Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 6 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 6 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!

Go down 
+19
France Tivoz
adi_adrian87
nico-jtc
Teddy_Yanuar
teddy
ROBIN 151
g-force
Thunder.Rider
Rendy 133
[BOETHO]
Thunder Rider
candra904
belan
DarkCloud
i3man
Maz_Praz
gerry_garsono
pecintamerahsejati
042
23 posters
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9531
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime03.03.07 15:30

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Isioli00
Peranan Oli sangat penting bagi mesin, khususnya untuk mesin motor
maupun mobil. Namun apabila tidak sesuai dengan anjuran produsen mesin
tersebut, tentunya akan mendatangkan masalah bagi mesin itu sendiri.
Banyak kasus teman-teman yang mengisi oli melebihi batas maksimal dari
yang dianjurkan, juga banyak teman-teman motoris yang mengisi oli mesin
mobil ke dalam mesin motornya. Wah, wah.. semoga tidak terjadi pada
mesin motor maupun mobil kita ya.
Pada mesin mobil dan motor disediakan alat untuk mengukur kapasitas
oli yang ada di mesin, sering disebut dengan Dipstick Oil. Pada
Dipstick Oil tersebut ada petunjuk High/Full dan Low/Add.
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Isioli5
Pada gambar di atas dijelaskan bahwa apabila ketinggian oli berada
diantara batas Maksimal dan Minimal, maka kapasitas oli dalam mesin
dapat dikatakan berada dalam kondisi NORMAL. Jika berlebihan, segera
dikurangi (dibuang melalui Oil Drain). Jika kurang, segera ditambahkan
dengan oli yang sama jenisnya dengan oli yang ada di dalam mesin.
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Isioli10

Mengapa tidak dibenarkan mengisi oli melebihi batas Maksimal?
Seluruh produsen mesin motor maupun mobil melarang kita untuk
mengisi oli melebihi batas maksimal, karena akan berdampak buruk pada
mesin. Seperti apakah kira-kira dampak buruknya?

  • Apabila kapasitas oli berlebihan, maka putaran poros engkol /
    crankshaft akan menyentuh genangan oli yang ada di bak karter, sehingga
    membuat oli menjadi berbusa yang berisi udara/gas. Hal ini dapat
    menimbulkan oli menjadi lebih cepat panas / overheat, beroksidasi dan
    kehilangan tekanan oli (loss of oil pressure).

    Oli yang berbusa sukar untuk dipompa oleh pompa oli sehingga komponen
    mesin yang seharusnya mendapatkan pelumasan menjadi kering, dan akan
    rusak / macet.
  • Selain itu, oli yang berbusa akan membuat tekanan gas yang
    berlebihan di dalam ruang mesin, sehingga melalui jalur sirkulasi (PCV)
    akan terdorong (blow by gas) ke filter udara. Biasanya filter udara
    menjadi basah oli.
  • Motor dengan karburator, akan banyak ditemukan lapisan tipis oli,
    lebih parah akan menyumbat jalur-jalur dan needle valve (float
    valve) yang ada di karburator tersebut.
  • Tekanan udara dari oli yang berbusa tersebut, juga merembes keluar melalui seal-seal yang ada di mesin.

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Isioli21

  • Pada mesin motor, pengisian oli yang berlebihan juga mengganggu
    plat kopling (clutch). Karena plat kopling menjadi terendam oli,
    sehingga terlalu banyak oli yang membasahi plat kopling tersebut dan
    menjadi Slip. Normalnya, oli akan terlempar dengan sendirinya oleh
    putaran plat kopling (clutch) tersebut. Jika plat kopling slip, maka
    akan mengurangi umur pakainya, kehilangan tenaga dan pemborosan bensin.

