Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 4 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 4 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!

Go down 
+19
France Tivoz
adi_adrian87
nico-jtc
Teddy_Yanuar
teddy
ROBIN 151
g-force
Thunder.Rider
Rendy 133
[BOETHO]
Thunder Rider
candra904
belan
DarkCloud
i3man
Maz_Praz
gerry_garsono
pecintamerahsejati
042
23 posters
Pilih halaman : Previous  1, 2
PengirimMessage
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9534
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime03.03.07 15:30

First topic message reminder :

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Isioli00
Peranan Oli sangat penting bagi mesin, khususnya untuk mesin motor
maupun mobil. Namun apabila tidak sesuai dengan anjuran produsen mesin
tersebut, tentunya akan mendatangkan masalah bagi mesin itu sendiri.
Banyak kasus teman-teman yang mengisi oli melebihi batas maksimal dari
yang dianjurkan, juga banyak teman-teman motoris yang mengisi oli mesin
mobil ke dalam mesin motornya. Wah, wah.. semoga tidak terjadi pada
mesin motor maupun mobil kita ya.
Pada mesin mobil dan motor disediakan alat untuk mengukur kapasitas
oli yang ada di mesin, sering disebut dengan Dipstick Oil. Pada
Dipstick Oil tersebut ada petunjuk High/Full dan Low/Add.
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Isioli5
Pada gambar di atas dijelaskan bahwa apabila ketinggian oli berada
diantara batas Maksimal dan Minimal, maka kapasitas oli dalam mesin
dapat dikatakan berada dalam kondisi NORMAL. Jika berlebihan, segera
dikurangi (dibuang melalui Oil Drain). Jika kurang, segera ditambahkan
dengan oli yang sama jenisnya dengan oli yang ada di dalam mesin.
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Isioli10

Mengapa tidak dibenarkan mengisi oli melebihi batas Maksimal?
Seluruh produsen mesin motor maupun mobil melarang kita untuk
mengisi oli melebihi batas maksimal, karena akan berdampak buruk pada
mesin. Seperti apakah kira-kira dampak buruknya?

  • Apabila kapasitas oli berlebihan, maka putaran poros engkol /
    crankshaft akan menyentuh genangan oli yang ada di bak karter, sehingga
    membuat oli menjadi berbusa yang berisi udara/gas. Hal ini dapat
    menimbulkan oli menjadi lebih cepat panas / overheat, beroksidasi dan
    kehilangan tekanan oli (loss of oil pressure).

    Oli yang berbusa sukar untuk dipompa oleh pompa oli sehingga komponen
    mesin yang seharusnya mendapatkan pelumasan menjadi kering, dan akan
    rusak / macet.
  • Selain itu, oli yang berbusa akan membuat tekanan gas yang
    berlebihan di dalam ruang mesin, sehingga melalui jalur sirkulasi (PCV)
    akan terdorong (blow by gas) ke filter udara. Biasanya filter udara
    menjadi basah oli.
  • Motor dengan karburator, akan banyak ditemukan lapisan tipis oli,
    lebih parah akan menyumbat jalur-jalur dan needle valve (float
    valve) yang ada di karburator tersebut.
  • Tekanan udara dari oli yang berbusa tersebut, juga merembes keluar melalui seal-seal yang ada di mesin.

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Isioli21

  • Pada mesin motor, pengisian oli yang berlebihan juga mengganggu
    plat kopling (clutch). Karena plat kopling menjadi terendam oli,
    sehingga terlalu banyak oli yang membasahi plat kopling tersebut dan
    menjadi Slip. Normalnya, oli akan terlempar dengan sendirinya oleh
    putaran plat kopling (clutch) tersebut. Jika plat kopling slip, maka
    akan mengurangi umur pakainya, kehilangan tenaga dan pemborosan bensin.

