Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 9 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 9 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Go down 
PengirimMessage
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Empty
PostSubyek: IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi   IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime07.03.08 2:25

COMPUTER AND INTERNET - KOSTER ™ IT'S PRO ™

PENGANTAR KE ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

_________________________________________________

BELAJAR DAN MENCIPTA, BUKAN MEMBEO DAN MEMBAJAK
_________________________________________________

BAGIAN PERTAMA DARI TIGA TULISAN

(C) 2006-2008 - THUNDER RIDER | EE ONE S]



Di berbagai forum dan milis ttg komputer dan TI (teknologi informasi), banyak pertanyaan. Tapi kalau penanya dikasih suatu cara atau jawaban praktis, berarti penanya cuma dpt contekan, dan penanya semua nyontek alias tak pernah belajar. Begitu dijawab satu pertanyaan, kemungkinan besar akan berlanjut dgn pertanyaan rinci berikutnya tentang hal sama, atau pertanyaan lain serupa sekitar itu. Dan pertanyaan demikian takan habis, sampai kapan pun. Dan org akan kehabisan waktu dan tenaga utk menjawab. Sementara pertanyaan tak putus dan henti, bolak-balik hanya sekitar itu-itu saja. Berarti cara ini tak praktis, tak efisien, dan juga tak efektiv. Bukan saja bagi penjawab, tapi juga bagi penanya. Dan sebagian org menganggap tak memperoleh nilai tambah dlm forum dan milis semacam ini.

Secara faktual, banyak forum dan milis demikian jadi sekedar arena tanya-jawab praktis ketimbang ajang diskusi dan komunikasi ilmiah dan teknis rekayasa berbobot dan sarana informasi iptek. Selayaknya forum dan milis, mesti dan patut mengetengahkan ttg cara belajar komputer dari A s/d Z, secara metodologik, efisien dan efektiv, dimana banyak anggota forum dan milis bisa memperoleh added-value (nilai tambah) dlm disiplin ilmu mrk.

Sebagai contoh, ada banyak tanya bagaimana buang virus a, lalu virus b, lalu virus c, dst. Padahal kalau kita tahu fasilitas dan fitur O/S plus modus operandi dasar semua virus, tak peduli virus apa pun, kita hanya butuh satu solusi, dan mengadaptasi solusi itu dari waktu ke waktu. Program anti-virus beroperasi dgn konsep ini, dan kita hanya perlu update.



Utk belajar ilmu komputer | TI, org harus belajar, mengetahui, mengerti, dan memahami ilmu dan teknologi komputer, kontrol, komunikasi, dst, sedikit-banyak sesuai kebutuhan dan keperluan. Apakah sebagai user | peguna, operator, administrator, programmer, designer, scientist | ilmuwan, atau engineer | teknikan.

Utk belajar apa pun, org musti belajar dari bawah, baru naik tahap demi tahap. Tapi tanpa dasar, landasan, atau fondasi kokoh dan kuat, org takan bisa naik tinggi, krn penopang tak mendukung. Makin ke atas, makin banyak dilihat, tapi makin banyak soal, dan soal makin rumit. Hanya dgn dasar kokoh, banyak soal bisa dipecahkan. Dan org dgn dasar pengetahuan kokoh akan lbh mudah mengembangkan diri dan mandiri dlm mengatasi banyak soal. Bukankah sekolah mengajar kita demikian?



Dlm pengetahuan, ilmu dan teknologi rekayasa komputer, ada konsep dasar, prinsip dasar, strategi, taktik, dan trik. Ada metoda ada teknik. Ada teori ada praktek. Org mau belajar banyak tentu akan lbh tahu dan ahli daripada org hanya mau tahu trik dan praktek saja.

Ada org meremehkan bahkan mencemohkan konsep dan atau teori. Krn dianggap tak menuntaskan soal dihadapi. Padahal tanpa konsep dan teori, komputer [dan alat teknologi lain, seperti ponsel, misal] tak akan pernah ada. Komputer [dan juga ponsel] lahir krn ada teori logika, teori informasi, dan teori komunikasi. Dapatkah kita bayangkan bagaimana komputer dan ponsel bisa saling berhubungan lewat internet bahkan tanpa kabel lewat angkasa?

