SUZUKI GSX-R memang telah dikenal sebagai jagoan balap. Dan kini GSX-R1000 edisi 2009 dianggap lebih baik dan makin memenuhi keinginan konsumen yang haus akan kekuatan sebuah motor sport.
Sebagaimana dikutip dari Motorcycle.com, meski tetap dibekali mesin 999 cc DOHC 4 silinder, namun ada beberapa perbedaan yang dilakukan teknisi Suzuki. Antara lain ukuran bore x stroke kini menjadi 74,5 mm x 57,3 mm. Ini jelas berbeda dari versi sebelumnya yakni 73,4 mm x 59 mm.
Selain itu, diameter piston kini jadi 1,1 mm atau lebih panjang 0,5 mm dari generasi terdahulu. beberapa perubahan juga terjadi pada saluran intake, camshaft, serta saluran gas buang yang kini diambil dari DNA motor Suzuki diajang MotoGP, yang sudah menggunakan bahan titanium.
Imbas dari beberapa perubahan itu, speed juga diklaim naik dengan rasio kompresi yang bertambah menjadi 12,8:1. Namun ternyata tak hanya jeroan mesin yang "diobok-obok". Tim suzuki juga mereduksi bobot GSX-R1000 terbaru ini dengan menggunakan rangka berbahan aluminium. Wheelbase pun diperpendek 10 mm dari "sang kakak".
Untuk urusan desain, sosok GSX-R1000 terbaru ini makin gaya dan sporty. bentuk headlamp, fairing hingga kebagian belakang motor, benar-benar mencerminkan aura balap. Begitu pula untuk panel indikatornya yang dirancang baru, selain makin gaya juga dapat diatur pengaturan cahaya ketika mesin menyentuh rpm tertentu. Menarik bukan.
Dan untuk mendapatkan sensasi berkendara yang mantap layaknya tunggangan MotoGP, konsumen harus rela menebus Suzuki GSX-R1000 seharga USD12.899 (sekira Rp140 juta).
sumber: Okezone
boybowie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6603 Total Posan : 4444 Sejak : 05.08.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125cc Sikon : kawin Hobi : touring Slogan : Jadikanlah hidupmu penuh dengan persahabatan dan kekeluargaan