Subyek: KASUS: Moto Brogader KOSTER di Artikel Lebay 25.05.10 15:12
KASUS: Moto Brogader KOSTER di Artikel Lebay HARAP TANGGAPI SECARA RASIONAL, INTELEKTUAL, BIJAK, DEWASA DAN TERHORMAT
TENTANG MELANGGAR
MELANGGAR Blog ini merupakan kumpulan pelanggaran lalu lintas yang tertangkap oleh kamera, baik oleh tim melanggarlalulintas ataupun oleh teman-teman lainnya. Tidak hanya foto-foto melanggar, kami juga akan mempublish foto-foto kendaraan yang kami rasa "Lebay" walaupun mereka tidak melakukan pelanggaran lalu-lintas. Tentu saja karena keterbatasan waktu dan tenaga tim Melanggar Lalu Lintas, tidak semua pelanggaran (atau lebay) dapat kami foto, oleh karena itu anda dapat berpartisipasi mengirimkan foto atau video pelanggaran (atau lebay) ke kami di email: [url=mailto://]melanggar.lebay@gmail.com[/url]
Monday, May 10, 2010
Lebay!!!
Sejak blog ini berjalan lebih dari sebulan, sepertinya kami belum pernah memperlihatkan foto-foto yang masuk kategori "Lebay". Seperti apa sih Lebay itu?
Ya yang menurut kami dandanan yang berlebihan dan tidak pantas. Seperti mobil bersayap extra tinggi, motor dengan box extra banyak, dan segala macam modifikasi/dandanan yang berlebihan dan tidak pantas. Kalo untuk mobil mungkin kami tidak terlalu concern, karena sudah ada website tetangga yang sudah lebih dahulu membahasnya. Tapi kalo untuk motor, kami jarang sekali menemukannya. Jadi sepertinya kami lebih tertarik untuk mengangkat tingkah polah kelebayan motor.
Oke, seperti yang tertangkap kamera kami di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur pada tanggal 8 Mei 2010 lalu:
Terlihat sebuah motor laki-laki merk Jepang dengan logo "S" dan bermesin hanya 125cc. Tapi coba kita lihat segala aksesoris apa saja yang menempel padanya:
1. Box Extra banyak dan Extra Besar.
Mungkin diilhami dari tampilan motor-motor besar kategori touring dengan bagasinya, tapi kayaknya yang di motor besar juga ga butuh box segitu besar dan segitu banyak, yang dia butuhkan hanyalah sebuah mesin berkapasitas besar agar sanggup menjelajahi daerah-daerah yang terpencil.
Mungkin ya, karena keterbatasan motor lokal yang cc-nya kecil-kecil, menambah kapasitas mesin sudah tidak lagi memungkinkan, akhirnya alternatif yang paling mujarab agar mendekati rasa motor gede adalah memperbesar dan memperbanyak box. Lumayan lah, hitung-hitung bisa buat menaruh pakaian kotor seminggu untuk box kanan, kaos kaki dan sepatu basah untuk box kiri, atau mungkin bisa buat titipan membuang sampah rumah tangga untuk box atas.
Motor dengan box extra banyak dan extra besar sungguh menjengkelkan ketika parkir di sebuah kawasan gedung perkantoran atau perbelanjaan. Lain halnya dengan motor besar yang sudah disediakan parkir khusus yang biasanya tidak jauh dari Lobby Gedung, motor yang pura-pura besar (dengan box besarnya) itu tentu tidak boleh parkir bersama motor besar. Mau tak mau harus parkir di tempat parkiran motor kecil lain yang biasanya berada jauh di basement dan jauh di pinggiran, yang sudah pasti berjubel. Dengan box extranya itu, tentu sangat memakan ruangan, setidaknya jika tidak pakai box, masih cukup untuk sebuah motor kecil. Tapi karena menggunakan box, jadi tidak cukup. Ini baru satu, coba bayangkan kalau puluhan.
2. Pipa Kaki tidak jelas.
Kami sering lihat aplikasi pemasangan pipa extra tersebut pada Motor Besar semacam Harley Davidson. Tapi kalau untuk di motor kecil, kami baru melihatnya akhir-akhir ini, ketika klub-klub motor kecil menjamur. Kami sendiri juga bingung, apa fungsinya buat mereka? Paling mereka juga tidak tahu fungsi aslinya seperti apa.
3. Plat Tag
Satu hal lagi pemasangan alat yang tidak bermanfaat dan sering kami temui di klub-klub motor cc kecil. Sebuah plat untuk memasang stiker, yang biasanya dibuat untuk memasang logo klub motor kebanggannya. Memangnya permukaan motor anda sudah habis sampai-sampai harus membuat permukaan baru untuk memasang stiker?
4. Lampu berlebihan, Blitz depan dan Blitz menghadap belakang
Sebuah lampu depan, sebuah lampu belakang dan 2 pasang sein sepertinya masih kurang untuk kebanyakan Klub Motor kecil, jadinya mereka menambah lagi dengan harapan motornya semakin terlihat di jalan raya. Jangan kuatir, anda tetap terlihat kok, kan anda pelan.
Yang paling menjengkelkan adalah, pemasangan Blitz. Apalagi yang memasang blitz menghadap belakang. Membuat silau pengendara lain dan sangat mengganggu.
5. Antena
Motor dengan antena?
Hmmm, ga salah? Memangnya anda akan konsen mengendarai motor sambil berkomunikasi di radio?
Bukannya terlihat gagah, menurut kami malah terlihat seperti bombom car
6. Setang Trail, Pelindung Jari-jari
Mari kita lihat bersama di jalan, berapa banyak motor yang di dandanin seperti ini yang menggunakan setang lebar ala motor trail, lengkap dengan pelindung tangan. Sudah begitu, menggunakan spion yang juga serupa dengan ada yang di gambar, lengkap dengan kaca cembung kecil. Biasanya kaca cembung kecil banyak dipasang sebagai tambahan kaca spion mobil, dengan tujuan agar daerah-daerah yang tidak terlihat spion dapat lebih terlihat, seperti bawah pintu dan ban belakang.
Tapi kalau di motor? Apakah anda segitu besarnya sampai-sampai untuk nengok ke bawah atau samping saja tidak kelihatan?
7. Knalpot Bersuara besar
Banyak yang salah kaprah mengenai pemasangan knalpot besar, harapannya dengan suara bertambah besar, maka dapat membuat motor bertambah kencang. Padahal tidak. Pemasangan knalpot model freeflow hanya akan memperlancar gas buang, sehingga menjadikan ngegas jadi semakin enteng, tapi untuk masalah kecepatan, itu urusannnya rasio gear.
8. Jaket atau Rompi Kebanggaan.
Kebanyakan anggota-anggota klub motor tersebut pasti menggunakan jaket atau rompi kebesaran mereka. Seolah-oleh menunjukkan identitas mereka. Masalahnya adalah, siapa yang peduli?
Dari sekian banyak modifikasi dan segala aksesoris yang menempel, sepertinya anda melupakan satu hal.
Anda lupa kalau cc motor anda kecil...
Kasian juga ya?
Terlihat kan bagaimana tingkat kelebayan klub motor-motor kecil? Satu saja sudah menjengkelkan apalagi kalau banyak dan berbondong-bondong?
Posted by melanggar at 2:46 PM 17 comments Links to this post Labels: Lebay
Poin Brogader : 5816 Total Posan : 353 Sejak : 17.09.09 Domisili : sekitar Ciputat - JOMBaNG-Pamulang KorWil : TANGSEL NRA : 780 Jabatan : Anggota RESMI Thunder :
125
Julukan : Macan Marong Sikon : singeL (klo diLUAR), dirumah ada satu istri dan satu anak laki2 Hobi : bermusik, bercinta & bertualang Slogan : JGN UGAL-UGALAN, KECUALI KLO LO BAWA KOPAHA' EH KOPAJA...'
Poin Brogader : 5816 Total Posan : 353 Sejak : 17.09.09 Domisili : sekitar Ciputat - JOMBaNG-Pamulang KorWil : TANGSEL NRA : 780 Jabatan : Anggota RESMI Thunder :
125
Julukan : Macan Marong Sikon : singeL (klo diLUAR), dirumah ada satu istri dan satu anak laki2 Hobi : bermusik, bercinta & bertualang Slogan : JGN UGAL-UGALAN, KECUALI KLO LO BAWA KOPAHA' EH KOPAJA...'
siapapun pembuat BLOG tsb, dia telah menghina KOSTER INDONESIA beserta jajarannya ... saya selaku bagian dari keluarga KOSTER, SANGAT2 mengecam BlOG tsb.
Kurang-lebihnya saya minta maaf ...
thx...
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8057 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder :
125
Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
Siapapun yang membuat Blog tersebut tuh orang bener2 Sinting dan sangat menghina Organisasi Kita KOSTER INDONESIA, kalo ente belum tahu ilmu tetang Safety Riding & Motor ngga usah banyak cincong lah bro ..., kayak loe yg bener aja jadi orang!
Jika tidak ada permintaan maaf or mencabut Thread di Blog Melanggar, maka Kami akan mengusut tuntas kasus ini dan kami akan tuntut secara Hukum sesuai UU ITE ... Secara Pidana bisa kena pasal Pencemaran Nama baik, dan Perbuatan tidak menyenangkan ... ingat itu bro!
Bravo KOSTER Indonesia!
Heru Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6414 Total Posan : 3127 Sejak : 13.11.06 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0069 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
yang pasti tukang blog nya iri sama kita bro ... ga bisa nyaingin makanya jelek2in kita ...
bravo KOSTER
Tongho SERTU KOSTER
Poin Brogader : 5804 Total Posan : 145 Sejak : 23.12.08 Domisili : Wahana Pondok Gede KorWil : - NRA : 0000 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
250
Julukan : Lucky's Bike Sikon : Married Hobi : Denger musik barat jadul Slogan : Diusahakan ... alon-alon asal kelakon
ne' ora alon-alon ojo lali klakson!!
boleh juga sih blog ini mengulas kelebayan bikers, tapi harus dilihat juga pemakaian dari segi keamanan pengendaranya.
1. BOX, ada baiknya bila kesehariannya kita hanya menggunakan box yang digunakan saja, mungkin atas atau sampingnya saja, kalau turing mungkin lebih berguna bila dipakai semuanya. kita juga tidak bisa menghakimi setiap pengendara yang menggunakan semua box dengan alasan apapun, karna kepentingan setiap insan kan tidak ada yang tau. mungkin isinya bisa usaha dagangan atau bahan kerjaan dengan volume yang besar.
2. Pipa kaki tidak jelas, sudah jelas buat pengaman kaki dan foot rest, bisa juga engine guard bila dimodif ulang, selebihnya mungkin fog lamp dan klakson, koq dibilang tidak jelas, aya-aya wae...
3. Plat Tag, nah yang ini ane belum bisa kasih komentar ... karna setahu ane penempatan atribut KOSTER sudah jelas-jelas sekali diatur dalam ketentuan tentang penggunaan properti KOSTER.
4. Lampu berlebihan. Lampu blitz jangan dipake dibelakang bro ... silau ... malu-maluin KOSTER aja (sorry bagi yang udah make... karna itu fakta dilapangan dan selalu jadi sumpah serapah pengendara motor/mobil dibelakang). Yang penting di box atas jangan lupa dikasih lampu rem dan sein. Ane udah terapin bro buat mobil dibelakang yang gak liat lampu bawah biar lebih waspada.
5. Antena. Buat komunikasi bikers saat turing bermanfaat banget bro ... tapi kalo yang dipake tapi gak ada fungsinya mending dicopot lah ... malu-maluin, nti malah nyangkut di portal berabe. kalo yang rusak mending di perbaiki bro karna ane pikir komunikasi amat bermanfaat untuk keselamatan.
6. Setang trail, pelindung jari-jari, stang trai biasanya untuk kenyamanan berkendara, kalo pelindung ya ... namanya juga pelindung ya untuk keselamatan bro ... bukan buat hiasan. ponakan ane udah ngalemin tuh ... bajay yang gak pake sein main putar sembarang, kejadian pelindung tangan bengkok dan pecah, coba kalo gak ada pelindung, ancur kaleeee...
7. Knalpot bersuara besar , besar tapi jangan cempreng bro ... nyakitin hati dan kuping
8. jaket dan rompi kebanggaan. Namanya juga kebanggaan ... ya dipake dong, yang penting taat peraturan. Ane juga kalo dapet jaket pelantikan pasti ane pake terus ... ya bangga donk. (kapan yah bisa ikutan.... keluarga bergantian kesehatannya turun, minta do'anya bro biar pulih & bisa gabung lagi)
yang pasti blog ini bagus sekedar untuk mengingatkan, tapi gak berhak juga untuk menghakimi... karna setiap insan punya kepentingan dan privasinya masing-masing.
p.Cie PELTU KOSTER
Poin Brogader : 5816 Total Posan : 353 Sejak : 17.09.09 Domisili : sekitar Ciputat - JOMBaNG-Pamulang KorWil : TANGSEL NRA : 780 Jabatan : Anggota RESMI Thunder :
125
Julukan : Macan Marong Sikon : singeL (klo diLUAR), dirumah ada satu istri dan satu anak laki2 Hobi : bermusik, bercinta & bertualang Slogan : JGN UGAL-UGALAN, KECUALI KLO LO BAWA KOPAHA' EH KOPAJA...'
Siapapun yang membuat Blog tersebut tuh orang bener2 Sinting dan sangat menghina Organisasi Kita KOSTER INDONESIA, kalo ente belum tahu ilmu tetang Safety Riding & Motor ngga usah banyak cincong lah bro ..., kayak loe yg bener aja jadi orang!
Jika tidak ada permintaan maaf or mencabut Thread di Blog Melanggar, maka Kami akan mengusut tuntas kasus ini dan kami akan tuntut secara Hukum sesuai UU ITE ... Secara Pidana bisa kena pasal Pencemaran Nama baik, dan Perbuatan tidak menyenangkan ... ingat itu bro!
Bravo KOSTER Indonesia!
Benar-Benar BETUL SEKALI ITU ... ... ...' INGAT BRO BLoG!!!! KOSTER ADA DIMANA MANA ... ...
Dhanny LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6134 Total Posan : 572 Sejak : 03.12.07 Domisili : Bandung - Garut Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Saya meskipun bukan anggota KOSTER berNRA turut tersengat ketika menemukan blog ini di forum kaskus ..., bagaimanapun juga KOSTER adalah forum pertama yangs aya ikuti sebelum punya Thunder, makanya setelah dapet info ini langsung ane sms bro jay menginfokan, tapi nggak tau nyampe apa tidak smsnya.
Tanggapi aja dengan bijak bro, lebih baik cari orangnya siapa dan sebagai organisasi berbadan hukum KOSTER mungkin bisa bertindak sesuai dengan perudangudangan yang berlaku.
BTW Sukses KOSTER ...
agus_bejat.com PELDA KOSTER
Poin Brogader : 5711 Total Posan : 262 Sejak : 22.07.09 Domisili : Jakarta Timur KorWil : BEJATerz NRA : 0723 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Black Beuty 125 Sikon : doble Hobi : jalan2, makan, olah raga Slogan : Koster Is My Familly....Bejaterz is My Brother
toek Pengpus Supaya si pembikin Blok ini harap ditindak dng tegas karna dpat membuat nama baik Komunitas kita jd jelek di mata masyarakat luas ... gwa atas nama pribadi mengutuk dng keras kpada pembuat blok ini ... minimal si pembuat blok ini hrus meminta ma'af kpada All Brogader KOSTER seIndonesia ... apa lg dng si empunya Motor yg sudah ditongolin di blok ini ...
Saya merasa sakit hati saat membaca artikel di blog ini.
Thunder Adalah Cinta Pertama Dalam hidup Saya
Reaksi Pertama Saya kiri email Ke Pemilik Blog ini melanggar.lebay@gmail.com
Maksud Anda Apa Memposting sebuah Logo/nama Club Motor dengan komentar tidak baik. Anda merasa orang paling baik????????????? Anda Merasa Lebih pintar & mengerti otomotif??????????? seberapa besar CC motor anda???????? Seberapa Kencang larinya??????? Anda Punya Duit Berapa??????????? Kerja/Usaha apa????????????? Sehingga Anda merasa Sombong dengan Apa Yang anda Punya
Dengan Opini Yang Tidak Menggunakan intelektualitas
wahyoe SERKA KOSTER
Poin Brogader : 6291 Total Posan : 159 Sejak : 21.04.07 Domisili : andara(jakarta) Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Sungguh disayangkan seorang bloger menuliskan sesuatu yang tidak bermartabat menyinggung sebuah komunitas komunitas besar seperti KOSTER dengan foto2 jelas dan tidak ada satu logo komunitas yang ditutupin, dia mungkin tidak sadar atau justru sengaja telah melanggar norma hukum di Indonesia, jika pihak yang menuliskan blog ini tidak meminta maaf secara tertulis kepada pihak KOSTER yang merupakan komunitas berbadan hukum KOSTER berhak untuk melakukan gugatan secara pidana, karena ini jelas telah melanggar UU ITE yang sudah berlaku di Indonesia.
Jadi kita tunggu niatan baiknya ... atau mungkin dia mau dengan cara yang lain????
Bravo KOTHOC
andraloveeby PELTU KOSTER
Poin Brogader : 5765 Total Posan : 300 Sejak : 11.08.09 Domisili : Bali KorWil : Denpasar. Bali 8010-36 NRA : belum ada ... kapan dikasinya yach Jabatan : anggota biasa Thunder :
125
Julukan : Blue Thunder 125 Sikon : Tunangan Hobi : touring, nonton MotoGP,baca buku, renang, main ps2 Slogan : aku hidup untuk membahagiakan orang lain
wah2 kayaknya ada yg syirik tu bro ... saya sebagai bagian dari KOSTER ndak trima dengan pengakuan sok tao dari pemilik blog tersebut ... apa mau dari pemilik blog tersebut? tolong ditindak tegas bro ... BRAVO KOSTER
Tatok-NTC SERKA KOSTER
Poin Brogader : 5716 Total Posan : 184 Sejak : 20.04.09 Domisili : Nganjuk NRA : 0000 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : BlueLover Sikon : menikah Hobi : membaca, naik motor (indie touring), internet Slogan : Happy Riding In Safety, Love, Peace and Unity With Thunder
Kepada brogader KOSTER sekalian dan kepada segenap anggota forum serta simpatisan KOSTER dimanapun anda berada, dalam kasus ini sebenarnya ada dua sisi yang harus kita perhatikan. Di satu sisi memang tulisan tersebut seperti menyiram air comberan ke wajah kita semua, tapi di sisi lain juga sebaiknya kita introspeksi diri mengaca pada tulisan tersebut.
1. Mengenai box, sebaiknya untuk penggunaan sehari-hari jika benar-benar tidak diperlukan sebaiknya dilepas saja. Atau menggunakan top case saja (mengingat bisa difungsikan sebagai tempat tool kit, jas hujan, helm cadangan atau barang lain) dan tidak menggunakan sidebox, kecuali keperluan bagasi extra dlm rangka touring.
2. Bull Bar dan atau engine guard, tidak ada usulan perubahan, karena menyangkut fungsi safety riding.
3. Plat Tag, tidak ada comment.
4. Lampu berlebihan + blitz, harap dipertegas lagi peraturan mengenai penggunaan lampu-lampu dan atau aksesoris tambahan lainnya terutama mengenai tata letak dan tata cara penggunaannya merujuk pada undang-undang lalin yang berlaku.
5. Penggunaan antena sebaiknya menggunakan model portable yang bisa dibongkar pasang, difungsikan sesuai dengan fungsi aslinya sebagai antena radio komunikasi (HT) dan bukan hanya sekedar terpasang. Mengenai penggunaan antena hubungannya dengan radio komunikasi sebaiknya difokuskan pada brogader yang ditunjuk khusus ikut dalam tim SRO dan personel elemen utama konvoi touring.
6. Setang trail, hand guard, spion, tidak ada usulan perubahan, karena menyangkut fungsi safety riding.
7. Knalpot, tidak ada comment
8. Jaket, rompi atau penggunaan atribut klub lainnya itu adalah hak personal. Tetapi harus dipertegas siapa yang berhak menggunakannya demi mencegah penyalahgunaan oleh oknum tak bertanggungjawab.
Dan kepada pemilik blog tersebut, harap anda kaji ulang tulisan anda jangan berdasarkan pandangan serta pengetahuan anda sendiri serta tindakan anda yang tidak mengenakkan dengan mengekspos secara gamblang pihak yang secara tidak langsung anda maksud. Akan lebih baik jika anda mau konfirmasi terhadap yang bersangkutan atau terlebih baik lagi jika anda mau konfrontasi langsung dengan pihak KOSTER agar semuanya jelas dan hal ini tidak berlanjut kepada proses hukum.
terimakasih...
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9675 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
warning buat yg bikin blog ... :ati2 gw bisa lacak IP lo n gw bisa kasih lo pelajaran ... kalo ada yg bilang Thunder itu lambat cc kecil ... boleh test speed ma motor gw ... ...
Bro Dede SERMA KOSTER
Poin Brogader : 5744 Total Posan : 219 Sejak : 07.05.09 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jaxel NRA : 0795 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : El Motard Sikon : Menikah Hobi : Fotografi, Jalan jalan pake motor
Tapi walaupun blog nya dah di tutup gwa msih kurang puas klo si yg pembuat blog nya ngak minta ma'af secara langsung ataupun tertulis di dunia maya ataupun di dunia nyata.....coz doi dah secara terang2ngan mau menjatuh kan nama baik di mata halayak bnyak......brani berbuat hrus brani bertanggung jawab.....
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
MOTO BERKAPASITAS MESIN BESAR VS MOTO BERKAPASITAS MESIN KECIL [1]
(C) 2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
Agar pembahasan tak melebar atau terlalu luas, yang dimaksud mesin moto dalam artikel ini dibatasi hanya untuk jenis mesin berbahanbakar minyak (petroleum engine), dan mesin pembakaran dalam (intenal combustion engine).
Sebagai contoh, mesin Suzuki Thunder EN125 (entry naked 125 cc) dan GSX250 (grand sport extended 250 cc) adalah SIC 4S SI-PRICE (single cylinder four-stroke spark-ignition petrol reciprocating internal combustion engine).
Lebih jauh tentang jenis mesin ranmor, silahkan lihat di forum ini, artikel: [ klik taut berikut ]
MESIN: JENIS, MACAM, DAN TIPE MESIN
KAPASITAS MESIN DAN KLASIFIKASI MOTO
Secara teknik, yang dimaksud kapasitas mesin adalah ukuran total volume ruang silinder mesin, mencakup volume kamar bakar (combustion chamber) dan volume silinder untuk langkah torak |zuiger (piston stroke), diukur dalam satuan volume, cc (cubic centimeter). Dalam dunia otomotiv, terutama dalam kaitannya dengan klasifikasi ranmor untuk balapan (race), ukuran ini kerap dinyatakan dengan istilah perpindahan (displacement), dimana ranmor moto atau oto diklasifikasikan atas tiga sampai lima kelas, lebih-kurang sebagai berikut:
perpindahan kecil (small displacement) untuk pemula (beginner)
perpindahan menengah (medium dicplacemnet) untuk pembalap yunior [entry level]
perpindahan besar (large displacement) untuk pembalap senior
perpindahan supra-besar (super-large dispacement) untuk pembalap kawakan
perpindahan ekstra-besar (extra-large displacement) untuk para pembalap juara
Ukuran kecil-besar pada dasarnya adalah relativ. Sebagai misal, klasifikasi kapasitas mesin untuk moto adalah sbb.
kecil: dibawah 400 cc [beginner]
menengah: 400 s/d 600 cc [entry-level sport]
besar: 600 s/d 800 cc [supersport]
supra-besar: 800 s/d 1.000 cc [superbike]
ekstra-besar: diatas 1.000 cc [hypersport, hyperbike]
Untuk berbagai kejuaraan balap moto, rangkum klasifikasi diatas bisa berbeda.
. . .
BEGINER
Suzuki FXR 150
ENTRY-LEVEL SPORT
Kawasaki Ninja 500 R
SUPERSPORT
Honda CBR 600 RR
SUPERBIKE
Suzuki Bandit 1000 R
HYPERSPORT | HYPERBIKE
Suzuki Hayabusa GSX 1300 R
_________________________________________________
(C) 2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
MOTO BERKAPASITAS MESIN BESAR VS MOTO BERKAPASITAS MESIN KECIL [2]
(C) 2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
RASIO KOMPRESI MESIN DAN NOMOR OKTAN BAHANBAKAR
Ukuran besar-kecl volume silinder mesin secara tak langsung berhubungan dengan istiah perbandingan desakan atau rasio kompresi (compression ratio, C/R) mesin, meski besar-kecil volume tak menentukan nilai rasio kompresi.
Secara teknik, perbandingan desakan atau rasio kompresi mesin didefinisikan sebagai perbandingan antara total volume silinder mesin terhadap volume kamar bakar, dimana total volume silinder mesin adalah total volume kamar bakar dan volume langkah torak | zuiger | piston.
Untuk moto Suzuki Thunder EN125, rasio kompresi adalah 9,2.
Nilai rasio kompresi menentukan nomor oktan (octan number) BBM (bahanbakar minyak) musti digunakan oleh mesin moto tsb, dimana nomor oktan BBM dinyatakan sebagai sepuluh kali rasio kompresi mesin.
Berikut adalah BBM produk PERTAMINA dengan nomor oktan masing-masing.
Premium 88
Premium 90 [pengganti Premix 90]
Pertamax 92
Pertamax Plus 96
Dengan demikian BBM untuk Suzuki Thunder EN125 dengan rasio kompresi 9,2 adalah Pertamax 92 atau sekelasnya.
Lebih jauh tentang rasio kompresi mesin dan nomor oktan BBM, silahkan lihat di forum ini, artikel: [ klik taut berikut ]
MESIN: SILINDER KAMAR BAKAR DAN RASIO KOMPRESI
MESIN: RASIO KOMPRESI MESIN SUZUKI THUNDER
PERFORMA: Suzuki THUNDER PAKAI PERTAMAX, BUKAN PREMIUM!
ENSIKLOPEDIA: ISTILAH TEKNIK OTOMOTIV
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
MOTO BERKAPASITAS MESIN BESAR VS MOTO BERKAPASITAS MESIN KECIL [3]
(C) 2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
KATEGORI, JENIS DAN TIPE MOTO
Lain daripada itu, terlepas dari dunia balap, secara umum, oleh pabrikan, kapasitas mesin moto disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan, jenis dan macam moto, untuk maksud apa dan dimana moto terutama digunakan. Jadi sangat bergantung pada maksud (purpose) dan penggunaan (usage). Ada moto kelas sangat ringan (very light) dengan kapasitas mesin dibawah 100 cc dan kelajuan rendah, dimaksudkan untuk digunakan dalam lingkungan terbatas tertentu, seperti untuk lingkungan pabrik, perkebunan, perkampungan, perumahan, dan semacamnya. Ada moto ringan untuk digunakan sebagai ranmor antar-jemput bolak-balik (commuter). Ada moto jenis penjelajah (cruiser), perangkum (ranger), perambah(rover), penjejak (trailer), dan sejenisnya. Ada moto untuk olahraga (sport), wisata (touring), balapan (racing), dlsb.
Suzuki Shogun 125
Suzuki Thunder EN 125
Suzuki DRZ 400 E
Suzuki V Storm DL 1000
Suzuki Bandit 1200 GT
Suzuki Boulevard C 109 RT
Lebih jauh tentang jenis dan tipe moto, silahkan lihat di forum ini, artikel: [ klik taut berikut ]
ensiklopedia: tipe dan kelas sepedamotor
modif: pengetahuan dasar teknologi otomotiv untuk modifikasi
modif: dilema modifikasi, prioritas dan opsi: sport, touring, sport-touring
modif-dampak-modifikasi-terhadap-stabilitas
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
MOTO BERKAPASITAS MESIN BESAR VS MOTO BERKAPASITAS MESIN KECIL [4]
(C) 2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
MOTO AMERIKA DAN EROPA VS MOTO ASIA
Seandainya, jika anda melancong ke berbagai negara di berbagai belahan dunia ini, maka anda akan sangat banyak melihat moto berbeda. Namun selain perbedaan pabrikasi untuk klasifikasi dan kategori sebagaimana telah dipaparkan dalam pos sebelumnya diatas dan artiokel terkait, ada alasan lain yang mendasari rancangan moto yang juga berkaitan dengan ukuran badan dan kapasitas mesinnya, yakni alasan regional atau teritorial, sosial, dan ekonomi atau finansial.
Alasan ini akan menjelaskan, mengapa ranmor [moto dan juga oto] di negara besar dan maju di benua Amerika dan Eropa, seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, dan Italia, pada umumnya dipabrikasi dengan ukuran badan besar dan kapasitas mesin besar. Sedangkan ranmor di benua Asia, seperti Jepang, Cina, Korea, India, Malaysia, dan Indonesia, pada umumnya dipabrikasi dengan ukuran badan kecil dan kapasitas mesin kecil. Sementara itu para selebritis bule, para pangeran dan para saudagar di sebagian negara Arabia, memiliki ranmor mewah, besar, dan disain pesanan khusus atau istimewa, dengan harga sangat sangat mahal sekali.
Ecosse Titanium Series RR 275 ribu dolar AS [Rp 2,75 milyar], edisi terbatas, diproduksi hanya 10 unit.
Lebih jauh tentang moto edisi khusus atau edisi terbatas, silahkan lihat di forum ini, artikel: [ klik taut berikut ]
MOTO TERMEWAH DAN TERMAHAL DI DUNIA
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
MOTO BERKAPASITAS MESIN BESAR VS MOTO BERKAPASITAS MESIN KECIL [5]
(C) 2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
LAIN PADANG LAIN BELALANG
Berikut mari kita lihat perbandingan mengapa di negara barat ranmor pribadi berukuran besar, sementara di Asia, terutama Indonesia, ranmor pribadi berukuran kecil. Ada banyak faktor, tapi cukup saya batasi hanya selusin faktor, dan ini sudah lebih daripada cukup.
Perlu dicatat bahwa, ukuran besar-kecil disini tak ada kaitannya dengan rancang-bangun ranmor untuk fungsinya, karena ranmor angkut jelas bertubuh besar, irit, dan tak aerodinamik, sementara ranmor balap musti bertubuh ramping, boros, dan aerodinamik.
Lebih jauh tentang rancang-bangun ranmor untuk fungsi moto, silahkan lihat di forum ini, artikel: [ klik taut berikut ]
modif: pengetahuan dasar teknologi otomotiv untuk modifikasi
AMERIKA SERIKAT, DAN NEGARA KAYA DAN MAJU DI EROPA
Kebanyakan ranmor pribadi bertubuh besar dan berkapasitas mesin besar.
Negara kaya, pendapatan per kapita tinggi.
Badan jalan pada umumnya lebar, bahkan sebagian sangat lebar, bisa menampung 7 s/d 10 jajaran mobil.
Rasio banyak jalan terhadap banyak ranmor relativ besar.
Situasi jalan kebanyakan tidak macet.
Permukaan jalan pada umumnya mulus.
Jarak darat antar kota atau wilayah relativ jauh.
Halaman parkir di rumah luas, bahkan sebagian besar rumah memiliki garasi, muat untuk beberapa mobil.
Harga ranmor relativ murah terhadap pendapatan rerata masyarakat, dan rerata orang mampu membeli ranmor.
Pajak ranmor relativ murah terhadap pendapatan rerata masyarakat.
BBM relativ murah terhadap pendapatan rerata masyarakat.
Rarmor pribadi sudah menjadi pelengkapan standar.
Ranmor pribadi sebagian adalah untuk pilihan | opsi, kegemaran | hobi, dan koleksi. tipe favorit adalah jenis cruiser (penjelajah)
Harley-Davidson CT
Honda Gold Wing
Yamaha RoadLiner S 1850
ASIA, TERUTAMA NEGARA MISKIN DAN TERKEBELAKANG ATAU BERKEMBANG
Kebanyakan ranmor pribadi bertubuh kecil dan berkapasitas mesin kecil.
Negara miskin, pendapatan per kapita rendah.
Badan jalan pada umumnya sempit, bahkan sebagian sangat sempit, bisa menampung hanya 1 s/d 3 mobil.
Rasio banyak jalan terhadap banyak ranmor relativ kecil.
Situasi jalan kebanyakan macet.
Permukaan jalan pada umumnya rusak.
Jarak darat antar kota atau wilayah relativ dekat.
Halaman parkir di rumah sempit, bahkan sebagian besar rumah tak memiliki lahan parkir, apalagi garasi.
Harga ranmor relativ mahal terhadap pendapatan rerata masyarakat, tak semua orang mampu membeli ranmor.
Pajak ranmor relativ mahal terhadap pendapatan rerata masyarakat.
BBM relativ mahal terhadap pendapatan rerata masyarakat.
Ranmor pribadi masih merupakan pilihan alternativ disamping kendaraan umumm.
Ranmor pribadi adalah kebutuhan dan keperluan transportasi utama, karena kendaraan umum tak nyaman dan juga tak aman. tipe vaporit adalah jenis commuter (antar-jemput bolak-balik: ojeg)
Honda Revo
Suzuki Smash
Yamaha Jupiter MX RC
Di Asia, kecuali Jepang dan sebagian Cina, adalah negara miskin, terkebelakang, atau berkembang, dalam pengertian ekonomi, industri, dan juga teknologi.
Seperti di Indonesia, sebagian besar rakyat adalah masyarakat miskin, atau golongan strata sosial ekonomi kelas menengah kebawah, bahkan masih sangat banyak yang tergolong kelas bawah-bawah (bottom lower class). Keadaan masyarakat seperti ini juga ada di India, Cina, dan Filipina. Namun dalam beberapa hal, seperti Industri elektronika dan otomotiv, Malaysia, Singapura, Cina, dan India lebih maju daripada Indonesia.
Singkat kata, rerata orang Indonesia, kecuali segelintir kelompok elite, tak mampu membeli ranmor, bahkan yang paling murah sekali pun, dan jika pun dipaksakan, maka hanya terbeli dengan cara berhutang atau pembayaran cicilan. Budaya kartu kredit di negara maju kebanyakan adalah untuk kemudahan pembayaran, sementara Indonesia kebanyakan kredit adalah karena ketakmampuan keuangan.
Jadi sangat lumrah dan masuk akal, bahwa hanya segelintir orang saja di Indonesia mampu membeli moto sekelas Harley-Davidson atau Ducatti. Dan tentunya untuk kalangan ekslusiv dan berlebih ini, moto gede tersebut bukan untuk sarana transportasi rutin harian, melainkan untuk hobi dan koleksi. Sangat kontras dengan sebagian besar masyarakat dan kebanyakan anggota komunitas moto di Indonesia, yang boleh dikata hampir secara paksa membeli moto kecil Jepang rakitan Indonesia secara angsuran untuk keperluan transportasi dan komutasi harian. Bahkan sebagian besar patut dikasihani, karena motonya ditarik paksa lantaran telat dan tak mampu membayar cicilan.
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
MOTO BERKAPASITAS MESIN BESAR VS MOTO BERKAPASITAS MESIN KECIL [6]
(C) 2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
INDUSTRI OTOMOTIV DI ASIA DAN INDONESIA
Jepang sebagai negara paling maju di Asia Timur, adalah produser ranmor terbesar di Asia, baik oto maupun moto, bahkan Jepang sudah memproduksi ranmor untuk Amerika, Eropa, Asia Timur-Tengah, dan hampir semua negara di dunia. Setelah Jepang, pabrikasi ranmor diikuti oleh Korea, Cina, Malaysia, dan India. Korea dan Malaysia untuk oto, Cina dan India untuk moto.
Indonesia akan sangat sulit mengikuti langkah para negara tentangganya, karena industri ranmor sangat bergantung pada industri komponen otomotiv dan elektronik, sementara Indonesia tak memiliki industri hulu untuk diandalkan, melainkan kebanyakan adalah industri hilir alias perakitan (assembly). Ini menjelaskan mengapa kandungan lokal (local content) produk perangkat elektronik dan otomotiv di Indonesia sangat rendah, dan harga komponen dan suku-cadang pengganti relativ mahal, karena sebagian besar adalah produk impor dengan pajak dan bea masuk relativ tinggi dan masih banyak pungli. Kawasan berikat Nusantara yang telah dibangun sejak lama tak bisa banyak membantu dalam hal produk impor, dan jauh dari harapan dan tujuan asalnya.
Problem terbesar adalah Pemerintah RI sejak dulunya melalui Departemen Perindustrian telah menetapkan berorientasi pada industri hilir, bukan industri hulu! Ini membuat Indonesia makin ketinggalan lebih satu dasawarsa daripara negara lainnya. Bahkan dalam produk industri perangkatlunak komputer, Indonesia tak mampu menghadapi tekanan raksasa Microsoft Corporation dan para konconya di BSA (Business Software Alliance). Pembajakan dan penyeludupan terus berlangsung, dan Indonesia masih terus berada dalam daftar hitam untuk pemasukan produk ilegal.
Asosiasi industri dan perusahaan dalam negeri tak banyak bisa mendonkrak perubahan undang-undang dan peraturan pemerintah, termasuk pajak impor untuk pengembangan industri lokal, karena masih ada segilintir pihak penguasa dan pengusaha yang ingin tetap meraup keuntungan besar untuk kelompoknya. Tak semudah ketika para tokoh asosiasi diundang untuk mengolkan ketetapan pabrik mobil milik satu putera mendiang mantan Presiden RI terdahulu, yang kemudian ambruk bersama lengsernya mendiang sang ayah dari jabatannya. Suap dan korupsi masih terus berlangsung merajalela. Hanya sebagian kecil tersingkap dan dapat dituntaskan, selebihnya bagai membentur tirai baja.
Kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia sudah semestinya prihatin dengan keadaan ini. Lalu apakah yang bisa kita harapkan dari para wakil rakyat di Dewan? Yang kita tahu dan pasti, sebagian rapat Dewan digunakan untuk mendukung keputusan pembelian mobil mewah dari luar negeri untuk para menteri dan para anggota dewan sendiri!
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
MOTO BERKAPASITAS MESIN BESAR VS MOTO BERKAPASITAS MESIN KECIL [7]
(C) 2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
KEBIJAKAN INDUSTRI DAN SIASAT PEMASARAN MOTO DI INDONESIA
Dari semua yang telah dipaparkan diatas, Jepang sebagai satu macan Asia dalam industri otomotiv diamping elektronik, tentu memiliki kebijakan dengan produk pabrikasinya. Kemana akan dipasarkan dan siapa kosumen sasaran (target markets and consumers). Produk yang dipasarkan di Amerika dan Eropa dengan sendirinya berbeda dengan yang dipasarkan di Indonesia, karena kondisi dan situasi jalan, kemampuan daya beli, maksud dan penggunaan ranmor, dan lainnya seperti telah diuraikan sebelumnya dalam pos terdahulu diatas. Dan perbedaan ini tentu tak hanya dalam nama, cap (brand) atau merekdagang (trademark), tapi dalam disain, mencakup mesin dan tubuh kendaraan.
Pabrikan besar manapun, akan terlebih dulu melakukan penelitian pasar (market research) dan survai, kemana produk akan dipasarkan, mencakup semua faktor telah diuraikan diatas. Tiap produk baru akan dipasarkan tentu disertai dengan siasat pemasaran (marketing strategy) agar quota pemasaran tercapai. Demikian juga untuk produk otomotiv, ranmor, moto dan oto.
Ranmor untuk kebanyakan rakyat Indonesia adalah jenis komuter [kendaraan ringan antar-jemput bolak-balik], yang dengan harga terjangkau oleh sebagian besar masyarakat, dalam arti relativ murah dan pembeliannya dapat diangsur dalam waktu sekitar tiga tahun. Tak perlu terlalu canggih dan lengkap, yang penting bisa dipakai menggelinding untuk banyak jalan rusak. Tapi model dan penampilan sangat perlu, karena orang Indonesia sangat latah dalam mengikuti mode mutakhir. Boleh dikata, penampilan lebih diutamakan daripada unjukkerja. Komponennya mudah diproduksi di Indonesia, sehingga bisa memiliki kandungan lokal tinggi. Perihal mutu adalah nomor dua, karena nomor satu adalah harga. Lantas dengan sendirinya ukuran tubuhnya pun kecil, begitu juga kapasitas mesinnya, karena lingkungan perkotaan di Indonesia relativ macet, selain masih sangat banyak jalan kecil, bahkan jalan setapak, di daerah pinggiran, perkampungan dan pedesaan, sehingga tak perlu laju, karena bukan untuk balapan, tapi untuk tunggangan rutin dan tumpangan harian seperti ojeg.
Hanya segelintir masyarakat berlebih mampu membeli ranmor berkelas. Untuk itu jenis kendaraan mewah atau ekslusiv atau berkapsitas mesin relativ besar cukup diproduksi terbatas untuk Indonesia, dan dengan demikian komponen atau suku-cadangnya tak perlu harus bisa diproduksi lokal, karena pembelinya sedikit, lagi pula orang berduit tak terlalu bermasalah untuk membeli produk impor.
KELAS 125 — 150 CC
Suzuki Thunder EN 125 cc 4T 127 kg. Entry Naked, Cruiser, Thunder EN 125, Rp 14,5 juta,
Yamaha RX King 130 cc 2T 100 kg. Standard, Roader, RX King 130, Rp 16,5 juta,
KELAS 150 — 200 CC
Kawasaki Ninja 150 cc 2T 115 kg. Racer, Kawasaki Ninja 150 M, Rp 19,9 juta. Kawasaki Ninja 150 L, Rp 22,9 juta.
Yamaha V-ixion 150 cc 4T 115 kg. Standard, Sporter, Yamaha V-ixion 150 Rp 18,9 juta
Honda Mega Pro 1600 — 160 cc 4T 126 kg. Standard, Cruiser. Mega Pro 1600 STD, Rp 17,0 juta. Mega Pro 1600 CW, Rp 18,5 juta.
Bajaj Pulsar DTSi 180 cc 4T 140 kg. Standard, Cruiser, Sporter. Pulsar DTSi 180 CW, Rp 16,5 juta. Pulsar DTSi 180 SW, Rp 16,5 juta.
Yamaha Scorpio Z 200 cc 4T 125 kg. Standard, Cruiser. Scorpio Z 200, Rp 19,385 juta.
Honda Tiger 2000 — 200 cc 4T 137 kg. Standard, Cruiser. Tiger 2000 STD, Rp 20,4 juta. Tiger 2000 CW, Rp 23,0 juta.
KELAS 250 CC
Suzuki Thunder GSX 250 cc 4T 140 kg. Grand Sport Extended, Cruiser Thunder 250, Rp 21 juta.
Kawasaki Ninja 250 cc 2T 124,5 kg. Racer, Roader. Ninja 250 RR, Rp 30 juta.
Lebih jauh tentang berbagai moto diatas, silahkan lihat di forum ini, artikel: [ klik taut berikut ]
TEKNOLOGI SUZUKI THUNDER EN125
. . .
Sponsored content
Subyek: Re: KASUS: Moto Brogader KOSTER di Artikel Lebay