Nah, jadi jelas sekarang, mengapa produsen mesin motor maupun mobil
membatasi jumlah oli yang boleh dimasukkan ke dalam mesin. Kelebihan
dan kekurangan adalah tidak baik buat mesin.
Jangan kelebihan isi oli dong ya…
Bisakah oli mesin mobil dipakai di mesin motor?
Bisa dibilang seluruh pabrik oli akan berkata TIDAK DIANJURKAN. Mengapa demikian?
Oli mesin motor bisa dibilang lebih rumit spesifikasi dan karakteristiknya ketimbang oli mesin mobil.
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Isioli22
Oli pada mesin mobil dirancang untuk melumasi Bushing dan Bearing
maupun pergerakan piston saja. Jadi pada mesin mobil, dibutuhkan oli
yang licin dan mampu membuat lapisan tipis untuk melumasi
komponen-komponen yang bergesekan tadi. Umumnya oli mesin mobil
ditambahkan aditif Friction-Modifiers untuk memperkecil gesekan.
Apa akibatnya jika oli licin tadi dipakai di mesin motor? Tentunya
untuk mesin motor yang menggunakan kopling basah (wet clutch), akan
membuat kopling menjadi slip karena licin.
Jadi, kopling basah mesin motor memerlukan oli yang tidak licin
sehingga kopling bisa tetap ‘gigit’, tidak kehilangan tenaga. Dengan
kata lain, pada oli mesin motor, tidak boleh ada Friction Modifiers
(Menurut standard JASO MA), atau ada sedikit Friction Modifiers
(Menurut standard JASO MB).
Viskositas (keenceran) Oli akan rusak oleh roda gigi. Umumnya roda
gigi transmisi mesin motor menyatu dengan mesin motor itu sendiri,
sehingga oli akan membasahi roda-roda gigi tadi. Untuk itu oli motor
dirancang untuk tahan terhadap ‘perasan’ roda-roda gigi transmisi agar
viskositasnya tidak rusak.
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Isioli50
Sementara untuk mesin mobil, roda-roda gigi transmisi berada pada bagian terpisah, dan dilumasi khusus oleh oli transmisi.
Banyak ditemukan di toko perlengkapan motor menjual oli yang
sebenarnya untuk mesin mobil. Wah wah.. buat konsumen tentunya bikin
bingung…
Biar mudahnya… oli untuk mesin motor, pastikan ada tertulis 4T yang
digunakan untuk mesin motor jenis 4 tak maupun mesin motor 2 tak.

(Oli samping motor 2 tak bertuliskan kode 2T, bukan untuk dimasukkan ke ruang mesin).
Sementara, kalau oli mesin mobil, biasanya langsung tertulis angka
viskositasnya secara jelas, misalnya 10W40, 5W30, 20W50, dst..
Selain itu, pastikan untuk motor dengan sistem Kopling Basah
(Wet Clutch System) menggunakan oli mesin motor yang mencantumkan
standard JASO MA (untuk kebanyakan motor di Indonesia memerlukan
standard JASO MA, umumnya motor Jepang atau Asia).

Jangan salah isi oli dong ya…

RINGKASAN:
Biar lebih jelas lagi..
1. Oli Mesin mobil, ada kandungan Friction-Modifiers yang membuat
oli sangat licin, dan membuat lapisan film pada metal yang bergesekan,
agar licin / sedikit gesekan.
2. Oli Mesin Motor dengan Standard JASO MA, TIDAK ADA kandungan Friction-Modifiers, sehingga kopling basah tidak slip.
3. Oli Mesin Motor dengan Standard JASO MB, ADA ditambahkan sedikit
kandungan Friction-Modifiers, namun ditujukan untuk mesin2 motor yang
Advance Wet Clutch (kopling basah yang khusus). Masih sedikit sekali
motor yang menggunakan oli dengan standard JASO MB.

Semoga bermanfaat Bro!



