Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 4 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 4 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor

Go down 
4 posters
PengirimMessage
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9534
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Empty
PostSubyek: SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor   SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime06.08.09 9:31

Kontribusi dari Hendro Buditjahjono (Spinner-Community)
Ban adalah bagian terpenting dari sebuah kendaraan bermotor karena
ban satu-satunya bagian dari kendaraan bermotor yang mempunyai kontak
langsung dengan jalan. Walaupun merupakan faktor terpenting pada sebuah
kendaraan bermotor, namun banyak pemilik kendaraan yang sering
mengabaikannya, baik yang karena alasan ekonomi maupun keterbatasan
ilmu mengenai ban yang dimiliki pengendara. Karena alasan tersebut
diatas saya menulis sedikit untuk sharing kepada pengendara lain agar
dalam mengemudikan kendaraannya tahu batasan yang dimiliki oleh ban
yang digunakannya.
Sedikit Flashback, mungkin sudah banyak orang tahu bahwa ban (dengan
bahan karet) yang sampai sekarang digunakan ditemukan oleh DUNLOP (John
Boyd Dunlop) pada tahun 1888. Perkembangan ban sampai saat ini
menyempurnakan hasil penemuan DUNLOP tersebut.
Struktur Ban


Struktur Ban Bias dan Ban Radial


Dari hasil pengembangan hingga saat ini struktur yang biasa digunakan oleh produsen ban adalah sbb:
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-01
1. Tread/Telapak Ban:
Tread/Telapak Ban adalah bagian dari ban yang kontak langsung dengan
permukaaan jalan. Bahan yang digunakan tergantung dari utilitas
kendaraan sehingga berpengaruh terhadap ketahanan ban, daya cengkeram
dan juga dalam melakukan maneuver.
2. Steel Belts:
Menjaga kekokohan struktur ban dan juga menjaga keamanan dari benda-benda yang dapat menusuk permukaan ban.
3. Spiral Layer:
Lapisan ini berfungsi agar ban lebih tahan dan lebih mudah melakukan maneuver.
4. Shoulder:
Shoulder bagian yang paling tebal pada sebuah ban yang berfungsi
melindungi ban dari guncangan maupun benda-benda berbahaya dari luar.
5. Sidewall:
Sidewall adalah bagian yang paling lentur pada sebuah ban. Faktor
kenyamanan berkendara pada sebuah ban di dapat dari bagian ini.
6. Plycord:
Plycord adalah bagian utama sebuah ban yang melapisi bagian dalam pada
sidewall dan juga bagian dalam telatak ban dari tekanan udara dari
dalam ban, beban kendaraan dan juga goncangan dari luar.
7. Bead Filler:
Bead Filler lapisan pengisi yang membuat ban lebih tahan dan memudahkan kendaraan dalam melakukan maneuver.
8. Bead Wires:
Lapisan kawat yang berfungsi menahan ban tetap pada tempatnya pada velg/rim.
9. Chafer
Bagian yang melindungi plycord dibagian bead dari panas yang terjadi karena gesekan bagian bead dengan velg/rim.
Dari keseluruhan Struktur ban diatas yang paling banyak mempengaruhi
ketahan, maneuverability dan juga factor keiritan bahan bakar adalah
PLYCORD. Dari ban yang beredar sekarang struktur plycord dapat dibagi
sebagai berikut:
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-02
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-03
1. Radial
Struktur lapisan Plycord pada Ban Radial dari Bead dalam Ke Bead luar saling tegak lurus.
Disamping lapisan plycord masih ada lapisan steel belts.
2. Bias
Lapisan untuk jenis ini plycord diletakkan secara diagonal secara
bersilangan, tidak ada lapisan tambahan pada konstruksi Bias ini.
Diantara ban Radial dan ban Bias manakah yang lebih menguntungkan pengendara?


Secara umum ban radial lebih menguntungkan pengendara karena:
1. Lebih Safety, karena ban lebih menapak pada permukaan jalan (bisa
dilihat pada grafik, video bisa dilihat di link berikut:
http://www.bridgestone.co.in/tyre/tyreknowledge/tyrevideo.htm).
Karena lebih menapak pada permukaan jalan maka jarak pengeremanpun menjadi lebih pendek dan lebih cepat melakukan maneuver.
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-04
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-05
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-06
.
2. Penggunaan bahan bakar yang lebih irit
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-07
(table dari http://www.bridgestone.co.in)
.
3. Lebih kokoh karena adanya lapisan steel belts
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-08
.
.
Tube dan Tubeless


Disamping struktur plycord yang ada struktur ban juga dibagi lagi
menjadi tipe yang menggunakan ban dalam (Tube Type) dan tipe yang tidak
menggunakan ban dalam (Tubeless).
1. Tubeless
Ban tubeless mempunyai lapisan dalam (inner liner) yang lebih kuat dari pada ban yang menggunakan ban dalam
2. Tube Type
Tipe ban ini menggunakan ban dalam untuk dapat digunakan.
Kelebihan ban Tubeless :
1. Lebih aman. Gambar dibawah memperlihatkan kenapa ban tubeless lebih tahan bocor apabila ban terkena benda tajam
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-09
2. Lebih efisien dan ekonomis, efisien dalam konsumsi bahan bakar
karena lebih ringan (tidak menggunakan ban dalam) lebih ekonomis karena
tidak perlu membeli ban dalam.
3. Lebih dingin, karena tidak ada gesekan antara ban dalam dan ban luar pada saat terjadi “Rolling Resistance”
Banyak pertanyaan yang dilontarkan di milis-milis apakah aman ban
yang menggunakan ban dalam dijadikan ban tubeless ataupun sebaliknya
ban tubeless menggunakan ban dalam.
Mari kita bahas !:
Untuk alasan safety tidak dianjurkan ban tube dijadikan tubeless maupun ban tubeless menggunakan ban dalam.
1. Ban Tube dijadikan tubeless:
Perbedaan konstruksi ban Tube dan Tubeless bisa dilihat pada gambar berikut.
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-10
Pada gambar tersebut bisa dilihat bahwa ban tubeless mempunyai inner
liner yang pada ban tube lapisan ini tidak ada sama sekali. Inner liner
ini lebih membuat kaku bentuk ban sehingga walaupun ban kekurangan
angin bentuk ban masih sesuai dengan bentuknya dan tetap menempel pada
rim.
Apakah bisa digunakan ban tube menjadi tubeless?
Jawabannya bisa, namun untuk alasaan safety tidak dianjurkan karena
jika ban kekurangan angin bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal bagi
pengendaranya.
2. Ban Tubeless menggunakan ban dalam
Karena alasan tertentu banyak juga yang menggunakan ban tubeless menggunakan ban dalam. Apakah aman?
Memang bisa ban tubeless menggunakan ban dalam, namun ini tidak
dianjurkan dan tidak safety. Untuk penjelasannya bisa dilihat dalam
gambar di bawah:
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-11
Pada saat kendaraan berjalan (F) ban membawa bobot kendaraan dan
pengendara (W). saat pergerakan terjadi akan timbul “Rolling
Resistance” (N) yang diakibatkan dari perubahan bentuk ban dan kondisi
jalan yang digunakan. Semakin besar Rolling Resistance ini akan
mengakibatkan panas yang lebih besar.
Hal inipun terjadi antara ban luar dan ban dalam yang digunakan, namun
karena alasan ban tubeless mempunyai inner liner yang lebih kaku maka
gesekan yang terjadi antara ban luar dan ban dalam lebih besar. Jika
panas yang terjadi berlebihan maka ban dalam dapat meletus bisa fatal
akibatnya
Kesimpulan:


Penggunaan ban tube dijadikan tubeless atau ban tubeless dengan menggunakan ban dalam jawabannya adalah bisa.
Namun penggunaan hanya dianjurkan untuk keadaan darurat, bukan untuk digunakan harian
.
Berapa ukuran ban maksimum


Ratio maksimum lebar bibir velg : lebar tapak ban dari berbagai sumber membatasi angka antara 0.5” s/d 0.58”
Contoh perhitungan :
Lebar bibir velg=1.85”
Lebar maksimum ban yang dianjurkan
= 1.85” / 0.58
= 3.189”
≈ 3.00 ~ 3.50”
Jadi Lebar ban (konversi ke satuan mm)
= 3.50” x 25.4mm
= 88.9mm
≈ 90.0mm; atau maksimum 100mm
Sebenarnya ukuran yang terlalu lebar maupun kekecilan bisa dilihat
pada saat ban belum terpasang pada velg. Ban yang terlalu lebar akan
terlihat lebih menggembung, sedangkan ban yang lebarnya terlalu kecil
akan menyebabkan ban tidak rekat pada velg/rim
Membaca Kode Ban


1. Ukuran Ban


Ukuran ban biasa menggunakan ukuran METRIC dan ukuran INCH.
a. Ukuran Metric
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-12
80 / 90 – 17
80 = adalah lebar telapak ban dalam ukuran mm
90 = adalah prosentase tinggi ban yang dihitung dari lebar ban
Jadi tinggi ban = 120 x 90% = 72 mm
17 = Ring Velg yang digunakan
b. Ukuran Inch
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-13
275 – 17
275 = adalah lebar telapak dan tinggi ban dalam ukuran mm.
17 = Ring Velg yang digunakan
2. Tread Wear Factor


SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-14
Indikator ke ausan ban. Jika ban sudah mencapai indicator ini ban sebaiknya lekas diganti
3. Tube/Tubeless


SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-15
Type ban menggunakan ban dalam atau tubeless
4. Lot Number


SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-16
Lot number produksi ban 2607 artinya ban diproduksi pada minggu ke 26 (2 digit pertama) pada tahun 2007 (2 digit terakhir)
5. Speed Symbol & Load Index


SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-17
41P
41 = dilihat pada table pertama maksimum load yang disarankan 145kg
P = dilihat pada table 2 batas maksimum yang disarankan 150km/jam
.
Index Beban dan Kecepatan yang tertera bagi kendaraan roda dua
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-18
.
Index Beban dan Kecepatan yang tertera bagi kendaraan roda 4 atau Lebih
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-19
6. Rotation


SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-20
Indikator arah berputar ban semestinya
7. Maximum Load


SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Ban-21
Maksimum load yang dianjurkan. 160kg beban maksimum dengan tekanan ban 33Psi pada kondisi dingin
Silahkan dibaca juga Ban isi Nitrogen (N2).
Semoga bermanfaat.
Sumber referensi:
1. http://www.bridgestone.co.in
2. http://bridgestone.com
3. http://www.hankooktyre.com.au
4. http://en.wikipedia.org
5. http://www.fdrtire.com
6. http://www.speedace.info
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9716
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Empty
PostSubyek: Re: SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor   SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime07.08.09 8:50

foto2nya gak mau muncul yah?

anyway good info min...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
febri_koster
Kapten KOSTER
Kapten KOSTER
febri_koster


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 7095
Total Posan : 693
Sejak : 13.03.07
Domisili : di kandang macan
KorWil : Bogor
NRA : 0015
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : 300cc
Sikon : jadi jablai
Hobi : Nge Jablay

SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Empty
PostSubyek: Re: SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor   SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime07.08.09 9:04

foto2nya gak mau muncul yah?

anyway good info min...
Kembali Ke Atas Go down
harry2yo
Moderator KOSTER
Moderator KOSTER
harry2yo


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 11358
Total Posan : 16296
Sejak : 06.08.08
Domisili : Dibalik Layar
KorWil : Kota Ikan SURA
NRA : 0266
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : TerBang
Sikon : Amin
Hobi : nge-klik
Slogan : - Keselamatan Itu Penting
- Ja

SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Empty
PostSubyek: Re: SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor   SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime07.08.09 9:17

mantab infonya lengkap
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Empty
PostSubyek: Re: SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor   SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
SAFT7: Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Seluk beluk ban
» SOSPOL: Mobil Pemerintah Negara RI Lebih Mahal daripada Mobil Pemerintah Negara Lain
» LENSA: SAFT7: Kekuatan Komunitas

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Aerodinamika Suzuki Thunder, Tune-up bodi, Fairing, dan Manouver-
Navigasi: