Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistLatest imagesBlogToolBarRSS FeedPencarianBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 6 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 6 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


 

 SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor

Go down 
+15
buyung
cepyhafiz
France Tivoz
bash
gerry_garsono
[BOETHO]
ibank
king syahriar
Rully KOSTER 014
Heru
DHeriS
042
candra904
Bro Jay
Thunder.Rider
19 posters
PengirimMessage
Thunder.Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder.Rider


KETUA DEWAN PENASEHAT
Male Poin Brogader : 8256
Total Posan : 252
Sejak : 07.12.07
Domisili : Parung.Bogor | BojongSari.Depok
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk 512 KB 2006
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: TUJUH SKENARIO TABRAKAN SEPEDAMOTOR   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime14.02.08 5:25

TUJUH SKENARIO TABRAKAN SEPEDAMOTOR

Artikel berikut adalah 7 skenario tabrakan yg didasari dr kecelakaan yg sebenarnya dimana si pengendara2 motor ybs tewas. Mrk tak sempat menerangkan apa yg salah, jadi dibuatlah skenario ini, menghindari maut dan tetap selamat dgn mempelajari kesalahan mereka.



1. PERPOTONGAN JALUR BERBAHAYA (JUNCTION JEOPARDY)
Pembunuh nomor satu, tabrakan di perpotongan jalur selalu sama dan berakibat serius, dpt terjadi pada siapa saja yg biasanya pengendara lain yg terlibat mengklaim bahwa mereka tak melihat ada motor datang, meskipun begitu pengendara motor bisa menghindari dgn defensive riding dan tetap awas.

Apa yg salah :
Pengendara motor berjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tsb belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan, ternyata dr arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun belok kanan/kiri.

Cara menghindar kesalahan :
- jangan pernah mendahului dr kanan dimana bisa jadi ada kendaraan masuk/belok di jalur anda tanpa peringatan, dahului dr kanan bila jelas2 perpotongan jalur tsb bersih dan aman tak ada kendaraan lain.
- masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan dan informasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sen, tp jangan menyimpulkan apa2. Nantikan yg tdk dinanti nanti.
- tanyakan pada diri sendiri "sudahkah saya terlihat?", pastikan anda di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata, bila ragu2 siapkan yg terburuk.



2. TIKUNGAN YG KACAU (CORNERING CHAOS)
Jujur saja, tewas ditikungan adalah mati konyol, krn bisa dihindari dan tak ada alasan yg pantas utk itu. Tetap hidup, dlm kasus ini sangat sederhana, berkendaralah dgn keterbatasan anda. Status membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg sudah lama tak bawa motor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan ini, yg mengejutkan adalah terjadi meski jalan tdk basah.

Apa yg salah :
Pengendara motor memasuki tikungan terlalu cepat hingga gagal prediksi radius tikungan dan tak sempat melihat keadaan di ujung tikungan lalu berada di garis tikung yg tdk tepat hingga terlalu dekat dgn jalur arah lawan dan gagal menikung dgn benar hingga panik (ada yg menurunkan gas dan mengerem) hingga ketika keluar tikungan motor malah lari jauh ke arah lawan hingga bertabrakan dgn kendaraan dr depannya.

Cara menghindar kesalahan :
- rem dan atur posisi gigi segera, atur kecepatan hingga bisa merubah jalur menikung bila diperlukan, perhatikan keadaan tikungan bila ada tanda2 marka jalan kemana arah tikungan tsb.
- masuki garis tikungan dgn penglihatan terbaik utk melewatinya
- bukan garis tikungan balapan, dgn menyisakan ruang antara anda dan kendaraan dr arah lawan.
- jika tiba2 tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada kendaraan lain), jangan panik, krn panik bisa membuat motor hilang kendali.


3. MENDAHULUI YG KEBABLASAN (OVERTAKING OBLIVION)
Tabrakan ketika mendahului adalah kasus paling banyak ketiga dlm kecelakan motor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa mendahului kendaraan yg melaju lbh lambat.

Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu dekat pada kendaraan didepannya hingga banting setir kekanan dan berusaha mendahuluinya, ternyata didepan kendaraan tsb ada kendaraan lagi hingga si pengendara motor berusaha melewati keduanya, krn salah perhitungan dan salah atur jarak lalu keluar jalur masuki arah lawan dgn tak ada waktu dan jarak lagi utk pindah jalur hingga terjadilah tabrakan dgn kendaraan dr arah lawan.

