", ungkap Mad Icong, tuner tim road race La Vida. Seberapa banyak perubahannya? "Pilot jet turun satu step. Jika sebelumnya 15, turunkan jadi 12,5. Sedang Main Jet bisa naik banyak, semisal dari 120, naikkan hingga sekitar 150", sebut Rosyid. Untuk kenaikan Main Jet ini paling sip cek kondisi Elektrode busi. "Naikkan hingga warna busi muncul kecoklatan". Guna Main Air JetMengapa karburator vakum tidak responsif? Gak ada yang salah dengan hal ini, sebab pabrikan memilih karburator tipe CV untuk memberikan takaran campuran bahan bakar dan udara yang lebih pas buat mesin 4 Tak. Pas dalam artian konsumsi bahan bakar cenderung ditekan alias irit. Dan mesin pun bisa bereaksi halus. Kenapa dibesarkan? "Lubang itu berfungsi buat mengontrol udara pada pencampuran bahan bakar dan udara untuk putaran menengah dan tinggi", jelas Rosyid. Respon mesin terasa telat karena terlambatnya skep piston naik lantaran suplai udara terhambat. Dengan membesarkan lubang main air jet maka suplai udara ke needle jet alias nosel lebih lancar. Proses pencampuran udara dan bahan bakar dari main jet bisa berlangsung lebih sempurna. Biar makin jelas, sobat bisa perhatikan gambar skema saluran-saluran dalam karbu (gambar 2). Wendy Dj: bagi yang ngerti soal mesin (pssstt om iwan), silakan dikomentarin. apa hal ini feasible / masuk akal ? saya hobi baca majalah sepedamotor. banyak sekali saya temui tips2 ttg spd motor. tp saya sering sangsi apakah benar tips2 yg ditulis itu. makanya daripada salah, mending saya bawa dulu ke forum ini gicu, biar ada komen dari bro2 yg lebih ngerti. nb: gambar nya belum bisa diopload tau nih kompie warnet butut sejam 10ribu tapi penuh virus n crash grrr.
pea peace... matur tengkiuu
Terakhir diubah oleh Wendy Dj tanggal 09.06.08 13:52, total 1 kali diubah | |
|
| |
KzmX Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6009 Total Posan : 703 Sejak : 10.12.07 Domisili : Cirebon Kota Udang Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250+750 Sikon : Jomblo
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 08.06.08 10:28 | |
| Sejam 10rb? Buset mahal bener untuk sekelas kompie butut. | |
|
| |
buyung Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6499 Total Posan : 4508 Sejak : 04.05.08 Domisili : PAMULANG KorWil : TANG-SEL NRA : 0237 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : menikah Hobi : TIDUR Slogan : Jadilah diri sendiri
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 08.06.08 10:58 | |
| Welew sejam 10rb....ga salah tuh.... | |
|
| |
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5961 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 08.06.08 13:18 | |
| huhu yang dikomentarin malah warnetnya. btw itu warnetnya di cafe soale. enak sambil ngopi2 huehe. | |
|
| |
KzmX Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6009 Total Posan : 703 Sejak : 10.12.07 Domisili : Cirebon Kota Udang Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250+750 Sikon : Jomblo
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 08.06.08 18:46 | |
| | |
|
| |
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO Sikon : merit Hobi : Adventure Slogan : Bravo KOSTER
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 09.06.08 0:18 | |
| ini ngomongin karbu apa warnet butut siy? | |
|
| |
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5961 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 09.06.08 13:55 | |
| - KzmX wrote:
- Mana gambarnya?
noh boss gbrnya, smoga jelas yak hihiih - nazar wrote:
- ini ngomongin karbu apa warnet butut siy?
sebenernya ngomongin karbutut, malah jadi warbutut heh | |
|
| |
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO Sikon : merit Hobi : Adventure Slogan : Bravo KOSTER
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 09.06.08 13:58 | |
| emang bisa ya wendy karbu vakum dibuat jadi spontan, kalo bisa kisaran biayanya tau ga? | |
|
| |
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8065 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder : Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 09.06.08 14:13 | |
| SALAM KOSTER
DIMANA TUH BENGKELNYA...di Jakarta kah ? Berapa Harga nya ?
mohon pencerahannya... | |
|
| |
buyung Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6499 Total Posan : 4508 Sejak : 04.05.08 Domisili : PAMULANG KorWil : TANG-SEL NRA : 0237 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : menikah Hobi : TIDUR Slogan : Jadilah diri sendiri
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 09.06.08 14:32 | |
| emang bisa ya.... | |
|
| |
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5961 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 10.06.08 13:02 | |
| kalo baca dari artikelnya sih kesannya kyk di jkt. tim road race la vida kan jakarta ya? itu yg bikin bengkelnya namanya ini nih "Rosyid, tuner tim drag Ijo-ijo R Speed". saya cek lagi di majalah ga ada penjelasan tempat / bengkelnya. so harganya jg sy blm tau hehe. baca2 di advertorial, ada tulisan yg kira2 kyk gini bunyinya : DILARANG MENGUTIP, MENYADUR, MEMPERBANYAK TULISAN DI MAJALAH INI TANPA IJIN TERTULIS DARI REDAKSI OTOMOTIF. waduh serem ya? apa dihapus aja ini post? emang ga boleh ya masukin tulisan org ke tpt lain meskipun udah jelas credit nya? | |
|
| |
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO Sikon : merit Hobi : Adventure Slogan : Bravo KOSTER
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 10.06.08 13:04 | |
| yang jelas kalo harganya ampe 300rb, mending beli karbu punya king, harganya kisaran segitu... kalo harganya ampe 400rb, mending beli keihin PE28.....hee | |
|
| |
KzmX Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6009 Total Posan : 703 Sejak : 10.12.07 Domisili : Cirebon Kota Udang Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250+750 Sikon : Jomblo
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 10.06.08 20:06 | |
| - Wendy Dj wrote:
baca2 di advertorial, ada tulisan yg kira2 kyk gini bunyinya : DILARANG MENGUTIP, MENYADUR, MEMPERBANYAK TULISAN DI MAJALAH INI TANPA IJIN TERTULIS DARI REDAKSI OTOMOTIF. waduh serem ya? apa dihapus aja ini post? emang ga boleh ya masukin tulisan org ke tpt lain meskipun udah jelas credit nya? Hayo lu... Pak Pulisi... Ini lo ada yang nyontek. KIKIKI.... | |
|
| |
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO Sikon : merit Hobi : Adventure Slogan : Bravo KOSTER
| |
| |
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5961 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 11.06.08 15:20 | |
| yah bukannya bantuin nyumputin malah pada kabur n nyukurin.... oops, we've got company si wendy bilang: you can just kiss my..... trus dia. jelas aja mengejar dengan kecepatan tinggi sempat terjadi terjadi first person shooting ala counter strike... :tembak: tapi akhirnya, kebenaran selalu menang... si penyontek akhirnya jera... :nangis bombay: sukuriiin... | |
|
| |
buyung Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6499 Total Posan : 4508 Sejak : 04.05.08 Domisili : PAMULANG KorWil : TANG-SEL NRA : 0237 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : menikah Hobi : TIDUR Slogan : Jadilah diri sendiri
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 11.06.08 22:44 | |
| - Wendy Dj wrote:
- kalo baca dari artikelnya sih kesannya kyk di jkt. tim road race la vida kan jakarta ya? itu yg bikin bengkelnya namanya ini nih "Rosyid, tuner tim drag Ijo-ijo R Speed".
saya cek lagi di majalah ga ada penjelasan tempat / bengkelnya. so harganya jg sy blm tau hehe. baca2 di advertorial, ada tulisan yg kira2 kyk gini bunyinya : DILARANG MENGUTIP, MENYADUR, MEMPERBANYAK TULISAN DI MAJALAH INI TANPA IJIN TERTULIS DARI REDAKSI OTOMOTIF. waduh serem ya? apa dihapus aja ini post? emang ga boleh ya masukin tulisan org ke tpt lain meskipun udah jelas credit nya? hayo loh..... ane ga ikut-ikutan ya.... | |
|
| |
ThunderRiyan STERIL Kapten KOSTER
Poin Brogader : 6233 Total Posan : 687 Sejak : 15.11.08 Domisili : Metro. Lampung KorWil : STERIL Metro NRA : 0 . . . Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Suzuki Thunder 125 Black Sikon : PNS: Pengangguran Negeri Sipil Hobi : tidur Slogan : Solat itu yang Utama
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 23.11.08 20:41 | |
| truss konsumsi bensin jadi gimana tuh oom..?? | |
|
| |
Flik Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6304 Total Posan : 706 Sejak : 06.10.08 Domisili : Bekasi KorWil : Bekasi-Jakarta NRA : 0255 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Koneng Suka Mereng Sikon : Available Hobi : Futsal, korek mesin, turing, rolling, kumpul Slogan : Tetap Mereng
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 23.11.08 21:14 | |
| bro wendy bener tuh kalo karbunya 250 air jetnya bisa dilepas(kaya punya gw) trus gw ganti pake punya tigy n mj nya jg gw ganti n hasilnya tarikan jadi kontan bro.... | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 24.11.08 3:06 | |
| - Wendy Dj wrote:
- SULAP JADI SPONTAN
- Spoiler:
dari majalah sepeda motor R2, edisi 5/ Juni 2008, hal 57 Penulis : Nur Basuki Fotografer : Hendra Sonie. [/i] Gambar difoto dengan kamera 2MB di HP n diedit lagi demi kejelasan kualitas gambar (ya gini ini kalo ga punya scanner).Respon Karburator tipe vakum (Constant Velocity) tak sebaik karburator tipe VM (Viller Model). Masalahnya karburator tipe CV kini kian banyak diaplikasi motor-motor keluaran terbaru. Perhatikan saja karburator yang melekat di Honda CS-1 yang belum lama dilaunching, Suzuki Thunder atau Yamaha Mio Soul. Semuanya mengusung tipe CV. Buat yang mengidolakan akselerasi tentu penggantian karburator tipe CV jadi tipe VM jadi opsi utama. Contohnya Suzuki Satria FU bisa mengadopsi karburator Keihin PE28 kepunyaan Honda NSR-SP. Namun imbalannya berefek pada konsumsi BBM. "Sejak diganti pakai karbu NSR, konsumsi BBM Satria saya hanya berkisar 20-25km//liter, padahal sebelumnya bisa 30km/liter", keluh Tomi, pemilik Satria FU 2005. Belum lagi memperhitungkan harga karburator yang berkisar Rp.600.000-650.000. Zaman gini? Alternatifnya sobat bisa melirik langkah yang ditawarkan Rosyid, tuner tim drag Ijo-ijo R Speed. "Saya hanya memaksimalkan kinerja karburator Vakum. Caranya cukup dengan membesarkan lubang main air jet yang ada di corong depan (Gambar 1). Saya jamin respon mesin lebih baik", garansi Rosyid yang mengaku sudah terapkan jurus ini di beberapa motor Satria FU. Cukup DiborTertarik? Sebenarnya main air jet itu mirip-mirip spuyer. Lubangnya punya ukuran tertentu. Sayangnya pada karburator untuk motor harian, spuyer ini gak bisa dicopot layaknya spuyer main jet atau pilot jet. Karena itu jalan satu satunya untuk membesarkan adalah dengan mengebor. "Cukup dengan mata bor 1 mm", sebut Rosyid. Perlu diperhatikan untuk melakukan pekerjaan ini nosel alias needle jet harus dilepas lebih dulu. Lantas, "Lakukan pengeboran hingga tembus ke ruang nosel tadi". Silakan dicoba. Setting Spuyer Karena lubang main air jet sudah gak standar lagi maka takaran campuran udara dan bahan bakar ikut berubah.- Spoiler:
Ukuran spuyer harus direvisi. "Ukuran pilot jet dipastikan turun Sementara main jet naik", ungkap Mad Icong, tuner tim road race La Vida. Seberapa banyak perubahannya? "Pilot jet turun satu step. Jika sebelumnya 15, turunkan jadi 12,5. Sedang Main Jet bisa naik banyak, semisal dari 120, naikkan hingga sekitar 150", sebut Rosyid. Untuk kenaikan Main Jet ini paling sip cek kondisi Elektrode busi. "Naikkan hingga warna busi muncul kecoklatan". Guna Main Air JetMengapa karburator vakum tidak responsif? Gak ada yang salah dengan hal ini, sebab pabrikan memilih karburator tipe CV untuk memberikan takaran campuran bahan bakar dan udara yang lebih pas buat mesin 4 Tak. Pas dalam artian konsumsi bahan bakar cenderung ditekan alias irit. Dan mesin pun bisa bereaksi halus. Kenapa dibesarkan? "Lubang itu berfungsi buat mengontrol udara pada pencampuran bahan bakar dan udara untuk putaran menengah dan tinggi", jelas Rosyid. Respon mesin terasa telat karena terlambatnya skep piston naik lantaran suplai udara terhambat. Dengan membesarkan lubang main air jet maka suplai udara ke needle jet alias nosel lebih lancar. Proses pencampuran udara dan bahan bakar dari main jet bisa berlangsung lebih sempurna. Biar makin jelas, sobat bisa perhatikan gambar skema saluran-saluran dalam karbu (gambar 2).
Wendy Dj: bagi yang ngerti soal mesin (pssstt om iwan), silakan dikomentarin. apa hal ini feasible / masuk akal ? saya hobi baca majalah sepedamotor. banyak sekali saya temui tips2 ttg spd motor. tp saya sering sangsi apakah benar tips2 yg ditulis itu. makanya daripada salah, mending saya bawa dulu ke forum ini gicu, biar ada komen dari bro2 yg lebih ngerti. nb: gambar nya belum bisa diopload tau nih kompie warnet butut sejam 10ribu tapi penuh virus n crash grrr.
pea peace... matur tengkiuu Perbandingan ideal campuran antara udara dan bahanbakar adalah 14,7 : 1 atau mendekati 15 : 1. Perbandingan ini disebut rasio standar stoichiometrik. Pd karburator biasa, rasio ini diatur secara manual berdasarkan kepekaan teknikan. Pd kendaraan modern yg menggunakan sistem komputer, rasio ini diatur secara elektronik, spt pd kendaraan menggunakan EFI (electronic fuel injection). Memperbesar lubang aliran udara, dgn cara memperbesar diameter AMJ (air main jet), dgn sendirinya akan membuat udara lbh banyak masuk drpd sblmnya. Utk mempertahankan rasio standar stoichiometrik, berarti gas BBM hrs diperbanyak drpd sblmnya, dgn cara memperbesar diameter FMJ (fuel main jet). Jika tdk, maka akan pincang, terlalu kering (too dry) atau terlalu miskin (too lean). Dgn demkian perbesaran lubang MJ ini secara otomatis akan membuat BBM lbh boros drpd semestinya. Jadi utk memperbesar atau memperkuat aliran campuran udara dan gas BBM (to strenghten the flow of the mixture), kosumsi hrs dikorbankan dan itu dampak, konsekuensi atau resiko teknik hrs diambil dan diterima. Formula umum: rasio standar stoichiometrik = kuantitas udara / kuantitas BBM
---> diameter air main jet diperbesar / diameter fuel main jet diperbesar
---> konsumsi udara meningkat / konsumsi BBM meningkat
Semoga bisa dicerna . . . |
| |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 24.11.08 3:27 | |
| - Wendy Dj wrote:
- . . .
baca2 di advertorial, ada tulisan yg kira2 kyk gini bunyinya : DILARANG MENGUTIP, MENYADUR, MEMPERBANYAK TULISAN DI MAJALAH INI TANPA IJIN TERTULIS DARI REDAKSI OTOMOTIF. waduh serem ya? apa dihapus aja ini post? emang ga boleh ya masukin tulisan org ke tpt lain meskipun udah jelas credit nya? Utk kasus spt ini: - dlm mengutip, cantumkan selengkapnya sumber aslinya.
- sejauh anda tlh mencatumkan sumbernya: penulisnya dan penerbitnya,
dan tdk menggunakannya utk tujuan komersial, tdk akan bermasalah.
- kirim e-mail ke redaksi, kemana anda memposkan kutipan tsb.
. . . | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: MODIF: Ubah Karbu Vakum jadi Spontan 24.11.08 3:38 | |
| - Wendy Dj wrote:
- SULAP JADI SPONTAN
ADMINISTRATOR WARNING: ATTENTION !!! BAD TOPIC TITLE !!!- Judul topik: Sulap Karbu Vakum jadi Spontan (dari R2)
- Judul disarankan: MODIF: Ubah Karbu Vakum jadi Spontan
Utk informasi lanjut, silahkan lihat dlm forum ini, dlm topik: KEBIJAKAN TEKNIK DAN ADMINISTRATIV FORUM: TENTANG JUDUL TOPIK
Mohon kepeduliannya demi unjukkerja dan kenyamanan akses forum ini. Terimakasih atas perhatian dan kerjasama yg baik. Administrator forum jala dan milis KOSTER dalam kedudukannya bertindak untuk dan atas nama KOSTER | |
|
| |
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5961 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 24.11.08 8:54 | |
| @bro flik ade: ooo sudah coba ya? Bikinnya di mcgyver malang ya? Hehe Pengaruh besar ga di konsumsi bensin? @p.iwan: Wah tengkiu very much pak, jawabannya mudah dicerna. Tq brooo Soal judul,akan saya perhatikan pak lain kali kalo saya bikin topik baru. Ini kan topik lama,waktu itu blm ada pemilah2an judul kyk skr. Sip lah makin terorganisir isi forum skr, berkat 'polisi' kyk p.iwan yg rajin patroli terus. Tengkiu pak | |
|
| |
Ralf CATAM KOSTER
Poin Brogader : 5695 Total Posan : 3 Sejak : 16.10.08 Domisili : jaktim Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : best Dad Hobi : riding
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 02.12.08 11:22 | |
| Bro,gua baru 6 bulan pake thunder 125 rasanya lelet banget, krn sebelumnya udah 11 tahun gonta ganti RX King,dari yang semi sampe full korek pernah nyoba semua. Gua baru mau nyoba bikin karbu thunder gua jadi spontan,konsepnya begini : 1. Lepas skrup Cap karbu 2 bh,lalu pas dibagian tengah di bor 5 mm (supaya pas ditengah-bor dari sisi dalam) lubang ini untuk jalur kabel gas.lalu pasang baut stelan gas yang tengahnya berlubang punya motor apa saja. 2. buat pengait kabel gas,lepas 2 bh sekrup penahan jarum skep, ambil kawat / seng dijepit pake skrup tadi( maximal setinggi skep ) 3.tutup lubang angin pendorong vakum ( ada 2 bh ) posisi dari belakang ada diatas kanan- kiri lubang venturi menggunakan lem besi. 4.ganti per Skep dengan Per yang lebih kuat mis: punya grand/supra/vega yang penting lbh keras dari aslinya. 5. lepas katup kupu - kupu yang ada dimoncong karbu ( serupa koin diikat 2 bh sekrup ) 6. Nyalakan mesin stel stationer RPM yang pas,motor tetap spontan tapi irit bensin karena supyer2 msh asli. any comment? habis idul adha gua mau prektekin...tunggu hasilnya 6.ganti kabel gas bebek/vespa sesuaikan panjang kabel luar,kemudian kaitkan kabel pada kawat/seng yang kita buat sebelumnya. | |
|
| |
webster AdminMuda KOSTER
Poin Brogader : 7530 Total Posan : 5143 Sejak : 19.08.08 Domisili : RawaMangun KorWil : Jakarta Pusat NRA : 0728 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Darknight Status : Sikon : Single Hobi : Nonton Film Slogan : ** A little love can make a bi
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 02.12.08 11:32 | |
| ditunggu hasilnya bro ralf.. | |
|
| |
boybowie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6626 Total Posan : 4444 Sejak : 05.08.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125cc Sikon : kawin Hobi : touring Slogan : Jadikanlah hidupmu penuh dengan persahabatan dan kekeluargaan
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan 02.12.08 13:05 | |
| Mau donk modifikasi karbu thudie dari vakum jadi spontan... Ditunggu info selanjutnya bro...!! | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan | |
| |
|
| |
| MODIF: Ubah Karburator Vakum Thunder Jadi Lebih Spontan | |
|