KOSTER - KOmunitas Suzuki ThundER, adalah sebuah komunitas peguna dan penggemar sepedamotor Suzuki
Thunder EN 125 dan GSX 250, berpusat di Bogor, Jawa Barat, dan hingga saat ini telah berkembang hingga memiliki lebih 40 wilayah
koordinasi di seluruh Indonesia meliputi JADEBOTABEK, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan NusaTenggara, hingga
Papua, dengan total anggota lebih 1.500 orang, dimana per Januari 2010, lebih 750 orang telah menjalani pelantikan resmi,
dan plus anggota partisipan dan forumer melampaui 3.000 orang.
Komunitas ini semula bernama Gledek, namun atas pertimbangan tertentu kemudian berganti nama menjadi KOSTER, dideklarasikan
oleh 13 orang pendirinya pada 10 Februari 2005. Seiring dengan berjalannya waktu, KOSTER secara perlahan tapi pasti mampu
menarik minat para pemilik moto Suzuki Thunder untuk bergabung didalamnya. Simpatik dan dukungan moral kepada KOSTER pun tak
hanya datang dari lintas komunitas | klub di dunia otomotif, tapi juga dari berbagai institusi, sponsor dan dari berbagai
lapisan masyarakat lainnya.
Perkembangan dan kemajuaan KOSTER terwujud berkat komitmen dan peran aktif para anggotanya dalam mensosialisasikan "safety
riding", transfer pengetahuan "troubleshooting" RANMOR, santun di jalan juga dalam kehidupan bermasyarakat, semangat "brotherhood",
persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku ras dan agama, kepatuhan kepada peraturan LANTAS, kepekaan sosial dan kepedulian
terhadap sesama, menjauhi MIRAS dan NARKOBA, dan disokong oleh semangat meningkatkan kualitas keimanan terhadap Tuhan YME.
Nilai-nilai inilah yang telah menjadi komitmen KOSTER sejak awal dan hingga kini terus ditanamkan kepada para anggotanya pada
tiap kegiatan inaugurasi anggota baru, KOPDAR, BAKSOS, "rolling", "touring", kerohanian dan pengajian spiritual, DIKLAT organisasi
dan kepemimpinan, dan kegiatan lain KOSTER yang diselenggarakan secara wilayah ataupun nasional, sebagaimana tertuang dalam
AD-ART KOSTER yang telah disahkan sebagai akte pendirian di notariat, sehingga mengukuhkan KOSTER sebagai satu
badan hukum resmi diakui secara legal oleh pemerintah negara RI.
KOSTER - TransTV "video clip shooting"
KOSTER - TOYOTA "safety riding | driving training"
KOSTER - TransTV dalam satu acara "reality show"
Brogader KOSTER dalam acara "motobiker gathering"
Parkiran sepedamotor KOSTER di acara KOPDAR
dipenuhi puluhan hingga ratusan Suzuki Thunder
KOSTER "moto-touring team" tengah istirahat.
Tour KOSTER telah mencapai titik km nol di utara Sabang
hingga ke perbatasan Timor Timur di NTT
KOSTER - A Mild dalam acara "sexy dancer"
Penutupan acara inaugurasi anggota resmi KOSTER
konvoi dengan pengawalan SATLANTAS POLRI
Perkemahan KOSTER di Jambore Nasional
Suzuki Thunder Indonesia di Prambanan Yogyakarta
memecahkan rekor MURI parkiran Thunder terbanyak di Infonesia
2
KOSTER di Dunia Maya
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi masa kini, internet dan web, secara tak langsung
menjadi salah satu penunjang keberhasilan KOSTER dalam meningkatkan banyak anggota dan wilayah, serta membantu terpeliharanya
shilaturrahimi antar anggota yang tersebar di seluruh Nusantara.
Sejak 21 Desember 2005 Divisi TI KOSTER telah membentuk
group mailing list KOSTER, yang bisa diakses dengan alamat :
milist.suzuki-thunder.com | milist.koster.or.id
kemudian disusul pada 11 November 2006 dan 2 Oktober 2007 dengan peluncuran web portal dan forum komunikasi interaktif KOSTER,
yang bisa diakses dengan alamat: :
suzuki-thunder.net
dan pada 15 Desember 2006 telah dilakukan peluncuran web site resmi KOSTER :
suzuki-thunder.com
lalu pada 11 April 2009 penambahan domain nasional :
koster.web.id
koster.or.id
thunder.or.id
suzuki.thunder.or.id
komunitas.suzuki.thunder.or.id
Web Portal KOSTER di www per Januari 2010
dengan total kunjungan melampaui 2.750.000 page hit
Web Forum KOSTER di www per Januari 2010
dengan total anggota melampaui 3.000 web member
Hingga kini KOSTER telah memiliki belasan website dan puluhan weblog, dengan ratusan subdomain, dan ribuan e-mail, dan per
2009 memiliki "almost unlimited web space." Interaksi dan berbagi informasi di internet ini tak terbatas pada seputar informasi KOSTER atau dunia otomotif
saja, namun segala jenis informasi masa kini, spiritual, aktual dan positif tersedia di situs forum interaktif KOSTER.
Kendati situs KOSTER ini bukanlah satu-satunya situs komunitas | klub moto di internet, namun merupakan yang terdepan, dan
situs KOSTER menduduki peringkat puncak di berbagai web search engine kelas dunia seperti Google, Yahoo!, dan Bing,
dan ribuan
mesin lacak lain di seluruh dunia, dengan keyword : Suzuki Thunder, Komunitas Suzuki Thunder, Komunitas Suzuki, dll.
Situs KOSTER di berbagai "web search engine"
dikunjungi jutaan orang dan ribuan secara serentak
Tak hanya ini, akses ke situs KOSTER, yang pengelolaannya terus dilakukan secara konsisten dan profesional, terbilang relatif
cepat dalam proses koneksi dan pemuatannya. Inilah yang membuat para pengunjungnya merasa kerasan, nyaman dan makin ketagihan
untuk berinteraksi dan menjelajahi website KOSTER. Per Januari 2010, banyak aplikan melakukan registrasi sebagai anggota
forum KOSTER telah melampaui 3.200 anggota. Jika penjualan sepedamotor Suzuki Thunder di Indonesia diambil rerata per tahun adalah 1.000 unit, yang berarti 5.000 unit dalam 5 tahun, maka hampir 70 persen ada di KOSTER Indonesia. Ini adalah angka yang cukup fantastis untuk lingkup dan skala segmen pemilik sepedamotor Suzuki Thunder di Indonesia.
3
Visi dan Misi KOSTER
VISI
Menjadi komunitas utuh dan kukuh peguna dan penggemar moto Suzuki Thunder dan yang setara.
MISI
Menjadi wadah komunikasi dan sarana informasi bagi seluruh peguna dan penggemar moto Suzuki Thunder 125 cc dan Thunder 250 cc dan
yang setara di Indonesia.
Menjadi wadah komunikasi dan sarana informasi bagi peguna dan penggemar moto Suzuki Thunder 125 cc dan Thunder 250 cc dengan pihak
ATPM (Agen Tunggal Pemilik Merek), ISI (Indomobil Suzuki Indonesia), pihak sponsor, media massa, cetak maupun elektronik, serta
pihak lainnya.
Memberikan wawasan, pengetahuan, pelacakan dan pemecahan masalah kendaraan yang dialami anggota komunitas, baik mengenai
permesinan, kelistrikan, sukucadang, reparasi dan modifikasi.
Memberikan wawasan mengenai keselamatan berkendara dengan mensosialisasikan "safety riding" untuk tertib berlalulintas di
jalan raya.
Menjalin hubungan baik serta rasa persaudaraan antara sesama anggota dan antara sesama komunitas atau klub lain sepedamotor.
4
Maksud dan Tujuan KOSTER
Memberikan manfaat sebanyak mungkin kepada seluruh anggota komunitas.
Memberikan tiap anggota komunitas memiliki pengetahuan mengenai pelacakan dan penyelesaian masalah ringan kendaraannya.
Memberikan kemudahan kepada tiap anggota komunitas dalam memenuhi kebutuhan mengenai sukucadang dan modifikasi kendaraan.
Mengutamakan keselamatan dengan membudayakan keselamatan berkendara di kalangan anggota komunitas.
Membantu pihak ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek), ISI (Indomobil Suzuki Indonesia), dalam meningkatkan kesetiaan pelanggan
melalui layanan purna jual serta menghimbau untuk selalu menggunakan sukucadang asli.
Turut menyemarakkan dunia otomotif di Indonesia khususnya sepedamotor.
Klip Video Profil Singkat Komunitas Suzuki Thunder Indonesia
Dokumentasi Kegiatan Komunitas Suzuki Thunder Indonesia
5
Aktivitas Rutin KOSTER
HARIAN
Komunikasi dan distribusi informasi rutin kepada seluruh anggota KOSTER seIndonesia tentang :
tanggapan darurat (emergency response) bila ada anggota atau rekan mengalami gangguan moto dalam perjalanan pulang-pergi
bekerja sehari-hari, mogok, atau kecelakaan.
pelacakan gangguan (troubleshooting), tip dan trik modifikasi moto.
promosi dan jual-beli suku-cadang (spare-part) moto dan lainnya.
berita gembira pernikahan atau kelahiran, dan berita duka kecelakaan atau kematian keluarga besar KOSTER.
kegiatan, undangan, cuaca, bencana alam, dan lainnya.
Rekruitmen calon anggota, pengembangan rutin keanggotaan, organisasi dan fasilitas KOSTER.
melalui :
KOSTER SMS center
KOSTER web group mailing list
KOSTER web social network
KOSTER web forum
MINGGUAN
KOPDAR (Kopi Darat) rutin tiap Sabtu malam Minggu. 20.00 WIB s/d 24:00 WIB, di POSKO (Pos Koordinasi) KORWIL (Koordinasi
Wilayah) masing-masing, dengan KOPDAR tambahan alternatif tiap Jum'at malam Sabtu di tempat sama bagi yang libur Sabtu, dan
KOPDAR tambahan intensif tiap Rabu sore untuk yang pulang-pergi searah atau sejalan.
Bedah moto, tentang pelacakan gangguan (troubleshooting), tip dan trik modifikasi.
KOPDARLING (KOPDAR Keliling), rolling Thunder, kunjungan shilaturrahimi dan anjangsana ke komunitas | klub moto sejenis
tetangga dalam wilayah atau di wilayah terdekat.
Kunjungan santunan ke keluarga anggota yang mengalami pernikahan, kelahiran, kecelakaan, atau kematian.
Menghadiri undangan, bila ada.
BULANAN
KOPDABAR (KOPDAR Bareng) beberapa KORWIL dalam satu provinsi atau kabupaten.
KOPDABAR beberapa KORWIL beberapa provinsi dalam satu kawasan, sekali per 3 (tiga) bulan.
Promosi KOSTER via selebaran | leaflet, booklet, brosur, poster, dan spanduk di lokasi strategik.
Tour wisata bulanan dalam provinsi atau antar provinsi, dimana tempat dan waktu bergantung situasi dan kondisi.
Inaugurasi | pelantikan anggota baru melalui touring atau rolling rintangan atau medan berat, sekali per 2 atau 3 bulan.
Atensi DIKLAT otomotif, safety riding | driving, organisasi dan kepemimpinan, bila diadakan.
BESED : Brotherhood for MotoBikers' Solidarity and Pride
PAMOR : Paguyuban Motor Bogor
RSA : Road Safety Association
DITLANTAS POLRI : Direktorat LaluLintas Kepolisian Republik Indonesia
KEMENPORA RI : Kementerian Pemuda dan OlahRaga Republik Indonesia
KEMENKOPUKM RI : Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia
DEPDIKNAS RI : Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
DEPSOS RI : Departemen Sosial Republik Indonesia
dll.
7
Pusat Pengembangan KOSTER
Dengan memperhatikan dan menimbang bahwa perkembangan KOSTER Indonesia yang begitu pesat, baik secara keanggotaan maupun organisasi,dimana per Januari 2010
telah melampaui 3.000 anggota dan 40 wilayah, maka dianggap perlu untuk membentuk satu unit khusus disamping kepengurusan yang
ada.
Unit khusus ini berdiri sendiri atau independen, untuk jangka waktu tak ditentukan, terlepas dari periode kepengurusan pusat KOSTER, sebagai unit pengembangan prasarana dan sarana masa depan KOSTER Indonesia dalam kaitannya sebagai organisasi pemuda dengan tugas dan tanggungjawab sosial terhadap keluarga, komunitas, dan masyarakat luas, bangsa dan negara, yakni
PUSAT PENGEMBANGAN KOSTER atau KOSTER DEVELOPMENT CENTER, unit mana yang akan dikelola secara profesional, dan bergerak di bidang pengabdian sosial, edukasional, dan bisnis komersial, dalam arti seleluasnya.
Pertama dari semua, wacana pembentukan PUSAT PENGEMBANGAN KOSTER, adalah sebagai wadah, wahana, prasarana dan sarana pendayagunaan para personel KOSTER berdedikasi, berpotensi, dan berkualifikasi, dengan otoritas untuk melakukan pembentukan dan pengembangan unit khusus, berikut tim kerja terlibat didalamnya dan segala sesuatu berkaitan dengannya.
PUSAT PENGEMBANGAN KOSTER, dengan
bekerjasama dengan, para pengurus KOSTER, pusat dan wilayah, bertugas dan bertanggungjawab untuk, antara lain, melakukan
pembentukan dan pengembangan badan usaha
Koperasi KOSTER, untuk pendirian toko, warung, depot, dan semacamnya.
Yayasan KOSTER, untuk pendirian lembaga PUSDIKLAT | education and training center, dan pendirian lembaga atau panti sosial lainnya
Perusahaan KOSTER, untuk pendirian bengkel | workshop, biro teknologi otomotiv, informasi dan komunikasi, di sektor baik industri maupun perdagangan, dan pendirian unit-unit bisnis komersial lainnya.
mencakup tapi tak terbatas pada, berbagai upaya penggalangan dana, prasarana dan sarana, untuk melaksanakan dan mewujudkan badan usaha sedemikian, dan memiliki otoritas antara lain untuk :
melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, dalam upaya penggalangan dana, dan pengadaan prasarana dan sarana, dan pembangunan dalam arti seleluasnya.
pembukaan rekening bank KOSTER untuk berbagai keperluan pengalangan dana dan penyaluran dana, dan
pendanaan berbagai proyek KOSTER.
pengusahaan lokasi, lahan, tanah dan bangunan untuk gedung dan fasilitas operasional PUSAT PENGEMBANGAN KOSTER, kantor sekretariat, bengkel kerja, pusat pendidikan dan pelatihan, seperti pusat diklat kepemimpinan dan perbengkelan otomotiv, dan unit usaha lainnya.
demi untuk kemajuan dan kesejahteraan masa depan dan hari tua para personel KOSTER dan keluarganya di masa datang.
KDC atau KOSTER DEVELOPMENT CENTER adalah satu terobosan revolusioner dan gebrakan reformativ dilakukan KOSTER Indonesia, yang akan mengubah citra dan paradigma masyarakat terhadap komunitas sepedamotor di negeri ini.
8
Kontak KOSTER
ALAMAT KONTAK KOSTER
Sekretariat Pusat
: Jl. Pangkalan Raya I no.25. Warung Jambu. Bogor 16710. Indonesia.