Kebanyakan kita hanya mau tahu ujung atau hilir dan tak mau tahu pangkal atau hulu. Itu sebab negara kita tak pernah punya industri hulu [manufacturing], tapi hanya industri hilir [assembling]. Kalau terus seperti ini, kita hanya akan jadi tukang, user, atau konsumen, dan tak akan pernah bisa jadi tuan, master, atau produsen. Kita hanya jadi pesuruh atau pemakai. Kita tak pernah akan bisa jadi pencipta, kita hanya jadi pembeli bukan penjual. Tapi kita tak mampu beli, krn kita miskin, dan negara kita juga miskin.



Lihat dunia komputer di negara kita, hampir semua produk impor atau kandungan lokal sangat minim. Negara kita tak punya industri elektronik hulu. Jangankan punya industri hardware, bahkan industri software saja kita tak punya [kecuali segelintir.] Kita tak mampu menciptakan komputer sendiri, dan bahkan operating system pun kita tak bisa bikin. Kita bahkan sdh tertinggal jauh dari Malaysia dan India. Lalu apakah kita membeli? Tidak, kita tak punya cukup uang, krn kita miskin. Lalu jadilah kita pembajak. Hampir semua O/S dan program lain di komputer kita, bajakan alias curian. Apakah bukannya kita maling? Lalu apa kita banggakan? sdh dodol, miskin, jahat lagi.

Kenapa dari forum dan milis kita ini tak kita coba lahirkan generasi baru tangguh di bidang TI? Jangan sampai forum dan milis kita justeru jadi tempat diklat tukang contek alias beo [di forum dan milis semavam ini mirip dgn one-liner] dan tukang bajak alias maling di bidang TI [terutama oknum tanya S/N]!



Ini menjelaskan kenapa banyak penanya tak langsung dpt balasan beberapa pertanyaan, dan kalau pun dibalas, tak diberikan jawaban final atau praktis, bahkan cendrung tampak berbelit atau berputar. Krn penanya diajak berpikir kreativ dan maju bersama, bahkan memiliki pengetahuan dan kemampuan jauh lbh daripada yang ditanya, dan sebaliknya org lain juga bisa belajar dari penanya. Kalau dlm beberapa hal dikatakan gampang, bukan berati pelecehan atau pencemohan, tapi justeru utk menggugah emosi, motivasi dan ambisi belajar dan muncul antusiasme. Ingat peribahasa: jika ingin melepaskan beban dari pundak seseorg, maka tepuk pundaknya.

Kalau kita bertahan terus dgn pola tanya-jawab spt demikian, hampir dpt dipastikan, kita tak belajar apa-apa di banyak forum dan milis, kecuali cari info dan contekan. Kalau itu pilihan kebanyakan anggota. Banyak org akan pilih lbh baik diam atau unsubscribe, krn tak memperoleh apa-apa, buang waktu, tenaga dan pulsa percuma, dan rugi duit.


[ berlanjut ke bagian dua ]


IT'S PRO ™ INFORMATION TECHNOLOGY SOLUTION PROVIDER

KOSTER ™ KOMUNITAS SUZUKI THUNDER

___________________________________

(C) 1998-2008 - THUNDER RIDER | EE ONE S

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dari tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedalam bentuk bahasa apapun atau disimpan dalam satu sistem retrieval apapun; dalam bentuk apapun atau dalam cara apapun, mencakup tapi tak terbatas pada cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; untuk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dari pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, duplikasi dan distribusi secara keseluruhan atau sebagian, mohon cantumkan sumber tulisan sebagai acuan.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Empty
PostSubyek: Re: IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi   IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime07.03.08 2:30

COMPUTER AND INTERNET - KOSTER ™ IT'S PRO ™

PENGANTAR KE ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

_______________________________________________

BERPIKIR SISTEMATIK, KREATIV, DAN INTUITIV DALAM
PELACAKAN MASALAH DAN PENYELESAIAN PERSOALAN


SYSTEMATIC, CREATIVE, AND INTUTIVE THINKING IN
TROUBLE-SHOOTING AND PROBLEM SOLVING

_______________________________________________


BAGIAN DUA DARI TIGA TULISAN

(C) 2006-2008 - THUNDER RIDER | EE ONE S



Di berbagai forum dan milis, terutama ttg komputer dan TI (teknologi informasi), banyak tanyaan ditujukan kpd para jawara atau pakar TI. Jadi kalau kita bukan atau tak ahli, apalagi masih belajar, jangan berikan solusi; jangan coba beri jawaban atau saran, bila kita tak tahu persis, jawaban pertanyaan atau jalan keluar soal dihadapi [tak tahu apakah jawaban tsb benar atau salah, atau tak bisa memprediksi apa akan terjadi]. Krn itu justeru bisa menyesatkan dan atau merugikan org, disamping pemberi solusi bisa kena semprot kalau ternyata gagal.

Alasannya a.l. begini:

  • Ilmu komputer dan informatika bukan ilmu kira-kira, coba-coba, atau tebak-tebak, apalagi pakai rasa-rasa.

  • Ilmu komputer dilandasi oleh logika, matematika, fisika, elektronika, komunikasi, dan disiplin ilmu terkait lainnya.

  • Komputer bekerja dgn suatu aturan telah diprogramkan oleh para ahli, baik yang ditanamkan dlm bentuk H/W (hardware, perangkatkeras) dan F/W (firmware, perangkatpabrik), maupun yang dimuat kemudian dlm bentuk S/W (software, perangkatlunak), mencakup program O/S (operating system), utilitas, dan aplikasi.

  • Jika komputer tak bekerja sebagaimana mestinya [sesuai dgn program], maka berarti ada satu instruksi tak dpt dieksekusi atau dilaksanakan.

  • Penyebab gagal komputer tsb bisa bersumber dari dlm atau krn faktor internal [H/W, F/W, S/W] atau bisa juga bersumber dari luar atau krn faktor eksternal [operasional, peguna; lingkungan, alam, makhluk].


Tugas seorg troubleshooter (pelacak-masalah) dan problem-solver (penyelesai-persoalan) adalah menemukan sumber gagal tsb, dgn cara benar. Utk itu, ia hrs tahu, mengerti, dan memahami betul cara kerja komputer dari A s/d Z. Tanpa pengetahuan demikian, mustahil ia bisa merunut dan mengurut dimana terjadi titik henti atau pusat gagal itu berada.

Banyak masalah termasuk mudah, bila komputer memberikan pesan tertulis di layar. Dlm kasus lain, komputer tak memberikan pesan dan bahkan indikasi atau gejala apa pun. Bila kita dpt pesan eror, kita sdh dibantu oleh sistem pakar direkam dlm komputer tsb, dan tugas kita sdh maju selangkah dan jadi lbh mudah, dan tinggal mencari tahu:

  • apa arti pesan tsb.
  • dari mana pesan tsb berasal.
  • mengapa pesan tsb muncul.

Jika kita tahu butir 1 s/d 3 diatas, maka kita akan tahu:

  • apa masalah di komputer.
  • dimana sumber masalah.
  • bagaimana menangani masalah tsb.

Ini cara berpikir sistematik [sesuai tatanan], berdasarkan pada standard operation procedure (tahapan andaran baku).

Dlm banyak kasus, dgn cara ini, masalah bisa dituntaskan secara tepat dlm waktu singkat. Tapi jika setelah cara sistematik ini diterapkan, dan ternyata tak bisa ditemukan solusi efisien dan efektiv, maka harus ditempuh cara berpikir kreativ, dan hampir bisa dipastikan bahwa hampir 100 persen soal bisa diselesaikan. Tapi tak semua org memiliki kemampuan berpikir kreativ jitu, krn tak banyak org mau mengembangkan, padahal pada inti semua org memilikinya.

Jangankan berpikir kreativ, bahkan berpikir sistematik saja tak banyak org bisa melakukan dgn baik. Krn malas belajar, mencari tahu, berlatih dan mendisiplin diri. Padahal cara berpikir sistematik bisa dikuasai oleh rata-rata atau kebanyakan org, ketimbang cara berpikir kreativ yang umumnya hanya bisa dimiliki oleh segelintir org cerdas dan kreativ.

Gabungan cara berpikir sistematik dan cara berpikir kreativ menghasilkan cara berpikir intuitiv, yang dibangun oleh pengetahuan dan pengalaman [jam terbang.] Para org supracerdas berpikir secara intuitiv, sehingga mrk bisa memberikan solusi tepat dan cepat dlm waktu singkat. Org kreativ dan intuitiv mampu melakukan berbagai breakthrough (terobosan) dan shortcut (pintasan), seperti misal, bagaimana melumpuhkan berbagai virus komputer tanpa sama-sekali menggunakan anti-virus, dgn cara sederhana, cepat dlm waktu singkat.

__________________________________________________

[inset] kesimpulan cara berpikir:

  • sistematik
  • kreativ
  • intuitiv
__________________________________________________


Nah, kalau kita mau dpt menyelesaikan persoalan TI secara tepat, cepat, dan singkat, maka mulailah melatih diri berpikir dgn benar. Dan cara berpikir lurus dan benar itu diajarkan dlm logics (logika) [Yunani] atau manthiq (mantik) [Arab]; ilmu dasar cara kerja semua komputer.

Logika hanya dpt dimengerti dan dipahami dgn ratio (rasio, pikiran), tapi tak dgn emotion (emosi, perasaan). Jadi utk dpt menggunakan logika secara efektiv 100 persen, kita utk sementara harus menaruh emosi kita dlm laci dan kunci, krn ia tak diperlukan dlm upaya menemukan solusi. Nanti kalau sdh selesai berpikir logik, dan kita mau berdo`a kepada Tuhan, ambil emosi kita dari laci, dan sebagai gantinya taruh rasio disana, krn ia akan mengganggu komunikasi kita dgn Tuhan, shg dgn demikian kita bisa menangis memohon pertolongan dan bantuan kepada Tuhan sejadijadinya.

Dlm otak kita, rasio itu bersarang di belahan-kiri otak, dan emosi di belahan-kanan otak. Hubungan bilateral antara keduanya memberikan manusia cara berpikir sempurna didasarkan pd pertimbangan rasio dan emosi, atau kiri dan kanan. Lalu kapan kita harus berpikir rasional sekaligus emosional? Yaitu ketika kita melakukan komunikasi interpersonal dgn org lain. Jadi kita harus bisa mengendalikan rasio dan emosi, dan menggunakannya pada tempatnya. Bila tidak, kita nanti bisa marah-marah dan maki-maki kpd komputer, padahal ia cuma mesin, atau kita menangis dan putus-asa lantaran komputer kita ngadat. Sebaliknya, kita bisa kurangajar terhadap Tuhan, alias tak punya etika. Atau kita melanggar norma dlm pergaulan sosial di masyarakat.

__________________________________________________

[inset] kesimpulan fungsi otak dlm berpikir dan merasa:

  • otak belahan-kiri: rasio > logika
  • otak belahan-kanan: emosi > etika
  • otak kiri + kanan: rasio + emosi > logika + etika > norma
__________________________________________________


Cara berpikir sistematik, berpikir sesuai tatanan atau menurut sistem. Langkah demi langkah mengikuti suatu flowchart (bagan alir), dimana pada bbrp titik tertentu ada bbrp pilihan kondisional: if ... then . . .(jika ... maka ...)

Meski cara sistematik tak menjamin bahwa kita bisa selesaikan semua soal, krn ada cara terobosan dan pintasan menggunakan cara kreativ dan intuitiv, tapi itu langkah prosedur standar hrs ditempuh, terutama bila kita bukan seorg kreativ dan intuitiv, atau hanya org biasa.

Kenapa semua ini dipaparkan disini? Kenapa tak dikasihtahu langsung saja bagaimana mengatasi masalah? Koq jadi mutar sana-sini atau berbelit. Apakah bukan malah bikin bingung? Jawabannya silahkan lihat si tulisan ini bagian pertama.

Tapi kalau kita satu hari mau jadi seorg ahli komputer hebat, atau troubleshooter dan problem-solver kawakan, atau ingin bisa mengatasi banyak hal terjadi terhadap komputer kita sendiri, tanpa telalu banyak bergantung kpd org lain, maka cara berpikir dan bertindak sebagaimana telah diuraikan diatas harus dikuasai sebaik mungkin, dan kita takan pernah menyesal di kemudian hari, bahkan malah bersyukur krn memiliki sesuatu sangat bernilai dan berharga. Bolehjadi suatu hari kita jadi seorg computer system advisor (penasehat sistem komputer) atau konsultan ahli di bidang TI.


[ berlanjut ke bagian tiga ]


IT'S PRO ™ INFORMATION TECHNOLOGY SOLUTION PROVIDER

KOSTER ™ KOMUNITAS SUZUKI THUNDER

___________________________________

(C) 1998-2008 - THUNDER RIDER | EE ONE S

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dari tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedalam bentuk bahasa apapun atau disimpan dalam satu sistem retrieval apapun; dalam bentuk apapun atau dalam cara apapun, mencakup tapi tak terbatas pada cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; untuk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dari pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, duplikasi dan distribusi secara keseluruhan atau sebagian, mohon cantumkan sumber tulisan sebagai acuan.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Empty
PostSubyek: Re: IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi   IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime07.03.08 2:38

COMPUTER AND INTERNET - KOSTER ™ IT'S PRO ™

PENGANTAR KE ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

_________________________________

MELACAK MASALAH KE SUMBER DAN
MEMECAH PROBLEM JADI KEPINGAN


BREAKING PROBLEM INTO FRAGMENTS
_________________________________


BAGIAN TIGA DARI TIGA TULISAN

(C) 2006-2008 - THUNDER RIDER | EE ONE S


Semua komputer pada inti bekerja atas dasar logics (logika) [Yunani] atau manthiq (mantik) [Arab], yg tlh berkembang lewat 3 tahap:

  • Aristotelian lingusitic semantic logics (logika arti bahasa).
  • Boolean mathematic symbolic logics (logika lambang matematik).
  • Shannonian electronic digital logics (logika angkani elektronik).

Masing-masing dikembangkan secara berantai oleh Aristoteles (±384-322 SM) filsuf Yunani, pencetus syllogism (silogisme); George Boole (1815-1864), filsuf dan matematikan Inggris, pembetuk Aljabar Boolean; dan Claude E. Shannon (1916-2001), insinyur listrik dan matematikan AS, perancang pertama sirkuit digital (1937-1938) dan pengaju Teori Informasi.

Tiga logika tsb dipresentasikan via 3 alat:

  • tabel: set teory truth table (table kesejatian teori set), de Morgan rule.
  • diagram: Venn | Euler | Johnston | Pierce | Edward | Dodgson | Carroll diagram.
  • map: Karnaugh-Vitch map [K-V map].

De Morgan rule disusun (1838) oleh Augustus De Morgan (1806-1871), matematikan Inggris; Venn diagram dirancang (1881) oleh John Venn (1834-1923), filsuf dan matematikan Inggris; dan Karnaugh map dirancang (1950-1953) oleh Maurice Karnaugh, fisikawan dan insinyur listrik AS.

Kesimpulan akhir 3 logika tsb adalah, tiap pernyataan mengandung 2 kemungkinan binary (duaan), pembentuk BIT (binary digit, angka duaan), dan 1 fuzzy logics (logika paduan, gabungan; representasi analog via digital) [digital statistical probalility]:

  • black (hitam) = wrong (salah) = false (palsu) = no (tak) = off (padam) = zero, cipher, null (nol) = 0.
  • white (putih) = right (benar) = true (sejati, betul) = yes (ya) = on (nyala) = one (satu) = 1.
  • gray (kelabu) = inter flip-flop (kelap-kelip; kedap-kedip; remang-remang) = antara 0 dan 1.

merupakan manifestasi 3 sifat Tuhan:

  • mustahil (impossible, tak-mungkin).
  • muwjab (waajib, must, mesti, pasti).
  • mumkin atau ja`iz (possible, probable, mungkin, bisa-jadi).

Dengan 3 operator logik: kombinasi 2 operator logik, dan 1 operator paduan logik:

  • and (dan) [Arab: wa],
  • or (atau) [Arab: aw],
  • if . . . then . . . (jika . . . maka . . .) [Arab: in . . . fa . . .]
    [conditional operator: prescedent > antecedent, cause > effect, sebab > akibat],

dpt dihasilkan puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, milyaran fungsi logik, utk merepresentasikan problem dan solusi; dan komputer bekerja atas dasar prinsip ini.

Komputer tampak begitu canggih, ternyata hanya mesin sangat sederhana dan sangat dodol, karena ia hanya tahu dua status listrik, off atau on (padam atau nyala), dan satu skala ubahan status antara off dan on.

Kalau kita tengok kedalam perangkat komputer, seluruh sistem ternyata hanya dibentuk oleh 3 subsistem manifestasi fungsi logika.

  • H/W (hardware, perangkatkeras) = hard-wiring logics (logika kawat-keras) = mesin; program dipatrikan,
  • S/W (software, perangkatlunak) = soft-wiring logics (logika kawat-ringan) = program; mesin luwes,
  • F/W (firmware, perangkatpabrik) = gabungan S/W dan H/W = mesin berisi program; mesin diprogramkan,

Contoh masing-masing:

  • H/W: M/B (motherboard, papan-induk) dan D/B (daughterboard, papan-puteri; plug-in and-on card) hanyalah PCB (printed circuit board, papan rangkaian tercetak), dimana logika dipatrikan secara real (nyata) dalam bentuk E-IC-C (electronic integrated circuit chip, serpih rangkaian terpadu elektronik) [biasa disebut IC].

  • S/W: O/S (operating system, sistem operasi), dimana logika dipendam secara virtual (maya) dalam bentuk program atau rangkaian instruksi.

  • F/W: BIOS (basic input/output service) adalah gabungan 2 diatas, dlm bentuk embedded electricaly triggerable program (program bisa dipicu listrik ditanamkan) dalam EEP-ROM (electricaly erasable programmable read-only memory) [umum disebut ROM].

Secara legal (hukum), kreativitas penciptaan masing-masing, dilindungi oleh:

  • patent (paten) utk H/W.
  • copyright (hak-cipta) utk S/W.
  • trademark (merek-dagang) utk F/W, atau kombinasi H/W dan S/W.

Dari uraian diatas, komputer tampak begitu rumit, ternyata terdiri dari 3 hal sangat sederhana, dimana 2 pokok dan 1 derivasi.

Program komputer tampak begitu rumit dan canggih ternyata hanyalah kumpulan subprogram modular, dpt dipecah atas modul-modul subroutine dan fungsi kecil dan sederhana.

Jika kita dapat mengerti dan memahami hal ini, maka solusi problem apa pun di komputer akan tampak mudah dan gampang. Komputer bisa menyelesaikan berbagai masalah pelik dan rumit, karena ia mengubahnya jadi hal sederhana, hanya 0 dan 1, alias padam dan nyala; seperti dpt dilihat secara visual dari kedap-kedip LED (light emitting diode, dioda melepas cahaya) di PC kita.

Tugas pertama problem solver (penyelesai persoalan) adalah breaking-down complex large problem into simple small pieces (memecah soal besar rumit jadi kepingan-kepingan kecil sederhana); computer troubleshooter (pelacak masalah) dan programmer bekerja atas dasar prinsip ini.


Sebagai contoh:

H/W dapat dipecah atas 3 subsistem:
  • CPU (central processing unit, satuan olah pusat).
  • MU (memory unit, satuan ingatan).
  • I/O U (input/output unit, satuan masukan/keluaran) atau
    PU (peripheral unit, satuan kaki-tangan).

O/S dapat dipecah atas 3 subsistem:
  • kernel (core, inti).
  • shell (skin, kelopak, kulit).
  • vessel (pembuluh) | pipe (pipa), penghubung antara kernel dan shell.

Kemudian masing-masing bisa dipecah lagi.

Misal: I/O dpt dipecah atas 3 macam:
  • RO (read only, hanya baca), seperti keyboard, mouse, touch screen, digitizer, scanner, camera, microphone.
  • WO (write only, hanya tulis), seperti video monitor, printer, plotter, loudspeaker.
  • R/W (read/write, baca/tulis) atau storage (penyimpanan) dan transceiver (transfer-receiver, pengirim-penerima) seperti memory, disk, tape, dan comm devices (peranti komunikasi) seperti modem (modulator-demodulator).

lalu disk (cakram) dpt dibedakan lagi atas 3 macam:
  • FD (floppy | flexy disk, cakram luwes) atau disket.
  • HD (hard disk, cakram keras).
  • CD (compact disk, cakram pampat).

[flash-disk atau pseudo-disk (cakram-semu) bukan disk, tapi memori]

lalu dalam penggunaan, HD dapat dibedakan lagi atas 3 macam:
  • PD (physical disk, cakram fisik).
  • LD (logical disk, cakram logik).
  • VD (volume disk, cakram isi).

[virtual disk (cakram maya) bukan disk, tapi memori]
[sebaliknya virtual memory bukan memori, tapi disk]

lalu, secara fisik, PD dapat dibagi lagi atas 3 irisan:
  • C (cylinder, silinder, tabung),
  • T (track, trak, alur), dan
  • S (sector, sektor, juring),
    membentuk koordinat 3D [C,T,S] lokasi alamat penyimpan dlm disk, dinyatakan sbg communication channel (jalur komunikasi).

Demikian seterusnya.

Dengan cara ini, kita jadi mudah mengalokasi letak sumber masalah, makin dipecah, makin sempit, makin fokus, dan makin mendekati solusi.



Untuk sementara, sekian dulu, semoga rangkaian tulisan ini bermanfaat utk semua, sebagai bekal dasar utk jadi IT solution provider; tak ada manusia sempurna, sehingga tak ada seorang pun pernah luput dari kekeliruan, kesalahan, dan kealpaan; begitu pula penulis; dan dengan rendah hati mohon maaf dan harap maklum bila masih ada salah kata dan atau salah ketik. Hanya Tuhan Maha-Berilmu dan Maha-Benar. Semoga kita semua dilimpahi ilmu bermanfaat dan senantiasa dibimbingNya ke jalan yang benar dan tetap berada dalam kebenaran. Amin.


IT'S PRO ™ INFORMATION TECHNOLOGY SOLUTION PROVIDER

KOSTER ™ KOMUNITAS SUZUKI THUNDER

___________________________________

(C) 1998-2008 - THUNDER RIDER | EE ONE S

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dari tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedalam bentuk bahasa apapun atau disimpan dalam satu sistem retrieval apapun; dalam bentuk apapun atau dalam cara apapun, mencakup tapi tak terbatas pada cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; untuk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dari pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, duplikasi dan distribusi secara keseluruhan atau sebagian, mohon cantumkan sumber tulisan sebagai acuan.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Sponsored content





IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Empty
PostSubyek: Re: IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi   IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
IT: Pengantar ke Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» PROMO: Jasa Profesional Teknologi Informasi dan Komunikasi
» TIK: Teknologi Informasi dan Komunikasi Habiskan 40 Persen Total Konsumsi Energi Dunia
» TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: IT Corner :: Computer Brainware | Skillware, Programming, Scripting, Hacking, Virus, dan lain-lain-
Navigasi: