Poin Brogader : 6229 Total Posan : 3 Sejak : 30.04.07 Domisili : jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : menikah
Subyek: P/S: Gangguan Sekitar Aki 30.04.07 15:31
First topic message reminder :
Hallo Bro.... Salam kenal. Nama saya Adit. Baru join posting hari ini di Komunitas ini. Bantu pencerahannya yah!!!
Kemarin tiba2 motor thunder 125 (tahun 2004 tanpa Kick Starter) saya mati. listrik dari aki gak kuat untuk men-starter mesin-nya. Setelah dicoba akinya dipancing dengan cara disambungkan kabel ke aki mobil, listrik-nya nyala dan motor bisa di-starter. tapi ketika kabel listrik pemancing dilepas, motor langsung mati dan aki motor tidak terisi. Apakah Aki-nya yang sudah soak atau sistem pengisian listrik ke akinya yang rusak? Apakah Thunder 125 tanpa KS tidak bisa nyala bila tanpa aki (aki dilepas saat motor menyala)?
mohon pencerahannya untuk kondisi yang demikian Bro...
Salam
Adit
Pengirim
Message
vembra Red Thunder PRATU KOSTER
Total Posan : 22 Sejak : 06.06.07
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 06.10.08 20:14
kiprok baru bro.. orri lg. Gw beli di beres.
Daverson Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7434 Total Posan : 2510 Sejak : 01.07.07 Domisili : Jakarta Utara KorWil : KOSTRAD NRA : 0321 Jabatan : Anggota Resmi Thunder :
125
Julukan : My Blue Sikon : apa yah.. ? Hobi : Makan & Traveling Slogan : Yakinlah pada kemampuan diri sendiri & berusahalah terus jgn putus asa
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 06.10.08 20:23
Motor ente versi berapa? bisa jadi kabel body ada yg ngak bener,udah di cek blm
nico-jtc Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6180 Total Posan : 1136 Sejak : 13.08.07 Domisili : Karawaci. Tanggerang KorWil : JTC Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : GSX 250 Sikon : in a relationship (FS banget yah)
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 06.10.08 20:57
Biasanya kabel body udah eror tuh. kelemahan thunder, dari spul ----> kiprok --->ke aki jalannya harus muter-muter melewati kabel body. kalo kabel body ada yg error di pastikan akan mempengaruhi kelistrikan.
solusinya harus di by pass/ dilangsungkan aja, jadi dari spul--->kiprok---> langsung ke Aki, percaya deh pasti lebih maknyussss...
ini pernah terjadi di motor gue. belum lama si Yanto juga di by pass di bengkel Aji. hasilnya muanttaabbb.....
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 07.10.08 9:23
vembra Red Thunder wrote:
Mohon pencerahan bro..!! Thunder 125 gw dah ganti Accu, tp gw pake Accu yg 10 ampere (Accu Tiger). Yg jadi masalahnya kok pengisiannnya ga maksimal ya??? Klo gw pake malam hari paling 3 hari dah harus di charge lg. Padahal Dinamo stater baru, Accu baru, kiprok jg baru. Tolong pencerahannya bro... bro.. skalian gimana pengisian Accu ga ada masalah walau pake Accu 10 ampere?? Trima kasih atas pencerahannya...!! :sallute: :Go Koster!:
Mau pakai aki berapa pun ukuran Ah (Ampere hour) Thunder anda tak ada masalah selama sistem kelistrikan pembuangan-muatan (discharging) dan pemuatan-ulang (recharging) ok, seimbang, dan terkendali dgn baik. Tak boleh lbh besar pasak drp tiang.
Thunder sy msh pakai aki asli bawaan standar Suzuki Thunder, 7 Ah. Tak pernah soak atawa tekor, krn sistem kelistrikannya terkendali dgn baik. Padahal konsumsi total daya listrik Thunder sy diatas 500 Watt!!!
Jika aki baru atau masih bagus, maka kemungkinan utamanya hanya 2, yakni
alternator: spoel dan atau kuproks
koneksi kelistrikan antara alternator dan aki
Untuk pelacakan | troubleshooting: problem dan solusi kelistrikan, berkaitan dgn aki dan alternator, sudah tersedia dlm forum ini, dlm topik:
PROBLEM DAN SOLUSI KELISTRIKAN: ALTENATOR | GENERATOR DAN AKI
. . .
Semoga berguna utk yg punya masalah sama atau serupa . . .
FENCO Bejater'z BRIGJEN KOSTER
Poin Brogader : 5819 Total Posan : 1627 Sejak : 16.09.08 Domisili : pondok gede KorWil : BEJATER\"S NRA : - Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : diakui Hobi : ngobrol dan mencari masalah Slogan : perbaiki diri dari hari demi hari, hari sekarang lebih baik dari hari kemaren
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 07.10.08 9:57
gw rasa bawa dulu ke bengkel resminya bro....itu lebih safety buat thundie...bro...good luck bro
saut red thunder CATAM KOSTER
Poin Brogader : 5689 Total Posan : 1 Sejak : 21.10.08 Domisili : SEMARANG Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : MAHASISWA Hobi : MUSIK
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 15.11.08 0:45
aslkm... Bro,bantu ane kasih pencerahan ne..... ane punya thuncer 125 non kick starter th 2005.punya masalah ama akinya.dulu gak mau ngisi ke akinya.trus ane ganti akinya.tetep aja gak ngisi.trus di cek ke begkel.org bengkel bilang spulnya terbakar.ternyata bener.spull diganti habis 150 rb.sekitar 1 bulanan lancar2 ja.nah sekarang ada maslah lagi.akinya kadang gak kuat ngangkat starternya.ane dorong dulu atau puter rodanya buat ngidupin.mau hidup,n bisa ngisi ke aki walau cuma dikit,n bisa distarter.CUMA,besok pagi,gak ngangkat lagi akinya,terpaksa didorong atau diputer roda belakangnya.kaya gitu terus,ane bginung,yang rusak apanya ya?? belum anebawa ke bengkel ne,coz tiap bengkel jwabannya beda2,dulu sebelum ganti spul,kata begkel 1,kiproknya,bengkel 2 katanya spulnya,waktu di periksa,spulnya,bukan kiproknya.bantuin yah!!!! thx
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 15.11.08 3:37
saut red thunder wrote:
aslkm... Bro,bantu ane kasih pencerahan ne..... ane punya thuncer 125 non kick starter th 2005.punya masalah ama akinya.dulu gak mau ngisi ke akinya.trus ane ganti akinya.tetep aja gak ngisi.trus di cek ke begkel.org bengkel bilang spulnya terbakar.ternyata bener.spull diganti habis 150 rb.sekitar 1 bulanan lancar2 ja.nah sekarang ada maslah lagi.akinya kadang gak kuat ngangkat starternya.ane dorong dulu atau puter rodanya buat ngidupin.mau hidup,n bisa ngisi ke aki walau cuma dikit,n bisa distarter.CUMA,besok pagi,gak ngangkat lagi akinya,terpaksa didorong atau diputer roda belakangnya.kaya gitu terus,ane bginung,yang rusak apanya ya?? belum anebawa ke bengkel ne,coz tiap bengkel jwabannya beda2,dulu sebelum ganti spul,kata begkel 1,kiproknya,bengkel 2 katanya spulnya,waktu di periksa,spulnya,bukan kiproknya.bantuin yah!!!! thx
Total pesan anda poskan: 1.
OOT: Silahkan buat topik perkenalan dulu Bro, NEWBIE: Saut Red Thunder. Semarang. JaTeng: Kenalan
di http://suzuki-thunder.net/anggota-baru-f5/
agar anggota forum pada kenal, dan . . . ini etika komunikasi dan sdh jadi tradisi KOSTER . . .