Sumber referensi:

http://www.aa1car.com/library/api_motor_oil_classifications.htm

http://www.aa1car.com/library/motor_oil_605.htm

http://www.aa1car.com/library/oil_viscosity.htm

http://www.carbibles.com/engineoil_bible.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Motor_oil

http://forums.noria.com/eve/forums/a/tpc/f/616604995/m/1491044311

http://www.innerauto.com/Automotive_Animations/Engine_Lubrication

http://w6rec.com/duane/bmw/trans/tran_parts.htm

http://www.mobiloil.com

Sumber: www.saft7.com
Disadur langsung dari: http://saft7.com/?p=223
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net

PengirimMessage
Thunder.Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster



Total Posan : 252
Sejak : 07.12.07

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime24.01.08 17:48

...

... believe it or not ... Thundie 2006 sy saat ini odometernya menujukkan angka 22222 lebih sedikit, artinya telah menempuh jarak lbh 22.222 km dlm waktu setahun lbh sedikit. Tp ganti oli baru 3 kali.

Terakhir ganti oli 2 bulan lalu, saya ganti sendiri di rumah, pakai oli sintetik PERTAMINA ENDURO 4T RACING, anti-slip kopling, standar SAE 10-40 atau setara API SJ atau JASO MA2. 1 liter oli ini kemudian sy tambah HEXON 10 ml, produksi bio-rotor technology.

BTW ... sejak saya beli sampai hari ini mesin Thundie saya tak pernah bermasalah sedikit pun, pindah gigi sangat lancar, tanpa suara mesin yg tak diinginkan, tarikan kopling enteng, bahkan perpindahan dr gigi 5, 4, 3, 2, 1, ke 0 [netral] ketika kendaraan masih melaju sangat lancar, akselerasi sangat bagus, dan top speed masih diatas 120 km/hr.

... sekali lagi ... believe it or not ... pd indikator permukaan oli mesin, level oli mesin Thundie sy nyaris tak pernah turun, artinya kuantitas oli hampir tak berkurang sedikit pun ... atau dgn kata lain, tak ada oli yg terbakar atau menguap krn panas atau merembes keluar dr mesin krn bocoran ... dan kalau pun ada, mungkin hanya dlm ukuran kecil, mikro atau mililiter ... dan ini artinya mesin Thundie sy beroperasi normal dan baik, efisien dan efektiv.

... yg jelas Thundie sy ganti oli mesin rata-rata tiap antara 7.000-7.500 km, dimana setahun biaya ganti oli Thundie sy kurang drpd Rp 100 ribu.

...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
ROBIN 151
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
ROBIN 151


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6075
Total Posan : 1394
Sejak : 27.10.07
Domisili : Bejat
KorWil : Bejat
NRA : 151
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : nikah
Hobi : alam bebas

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime24.01.08 18:52

Thanks bro!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.robin.allysa@gmail.com
teddy
MAYJEN KOSTER
MAYJEN KOSTER
teddy


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6985
Total Posan : 2070
Sejak : 08.12.06
Domisili : LeuwiLiang
KorWil : LeuwiLiang
NRA : 0090
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : t250
Slogan : Bravo KOSTER

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime04.02.08 15:25

Salam Koster,

Busyet dech Pak Iwan ganti Oli, 7.500 Km, gw mah baru nginjak 2.000 Km saja dah deg2gan harus ganti Oli.

Rgds
090
Kembali Ke Atas Go down
Teddy_Yanuar
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
Teddy_Yanuar


ANGGOTA BIASA
Male Poin Brogader : 6409
Total Posan : 1381
Sejak : 19.02.07
Domisili : Gunung Putri
KorWil : Citeureup - Cibinong - cileungsi
NRA : 0126
Jabatan : Ang. Resmi 126
Thunder :
  • 125
Julukan : Pearl Blue Thunder
Sikon : Manusia
Hobi : 0

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime04.02.08 15:37

Binun nehh
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
nico-jtc
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
nico-jtc