Nah, jadi jelas sekarang, mengapa produsen mesin motor maupun mobil
membatasi jumlah oli yang boleh dimasukkan ke dalam mesin. Kelebihan
dan kekurangan adalah tidak baik buat mesin.
Jangan kelebihan isi oli dong ya…
Bisakah oli mesin mobil dipakai di mesin motor?
Bisa dibilang seluruh pabrik oli akan berkata TIDAK DIANJURKAN. Mengapa demikian?
Oli mesin motor bisa dibilang lebih rumit spesifikasi dan karakteristiknya ketimbang oli mesin mobil.
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Isioli22
Oli pada mesin mobil dirancang untuk melumasi Bushing dan Bearing
maupun pergerakan piston saja. Jadi pada mesin mobil, dibutuhkan oli
yang licin dan mampu membuat lapisan tipis untuk melumasi
komponen-komponen yang bergesekan tadi. Umumnya oli mesin mobil
ditambahkan aditif Friction-Modifiers untuk memperkecil gesekan.
Apa akibatnya jika oli licin tadi dipakai di mesin motor? Tentunya
untuk mesin motor yang menggunakan kopling basah (wet clutch), akan
membuat kopling menjadi slip karena licin.
Jadi, kopling basah mesin motor memerlukan oli yang tidak licin
sehingga kopling bisa tetap ‘gigit’, tidak kehilangan tenaga. Dengan
kata lain, pada oli mesin motor, tidak boleh ada Friction Modifiers
(Menurut standard JASO MA), atau ada sedikit Friction Modifiers
(Menurut standard JASO MB).
Viskositas (keenceran) Oli akan rusak oleh roda gigi. Umumnya roda
gigi transmisi mesin motor menyatu dengan mesin motor itu sendiri,
sehingga oli akan membasahi roda-roda gigi tadi. Untuk itu oli motor
dirancang untuk tahan terhadap ‘perasan’ roda-roda gigi transmisi agar
viskositasnya tidak rusak.
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Isioli50
Sementara untuk mesin mobil, roda-roda gigi transmisi berada pada bagian terpisah, dan dilumasi khusus oleh oli transmisi.
Banyak ditemukan di toko perlengkapan motor menjual oli yang
sebenarnya untuk mesin mobil. Wah wah.. buat konsumen tentunya bikin
bingung…
Biar mudahnya… oli untuk mesin motor, pastikan ada tertulis 4T yang
digunakan untuk mesin motor jenis 4 tak maupun mesin motor 2 tak.

(Oli samping motor 2 tak bertuliskan kode 2T, bukan untuk dimasukkan ke ruang mesin).
Sementara, kalau oli mesin mobil, biasanya langsung tertulis angka
viskositasnya secara jelas, misalnya 10W40, 5W30, 20W50, dst..
Selain itu, pastikan untuk motor dengan sistem Kopling Basah
(Wet Clutch System) menggunakan oli mesin motor yang mencantumkan
standard JASO MA (untuk kebanyakan motor di Indonesia memerlukan
standard JASO MA, umumnya motor Jepang atau Asia).

Jangan salah isi oli dong ya…

RINGKASAN:
Biar lebih jelas lagi..
1. Oli Mesin mobil, ada kandungan Friction-Modifiers yang membuat
oli sangat licin, dan membuat lapisan film pada metal yang bergesekan,
agar licin / sedikit gesekan.
2. Oli Mesin Motor dengan Standard JASO MA, TIDAK ADA kandungan Friction-Modifiers, sehingga kopling basah tidak slip.
3. Oli Mesin Motor dengan Standard JASO MB, ADA ditambahkan sedikit
kandungan Friction-Modifiers, namun ditujukan untuk mesin2 motor yang
Advance Wet Clutch (kopling basah yang khusus). Masih sedikit sekali
motor yang menggunakan oli dengan standard JASO MB.

Semoga bermanfaat Bro!



Sumber referensi:

http://www.aa1car.com/library/api_motor_oil_classifications.htm

http://www.aa1car.com/library/motor_oil_605.htm

http://www.aa1car.com/library/oil_viscosity.htm

http://www.carbibles.com/engineoil_bible.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Motor_oil

http://forums.noria.com/eve/forums/a/tpc/f/616604995/m/1491044311

http://www.innerauto.com/Automotive_Animations/Engine_Lubrication

http://w6rec.com/duane/bmw/trans/tran_parts.htm

http://www.mobiloil.com

Sumber: www.saft7.com
Disadur langsung dari: http://saft7.com/?p=223
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
pecintamerahsejati
Mayor KOSTER
Mayor KOSTER
pecintamerahsejati


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 6301
Total Posan : 764
Sejak : 15.02.07
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0012
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : thunder bebex 70 cc
Sikon : geus kawin coiii
Hobi : -

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime21.03.07 10:58

wah ilmu yang bermanfaat dan membuka baru referensi pengetahuan otomotif saya... trimzzz
Kembali Ke Atas Go down
http://www.depok.go.id
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
gerry_garsono


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 8062
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime23.03.07 13:54

salam bikers
salam koster

wah2...informasi na berguna pisan euy....
makanya kudu rajin2 ngecek oli mesin yeuh...
MOTOR JUGA BAGAI MANUSIA !!!!! ( seurius band ) :lol: :farao:

THUNDER AING ! KOSTER AING ! KUMAHA AING WAE !:D
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Maz_Praz
PELDA KOSTER
PELDA KOSTER
Maz_Praz


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6240
Total Posan : 266
Sejak : 17.04.07
Domisili : Jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : Tidak Bujang

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime18.04.07 18:40



YA INTINYA BATAS UPPER AMA LOWER ITULAH......