. . .
om ndute5758 Moderator KOSTER
Poin Brogader : 7447 Total Posan : 10946 Sejak : 21.12.07 Domisili : Cilacap KorWil : Cilacap: NusaKambangan | DENSUS-27 NRA : 0333 Jabatan : KetHan | KaWil Thunder :
125
Julukan : EN125 Sikon : mmmmm ... enikah Hobi : touring Slogan : see my profile at www.ndute5758.co.nr
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 15.11.08 9:58
saut red thunder wrote:
aslkm... Bro,bantu ane kasih pencerahan ne..... ane punya thuncer 125 non kick starter th 2005.punya masalah ama akinya.dulu gak mau ngisi ke akinya.trus ane ganti akinya.tetep aja gak ngisi.trus di cek ke begkel.org bengkel bilang spulnya terbakar.ternyata bener.spull diganti habis 150 rb.sekitar 1 bulanan lancar2 ja.nah sekarang ada maslah lagi.akinya kadang gak kuat ngangkat starternya.ane dorong dulu atau puter rodanya buat ngidupin.mau hidup,n bisa ngisi ke aki walau cuma dikit,n bisa distarter.CUMA,besok pagi,gak ngangkat lagi akinya,terpaksa didorong atau diputer roda belakangnya.kaya gitu terus,ane bginung,yang rusak apanya ya?? belum anebawa ke bengkel ne,coz tiap bengkel jwabannya beda2,dulu sebelum ganti spul,kata begkel 1,kiproknya,bengkel 2 katanya spulnya,waktu di periksa,spulnya,bukan kiproknya.bantuin yah!!!! thx
thunder gw juga taon 2005 masih single stater alias cuman electric stater aja... dulu emang pernah aki gw tau2 drop... tp itu ternyata akibat gw kebanyakan pasang perabot lenong ning gung... trus gw copotin n ganti pake GS yg bukan abal-abal, sampe sekarang alhamdulillah awet....
muntul PRAKA KOSTER
Poin Brogader : 5611 Total Posan : 37 Sejak : 13.01.09 Domisili : JAWA BARAT Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : SINGGEL
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 20.01.09 1:24
nasib yang sama brooo.... motor w dah ganti aki brkali2 tetep ja tekor kuproks jg ganti...ttp ja mo jalan kudu ndorong
mnta bantuannya donk..... biar thunder w lancar,,
loveapel MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 5418 Total Posan : 2166 Sejak : 19.01.09 Domisili : Yogyakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : diragukan keberadaanya... Slogan : seorang newbie yg akan terus menjadi newbie
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 20.01.09 2:12
setrum..setrum...
sentot yuliantoro KOPDA KOSTER
Poin Brogader : 5725 Total Posan : 49 Sejak : 28.10.08 Domisili : jogjakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : singel Hobi : touring
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 14.04.09 8:08
Coba dicek kabel dari spul ada kabel 3 warna putih, coba di cek satu - satu menggunakan multi kabel merah pada multi mendapat kabel warna putih dari spull dan yang hitam mendapat body, motor pada kondisi mesin di hidupkan kalau salah satu tidak terjadi hubungan kemungkinan salah satu spul rusak dan otomatis pengisian tidak sempurna. kesimpulan arus pengisian bisa masuk tapi cuma sedikit solusinya bisa di spull ulang atau beli bawaaan pabrik. terimakasih semoga bisa bermanfaat. selanjutya lakukan pengecekan pada kiprok/rectifier.
arif-destro PRADA KOSTER
Poin Brogader : 5797 Total Posan : 19 Sejak : 18.07.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : mengharukan Hobi : ngupil Slogan : jangan menyerah sebelum mencoba
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 14.06.09 16:20
pa iwan, mo nanya sedikit nih, jadi gini ceritanya:
kira2 2 hari yang lalu, motor saya pas jalan malem2 kok lampunya redup2 gtu, nah abis itu saya cuek aja, gak taunya besok mo distater electrik gak mau idup (gak ngangkat staternya), yawdah di bawa deh ke bengkel, abis di cek sama orang bengkel katanya coba deh setrum dulu akinya sapa tau cuma tekor doank .. yawdah dilanjut deh ke tukang cas aki, pas mao di cas sebelumnya di cek ama yang punya toko "wah ini udah rusak sel akinya mas, tuh kalo di tes pake multitester keluar gelembung2 dari dalem" .. waktu saya liat sih emang ada gelembung2 gitu didalemnya pas multitesternya di sambungin ... yawdah dibawa deh ke toko aki, nah sialnya pas lagi di toko aki tuh toko udah tutup, yawdah pulang lagi kan ke rumah ...
nah disini masalahnya ..... sepanjang jalan (pake lampu) tuh motor beberapa kali mati (kalo di bawah rpm 2000) trus di kick stater nyala lagi, lanjut deh .... sampe beberapa kali mati akhirnya udah gak keliatan lampu ijo di panel sewaktu di posisi netral (karena aki udah gak ada listrik sama skali), jadi cape yawdah istirahat dulu, brenti di tengah jalan .... pas mao diidupin lagi pake kick stater kok gak nyala2 yah ...? seharusnya kan klo gak ada aki juga bisa nyala, tapi anehnya pas didiemin kira2 15 menitan (udah dingin dikit kali yah), dikick lagi idup ... (tapi ngebrebet) dilepas gasnya mati lagi ... karbu normal gak ada kebocoran sama karet vakum
pertanyaannya...
apa ada masalah sama kiprok | kuprok (whatever..) ato dengan sepulnya ato jeroan2 lainnya?
apa pengaruh mesinnya masih panas? jadi gak mau nyala...
sekian pertannyaanya (sekalian curhatnya) hehehe
Tonny_aja BRIGJEN KOSTER
Poin Brogader : 7434 Total Posan : 1766 Sejak : 21.11.07 Domisili : Bogor - Jakarta KorWil : Bogor NRA : 0084 Jabatan : Anggota Bisa Koster Bogor Thunder :
125
Julukan : 125 & 250 Sikon : Punya Anak 1
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 14.06.09 17:09
BRO MUNGKIN SEPULNYA ADA YANG KONSLET, MOTOR GW PERNAH KAYA GITU JUGA
TB_CUTE SERDA KOSTER
Poin Brogader : 5866 Total Posan : 119 Sejak : 20.08.08 Domisili : Pamulang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : MAHASISWA Hobi : bOla
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 14.06.09 21:33
@arif-destro: pengalaman lo sama kaye pangalamn gw bro..ngeselin,,gw malah lagi macet tau-tau mati ditengah jalan dorong-dorong deh ke pinggir..klo mau jalan malam lampu jang dinyalain,,lampu dinyalain pasti mati mulu tu thundie..
hampir sama deh keluhannya,,spull nya angus bro,,, cek dulu,,,ganti lumyan bro diatas 300k klo gak salah,,itu dulu gw 4bulan yang lalu klo gak salah..
terus jg denger-denger tu spull bisa di gulung,,,gulung aja bro klo mau hemat CMIIW
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 15.06.09 3:31
arif-destro wrote:
pa iwan, mo nanya sedikit nih, jadi gini ceritanya:
kira2 2 hari yang lalu, motor saya pas jalan malem2 kok lampunya redup2 gtu, nah abis itu saya cuek aja, gak taunya besok mo distater electrik gak mau idup (gak ngangkat staternya), yawdah di bawa deh ke bengkel, abis di cek sama orang bengkel katanya coba deh setrum dulu akinya sapa tau cuma tekor doank .. yawdah dilanjut deh ke tukang cas aki, pas mao di cas sebelumnya di cek ama yang punya toko "wah ini udah rusak sel akinya mas, tuh kalo di tes pake multitester keluar gelembung2 dari dalem" .. waktu saya liat sih emang ada gelembung2 gitu didalemnya pas multitesternya di sambungin ... yawdah dibawa deh ke toko aki, nah sialnya pas lagi di toko aki tuh toko udah tutup, yawdah pulang lagi kan ke rumah ...
nah disini masalahnya ..... sepanjang jalan (pake lampu) tuh motor beberapa kali mati (kalo di bawah rpm 2000) trus di kick stater nyala lagi, lanjut deh .... sampe beberapa kali mati akhirnya udah gak keliatan lampu ijo di panel sewaktu di posisi netral (karena aki udah gak ada listrik sama skali), jadi cape yawdah istirahat dulu, brenti di tengah jalan .... pas mao diidupin lagi pake kick stater kok gak nyala2 yah ...? seharusnya kan klo gak ada aki juga bisa nyala, tapi anehnya pas didiemin kira2 15 menitan (udah dingin dikit kali yah), dikick lagi idup ... (tapi ngebrebet) dilepas gasnya mati lagi ... karbu normal gak ada kebocoran sama karet vakum
pertanyaannya...
apa ada masalah sama kiprok | kuprok (whatever..) ato dengan sepulnya ato jeroan2 lainnya?
apa pengaruh mesinnya masih panas? jadi gak mau nyala...
sekian pertannyaanya (sekalian curhatnya) hehehe
AKI TEKOR . . . KENAPA?