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6181
Total Posan : 1136
Sejak : 13.08.07
Domisili : Karawaci. Tanggerang
KorWil : JTC
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : GSX 250
Sikon : in a relationship (FS banget yah)

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime04.02.08 16:22

ini ada artikel bagus, masuk akal juga sih alasannya. jadi gak berani deh ngikut-ngikut om Iwan ganti oli di 7500 km


Pelumas untuk mesin stress tinggi

(20/07/2006) - Kerja mesin mobil ternyata tidak sekeras mesin motor. Meskipun lebih kecil, mesin motor mengalami stress mesin lebih besar. Ekpektasi pengendara motor yang menuntut akselerasi dan power menggiring mesin motor bekerja lebih keras. Karena itulah, mesin motor membutuhkan pelumas khusus, berbeda dengan pelumas mobil.

Berbeda dengan pelumas mobil yang bekerja hanya di mesin, pelumas motor punya kerja lebih berat karena harus melumasi tiga bagian yaitu, mesin, transmisi dan kopling. Selain itu oil pan lebih kecil, menyebabkan suhu oli lebih tinggi. Lebih-lebih sistem pendinginan mesin kebanyakan hanya bergantung angin.

Kondisi seperti itu menyebabkan kualitas oli motor lebih cepat tergradasi. Mengantisipasi hal itu, Shell meluncurkan pelumas baru Shell Advanced dengan teknologi DPA (Dynamic Performance Additive). Fungsi DPA menjaga agar mesin lebih responsif, lebih bersih yang pada akhirnya mempertahankan peforma terbaik motor lebih lama...................... (sori di potong soalnya yang lain berbau promosi)



ini dia alasan kenapa motor cuma di rekomen untuk ganti oli di 2500 km.
Kembali Ke Atas Go down
http://jtc.web.id/
nico-jtc
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
nico-jtc


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6181
Total Posan : 1136
Sejak : 13.08.07
Domisili : Karawaci. Tanggerang
KorWil : JTC
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : GSX 250
Sikon : in a relationship (FS banget yah)

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime04.02.08 16:28

ada lagi nih,..




Menjawab Kerja Keras Mesin 4 Tak



Dunia otomotif terus terdesak untuk berubah hingga lebih mengunggulkan teknologi ramah lingkungan. Dan motor bermesin 4 Tak pun menjadi pilihan hingga bakal mengeser dan dipastikan mengantikan teknologi motor 2 Tak.

Mesin 2 Tak memang relatif lebih sederhana. Mesin ini berkerja menyedot oli (populer sebagai oli samping) ke dalam crankcase, lalu membakarnya dalam silinder dan mengeluarkannya melalui knalpot. Proses pelumasan pun berlangsung maksimal, walaupun harus dibayar dengan kepulan banyak asap buangan.

Sementara mesin 4 Tak, nyaris tak membakar oli dalam kerjanya. Karena pelumasan mesin ini berada pada sistem tertutup dan selalu berputar melumasi komponen dalam mesin. Hanya sebagian kecil saja pelumas terbuang karena sejumlah penyebab.

Sejatinya, mesin motor 4 Tak terbilang berteknologi modern karena menyatu dan kompak. Dibandingkan mesin mobil atau bahkan truk, mesin 4 Tak jauh lebih kecil dan ringan bobotnya, namun sebetulnya mesin jenis ini selalu bekerja lebih berat.

Ini, khususnya berkait proses pelumasan yang harus 'melayani' sejumlah komponen sekaligus. Komponen itu berupa mesin, kopling serta girboks (kotak persneling) yang terangkai dalam satu kompartemen. Karena menyatunya komponen utama penggerak itulah, mesin motor 4 Tak jelas memerlukan oli berkualitas tinggi.

Berbeda dengan mobil yang memiliki tiga bagian komponen penggerak yang terpisah satu sama lainnya. Mesin mobil-- sampai truk besar sekalipun -- memiliki tiga ruang terpisah berisikan kopling, girboks dan komponen mesin. Karena memiliki tiga zona, maka oli bekerja pada masing-masing ruang. Demikian pula motor 2 Tak yang memiliki dua zona terpisah, satu berisi mesin dan ruang lain terdapat kopling serta girboks.

Kompaknya sistem 4 Tak menjadikan jenis mesin ini dapat menghasilkan tenaga sangat besar. Bila mesin mobil umumnya mengeluarkan tenaga (torsi) maksimal pada putaran 6.000 rpm, sebuah truk, tenaga maksimalnya muncul pada putaran 2.500 rpm. Paling dahsyat mesin sepada motor 4 Tak yang dapat menghasilkan tenaga maksimal pada putaran 12.000 rpm.

Menyatunya tiga zona mesin motor 4 Tak tersebut dan besarnya tenaga yang dihasilkan membawa dampak ekstrimnya kerja sirkulasi oli pada mesin jenis ini. Lalu, kondisi itu mensyaratkan kualitas pelumas yang lebih baik. Karena oli mesin motor 4 Tak harus bekerja dengan banyak fungsi sekaligus, antara lain sebagai pelumas, menjaga mesin tetap dingin serta mampu menjaga rapatnya posisi piston, ring dan katup. Selain juga masih harus berfungsi membersihkan kotoran ruang bakar dan menjadi komponen dalam mesin tidak berkarat, tak terkena asam dan aus.



sumber: http://www.republika.co.id
Kembali Ke Atas Go down
http://jtc.web.id/
teddy
MAYJEN KOSTER
MAYJEN KOSTER
teddy


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6985
Total Posan : 2070
Sejak : 08.12.06
Domisili : LeuwiLiang
KorWil : LeuwiLiang
NRA : 0090
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : t250
Slogan : Bravo KOSTER

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime04.02.08 16:41

salam Koster,

tapi kalau harus ganti Oli 7.000 km ich sereeeem tatut...

Rgds
090
Teddy
Kembali Ke Atas Go down
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27475
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.02.08 0:56

...

Mantappp Bro! ... good ... good ... good .. utk kebaikan mesin motor anda, ganti tiap 2.500 - 3.000 km ... jangan ikuti saya ... krn sy termasuk malas ganti oli ... krn itu sy pakai oli latest standard API: SJ, SL, atau SM, ... yah rada tahanan dikitlah drpd standard API sebelumnya ... dan motor sy banyak technology treatment-nya ...

mmhhhh...mikir... BTW ... sy masih punya motor 2 tak, Suzuki Bravo 1995, jadi sdh lbh 12 thn, ... begitu juga ganti olinya jarang, ... pernah sampai lbh diatas 10.000 km ... tp meski sering dipakai, mesinnya belum pernah ganti onderdil, piston dan piston ring-nya masih ok bgt, dan masih bisa lari diatas 100 km/jam ... kata org ini motor bandel ... ha ha ha ... malah sering ditawar org dgn harga tinggi ... bahkan sering mau ditukar dgn Suzuki Smash terbaru dan org masih mau nambah ... tp sy nggak mau lepas ... aneh tapi nyata ...

Binun nehh ... barangkali Suzuki Thunder sy juga termasuk bandel, ... krn sejak pertama sy pakai sampai sekarang, belum sekali pun masuk-keluar bengkel krn bermasalah, ... utk ganti oli sy lakukan sendiri di rumah ...

lama amat yach... ... whatever ... ambil baiknya ... buang buruknya ... ganti oli tepat waktu itu lbh baik dan aman utk mesin motor anda ...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
teddy
MAYJEN KOSTER
MAYJEN KOSTER
teddy


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6985
Total Posan : 2070
Sejak : 08.12.06
Domisili : LeuwiLiang
KorWil : LeuwiLiang
NRA : 0090
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : t250
Slogan : Bravo KOSTER

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.02.08 11:32

Salam Koster,

Ok Bro Iwan saya mah setengahnya Bro Iwan sajalah 2.000 Km ganti lebih dari itu was was aja perasaan.

Rgds
090
Kembali Ke Atas Go down
adi_adrian87
KOPKA KOSTER
KOPKA KOSTER
adi_adrian87


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5963
Total Posan : 87
Sejak : 22.01.08
Domisili : Tangerang- Banten
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Status :
  • kawin | nikah
Hobi : Cari2 Solusi komputer bermasalah
Slogan : 123

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.02.08 11:41

bro, mao tanya nih gimana kalo perjalanan yg kita tempuh penuh lobang banjir and sering jalan keujanan? harus lebih sering ganti oli kah? Mikirrr... Mikirrr... soalnya perjalanan kerja gw PP hampir 100KM and kalo ujan kaga kira2 kaya diguyur aer seember :kesamber: kaget gw disirem ujan. jadi kalo gw kadang ganti oli bisa 8000KM (kalo cuaca mendukung terus) tapi kalo lg musin ujan palingan 1bln 1x (25x100KM = 2500KM)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
France Tivoz
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
France Tivoz


KEPALA DIVISI BAKTERI
Male Poin Brogader : 6754
Total Posan : 3535
Sejak : 02.10.07
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0206
Jabatan : KaDiv Bakteri
Thunder :
  • 125
  • 125 dan 250
Julukan : Red Bull
Sikon : unmeried
Hobi : Belajar
Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.02.08 11:42

Motor

Thunder 125
Gua ,gua sekarang ganti oli 3 bulan skali bro,Ya Habisnya jarang pakai,paling 1minggu cman dua kali keluar,dan jaraknya cuman dari sekret pusat ke warung jambu aja.

Kalo
Tornado GX 100
punya gua baru ajaib,diservicenya paling cepat 8 bulan skali,dicuci dua bualn skali tapi masih kuat-kuat aja buat jalan,thunder gua aja kalah
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Rendy 133
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
Rendy 133


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 6284
Total Posan : 3594
Sejak : 25.07.07
Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur
KorWil : BEJAT
NRA : 0133
Jabatan : KetHan | KaWil
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Black&Black
Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871
Hobi : keep for brothers......
Slogan : it's me

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime05.02.08 15:05

salam koster

Kalau ane karna pakai oli global dan katanya oli ini manja banget jadi per 1500
langsung ganti deh..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki thunder.com
Dhanny
LETTU KOSTER
LETTU KOSTER
Dhanny


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6142
Total Posan : 572
Sejak : 03.12.07
Domisili : Bandung - Garut
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Sijalu
Sikon : Menikah
Hobi : SepakBola

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime27.11.08 19:17

EE ONE S wrote:
...

... believe it or not ... Thundie 2006 sy saat ini odometernya menujukkan angka 22222 lebih sedikit, artinya telah menempuh jarak lbh 22.222 km dlm waktu setahun lbh sedikit. Tp ganti oli baru 3 kali.

Terakhir ganti oli 2 bulan lalu, saya ganti sendiri di rumah, pakai oli sintetik PERTAMINA ENDURO 4T RACING, anti-slip kopling, standar SAE 10-40 atau setara API SJ atau JASO MA2. 1 liter oli ini kemudian sy tambah HEXON 10 ml, produksi bio-rotor technology.

BTW ... sejak saya beli sampai hari ini mesin Thundie saya tak pernah bermasalah sedikit pun, pindah gigi sangat lancar, tanpa suara mesin yg tak diinginkan, tarikan kopling enteng, bahkan perpindahan dr gigi 5, 4, 3, 2, 1, ke 0 [netral] ketika kendaraan masih melaju sangat lancar, akselerasi sangat bagus, dan top speed masih diatas 120 km/hr.


...

Mengangkat kembali tulisan bro EE ONE SS nih....... soalnya saat ini ane lagi ragu2 sama oli yanga ne pake... sbeelumnya ane pae BM1 PC 1300 SAE 10-40 karena pas service sebelumnya di kampung sulit menemukan oli tersebut ane ganti oli pake Enduro 4T Racing 10-40 karena terinspirasi sama tulisan diatas, kelihatanya oli berkurang, mungkin karena saya nggka pake aditive seperti pak iwan.

kebetulan mau service dan ganti oli lagi nih....... apakah kembali ke oli sebelumya BM1 atau terusin pakai yg enduro ya..... gimana pak EE ONE ??
Kembali Ke Atas Go down
http://www.abdidani.wordpress.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27475
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime28.11.08 4:45

Dhanny wrote:
. . . ane ganti oli pake Enduro 4T Racing 10-40 karena terinspirasi sama tulisan diatas, kelihatanya oli berkurang, mungkin karena saya nggka pake aditive seperti pak iwan.

kebetulan mau service dan ganti oli lagi nih....... apakah kembali ke oli sebelumya BM1 atau terusin pakai yg enduro ya..... gimana pak EE ONE ??

whaaa khaaakkk khaaakkkkkkkkkk . . . Ketawa ampe rontok!

Bro Dhanny, ya jelas kurang lah Melet lidah, wong isi 1 botol plastik Enduro 4T Racing 10-40 itu cuma 0,8 liter!!! Sedangkan kebutuhan ganti oli Thunder 125 itu 1,1 liter!!! Jadi msh kurang 0,3 liter!!! Utk itu ente musti beli 2 botol!!!

Nah, kalau ente ganti merek oli, filter oli musti dibersihkan atau sekalian diganti Nyanyi nyanyi...Yess [tiap 2.500, dianjurkan]. Berarti kebutuhan total oli ente jadi 1,15 liter!!! Jadi memang musti beli 2 botol gitu!!! Jangan lupa kalau ganti filter oli, segelnya juga musti diganti!!!
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Dhanny
LETTU KOSTER
LETTU KOSTER
Dhanny


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6142
Total Posan : 572
Sejak : 03.12.07
Domisili : Bandung - Garut
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Sijalu
Sikon : Menikah
Hobi : SepakBola

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime28.11.08 6:30

Quote :
whaaa khaaakkk khaaakkkkkkkkkk . . . Ketawa ampe rontok!

Bro Dhanny, ya jelas kurang lah Melet lidah, wong isi 1 botol plastik Enduro 4T Racing 10-40 itu cuma 0,8 liter!!! Sedangkan kebutuhan ganti oli Thunder 125 itu 1,1 liter!!! Jadi msh kurang 0,3 liter!!! Utk itu ente musti beli 2 botol!!!

Nah, kalau ente ganti merek oli, filter oli musti dibersihkan atau sekalian diganti Nyanyi nyanyi...Yess [tiap 2.500, dianjurkan]. Berarti kebutuhan total oli ente jadi 1,15 liter!!! Jadi memang musti beli 2 botol gitu!!! Jangan lupa kalau ganti filter oli, segelnya juga musti diganti!!!

SIAP MENRIMA PERINTAH PAK .... ehe he he

klo gak salah olinya yang 1 liter pak, baik tipsnya ane perhatiin deh pak, oke deh klo gitu service yang sekarnag ane tetep pake Enduro 4T Racing yang 10-40 agr tidak ganti saraingan oli lagi, dan kayaknya motor sudah menerima oli ini... eh eh eh ehe h tarikan jadi enteng dan irit BBM ...

oh ya aditive Hexon belinya dimana? dan pemkaianya langsung di campur gitu saja sama oli nya? nuhun pak
Kembali Ke Atas Go down
http://www.abdidani.wordpress.com
N4L
SERMA KOSTER
SERMA KOSTER
N4L


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5787
Total Posan : 248
Sejak : 12.08.08
Domisili : Bogor - Jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Red Black 125
Sikon : Menikah
Hobi : Bike Riding & Music
Slogan : Be Good & Be Safe

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime28.11.08 8:03

Dhanny wrote:
Quote :
whaaa khaaakkk khaaakkkkkkkkkk . . . Ketawa ampe rontok!

Bro Dhanny, ya jelas kurang lah Melet lidah, wong isi 1 botol plastik Enduro 4T Racing 10-40 itu cuma 0,8 liter!!! Sedangkan kebutuhan ganti oli Thunder 125 itu 1,1 liter!!! Jadi msh kurang 0,3 liter!!! Utk itu ente musti beli 2 botol!!!

Nah, kalau ente ganti merek oli, filter oli musti dibersihkan atau sekalian diganti Nyanyi nyanyi...Yess [tiap 2.500, dianjurkan]. Berarti kebutuhan total oli ente jadi 1,15 liter!!! Jadi memang musti beli 2 botol gitu!!! Jangan lupa kalau ganti filter oli, segelnya juga musti diganti!!!

SIAP MENRIMA PERINTAH PAK .... ehe he he

klo gak salah olinya yang 1 liter pak, baik tipsnya ane perhatiin deh pak, oke deh klo gitu service yang sekarnag ane tetep pake Enduro 4T Racing yang 10-40 agr tidak ganti saraingan oli lagi, dan kayaknya motor sudah menerima oli ini... eh eh eh ehe h tarikan jadi enteng dan irit BBM ...

oh ya aditive Hexon belinya dimana? dan pemkaianya langsung di campur gitu saja sama oli nya? nuhun pak

Iya Bro...enduro 4t Racing 1 ltr...ogut jg pake...enak bro...eh bro sori skalian nanya emang bro taunya olinya nguap/brkurang gmn sih bro? Ngeceknya...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
oenank-jtc
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
oenank-jtc


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6218
Total Posan : 1367
Sejak : 15.07.08
Domisili : Bekasi City
KorWil : JTC
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 250
Julukan : 250 black silver
Sikon : doain aja...
Hobi : Gluduk Glundung
Slogan : alon2 asal kelakon

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime28.11.08 9:08

tinggal liat di kaca pengukur di bawah kick starter aja..., kan keliatan tuh oli volumenya berkurang dari pertama ngisi, ato volumenya di bawah tanda LOW
Kembali Ke Atas Go down
http://www.gixxer.com
dexolgenk
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
dexolgenk


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6040
Total Posan : 3355
Sejak : 25.12.07
Domisili : Batam Island
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder 125 ... pengen dijadiin kaya motard..
Sikon : Single
Hobi : Surfing
Slogan : Keep Fighting ( Tetap Berusaha, bukan terus berantem )

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime28.11.08 9:19

opo iku judul ne
main tenen.....
kaya boso jowo aja.......

mimin....benerin napa...treat nya bagus lho.....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.btmc125.tk
N4L
SERMA KOSTER
SERMA KOSTER
N4L


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5787
Total Posan : 248
Sejak : 12.08.08
Domisili : Bogor - Jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Red Black 125
Sikon : Menikah
Hobi : Bike Riding & Music
Slogan : Be Good & Be Safe

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime28.11.08 9:43

oenank-jtc wrote:
tinggal liat di kaca pengukur di bawah kick starter aja..., kan keliatan tuh oli volumenya berkurang dari pertama ngisi, ato volumenya di bawah tanda LOW

Oh iya bener ya bro...Siip deh Thanks...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Sponsored content





MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! - Page 2 Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!
Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 2Pilih halaman : Previous  1, 2
 Similar topics
-
» MAINTENANS: Kapan Harus Ganti Ban?
» PERFORMA: Menggunakan Gigi Transmisi Sesuai dgn RPM dan KMPH
» MAINTENANS: TIP: Maintenans Velg

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Maintenans Suzuki Thunder :: Maintenans Permesinan Suzuki Thunder :: Pelumasan-
Navigasi: