Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 5 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 5 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram

Go down 
+5
andaru70
greenmage_lv7
042
Maz_Praz
Heri
9 posters
PengirimMessage
Heri
LETJEN KOSTER
LETJEN KOSTER
Heri


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6389
Total Posan : 2503
Sejak : 13.11.06
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0079
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja
Sikon : Senang2 aja
Hobi : lupa
Slogan : lupa

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime31.05.07 13:59

Rasanya hati lebih tenang, jika rem pada sepeda motor kita, tidak
mempunyai masalah. Mau melakukan kegiatan sehari-hari ataupun touring
bersama rekan-rekan sejawat, no problem....!. Tapi bagaimana jika
sistem pengereman pada kendaraan yang akan dipakai mengalami gangguan
?, jangan coba-coba untuk tetap memaksakan keinginan anda, karena
justru akan membuat masalah nantinya. Agar komponen dari rem bisa
bekerja maksimal, maka perawatan secara berkala, adalah hal yang sangat
penting untuk dilakukan. “Biasanya untuk pengecekan berkala pada sistem
pengereman (yang menggunakan cakram) dilakukan 6 bulan sekali,” kata
Dadang, mekanik Mitra Motor di daerah Depok 2 Tengah. “Pengecekan
berkala ini tidak terlalu rumit, bisa dilakukan sendiri di rumah,”
katanya kemudian.

Untuk melakukan pengecekan terhadap sistem pengereman yang menggunakan
cakram, perangkat yang perlu dipersiapkan adalah obeng min (-), kunci L
ukuran 5’, kunci pas dan sikat kawat.

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Gb1MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Gb2MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Gb3

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu melepaskan dua baut pada kaliper
dengan menggunakan obeng (-) (gb.1), karena dibawah baut tersebut
terdapat baut L yang berfungsi sebagai baut sliding untuk kampas rem
(gb,2), kemudian lepaskan kaliper dari cakram dengan membuka baut
dengan kunci pas (gb,3).

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Gbr4MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Gbr5



Setelah kaliper terlepas dari cakram, kemudian lepas juga bracket rem
(gb.4) jika bracketkering, bisa diberi oli.Bila itu sudah dilakukan
sekarang periksa piston dari kaliper, jika terdapat debu pada piston,
bersihkan dengan menggunakan sikat kawat, setelah bersih, teteskan oli
untuk mempermudah gerakan piston (gb,5), “Tapi perlu diperhatikan bila
hal itu sudah dilakukan, kemudian cek piston dengan cara menekan
piston, bila masih bisa bekerja, berarti tidak ada masalah, tapi bila
dengan menggunakan kekuatan tangan sudah sulit bekerja maka terdapat
masalah pada kaliper.” kata Dadang. (gb,6).



MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Gbr7edit





MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Gbr8

Jika kampas rem sudah aus secepatnya ganti dengan yang baru, biar lebih
aman (gb,7). “Jangan lupa untuk mengecek oli rem yang terdapat pada
master rem, bila isinya berkurang tambahkan dengan oli rem yang sesuai
dengan kendaraan roda dua.” ungkap mekanik yang sekaligus pemilik
bengkel ini menutup pembicaraan (gb,8).

Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Maz_Praz
PELDA KOSTER
PELDA KOSTER
Maz_Praz


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6243
Total Posan : 266
Sejak : 17.04.07
Domisili : Jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : Tidak Bujang

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime02.06.07 19:26



Thank's infonya bro.....Angkat Gelas Bir Bua
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9534
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime05.06.07 8:04

Gitu atuh posting teh yang bener Her...kan enak dibacanya juga sama rekan2 Forumers Kostersss...hehehe Piss Mann! :melet lidah:
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Heri
LETJEN KOSTER
LETJEN KOSTER
Heri


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6389
Total Posan : 2503
Sejak : 13.11.06
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0079
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja
Sikon : Senang2 aja
Hobi : lupa
Slogan : lupa

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime05.06.07 9:08

HEHEHEHE......GW TEA PAN
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
greenmage_lv7
KOPTU KOSTER
KOPTU KOSTER
greenmage_lv7


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6218
Total Posan : 62
Sejak : 13.05.07
Domisili : jakarta,bandung
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : loud n clear

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime27.06.07 20:42

Sini disuntik dulu pake gak?
soalny di bak oli rem kan ada saluran oli tuh..mmhhhh...mikir...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/invention
andaru70
PRAKA KOSTER
PRAKA KOSTER
andaru70


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6226
Total Posan : 31
Sejak : 04.05.07
Domisili : jakarta--padang island (riau)
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : In relationship