Cara menghindar kesalahan :
- kunci mendahului adalah perencanaan yg matang, jangan tak sabaran, terburu2 atau agresif, posisikan diri anda dgn penglihatan terbaik kearah jalan didepan, pastikan posisi gigi yg pas utk menaikkan akselerasi.
- perhatikan jalan didepan dgn seksama, adakah hal2 yg berpotensi bahaya? Jika ada sedikit saja keraguan di hati, jangan mendahului! Krn sebentaran saja anda dpt lagi kesempatan utk mendahului.
- lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spion lalu nyalakan lampu sein dan segera mendahului secepat dan semulus mungkin, ambil segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dan kendaraan lain seluas mungkin.



4. PEMILAHAN YG RUSAK (FILTERING F**K-UP)
Bisa memilah melaju melewati kendaran2 di jalanan yg ramai adalah praktis maju yg terbesar dalam mengendarai motor sekaligus berbahaya.

Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu cepat di jalur 2 atau 3 dgn estimasi kecepatan 45kpj lbh cepat dr kendaran lain disekitarnya yg akan didahului, tiba2 salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat didepannya hingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan terjadilah tabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
- berkendaralah dgn kecepatan yg memungkinkan anda utk berhenti atau bermanuver dgn tepat, disarankan jangan lbh dr 15 km/jam dr kendaraan lain disekitar yg akan didahului.
- duduk tegak dan fokus terhadap jalan didepan, perhatikan tanda2 yg berpotensi bahaya, awas terhadap lampu2 sen kendaraan lain, perempatan2, pejalan kaki yg nyebrang dll, sisakan ruangan antara anda dan kendaraan lain.



5. BERKENDARA KELOMPOK YG BERDUKACITA (GROUP RIDING GRIEF)
Berkendara dgn teman2 bisa menyenangkan sekaligus dpt menimbulkan masalah. Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus kecelakaan bermotor, tp secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang yg tdk bisa diabaikan. Problem terbesar adalah si pengendara motor beresiko kecelakaan krn keinginan utk show off atau pamer kebisaanya bermotor didepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan anda sendiri, jangan terpancing oleh ulah teman anda.

Apa yg salah :
4 motor atau lbh berkendara kelompok, dgn 3 motor di belakang sebuah kendaraan lain dan satu motor didepan kendaraan lain tsb sekalgus di belakang kendaraan lain, satu dr 3 motor dibelakang mencoba mendahului, tiba2 satu motor didepan tsb juga mendahului kendaraan didepannya tanpa memberi tanda dan tak melihat spion, motor yg dibelakangnya tak sempat menghindar hingga terjadi tabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
- kecuali anda memiliki kepercayaan penuh terhdp teman2 kelompok berkendara di sekitar anda, tetaplah dalam formasi dan memberi ruang gerak yg banyak utk mereka, jangan coba2 menerka apa aksi dan manuver yg akan mereka lakukan.
- beri kejelasan terhadap teman2 kelompok berkendara di sekitar anda bila anda ingin bermanuver, menolehlah dan beri tanda2 yg jelas.
- ketika mendahului, pertimbangkan pula teman2 kelompok berkendara di sekitar yg dibelakang dgn memberi ruang gerak yg cukup. Jika mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului anda dgn motor yg ada didepan.



6. TRAGEDI PUTARAN (TURN TRAGEDY)
Ada beberapa kecelakaan yg melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn dgn pengendara motor yg melaju dr arah lawan. Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tp tetaplah berhati-hati.

Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dan keberadaan kendaraan lain di jalur lawan dr kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada lampu sen yg diberikan krn bisa terjadi kesalahpahaman (seperti ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk ke kiri jalur).

Beri ruang gerak jika nampaknya kendaraan dr arah lawan akan berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan didepannya.



7. TABRAKAN BELAKANG (REAR-END WRECK)
Melaju kencang di belakang kendaraan lain sepertinya terdengar dodol ya? bisa jadi, tp mengejutkan, terhitung 10% kecelakan bermotor dalam 9 grup contoh kecelakaan fatal dan menurut status, pengendara motor biasanya banyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada kecelakan jenis lain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil.

Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn "pemandangan" yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yg menyala didepan atau tanda2 yg menyebabkan terjadinya kelambatan didepan.

