Enggak sedikit pemilik Thunder 125 yang mengeluhkan performa besutannya! Apalagi, jika yang diomongi itu akselerasi ataupun power. Malah ‘lari’ motor tipe sport itu hanya bisa berjaban dengan bebek lho.
“Maklum aja, itu karena kapasitas mesin yang hanya 125 cc. Enggak sedikit orang yang bilang motor sport dengan cc segitu disebut banci. Karena volume silinder mesin yang serba tanggung,” bilang Parno dari Ponorogo Motor Sport di Pasanggrahan, Jakarta Selatan.
Memang sih pendapat Parno ada benarnya. Apalagi dengan kapasitas mesin segitu Thunder 125 kudu membawa bobot kosong 122 kg. Belum lagi ditambah bensin di tangki penuh yang punya volume full 14 liter. Itu semua juga belum termasuk berat pengendara! Kebayangkan berapa beratnya.
Nah, semua perhitungan itu jangan disamakan dengan bobot motor bebek yang jumlahnya tak lebih dari 100 kg dong. Begitunya sobat juga enggak mau kan kalau motornya punya cap atau sebutan gak mengenakan itu!
Ini Em-Plus bantu deh buat bikin Thunder 125 jadi perkasa. Tapi bukan pakai obat kuat seperti yang banyak dijual di pinggir jalan. Itu sih obat kuat khusus lelaki ya!
Part ini semua untuk mendukung performa mesin Thundie. Mulai pengapian, hingga saluran buang. Ketimbang cuap melulu, monggo simak.
CDI
Resep alias obat yang pertama ini langsung menuju otak pengapian. Namanya otak, tentu pusat syaraf. Makanya biar api yang dikirim buat meledakan campuran bahan bakar dan udara lebih besar, CDI kudu diganti tipe un-limitter.
Saat ini CDI yang khusus tersedia buat Thunder di pasaran baru tersedia merek BRT. “Sistem pengapian di Thunder 125 mengadopsi tipe Transistor Ignition System (TIS). Jadi ketika ganti CDI, harus dibarengi dengan penggantian koil,” ungkap Tomy Huang, pembuat CDI BRT dari Cibinong, Jawa Barat.
Karena aplikasi tipe TIS, maka koil juga harus dialiri arus 12 volt. Sistem pengapian ini, sama seperti di mobil. Setelah ganti CDI dan koil, enggak perlu lagi ubah timing pengapian. “Penggantian CDI ini, bisa menaikan power sekitar 1 dk (daya kuda; red),” lanjut Tomy.
KOIL
Seperti yang sudah dibilang di atas, penggantian CDI mesti didukung penggantian koil. Koil yang dipakai bisa mengadopsi milik motor apa saja. Namun, di pasaran juga banyak tersedia pilihan koil aftermarket tipe racing.
“Selama ini, enggak sedikit pemilik Thunder 125 yang memakai koil dari Suzuki RM125,” ujar Morgan dari Raja Motor di Jl. Ciledug Raya, No. A1, Larangan Utara, Ciledug Mal, Tangerang.
Bicara soal harga, tentunya koil milik motor special engine (SE) itu nggak murah.
PORTING & POLISH
Pengapian diperbesar, nggak ada salahnya lakukan proses porting dan polish pada lubang masuk dan buang di kepala silinder. “Tujuannya, mengubah arah sudut aliran pengabutan ke ruang bakar,” kata Tomy.
Anggapan serupa juga diungkapkan Morgan dan Parno. Tanpa porting, rasanya up-grade yang dilakukan kurang maksimal. Begitu juga polish. Biar campuran udara dan bahan bakar mudah meluncur ke ruang bakar, bagian yang kelar diporting kudu dipoles biar licin.
Tomy Huang yang pernah melakukan proses ini bilang, tenaga Thunder 125 bisa naik sekitar 2 dk. Tentunya, setelah porting dan ubah otak pengapian ya.
KARBURATOR
Aslinya, Suzuki Thunder 125 adopsi karburator model vakum ukuran 26 mm (Mikuni BS26SS). Buat mendukung performa setelah up-grade yang dilakukan, nggak ada salahnya karburator diganti tipe konvensional.
“Pilihannya selama ini banyak yang pakai karburator Keihin tipe PE ukuran 28 mm,” ungkap Morgan. Begitunya, aliran yang dikucurkan makin deras tapi harga karbu juga cukup murah.
KNALPOT
Biar lebih maksimal lagi, peningkatan performa juga harus didukung pengaplikasian knalpot racing. Soalnya, saluran buang ini mengaplikasi tipe free flow alias langsung.
Pakai knalpot tipe ini, gas buang gak bakal tertahan lama di dalam tabung. Soalnya, gas yang meluncur keluar hanya berhadapan dengan peredam di dalam silincer. Beda dengan knalpot standar yang memiliki banyak sekat.
Banyak tipe bisa dipilih. Mau yang tipe racing look ataupun knalpot dengan silincer model terompet. “Semuanya bisa meningkatkan power motor,” ungkap Novi dari Inti Jaya Motor di Jl. Kebon Jeruk V, No. 260A, Kota, Jakarta Barat.
KAMPAS KOPLING
Jika entakan sudah besar, bisa gunakan kampas kopling tipe racing yang banyak dijual di pasaran. Kampas kopling milik Thunder 125, bisa saling subsitusi dengan milik Suzuki RG-R atau Suzuki Satria F-150.
“Bisa juga pakai kampas kopling orisinal milik Satria F-150,” saran Morgan. Soalnya, peranti milik Satria F-150 lebih tebal ketimbang aslinya Suzuki Thunder 125. Begitunya, kampas pun jadi lebih awet.
TABEL HARGA
CDI BRT Rp 350 ribuan
Koil RM125 Rp 550 ribuan Blue Thunder Rp 190 ribuan Andrion Series Rp 175 ribuan
Karburator Keihin PE28 Rp 600 ribuan Keihin PE28 (Daytona) Rp 1,3 juta
Knalpot Spider Rp 250 – 500 ribu Konic Rp 350 ribuan
Kampas Kopling Satria FU150 Rp 43.200 (1 pcs)
FOOTSTEP RACING
Enggak salah juga pakai footstep racing. Kan tak cuma mesin/url] doang yang diubah performanya, tapi tampilan juga bisa sedikit didongkrak. Nah, ada nih tawaran pijakan kaki ala underbone.
“Peranti ini sudah tersedia braket buat dudukan ke sasis. Jadi, tinggal pasang,” ujar Novi dari Inti Jaya Motor yang bisa dikontak di Nomor (012) 6012360 atau 6397982. Satu set footstep dijual Rp 100 ribu.
Reporter : Eka Budhiansyah Fotografer : M. David Srihanoko Sumber: Motor Plus
walau pake pernak pernik di atas paling hebat cuman bisa 120 kpj,sedangkan total biaya lumayan
begitu jg dgn di bore up,paling dapet akselerasi nambah dikit top speed tetep susah melampaui 120 kpj...,getar mesin mayan bikin kutu di kepala loncat2..
dasar nasib salah beli motor...
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9682 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
hehehe apa yg bro harapkan dari motor 125 cc? kalo mesinnya masi pake itu, diapain jugfa biarpun jadi kenceng gak bakal seenak yg memang udah kenceng. emang salah deh kalo beli motor 125 cc minta larinya kayak moge... mestinya dulu beli hayabusa atau B-King aja, pasti puas de hehe ato minimal beli little B king yg 250cc deh
ryankustiana wrote:
walau pake pernak pernik di atas paling hebat cuman bisa 120 kpj,sedangkan total biaya lumayan
begitu jg dgn di bore up,paling dapet akselerasi nambah dikit top speed tetep susah melampaui 120 kpj...,getar mesin mayan bikin kutu di kepala loncat2..
dasar nasib salah beli motor...
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9682 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
Seandainya juga mo lebih dari 120kpj? Emangnya mo balap di arena ROAD RACE atau jangan2 buat balap liar ? Thundie kita nih cocoknya dipake harian dan touring... sebagus-bagusnya bebek... yah bebek... sedangkan kita sejelek-jeleknya mesin kita..tetap kemanapun pergi... thunder itu selalu ditipekan motor sport, atau motor laki... kekar dan berotot. Toh kaum Hawa lebih melirik kita ... hehehhehe
harry2yo Moderator KOSTER
Poin Brogader : 11357 Total Posan : 16296 Sejak : 06.08.08 Domisili : Dibalik Layar KorWil : Kota Ikan SURA NRA : 0266 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : TerBang Sikon : Amin Hobi : nge-klik Slogan : - Keselamatan Itu Penting
- Ja
Seandainya juga mo lebih dari 120kpj? Emangnya mo balap di arena ROAD RACE atau jangan2 buat balap liar ? Thundie kita nih cocoknya dipake harian dan touring... sebagus-bagusnya bebek... yah bebek... sedangkan kita sejelek-jeleknya mesin kita..tetap kemanapun pergi... thunder itu selalu ditipekan motor sport, atau motor laki... kekar dan berotot. Toh kaum Hawa lebih melirik kita ... hehehhehe
setuju Bro, hehehe....
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9682 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
tapi laki2 tuh harus perkasa luar-dalam, kalo cuma luarnya aja, setelah dilirik cewe n cewenya kepincut sama kita, otomatis dia tau dalemnya kita tnyata kurang perkasa... nah malukan bro.... makanya tip up grade dr ane ya ganti tuh knalpot ama yang racing n kasi pengapian yang racing juga trs suplai bahan bakar yang mumpuni( karbu yang lebih gede).. inget bro dimata masyarakat thunder 125 itu dipandang sbg sport rasa bebek dan emang bener gitu. tuh motor emang tangguh tapi kurang perkasa, buat big brothernya aja (T250 - tunggangan gw) termasuk lemot dikelasnya bro, untung aja ccnya gede. ama skupie aja cuma menang cc ama jarak (500 m keatas baru bs menang)... jadi tampang kejantanan thunder itu harus diikuti juga dengan performa yang jantan juga, oke?? jangan bikin malu kalo kalah sama shoogy 125 ato kharisma...
B124M SERKA KOSTER
Poin Brogader : 5788 Total Posan : 155 Sejak : 10.02.09 Domisili : Yogjakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : Married Hobi : volley ball,touring alone Slogan : Senyumlah karena senyum itu adalah ibadah
Thunder 125 brp langkah toraknya ya..?tinggi mana dengan bebek yg jg 125 cc?and horse powernya thundie 125 sama atau tdk dengan bebek yg jg punya cc 125..?matur nuwun bila ada yang mau memberi pencerahan
Daverson Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7434 Total Posan : 2510 Sejak : 01.07.07 Domisili : Jakarta Utara KorWil : KOSTRAD NRA : 0321 Jabatan : Anggota Resmi Thunder :
125
Julukan : My Blue Sikon : apa yah.. ? Hobi : Makan & Traveling Slogan : Yakinlah pada kemampuan diri sendiri & berusahalah terus jgn putus asa
Poin Brogader : 9682 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
kalo ganti CDI BRT bukanya koil harus pake yang standar karena itu ada di lembar petunjuk. tolong pencerahannya jika koil diganti
Total pesan anda poskan: 3. OOT: Silahkan buat topik perkenalan dulu Bro, NEWBIE: : Kenalan
di http://suzuki-thunder.net/anggota-baru-f5/
agar anggota forum pada kenal, dan . . . ini etika komunikasi dan sdh jadi tradisi KOSTER . . .
Bahkan anggota resmi KOSTER saja yg sdh punya NRA, bila baru masuk forum akan memperkenalkan diri, apalagi bukan atau belum jadi anggota resmi KOSTER, meski anda anggota senior di klub atau komunitas lain. Mohon dipahami dan diperhatikan . . . mau punya "brother" tapi nggak jelas orgnya . . . how can? . . .
Poin Brogader : 5772 Total Posan : 300 Sejak : 11.08.09 Domisili : Bali KorWil : Denpasar. Bali 8010-36 NRA : belum ada ... kapan dikasinya yach Jabatan : anggota biasa Thunder :
125
Julukan : Blue Thunder 125 Sikon : Tunangan Hobi : touring, nonton MotoGP,baca buku, renang, main ps2 Slogan : aku hidup untuk membahagiakan orang lain
Seandainya juga mo lebih dari 120kpj? Emangnya mo balap di arena ROAD RACE atau jangan2 buat balap liar ? Thundie kita nih cocoknya dipake harian dan touring... sebagus-bagusnya bebek... yah bebek... sedangkan kita sejelek-jeleknya mesin kita..tetap kemanapun pergi... Thunder itu selalu ditipekan motor sport, atau motor laki... kekar dan berotot. Toh kaum Hawa lebih melirik kita ... hehehhehe
yg ini demen dahh gw bacana.. bagaimanapun thunder tetep motor gw..
lord demon adien SERMA KOSTER
Poin Brogader : 5589 Total Posan : 226 Sejak : 23.09.09 Domisili : Bogor - Jakarta - bogor KorWil : Leuwiliang NRA : 823 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : hot road killer Status :
lajang
Sikon : unmarried Hobi : social networking Slogan : aku ada karena kau ada!!
sebenernya untuk dapat 120kpj (versi speedometer motor) tidak terlalu susah... tinggal rajin perawatan... pake oli yang pass... cek semua pengapian biar gak ada yg pincang... tambah fuel booster... trus sering2 latih motornya... akhir2 ini top speed thundie ane bisa 120kpj dengan mudah... emang sieh gak bisa lebih lagi... namanya juga mesin standard... tapi kalo setiap waktu dilariin sekenceng itu, bisa2 tangki full abis dalam 2 hari.... rawat lah motor anda seperti ur own pet...
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9682 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
PRODUK OPTIMISASI DAN PENDONKRAK TENAGA RANMOR ... TELAH TERUJI DAN TERBUKTI
SUKSES PENUH DI 2009 .. DAN KINI KAMI HADIR DENGAN PRODUK UNGGULAN UNTUK 2010
GAGAL ? .. TANPA EFEK EFISIENSI DAN PERFORMA ? ... GARANSI UANG KEMBALI 100% !!!
PAKET ANTI-GESEKAN : ANTI TENAGA PANAS DAN PEMULIHAN TENAGA MESIN Memulihkan tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan antar logam dan gesekan antara ban dan jalan.
VeryLube Anti-Carbon | Carbon Cleaner, dipakai pertama sekali dari semua, untuk melarutkans dan membuang endapan kerak karbon sisa pembakatan tak sempurna dalam mesin dan membuangannya via knalpot.
XADO Moto Revitalizant, dipakai setelah mesin bersih, untuk memulihkan kembali permukaan logam mesin yang terkikis atau cacat karena gesekan antar logam. Hasilnya permukaan logam mesin akan dipulihkan seperti baru, rata dan licin.
VeryLube Moto Engine Conditioner, dipakai berikutnya, untuk melapisi permukaan logam mesin dengan bahan anti gesekan, sedemikian sehingga efek gesekan antar logam adalah minimum, dan tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan ini dapat diminimasi, dan digunakan sepenuhnya sebagai tenaga mesin.
LJI Chain Wax, pelumas rantai anti-karat, dipakai untuk meminimasi gesekan antara logam rantai dan gerigi sproket, sehingga tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan ini dapat diminimasi, dan digunakan sepenuhnya sebagai tenaga mesin.
TireGuard Auto Sealant, gel anti-bocor ban, dipakai agar ban tak kempes dan bocor alias tekanan angin ban selalu optimum, dipakai untuk meminimasi gesekan antara karet pemukaan ban dan permukaan jalan, sehingga tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan ini dapat diminimasi, dan digunakan sepenuhnya sebagai tenaga mesin.
MANFAAT : mengurangi tenaga gerak yang terbuang sebagai panas, sehingga memulihkan tenaga mesin, bahanbakar minyak lebih irit, pembakaran lebih mudah, cepat, dan sempurna, mesin lebih bertenaga, bunyi mesin lebih halus, mesin lebih awet.
Pemulihan tenaga mesin dan peningkatan kehematan, dan pengiritan bahanbakar : 3 s/d 30 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket : Rp 290.000
PAKET PENINGKAT PENYULUTAN DAN PEMBAKARAN
MNS DC booster | accumulator booster, dipasang paralel dengan aki, gunanya untuk mempertahankan tegangan aki selalu mantap, sekaligus berfungsi sebagai penyangga muatan listrik [electric charge buffer], merupakan kombinasi bank penampung [capacitor bank] dan pemantap [stabilizer], sehingga dengan demikian seluruh sistem kelistrikan, baik penyulutan maupun pencahayaan optimum.
MNS electric stabilizer | cuprox booster, dipasang paralel dengan aki, kuproks, dan alternator, gunanya agar ranmor sanggup menerima pembebanan kelistrikan yang berlebihan, membuat aki | baterai tidak gampang tekor akibat pemasangan lampu dan klakson tambahan, lampu tembak, dan sistem audio di kendaraan bermotor.
MNS CDI stabilizer, dipasang sebelum CDI [capacitive discharge ignitor], gunanya untuk memantapkan tegangan CDI agar beroperasi secara optium, dan dapat menghasilkan arus listrik maksimum ke kumparan penyulutan [ignition coil], sehingga kumparan penyulutan juga beroperasi secara optium.
MNS CDI improver | Ignition coil booster, dipasang antara CDI | ignitor dan ignition coil, gunanya untuk meningkatkan, menyangga, mempertahankan dan memantapkan arus listrik dari penyulut ke kumparan penyulutan, sehingga tegangan listrik kumparan penyulutan tak merosot, bahkan meningkat, selalu optimum dan mantap untuk menghasikan percikan listrik elektrioda busi.
Dual Core SpakPlug Cable, kabel pengganti untuk kabel busi standar, dirancang sedemikian sehigga resistansi | hambatan listriik kabel minimum, untuk meminimasi arus listrik yang terbuang sebagai panas, sehingga arus listrik maksimum, dan tegangan listrik pada elektroda busi dapat dipertahankan tetap mantap sesuai tegangan listrik kumparan penyulutan.
Denso Iridium SparkPlug, busi pengganti untuk busi standar, dirancang untuk digunakan untuk rangkum jarak jauh dan kelajuan tinggi, lebih tahan panas dan lebih awet, sangat pas untuk touring dan racing.
MANFAAT : penggunaan tenaga listrik optimum, tegangan listrik mantap, arus listrik lebih kuat, mesin lebih mudah dihidupkan [easy start], pembakaran lebih mudah, cepat, dan sempurna, bahanbakar lebih irit, mesin lebih bertenaga, bunyi mesin lebih halus, mesin lebih awet.
Pemulihan tenaga mesin dan peningkatan kehematan, dan pengiritan bahanbakar : 3 s/d 30 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket : Rp 890.000
PAKET OPTIMISASI BAHAN BAKAR DAN UDARA
VeryLube Petrol Tank, berfungsi membersihkan tanki bahanbakar minyak dari kotoran, endapan, kerak, dan bahan tak diperlukan.
VeryLube Aqua Stop, berfungsi membuang molekul air didalam tanki bahanbakar minyak, dengan cara memecah molekul air menjadi gas air dan gas pembakar.
MNS Racing Fuel Conditioner, berfungsi menghancurkan karet dan belerang dalam bahanbakar minyak, sekaligus berfungsi sebagai peningkat nomor oktan bahanbakar minyak [octan booster], anti ketukan [anti knocking], memecah molekul air didalam bahanbakar minyak menjadi gas air dan gas pembakar, memecah molekul bahanbakar minyak agar lebih halus, meningkatkan rapat masa bahanbakar minyak.
Spark | Fuel Saver, berfungsi mengoptimasi komposisi bahanbakar minyak, meningkatkan nomor oktan bahanbakar, memudahkan campuran gas bahanbakar dan udara untuk dibakar, sekaligus berfungsi sebagai katalisator pembakaran.
X-Power Engine Up | Fuel Saver, berfungsi memperhalus aliran bahanbakar minyak dari tanki ke karburator, memecah molekul bahanbakar minyak agar lebih halus, meningkatkan rapat masa bahanbakar minyak.
Magic Jet | Fuel Saver, berfungsi menyaring komponen udara yang tak diperlukan, memperhalus aliran udara ke karburator, memecah molekul udara agar lebih halus, meningkatkan rapat masa udara.
MANFAAT : bahanbakar minyak lebih irit, pembakaran lebih mudah, cepat, dan sempurna, mesin lebih bertenaga, bunyi mesin lebih halus, mesin lebih awet.
Pemulihan tenaga mesin dan peningkatan kehematan, dan pengiritan bahanbakar : 3 s/d 30 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket : Rp 790.000
PAKET OPTIMISASI DAN PENINGKAT PERFORMA LENGKAP UNTUK MOTO Mencakup semua paket diatas plus WEL | H-GEN
Pengiritan bahanbakar : 30 s/d 300 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket Lengkap : Rp 2.990.000
. . .
SOLUSI PERFORMA OTOMOTO TEKNOLOGI
PENINGKATAN PERFORMA YANG AKAN BISA DICAPAI
pengubahan ban jadi anti-kempes, anti-bocor, tahan-tembusan paku, beling, dlsb.
pergesekan antara ban dan permukaan jalan minimum, sehingga suhu ban lebih dingin.
perpanjangan usia ban 3 sampai 5 kali lipat, karena ban lebih awet.
penurunan gesekan antara rantai dan gerigi gear sproket.
perpanjangan usia rantai 2 sampai 3 kali lipat, karena rantai lebih awet.
perpanjangan usia gear sproket, karena gesekan rantai minimum.
pembersihan bagian dalam mesin dari kerak dan endapan tanpa bongkar-pasang mesin.
pemulihan permukaan logam mesin secara halus dan merata.
pergesekan antar permukaan logam, diminimasi oleh bahan anti friksi.
pergerakan mesin dan suaranya lebih halus.
peningkatan tekanan minyak pelumas mesin.
peningkatan mutu dan waktu hidup minyak pelumas.
perpanjangan usia minyak pelumas 4 sampai 5 kali lipat, karena oli lebih awet.
penurunan getaran dan kebisingan mesin hingga 10 kali lipat.
pemulihan daya mesin dan tenaga terbuang hingga 100 %.
peningkatan kompresi mesin hingga maksimum.
perlindungan komponen mesin dari keausan.
perlindungan logam mesin ketika terjadi kekurangan atau kebocoran minyak pelumas.
pemeliharaan otomatis mesin agar selalu dalam kondisi prima.
perpanjangan usia mesin 2 sampai 3 kali lipat, karena logam mesin lebih awet.
penghematan penggantian spare-part, baik waktu maupun biaya.
peningkatan akselerasi, percepatan atau tarikan.
peningkatan kemudahan start mesin, meski mesin dalam keadaan dingin.
pemisahan bahan tak mudah terbakar dari bahanbakar.
peningkatan nilai oktan bahanbakar.
penurunan partikel kotoran udara yang masuk ke karburator dan kamar bakar mesin.
penurunan uap air dalam udara yang masuk ke karburator dan kamar bakar mesin.
pemecahan molekul udara dan bahanbakar menjadi lebih halus.
peningkatan kerapatan molekul udara dan bahanbakar menjadi lebih rapat.
pembersihan otomatis karburator.
percepatan pembakaran gas campuran udara dan bahanbakar.
pengurangan karbon dalam kamar bakar mesin.
pembakaran lebih sempurna, meminimasi tenaga terbuang sebagai panas.
pengurangan emisi gas buang, sehingga mengurangi polusi udara.
pemuatan aki lebih optimum.
pencegahan penurunan tegangan aki dibawah nominal.
peningkatan usia aki 2 sampai 3 kali lipat, karena aki lebih awet.
penyalaan lampu-lampu lebih terang 2 sampai 3 kali lipat.
pemantapan tegangan penyulut [CDI] dan peningkatan tegangan koil penyulutan.
penyulutan busi lebih efektiv, elektroda busi memercik dengan sempurna.
perpanjangan usia busi 2 sampai 3 kali lipat.
pengiritan atau penurunan konsumsi bahanbakar minyak, 2 sampai 3 kali lipat.
perpanjangan waktu tune-up dan servis periodik.
dan masih banyak lagi efek positiv yang akan anda rasakan dan nikmati . . .