(C) 2006—2009 — EE ONE S | Thunder Rider
Usia aki dlm permakaian normal umumnya sekitar 3 thn, dan dgn pemeliharaan rutin baik, bisa bertahan 5 thn, dan bahkan 10 thn.
AKIBAT
Jika aki tekor, maka ada 3 kemungkinan utama, yakni bahwa masalah itu krn :
faktor internal, krn gangguan dari dlm aki sendiri, krn pemeliharaan buruk, disebabkan oleh salah satu atau kombinasi faktor sbb :
kekurangan volume larutan aki,
kekurangan konsentrasi keasaman larutan aki,
kerusakan sel aki, krn faktor 1 dan atau 2 pertama berlangsung lama.
faktor eksternal, disebabkan oleh salah satu atau kombinasi faktor sbb :
"bad connection" atau hubungan buruk jalur kelistrikan ke dan dari aki, disebabkan oleh salah satu atau kombinasi faktor sbb:
konektor longgar krn getaran | gocangan kendaraan dlm pemakaian rutin harian, spt terkena lubang dan atau gundukan pd jalan rusak, dlsb,
konektor kotor krn debu dan kotoran,
konektor berkarat krn air dan pencemaran,
rektifier + regulator [ kuproks ] rusak,
spul alternator rusak
kombinasi faktor internal dan faktor eksternal
Selama dlm pemeliharaan rutin, tinggi permukaan larutan aki selalu dijaga tetap pas [ tak lbh dan tak kurang ], dan semua hubungan kelistrikan dijaga tetap kencang dan bersih, dan aki digunakan dlm beban normal, dijamin tak akan pernah ada gangguan aki.
SEBAB
Dlm pengamatan saya, kebanyakan masalah thdp aki, kuproks, dan atau spul alternator Suzuki Thunder disebabkan oleh 3 hal sbb :
konektor longgar krn goncangan alias "bad connection" [ lantas merembet ke yg lain ],
pemasangan beban kelistrikan tambahan tanpa perhitungan teknik efisiensi pemakaian tegangan, arus, dan daya listrik [ dimana dan bagaimana melakukan sambungan tambahan ],
pemakaian beban kelistrikan berlebihan [ tak efisien ] krn butir 1 dan 2.
Thunder 2006 saya, pd 2009 ini sdh berusia 3 thn, blm pernah bermasalah dgn aki, rektifier dan regulator [kuproks], atau pun spul alternator, padahal total beban daya listrik Thunder saya bisa mencapai 1.000 Watt [ standar maksimum 180 s/d 200 Watt ]. Ini hanya menyangkut maintenans | pemeliharaan, pemasangan sistem kelistrikan tambahan, dan pemakaian beban listrik, selalu diperhitungkan dan diperhatikan dgn baik.
MOTO TAK BISA DINYALAKAN TANPA AKI
Jika moto menggunakan starter tendang ternyata sulit dinyalakan, sementara aki lemah, tp aliran bensin dan karburator ok, berarti ada "bad connection" atau hubungan buruk dlm jalur kelistrikan, antara aki dan kunci kontak | penyulutan (ignition switch), dan atau antara aki, kuproks, dan alternator.
Tdk betul bahwa tanpa aki, Suzuki Thunder bila distarter tendang atau didorong bisa menyala, krn arus listrik dibutuhkan oleh spul rotor alternator utk membangkitan medan magnetik agar terjadi induksi elektomagnetik thdp spul stator alternator. Tp stlh alternator bekerja, jika aki dilepas, asalkan semua sambungan kelistrikan lain tetap tersambung, mesin akan tetap nyala, krn tlh ada umpan-balik (feed-back) dari stator ke rotor alternator via sirkuit kelistrikan sistem pemuatan-ulang (recharging system).
Mesin listrik hanya bisa dinyalakan tanpa aki bila memiliki rotor alternator dgn magnet permanen atau remanen, tp tdk utk rotor alternator dgn spul elektromagnet krn kemagnetannya hilang ketika mesin padam.
Utk kendaraan bermotor dgn spul rotor elektromagnet, mutlak dibutuhkan aki utk memberikan arus listrik perangsangan (excitation) medan elektromagnetik. Meski aki lemah, kemungkinan msh cukup bisa memberikan catu listrik ini, krn begitu rotor berputar, medan elektromagnetik akan dibangkitan oleh spul rotor dan sgr diinduksikan kpd spul stator, dan alternator berada dlm status swa-tunjang (self sustained).
MOTO SULIT DINYALAKAN KETIKA AKI LEMAH DAN SUHU MESIN PANAS
Dlm keadaan aki lemah, memang betul bahwa kendaraan bermotor sulit dinyalakan bila suhu mesin "terlalu panas | tinggi" [ atau juga bila "terlalu dingin | rendah" ]. Hal ini disebabkan oleh 3 faktor sbb :
metal | logam mesin mengalami ekspansi | pemuaian krn panas, shg friksi | gesekan antar permukaan logam makin tinggi, dan diperlukan energi | tenaga gerak lbh besar utk mengatasinya.
oli mengalami penurunan viskositas | kekentalan dinamik krn panas, shg kemampuannya mengatasi gesekan menurun.
krn butir 1 dan 2, tenaga listrik digunakan akan banyak terpakai sbg tenaga gerak utk mengatasi gesekan dan juga terbuang sbg tenaga panas.
. . . dan sementara pendinginan, muatan aki melakukan restorasi | pemulihan keseimbangan dlm ionisasi larutannya.
Lbh jauh dan lbh rinci, silahkan lihat topik ini dari pagina pertama, krn pada dasarnya semua permasalahan sekitar aki sdh saya kupas tuntas dlm topik ini, dan juga sdh disertakan tabel daftar kemungkinan masalah, pelacakan gangguan, dan penyelesaian masalah.
Semoga bisa dicerna dan dimengerti serta berguna, dan juga buat yg lain . . .
_________________________________________________
(C) 2006–2009 — EE ONE S | Thunder Rider
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
arif-destro PRADA KOSTER
Poin Brogader : 5797 Total Posan : 19 Sejak : 18.07.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : mengharukan Hobi : ngupil Slogan : jangan menyerah sebelum mencoba
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 16.06.09 14:37
memang jika ahlinya sudah berbicara semuanya jadi terang benderang
sekarang motor ane udah kembali seperti semula, hehehe.....
makasi pa iwan.....
arif-destro PRADA KOSTER
Poin Brogader : 5797 Total Posan : 19 Sejak : 18.07.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : mengharukan Hobi : ngupil Slogan : jangan menyerah sebelum mencoba
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 19.06.09 10:48
arif-destro wrote:
pa iwan, mo nanya sedikit nih, jadi gini ceritanya:
kira2 2 hari yang lalu, motor saya pas jalan malem2 kok lampunya redup2 gtu, nah abis itu saya cuek aja, gak taunya besok mo distater electrik gak mau idup (gak ngangkat staternya), yawdah di bawa deh ke bengkel, abis di cek sama orang bengkel katanya coba deh setrum dulu akinya sapa tau cuma tekor doank .. yawdah dilanjut deh ke tukang cas aki, pas mao di cas sebelumnya di cek ama yang punya toko "wah ini udah rusak sel akinya mas, tuh kalo di tes pake multitester keluar gelembung2 dari dalem" .. waktu saya liat sih emang ada gelembung2 gitu didalemnya pas multitesternya di sambungin ... yawdah dibawa deh ke toko aki, nah sialnya pas lagi di toko aki tuh toko udah tutup, yawdah pulang lagi kan ke rumah ...
nah disini masalahnya ..... sepanjang jalan (pake lampu) tuh motor beberapa kali mati (kalo di bawah rpm 2000) trus di kick stater nyala lagi, lanjut deh .... sampe beberapa kali mati akhirnya udah gak keliatan lampu ijo di panel sewaktu di posisi netral (karena aki udah gak ada listrik sama skali), jadi cape yawdah istirahat dulu, brenti di tengah jalan .... pas mao diidupin lagi pake kick stater kok gak nyala2 yah ...? seharusnya kan klo gak ada aki juga bisa nyala, tapi anehnya pas didiemin kira2 15 menitan (udah dingin dikit kali yah), dikick lagi idup ... (tapi ngebrebet) dilepas gasnya mati lagi ... karbu normal gak ada kebocoran sama karet vakum
pertanyaannya...
apa ada masalah sama kiprok | kuprok (whatever..) ato dengan sepulnya ato jeroan2 lainnya?
apa pengaruh mesinnya masih panas? jadi gak mau nyala...
sekian pertannyaanya (sekalian curhatnya) hehehe
mau sekedar sharing nih, sapa tau berguna buat yang lainnya...
kemaren pas di cek ternyata sepulnya kebakar, wedew.... langsung dah ane cabut buat nebus sepul baru
lokasi pertama di Mandala - Mampang Raya : harganya 235 ribu!!! (dalam hati gw wah ini kan emang sering naikin harga seenak jidat)
gak jadi deh cabut ke bonjer - SENA MOTOR: pas ditanya harganya 250ribu!! trus pas ane bilang "kok di mandala mampang dia brani ngasih 235 ribu, harusnya di sini lebih murah donk..." trus penjaganya bilang "bentar mas" (sambil buka buku harga spareparts) oh ternyata di diskon mas (tau berapa %) jadi 227 ribu, dalam hati gw "yah ini mah sama aja gw buang ongkos bensin" yawdah deh mau gak mau tebus aja...
singkat cerita ane pulang dah, trus ke bengkel deket rumah buat masang, singkat cerita udah beres tuh, di tes api bagus semua...
nyalain deh... bruum... tokcer bos.....
OOT dikit masa bongkar pasang sepul skalian bersihin cuma kena ongkos 20 ribu??? emang dasar nih orang bengkel baik banget, kerjanya rapih juga.... haha tambahin bonus dikit dah.....
nah yang mau ane bahas lagi ini nih.... bro2 sekalian pernah gak kalo mesin lagi panas ato abis ngebut RPM suka berubah jadi tinggi dikit (yang biasa 1500 jadi 1900)? pas ane ganti sepul ini gak pernah kejadian lagi lo... (gak tau pengaruh dari sini ato bukan)
trus kok bentuk gulungan spulnya LEBIH RAPIH ASLINYA ALIAS BAWAAN MOTORNYA daripada SEPUL baru yang dibeli di SGP (mikir lagi dalam hati "yah ini mah udah buatan tangan2 indonesia") hahaha.... kayaknya bawaan motor asli lebih rapih dan bagus aja gtu, mungkin masih buatan jepang...
sekian deh sharing dari ane, dan sekarang si ayank biru udah sehat lagi buat diajak jalan2....
mudah2an ada yang berguna dari postingan saya ini... amin
loveapel MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 5418 Total Posan : 2166 Sejak : 19.01.09 Domisili : Yogyakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : diragukan keberadaanya... Slogan : seorang newbie yg akan terus menjadi newbie
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 21.06.09 1:45
hmmm.....nice info.....
esel LETJEN KOSTER
Poin Brogader : 7705 Total Posan : 2688 Sejak : 05.11.08 Domisili : X mlg KorWil : Jakarta Utara NRA : 0323 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : dari sudut pandang mana dulu nehh bro?? Hobi : Touring Slogan : Jangan pernah ngajarin BUAYA berenang!!!!
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 22.06.09 15:49
thanks infona yaa.. harga sepul SGP segituan yaa..
arif-destro PRADA KOSTER
Poin Brogader : 5797 Total Posan : 19 Sejak : 18.07.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : mengharukan Hobi : ngupil Slogan : jangan menyerah sebelum mencoba
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 22.06.09 21:37
alhamdulilah kalo info dari ane bisa berguna buat bro2 yang lain....
jadi gak sia2 melakukan perjalanan panjang ke bonjer...
hehehehe
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 21.09.09 6:10
arif-destro wrote:
pa iwan, mo nanya sedikit nih, jadi gini ceritanya:
kira2 2 hari yang lalu, motor saya pas jalan malem2 kok lampunya redup2 gtu, nah abis itu saya cuek aja, gak taunya besok mo distater electrik gak mau idup (gak ngangkat staternya), yawdah di bawa deh ke bengkel, abis di cek sama orang bengkel katanya coba deh setrum dulu akinya sapa tau cuma tekor doank .. yawdah dilanjut deh ke tukang cas aki, pas mao di cas sebelumnya di cek ama yang punya toko "wah ini udah rusak sel akinya mas, tuh kalo di tes pake multitester keluar gelembung2 dari dalem" .. waktu saya liat sih emang ada gelembung2 gitu didalemnya pas multitesternya di sambungin ... yawdah dibawa deh ke toko aki, nah sialnya pas lagi di toko aki tuh toko udah tutup, yawdah pulang lagi kan ke rumah ...
nah disini masalahnya ..... sepanjang jalan (pake lampu) tuh motor beberapa kali mati (kalo di bawah rpm 2000) trus di kick stater nyala lagi, lanjut deh .... sampe beberapa kali mati akhirnya udah gak keliatan lampu ijo di panel sewaktu di posisi netral (karena aki udah gak ada listrik sama skali), jadi cape yawdah istirahat dulu, brenti di tengah jalan .... pas mao diidupin lagi pake kick stater kok gak nyala2 yah ...? seharusnya kan klo gak ada aki juga bisa nyala, tapi anehnya pas didiemin kira2 15 menitan (udah dingin dikit kali yah), dikick lagi idup ... (tapi ngebrebet) dilepas gasnya mati lagi ... karbu normal gak ada kebocoran sama karet vakum
pertanyaannya...
apa ada masalah sama kiprok | kuprok (whatever..) ato dengan sepulnya ato jeroan2 lainnya?
apa pengaruh mesinnya masih panas? jadi gak mau nyala...
sekian pertannyaanya (sekalian curhatnya) hehehe
AKI TEKOR . . . KENAPA?
(C) 2006—2009 — EE ONE S | Thunder Rider
Usia aki dlm permakaian normal umumnya sekitar 3 thn, dan dgn pemeliharaan rutin baik, bisa bertahan 5 thn, dan bahkan 10 thn.
AKIBAT
Jika aki tekor, maka ada 3 kemungkinan utama, yakni bahwa masalah itu krn :
faktor internal, krn gangguan dari dlm aki sendiri, krn pemeliharaan buruk, disebabkan oleh salah satu atau kombinasi faktor sbb :
kekurangan volume larutan aki,
kekurangan konsentrasi keasaman larutan aki,
kerusakan sel aki, krn faktor 1 dan atau 2 pertama berlangsung lama.
faktor eksternal, disebabkan oleh salah satu atau kombinasi faktor sbb :
"bad connection" atau hubungan buruk jalur kelistrikan ke dan dari aki, disebabkan oleh salah satu atau kombinasi faktor sbb:
konektor longgar krn getaran | gocangan kendaraan dlm pemakaian rutin harian, spt terkena lubang dan atau gundukan pd jalan rusak, dlsb,
konektor kotor krn debu dan kotoran,
konektor berkarat krn air dan pencemaran,
rektifier + regulator [ kuproks ] rusak,
spul alternator rusak
kombinasi faktor internal dan faktor eksternal
Selama dlm pemeliharaan rutin, tinggi permukaan larutan aki selalu dijaga tetap pas [ tak lbh dan tak kurang ], dan semua hubungan kelistrikan dijaga tetap kencang dan bersih, dan aki digunakan dlm beban normal, dijamin tak akan pernah ada gangguan aki.
