Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 7 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 7 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang

Go down 
2 posters
PengirimMessage
rendy_tagasi
CATAM KOSTER
CATAM KOSTER
rendy_tagasi


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5180
Total Posan : 9
Sejak : 22.03.10
Domisili : Jakarta - Blitar - Cilegon
NRA : 0000
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 250
Sikon : online
Hobi : Olahraga
Slogan : Bravo KOSTER

MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Empty
PostSubyek: MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang   MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime27.03.10 20:12

Bro, motor gw thunder 250 mo gw pasang kaki" ex GSX 400rr.

gw mo tanya kombinasi gear depan ma belakang yg enak buat haran brapa ya?
klo depan 15 belakang 520/42 ato
15 520/43 ato
16 520/42 ato
16 520/43.....

yg bagus yg mana?
klo ada kombinasi yg laen silahkan kasih ide...
mohom pencerahannya, masih awam nih.....

Bendera Indonesia Koster Logo Ati ati di jalan! Please dong
Kembali Ke Atas Go down
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Empty
PostSubyek: Re: MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang   MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime29.03.10 18:03

rendy_tagasi wrote:
Bro, motor gw thunder 250 mo gw pasang kaki" ex GSX 400rr.

gw mo tanya kombinasi gear depan ma belakang yg enak buat haran brapa ya?
klo depan 15 belakang 520/42 ato
15 520/43 ato
16 520/42 ato
16 520/43.....

yg bagus yg mana?
klo ada kombinasi yg laen silahkan kasih ide...
mohom pencerahannya, masih awam nih.....

Bendera Indonesia Koster Logo Ati ati di jalan! Please dong



RASIO SPROKET DEPAN DAN BELAKANG

(C) 2006-2010 - EE ONE S | KOSTER 0115 Thunder Rider


MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Soldie11 Harap gunakan istilah sproket (sprocket) utk cakram rantai, bukan gear (gear). Meski saling berkaitan, dan memasing memiliki gerigi (teeth), istilah gear digunakan utk gear transmisi (transmision gear), dan tdk digunakan utk sproket.

MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Soldie14 Perihal rasio gerigi sprocket depan dan belakang sdh dibahas dan dikupas tuntas sejak 3 thn lalu di forum ini, dan bahkan sdh dijelaskan berulangkali, lbh drpd 7 X di bbg topik saling berkaitan di forum ini.



. . .



MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Soldie13 Forum ini dilengkapi dgn fasilitas pelacakan (search) menggunakan Google search engine. Tinggal memasukkan katakunci (keyword) ingin ditemukan. Berikut adalah sebagian kecil artikel dimana tlh dibahas penggantian sproket Suzuki Thunder, utk baik T125 maupun T250, dan bahkan berlaku umum utk segala moto sejenis.

MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Soldie20 Hendaknya utk tiap anggota baru, terlbh dulu menelusuri bbg topik slbm bertanya dan atau minta penjelasan, agar tak mengajukan pertanyaan sdh pernah ditanyakan dan sdh dijawab serta dijelaskan secara tuntas.

Apakah calon anggota KOSTER utk memperoleh informasi begitu malasnya, atau hanya ingin gampang dan terima jadi saja? Sementara mrk yg akan dilantik wajib hrs menempuh jarak 700 s/d 1.000 km utk memperoleh tiket ke pelantikan!

  • MODIF: GANTI SPROCKET THUNDER DENGAN SPROCKET LAIN

  • MODIF: DAMPAK PERUBAHAN UKURAN DIAMETER SPROKET | CAKRAM GIGI RANTAI TERHADAP TARIKAN DAN KELAJUAN PUNCAK | TOP SPEED

  • PERFORMA: WTA: BAGAIMANA TAMBAH DAYA DI GIGI SATU

  • PERFORMA: BAGAIMANA AGAR TARIKAN THUNDER LEBIH ENTENG

  • MODIF: BAN BESAR, TENAGA GUEDE

  • MESIN: TRANSMISI KELAJUAN SUZUKI THUNDER, RPM DAN KMPH

  • PERFORMA: RPM VS KMPH

  • PERFORMA: MENGGUNAKAN GIGI TRANSMISI SESUAI DENGAN RPM DAN KMPH

  • DLL
. . .