SELAMA MASIH DIANTARA BATAS ITU, YA BEARTI MESIN MASIH BISA BEKERJA MENGGUNAKAN PELUMASAN YANG ADA.

KLO OLI MELEBIHI BATAS UPPER, MESIN LEBIH BERAT BEKERJA KRN KOMPONEN DIDALAM MESIN MEMBUTUHKAN TENAGA TAMBAHAN UTK MEMBELAH CAIRAN OLI ITU.

KLO OLI KURANG DARI BATAS LOWER, YA ITU EFEKNYA.MOTOR ENTE BAKAL TINGGAL TUNGGU WAKTU UTK


OVERHAUL

:ngupil:
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
i3man
KOPKA KOSTER
KOPKA KOSTER
i3man


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6112
Total Posan : 81
Sejak : 23.08.07
Domisili : jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : belum kawin

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime03.09.07 16:32

Alias turun mesin ya brooo...

:melet lidah:
Kembali Ke Atas Go down
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER
DarkCloud


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5994
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime03.01.08 17:18

Memang bener-bener Tips yang dahsyat..! :sallute:
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER
DarkCloud


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5994
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime04.01.08 8:31

Mau tanya Bro, API SG sama API SL itu bagus mana ya ?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
belan
LETTU KOSTER
LETTU KOSTER
belan


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6369
Total Posan : 541
Sejak : 03.03.07
Domisili : batam
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : single

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime04.01.08 10:45

gw 2 x pake oli repsol, selama 1 minggu gw cek tuh oli kok udah berkurang..
apa repsol moto cepet nguap ya... Mikirrr... Mikirrr...
Kembali Ke Atas Go down
candra904
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
candra904


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6196
Total Posan : 1806
Sejak : 24.05.07
Domisili : Balikpapan
KorWil : Balikpapan
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja dah...
Sikon : kawin 1 anak
Slogan : Orang Bijak Taat Ibadah... Taat Pajak....Taat Berlalulintas

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime04.01.08 12:51

sing penting selain batasan yg pas, kudu rajin ganti oli tepat waktu min. 2x dalam sebulanlah.....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/candra904
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
gerry_garsono


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 8062
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime04.01.08 13:53

salam koster :koster:

lebih baik yg API SL bro...
kalo om bear mah pake Repsol Elite 1 liter aja....dah cukup lah...hee
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27472
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime04.01.08 16:39

SigitDarkCloud wrote:
Mau tanya Bro, API SG sama API SL itu bagus mana ya ?

Bro itu sama saja hanya beda tahun keluaran standar. Kalau ditinjau dr standar, meski demikian API SL sedikit lbh baik drpd API SG, ... begini ...

Itu kode standar dari API (American Petroleum Institute) MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! NT00003E56.

Sebagai standar lain selain SAE (Society of Automotive Engineers) MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! NT00003E5E yg membagi grade minyak pelumas berdasarkan pd kekentalan | viskositas (viscosity): 10, 20, 30, 40, 50 utk W (winter) dan S (summer).

Huruf pertama, kode "S" itu berarti "spark ignition" dan "service" utk motor Otto atau motor bensin (Otto engine, gasoline engine). Padannya adalah kode "C" yg berarti "compression ignition" dan "commercial" utk motor Diesel (Diesel engine).

Sedangkan huruf kedua, D, E, F, G, H, J, L, atau M adalah menyatakan peringkat unjukkerja (performance level), D s/d H adalah standard lama, sedangkan J, L, dan M adalah standard baru pengganti standar lama.

Jadi API SL lebih baik drpd API SG dlm arti lebih maju krn telah melalui bbrp tes yg tidak dilalui oleh API SG.

Standar API ini telah melalui tes dasar sbb:

- peningkatan temperatur minyak pelumas.
- durasi atau lama periode pemakaian antara penggatian minyak pelumas sebagaimana disarankan oleh pabrikan kendaraan.
- upaya utk mencapai unjukkerja mesin.
- peningkatan utk standar proteksi lingkungan.
- dll.

...

Semoga bermanfaat ...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
gerry_garsono


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 8062
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime04.01.08 16:52

salam koster :koster:

tuh dengan jelas & lugas om iwan dah kasih pencerahan...ok
jadi API SL lebih baik dari pada API SG...hee....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
[BOETHO]
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
[BOETHO]


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 7066
Total Posan : 4615
Sejak : 19.04.07
Domisili : Trenggalek - Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0013
Jabatan : Ang. Pendiri
Thunder :
  • 125
Julukan : Big Black Beauty
Sikon : MENGERIKAN....
Hobi : MANASIN ORANG
Slogan : ADA APA YAH...??

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime04.01.08 16:56

gerry_garsono wrote:
salam koster :koster:

tuh dengan jelas & lugas om iwan dah kasih pencerahan...ok
jadi API SL lebih baik dari pada API SG...hee....



yoii tuhh.......asal jangan API BIRU aja...... Ngupil
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
Rendy 133
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
Rendy 133


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 6281
Total Posan : 3594
Sejak : 25.07.07
Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur
KorWil : BEJAT
NRA : 0133
Jabatan : KetHan | KaWil
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Black&Black
Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871
Hobi : keep for brothers......
Slogan : it's me

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime05.01.08 11:59

Mantappp Bro! Mantappp Bro!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki thunder.com
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER
DarkCloud


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5994
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime07.01.08 16:35

Thunder Rider wrote:
SigitDarkCloud wrote:
Mau tanya Bro, API SG sama API SL itu bagus mana ya ?

Bro itu sama saja hanya beda tahun keluaran standar. Kalau ditinjau dr standar, meski demikian API SL sedikit lbh baik drpd API SG, ... begini ...

Itu kode standar dari API (American Petroleum Institute) MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! NT00003E56.

Sebagai standar lain selain SAE (Society of Automotive Engineers) MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! NT00003E5E yg membagi grade minyak pelumas berdasarkan pd kekentalan | viskositas (viscosity): 10, 20, 30, 40, 50 utk W (winter) dan S (summer).

Huruf pertama, kode "S" itu berarti "spark ignition" dan "service" utk motor Otto atau motor bensin (Otto engine, gasoline engine). Padannya adalah kode "C" yg berarti "compression ignition" dan "commercial" utk motor Diesel (Diesel engine).

Sedangkan huruf kedua, D, E, F, G, H, J, L, atau M adalah menyatakan peringkat unjukkerja (performance level), D s/d H adalah standard lama, sedangkan J, L, dan M adalah standard baru pengganti standar lama.

Jadi API SL lebih baik drpd API SG dlm arti lebih maju krn telah melalui bbrp tes yg tidak dilalui oleh API SG.

Standar API ini telah melalui tes dasar sbb:

- peningkatan temperatur minyak pelumas.
- durasi atau lama periode pemakaian antara penggatian minyak pelumas sebagaimana disarankan oleh pabrikan kendaraan.
- upaya utk mencapai unjukkerja mesin.
- peningkatan utk standar proteksi lingkungan.
- dll.

...

Semoga bermanfaat ...

Sangat bermanfaat Bro..Shell VSX 1 liter API SL 10W-40 lebih baik dari API SG
Salut..Gue nyembah e
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
Thunder.Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder.Rider


KETUA DEWAN PENASEHAT
Male Poin Brogader : 8262
Total Posan : 252
Sejak : 07.12.07
Domisili : Parung.Bogor | BojongSari.Depok
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk 512 KB 2006
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime09.01.08 14:21

... nggg bro all ... lbh baik disini dlm arti bahwa standar API SL lbh baru dan lbh maju drpd API SG. Standar SL ini sebenarnya dimaksudkan sbg pengganti | subtitusi utk SG. Artinya utk produk baru, standard SG tak digunakan lagi sbg label level | grade, tp diganti dgn SL. Meski demikian masih ada produser yg masih menggunakan label SG, padahal produknya mungkin sdh memenuhi standar SL. Jadi begitu bro ...

... semoga berguna ...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
g-force
LETTU KOSTER
LETTU KOSTER
g-force


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6141
Total Posan : 515
Sejak : 29.07.07
Domisili : jakarta - bekasi ajah...
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 1250
Sikon : bedua terus deh pokonya ;)

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime09.01.08 14:52

mantabbbb.....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER
DarkCloud


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5994
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime09.01.08 17:56

Di manual Thundie harus 20W-50 API SG, tapi saya pakai 10W-40 API SL, ngga apa@ kan ?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER
DarkCloud


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5994
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime09.01.08 18:07

Eh, ngomong-ngomong tampilannya baru ya...jadi lebih seger nih ya...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
Thunder.Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder.Rider


KETUA DEWAN PENASEHAT
Male Poin Brogader : 8262
Total Posan : 252
Sejak : 07.12.07
Domisili : Parung.Bogor | BojongSari.Depok
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk 512 KB 2006
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime10.01.08 18:08

SigitDarkCloud wrote:
Di manual Thundie harus 20W-50 API SG, tapi saya pakai 10W-40 API SL, ngga apa@ kan ?

... yah jelas OK BGT bro ...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER
DarkCloud


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5994
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime11.01.08 17:45

Tks Bro...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER
DarkCloud


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5994
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime23.01.08 17:29

candra904 wrote:
sing penting selain batasan yg pas, kudu rajin ganti oli tepat waktu min. 2x dalam sebulanlah.....

Jadi yang bener kalau ganti oli itu sebulan sekali, sebulan 2 kali, atau setiap 3000 km sekali...binun nich... Mikirrr...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
Thunder.Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder.Rider


KETUA DEWAN PENASEHAT
Male Poin Brogader : 8262
Total Posan : 252
Sejak : 07.12.07
Domisili : Parung.Bogor | BojongSari.Depok
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk 512 KB 2006
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime24.01.08 8:55

...

Kalo motornya sebulan kagak dipake ... olinya nggak perlu diganti bro ... bahkan isi bensin pun nggak perlu ... jadi ganti oli sesuai dgn pemakaian gitu lho ...

... whaaa kkkaaaaa kkkaaaaaaakkkkkkkkk ...MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Laughing-mouse-right ... ... ...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
g-force
LETTU KOSTER
LETTU KOSTER
g-force


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6141
Total Posan : 515
Sejak : 29.07.07
Domisili : jakarta - bekasi ajah...
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 1250
Sikon : bedua terus deh pokonya ;)

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime24.01.08 9:32

EE ONE S wrote:
...

Kalo motornya sebulan kagak dipake ... olinya nggak perlu diganti bro ... bahkan isi bensin pun nggak perlu ... jadi ganti oli sesuai dgn pemakaian gitu lho ...

... whaaa kkkaaaaa kkkaaaaaaakkkkkkkkk ...MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Laughing-mouse-right ... ... ...





iya kaya kemaren montor dua bulan baru ganti oli...

sebelomnya 1 bulan lebih ga jalan... mmhhhh...mikir...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
Thunder.Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder.Rider


KETUA DEWAN PENASEHAT
Male Poin Brogader : 8262
Total Posan : 252
Sejak : 07.12.07
Domisili : Parung.Bogor | BojongSari.Depok
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk 512 KB 2006
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime24.01.08 17:48

...

... believe it or not ... Thundie 2006 sy saat ini odometernya menujukkan angka 22222 lebih sedikit, artinya telah menempuh jarak lbh 22.222 km dlm waktu setahun lbh sedikit. Tp ganti oli baru 3 kali.

Terakhir ganti oli 2 bulan lalu, saya ganti sendiri di rumah, pakai oli sintetik PERTAMINA ENDURO 4T RACING, anti-slip kopling, standar SAE 10-40 atau setara API SJ atau JASO MA2. 1 liter oli ini kemudian sy tambah HEXON 10 ml, produksi bio-rotor technology.

BTW ... sejak saya beli sampai hari ini mesin Thundie saya tak pernah bermasalah sedikit pun, pindah gigi sangat lancar, tanpa suara mesin yg tak diinginkan, tarikan kopling enteng, bahkan perpindahan dr gigi 5, 4, 3, 2, 1, ke 0 [netral] ketika kendaraan masih melaju sangat lancar, akselerasi sangat bagus, dan top speed masih diatas 120 km/hr.

... sekali lagi ... believe it or not ... pd indikator permukaan oli mesin, level oli mesin Thundie sy nyaris tak pernah turun, artinya kuantitas oli hampir tak berkurang sedikit pun ... atau dgn kata lain, tak ada oli yg terbakar atau menguap krn panas atau merembes keluar dr mesin krn bocoran ... dan kalau pun ada, mungkin hanya dlm ukuran kecil, mikro atau mililiter ... dan ini artinya mesin Thundie sy beroperasi normal dan baik, efisien dan efektiv.

... yg jelas Thundie sy ganti oli mesin rata-rata tiap antara 7.000-7.500 km, dimana setahun biaya ganti oli Thundie sy kurang drpd Rp 100 ribu.

...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Sponsored content





MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!   MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran! Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
MAINTENANS: Isi Oli Harus Sesuai Anjuran!
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» MAINTENANS: Kapan Harus Ganti Ban?
» PERFORMA: Menggunakan Gigi Transmisi Sesuai dgn RPM dan KMPH
» MAINTENANS: TIP: Maintenans Velg

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Maintenans Suzuki Thunder :: Maintenans Permesinan Suzuki Thunder :: Pelumasan-
Navigasi: