PESAN ANDA ADALAH CERMIN DIRI ANDA
DAN IKUT MENENTUKAN ISI FORUM | MILIS KOSTER
Pesan yg anda poskan di tiap topik dan atau judul topik yg anda buat di forum | milis ini menjadi "cermin" atau merefleksikan kepribadian | personalitas dan sifat | karakteristik anda.
Dari bentuk dan macam pesan anda tsb dgn mudah dibaca siapa anda, sekitar berapa usia anda, bagaimana watak, bawaaan, atau sifat anda, kepribadian, perilaku, dan kecenderungan anda, dan apa yang ingin anda tuju atau capai, dan bagaimana cara anda dlm memperoleh sesuatu, cara anda berpikir dan bertindak, dan bagaimana cara anda bergaul, bermasyarakat, bersosialisasi, berkomunitas, dan keperdulian anda terhadap sesuatu.
Isi pesan, susunan tulisan, kata dan kalimat, bentuk dan ukuran huruf, warna, dan bagaimana pesan tsb disampaikan menjadi ciri | identitas dan tolak-ukur kedewasaan diri, kemampanan wawasan anda dan kemampuan anda dalam menyampaikan informasi dan berkomunikasi.
Dari kandungan pesan anda terungkap juga apakah anda tipe pengikut (follower, phelegmatic) atau pemimpin (leader, choleric), apakah anda pemurung (depresser, melancholic) atau penggembira (entertainer, sanguinic), dan apakah anda cendrung tipe pembuat kekacauan (trouble maker) atau penyelesai persoalan (problem solver).
Berdasarkan kandungan atau isi pesan dlm forum ini, pesan secara sederhana dengan mudah dibedakan atas;
- PESAN KONSUMTIV:
kosong, hampa, tak berbobot, tak bermutu, sekedarnya mengejar kuantitas tanpa perduli kualitas. Istilahnya mengejar setoran, yakni memposkan sebanyak mungkin pesan utk mencapai pangkat. Biasanyanya terdiri dr hanya satu baris (one line only), atau sekedar mengucapkan hai (say hello), atau tanya-jawab, ya atau tidak, atau bahkan sekedar "membeo", dan umumnya diluar konteks atau diluar topik (out of topic, OOT), bahkan ada yg hanya berupa "emoticon" atau foto | gambar OOT. Termasuk juga kutipan artikel org lain dr bbg situs yg diposkan tanpa aturan dan berantakan.
- PESAN PRODUKTIV:
memiliki bobot dan kualitas, informativ, komunikativ, kreativ, inovativ, edukativ, motivativ. Meski terkadang singkat, tp padat dan tepat | akurat atau sesuai konteks. Meski pesan bisa terdiri dr hanya satu kalimat atau satu ilustrasi, gambar | foto, tp dibalik pesan tersurat | eksplisit tsb mengandung suatu penyampaian tersirat | implisit yg bila diuraikan bisa menjadi ratusan atau ribuan kata yg bermakna atau memiliki arti.
. . .
Utk para forumer KOSTER, kuantitas pesan anda ditampilkan oleh pangkat anda di forum KOSTER, dan kualitas pesan anda ditampilkan oleh kotak garis putih dibagian paling bawah avatar anda yg menjadi ukuran reputasi anda, persentasi sekaligus prestasi anda dalam menyampaikan informasi dan berkomunikasi [istilah admin, berisi bata-merah atau cendol-hijau].
Jadikanlah diri anda sekarang dan besok lebih baik daripada kemarin. Lakukanlah yg terbaik yg bisa anda lakukan. Hargailah diri anda sendiri dan hormati org lain dan jagalah citra komunitas anda.
Hindarilah pemposan pesan konsumtiv dan berupayalah memposkan pesan produktiv.
Kandungan atau isi pesan anda sekalian dlm forum dan atau milis KOSTER sangat menentukan bobot, nilai, dan kualitas forum dan milis KOSTER dlm pandangan para pemirsanya.
Ingatlah bahwa forum | milis ini dipantau dan dinilai oleh para anggota bbg komunitas lain, dan bahkan dari kalangan pejabat tinggi perusahaan Suzuki, dan oleh sangat banyak org dr bbg kalangan dan lapisan masyarakat di seluruh dunia.
. . .
Demikian, semoga bisa dicerna dan berguna untuk semua . . .
Administrator forum jala dan milis KOSTER
dalam kedudukannya bertindak untuk dan atas nama KOSTER