Dapet SMS, menginformasikan bahwa Bro Iwan 115 - administrator Koster mengalami kecelakaan di daerah tikungan Cisauk setelah sowan ke P2TC - Parung Panjang Sabtu kemarin, saat ini mengalami patah tulang di bagian bahu kanan dan kondisi motor relatif tidak mengalami banyak masalah...
Mohon do'a nya agar bro Iwan bisa segera sembuh dan kembali beraktifitas...
Terakhir diubah oleh 042 tanggal 11.01.09 14:29, total 1 kali diubah
Syukur sy panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan YME, yg tlh memberikan sy kekuatan lahir dan bathin, dan terimakasih banyak sy ucapkan, haturkan dan sampaikan atas perhatian, keprihatinan, keperdulian, dan dukungan fisik, moral, dan spiritual, dr para Bro sekalian, thdp kecelakaan moto dan patah tulang bahu saya alami sekitar jam 03:00 WIB Minggu 11 Januari 2009 di kawasan Cisauk, Parung Panjang, Bogor, terutama para brogader KOSTER yg terlibat langsung dlm peristiwa tsb, khususnya para Bro dari KOSTER Parung, P2TC dan STC Tanggerang. Juga utk para Bro lain KOSTER, P2TC, STC TP, TRC, dan lainnya yg langung menghubungi sy via tlp | ponsel atau SMS, via e-mail, dan pesan-pesan via group e-mailing list dan web forum KOSTER, yg tak bisa sy sebutkan satu persatu disini, krn begitu banyaknya, termasuk mrk yg sy blm pernah bertemu secara langsung dan berkenalan secara individual. Pertama dari semua, sy betul-betul merasakan adanya Thunder brotherhood, dan merasa memiliki saudara dimana-mana.
Hingga hari ke2 ini, keadaan sy baik2 saja dan sehat2 saja, walau pun akibat kecelakaan tsb sejak P3K di lokasi peristiwa hingga kini blm sedikit pun ditangani sbgmn mestinya. Jangan bayangkan sy sbg seorg pesakitan, krn sy tdk sakit terkena penyakit, melainkan hanya patah tulang saja. Samasekali tak ada dampak emosional, psilogikal, dan mental pd diri sy. Segala sesuatu tetap berjalan dan berlangsung normal sbgmn biasa. Patah tulang krn jatuh dr moto adalah rasional dan logikal, dan ini sdh resiko seorng motorider, dan bisa terjadi thdp siapa pun saja, dimana saja dan kapan saja.
Kecelakaan ini, disamping faktor teknik: manusia, kendaraan, jalanan dan lingkungan, bukan tdk mungkin adalah krn faktor non-teknik. Shg kejadian ini saya anggap juga sbg pelajaran, ujian, teguran, dan peringatan dari Allah SWT, Tuhan YME, atas kelalaian sy thdp perintah-Nya. Mungkin krn sy lalai berdo'a, lalai mendirikan sholat atau sholat sy tak sempurna, kurang zakat, kurang sedekah, banyak dosa, sering berbuat kesalahan, ma'syiat thdp Allah dan manusia lain, termasuk bohong, sombong, dlsb.
Sejak dr lokasi TKP hingga kini, sy terus berdo'a kpd Allah SWT, Tuhan YME, sambil berupaya agar sy memperoleh kesembuhan sesegera mungkin dan pulih spt sediakala. Upaya pertama sy lakukan sambil berdo'a adalah penyembuhan internal, yakni penyembuhan sendiri (self healing), yg tlh lama sy pelajari dan praktekkan sejak dulu. Baru kemudian besok pd hari ke3 sy akan melakukan penyembuhan eksternal melalui org yg ahli dlm hal patah tulang. Sy yakin dan percaya bahwa penyembuhan internal akan sangat membantu dan memudahkan penyembuhan eksternal.
Alhamdulillaah, meski msh dlm keadaan patah tulang bahu, dgn idzin Allah SWT, pd hari kedua ini, Senin 12 Januari 2009, sejak pagi, sy sdh bisa kembali aktiv sbg sbg administrator dan moderator di milis dan forum KOSTER, mengetik pesan ini dgn jari-jemari sy sendiri, menyalakan Thunder sy dgn kick starter dan mencoba mengendarainya di rumah, namun tak sedikit pun diperkenankan istri dan keluarga sy utk berkendara.
Semoga Allah SWT, Tuhan YME, berkenan menyembuhkan sy lbh baik lagi esok hari. Amiiin.
Sekali lagi, terimakasih kpd semuannya ...
webster AdminMuda KOSTER
Poin Brogader : 7524 Total Posan : 5143 Sejak : 19.08.08 Domisili : RawaMangun KorWil : Jakarta Pusat NRA : 0728 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : Darknight Status :
lajang
Sikon : Single Hobi : Nonton Film Slogan : ** A little love can make a bi
Syukurlah kalo Pak E One sudah membaik dan bisa beraktifitas lagi. Pak E One kalo boleh tau kronologinya seperti apa, biar kita kita bisa lebih hati hati di jalan
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Utk para brogader yg suatu ketika mengalami kecelakaan sama atau serupa dgn yg sy alami.
Anda sehat, tdk sakit, hanya atau cuma patah tulang saja ...
Anda tak boleh meringis, merintih, dan sedih, tp tetaplah normal spt biasa ...
Tetaplah ceria dan bersemangat, krn anda bukan pesakitan ...
Tak ada yg perlu disesalkan, jangan melihat ke belakang, dan jangan menyalahkan siapa pun, krn yg salah adalah anda sendiri ...
Kecelakaan adalah resiko motobiker. Kalau tak mau mengambil resiko kecelakaan moto, jangan bermoto. Bermain air basah, bermain api hangus, bermain moto jatuh!
Para brogader Thunder, baik dr KOSTER maupun dari P2TC dan STC pd waktu kecelakaan itu mungkin rada bingung, bgmn sy dlm keadaan babak-belur msh bisa bercanda dan tertawa ...
Ingatlah, bahwa baik dan buruk, semua berasal dr Tuhan YME, Allah SWT. Semua berlangsung dgn logika hukum sebab dan akibat. Tak ada faktor kebetulan di alam ini.
Tuhan YME, Allah SWT, adalah Maha Penyembuh. Sedangkan dokter dan ahli urut patah tulang hanyalah pengupaya. Tak ada satu pun kesembuhan tanpa idzin-Nya.
Jadi berdo'a dan memohonlah, dan mintalah kesembuhan hanya kpd Tuhan YME, Allah SWT.
Percayalah bahwa tiap diri memiliki unsur penyembuhan alami. Dgn idzin Tuhan YME, Allah SWT, anda bisa melakukan penyembuhan sendiri (self healing).
Penyembuhan sendiri adalah upaya internal, dan ini sangat membantu upaya eksternal yg dilakukan dokter atau ahli urut patah tulang .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Faktor kendaraan: kendaraan anda tdk sehat, tdk siap, tdk laik jalan, dlsb.
Faktor jalan dan lingkungan: rusak, licin, basah, hujan, dlsb.
Jika faktor teknik tak dominan, mk berarti sebab utamanya adalah faktor non-teknik.
FAKTOR NON-TEKNIK
Anda lupa berdo'a kpd Tuhan, Maha Pelindung, Maha Penyelamat.
Anda banyak dosa, ma'syiat thd Allah, berbuat salah thdp org lain, berdusta, menipu, mencuri, berzina, sombong, dlsb.
Anda tdk atau kurang bersedekah atau berzakat. Didlm harta: barang dan uang anda, ada hak org lain dlm tanggungjawab anda, para fakir, miskin, yatim, pehutang, musafir, pejuang di jalan Allah, mu'allaf, dlsb. Jika hak tsb tak disampaikan pd waktunya kpd ahlinya, yakni mrk yg berhak, mk anda sama saja merampas hak org lain. Akibatnya, dgn idzin Allah Maha Empunya, barang dan atau uang tsb akan keluar dgn sendirinya, dgn cara yg tak anda duga dan suka, dlm jumlah yg jauh lbh besar drpd yg semestinya anda keluarkan.
Jadi jangan heran, kalau moto yg tdk dizakati, bakalan sering bermasalah, apalagi bila moto sering dipakai ma'syiat ...
Syukurlah kalo Pak E One sudah membaik dan bisa beraktifitas lagi. Pak E One kalo boleh tau kronologinya seperti apa, biar kita kita bisa lebih hati hati di jalan
KRONOLOGI PERISTIWA
Minggu pagi, sekitar jam 02:30, 11 Januari 2009, rombongan KOSTER Parung yg terdiri dr 9 Suzuki Thunder sedang dlm perjalanan pulang, dr Parung Panjang ke Parung. Rombongan menempuh jalan rusak penuh lubang dan betonan yg masih tambal sulam. Rombongan terdiri dr: Bro Gerry K039 Parung, Thunder Rider K115 Parung, Bro Mades K187 Depok, Bro Luqman K282 Parung, Bro Chandra K302 Parung, Bro Iwan 310 JakSel, Bro Martha P015 Parung, Bro Bowo P017, Bro Agus P018.
Sekitar 15 menit perjalanan rombongan melewati kelak-kelok jalan kawasan Cisauk. Tiba-tiba fore-rider, menampak patahan jalan spt lubang besar dan dlm digenangi air. Fore-rider, Bro Gerry K039, sempat menghindar, begitu juga rider kedua, Bro Chandra K302. Tp Sebelum Bro Gerry dan Bro Chandra sempat memberikan isyarat, Thunder Rider K115 sudah berada di hadapan patahan beton tsb, sgr mengalihkan arah moto ke kanan sambil mengurangi kelajuan dan merem. Tiba-tiba Thunder silver tsb spt terangkat melambung dan kemudian terbalik dan terlempar jatuh ke kanan. Thunder Rider seketika melompat menyelamatkan diri dgn koprol juga kekanan sambil melindungi kepala. Tp krn landasan jalan adalah beton kaku, bukan aspal kenyal benturan keras tak dpt dihindarkan.
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Thunder Rider sejak saat detik peristiwa dlm kesadaran penuh, shg dpt mengikuti detik-detik peristiwa tsb. Tp krn benturan helm dan beton sangat keras, sempat membuat pening kepala sekitar 3 menit. Krn helm digunakan cukup kokoh, luar dan dalam, benturan tsb tak menyebabkan kepala pecah, luka, ataupun gegar otak. Tp tangan dan lengan kanan yg berfungsi sebagai penahan koprol dan pelindung kepala, terpaksa beradu keras dgn beton, shg mematahkan rusuk bahu kanan depan (clavicula). Kaki kanan terkilir tp tak robek atau pun luka krn perlindungan maksimum sepatu boot, walaupun tapak sepatu itu koyak dan lepas. Tempurung lutut kanan yg juga jadi tumpuan koprol berdarah, tp tak parah, krn perlindungan celana jeans tebal.
Thunder Rider sgr merangkak dan bangkit utk menghindarkan kemungkinan ditabrak kendaraan dr belakang. Tp krn peningnya kepala, patahnya rusuk bahu, dan terkilirnya kaki kanan, upaya ini gagal dilakukan. Namun brogader KOSTER lain sgr bertindak dan menyelamatkan ke tepi kiri jalan.
Helm bagian kanan membentur beton, helm tak pecah, tp tampak jelas bekas benturan dan gesekan keras sampai cat helm tsb terkelupas. Jaket KOSTER Jakarta robek dgn dua lubang di bagian bahu dekat leher kanan. Sepatu boot touring sebelah kanan terbelah dua sampai tapak karetnya terlepas. Celana jeans tebal hitam dpt bertahan thdp gesekan.
Seandainya Thunder Rider tak menggunakan helm standard cukup handal, sepatu boot touring, jaket tebal, celana jeans tebal, dan tak dlm kesadaran penuh utk sgr melompat dlm detik pertama, kemungkinan besar akan tertimpa moto Thunder seberat ratusan kg tsb, kepala pecah dgn otak berhamburan di jalan, atau setidaknya luka berdarah dan gegar otak, kaki, betis dan lutut hancur, juga tangan lengan dan bahu hancur.
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
KONDISI THUNDER SILVER THOR 512KB DALAM KECELAKAAN
Seandainya Thunder tsb hanya roboh ke kanan atau ke kiri, tak melambung tinggi dan terbalik, kemungkinan besar tak terjadi kerusakan apa-apa, krn bagian-bagian penting dilindungi oleh body protector, engine guard, foot guard, wind-shield guard, side box guard, dan lain-lain.
Tp krn moto tsb melambung tinggi dan jatuh terbalik, wind-shield lebar itu pun belah berkeping-keping, stang mengalami benturan keras sampai menjadi longgar, kotak bagasi belakang bagian kanan membentur beton, namun tak pecah, namun tampak guratan bekas gesekan keras. Bagasi kanan tak pecah, tp ada sedikit cacat pada sisi dekat tutupnya. Tak ada satu lampu pun pecah, dan lain-lain tak terganggu. Thunder bisa sgr dinyalakan dgn mudah dan beroperasi normal, kecuali stang harus dikencangkan.
Silver Thor 512KB pasca kecelakaan
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Faktor jalan dan lingkungan: rusak, licin, basah, hujan, dlsb.
Dlm kecelakaan ini, krn pengendara dpt dikatakan 90% ok dan kendaraan juga dpt dikatakan 90% ok, mk penyeban utamanya, 80%, adalah faktor jalanan dan lingkungan, krn jalanan licin basah dan rusak dan lingkungan gelap.
Kecelakaan tsb krn ban selip, meski pun dlm kelajuan rendah, hanya sekitar 40 km/jam, dan ban masih bagus, serta pengreman tak mendadak. Tp krn kondisi jalan beton yg licin dan basah berair bekas hujan, mk ban tak mencengkram permukaan jalan spt pd jalan aspal.
Jalan tsb memang licin di waktu hujan, dan Januari adalah musim hujan, dan jalan tsb sangat gelap di waktu malam, krn tak ada penerangan, di kiri dan kanan jalan adalah hutan dan sawah, dan jarang ada rumah penduduk, sedemikian shg sangat mungkin dibawah sorotan lampu remang-remang kendaraan memunculkan fatamorgana. Patahan dangkal dan sempit bisa tampak spt patahan dalam dan lebar.
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27469 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Saksi mata, Bro Chandra di depan, Bro Martha dan Bro Mades di belakang, Bro Luqman dan Bro lainnya yg ada di belakang, menampak bahwa Thunder silver dgn berat sekitar 200 kg tsb spt diangkat dgn kekuatan luarbiasa oleh tangan ghaib atau tak kelihatan, sampai ban belakang terangkat tinggi sekali, shg Thunder tsb melambung tinggi, kemudian dibalik, dan dilemparkan dgn keras.
Berdasarkan pd keterangan para penduduk di sekitar lokasi peristiwa, di TKP tsb memang angker, rawan, sangat sering terjadi kecelakaan, hampir tiap bulan dan bahkan hampir tiap minggu, dan tiap tahun selalu menelan korban jiwa, terutama di tiap bulan Januari. Shg mrk tak kaget dan tampak terbiasa dgn peristiwa tsb.
Terlepas dr hal mistik ini, sy pribadi tetap berpegang pd faktor teknik. Namun faktor non-teknik, yg jelas sy percaya, adalah bahwa, rombongan KOSTER Parung lupa berdo'a pada waktu, baik berangkat maupun pulang. Ini adalah satu teguran dan peringatan keras dr Tuhan YME, Allah SWT, thdp Thunder Rider sbg ketua dan penanggungjawab rombongan.
Dodik JeTC Panglima KOSTER
Poin Brogader : 6567 Total Posan : 7746 Sejak : 04.07.08 Domisili : Jember. JaTim KorWil : JeTC NRA : 0494 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : MR. BIG Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah... Hobi : cari sodara
Alhamdulillah Pak Iwan tidak mengalami kesulitan yang berarti... terbukti dari banyaknya posting dan kalimat yang dikirim... Semua posting seperti biasanya Banyak dan penjelasan berdasar logika
Kayanya Pak Iwan sudah ga sabaran mau bejek gas mulu hehehehe.... Sabar ya Om E-One.....
atnlie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6425 Total Posan : 3368 Sejak : 21.02.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan NRA : 0313 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : http://www.atnlie.co.nr
Kecuali di TKP, sejak hari pertama kecelakaan s/d hari ini, patah tulang selangka bahu kanan sy tak diapa-apakan, dlm arti tak dirawat oleh tukang urut ahli patah tulang atau pun oleh dokter ahli tulang. Yg sy lakukan hanyalah melakukan penyembuhan sendiri (self healing) utk mencapai pemulihan (recovery). Dan hari ini secara tegas sy memutuskan utk tak melakukan penyembuhan eksternal via tukang urut ahli patah tulang mana pun.
Stlh sy pelajari dan pahami secara mendalam, ternyata tak seorg pun di dunia ini dpt menyambung secara fisik tulang selangka bahu patah secara eksternal. Tidak dokter dan tidak juga tukang urut ahli patah tulang. Tulang selangka hanya bisa menyambung kembali utk anak-anak dan mrk yg msh dlm usia pertumbuhan, tp tdk lagi bagi org dewasa
Yg terjadi pd org dewasa adalah bahwa tulang selangka patah tsb hanya dikembalikan ke posisi dan lokasi semestinya sbgmn sblm patah, dan kemudian ditahan disana dgn bantuan pen atau sekerup yg ditanamkan dlm operasi bedah oleh dokter ahli patah tulang, atau ditahan dgn balutan kain perban oleh tukang urut ahli patah tulang sampai tak berpindah lagi, dan lama kelamaan akan terbalut otot dan urat daging shg tetap pd tempatnya. Namun cara mana pun digunakan, pd org dewasa patahan tsb tak akan pernah menyatu kembali, hanya saja ditahan pd tempatnya seolaholah direkatkan oleh lem.
Nah, mengembalikan tulang selangka bahu patah ke posisi dan lokasi semestinya sbgmn sblm patah, dpt dilakukan sendiri di rumah, dgn rabaan dan tekanan dan membandingkannya dgn bagian sebelahnya sampai persis betul, dan kemudian ditahan disana dgn cara apa saja yg sesuai dan memadai, termasuk kain pembalut yg diikat utk sementara sampai sambungan patahan tsb tak bergerak lagi krn balutan otot dan urat daging.
Obat-obatan diperlukan hanyalah utk mencegah infeksi bila ada luka dalam, mencegah dan menahan peradangan dan pembengkakan, dan menahan rasa sakit bila muncul. Selebihnya adalah vitamin utk memacu pertumbuhan otot dan urat daging.
Tiap hari ada jutaan sel tubuh mati dlm tubuh kita, dan jutaan sel baru hidup sbg penggantinya. Utk mencegah penuaan dan membangun tubuh sehat, kadar atau laju pertumbuhan sel baru hrs lbh besar atau minimum samadgn sel mati. Ini dpt dibantu dgn vitamin dan mineral yg memasok makanan utk sel tubuh.
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8059 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder :
125
Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
om iwan , jadi berobat ke ahli patah tulang cimande yg di daerah cipete ?? Mohon kooerdinasi dari bro2 koster parung untuk mengantar om iwan ke TKP...ok Sebaiknya pagi hari , dikarenakan pasien nya antri bro....
Semoga om iwan lekas sembuh dan dapat beraktifitas kembali....amin
BRAVO KOSTER ! :kosterianz:
Rhoiz JeTC Panglima KOSTER
Poin Brogader : 8814 Total Posan : 8909 Sejak : 01.11.08 Domisili : Jember. JaTim KorWil : Jember NRA : 0464 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : The Lajang. Hobi : Touring & Organisasi Slogan : Touring Terus Pantang Mundur
om iwan , jadi berobat ke ahli patah tulang cimande yg di daerah cipete ?? Mohon kooerdinasi dari bro2 koster parung untuk mengantar om iwan ke TKP...ok Sebaiknya pagi hari , dikarenakan pasien nya antri bro....
Semoga om iwan lekas sembuh dan dapat beraktifitas kembali....amin
BRAVO KOSTER !
THUNDEF RIDER TAK AKAN KE TUKANG URUT AHLI PATAH TULANG MANAPUN
Tak jadi Bro! Sesuai penjelasan sy diatas, hari ini secara tegas sy memutuskan utk tak melakukan penyembuhan eksternal via tukang urut ahli patah tulang mana pun. Krn sy bisa melakukannya sendiri di rumah.
Sesuai penjelasan sy diatas, Tak seorg pun di dunia ini dpt menyambung secara fisik tulang selangka bahu patah secara eksternal. Tidak dokter dan tidak juga tukang urut ahli patah tulang. Tulang selangka hanya bisa menyambung kembali utk anak-anak dan mrk yg msh dlm usia pertumbuhan, tp tdk lagi bagi org dewasa.
Utk mempertahankan posisi dua patahan, kemungkinan besar sy akan memasang sekrup penyangga antara keduanya dgn bantuan dokter bedah dan dokter ahli tulang. Namun hingga kini sy blm menentukan siapa dokternya dan di RS mana akan dilakukan.