SEBAB
Dlm pengamatan saya, kebanyakan masalah thdp aki, kuproks, dan atau spul alternator Suzuki Thunder disebabkan oleh 3 hal sbb :
konektor longgar krn goncangan alias "bad connection" [ lantas merembet ke yg lain ],
pemasangan beban kelistrikan tambahan tanpa perhitungan teknik efisiensi pemakaian tegangan, arus, dan daya listrik [ dimana dan bagaimana melakukan sambungan tambahan ],
pemakaian beban kelistrikan berlebihan [ tak efisien ] krn butir 1 dan 2.
Thunder 2006 saya, pd 2009 ini sdh berusia 3 thn, blm pernah bermasalah dgn aki, rektifier dan regulator [kuproks], atau pun spul alternator, padahal total beban daya listrik Thunder saya bisa mencapai 1.000 Watt [ standar maksimum 180 s/d 200 Watt ]. Ini hanya menyangkut maintenans | pemeliharaan, pemasangan sistem kelistrikan tambahan, dan pemakaian beban listrik, selalu diperhitungkan dan diperhatikan dgn baik.
MOTO TAK BISA DINYALAKAN TANPA AKI
Jika moto menggunakan starter tendang ternyata sulit dinyalakan, sementara aki lemah, tp aliran bensin dan karburator ok, berarti ada "bad connection" atau hubungan buruk dlm jalur kelistrikan, antara aki dan kunci kontak | penyulutan (ignition switch), dan atau antara aki, kuproks, dan alternator.
Tdk betul bahwa tanpa aki, Suzuki Thunder bila distarter tendang atau didorong bisa menyala, krn arus listrik dibutuhkan oleh spul rotor alternator utk membangkitan medan magnetik agar terjadi induksi elektomagnetik thdp spul stator alternator. Tp stlh alternator bekerja, jika aki dilepas, asalkan semua sambungan kelistrikan lain tetap tersambung, mesin akan tetap nyala, krn tlh ada umpan-balik (feed-back) dari stator ke rotor alternator via sirkuit kelistrikan sistem pemuatan-ulang (recharging system).
Mesin listrik hanya bisa dinyalakan tanpa aki bila memiliki rotor alternator dgn magnet permanen atau remanen, tp tdk utk rotor alternator dgn spul elektromagnet krn kemagnetannya hilang ketika mesin padam.
Utk kendaraan bermotor dgn spul rotor elektromagnet, mutlak dibutuhkan aki utk memberikan arus listrik perangsangan (excitation) medan elektromagnetik. Meski aki lemah, kemungkinan msh cukup bisa memberikan catu listrik ini, krn begitu rotor berputar, medan elektromagnetik akan dibangkitan oleh spul rotor dan sgr diinduksikan kpd spul stator, dan alternator berada dlm status swa-tunjang (self sustained).
MOTO SULIT DINYALAKAN KETIKA AKI LEMAH DAN SUHU MESIN PANAS
Dlm keadaan aki lemah, memang betul bahwa kendaraan bermotor sulit dinyalakan bila suhu mesin "terlalu panas | tinggi" [ atau juga bila "terlalu dingin | rendah" ]. Hal ini disebabkan oleh 3 faktor sbb :
metal | logam mesin mengalami ekspansi | pemuaian krn panas, shg friksi | gesekan antar permukaan logam makin tinggi, dan diperlukan energi | tenaga gerak lbh besar utk mengatasinya.
oli mengalami penurunan viskositas | kekentalan dinamik krn panas, shg kemampuannya mengatasi gesekan menurun.
krn butir 1 dan 2, tenaga listrik digunakan akan banyak terpakai sbg tenaga gerak utk mengatasi gesekan dan juga terbuang sbg tenaga panas.
. . . dan sementara pendinginan, muatan aki melakukan restorasi | pemulihan keseimbangan dlm ionisasi larutannya.
Lbh jauh dan lbh rinci, silahkan lihat topik ini dari pagina pertama, krn pada dasarnya semua permasalahan sekitar aki sdh saya kupas tuntas dlm topik ini, dan juga sdh disertakan tabel daftar kemungkinan masalah, pelacakan gangguan, dan penyelesaian masalah.
Semoga bisa dicerna dan dimengerti serta berguna, dan juga buat yg lain . . .
_________________________________________________
(C) 2006–2009 — EE ONE S | Thunder Rider
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 21.09.09 6:13
BERAPA LAMA DAN BERAPA KUAT AKI STANDAR SUZUKI THUNDER EN125 AKAN BERTAHAN TERHADAP BEBAN LISTRIK?
(C) 2009 — EE ONE S | Thunder Rider
Ingin aki, kuproks, dan spul alternator Suzuki Thunder anda awet? Anda hrs berhitung! Krn segala sesuatu berkaitan dgn permesinan dan kelistrikan Suzuki Thunder anda dirancang pabrikan berdasarkan perhitungan teknik akurat. Perhitungan ini ada ada dlm kepala saya tiap kali saya mengendarai Suzuki Thunder saya, dan saya harap demikian juga dgn anda.
Sblm kita menghitung, hrs kita lihat lbh dulu brp banyak kebutuhan daya listrik dan kuat arus memasing perangkat standar terpasang, sbb:
PERANGKAT | PERANTI LISTRIK DIPASANG Q uW W A O TW TA TO
lampu depan besar | utama std 1 35 35 2.91 4.11 35 2.91 4.11 lampu depan kecil | senja std 1 5 5 0.41 28.79 40 3.33 3.60 lampu belakang std 1 5 5 0.41 28.79 45 3.74 3.20 lampu rem std 1 21 21 1.75 6.85 66 5.50 2.18 lampu belok | sein std 4 21 84 7.00 1.71 150 12.50 0.96 lampu panel instrumen | meter std 1 5 5 0.41 28.79 155 12.91 0.92 lampu indikator lampu jauh std 1 5 5 0.41 28.79 160 13.33 0.90 lampu indikator posisi netral std 1 5 5 0.41 28.79 165 13.74 0.87 lampu indikator gigi transmisi std 1 5 5 0.41 28.79 170 14.16 0.84 klakson std 1 10 10 0.83 14.39 180 14.99 0.80 ukuran aki 12 V 7 Ah ukuran zekering | fuse 12 V std 1 180 W 15 A 0.80 O
dimana, J = Joule, ukuran tenaga listrik W = Watt, ukuran daya listrik V = Volt, ukuran tegangan lkistrik A = Ampere, ukuran kuat arus listrik C = Couloumb, ukuran muatan listrik O = Ohm, ukuran hambatan listrik material perangkat [kawat kabel, konektor, saklar, lampu, dlsb]
Ahr = Ampere hour, Am = Ampere minute = 1/60 Ahr, As = Ampere second = 1/3.600 Ahr = C Ws = Watt second = J
dan utk arus searah (direct current, DC) berlaku hubungan: W = V x A
. . .
Dari data diatas, artinya, perangkat kelistrikan standar Suzuki Thunder EN125 menyerap daya total 180 W dgn kuat arus maksimum 15 A.
Angka ini akan membengkak sampai 1 1/2 s/d 2 x lipat bila ada perangkat listrik tambahan [lampu, klakson, dll].
Aki standar Suzuki Thunder EN125 adalah 7 Ahr = 420 Amnt = 25.200 As = 25.200 C.
Artinya, untuk memuati aki tsb dari kosong hingga penuh, dgn kuat arus listrik 7 A, dibutuhkan waktu muat 1 jam, atau jika dgn kuat arus listrik 1 A, maka dibutuhkan waktu muat 7 jam, sedangkan dgn kuat arus listrik 14 A dibutuhkan waktu muat 1/2 jam atau 30 mnt. Kuat arus listrik pemuatan rerata alternator ranmor adalah 3,5 A pada laju putaran mesin 1.500 RPM, sehingga dibutuhkan waktu muat sekitar 2 jam. Utk 3.000 RPM akan dibutuhkan sekitar 1 jam, dan utk 6.000 RPM sekitar 1/2 jam atau 30 mnt.
