KOSTER 2005—2010: ANTARA IMPIAN DAN KENYATAAN
KOSTER - Komunitas Suzuki Thunder Indonesia . . . adalah sebuah komunitas para pemilik dan pengendara sepedamotor Suzuki Thunder di seluruh Nusantara . . . Sebuah komunitas yang telah memiliki nama baik dan citra tersendiri di masyarakat . . .
Para brogader KOSTER telah menjelajah dan merambah bumi Ibu Pertiwi dari ujung ke ujung. Dan dengan sepedamotor Thunder, para brogader KOSTER telah menaklukan Jawa dari Anyer hingga Panarukan, Bali dan NusaTenggara, dan telah pula mencapai titik kilometer nol di kota Sabang di ujung Sumatera. Dan KOSTER juga ada di Papua dimana ada Merauke. Bila memungkinkan, tahun ini KOSTER akan menjelajah Kalimantan dan Sulawesi, dari bawah hingga ke atas. Dan untuk ini KOSTER mengharapkan dukungan dari semua pihak, baik moral maupun material, agar tour ini dapat terlaksana sesuai rencana. Per Januari 2010, dalam usianya yang kelima tahun, KOSTER dengan lebih 3.200 anggota tersebar di lebih 40 wilayah di seluruh Indonesia telah berhasil menggalang kebersamaan dalam perbedaan . . . "United in Diversity" . . . sebagai perwujudan nyata falsafah negara kita "Bhineka Tunggal Ika" . .
Tak ada yang lebih cantik daripada kemerdekaan dan tak ada yang lebih kuat daripada cinta, tak ada yang lebih tajam daripada kejujuran . . . dan tak ada yang lebih unggul daripada persatuan dan kebersamaan yang dilandasi oleh cinta kasih dalam kebebasan memilih dan ketulusan . . . dan KOSTER adalah keunggulan itu . . . sebuah dominasi dan realitas di dunia komunitas pengendara sepedamotor di Indonesia . . . "bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh" . . .
. . . Saat ini KOSTER adalah satu komunitas motobiker sejenis terbaik dan terbesar di Indonesia yang memiliki anggota dan wilayah terbanyak, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.
Di jala lebar dunia, KOSTER juga memiliki situs jala internet tercanggih, terbaik dan juga terbanyak, dalam banyaknya, baik nama domain dan subdomain, maupun dalam macam situs, mulai dari website standar, web portal, web forum, web group mailing list, web log atau blog, hingga social network seperti facebook, dan lainnya. Dan KOSTER telah memiliki ruang jala hampir tak terhingga . . . "almost unlimited web space" . . . for all members of KOSTER . . .
Di dunia maya, hanya cukup dengan satu klik untuk menemukan KOSTER, karena KOSTER telah menduduki posisi puncak di mesin lacak jala terbesar dunia, Google web search engine. Lalu Yahoo! Microsoft Bing, dan lebih 3.000 mesin lacak jala di seluruh dunia, dengan katakunci: KOSTER, Suzuki Thunder, atau komunitas suzuki Thunder, dan katakunci lain berhubungan dengan keberadaan KOSTER di dunia nyata.
Di dunia kendaraan bermotor, sejarah menunjukkan bahwa, KOSTER pula sebagai pemprakarsa utama berdirinya STI - Suzuki Thunder Indonesia. Sebuah paguyuban, perkumpulan, himpunan, ikatan, asosiasi, dan federasi berbagai komunitas dan klub Suzuki Thunder di Indonesia. Dan KOSTER juga berada di BESED - Brotherhood for motobiker's Solidarity and motobiker's Pride. Sebuah wadah gabungan dari berbagai komunitas dan klub sepedamotor, baik Suzuki Thunder maupun bukan, jenis batangan atau sport-touring ataupun jenis bebek atau underbound, dimana didalamnnya ada BlankSack, spesialis konsultan tour sepedamotor untuk seluruh Indonesia. Dan para brogader KOSTER diharapkan bisa menjadi acuan dan andalan dalam tiap asosiasi dan federasi, dimana berhimpun lebih 100 perkumpulan motobiker dengan total lebih 100.000 anggota hingga lebih 1 juta pengendara sepedamotor tersebar di seluruh pelosok bumi Nusantara.
. . . Dalam komunitas, KOSTER tak hanya berkutat sekitar tour dan modifikasi sepedamotor, tapi lebih daripada itu. KOSTER telah mengukuhkan diri sebagai suatu organisasi utuh dan legal, dimana anggota bisa memperoleh hampir segalanya dalam kaitannya sebagai pecinta sepedamotor. Mulai dari forum komunikasi interaktiv, fasilitas e-mail, group mailing list, SMS center, bursa jual-beli, konsultasi teknik, cara berkendara dengan selamat secara baik dan benar, teknik konvoi iringan sepedamotor, bimbingan pelacakan gangguan sepedamotor dan penyelesaian masalahnya, tuntunan modifikasi kendaraan, depot perlengkapan sepedamotor dan pengendaranya, kartu diskon belanja, asuransi kendaraan dan kecelakaan, koperasi simpan pinjam, lembaga pusat pendidikan dan pelatihan atau institusi edukasional terutama untuk keterampilan otomotiv, teknologi informasi dan komunikasi, komunikasi interpersonal, kepemimpinan dan kewirausahaan, yayasan sosial, hingga perusahaan komersial. Dan semua ini dibentuk dan dikembangkan oleh Pengurus Pusat KOSTER dan Pusat Pengembangan KOSTER atau KOSTER Development Center.
Suatu fakta dan realitas bahwa KOSTER yang berpangkal hanya dari kegemaran atau "hobby" akan sepedamotor, tumbuh dan berkembang menjadi satu wadah dan wahana pemersatu, kesatuan atau entitas yang mampu memberikan lingkungan pergaulan yang luas, baik dan benar, nyaman dan terarah, serta memberikan nilai tambah bagi para anggotanya, dan juga kelak perlindungan dan jaminan kesejahteraan masa depan dan hari tua bagi para anggotanya nanti di masa datang.
Kunci pencapaian dan kesuksesan KOSTER akan semua ini adalah persaudaraan, kekeluargaan, kebersamaan, kerjasama, kerendahan hati dan KOSTER paling anti-pati terhadap arogansi, kerelaan berkorban, kepekaan dan kepedulian, terhadap baik masyarakat maupun lingkungan hidup, kesetiakawanan dalam komunitas, kesetian atau loyalitas anggota terhadap organisasi, keterpaduan atau integritas, kekukuhan atau soliditas, penguasaan pengetahuan dan teknologi otomotiv, penguasaan pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi, kemampuan komunikasi interpersonal, manajemen organisasi dan kepemimpinan. Dan dalam tiap derap langkah, KOSTER senantiasa patuh dan taat dengan rambu-rambu. Bukan hanya rambu-rambu lalulintas, tapi juga rambu-rambu normalitas dan legalitas, menjunjung tinggi tradisi, adat-istiadat, tata-krama dan sopan-santun, dan norma berlaku di masyarakat, dan senantiasa memperhatikan aspek legal. Tanpa semua in, KOSTER mungkin tak pernah ada dan menjadi seperti sekarang ini.
Tak dapat dipungkiri bahwa KOSTER telah memiliki peran, andil dan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan bangsa, khususnya di bidang pembinaan keteladanan tata-tertib dan perilaku berkendara dengan selamat di jalan raya, pembinaan kepemudaan dan olahraga sepedamotor, dan juga pembinaan kewirausahaan atau enterpreunership, dan dengan tingkat kepekaan dan kepedulian sosial tinggi. Dan dengan ini KOSTER secara perlahan tapi pasti telah mengubah paradigma dan kesan masyarakat akan perkumpulan pengendara sepedamotor, bahwa ternyata diantara mereka tak hanya sekedar mangkal dan menggelandang di jalanan, tapi memiliki maksud dan tujuan terarah, visi dan misi, serta kode etik, penuh etika, jauh daripada apa yang mereka kira dan bayangkan. Dan dengan ini pula KOSTER telah membuka wawasan dan menumbuhkembangan wacana masa depan bagi anggotanya, pengendara sepedamotor khususnya dan para pemuda harapan bangsa umumnya.
. . .
Sekali lagi . . . KOSTER menggalang kebersamaan dalam perbedaan . . . "United in Diversity" . . . Bhineka Tunggal Ika . . . BersatuKitaTeguh, Bercerai Kita Runtuh . . . Dengan KOSTER mari kita tegakkan dan kita bangun dan bina persatuan dan kesatuan pemuda harapan bangsadan negara . . . dan dengan KOSTER kita kukuh dan utuh . . . dalam persaudaraan selamanya . . . untuk berperanserta membangun negeri tercinta . . . Indonesia! . . . Bravo KOSTER!! Hidup STI!! Gas Terus BESED! . . . Bogor, 02-02-2010 | KOSTER Indonesia
(C) 2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider |