Rajin servis enggak menjamin langsam lancar. Disetel ulang pun tetap kagak ngaruh. Sebentar mati. Dinyalakan koit lagi. Jangan panik dulu. Hal sepele bisa jadi penyebab. Tiga komponen paling sering diabaikan bikin putaran mesin rendah ngadat. Busi, setelan celah klep dan nosel di karbu.
Pastinya pemantik api di ruang bakar komponen sepele yang bisa bikin langsam jadi enggak tokcer (gbr. 1). Api yang dikeluarkan enggak besar. “Bisa juga karena kerak numpuk di busi. Yang paling parah busi memang sudah waktunya ganti,” beber Hasan Basri, mekanik dan pemilik bengkel Hasan Motor di Kelapa Dua Raya, Jakarta Barat.
Setelan valve clearence nggak sesuai aturan. Celak klep dibikin rapat. Misal, standarnya celah klep 0,10 dibikin jadi 0,05 (gbr. 2). Gap antara pelatuk dan katup yang sempit bikin pembakaran waktu putaran mesin rendah enggak pas. Saat proses buang kemungkinan katup lebih cepat terbuka. “Efek sampingnya kelamaan pelatuk bisa cepat aus,” bilang Hasan lagi.
Bagian yang lain karena nosel di karburator banyak timbunan kerak dari bahan bakar (gbr. 3). Terutama mesin yang sudah dipakai lebih dari 5.000 km. Kerak yang menumpuk menutupi lubang kecil di nosel. Akibatnya langsam nggak lancar. Bensin yang sebenarnya keluar dari lubang di nosel tersumbat. Rada batuk. Mirip aki-aki yang kena penyakit asma. “Mesti dibersihkan supaya lancar kembali,” tandas Hasan.
Reporter : Niko Fiandri
Fotografer : Endro Suryono
Sumber: M+ Online
Maz_Praz PELDA KOSTER
Poin Brogader : 6243 Total Posan : 266 Sejak : 17.04.07 Domisili : Jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Kejadian yg menimpa GS250 gw sekarang ni... Motor baru top over haul, Klep baru di skir.. Di stel sesuai standar (menurut buku manual) Busi Baru NGK D8EA gap di stel standar (menurut buku manual) Kalo pagi langsamnya susah banget... Terpaksa pake choke... Busi warna merah bata. (Berarti pembakaran oke)...
Bingung.... knp langsam pagi susah ini... Karet vakum karbu juga masih bagus??