Kenali rem motor anda, banyak pengendara motor tak menyadari potensi akan rem motor mereka, sering2 lah tes rem mendadak dan kuat rem motor anda di empat yg sepi dan beraspal bagus utk mengetahui seberapa cepat motor anda berhenti, jangan berhenti mencoba pada tes pertama, terus lah mencoba, usahakan berangsur angsur hingga didapatkan perhentian yg maksimal.



KESALAHAN DALAM PERCOBAAN (ERROR ON TRIAL)
Kecelakaan tdk begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia menjadi faktor utama. Berlawanan dr opini populer yg ada, tak semua kecelakaan disebabkan oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun berbuat kesalahan. dr Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :

Mobil
- gagal melihat dgn semestinya, 18%
- gagal memutuskan, 10%
- kecerobohan, 9%
- manuver yg buruk, 8%
- kehilangan kendali, 8%

Motor
- kehilangan kendali, 14%
- gagal melihat dgn semestinya, 14%
- gagal memutuskan,10%
- manuver yg buruk, 10%
- kecerobohan, 9%

sumber: www.yamaha-motor.co.id.
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9707
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime14.02.08 7:31

Alhamdulillah Pak E-1, lagi2 ane jd maqin tau bentuk2 antisipasi agar qta terhindar dr kecelakaan...

Trims buat info2nya
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
candra904
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER
candra904


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6190
Total Posan : 1806
Sejak : 24.05.07
Domisili : Balikpapan
KorWil : Balikpapan
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja dah...
Sikon : kawin 1 anak
Slogan : Orang Bijak Taat Ibadah... Taat Pajak....Taat Berlalulintas

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime14.02.08 10:04

makasih infonya Pa Iwan........
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/candra904
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
042


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 9525
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime14.02.08 12:22

hatur nuhun bung Iwan atas inpownya... appreciated very much...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
DHeriS
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER
DHeriS


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6185
Total Posan : 1016
Sejak : 22.06.07
Domisili : Ciamis - Bandung - Jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 250
Julukan : masih 250 euy...
Sikon : a wife with 3 kids...
Slogan : mutiara...

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime14.02.08 13:58

sip, tks bro... cukup 7 aja, jangan nambah lagi ya, hi hi hi....
Kembali Ke Atas Go down
http://dianheri.wordpress.com
Heru
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
Heru


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6413
Total Posan : 3127
Sejak : 13.11.06
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0069
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : Single
Hobi : Touring
Slogan : Mutiara

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime14.02.08 16:31

mantap juragan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Rully KOSTER 014
Moderator KOSTER
Moderator KOSTER
Rully KOSTER 014


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 6453
Total Posan : 1124
Sejak : 16.11.06
Domisili : Bogor - Jakarta
KorWil : Bogor
NRA : 0014
Jabatan : Ang. Dewan Pembina
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : Single
Hobi : Touring

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime14.02.08 16:54

Bro, kalau penjelasan pake gambar mungkin lebih terbayang...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
king syahriar
PELTU KOSTER
PELTU KOSTER
king syahriar


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6004
Total Posan : 317
Sejak : 08.12.07
Domisili : Surakarta Hadiningrat
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 bro
Sikon : perjaka
Hobi : Main Game, Nonton Film, nOngkrOng, tOuring

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime14.02.08 20:26

makaci pa' iwan
Kembali Ke Atas Go down
http://king.syahriar@yahoo.co.id
Heru
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
Heru


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6413
Total Posan : 3127
Sejak : 13.11.06
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0069
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : Single
Hobi : Touring
Slogan : Mutiara

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime14.02.08 22:21

bener kata bro rully....pake pic donk
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Thunder.Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster
Thunder.Rider


KETUA DEWAN PENASEHAT
Male Poin Brogader : 8256
Total Posan : 252
Sejak : 07.12.07
Domisili : Parung.Bogor | BojongSari.Depok
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk 512 KB 2006
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime15.02.08 3:06

Rully KOSTER 014 wrote:
Bro, kalau penjelasan pake gambar mungkin lebih terbayang...

Ya betul bro Rully. Tp masalahnya lama amat yach... kita nggak punya foto yg diambil pas ketika terjadi kecelakaan.

Kayaknya musti dibikin simulasi menggunakan model, mmhhhh...mikir... yg menggunakan baik spdmotor maupun mobil, dan harus dilakukan di lokasi sesuai kejadian.

Kalau digambar secara manual di komputer, dan dibikn animasi grafik, Binun nehh wah kayaknya cukup menyita waktu, dan sy bukan ahlinya.

Anyway, buat bro yg ingin melengkapi dgn gambar | foto silahkan ...
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
ibank
PELDA KOSTER
PELDA KOSTER
ibank


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6104
Total Posan : 279
Sejak : 02.10.07
Domisili : Jakarta
KorWil : TangSel
NRA : 0154
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : single
Hobi : moto, modifiklasi, roll, tour
Slogan : Bravo KOSTER

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime17.02.08 15:24

EE ONE S wrote:
Rully KOSTER 014 wrote:
Bro, kalau penjelasan pake gambar mungkin lebih terbayang...

Ya betul bro Rully. Tp masalahnya lama amat yach... kita nggak punya foto yg diambil pas ketika terjadi kecelakaan.

Kayaknya musti dibikin simulasi menggunakan model, mmhhhh...mikir... yg menggunakan baik spdmotor maupun mobil, dan harus dilakukan di lokasi sesuai kejadian.


setubuh pak iwan kita bikin aja skenarionya
heru siap jd korbannya tuch,...

:gigi rontok:
Kembali Ke Atas Go down
[BOETHO]
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
[BOETHO]


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 7060
Total Posan : 4615
Sejak : 19.04.07
Domisili : Trenggalek - Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0013
Jabatan : Ang. Pendiri
Thunder :
  • 125
Julukan : Big Black Beauty
Sikon : MENGERIKAN....
Hobi : MANASIN ORANG
Slogan : ADA APA YAH...??

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime17.02.08 20:04

Heru wrote:
bener kata bro rully....pake pic donk


NAHH....UDAH ADA SUKARELAWAN SATU NIHH........... Ngupil
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
gerry_garsono


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 8056
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime19.02.08 12:55

salam koster :koster:Bendera Indonesia

ya udah...kalo gitu sie dokumentasi koster bro supri , eep, rendy, nazar, siap mengabadikan bro heru yg siap jadi model , 7 skenario tabrakan motor...
Bijimana bro heru ?? siap2 nggak siap hadapilah motor thunder mu !! he..he...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
bash
LETDA KOSTER
LETDA KOSTER
bash


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6417
Total Posan : 411
Sejak : 11.11.06
Domisili : Cibinong...
KorWil : Cibinong
NRA : 0074
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : blue thunder 125
Sikon : single...

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime19.02.08 14:07

satuju....
hehehe.. Ngakak abisss! Ngakak abisss! Ngakak abisss!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
France Tivoz
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
France Tivoz


KEPALA DIVISI BAKTERI
Male Poin Brogader : 6745
Total Posan : 3535
Sejak : 02.10.07
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0206
Jabatan : KaDiv Bakteri
Thunder :
  • 125
  • 125 dan 250
Julukan : Red Bull
Sikon : unmeried
Hobi : Belajar
Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime19.02.08 14:53

Thanx Pak Iwan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
Bro Jay


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 9707
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime19.02.08 16:33

gerry_garsono wrote:
salam koster :koster:Bendera Indonesia

ya udah...kalo gitu sie dokumentasi koster bro supri , eep, rendy, nazar, siap mengabadikan bro heru yg siap jadi model , 7 skenario tabrakan motor...
Bijimana bro heru ?? siap2 nggak siap hadapilah motor thunder mu !! he..he...

Masa siy bro Heru suka jatoh pas naek motor? kan doi kalo pake motor pelan deh... Pura pura gak tau
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
cepyhafiz
PELTU KOSTER
PELTU KOSTER
cepyhafiz


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6107
Total Posan : 354
Sejak : 22.08.07
Domisili : tangerang,cibinong
NRA : 195
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125, the blues..
Sikon : Sedang Meniti Keluarga Sakinah

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime19.02.08 17:54

waduh/./ pake casting dulu donk..... he2
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/cepyhafiz
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER
gerry_garsono


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 8056
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime20.02.08 8:16

salam koster :koster: Bendera Indonesia

nggak usah pake casting2an..langsung aja chepy....heee
kan bro heru & bro heri emang suka jatoh dari motor...heee

makanya jangan ngebut2 dong...saety riding aja...ok
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
[BOETHO]
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER
[BOETHO]


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 7060
Total Posan : 4615
Sejak : 19.04.07
Domisili : Trenggalek - Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0013
Jabatan : Ang. Pendiri
Thunder :
  • 125
Julukan : Big Black Beauty
Sikon : MENGERIKAN....
Hobi : MANASIN ORANG
Slogan : ADA APA YAH...??

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime20.02.08 8:47

gerry_garsono wrote:
salam koster :koster: Bendera Indonesia

nggak usah pake casting2an..langsung aja chepy....heee
kan bro heru & bro heri emang suka jatoh dari motor...heee

makanya jangan ngebut2 dong...safety riding aja...ok




HO'OH........KAN LANGSUNG PEMERAN UTAMA AJA BRUR......... suzuki thunder dot c


Terakhir diubah oleh gerry_garsono tanggal 20.02.08 12:01, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
buyung
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER
buyung


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6490
Total Posan : 4508
Sejak : 04.05.08
Domisili : PAMULANG
KorWil : TANG-SEL
NRA : 0237
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : menikah
Hobi : TIDUR
Slogan : Jadilah diri sendiri

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime20.05.08 19:32

THANKS pa iwan artikel nya bgus bgt....
jd tau deh antisipasinya...... Ati ati di jalan!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
N4L
SERMA KOSTER
SERMA KOSTER
N4L


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5778
Total Posan : 248
Sejak : 12.08.08
Domisili : Bogor - Jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Red Black 125
Sikon : Menikah
Hobi : Bike Riding & Music
Slogan : Be Good & Be Safe

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: 7 PETI MATI   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime04.12.08 15:48

:kosterianz:



TIPS & TRIK - Safety Riding
Artikel berikut adalah 7 skenario tabrakan yg didasari dari kecelakaan yg sebenarnya dimana si pengendara2 motor ybs tewas. Mereka tak sempat menerangkan apa yg salah, jadi dibuatlah skenario ini, menghindari maut dan tetap selamat dgn mempelajari kesalahan mereka.


1. Perpotongan Jalur Berbahaya (Junction Jeopardy)

Pembunuh nomor satu, tabrakan di perpotongan jalur selalu sama dan berakibat serius, dapat terjadi pada siapa saja yg biasanya pengendara lain yg terlibat mengklaim bahwa mereka tak melihat ada motor datang, meskipun begitu pengendara motor bisa menghindari dgn defensive riding dan tetap awas.

Apa yg salah :
Pengendara motor berjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tsb belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan, ternyata dari arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun belok kanan/kiri.

Cara menghindar kesalahan :
- jangan pernah mendahului dari kanan dimana bisa jadi ada kendaraan masuk/belok di jalur anda tanpa peringatan, dahului dari kanan bila jelas2 perpotongan jalur tsb bersih dan aman tak ada kendaraan lain.
- masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan dan informasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sen, tapi jangan menyimpulkan apa2. Nantikan yg tidak dinanti nanti.
- tanyakan pada diri sendiri "sudahkah saya terlihat?", pastikan anda di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata, bila ragu2 siapkan yg terburuk.

2. Tikungan yg Kacau (Cornering Chaos)

Jujur saja, tewas ditikungan adalah mati konyol, karena bisa dihindari dan tak ada alasan yg pantas utk itu. Tetap hidup, dlm kasus ini sangat sederhana, berkendaralah dgn keterbatasan anda. Status membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg sudah lama tak bawa motor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan ini, yg mengejutkan adalah terjadi meski jalan tidak basah.

Apa yg salah :
Pengendara motor memasuki tikungan terlalu cepat hingga gagal prediksi radius tikungan dan tak sempat melihat keadaan di ujung tikungan lalu berada di garis tikung yg tdk tepat hingga terlalu dekat dgn jalur arah lawan dan gagal menikung dgn benar hingga panik (ada yg menurunkan gas dan mengerem) hingga ketika keluar tikungan motor malah lari jauh ke arah lawan hingga bertabrakan dgn kendaraan dari depannya.

Cara menghindar kesalahan :
- rem dan atur posisi gigi segera, atur kecepatan hingga bisa merubah jalur menikung bila diperlukan, perhatikan keadaan tikungan bila ada tanda2 marka jalan kemana arah tikungan tsb.
- masuki garis tikungan dgn penglihatan terbaik utk melewatinya - bukan garis tikungan balapan, dgn menyisakan ruang antara anda dan kendaraan dari arah lawan.
- jika tiba2 tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada kendaraan lain), jangan panik, karena panik bisa membuat motor hilang kendali.

3. Mendahului yg Kebablasan (Overtaking Oblivion)

Tabrakan ketika mendahului adalah kasus paling banyak ke tiga dlm kecelakan motor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa mendahului kendaraan yg melaju lebih lambat.

Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu dekat pada kendaraan didepannya hingga banting setir kekanan dan berusaha mendahuluinya, ternyata didepan kendaraan tsb ada kendaraan lagi hingga si pengendara motor berusaha melewati keduanya, karena salah perhitungan dan salah atur jarak lalu keluar jalur masuki arah lawan dgn tak ada waktu dan jarak lagi utk pindah jalur hingga terjadilah tabrakan dgn kendaraan dari arah lawan.

Cara menghindar kesalahan :
- kunci mendahului adalah perencanaan yg matang, jangan gak sabaran, terburu2 atau agresif, posisikan diri anda dgn penglihatan terbaik kearah jalan didepan, pastikan posisi gigi yg pas utk menaikkan akselerasi.
- perhatikan jalan didepan dgn seksama, adakah hal2 yg berpotensi bahaya? jika ada sedikit saja keraguan di hati, jangan mendahului!, karena sebentaran saja anda dapat lagi kesempatan utk mendahului.
- lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spion lalu nyalakan lampu sen dan segera mendahului secepat dan semulus mungkin, ambil segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dan kendaraan lain seluas mungkin.

4. Pemilahan yg Rusak (Filtering F**k-Up)

Bisa memilah melaju melewati kendaran2 di jalanan yg ramai adalah praktis maju yg terbesar dalam mengendarai motor sekaligus berbahaya.

Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu cepat di jalur 2 atau 3 dgn estimasi kecepatan 45kpj lebih cepat dari kendaran lain disekitarnya yg akan didahului, tiba2 salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat didepannya hingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan terjadilah tabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
- berkendaralah dgn kecepatan yg memungkinkan anda utk berhenti atau bermanuver dgn tepat, disarankan jangan lebih dari 15kpj dari kendaraan lain disekitar yg akan didahului.
- duduk tegak dan fokus terhadap jalan didepan, perhatikan tanda2 yg berpotensi bahaya, awas terhadap lampu2 sen kendaraan lain, perempatan2, pejalan kaki yg nyebrang dll, sisakan ruangan antara anda dan kendaraan lain.

5. Berkendara kelompok yg Berdukacita (Group Riding Grief)

Berkendara dgn teman2 bisa menyenangkan sekaligus dapat menimbulkan masalah. Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus kecelakaan bermotor, tapi secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang yg tidak bisa diabaikan. Porblem terbesar adalah si pengendara motor beresiko kecelakaan karena keinginan utk show off atau pamer kebisaanya bermotor didepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan anda sendiri, jangan terpancing oleh ulah teman anda.

Apa yg salah :
4 motor atau lebih berkendara kelompok, dgn 3 motor di belakang sebuah kendaraan lain dan satu motor didepan kendaraan lain tsb sekalgus di belakang kendaraan lain, satu dari 3 motor dibelakang mencoba mendahului, tiba2 satu motor didepan tsb juga mendahului kendaraan didepannya tanpa memberi tanda dan tak melihat spion, motor yg dibelakangnya tak sempat menghindar hingga terjadi tabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
- kecuali anda memiliki kepercayaan penuh terhdp teman2 kelompok berkendara di sekitar anda, tetaplah dalam formasi dan memberi ruang gerak yg banyak utk mereka, jangan coba2 menerka apa aksi dan manuver yg akan mereka lakukan.
- beri kejelasan terhadap teman2 kelompok berkendara di sekitar anda bila anda ingin bermanuver, menolehlah dan beri tanda2 yg jelas.
- ketika mendahului, pertimbangkan pula teman2 kelompok berkendara di sekitar yg dibelakang dgn memberi ruang gerak yg cukup. jika mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului anda dgn motor yg ada didepan.

6. Tragedi Putaran (Turn Tragedy)

Ada beberapa kecelakaan yg melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn dgn pengendara motor yg melaju dari arah lawan. Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi tetaplah berhati-hati.

Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dan keberadaan kendaraan lain di jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada lampu sen yg diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk ke kiri jalur).

Beri ruang gerak jika nampaknya kendaraan dari arah lawan akan berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan didepannya.

7. Tabrakan belakang (Rear-end Wreck)

Melaju kencang di belakang kendaraan lain sepertinya terdengar dodol ya? bisa jadi, tapi mengejutkan, terhitung 10% kecelakan bermotor dalam 9 grup contoh kecelakaan fatal dan menurut status, pengendara motor biasanya banyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada kecelakan jenis lain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil.

Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn "pemandangan" yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yg menyala didepan atau tanda2 yg menyebabkan terjadinya kelambatan didepan.

Kenali rem motor anda, banyak pengendara motor tak menyadari potensi akan rem motor mereka, sering2 lah tes rem mendadak dan kuat rem motor anda di empat yg sepi dan beraspal bagus utk mengetahui seberapa cepat motor anda berhenti, jangan berhenti mencoba pada tes pertama, terus lah mencoba, usahakan berangsur angsur hingga didapatkan perhentian yg maksimal.

Kesalahan dalam Percobaan (Error on Trial)

Kecelakaan tidak begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia menjadi faktor utama. Berlawanan dari opini populer yg ada, tak semua
kecelakaan disebabkan oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun berbuat kesalahan. Dari Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :

Mobil
- gagal melihat dgn semestinya 18%
- gagal memutuskan10%
- kecerobohan 9%
- manuver yg buruk 8%
- kehilangan kendali 8%

Motor
- kehilangan kendali 14%
- gagal melihat dgn semestinya 14%
- gagal memutuskan10%
- manuver yg buruk 10%
- kecerobohan 9%

-------------------------------------------------------------
artikel investigasi khusus ini disadur bebas dari kolom Feature "Stop Crashing" Superbike Magazine edisi April 2007 halaman 62, berjudul
"7 Deadly Bins and How to Avoid them", ditulis oleh Dave Bradford, foto oleh Graeme Brown & ilustrasi oleh Huw Williams.

(ditranslate oleh bro Alvie - HTML)
Semoga Bermanfaat
Salam KOSTER!!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
webster
AdminMuda KOSTER
AdminMuda KOSTER
webster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 7521
Total Posan : 5143
Sejak : 19.08.08
Domisili : RawaMangun
KorWil : Jakarta Pusat
NRA : 0728
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : Darknight
Status :
  • lajang
Sikon : Single
Hobi : Nonton Film
Slogan : ** A little love can make a bi

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime04.12.08 15:57

thx bro infonya
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
harry2yo
Moderator KOSTER
Moderator KOSTER
harry2yo


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 11349
Total Posan : 16296
Sejak : 06.08.08
Domisili : Dibalik Layar
KorWil : Kota Ikan SURA
NRA : 0266
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : TerBang
Sikon : Amin
Hobi : nge-klik
Slogan : - Keselamatan Itu Penting
- Ja

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime04.12.08 16:10

Salam koster,

Good Info Bro....

Mantappp Bro!
Kembali Ke Atas Go down
Dodik JeTC
Panglima KOSTER
Panglima KOSTER
Dodik JeTC


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6564
Total Posan : 7746
Sejak : 04.07.08
Domisili : Jember. JaTim
KorWil : JeTC
NRA : 0494
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : MR. BIG
Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah...
Hobi : cari sodara

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime04.12.08 16:29

tread ini sdh pernah dibuat oleh Om Iwan...

http://www.suzuki-thunder.net/safety-riding-for-moto-rider-biker-with-suzuki-thunder-problema-dan-solusi-lalu-lintas-f28/sr-7-sekrenario-tabrakan-sepedamotor-t3742.htm?highlight=tujuh

cuman beda judul
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
N4L
SERMA KOSTER
SERMA KOSTER
N4L


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 5778
Total Posan : 248
Sejak : 12.08.08
Domisili : Bogor - Jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Red Black 125
Sikon : Menikah
Hobi : Bike Riding & Music
Slogan : Be Good & Be Safe

SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime04.12.08 16:38

Iya Ya Bro...Beda Sumber juga, Kalau saya dapet dari http://www.ooprexmania.com/

Thanks Bro!! Maapin yaaa
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Sponsored content





SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Empty
PostSubyek: Re: SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor   SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
SR: 7 Sekrenario Tabrakan SepedaMotor
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» S/R: Faktor Kecelakaan SepedaMotor
» P3K: Brogader KOSTER dan kecelakaan kendaraan bermotor
» SEPEDAMOTOR MAUT

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Safety Riding for Moto-Rider | Biker with Suzuki Thunder, Problema dan Solusi Lalu-Lintas-
Navigasi: