Poin Brogader : 9533 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: TEKNOLOGI: Pengetahuan Dasar Tentang Ban 03.04.07 9:59
First topic message reminder :
Mengenal Ban untuk Pemula
Ban? Hmmmm… Banyak awam yang mengira ban itu sama saja. Namun kenyataannya ban itu soal teknologi. Ada jenis, tipe, kualitas untuk macam-macam jenis kendaraan, kegunaan, dan daya tahan. Beruntung ada kawan kita yang menulis sedikit tentang itu untuk didiskusikan.
Tipe dan Karakteristik Ban by Bayu150 Ban didefinisikan sebagai `lingkaran besi atau karet yang melingkupi bagian luar roda` . Ban mempunyai berbagai macam tipe yang berbeda-beda berasal dari konstruksi dan material yang berbeda-beda pula.
Ban Radial dan Ban Bias
Ban Radial adalah tipe ban dengan carcass cord yang tegak lurus terhadap garis tengah tread (dalam arah radial) dan dengan bagian tread dilengkapi dengan enforcing belt. Ban jenis ini memiliki drivability yang sempurna, stabil, tahan pakai, menghasilkan lebih sedikit panas, mempunyai rolling resistance yang lebih kecil, dan mampu menghemat bahan bakar. Kebalikannya dari itu, ban yang digunakan pada masa lalu, mempunyai carcass cord yang tersusun pada sudut (bias) dengan memperhatikan garis tengah dari tread. Inilah yang sekarang disebut` ban bias`. Akhir-akhir ini, sebagian besar ban yang diproduksi di Jepang adalah ban radial.
Ban Tubeless dan Ban Tube
`Ban Tubeless` adalah tipe ban yang mempunyai lapisan karet spesial (lapisan dalam) dengan sedikit air permeability pada bagian dalam dan menggunakan material yang tahan bocor pada bagian bead sebagai pengganti `tube`. Ban jenis ini tidak akan mudah kempis bahkan ketika terkena paku ketika digunakan. `Ban Tube` adalah tipe ban dengan tube/pipa dalam yang diisi dengan udara.
Ban Musim Dingin
(Ban Studless dan Ban Salju)
`Ban Musim Dingin` adalah ban yang didesain untuk menghentikan luncuran pada jalan yang tertutup salju atau es. `Ban Studless` menggunakan campuran karet spesial yang tidak akan kehilangan pliability-nya bahkan pada temperatur rendah sekalipun. Ban jenis ini juga mempunyai alur / lekuk desain yang spesial, dll untuk memaksimalkan penggunaannya dalam jalan ber-es. `Ban Salju` mempunyai alur / lekuk yang lebih dalam dan lebih lebar dibandingkan dengan ban musim panas dan memiliki pola blok spesial untuk meningkatkan kemampuan tarikan dan daya rem pada jalan bersalju.
Ban Bekas
Ban bekas adalah ban yang didaur ulang untuk di-retreading. Sedangkan karetnya diolah kembali untuk kemudian digunakan dalam bentuk karet alami atau diproses menjadi bubuk karet, dan untuk menghasilkan panas, dan lain lain. Daur Ulang telah meningkat secara mantap. Pada tahun 1993, untuk pertama kalinya, ban bekas dalam jumlah yang besar digunakan untuk menghasilkan panas daripada digunakan dalam bentuk karet alami atau karet yang telah diproses. Produksi dari Ban retreaded mengalami penurunan secara bertahap.
Ban Sepeda
Ban Sepeda secara garis besar dapat dibagi menjadi ban sepeda umum, ban sepeda mini, dan ban sepeda gunung. Perbedaan dalam diameter ban, pola tread / telapak ban, ketebalan, berat, pemeliharaan, dll menentukan apakah ban tersebut untuk off-road, on-road, balap sepeda, atau untuk tour.
Istilah:
T/T : Tube Type (ban dengan ban dalam)
T/L : Tubeless (ban tanpa ban dalam)
Tread: bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan obyek dari luar yang dapat berusak ban. Tread dibuat banyak pola yang disebut Pattern.
Breaker dan Belt: bagian lapisan benang ( pada ban biasa terbuat dari tekstil , sedang ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan diantara tread dan Casing. Berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing.
Casing: lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
Bead: bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada Pelek.
Sumber:
http://www.bridgestone.co.id
http://www.itpc.or.jp
http://kafemotor.wordpress.com
Pengirim
Message
[BOETHO] Donatur KOSTER
Total Posan : 4615 Sejak : 19.04.07
Subyek: Re: TEKNOLOGI: Pengetahuan Dasar Tentang Ban 01.03.08 9:58
:bravo koster:
Abdee PRATU KOSTER
Poin Brogader : 5947 Total Posan : 24 Sejak : 06.02.08 Domisili : Palu Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : kawin Hobi : Photography, music and touring
Subyek: Re: TEKNOLOGI: Pengetahuan Dasar Tentang Ban 01.03.08 15:46
Oh gitu yah.....
gak sembarang pake ban yah..
baru tahu..
Sponsored content
Subyek: Re: TEKNOLOGI: Pengetahuan Dasar Tentang Ban