Sebaliknya, utk pemakaian daya listrik dgn kuat arus tetap 7 A, muatan aki akan terkuras habis dlm waktu buang 1 jam. Utk kuat arus listrik 14 A, muatan aki akan terkuras habis dlm waktu buang 1/2 jam atau 30 mnt.
Total kuat arus Suzuki Thunder EN125 adalah 15 A, jadi muatan aki akan terkuras habis dlm waktu buang hanya 7/15 = 0,467 jam atau 28 mnt.
Hasil perhitungan ini setara dgn jika dihitung dgn daya listrik total tersedia dari 25.200 C adalah bahwa tersedia tenaga listrik sebanyak 12.200 As x 12 V = 302.400 Ws = 302.400 J, dimana utk daya listrik total Suzuki Thunder EN125 adalah 180 W, muatan aki akan terkuras habis dlm waktu buang 302.400 Ws / 180 W = 1.680 s = 1.680 / 60 mnt = 28 mnt.
Ini perhitungan teoritis ideal. Dlm praktek ada rosot tegangan krn hambatan kabel dan koneksi dan perangkat, shg muatan aki akan terkuras habis dlm waktu hanya antara 25 s/d 15 mnt, dan lampu sdh redup atau bahkan tak meyala dlm waktu 10 s/d 5 mnt. Jika ada tambahan beban daya krn perangkat tamnbahan [lampu, klakson, dll], maka muatan aki akan terkuras habis dlm waktu hanya 10 s/d 5 mnt, dan lampu padam dlm waktu 3 s/d 1 mnt, bahkan mungkin hanya dlm bbrp detik.
Pemakaian daya listrik minimum rerata Suzuki Thunder EN125 adalah sekitar 70 W. Utk pemakaian ini aki akan bertahan sampai 4.320 s atau 72 mnt. Utk mempertahankan agar tegangan aki tak merosot dlm waktu ini, dibutuhkan laju putaran mesin sekitar 5.000 RPM.
Pd laju putaran mesin sekitar 5.000 RPM, alternator akan menghasilkan tegangan listrik sekitar 70 V AC yg dikonversi oleh kuproks [rektifier | regulator] menjadi sekitar 17 V DC. Utk dpt memuati aki tegangan kuproks adalah antara 13,5 s/d 16,5 V DC agar dpt mengkompensasi rosot tegangan thdp tegangan nominal total sel aki tanpa beban 6 x 2,2 V DC = 13,2 V DC.
. . .
Jika pd laju putaran mesin rerata 5.000 RMP ternyata tegangan aki merosot atau tekor, maka berarti ada bbrp kemungkinan.
hambatan sirkuit tinggi krn koneksi kawat kabel jelek atau konektor longgar | kocak atau kotor | berkarat
cairan elektrolit aki kurang atau konsentrasi elektrolit lemah
sel aki rusak
kuproks [rektifier | regulator] jelek, aus atau ada komponen rusak
spul alternator ada putus | terbakar
. . .
Dgn memahami ukuran tenaga, daya, kuat arus dan tegangan listrik diatas, kita bisa mengatur pemakaian beban listrik atau pembuangan muatan listrik (discharging) sesuai laju pemuatan-ulang listrik (recharging) yg setara laju putaran mesin.
Tak perduli brp pun beban listrik Suzuki Thunder anda, asalkan keseimbangan diatas tsb tetap dijaga, aki, kuproks, dan spul alternator akan awet dan tak akan cepat rusak atau hangus terbakar krn kelebihan beban (over loaded).
Suzuki Thunnder 2006 saya memiliki beban listrik total hampir 1.000 W dgn aki standar 7 Ahr tunggal, namun hingga 2009 tak pernah mengalami gangguan sistem catu dan muat kelistrikan, aki, kuproks, dan atau alternator, krn saya menerapkan pemakaian daya listrik menggunakan intelligent switching dan time-division multplexing [bergantian, bergiliran, bukan serentak sekaligus] dan disesuaikan dgn laju putaran mesin. Yg diperlukan hanyalah sebuah perangkat penyangga muatan listrik: waduk penampung muatan listrik alias reservoar capacitor, yg dikenal dgn istilah capacitor bank atau DC booster. Dgn penyangga ini, Suzuki Thunder saya bisa menyerap daya sekaligus sebesar 360 W dan bahkan lbh.
. . .
Jadi, kunci performa adalah trik teknologi.
Utk DC booster, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik [ silahkan klik taut berikut ini ] :
ACCU STABILIZER: DC BOOSTER
. . .
Semoga bisa dicerna dan berguna . . .
_________________________________________________
(C) 2009 — EE ONE S | Thunder Rider
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
brorokrs MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 6697 Total Posan : 2178 Sejak : 08.01.08 Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD NRA : 0242 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : rokrsthunder Sikon : baru punya atu anak.... Hobi : Hiking-Fishing-Touring Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 23.09.09 8:06
Salam ... Mo sharing dikit nih...Gini pak e-one ... Saya pernah ngecas aki kemudian saya tinggal dan akan diambil sore ... Lalu sy ke kantor dg thundie yg tanpa aki ... gak ada masalah kok ... motor tetep idup ... mohon penjelasannya pak ...
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 23.09.09 11:53
brorokrs wrote:
Salam ... Mo sharing dikit nih...Gini pak e-one ... Saya pernah ngecas aki kemudian saya tinggal dan akan diambil sore ... Lalu sy ke kantor dg thundie yg tanpa aki ... gak ada masalah kok ... motor tetep idup ... mohon penjelasannya pak ...
Ya, kalau dr pagi sampai siang|petang|sore takan begitu bermasalah . . . selama moto bisa distarter dgn starter tendang (kick starter), atau dgn memutar kencang roda belakang, atau dgn didorong . . . asalkan lengan putar (rotating armature) | spul rotor alternator msh bisa menghasilkan medan magnetik, sbg efek magnit remanen, temporal atau sementara, hasil perangsangan|eksitasi listrik sblmnya, utk mengimbaskan|menginduksikan medan magnetik ke spul startor alternator, ketika rotor berputar kencang, shg dihasilkan listrik di spul stator alternator.
Tp andai itu sore|malam sampai pagi pasti akan bermasalah, krn sebagian besar daya listrik akan disedot oleh bbg lampu.
Penjelasannya sbb.
MOTO NYALA TANPA AKI
(C) 2006—2009 — EE ONE S | Thunder Rider
FUNGSI UTAMA AKI pd kendaraan bermotor adalah,
utk eksitasi listrik medan elektromagnetik lengan putar (rotating armature) | spul rotor alternator [generator arus bolak-balik, alternating current, AC].
utk menggerakkan motor starter via tombol starter elektrik sbg pemicu|penyulut (trigger) utk memutar pros-engkol | kruk-as (crankshaft) mesin shg memutar poros-ungkit | nok-as (camshaft) dan rotor alternator, shg mesin menyala ketika kumparan jemput (pick-up coil) dan ignitor [CDI (capacitor discharge ignition)] dan kumparan penyulutan (ignition coil) bekerja utk memercikkan pasangan elektroda busi.
utk mencatu arus listrik searah (direct current, DC) ke instrumen kontrol [pengukur BBM, dll], klakson, bbg lampu, dan bbg beban listrik lainnya.
utk mencatu tenaga | daya | tegangan | arus listrik DC ketika mesin kendaraan dlm keadaan padam.
utk kebutuhan | keperluan listrik DC lainnya.
Meski demikian, tanpa aki pun, kendaraan bermotor dpt dinyalakan dgn cara memutar poros-engkol | kruk-as (crankshaft) melalui starter tendang (kick starter), atau memutar kencang roda belakang, atau mendorong kendaraan, asalkan magnit remanen (semi-permanen) semula dicatu medan elektrik spul rotor alternator msh memiliki tenaga magnetik [bbrp alternator memiliki magnit permanen], sampai kumparan (coil) alternator mampu menghasilkan arus listrik, utk memuati ignitor [CDI (capacitor discharge ignition)] shg berdasarkan informasi kumparan jemput (pick-up coil) ttg laju putaran mesin [dlm RPM (revolution per minute)] dpt mencatu arus dibutuhkan pd kumparan penyalaan (ignition coil), yg membangkitkan tegangan tinggi pd elektroda busi yg mampu menghasilkan percikan | vonk (spark) listrik, dan menghempaskan piston shg berlangsung putaran mesin. Kelistrikan akan berlangsung swasembada (selfsustained), dimana listrik arus bolak-balik (alternating current, AC) dihasilkan alternator diubah menjadi listrik arus denyut (pulsating current, PC) oleh penyearah (rectifier) [yg para bro sering sebut dgn istilah cuprox (cupri oxyde), kuproks, atau kiproks, whatever ...] dan sebagian disalurkan kembali ke spul rotor alternator bagaikan umpan-balik (feed-back) utk membangkitkan medan megnetik shg terjadi imbas | induksi elktromagnetik pd spul stator yg menghasilkan listrik AC, dst, dan berlangsung daur-ulang (recycle) listrik-magnit-listrik secara sinambung (continue).
Jadi, aki tak diperlukan utk memutar mesin kendaraan ketika kendaraan sdh menyala, krn mesin memutar alternator yg via kuproks membangkitkan listrik PC, shg jika aki dilepas, maka kendaraan tetap menyala, krn penyalaan busi utk pembakaran mesin dicatu langsung dari generator [alternator plus rectifier plus regullator ] listrik via kumparan penyalaan (ignition coil) dgn frekuensi yg diatur oleh ignitor [CDI] dan kumparan jemput (pick-up coil).
FUNGSI UTAMA GENERATOR pd kendaraan bermotor adalah,
utk membangkitkan tenaga listrik, yg digunakan utk pemuatan-kembali (recharging) aki.
sumber tenaga listrik pendukung aki, agar tenaga listrik aki tak pernah terkuras sampai habis.
menahan kendaraan tetap menyala bilamana aki lemah atau mati atau tanpa aki.
ARUS DENYUT
Meski demikian,
generator [alternator plus rectifier plus regulator] ini tdk menghasilkan arus searah sempurna, melainkan tak-sempurna, yg disebut sbg arus denyut (pulsating current, PC) dgn tinggi-gelombang | amplitudo tdk rata, melainkan mengandung riak (ripple), bergelombang naik-turun, kecuali dilewatkan via penyaring|penapis (filter) [lihat gambar].
besar tenaga | daya | tegangan | arus dihasilkan tdk tetap (constant), melainkan bergantung pd kelajuan putaran mesin, dimana makin laju, makin besar, dan sebaliknya.
pd putaran lambat, tegangan aki [12 s/d 13,2 V DC] lbh tinggi drpd tegangan keluaran generator, namun arus listrik dr aki tak akan mengalir ke generator yg dpt membuat tenaga listrik aki terkuras habis, krn ditahan oleh resistansi balik dioda rektifier (rectifier diode reverse resistance)). Sebaliknya, pd putaran cepat mesin [5.000 RPM keatas], daya listrik dihasilkan lbh besar, tegangan generator [14 s/d 16,5 V DC] sedikit lbh tinggi drpd tegangan aki, hasil konversi AC-PC tegangan keluaran alternator [70 V AC], dimana pd putaran cepat arus listrik pun lbh kuat, dan arus listrik mengalir dr generator ke aki, dgn demikian generator dpt melakukan pemuatan-ulang aki (accu recharging).
diagram blok sumber kelistrikan kendaraan bermotor
ARUS TAK RATA DAN TAK CUKUP DAYA
Jadi, jika aki dilepas ketika kendaraan dlm keadaan sdh menyala,
arus listrik dihasillkan adalah arus denyut [lihat gambar], shg tak dpt mencatu arus searah yg dibutuhkan klakson dan atau lampu dgn sempurna.
tenaga dan daya listrik dihasilkan tdk tetap besarnya, dan terutama pada putaran lambat, tdk cukup kuat utk mencatu daya kebutuhan klakson dan atau lampu.
krn itu, klakson bunyinya rada sember, demikian juga nyala lampu rada redup, dan mengikuti irama putaran mesin.
SMR VS SMB
Sedangkan pada kebanyakan SMR (sepedamotor ringan), spt jenis underbound dan scooter, catu daya listriknya memang diambil langsung dari generator, terutama tampak pd Vespa, dimana terang-redup lampu utama mengikuti irama putaran mesin, krn pd umumnya daya yg diserap tdk sebesar spt pd SMB (sepedamotor berat|besar) atau MOGE (motor gede), dan utk SMR yg lbh modern, generatornya mungkin sdh dilengkapi dengan filter dan bahkan mungkin juga ditambahkan pemantap | pengatur tegangan atau arus (current or voltage regulator | stabilizer) sederhana. Kebijakan spt ini dibuat krn SMR dirancang tdk utk dimodifikasi spt SMB bugil (naked) yg terbuka (open) utk modifikasi dan penambahan beban listrik spt klakson, alarm | sirine, dan bbg lampu tambahan.
Lain drpd itu, Suzuki Thunder memiliki sistem alternator terbaik dlm moto batangan di kelasnya, yakni 3 fasa, persis spt mobil pd umumnya, dibandingkan dgn Honda Tiger dan MegaPro, Yamaha V-ixion, dan Bajaj Pulsar, yg masing-masing bekerja dgn alternator hanya 1 fasa, spt moto bebek. Utk uraian selengkapnya silahkan baca di forum ini dlm topik [ silahkan klik taut berikut ] :
SUZUKI THUNDER MEMILIKI SISTEM KELISTRIKAN TERBAIK DIANTARA MOTO KOMPETITOR
Ttg rangkaian kelistrikan Suzuki Thunder bisa dilihat di forum ini dlm topik [ silahkan klik taut berikut ] :
DIAGRAM SKEMATIK KELISTRIKAN STANDAR SUZUKI THUNDER
FILTER DAN STABILIZER
Jika bro ingin klakson tdk membrebet dan lampu tdk terang-redup atau kedap-kedip ketika tanpa aki, maka harus dipasang filter dan stabilzer setelah generator [sesudah rectifier], dan ini ada berbagai disain dgn bbg kalkulasi elektronik, dimana makin bagus, makin banyak komponen elektronik dilibatkan, atau makin canggih komponen elektronik digunakan, shg makin mahal, dan selain itu filter dan stabilizer ini harus memiliki ketahanan utk daya cukup besar, bilamana ada penambahan beban modifikasi kelistrikan di kemudian hari.
Filter PC ke DC pd dasarya tak dibutuhkan pd kendaraan bermotor bila generator hanya berfungsi memuati-kembali aki, krn keberadaan riak tak mengganggu pemuatan ini. Namun filter dibutuhkan utk menindas riak bila generator digunakan langsung utk mencatu beban DC yg bila menerima riak akan mengalami gangguan derau (noise), spt misalnya utk mencatu radio dan atau audio player, dimana riak akan ditranslasi ke bentuk bunyi derau pd loudspeaker yg kebanyakan org menyebutnya sbg gangguan "storing".
Lain drpd itu, efek PC yg membuat klakson membrtebed dan lampu terang-redup juga bisa dieliminasi dgn sebuah perangkat penyangga muatan listrik (electric charge buffer): waduk penampung (reservoar capacitor) muatan listrik, yg dikenal dgn istilah capacitor bank atau DC booster.
Utk DC booster, silahkan lihat dlm forum ini dlm topik [ silahkan klik taut berikut ini ] :
ACCU STABILIZER: DC BOOSTER
. . .
Semoga bisa dicerna dan berguna . . .
_________________________________________________
(C) 2009 — EE ONE S | Thunder Rider
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Aki 24.03.10 0:16
AKI APAPUN SAMA SAJA
(C) 2006—2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider
SEL LISTRIK - SUMBER MUATAN LISTRIK
Harap diketahui bahwa, tegangan [voltage] dan muatan [couloumbage = ampere-hourage] suatu baterai atau aki ditentukan oleh komposisi sel listrik (electric cell) pembentuknya, dan bergantung antara lain pd :
Jenis material kimiawi sel digunakan utk pasangan elektroda dan dielektrik diantaranya [menentukan tegangan dan muatan bisa diperoleh per sel],
banyak sel digunakan [menentukan banyak muatan total], dan
susunan baterai, apakah serial ataukah paralel [menentukan tegangan total atau kuat arus total].
Utk mempersingkat dan menyederhanakan kupasan, bahasan disini kita batasi utk sel bisa-muat-ulang (rechargeable) yg umum digunakan utk ranmor, apakah sel basah (wet cell) ataukah sel kering (dry cell), terlepas dari materialnya [Zn, Pb, Ni, NiCa, Li, dlsb].
Sel listrik yg dibahas dlm konteks ini adalah sel listrik kimiawi (chemical electric cell, chemo-electric cell), yakni sumber muatan listrik (electric charge source) yg diproduksi melalui proses kimiawi. Dan yg dimuat-buang (discharge) dan dimuat-ulang (recharge) adalah muatan listrik negativ yg dibawa oleh elektron material yg seolah bergerak secara estafet antar ion [partikel atomik bermuatan listrik] melalui bahan kimiawi sbg media perantara listrik atau dielektrik, tak perduli apakah padat atau cair [atau gas].
Banyak atau kuantitas muatan listrik (electric charge quantity, q) diukur dlm satuan C (Couloumb). Sedangkan kuat atau intensitas arus listrik (electric current intensity, i) diukur dlm satuan A (Ampere), adalah setara ukuran kuantitas muatan dialirkan per rentang waktu tertentu s, m, atau hr (second, minute, or hour), dimana C = A.s (Ampere second). Krn itu kapasitas muatan suatu aki dinyatakan dlm A.hr (Ampere hour).
BATERAI DAN AKI - TEGANGAN TANPA-BEBAN DAN TEGANGAN DENGAN-BEBAN
Dlm praktek, sel basah disebut aki (accu = accumulator), dan sel kering disebut baterai (battery). Dan dua istilah ini kerap dipertukarkan atau disamakan. Istilah aki atau pak baterai (battery pack) secara mendasar digunakan utk menyatakan suatu paket yg terdiri dari rangkaian bbrp sel.
Singkat kata, sel listrik bisa-muat-ulang yg umum digunakan utk ranmor memiliki tegangan optimal tanpa beban 2,2 V DC per sel, dan tegangan nominal pd beban 2 V DC per sel krn rosot tegangan (voltage drop) sbg efek resistansi sirkuit.
Utk melipatgandakan tegangan [voltage], dua atau lbh sel tunggal dirangkai sederet atau serial. Sedangkan utk melipatgandakan kuat arus [amperage], dua atau lbh sel tunggal dirangkai sejajar atau paralel. Dan rangkaian manapun digunakan, keduanya menghasilkan pelipatgandaan muatan [couloumbage]. Jika sederet, maka terjadi pelipatan muatan pd kuat arus tetap, dan jika sejajar, maka terjadi pelipatan muatan pd tegangan tetap.
Aki ranmor bertegangan nominal 6 V adalah rangkaian sederet 3 sel 2,2 V dgn tegangan total 6,6 V. Sedangkan aki ranmor bertegangan nominal 12 V adalah rangkaian sederet 6 sel 2,2 V dgn tegangan total 13,2 V. Dan aki ranmor bertegangan nominal 24 V adalah rangkaian sederet 12 sel 2,2 V dgn tegangan total 26,4 V. Dst.
Aki ranmor Suzuki Thunder adalah aki ranmor bertegangan nominal 12 V yg terdiri dari rangkaian sederet 6 sel 2,2 V dgn tegangan total 13,2 V.
DERET TEGANGAN
Jika tiap terminal sel tunggal penyusunnya ditonjolkan keluar, sedemikian shg ada 6 pasangan terminal, yg disederhanakan hanya jadi 7 terminal saja krn terminal dempet bisa digabung, maka aki dpt digunakan sbg sel dgn 6 variasi tegangan, dgn tegangan tanpa beban antar tiap terminal bersisian adalah 2,2 V, dan secara berurutan tiap pasangan terminal kombinasi menghasilkan deret tegangan tanpa beban 2,2, 4,4, 6,6, 8,8, 11, dan 13,2 V, dan deret tegangan pd beban 2, 4, 6, 8, 10, dan 12 V, dan dpt digunakan sbg pengganti catu daya beban elektronik 1,5, 3, 4,5, 6, 7,5, dan 9 V DC.
Krn itu aki sel basah 12 V ranmor memiliki 6 lubang utk pengisian air aki, cairan elektrolit atau aqua-pura. Dan baik sel basah maupun sel kering memiliki 7 terminal [hanya saja apakah ditonjolkan keluar atau tidak].
pak baterai 12 V [13,2 V] yg terdiri dari 6 sel kering 2 V [2,2] V sederet.
aki 12 V [13,2 V] yg terdiri dari 6 sel basah 2 V [2,2] V sederet.
DC BOOSTER - CAPACITOR BANK
DC booster pd prinsip dasarnya adalah serupa dgn aki. Secara teknik, krn material digunakan berbeda, mk berbeda dlm konstanta waktu RLC (resistance, inductance, capacitance). Secara mendasar terdiri dari ELCO (electrolityc capacitor) yg berlaku sbg RECAP (reservoar capacitor) atau populer dgn isrtilah CAB (capacitor bank). Pemasangannya adalah sejajar arau paralel dgn aki, sedemikian shg terjadi pelipatgandaan muatan [couloumbage = ampere-hourage] pd tegangan tetap. Jadi pasangan ini berfungsi sbg pelipat muatan (charge multiplier) dan sumber arus (current source), bukan sumber tegangan (voltage source). Gunanya adalah utk mempertahankan kuat arus (current intensity) pd daya tetap (constant power) agar selalu diatas minimum ketika terjadi rosot tegangan (voltage drop), bila tegangan aki merosot atau lemah. Yg dibutuhkan komponen kelistrikan ranmor, spt lampu, klakson, starter motor adalah daya [wattage] pd kuat arus nominal pd tegangan bervariasi hingga maksimum 12 V DC. Pd daya tetap, kuat arus meningkat ketika tegangan merosot, dan sebaliknya.
ALTENATOR, RECTIFIER DAN REGULATOR - DARI AC KE PC KE DC
Krn tegangan total tanpa beban aki ranmor Suzuki Thunder adalah 13,2 V, utk memuati aki dibutuhkan sumber muatan listrik (electric charge source) dgn tegangan minimum diatas 13,2 V DC (direct current) atau PC (pulsating current), agar arah aliran arus adalah dari pemuat (charger) ke aki, bukan sebaliknya. Krn itu tegangan keluran (output voltage) dari pack cuprox (cuprous oxyde) rectifier + regulator suzuki Thunder adalah berkisar antara 13,5 s/d 16,5 V DC atau PC, yg bergantung pd rektifikasi tegangan RMS (root-mean square) 50 s/d 75 V AC (alternating current) 3-fasa keluaran spul stator alternator [AC generator] pd putaran antara 1.500 s/d 8.500 rpm (rotations | revolutions per minute), rerata atau konstan sekitar 5.000 rmp. Fungsi rektifier dan regulator yg memasing menggunakan dioda adalah utk menyearahkan arus bolak-balik dan mengendalikan pemuatan sekaligus menahan agar jangan sampai arus listrik mengalir terbalik ke arah berlawanan bilamana terjadi tegangan aki lbh tinggi drpd tegangan keluaran kuproks.
(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
willyroshan PRATU KOSTER
Poin Brogader : 6004 Total Posan : 26 Sejak : 17.12.07 Domisili : palembang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : Baca N Nge-Dance
Subyek: Aki tidak ngecharge...!! 14.05.10 16:38
Mohon bantuannya bro...!! Baru beli aki, blum sebulan sudh nggak bisa start...Akinya sih baik2 aja... Tapi kata orang bengkel motornya nggak mau nge-charge...!! Apa yang rusak/diganti ya bro...??? berapa kira2 biaya perbaikan untuk thundie gue....?? Mohon pencerahannya....!!???