Subyek: TEKNOLOGI: Rahasia Model, Tipe, dan Pemasangan Stang 17.07.08 14:52
RAHASIA MODEL, TIPE, DAN PEMASANGAN STANG
KENAPA STANG|KEMUDI DIBUAT BENGKOK DAN DIPASANG MIRING?
Ok Bro all . . .
Ta kasih rahasianya ya ?!
Telepas dari disain mode dan model bbg macam stang spdmotor dan kemudi kendaraan bermotor pd umumnya, ternyata bentuk dasar, sengaja dibuat tak lurus sempurna atau tak bundar sempurna, dan posisi atau kedudukannya sengaja dipasang miring adalah utk meredam kejutan, getaran, atau goncangan, agar ukurannya mengecil dan arahnya disimpangkan sedmikian shg tak mengganggu dan membahayakan pengendara|pengemudi kendaraan.
Secara teknik, stang atau kemudi yg bagus adalah yg disainnya mampu memecah vektor resultan gaya benturan dari arah depan, baik depan atas maupun depan bawah kendaraan, atas dua atau lbh vektor resultan bersisian yg besarnya seperdua atau lbh kecil drpd vektor asal dan arahnya menjauhi tubuh pengendara atau pengemudi.
Artinya atau maksudnya begini. Jika terjadi benturan keras, krn pengereman mendadak atau tabrakan, gaya bentur tdk menghantam dada dan muka atau bagian tubuh depan utama si pengendara atau pengemudi, melainkan dipindahkan atau dilarikan ke ruang kosong di samping kanan dan kiri tubuh pengendara atau pengemudi.
Pernahkan anda memperhatikan? Bahwa disain semua setang atau kemudi kendaraan bermotor tdk dlm bentuk lurus atau bundar sempurna, tp sengaja dibuat bengkok atau lonjong? Ini bukan sekedar model atau mode, tp ada maksud dan tujuan teknik tersembunyi dibalik penampilan sedemikian !!!
Ambilah contoh sederhana dan gampang dicerna, stir mobil misalnya. Secara sepintas, kemudi mobil tampak bundar spt lingkaran. Tp jika kita perhatikan dgn teliti dan seksama, ternyata tdk bundar sempurna, melainkan lonjong membentuk elips !!! Jika bagian luar | pinggir bentuknya msh relativ bundar, mk bagian tengah sdh pasti tidak !!!
Shg dgn demikian, jika terjadi benturan, gaya bentur tak terpusat atau terkonsentrasi di pusat lingkaran shg menghantam tubuh pengemudi, melainkan dipecah atas dua gaya yg ukurannya hanya setengahnya dan berada pd dua fokus elips dan dimana dua gaya ini mengarah ke ruang kosong di samping kanan dan kiri tubuh pengemudi. Dan jika pun mengenai tubuh pengemudi, maka tak menghantam persis di bagian tengah dada, tp antara dada dan lengan kanan kiri dan kekuatannya hanya separohnya.
Hal sama berlaku utk disain stang spdmotor yg baik .
Ini menjelaskan knp setang spdmotor racing sangat patah membentuk segitiga sama kaki.
Stang Suzuki Hayabusa Sport Racing
Jadi, kalau mengerem atau terjadi benturan, jangan sekali pun pengendara mencoba menghindarkan badan ke kanan atau ke kiri, krn justeru lbh berbahaya bagi tubuh dan bisa membuat tubuh terpental jatuh.
Stang motocross atau mototrail dibuat agak lurus sesuai dgn kebutuhan olahraga moto ini. Efeknya adalah bahwa gaya hantam akan didistribusi hampir merata di sepanjang stang. Utk meredam masalah ini, stang moto jenis ini dibuat sedikit lbh lebar atau lebih panjang drp stang moto biasa, shg besar gaya pecahan dpt diperkecil, dan dibagian tengah diberikan bantalan karet busa pelindung. Jadi hal ini menjelaskan knp disainnya demikian.
Lbh lanjut ttg stang utk Thunder, silahkan lihat dlm forum ini, dlm topik [klik link berikut]: STANG PENGGANTI UNTUK SUZUKI THUNDER
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
DHeriS Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6194 Total Posan : 1016 Sejak : 22.06.07 Domisili : Ciamis - Bandung - Jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
250
Julukan : masih 250 euy... Sikon : a wife with 3 kids... Slogan : mutiara...
Ada banyak jenis, model, tipe, dan macam spdmotor dgn bbg variasi, kombinasi, dan nuansa modifikasinya, spt tlh dikupas dlm forum ini, dlm topik [klik link berikut]: TIPE DAN KELAS SEPEDAMOTOR.
Tampak bahwa moto jenis berbeda juga memiliki stang berbeda. Dan ternyata disain model stang ini tak asal2an, melainkan ada rahasia teknik tersembunyi dibalik modelnya. Sedikitnya ada 3 faktor utama yg harus dipenuhi oleh disain suatu stang.
sinkronisasi dgn mekanisme kemudi (steering mechanism) dan sistem suspensi depan
peredaman getaran melalui pemecahan dan penyebaran gaya hantam roda depan (fraction and distribution of force due to front wheel impact).
keselamatan pengendara | pengemudi.
Stkh yg 3 ini, baru kemudian faktor kenyamaanan (comfortability) dan keindahan (aestetik) dipertimbangkan.
Contoh, stang moto racing tidak nyaman , krn pendek dan patah, dan menambah ketaknyamanan krn posisi duduk pengendara yg bungkuk, terlebih utk org yg memiliki kaki panjang. Namun posisi duduk yg tdk ergonomik ini terpaksa dikorbankan utk alasan aerodinamik, dan begitu pula utk stang racing, krn ia memberikan jaminan keselamatan maksimum utk pengendara, ketimbang stang model moto biasa.
Alasan teknik ttg ini tlh dikupas dlm forum ini, dlm topik [klik link berikut]: RAHASIA MODEL, TIPE, DAN PEMASANGAN STANG.
. . .
romo_dudutz Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5831 Total Posan : 1010 Sejak : 13.06.08 Domisili : bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : makan Slogan : olahraga biar kurus