| MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? | |
|
+5ragil gerry_garsono dexolgenk Thunder Rider dead-bird 9 posters |
Pengirim | Message |
---|
dead-bird KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5833 Total Posan : 60 Sejak : 21.05.08 Domisili : tangerang sampai depok Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 dulu yang 250 nyusul Sikon : alhamdullilah ya allah.... Hobi : internet Slogan : "Seorang konsultan psikologi paling jenius sekalipun tidak lebih mengerti tentang pikiran dan keinginan kita lebih daripada diri kita sendiri."
| Subyek: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 09.06.08 18:15 | |
| dear all thunderians...
baru online lagi nih.... lansung aja ya gue baru ganti oli dengan merek ****** nah gw salah ternyata tu oli buat mesin diesel... yang gw pgn tanyain pengaruh nya besar ga buat thundie gw....and langkah pencegahan apa yang harus gue lakukan....???
sebelumnya thanks abis ya bro....... | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27465 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 10.06.08 3:09 | |
| Secara teknik tak akan berdampak thdp gesekan metal mesin kendaraan , Bro. Tak masalah bro , bahkan lbh tahan panas. Kalau oli mesin bensin dirancang tahan suhu panas s/d 200 °C [suhu kompresi maksimum mesin Otto, 160 °C], maka oli mesin solar dirancang tahan suhu panas s/d 350 °C [suhu kompresi maksimum mesin Diesel, 315 °C]. Kalau pun bermasalah , maka kemungkinan masalahnya hanyalah agak sulit menghidupkan mesin ketika mesin dingin. Itu saja. Hanya saja , kalau anda kurang nyaman, silahkan ganti dgn oli baru yg lbh sesuai, dan oli bekas tsb bisa digunakan utk pelumasan eksternal. Secara psikologis, konsumen akan merasa lbh aman dan nyaman bila mrk membeli produk yg dirancang khusus utk kendaraan mrk, meski pun secara teknis tak banyak berbeda. . . . . . . :melet lidah: . . . :gigi rontok: Kupasan penjelasan lanjut teknik adalah sbb. Pada dasarnya semua oli alias minyak pelumas (lubricant oil) adalah sama. Yang paling membedakan adalah tingkat kekentalan atau viskositas (viscosity). Ada oli yg lebih kental utk suhu panas dan ada oli yg agak encer utk suhu dingin, dan ada yg sedang saja. Semua oli memiliki kekentalan peka suhu (temperature dependent viscosity). Krn ada musim panas dan musim dingin, dibuat oli dgn sensitivitas berbeda thdp temperatur. Ada yg lbh tahan panas, dan ada yg lbh tahan dingin. Itu saja. Dlm produksi, lebih 90 % oli adalah oli, hanya sekitar 10 % zat aditiv. Dulu tak ada perbedaan menyolok antara oli utk mesin bensin atau mesin Otto (gasoline engine, Otto engine) dan oli utk mesin solar atau mesin Diesel (Diesel Engine). Keduanya tergolong mesin BBM (petroleum engine). Tp kemudian dibuat oli yg lbh sesuai utk masing-masing jenis mesin. Perbedaan menyolok antara mesin bensin | Otto dan mesin | Diesel adalah pd langkah atau tak (stroke) yg mempengaruhi tekanan atau desakan alias kompresi (compression). Jadi ada siklus termodinamik Otto dan ada siklus termodinamik Diesel. Tp secara fisik dua siklus ini tak berbeda banyak, mirip dan bersaudara. Letak utama perbedaan adalah pada kompresi terhadap bahanbakar. Jika mesin bensin menggunakan percikan busi utk membakar BBM, maka mesin solar cukup menggunakan kompresi utk membakar BBM. Silsilah persaudaraan termodinamik mesin Otto dan mesin Disesel ini bisa dilihat dlm forum ini, dlm topik:
- JENIS, MACAM, TIPE, DAN KATEGORI MESIN - SILSILAH MESIN SUZUKI THUNDER
Dalam silsilah klasifikasi ini, mesin bensin dan mesin solar adalah tergolong PRICE (petroleum reciprocating internal combustion engine). - SI-PRICE (spark ignition PRICE), PRICE penyalaan dgn busi, alias Otto PRICE.
- CI-PRICE (compression ignition PRICE), PRICE penyalaan dgn kompresi | tanpa busi, alias Diesel PRICE.
Jadi perbedaan utama oli mesin bensin dan oli mesin solar adalah terletak pd ketahanannya thdp suhu panas mesin. Oli utk mesin solar relativ lbh tahan panas drpd oli utk mesin bensin. Utk oli mesin bensin, ketahanan thdp suhu kompresi maksimum adalah 160 °C, sedangkan utk oli mesin solar, ketahanan thdp suhu kompresi maksimum adalah 315 °C. Berkaitan dgn kekentalan oli, ada bbrp standar kode oli digunakan pabrikan, antara lain:
- SAE (Society of Automotive Engineers)
- API (American Petroleum Institute)
- ACEA (Association des Constructeurs Européens d'Automobiles; Association of European Automobile Constructors)
- JASO (Japanese Automotive Standards Organization)
- ILSAC (International Lubricant Standardization and Approval Committee)
- OEM (Original Equipment Manufacturer)
SAE tidak membedakan oli utk mesin bensin dan mesin solar. Tp membedakan oli utk musim panas (summer) dan musim dingin (winter), dgn kode S dan W. Jika tanpa kode berarti utk musim panas. API membedakan oli utk mesin bensin dgn kode S (gasoline) dan oli utk mesin solar dgn kode D (Diesel), dan ada lagi oli utk gigi transmisi dgn kode G (gear). Ini adalah utk tujuan pemasaran (marketing purpose). ACEA juga membedakan oli utk mesin bensin dgn kode A, dan utk mesin solar dgn kode B. Selain itu juga ada kode C utk mesin solar kendaran berat spt bis dan truk. Sekali lagi, ini juga lbh banyak berkiblat pemasaran (marketing oriented). Konsumen akan merasa lbh aman dan nyaman bila mrk membeli produk yg dirancang khusus utk kendaraan mrk. . . . . . . :melet lidah: . . . :gigi rontok: Semoga bisa dicerna dan dipahami . . . | |
|
| |
dexolgenk Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6030 Total Posan : 3355 Sejak : 25.12.07 Domisili : Batam Island Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Thunder 125 ... pengen dijadiin kaya motard.. Sikon : Single Hobi : Surfing Slogan : Keep Fighting ( Tetap Berusaha, bukan terus berantem )
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 10.06.08 8:39 | |
| ia....biasanya oli untuk mesin diesel lebih kental kan hhhmmmm....... tapi emang ada oli diesel untuk motor ? ente pake oli dari drum ya bro bukan beli di bengkel ? oh ya sedikit pertanyaan seputar oli neh selama ini kan si thundie selalu pake SGO nah, seandainya mo ganti oli neh.. apa perlu ganti saringan ( filter ) bukan saringan uchiha :gigi rontok: nah...kalo ganti saringan berapa taon sekali yak... | |
|
| |
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8055 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder : Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 10.06.08 8:53 | |
| salam koster :koster: bro hendy yg baik...sebaiknya per 1000 km bro.. or di lihat aja apa masih oke or udah kusam....ok harga oli filter nggak mahal kok... moga membantu yak... | |
|
| |
dexolgenk Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6030 Total Posan : 3355 Sejak : 25.12.07 Domisili : Batam Island Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Thunder 125 ... pengen dijadiin kaya motard.. Sikon : Single Hobi : Surfing Slogan : Keep Fighting ( Tetap Berusaha, bukan terus berantem )
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 10.06.08 9:03 | |
| - gerry_garsono wrote:
- salam koster :koster:
bro hendy yg baik...sebaiknya per 1000 km bro.. or di lihat aja apa masih oke or udah kusam....ok harga oli filter nggak mahal kok...
moga membantu yak... 1000 km ? setiap ganti oli donk bro oli aja setiap 2000 km bro ato maksud bro gerry yang baik 10.000 km ??? (cmiiw) | |
|
| |
ragil Kapten KOSTER
Poin Brogader : 6128 Total Posan : 685 Sejak : 12.03.08 Domisili : Cileungsi - Jakarta KorWil : Cileungsi NRA : 0285 Jabatan : KaKorWil Thunder : Julukan : 125 Sikon : Meried Hobi : Traveling Slogan : Bersama Koster, hidup terasa lebih berarti, aaalaaah....ngarep banget deh
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 10.06.08 11:35 | |
| Penjelasan Bung MOMODE........Muantap..... Klo Thundie ane setiap 2500 km service rutin + Ganti oli + Ganti Filter Oli Memang saran petunjuk buku panduan perawatan Thundie : - Pengantian Oli setiap 2500 - 3000 km. - Filter Oli setiap 7500 km. silahkan mana yang di pilih. Makin sering rutin menganti Oli n Filter oli semakin mantap pula kebaradaan mesin. Bravo KOSTER, ****** R A G I L ******B 6732 TOZKOSTER, Korwil - Cileungsiragil_d26@yahoo.co.id0819-32452461CILEUNGSI - TMII - GATSU - SUDIRMANTouring Sesuap Nasi 110 km | |
|
| |
buyung Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6489 Total Posan : 4508 Sejak : 04.05.08 Domisili : PAMULANG KorWil : TANG-SEL NRA : 0237 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : menikah Hobi : TIDUR Slogan : Jadilah diri sendiri
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 10.06.08 11:53 | |
| kalo dari pamulang ke kali bata berapa kili meter ya? soalnya ane bulan ini blm ganti oli & service nih....blm sempet ke BERES | |
|
| |
Aslavist Donatur KOSTER
Poin Brogader : 6895 Total Posan : 1771 Sejak : 26.05.08 Domisili : BojongGede. Parung KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0223 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Mr.Black BiQ Status : Sikon : Single Hobi : naik motor, pool, photography,fishing, catur Slogan : real power does not hit hard,
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 10.06.08 12:57 | |
| - Thunder Rider wrote:
- Secara teknik tak akan berdampak thdp gesekan metal mesin kendaraan , Bro.
Tak masalah bro , bahkan lbh tahan panas. Kalau oli mesin bensin dirancang tahan suhu panas s/d 200 °C [suhu kompresi maksimum mesin Otto, 160 °C], maka oli mesin solar dirancang tahan suhu panas s/d 350 °C [suhu kompresi maksimum mesin Diesel, 315 °C].
Semoga bisa dicerna dan dipahami . . . salam bikers,salam bro EE ONE mau nanya nih....bagaimana pengaruhnya pada oli mesin, 1. bila mengendarai motor pada perjalanan pendek/kecepatan rendah.sehingga oli mesin tidak pernah mencapai suhu kerja normal. 2.bila mengendarai motor pada perjalanan jauh sehingga oli mesin mencapai suhu kerja diatas normal. thanks | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27465 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 10.06.08 14:16 | |
| - Astalavista wrote:
- Thunder Rider wrote:
- Secara teknik tak akan berdampak thdp gesekan metal mesin kendaraan , Bro.
Tak masalah bro , bahkan lbh tahan panas. Kalau oli mesin bensin dirancang tahan suhu panas s/d 200 °C [suhu kompresi maksimum mesin Otto, 160 °C], maka oli mesin solar dirancang tahan suhu panas s/d 350 °C [suhu kompresi maksimum mesin Diesel, 315 °C].
Semoga bisa dicerna dan dipahami . . . salam bikers,salam bro EE ONE mau nanya nih....bagaimana pengaruhnya pada oli mesin, 1. bila mengendarai motor pada perjalanan pendek/kecepatan rendah sehingga oli mesin tidak pernah mencapai suhu kerja normal. 2. bila mengendarai motor pada perjalanan jauh sehingga oli mesin mencapai suhu kerja diatas normal. thanks - Semua kendaraan memerlukan pemanasan mesin, walau hanya bbrp menit. Gunanya adalah agar oli terdistribusi penuh ke seluruh bagian mekanisme mesin yg paling sempit atau rumit sekali pun, dan oli mencapai keseimbangan tekanan dan suhu kerja. Jadi meski kendaraan melakukan perjalan jarak dekat, oli bekerja secara sempurna. Jadi jangan pernah menjalakan kendaraan seketika mesin dinyalakan, apalagi kalau baru dihidupkan dlm keadaan mesin dingin dan lama tak digunakan. Oli butuh ruang dan waktu cukup utk beroperasi dgn baik.
- Satu penyebab peningkatan suhu mesin, selain akibat panas kompresi dan percikan busi adalah gesekan antara logam permukaan mesin. Dan satu cara untuk meredam suhu panas mesin yg terlalu tinggi krn gesekan adalah dgn menggunakan oil treatment, yakni semacam zat aditiv yg dicampurkan dlm oli. Zat ini mengandung karakteristik keramik, dimana keramik memiliki ketahanan thdp suhu panas melebihi logam [krn itu badan busi dibungkus keramik]. Zat ini dibawa oli ke seluruh bagian mesin dan kemudian mengendap pd permukaan logam mesin membentuk lapisan gel anti gesekan logam (anti metal friction gel).
Gunakan oli yg dirancang utk bbg variasi temperatur, misalnya dgn kode SAE 10-50, SAE 20-40, dlsb. Semoga bisa menjawab pertanyaan diatas . . . | |
|
| |
dead-bird KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5833 Total Posan : 60 Sejak : 21.05.08 Domisili : tangerang sampai depok Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 dulu yang 250 nyusul Sikon : alhamdullilah ya allah.... Hobi : internet Slogan : "Seorang konsultan psikologi paling jenius sekalipun tidak lebih mengerti tentang pikiran dan keinginan kita lebih daripada diri kita sendiri."
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 14.06.08 21:22 | |
| wah sebelumnya makasih banyak nih buat yang sudah pada reply....dengan penjelasan diatas gue jadi lebih tenang dan lebih paham intinya pada dasarnya pemakaian gw ga semuanya salah bahkan menurut penjelasan diatas bahkan lebih bagus ......ya mungkin untukkedepannya gw lebih memperhatikan jenis oli yang gw pake dan buat yang nanya gw beli dimana ....gw bukan beli di druman tapi di spbu dgn merk spbu tsb..... | |
|
| |
dead-bird KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5833 Total Posan : 60 Sejak : 21.05.08 Domisili : tangerang sampai depok Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 dulu yang 250 nyusul Sikon : alhamdullilah ya allah.... Hobi : internet Slogan : "Seorang konsultan psikologi paling jenius sekalipun tidak lebih mengerti tentang pikiran dan keinginan kita lebih daripada diri kita sendiri."
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 14.06.08 21:25 | |
| efek yang baru gw rasain sih memang mesin waktu di nyalakan aga males nyala n yang pasti kentara konsumsi bbm gw sangat boros ...apa gw musti pake solar...he....he....coz thundie gw haus melulu... | |
|
| |
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9706 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO Sikon : merit Hobi : Adventure Slogan : Bravo KOSTER
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 15.06.08 3:53 | |
| wah yang bertanya kelihatannya sudah cukup puas tuh, hee..siip lah | |
|
| |
buyung Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6489 Total Posan : 4508 Sejak : 04.05.08 Domisili : PAMULANG KorWil : TANG-SEL NRA : 0237 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : menikah Hobi : TIDUR Slogan : Jadilah diri sendiri
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 15.06.08 11:59 | |
| puas...puas... | |
|
| |
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9706 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO Sikon : merit Hobi : Adventure Slogan : Bravo KOSTER
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 15.06.08 12:07 | |
| | |
|
| |
dead-bird KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5833 Total Posan : 60 Sejak : 21.05.08 Domisili : tangerang sampai depok Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 dulu yang 250 nyusul Sikon : alhamdullilah ya allah.... Hobi : internet Slogan : "Seorang konsultan psikologi paling jenius sekalipun tidak lebih mengerti tentang pikiran dan keinginan kita lebih daripada diri kita sendiri."
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 29.06.08 15:55 | |
| yyyaa....lumayan...thanks ya.... | |
|
| |
KzmX Mayor KOSTER
Poin Brogader : 5999 Total Posan : 703 Sejak : 10.12.07 Domisili : Cirebon Kota Udang Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250+750 Sikon : Jomblo
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 29.06.08 21:25 | |
| | |
|
| |
dead-bird KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5833 Total Posan : 60 Sejak : 21.05.08 Domisili : tangerang sampai depok Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 dulu yang 250 nyusul Sikon : alhamdullilah ya allah.... Hobi : internet Slogan : "Seorang konsultan psikologi paling jenius sekalipun tidak lebih mengerti tentang pikiran dan keinginan kita lebih daripada diri kita sendiri."
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? 01.07.08 22:45 | |
| | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? | |
| |
|
| |
| MAINTENANS: Bagaimana Kalau Salah Oli? | |
|