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime02.07.07 10:28

bro, biar lebih cihuy lagi untuk minyak remnya pake yang spec-nya tertulis DOT-4. kalau perlu DOT-5 (silicon oil) sekalian.
kalau DOT-5 ini jauh lebih tahan terhadap temperatur tinggi.
minyak rem kalau terlampau panas bisa menyebabkan rem tidak bekerja lo.....
kalau yang standar itu biasanya DOT-3.
Kembali Ke Atas Go down
om eric
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
om eric


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6184
Total Posan : 1172
Sejak : 12.06.07
Domisili : Banyuwangi
KorWil : Jember - Banyuwangi
NRA : 0497
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 250
Sikon : kawin
Hobi : BASKET
Slogan : Nikmati hidup, karena hidup hanya sekali.....

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime04.07.07 13:49

maaaaaaaaaannnnnnnnnntaaaaaaaap... bro infonya.........

Tepok Tangan Tepok Tangan Tepok Tangan Tepok Tangan
Kembali Ke Atas Go down
http://yahoo.com
candra904
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
candra904


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6199
Total Posan : 1806
Sejak : 24.05.07
Domisili : Balikpapan
KorWil : Balikpapan
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja dah...
Sikon : kawin 1 anak
Slogan : Orang Bijak Taat Ibadah... Taat Pajak....Taat Berlalulintas

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime05.07.07 10:55

nambah ilmu - nambah pengalaman thx Bro.. Salut..Gue nyembah e
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/candra904
n'elbara
PRATU KOSTER
PRATU KOSTER
n'elbara


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6044
Total Posan : 28
Sejak : 02.11.07
Domisili : samarinda, kalimantan timur
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : tukang ngepot

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime02.01.08 13:57

trus DOT-3, DOT-4 ama DOT-5 bedanya apaan?
kekentalan oli atau ada yg laen
trus apa bener klo DOT-4 tu biasa dipake buat roda 4


makaseh
Kembali Ke Atas Go down
http://anaksamarinda.multiply.com
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9534
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime02.01.08 15:20

nelbara wrote:
trus DOT-3, DOT-4 ama DOT-5 bedanya apaan?
kekentalan oli atau ada yg laen
trus apa bener klo DOT-4 tu biasa dipake buat roda 4


makaseh

minyak rem diklasifikasikan dalam empat kategori: yakni DOT3, DOT4, DOT5.1 dan DOT5. Untuk informasi, DOT merupakan singkatan dari Departement Of Transportation (USA) yang menentukan tingkat spesifikasi minyak rem, semakin tinggi angka yang mengikuti kata DOT berarti pula semakin tinggi titik didihnya.

(AFd, ArisFH)





Boks

DOT5

Minyak rem berspesifikasi DOT5 berbahan dasar silikon. Minyak rem ini umumnya digunakan pada kendaraan militer, seperti pada kendaraan tempur angkatan bersenjata Amerika Serikat. Alasannya silikon tak merusak cat permukaan luar kendaraan, hal yang penting dalam penyamaran. DOT5 pun biasanya digunakan oleh show car, ataupun kendaraan yang akan lebih banyak disimpan di garasi, seperti kendaraan klasik.

DOT5 mampu dapat bekerja pada tekanan relatif tinggi namun tidak mempunyai daya lumas yang baik (gesekannya terlalu besar). Karena gesekan antara minyak rem dan salurannya maka membuat pengendara mesti menekan pedal rem lebih kuat agar sistem rem bekerja. Kondisi seperti ini biasa diistilahkan sebagai ‘rem keras’ atau ‘bagel’.



Silikon adalah cairan yang tidak menyerap air (non-hydroscopic), sehingga sifat dan kemampuan silikon stabil pada suhu tinggi. Air pada sistem rem akan membuat titik didih menurun, otomatis berpengaruh pada penurunan kemampuan sistem rem. Seperti diketahui, air akan mendidih pada 100 derajat Celcius, uap air yang timbul karena pemanasan sistem akan membuat vapor lock (resistansi) pada saluran rem. Akibatnya, rem menjadi ‘blong’.



Boks

DOT3, DOT4, dan DOT5.1



Minyak rem berspesifikasi DOT3,4 dan 5.1 mengandung Polyglycol ethers yang hydroscopic, artinya mempunyai sifat menyerap air. Bila dicampur/tercampur air, minyak rem tersebut tetap berwujud sama sekalipun sifatnya sudah berubah. Polyglycol hanya berkemampuan setengah silikon dalam menerima tekanan. Hal ini membuat pedal rem terasa tak ‘sekeras’ sistem rem yang menggunakan DOT5.



Untuk mobil racing, dry boiling point menjadi penting. Karena sifat ketiganya yang hydroscopic yang bisa menyebabkan vapor lock, maka untuk itulah para pembalap biasa mengganti minyak rem sebelum iven, tak lain agar performa minyak rem primaa. Sebab saat balap, sistem rem bekerja keras, tak jarang cakram rem sering terlihat merah membara. Meski air akan membuat titik didih minyak rem menurun, namun hal tersebut tidak menjadi isu penting dalam kendaraan harian. Karena setelah pemakaian beberapa bulan, performa minyak rem kemungkinan hanya mendekati titik didih ‘wet’ saja. Tetapi perlu diperhatikan adalah kelembaban udara sebab termasuk faktor yang mempercepat penurunan performa.



Boks

Titik Didih



Umumnya pada kemasan minyak rem akan dicantumkan Wet dan Dry Boiling Point. Istilah boiling point atau titik didih menunjukkan suhu di mana cairan mendidih. Pada kondisi ini minyak rem akan mulai menguap sesuai dengan titik didihnya. Wet boiling point adalah titik didih minyak rem yang mengandung air sebanyak 3 % volume. Sedangkan dry boiling point adalah titik didih minyak rem tanpa baru atau belum terkontaminasi air.



Boks

Penggantian Minyak Rem



Minyak rem perlu diganti karena dua alasan, demi perawatan dan performa. Perawatan, mengganti minyak rem lama otomatis akan membuang air dan kotoran dari sistem rem. Minyak rem lama harus dibilas sebab air yang diserapnya bisa menyebabkan karat pada kaliper dan piston rem. Maka gantilah minyak rem secara menyeluruh, setidaknya setiap 50.000 km.

Performa, memakai minyak rem baru tentu membuat sistem rem kembali bekerja optimal sehingga aman untuk pengereman berat. Air atau uap air dapat ditemukan hampir pada semua sistem rem. Uap air memasuki sistem melalui banyak jalan. Umumnya uap air masuk ke minyak rem yang kemasannya terbuka. Perlu diingat minyak rem mampu menyerap uap air dari lingkungan karena kelembaban di wilayah tropis mencapai lebih dari 60 %. Untuk itu kemasan minyak rem sebaik ditutup dengan kuat, atau disil, jika akan disimpan untuk waktu yang lama.



Gunakan minyak rem dalam kemasan yang lebih kecil untuk penambahan.

Ketika mengganti atau bleeding minyak rem, segera tutup kembali tabung silinder master rem. Air dapat pula terbentuk dalam saluran dan kaliper akibat kondensasi. Air hasil kondensasi ini menyebabkan sistem rem jadi lebih keras ataupun memungkinkan untuk terjadinya karat.



Difusi adalah jalan lain uap air memasuki sistem, akibat selang karet yang menggetas menimbulkan pori-pori mikroskopik. Penggunaan selang yang terbuat dari bahan EPDM (Ethlene-Propylene-Diene-Materials) dapat mengurangi difusi. Atau penggunaan selang teflon yang dibungkus anyaman kawat termasuk salah satu cara mengurangi difusi.



Pada kondisi darurat, pencampuran minyak rem bermerek beda namun berspesifikasi sama, dapat dilakukan. Namun, sebaiknya harus segera diganti karena pada dasarnya kita tidak mengetahui secara spesifik bahan dari masing-masing merek tersebut. Jangan pernah mencampur minyak rem berbahan dasar glikol (DOT3, 4, 5.1) dengan minyak rem berbahan dasar silikon (DOT5) karena tidak akan pernah bisa bercampur. Baca buku pedoman penggunaan kendaraan Anda secara seksama tentang pemakaian/penggantian minyak rem.

Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
king syahriar
PELTU KOSTER
PELTU KOSTER
king syahriar


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6013
Total Posan : 317
Sejak : 08.12.07
Domisili : Surakarta Hadiningrat
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 bro
Sikon : perjaka
Hobi : Main Game, Nonton Film, nOngkrOng, tOuring

MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime02.01.08 17:42

Salut..Gue nyembah e
Kembali Ke Atas Go down
http://king.syahriar@yahoo.co.id
Sponsored content





MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Empty
PostSubyek: Re: MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram   MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
MAINTENANS: Pemeliharaan Berkala Rem Cakram
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» MAINTENANS: Pemeliharaan dan Perawatan Aki
» MAINTENANS: Saran Pemeliharaan Thunder
» MAINTENANS: TIP: Mengganti dan Merawat Kanvas Rem Cakram Thunder 125

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Maintenans Suzuki Thunder :: Maintenans Permesinan Suzuki Thunder-
Navigasi: