Subyek: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 02.12.08 8:03
:brapo koster:
bro mo nanya neh kenape lampu depan ane kok ga bisa nyala
yg bisa hanya lampu senja doank . . .??
pliss mohon bantuan . .
Terakhir diubah oleh Thunder Rider tanggal 28.05.09 7:12, total 3 kali diubah (Reason for editing : P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan)
N4L SERMA KOSTER
Poin Brogader : 5786 Total Posan : 248 Sejak : 12.08.08 Domisili : Bogor - Jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : Red Black 125 Sikon : Menikah Hobi : Bike Riding & Music Slogan : Be Good & Be Safe
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 02.12.08 8:07
Itu Bohlamnya Bro.....Kemaren Gw juga Gitu...Ganti aja bohlamnya
Ric-KOBRA Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5828 Total Posan : 1241 Sejak : 10.11.08 Domisili : Denpasar KorWil : Denpasar. Bali NRA : 0638 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : ric Sikon : Single Hobi : Makan yang enak.....
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 15.12.08 23:13
jadi numpang di topicnya bro jambrong nih.....permasalannya bukan lampu depan mati tapi lampunya berkedip pas lagi enek enak jalan...... tolong infonya..... apa ada bro bro semua yang pernah ngalamin lampu depan berkedip sewaktu thundernya diajak jalan........ gejalanya baru kemarin muncul.....tadinya ric kirain jalannya ngak rata jadi sorot lampunya bergoyang........ eh ngak taunya tadi malam ric ajak jalan lagi tuh si thundy....kok gitu lagi dijalan yang rata.....berkedipnya pas enak enak tarikan 60....ngak tau deh apanya bermasalah....
brorokrs MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 6697 Total Posan : 2178 Sejak : 08.01.08 Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD NRA : 0242 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : rokrsthunder Sikon : baru punya atu anak.... Hobi : Hiking-Fishing-Touring Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.
Subyek: P/S: Sekitar Lampu dan atau Booster Lampu 11.02.09 15:24
Salam KOSTER!!!
Lampu kendaraan ibarat mata kedua bagi pengendara malam. Bisa dibayangkan apabila mata ini “rabun” atau bahkan “buta” , tentunya pengendara akan mengalami kesulitan melihat di malam hari. Bahkan bukan saja dirinya sendiri, pengendara lainpun akan juga mengalami kesulitan, karena tidak bisa melihat dia.
Kualitas pencahayaan headlamp (Lampu Utama) ditentukan oleh bagus tidaknya : 1. Bulb atau Bohlam 2. Reflektor Lampu 3. Catu daya/Arus ke bohlam 4. Arah dan posisi lampu
1. Bulb atau Bohlam Pemilihan bohlam yang baik harus memperhatikan bebearapa segi, yaitu: a. Lumen atau Kekuatan Cahaya yang dihasilkan b. Tepatnya pancaran sinar yang jatuh ke reflector, sehingga hasil pencahayaan focus/mengumpul di satu bidang dan tidak menyebar kemana-mana. c. Jenis bohlam apakah itu halogen atau xenon d. Daya tahan, tidak saja masalah umur bohlam tetapi juga menyangkut kualitas lumen yang dihasilkan.
Banyak merk bohlam yang beredar di pasaran, konsumen harus jeli dalam memilih. Harga yang murah sudah jelas akan berdampak pada kualitas terutama pada pencahayaan dan daya tahan. Harga yang mahal belum tentu cocok dengan reflector lampu dan catu daya yang tersedia. Beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih bohlam :
Pilih dari merk yang sudah terkenal dan asli (bukan aspal)
Jatuhnya titik cahaya tepat pada reflektor sehingga lampu menjadi focus. Pada motor bebek/skutik biasanya memakai bohlam dengan socket P15d-25-1 dan motor sport p15d-25-3, jangan pernah memakai bohlam yang dengan socket yang tidak sesuai, karena kode diatas juga menetukan panjang/pendeknya filamen bohlam yang akan mentukan jatuhnya titik sinar bohlam pada reflektor.
Bohlam yang mempunyai kaca biru akan menghasilkan warna putih, apabila anda lebih suka memilih bohlam ini, pilihlah yang cahaya jangan terlalu putih atau kacanya jangan terlalu biru, karena menyebabkan lumen output bohlam tidak maksimal keluar. Untuk kondisi jalan basah atau musim hujan sebaiknya tidak memakai bohlam ini, pakailah bohlam dengan cahaya warna kuning, semakin kuning semakin bagus untuk menembus hujan.
Ada salah kaprah di kalangan bikers motor bebek/skutik yang membesarkan watt lampunya dengan alasan pengen lebih terang. Hal ini sungguh tidak berguna, karena motor-motor tersebut masih memakai system AC. Beda dengan system DC, system AC masih menggunakan spul lampu untuk membangkitkan bohlam. Apabila spul lampu ini dirancang untuk pemakaian bohlam 25watt, tentunya akan “terengah-engah” untuk mengangkat bohlam 35 Watt. Bohlam 35W tsb tidak akan menpatkan arus yang cukup, sebagai akibatnya, cahaya yang dihasilkannya pun tidak terang alias redup. Tetapi sebaliknya apabila memakai bohlam 25W, supply arus mencukupi dan filamen bohlam akan optimal menyala, sehingga cahaya yang dihasilkanpun lebih terang. Salah satu alternative untuk lampu halogen bisa menggunakan booster sebagi penguat lampu. Jangan gunakan booster lampu sembarangan, carilah yang bergaransi dan benar-benar sudah teruji keandalannya.
2. Reflektor Lampu
Bagus tidaknya daya sorot Lampu Utama sebagian besar ditentukan oleh kondisi reflektor lampu dan kaca/plastik pelindung. Jadi apabila lampu kendaraan anda ingin terang jangan hanya memperhatikan masalah bohlam saja, karena biarpun cahaya bohlam sudah bagus dan terang, tetapi kalo kondisi reflektornya amburadul, sungguh tidak akan optimal daya sorot lampu tersebut. Jangankan rusak, reflektor yang berdebu sudah menyebabkan kekuatan daya pantulnya jauh berkurang. Untuk reflektor yang belum terlalu parah kondisi enamel pelapis reflektornya, masih bisa dibersihkan dengan bahan deterjen biasa dan dibilas dengan bersih. Awas hati-hati pembilasan yang kurang akan menyebabkan flek/bercak pada reflektor dan kaca. Gunakan lap bersih dan kering untuk menyapu seluruh permukaan agar benar-benar kering dan bebas dari debu. Lap yang kotor akan mengakibatkan baret halus dan bisa mengurangi daya pantul.
Untuk Reflektor yang sudan berubah warna, banyak baret halus, terkelupas lapisan enamel, gosong atau buram kaca depannya, lebih baik diganti. Karena sungguh percuma bohlam sudah bagus pencahayaanya tetapi tidak bisa dipantulkan dengan optimal ke jalan karena reflektor yang rusak. Dalam memilih reflektor lebih baik memakai produk standard pabrikan (OEM/Original Equipment Manufacturing) atau produk bermerk seperti Hella/Koito dll. Produk imitasi atau murahan sangat tidak disarankan karena hanya menyia-nyiakan cahaya bohlam tidak terpantul dengan sempurna, bahkan ada beberapa tidak tahan panas dan mudah meleleh.
3. Catu Daya/Arus ke Bohlam
Pada kendaraan yang sudah berumur lebih dari tiga tahun, kondisi kabel dan sambungan (Socket) mulai bermasalah. Karena memang tidak bisa dipungkiri, semakin lama umur kabel/socket, semakin besar pula hambatan (Resistansi) nya. Sebagai contoh kabel baru bisa mengalirkan arus 10A , tetapi kalau sudah berumur 3 tahun kabel tsb hanya bisa mengalirkan arus 8A. Jadi untuk kendaraan yang sudah berumur sering kali kurang efektif kalau hanya mengganti bohlam dengan watt yang lebih besar tanpa memperhatikan besarnya arus yang nyampai ke bohlam tersebut. Disarankan mengganti dengan kabel yang baru atau memakai system relay yang diambil langsung dari accu kendaraan untuk system DC (Mobil /Motor Sport). Untuk system AC tidak ada pilihan lain selain mengganti kabel yang sudah berumur tersebut sekalian dengan socket dan fitting lampunya. Sering kali pada motor yang sudah berumur, kondisi per pada socket sudah lemah, akibatnya konektor socket tidak terhubung maksimal ke konektor bohlam sehingga arus yang masuk ke bohlampun juga tidak maksimal. Hal ini menyebabkan lampu tidak bisa menyala terang. Akibat yang lebih serius dari kondisi per socket yang lemah ini adalah gesekan yang terjadi dengan konektor lampu menyebabkan suhu tinggi, apabila kondisi ini terjadi terus menerus, socket atau kutub lampu bahkan reflektor bisa meleleh karena kepanasan.
4. Arah/Posisi Lampu
Arah dan posisi lampu juga sangat menetukan terang /tidaknya. Karena arah sinar yang terlampau tinggi akan menyebabkan kondisi depan kendaraan kurang jelas, karena daya jangkau sinar punya keterbatasan. Disamping itu arah lampu yang terlalu tinggi, menyebabkan pengendara lain silau dan sangat membahayakan, karena bisa terjadi kecelakaan. Setelah jarak dan ketinggian sekitar 10m dari posisi depan kendaraan.
Poin Brogader : 5418 Total Posan : 2166 Sejak : 19.01.09 Domisili : Yogyakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : diragukan keberadaanya... Slogan : seorang newbie yg akan terus menjadi newbie
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.02.09 15:31
iye bang....
loveapel MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 5418 Total Posan : 2166 Sejak : 19.01.09 Domisili : Yogyakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : diragukan keberadaanya... Slogan : seorang newbie yg akan terus menjadi newbie
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.02.09 15:35
nambahin dikit bang, perhatikan posisi filamen saat membeli lampu,kalau miring, sebaiknya min ta ganti, soalnya kalo dipasang, cahaya bakal ikutan miring......
harry2yo Moderator KOSTER
Poin Brogader : 11357 Total Posan : 16296 Sejak : 06.08.08 Domisili : Dibalik Layar KorWil : Kota Ikan SURA NRA : 0266 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : TerBang Sikon : Amin Hobi : nge-klik Slogan : - Keselamatan Itu Penting
- Ja
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.02.09 15:44
loveapel wrote:
nambahin dikit bang, perhatikan posisi filamen saat membeli lampu,kalau miring, sebaiknya min ta ganti, soalnya kalo dipasang, cahaya bakal ikutan miring......
mantab Bro Love
brorokrs MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 6697 Total Posan : 2178 Sejak : 08.01.08 Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD NRA : 0242 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : rokrsthunder Sikon : baru punya atu anak.... Hobi : Hiking-Fishing-Touring Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.02.09 15:57
loveapel wrote:
nambahin dikit bang, perhatikan posisi filamen saat membeli lampu,kalau miring, sebaiknya min ta ganti, soalnya kalo dipasang, cahaya bakal ikutan miring......
mmmmm....kejadian ini mengingatkan daku pada bohlam Autovision yang aku beli di Outlet Terkemuka para biker...Karena bohlam tsb ternyata tidak kuat soldernya jadi seringkali berputar hingga mati karena tidak dapat masa...ya gak sampe 1 minggu bohlam bocor...mmm apes daah...
__________________
*****BRAVO KOSTER*****
242-0808-0803 36-1400-21-01
loveapel MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 5418 Total Posan : 2166 Sejak : 19.01.09 Domisili : Yogyakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : diragukan keberadaanya... Slogan : seorang newbie yg akan terus menjadi newbie
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.02.09 16:35
sama bro rock, ane juga penah, pantat bolam nya solderanya meleleh mulu....
brorokrs MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 6697 Total Posan : 2178 Sejak : 08.01.08 Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD NRA : 0242 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : rokrsthunder Sikon : baru punya atu anak.... Hobi : Hiking-Fishing-Touring Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 12.02.09 8:50
loveapel wrote:
sama bro rock, ane juga penah, pantat bolam nya solderanya meleleh mulu....
Naah...kalo ini mah..pasti sering dipake rpm tinggi terus ya????
Baskoro LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6657 Total Posan : 553 Sejak : 05.04.07 Domisili : Telaga Kahuripan. Parung | Kemang. Jakarta Selatan KorWil : Parung NRA : K8-013 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : Nikah Punya anak 1 Hobi : Baca Slogan : BE YOUR SELF
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 01.05.09 10:32
jambronk wrote:
bro mo nanya neh kenape lampu depan ane kok ga bisa nyala
yg bisa hanya lampu senja doank . . .??
pliss mohon bantuan . .
maaf nih disundul lagi, soalnya beberapa hari ini saya ngalamin hal ini, bukan lampu depan saja, tapi lampu belakang juga. Saya dah ganti bohlam sebab saya pikir putus, eha ternyata bohlamnya masih bagus.
Akhirnya semalam saya bongkar aja ternyata permasalahannya sepele, yaitu kabel yg pada piting (maaf kalau salah tulis) lampu depan untuk lampu utama kondisinya sudah kotor dan ada beberapa serat kabel yg lepas, mungkin karena hal ini menghambat aliran listrik. Untung aja punya stok piting lampu untuk lampu depan, dan supaya kuat disolder ulang.
Note: piting lampu depan yg biasa dulu waktu beli cuma Rp 6.000,-, tapi yang gua ambil cuma kabelnya aja, sebab terkadang dudukannya suka gak pas sama yg punya thunder.
Sedangkan untuk lampu belakang, ternyata kabel untuk jalur ke masa nya kendor dan kotor. kalau kita lihat sekilas, memang gak ada yg kendor, sebab kabel masa lampu belakang itu masuk ke rumah lampu. Solusinya, untuk kabel masa saya perpanjang, sehingga agar tidak kendor saya lilitkan ke pangkal lampu.
Hehehe..gitu aja bro pengalaman gua semalem.
nabaa0 SERTU KOSTER
Poin Brogader : 6423 Total Posan : 137 Sejak : 04.04.07 Domisili : jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : Bluebery Sikon : Merit Hobi : browsing
Subyek: WTA: Lampu Jauh dan Lampu Dekat 11.06.09 14:35
bro2 semua, motor gw skr kl dinyalain light on/off nya ngga ada bedanya lampu jauh dan lampu dekat. Jadi kl di cetek sekali udah nyala semua lampunya and cetek 2x tetep sama aja. harusnya kan cetek sekali, nyala lampu kecil and cetek 2x br nyala lampu besar. Hellpppp me.......
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.06.09 15:21
nabaa0 wrote:
bro2 semua, motor gw skr kl dinyalain light on/off nya ngga ada bedanya lampu jauh dan lampu dekat. Jadi kl di cetek sekali udah nyala semua lampunya and cetek 2x tetep sama aja. harusnya kan cetek sekali, nyala lampu kecil and cetek 2x br nyala lampu besar. Hellpppp me.......
. . .
Tp ma'af saya tak mengerti pertanyaan anda bro . . . Krn informasi anda berikan tak sinkron dan tak lengkap.
. . . apakah ini masalah lampu kecil dgn lampu besar [ saklar kanan ] ataukah masalah lampu dekat dan lampu jauh [ saklar kiri ] ataukah keduanya [ sangat kecil kemungkinannya ].
Tp yg jelas, ada yg ga benar . . .
zakelar | switch rusak, atau
sambungan kabel lepas | jelek | salah-sambung, atau
Poin Brogader : 6423 Total Posan : 137 Sejak : 04.04.07 Domisili : jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : Bluebery Sikon : Merit Hobi : browsing
Subyek: WTA : Lampu besar dan lampu kecil 11.06.09 15:52
bro2 semua, motor gw skr kl dinyalain light on/off nya yg sebelah kanan, ngga ada bedanya lampu kecil dan lampu besar Jadi kl di cetek sekali udah nyala semua lampunya and cetek 2x tetep sama aja. harusnya kan cetek sekali, nyala lampu kecil and cetek 2x br nyala lampu besar. Hellpppp me.......
nabaa0 SERTU KOSTER
Poin Brogader : 6423 Total Posan : 137 Sejak : 04.04.07 Domisili : jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : Bluebery Sikon : Merit Hobi : browsing
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.06.09 15:58
ini bukan masalah lampu bro tp masalah kabel. maksud gw saklar yang di sebelah kanan, kl utk menyalakan lampu kecil kan cukup di cetek sekali and lampu besar dicetek 2x tp ini baru dicetek 1x aja lampu dah nyala semuanya.....thx
Baskoro LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6657 Total Posan : 553 Sejak : 05.04.07 Domisili : Telaga Kahuripan. Parung | Kemang. Jakarta Selatan KorWil : Parung NRA : K8-013 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : Nikah Punya anak 1 Hobi : Baca Slogan : BE YOUR SELF
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.06.09 16:27
Mungkin saran saya coba aja dulu dibersihin, mungkin bisa jadi induksi karena air atau hal lainnya yang ada didalamnya, saya pernah ngalamin hal itu, setelah dibersihan normal lagi.
To: Pak E One and All Bro
Sekalian nih Pak saya mau tanya, tahapan yang harus saya lakukan untuk memperbaiki kelistrikan pada lampu indikator yang ada di dashboard motor. Selama ini saya belum pernah ngalamin hal ini. Rencananya sabtu depan mau bongkar motor. Mengenai permasalahannya adalah sebagai berikut:
Indikator lampu sen, jika lampu depan dinyalahkan proses kerja berlawanan. Misalnya jika saya tekan sen ke kanan, lampu indikator yang berkedip disebalah kiri, begitu juga sebaliknya.
Indikator lampu dekat dan lampu jauh pada lampu utama motor. Jika saya memposisikan lampu pada lampu jauh, maka lampu indikator yang nyalah bukan lampu yang berwana biru, melainkan indikator lampu sen yang berwarna hijau nyalah semuanya (kanan-kiri)
Indikator bensin (jarum bensin). Jika lampu utama saya nyalahkan, baik itu lampu senja atau lampu malam, jarum bensin langsung bergerak cepat ke kanan menandakan bensin full / penuh, namun jika dimatikan jarum kembali normal.
Selama ini saya sudah mengusahakan sendiri, dari pembersihan soket dan pengecekan kabel apakah ada yang kendor atau ada yang salah tancap, namun sampai saat ini belum normal.
Terimakasih sebelumnya.
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.06.09 18:40
nabaa0 wrote:
ini bukan masalah lampu bro tp masalah kabel. maksud gw saklar yang di sebelah kanan, kl utk menyalakan lampu kecil kan cukup di cetek sekali and lampu besar dicetek 2x tp ini baru dicetek 1x aja lampu dah nyala semuanya.....thx
Bro, jawaban yg sy berikan berdasarkan pd data yg anda berikan. Jika itu menyangkut lampu dekat | jauh, maka letak masalah bisa saja di lampu, krn ada dua atau sepasang lampu dlm satu bola, dimana jika terminal positivnya lengket, maka tak ada beda antara lampu dekat dan jauh, krn keduanya menyala bersamaan sekaligus, kecuali salah satu kawat pijarnya putus. Krn itu sy katakan informasi anda tak lengkap atau tak sinkron.
Lantas darimana anda bisa mengambil kesimpulan bahwa masalahnya pd kabel? Padahal sekarang kemungkinannya ada dua, dan perkiraan anda kemungkinan besar meleset:
pertama, saklar geser lampu kecil | besar di handel kanan tsb rusak, dimana dua terminal lampu kecil dan terminal lampu besar semestinya tersekat menjadi tersambung atau lengket, dimana hal ini bisa terjadi bila kuat arus listrik melaluinya melampaui batas toleransi maksimum diperkenankan dpt ditahannya, yg mana kemungkinan ini bisa terjadi bila ada pengambilan beban listrik tambahan [ lampu lain atau perangkat lain ] dicatu melalui jalur kabel ke|dari saklar ini [ banyak teknikan tembak sekedar bisa sambung kabel, tak mengerti secara utuh ttg kelistrikan, shg tak memperhitungkan hal ini ].
kedua, masing-masing kawat kabel positiv lampu kecil dan lampu besar lengket alias dempet di sembarang tempat dlm rangkum jarak antara dua lampu terpisah tsb dan satu saklar dua-fungsi nyala|padam di handel kanan, dan makin mendekati saklar makin besar kemungkinan ini, dan yg paling mungkin adalah di pasangan terminal saklar tsb.
Jadi kesimpulannya, titik masalah tertumpu di saklar dua-fungsi di handel kanan tsb. Bisa saklar rusak, atau cuma sekedar ujung kabel ke masing-masing terminal dempet atau lengket krn satu dan lain hal, spt kotoran konduktiv, atau krn kuat arus listrik lewat melampaui batas [ krn sebab spt butir pertama ].
Selesai !!!
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.06.09 18:51
. . .
Kalau msh bingung, berikut adalah skema kelistrikan dasar lampu depan standar Suzuki Thunder [ semoga bisa dibaca dan dimengerti ] :
Tiap org memiliki dasar kelistrikan akan dgn mudah memahami skema ini. Jadi dgn demikian, perihal masalah kelistrikan lampu depan ini sy anggap tuntas, atau bukan masalah pelik atau rumit.
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.06.09 20:25
Baskoro wrote:
. . .
Indikator lampu sen, jika lampu depan dinyalahkan proses kerja berlawanan. Misalnya jika saya tekan sen ke kanan, lampu indikator yang berkedip disebalah kiri, begitu juga sebaliknya.
Indikator lampu dekat dan lampu jauh pada lampu utama motor. Jika saya memposisikan lampu pada lampu jauh, maka lampu indikator yang nyalah bukan lampu yang berwana biru, melainkan indikator lampu sen yang berwarna hijau nyalah semuanya (kanan-kiri).
. . .
Utk butir 1 dan 2 berhubungan, dikarenakan ada kabel lampu indikator salah pasang, atau terbolak-balik, atau bisa juga kawatnya lengket shg terjadi hubungan singkat (short circuit) yg mengubah resistansi dan memindahkan jalur aliran arus listrik. Kabel yg semestinya ke terminal positiv indikator lampu jauh, justeru tersambung ke terimal negativ [ share point, common return ] lampu sein, dan sbg akibat perubahan resistansi pd sirkuit ini, indikator lampu sein menyala terbalik.
Konsep polaritas dan resistansi listrik penting utk dipahami, dan bisa dimanfaatkan utk tujuan ekstra. Misalnya, dgn menggunakan perubahan polaritas diakibatkan oleh flip-flop flasher lampu sein, melalui sebuah relei sy bisa membuat pasangan lampu sein berkedip bergantian secara terus menerus, kiri-kanan, kiri-kanan, kiri-kanan ketika sein kanan dinyalakan, dan sebaliknya, kanan-kiri, kanan-kiri, kanan-kiri ketika sein kiri dinyalakan. Dgn cara ini, daya listrik digunakan, dan tentu juga arus listrik dialirkan menjadi hanya separuhnya drpd sepasang lampu sein tsb berkedip serentak secara bersamaan yg mana beban flasher jadi dua kali lipat drpd semestinya.
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 11.06.09 20:30
Baskoro wrote:
. . .
Indikator bensin (jarum bensin). Jika lampu utama saya nyalahkan, baik itu lampu senja atau lampu malam, jarum bensin langsung bergerak cepat ke kanan menandakan bensin full / penuh, namun jika dimatikan jarum kembali normal.
. . .
Kabel utk lampu indikator fuelmeter dan kabel utk ke varistor di tanki bensin tertukar [ jika ini, maka seharusnya fuelmeter tak berkerja sebagaimana mestinya ], atau [ juteru ini yg paling mungkin ] polaritas kabel antara fuelmeter dan tanki bensin terbalik, sedemikian shg ketika lampu dinyalakan resistansi merosot nol, krn arus tak melewati varistor di tanki bensin, akibat tak ada beda potensial, sebab pasangan terminal keduanya tinggi (high) alias 12 V DC.
PRINSIP DASAR KERJA METER-BENSIN | FUELMETER, ANALOG DAN DIGITAL
(C) 2009 — EE ONE S | Thunder Rider
Fuelmeter analog Suzuki Thunder [ dan juga fuelmeter sejenis lainnya ] berkerja berdasarkan pd prinsip elektromagnetik [ menggunakan lilitan| spoel ] atau elektromekanik [ menggunakan elemen peka-panas | termistor ], dimana variasi pergerakan jarum meter bergantung pd variasi kuat arus listrik diterapkan pd penggeraknya.
Fuelmeter digital bekerja atas dasar prinsip sama atau serupa, hanya saja dlm penampilan kuantitas analog dikonversi ke digital menggunakan panel multi-segment LED (light emitting diode) atau panel multi-matrix LCD (liquid crystal display).
KONSEP OPERASIONAL PERGERAK JARUM METER-BENSIN ANALOG | UBAHAN DIGITAL
Dlm tegangan | voltasi (V) tetap atau beda potensial listrik tetap pd sepasang terminal antara tanki bensin dan meter bensin, 12 V DC dan 0 V DC :
jika bensin di tanki kosong, maka hambatan | resistansi (R) varistor di tanki adalah maksimum, dan kuat | intensitas (I) arus listrik melaluinya dan penggerak meter adalah minimum, shg jarum meter menunjuk ke minimum atau kosong | empty (E).
jika bensin di tanki penuh, maka hambatan | resistansi (R) varistor di tanki adalah minimum, dan kuat | intensitas (I) arus listrik melaluinya dan penggerak meter adalah maksimum, shg jarum meter menunjuk ke maksimum atau penuh | full (F).
Hal ini berlangsung selama ada beda potensial listrik antara dua terminal kawat kabel melalui jalur listrik didlm tanki bensin dan meter bensin.
Jadi kuat | intensitas (I) arus listrik melalui penggerak meter, bergantung atau ditentukan oleh hambatan | resistansi (R) listrik di tanki, dlm hubungan I = V / R.
BILA POLARITAS SATU TERMINAL METER-BENSIN TERUBAH
Jika satu terminal yg semestinya selalu negativ atau rendah (low), kemudian menjadi positiv atau tinggi (high) [ sebab memperoleh tegangan 12 V DC dari saklar nyala|padam lampu] , maka beda postensial listrik tak ada alias nol pd sepasang terminal antara tanki bensin dan meter bensin, sebab masing-masing 12 V DC, dan akibatnya tak ada arus listrik melalui varistor di tanki bensin alias kuat arus melaluinya dan penggerak meter bensin adalah minimum, dan akibatnya jarum meter menunjuk ke maksimum atau penuh | full (F).
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
Baskoro LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6657 Total Posan : 553 Sejak : 05.04.07 Domisili : Telaga Kahuripan. Parung | Kemang. Jakarta Selatan KorWil : Parung NRA : K8-013 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : Nikah Punya anak 1 Hobi : Baca Slogan : BE YOUR SELF
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 12.06.09 14:04
Thunder Rider wrote:
Semoga bisa dicerna dan dipahami . . .
insyaAllah kalau yang ini bisa Pak. Awalnya saya dah curiga kalau ada bagian kabel yang ketuker, soalnya logika pasti ke sana, kemarin sih dah nyoba ngecek kabel tapi sepertinya kurang maksimal. Kemarin itu masih kurang yakin...nah..karena ada advised dari ahlinya ok deh......kita garap sendiri aja.
Makasih Pak Iwan. Ijin nge print out yah.....
Baskoro LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6657 Total Posan : 553 Sejak : 05.04.07 Domisili : Telaga Kahuripan. Parung | Kemang. Jakarta Selatan KorWil : Parung NRA : K8-013 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : Nikah Punya anak 1 Hobi : Baca Slogan : BE YOUR SELF
Subyek: Re: P/S: Gangguan Sekitar Lampu Depan 30.07.09 14:11
Pak Iwan: Menindak lanjuti saran bapak, akhirnya kebel motor saya periksa. Ternyata tidak ada satupun yg tertukar. Akhirnya bermodal penjelasan kelistrikan thunder dan skema kelitrikan thunder dari Bapak juga, saya mencoba ngecek satu per satu kabel yg ada, dengan cara mengecek arus listrik dengan kabel tambahan. Karena yg bermasalah pada dashboard, maka saya memulai dari kabel yg berada di bawah speedometer.
Akhirnya saya menemukan kabel warna hitam yang bermasalah, dan setelah saya konfirmasikan dengan teman yg paham listrik, ternyata kabel itu adalah kabel masa speedometer.
Jadi error lampu yang berada di dashboard selama ini disebabkan hanya karena masalah satu kable saja. Setelah saya buat jalur baru, semuanya kembali normal.