PILIH SATU SAJA: RACING ATAU TOURING

Pabrikan Suzuki Thunder tlh melakukan upaya kompromistik antara model racing dan touring, dgn condong kpd touring, yaitu model sport-touring. Ini adalah pilihan terbaik utk kebanyakan medan jalan di Indonesia, dan utk maksud dan tujuan apa Suzuki Thunder diproduksi.

Jika kita ambil rasio gerigi sproket depan dan belakang, umpamanya adalah bulat 15/45 atau 1/3, dgn mengurangi banyak gerigi sproket belakang shg kurang drpd 45, menjadi 44, 43, 42, 41, atau 40, maka berarti kita melakukan penambahan kelajuan puncak dgn mengorbankan tarikan. Lakukan pilihan ini jika Suzuki Thunder anda dipakai terutama utk jalan rata dan mulus atau digunakan utk orientasi racing. Sebaliknya, dgn menambah banyak gerigi sproket belakang shg lbh drpd 45, menjadi 46, 47, 48, 49, atau 50, maka berarti kita melakukan penambahan tarikan dgn mengorbankan kelajuan puncak. Lakukan pilihan ini jika Suzuki Thunder anda dipakai terutama utk jalan naik-turun dan bergelombang atau digunakan utk orientasi touring.

. . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Empty
PostSubyek: Re: MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang   MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime29.03.10 18:04

SILAHKAN PILIH TETAP SEIMBANG KOMPROMISTIK ATAU PINCANG

(C) 2006-2010 - EE ONE S | KOSTER 0115 Thunder Rider


Tiap ranmor sdh diracang dgn pertimbangan matang dlm segala aspek oleh para ahli dedengkot otomotiv, puluhan bahkan ratusan ilmuwan dan insinyur di pabrikan ranmor bersangkutan. Sdh pula diuji-coba utk bbg faktor utk memenuhi bbg ketetapan standar Internasional. Jadi sangat kecil sekali bahwa suatu ranmor mengalami penyimpangan rekayasa rancang-bangun atau disain dan konstruksi dlm pabrikasinya, apalagi cuma sepedamotor.

Dan ini termasuk Suzuki Thunder.

Lantas, jika ada masalah atau anggapan kekurangan, maka letaknya kemungkinan besar dan bahkan hampir dpt dipastikan adalah pd peguna awam, bukan krn kesalahan atau keteledoran pabrikan!

Pd dasarnya tiap ranmor maksud umum atau "general purpose" dirancang dgn memperhatikan aspek kompromistik rasio teknik atau "win-win" alias jalan tengah terbaik, yg secara teknik disebut "optimum", yakni titik terbaik antara medium dan maksimum.

Demikian pula dgn Suzuki Thunder.

Jadi kesalahan bukan pd produsen atau pabrikan, tp pd konsumen atau peguna!

. . .

Istiah "tarikan" ramor, dlm istilah ilmiah dan teknik adalah "percepatan" atau "akselerasi" (acceleration), yakni perubahan "pertambahan kecepatan per satuan waktu". Lawannya adalah "perlambatan" atau "deselerasi" (deceleration), yakni perubahan "perkurangan kecepatan per satuan waktu" alias percepatan negativ.

Secara mekanik, besar atau kuat percepatan ditentukan oleh diameter roda gigi, baik roda gigi transmisi (transmission gear) maupun roda gigi rantai, cakram rantai atau sproket (sprocket), krn roda gigi inilah yg menjadi media perpindahan tenaga, gaya, dan daya (energy, force and power), dari mesin (engine) ke roda (wheel).

Sesuai hukum fisika mekanika, makin besar atau lebar diameter roda gigi, makin besar atau kuat percepatan, dan sebaliknya. Tp sbg implikasi dan konsekuensi hal ini, makin besar percepatan dpt dicapai, makin rendah kecepatan maksimum kendaraan dpt diraih, dan sebaliknya.

Artinya, jika kuat akselerasi ditingkatkan, maka laju maksimum merosot, dan sebaiknya.

Hal ini menjelaskan mengapa pd gigi transmisi 1, kuat akselerasi adalah maksimum, tapi kecepatan adalah minimum. Sedangkan pd gigi transmisi 5, kuat akselerasi adalah minimum, tapi kecepatan adalah maksimum. Sebab diameter roda gigi transmisi lbh besar drpd diameter roda gigi transmisi 5, dan sebaliknya!

. . .

Nah, berarti utk meningkatkan tarikan Thunder, bisa dilakukan dgn mengganti sproket standar Thunder dgn sproket lain berdiameter lbh besar. Tp dgn konsekuensi top speed merosot.

Sebaliknya, utk meningkatkan top speed Thunder, bisa dilakukan dgn mengganti sproket standar Thunder dgn sproket lain berdiameter lbh kecil. Tp dgn konsekuensi tarikan merosot.

Jadi tinggal pilih, mana yg ingin diunggulkan. Tarikan atau top speed! Krn tak mungkin atau mustahil bisa ditingkat sekaligus bersama.

Apa yg tlh diset oleh pabrikan Suzuki Thunder adalah titik optimum kompromistik antara tarikan dan top speed.

Sekarang bergantung pd pemilik atau peguna, apakah titik keseimbangan ini ingin digeser, dgn mengunggulkan yg satu dan mengorbankan yg lain.

Terserah anda!


. . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder Rider


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 27464
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Empty
PostSubyek: Re: MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang   MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime29.03.10 18:06

SISTEM TRANSMISI KELAJUAN SUZUKI THUNDER, HUBUNGANNYA RPM DAN KMPH

BAGAIMANA MENINGKATKAN RPM ATAU KMPH VIA SISTEM TRANSMISI?

(C) 2006—2010 — EE ONE S KOSTER 0115 Thunder Rider


BERAPA BANYAK GERIGI CAKRAM-GIGI?

Brp banyak gigi yg harus ditambahkan atau dikurangin pd cakram-gigi depan atau belakang utk memperoleh akselerasi atau top speed sesuai dgn yg diinginkan?

Perhitungan eksakt sangat matematis, tp cara paling sederhana adalah berdasarkan pd persentasi kenaikan atau penurunan diinginkan.

Jika spdmotor dgn top speed 120 km/jam, cakram-gigi depan bergigi 15 dan cakram-gigi belakang bergigi 45, maka rasio FGR (Final Gear Ratio) asal adalah 45/15 atau 3/1 alias 3 : 1, dan kebalikan rasio FGR asal adalah 15/45 atau 1/3 alias 1 : 3.


MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Motorcycle_sprocket_sets_2_320x240

Pd Suzuki Thunder, baik yg 125 maupun yg 250, rasio gigi 1 adalah sekitar 3, sedangkan rasio gigi 5 adalah sekitar 1 [0,95 atau mendekati 1]. Artinya, kekuatan tarikan gigi 1 bisa mencapai lbh 3 X kekuatan tarikan gigi 5, sebaliknya, kekuatan tarikan gigi 5 tak sampai 1/3 X kekuatan tarikan gigi 1. Sedangkan kelajuan puncak dpt dicapai pd gigi 5 adalah lbh 3 X lipat kelajuan dpt dicapai pd gigi 1. Jika misalnya kelajuan maksimum pd gigi 1 hanya 50 kmph, maka kelajuan maksimum dpt dicapai pd gigi 5 lbh drpd 150 kmph.

Pd Suzuki Thunder, baik yg 125 maupun yg 250, baik reduksi awal (initial reduction) maupun reduksi akhir (final reduction) adalah diatas 3. Sekitar 3,2 utk awal dan 3,5 utk akhir.

Rasio gigi secara keseluruhan ditentukan oleh semua faktor diatas, mulai dari rasio gigi transmisi hingga sproket, dimana terjadi faktor reduksi krn faktor jarak antara pasangan sproket dan diameter memasing sproket.



MENAIKKAN DAN MENURUNKAN KMPH ATAU KELAJUAN PUNCAK

Misalkan, jika top speed sekarang ingin dinaikkan jadi 180 km/jam, maka kenaikan adalah 180/120 = 3/2 = 1,5 x atau 150%.
Rasio FGR menjadi 3 x 2/3 = 6/3 = 2, dan kebalikannya, 1/3 x 3/2 = 3/6 = 1/2 = 0,5.
Jika ingin diubah adalah cakram-gigi belakang, maka banyak gigi cakram-gigi belakang menjadi 15 x 2 atau 15 / 0,5 = 30.
Jika ingin diubah adalah cakram-gigi depan, maka banyak gigi cakram-gigi depan menjadi 45 / 2 atau 45 x 0,5 = 22,5 dibulatkan jadi 23.
Rasio FGR sekarang adalah 30/15 = 2 dan kebalikannya 15/30 = 0,5, atau 45/23 = 1,96 dan kebalikannya 23/45 = 0,51.

Misalkan, jika top speed sekarang ingin diturunkan jadi 90 km/jam, maka penurunannya adalah 90/120 = 3/4 = 0,75 x atau 75%.
Rasio FGR menjadi 3 x 4/3 = 12/3 = 4, dan kebalikannya, 1/3 x 3/4 = 3/12 = 1/4 = 0,25.
Jika ingin diubah adalah cakram-gigi belakang, maka banyak gigi cakram-gigi belakang menjadi 15 x 4 atau 15 / 0,25 = 60.
Jika ingin diubah adalah cakram-gigi depan, maka banyak gigi cakram-gigi depan menjadi 45 /4 atau 45 x 0,25 = 11,25, dibulatkan jadi 11.
Rasio FGR sekarang adalah 60/15 = 4 dan kebalikannya 15/60 = 0,25, atau 45/11 = 4,09 dan kebalikan 11/45 = 0,24.

Kesimpulannya, jika rasio FGR diturunkan, maka top speed naik. Sebaliknya, jika rasio FGR dinaikkan, maka top speed turun. Dgn kata lain, top speed berbanding terbalik dgn rasio FGR.



MENAIKKAN DAN MENURUNKAN RPM ATAU AKSELERASI

Misalkan, jika RPM maksimum adalah 10.000 rpm dan ingin ditingkatkan jadi hanya 12.000 rpm, maka rasio FGR harus diperbesar, 12.000/10.000 = 12/10 = 6/5 = 1,2, dan kebalikkannya 10.000/12.000 = 10/12 = 5/6 = 0,83 = 83%.
Jika rasio FGR asal adalah 3 dan kebalikannya 1/3 = 0,333, maka rasio FGR baru harus menjadi 3 x 6/5 = 18/5 = 3,6 dan kebalikannya 1/3 x 5/6 = 5/18 = 0,278.
Jika ingin diubah adalah cakram-gigi belakang, maka banyak gigi cakram-gigi belakang menjadi 15 x 3,6 atau 15 / 0,278 = 53,96 dibulatkan jadi 54.
Jika ingin diubah adalah cakram-gigi depan, maka banyak gigi cakram-gigi depan menjadi 45 / 3,6 atau 45 x 0,278 = 12,51, dibulatkan jadi 13.
Rasio FGR sekarang adalah 54/15 = 3,6 dan kebalikannya 15/54 = 0,278, atau 45/13 = 3,46 dan kebalikannya 13/45 = 0,289.

Misalkan, jika RPM maksimum adalah 10.000 rpm dan ingin dibatasi jadi hanya 8.000 rpm, maka rasio FGR harus diperkecil, 8.000/10.000 8/10 = 4/5 = 0,8, dan kebalikannya 1.000/8.000 = 10/8 = 5/4 = 1,25 = 125%.
Jika rasio FGR asal adalah 3 dan kebalikannya 1/3 = 0,333, maka rasio FGR baru harus menjadi 3 x 4/5 = 12/5 = 2,4, dan kebalikannya 1/3 x 5/4 = 5/12 = 0,417.
Jika ingin diubah adalah cakram-gigi belakang, maka banyak gigi cakram-gigi belakang menjadi 15 x 2,4 atau 15 / 0,417 = 35,98 dibulatkan jadi 36.
Jika ingin diubah adalah cakram-gigi depan, maka banyak gigi cakram-gigi depan menjadi 45 / 2,4 atau 45 x 0,417 = 18,765, dibulatkan jadi 19.
Rasio FGR sekarang adalah 36/15 = 2,4 dan kebalikannya 15/36 = 0,42, atau 45/19 = 2,37 dan kebalikannya 19/45 = 0,42.

Kesimpulannya, jika rasio FGR diturunkan, maka RPM turun. Sebaliknya, jika rasio FGR dinaikkan, maka RMP naik. Dgn kata lain, RPM dan akselerasi berbanding lurus dgn rasio FGR.



KESIMPULAN: PILIH RACING ATAU TOURING

Jika kita ambil rasio gerigi sproket depan dan belakang, umpamanya adalah bulat 15/45 atau 1/3, dgn mengurangi banyak gerigi sproket belakang shg kurang drpd 45, menjadi 44, 43, 42, 41, atau 40, maka berarti kita melakukan penambahan kelajuan puncak dgn mengorbankan tarikan. Lakukan pilihan ini jika Suzuki Thunder anda dipakai terutama utk jalan rata dan mulus atau digunakan utk orientasi racing. Sebaliknya, dgn menambah banyak gerigi sproket belakang shg lbh drpd 45, menjadi 46, 47, 48, 49, atau 50, maka berarti kita melakukan penambahan tarikan dgn mengorbankan kelajuan puncak. Lakukan pilihan ini jika Suzuki Thunder anda dipakai terutama utk jalan naik-turun dan bergelombang atau digunakan utk orientasi touring.



PRAKTEK STANDAR

Jadi ada 2 pilihan, apakah mengubah cakram-gigi depan atau cakram-gigi belakang. Satu aturan teknik berlaku umum dlm praktek adalah bahwa, jika cakram-gigi depan harus diperkecil, maka lbh baik memperbesar cakram-gigi belakang, krn cakram-gigi depan berfungsi sbg pengemudi (driver) yg melakukan upaya (effort), sedangkan cakram-gigi belakang sbg terkemudi (driven) yg menjadi beban (load), shg secara mekanik lbh efisien.

Perlu dicatat bahwa pengubahan cakram-gigi tak hanya mengubah rasio kemudi final, tp juga juga mengubah penggunaan daya dibutuhkan utk memutar roda belakang. Begitu kedudukan batas garis atas rantai berubah thdp poros lengan ayun (swing arm pivot), begitu pula kecendrungan kendaraan thdp squat (tunggingan). Jika hanya cakram-gigi depan diperkecil, maka bagian belakang kendaraan akan memperoleh lbh banyak anti-squat. Jika hanya cakram-gigi belakang diperbesar, maka bagian belakang kendaraan juga akan memperoleh lbh banyak anti-squat. Jika cakram-gigi baik depan maupun belakang diubah, bbrp kalkulasi gemetrik harus dilakukan utk memperoleh bgmn hasil kejadiannya. Pengubahan ukuran cakram-gigi merupakan pekerjaan yg harus dilakukan dgn teliti dan seksama. Meskipun tak mengganggu pengendara, tapi merupakan satu komponen atau subsistem dlm sistem transmisi roda gigi kendaraan secara keseluruhan yg berdampak pd gerak maju dan laju kendaraan.


__________________________________________________

(C) 2006-2010 - EE ONE S KOSTER 0115 Thunder Rider

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Sponsored content





MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Empty
PostSubyek: Re: MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang   MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
MODIF: WTA: Ukuran Spocket Depan dan Belakang
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Q/A: Ukuran Maksimum Ban Depan Thunder 125
» MODIF: Ganti SparkBoard Belakang Thunder 125 dengan SparkBoard Belakang GSX 250
» MODIF: Uban Ban. Oli Bocor. Mesti Ganti Sprocket Ukuran Berapa?

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Modifikasi Suzuki Thunder :: Ganti | Ubah dan atau Tambah Bagian Suzuki Thunder :: Ganti | Ubah Ban, Velg, Swing Arm, Sprocket, dan lain-lain berhubungan-
Navigasi: