Poin Brogader : 9533 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 11.11.06 17:24
First topic message reminder :
Hindari menggeber gas pada saat motor dalam kondisi stationer misalnya ketika berhenti di lampu merah. Karena setiap gas ditarik, jarum skep di karburator bakal naik dan bensin disemprotkan dari ruang pelampung. Jadi, motor tidak bergerak tapi bensin sudah terpakai.
Ketika motor berjalan, jangan sering stop & go, alias mengendurkan gas dann menggebernya kembali karena ketika tarikan awal mesin membutuhkan banyak bensin.
Pakai gigi sesuai kecepatan agar bensin tidak terkuras sia sia.
Periksa tekanan ban. Kalau ban kita kempes atau kurang angin, beban motor menjadi berat dan lebih mengkonsumsi banyak bensin.
Karburator harus bersih. Ukuran spuyer berdasarkan standard yang berlaku. Selain itu filter udara juga harus bersih. Jangan sampai tersumbat kotoran atau debu bisa-bisa campuran gas pembakaran menjadi kaya akibatnya boros bensin.
Buat penggemar knalpot racing, copot dulu ganti ke standard. Knalpot racing cenderung boros bahan bakar soalnya spuyer karburator ikut dinaikkan kalo kita pakai knalpot racing.
Pilih BBM di pom bensin yang bersih, alias tidak oplosan.
Jika tikungan, gunakan gigi yang lebih rendah (engine brake), namun jangan menarik gas terlalu besar jika sudah melewati tikungan. Boleh juga terapin gaya balap, yaitu cari jalan sependek-pendeknya. Di belokan ngerem sedikit dan lewati jalur bagian dalam.
Gantilah oli mesin secara rutin dan jangan lupa menggunakan pelumas oli yang di rekomendasi. Perhatikan kapasitasnya, karena bila terlalu penuh dan kental akan menganggu putaran kruk as yang berakibat bensin boros.
Terakhir, service motor sobat secara rutin di bengkel resmi, dan hindari modifikasi sehingga efisiensi kerja mesin tetap terjaga, BBM tetep irit dan umur sparepart lebih panjang.
Ok selamat berhemat, sobat!
Credits to: TRC Forum
Pengirim
Message
ROBIN 151 Kolonel KOSTER
Total Posan : 1394 Sejak : 27.10.07
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 02.06.08 18:46
yo i, enk nich skrg beli pretamax berasaaaaaa...
blackwarrior PELTU KOSTER
Poin Brogader : 6295 Total Posan : 316 Sejak : 03.04.07 Domisili : batavia KorWil : Selatan Jakarta NRA : 027 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 250 Sikon : high quality jomblo, keren, biker ganteng Hobi : touring, adventure Slogan : Jalani Hidup Dengan Belajar Dari Kehidupan
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 02.06.08 23:01
blackwarrior wrote:
Rencananya pemerintah akan menaikkan harga BBM bulan depan, untuk itu ada baiknya sedulur's mulai siap-siap melakukan penghematan BBM.. Berikut trik dan tips untuk hemat BBM, :
Ganti velg & ban profil lebar dan berat ke ukuran yang lebih kecil, atau standar. Velg dan ban profil lebar dan besar kalo diaplikasi ke Thundie 125 bikin "teriak" mesin dan boros bensin.Karena harus bekerja extra dengan body thundie yang berat plus velg dan ban yg lebar. Kasian kan thundie mu....
Betul, tapi motor lu kayak motor yang laenya ga ada unik uniknya lagi kalo urusan kasian thundie dikasih velk lebar kita mesti liat berapa kilo beban maksimal yang bisa diangkut ama thundie. so ga begitu bermasalah
# ya terserah, siap2 aja ring sama stang piston berkurang umurnya... bukannya gw sirik,tapi kasian aja ama motor loe
ganti knalpot racing dengan knalpot standar, karena knalpot standar lebih hemat BBM dan tidak berisik dibandingkan dengan knalpot model racing yang jelas-jelas bising, bikin polusi, dan bikin boros BBM. Tau nggak?knalpot "model racing" cuma menambah power 0,sekian persen.
Sama juga jika anda pake knalpot standard juga tidak menghemat bbm signifikan, belum tau berapa persen yang bisa diirit. kalo motor suaranya bising itu baru ok soalnya lebih mantap biar dibilang ada tenaganya meski kalo diajak jalan kempos hehehe. lagian kalo mo ga polusi bisa mengurangi metromini dan kopaja yang udah item tuh asepnya kalo thunder mah ga akan menghasilkan asep item seperti itu kan hehehehe
# yang jelas, motor dibikin udah ada itungannya, knalpot racing itu rata2 bikin boros, berisik bikin motor yang dibelakangnya sebel, penduduk jadi sebel, jadinya bikin penyakit = STRESS, DARAH TINGGI!, BUDEG, BOLOT, TULI BERISIK = TIDAK TAU ETIKA
Perbaiki gaya riding yang biasa betot ulur gas, mbejek gas sampe mentok,... biasakan mengurut gas sesuai rpm. karena dengan stop n go, konsumsi bensin jadi lebih boros. Hindari jalan macet.
betul, tapi kalo ga ada blayer ga afdol. soalnya mesin suaranya ga ada iramanya jadi kalo kita umpamakan gak asik kalo ga ada musik ga asik juga naek motor ga ada blayer seperti naek skooter yang ga bisa di blayer hehehehe
rajin servis berkala, rawat karbu dan mesin.
yup, tapi kalo kebengkel ngerawatnya sama aja ngabisin duit mending buar beli bbm
# GAK DIRAWAT, MOTOR SEKARAT
Jangan memanaskan mesin lebih dari 3 menit, bila kelamaan dipanaskan, berakibat bensin menjadi boros.
bilang aja pelit, kalo manasin mesin kurang 3 menit makenya berjam-2 ya tetep aja boros bensin. kalo mau jangan dipanasin or ga dipake jadi bbm sangat irit
# BUKANNYA PELIT, TAPI SELAIN BOROS BIKIN POLUSI JUGA. YANG PENTING OLI BERSIRKULASI UDAH CUKUP.
Jangan mainkan gas di lampu merah, dengan menekan kopling. Lebih baik netralkan saja.
kalo yang ini sumpeh gw setuju banget soalnya ga ada gunanya juga, yang ada ditendang motor lu ama aparat keamanan yang jaga heheheheeeee
# Maksudnya, kalo neken kopling terus, bensin boros plus kopling cepet aus, dodooollll...... yang ilmiah dikit kalo komen jgn asal "buang asep"..
ADHI "BLACWARRIOR" MULIA 027 KOSTER JAKSEL BAND OF BROTHERS COLONEL GESSIE "WILD BULL" 250 X B 6979 KDE
FOREVER THUNDER, THUNDER FOREVER RIDE TO LOVE, CARE & PEACE
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 03.06.08 6:45
Sudah . . . . . . jangan adu argumentasi . . . ikuti saja tip saya dan "dijamin irit asal diterapkan dengan benar" . . .
Thunder Rider wrote:
BTW . . . Thundie sy msh super-irit. Sbg tambahan utk tip diatas dari Bro Adhi, ada bbrp tambahn tip lain yg juga cukup signifikan dr sy.
. . .
TIP HEMAT BBM - SUDAH TERUJI DAN TERBUKTI
Mau menghemat BBM? Berikut adalah 15 (limabelas) tip yg tlh teruji dan terbukti, mutlak hrs anda lakukan bila moto anda ingin efisien dan efektiv.
Ada 15 (limabelas)??? Banyak sekali!?
Ya, kalau mau super irit spt Thundie sy yg bisa mencapai 90 km/liter justeru pd speed 120 km/jam!
Minimum butir 1 s/d 10 hrs anda terapkan pd Thundie anda utk konsumsi BBM irit s/d 60 km/liter.
Berikut adalah tip irit BBM bisa anda lakukan.
Jangan melakukan akselerasi|ngegas bila tak dibutuhkan, krn akan membuang BBM secara percuma.
Gunakan gigi (gear, verseneling) utk RPM dan speed yg sesuai, shg tenaga mesin digunakan sesuai dgn ukurannya dan tak ada tenaga terbuang sia-sia.
Senantasa pelihara dan jaga moto anda dlm kondisi prima! Tiap bagian bergerak hrs diberi pelumas yg sesuai secara tepat [oli, minyak, gemuk, zat aditiv, anti-karat|korosi].
Pelumasan mesin hrs optimum. Gunakan oli dgn kekentalan|viskositas tinggi dan bisa mengikuti perubahan suhu|temperatur mesin dan cuaca dgn baik [SAE 10- 50, atau 20- 40].
Tegangan rantai harus optimum, dan rantai harus selalu bersih dan diberi pelumas anti-karat|korosi.
Tekanan ban depan-belakang harus tetap optimum, tak boleh kurang angin. Jangan gunakan ban dgn tapak terlalu lebar.
Tubuh kendaraan hrs aerodinamik, bisa menyalurkan aliran angin dr depan ke belakang dgn baik. Kalau menggunakan perisai|tameng-angin (wind-shield), gunakan yg memiliki bentuk sportiv atau aerodinamik, shg tak menghambat aliran angin. Kalau memungkinkan, pd tubuh kendaraan gunakan "fairing".
Saringan|filter udara, BBM, dan oli hrs bersih dan bekerja optimum, shg tak ada hambatan utk, baik udara maupun BBM, dlm memasuki karburator, dan oli memasuki mesin.
Campuran udara dan gas BBM dlm karburator optimum, tak terlalu kaya dan tdk terlalu miskin. Stel celah masuk campuran gas karburator sebaik mungkin, shg mesin tdk mati krn kekurangan catu BBM dan tak ada BBM yg terbuang krn tak terpakai.
Pembukaan katup|klep (valve), baik masuk (intake) maupun buang (exhaust), harus optimum, tak terlalu lebar dan tak terlalu sempit. Stel buka-tutup klep sebaik mungkin.
Pengapian|penyalaan (ignition) harus optimum. Gunakan CDI (capacitor discharge ignition) dan koil yg sesuai, dan juga busi (bougie, spark-plug) yg sesuai dgn setelan celah vonk (spark gap) antar elektroda optimum, shg koil menghasil tegangan listrik tertinggi dan busi menghasilkan percikan bunga-api listrik terbaik.
Utk kendali aliran BBM dr tanki ke karburator, gunakan fuel-flow booster utk aliran BBM, antara tanki dan saringan|filter BBM. Gunanya utk mengoptimumkan kerapatan|densitas molekul BBM, shg kadar BBM per satuan volume ruang jadi optimum.
Utk peningkatan pengapian|penyalaan busi, gunakan sparking-up booster utk busi, antara koil dan busi. Gunanya utk meningkatkan arus dan atau tegangan listrik antar elektroda busi.
Utk bagian dalam mesin, gunakan zat additiv, gel pelapis permukaan logam, shg gesekan|friksi antar permukaan logam|metal mesin, terutama antara piston dan dinding silinder, bisa diperkecil menjadi minimum.
Utk optimasi pembakaran (combustion) campuran gas BBM dan udara dlm kamar bakar mesin (engine combustion chamber), gunakan zat aditiv sbg katalisator, shg campuran tsb dibakar sempurna dlm kala waktu pembakaran (combustion time period), tak ada yg tak terbakar shg terbuang ke knalpot.
Dgn menerapkan 15 butir tip diatas secara konsisten, dijamin Suzuki Thunder anda hemat BBM.
. . .
Semoga berguna dan bermanfaat ...
Lengkapnya bisa dilihat di: http://suzuki-thunder.net/problem-dan-solusi-tip-dan-trik-utk-suzuki-thunder-f8/bbm-naik-pake-jurus-hemat-t4310-3.htm
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9715 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 03.06.08 10:02
sipp lah Om E-1, memang 15 butir tadi bukan berati dihafal aja, tapi dipraktekan juga, insya Allah REMO akan mempraktekan ke-15 butir yang diuraikan diatas
atnlie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6430 Total Posan : 3368 Sejak : 21.02.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan NRA : 0313 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : http://www.atnlie.co.nr
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 03.06.08 12:11
siiippp lanjut emang kalo BBM sudah naek mah kalo dikritik marah saolnya darah ikut2an naek jadi ya kita serahkan semua pada pemiliknya toh mereka yang make ya pasti ada resikonya kalo ga dipake ya ga akan boros bensin
audiarsza LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6236 Total Posan : 518 Sejak : 10.05.07 Domisili : kota 1000 angkot NRA : double O seven Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : inspek aja deh Hobi : ga ada...
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 04.06.08 2:00
kalo mio kaya gmn cara ngiritnya om??
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 04.06.08 5:30
colonel BARON wrote:
kalo mio kaya gmn cara ngiritnya om??
Wah, saya nggak punya Mio , jadi nggak tau persis rinciannya.
. . . . tapi yang jelas jurus hemat seperti diatas bisa diterapkan pada semua sepedamotor , dan juga mobil, karena semua kendaraan bermotor bermesin miyak petroleum, baik Otto | bensin maupun Diesel | solar, bekerja dengan prinsip dasar sama, hanya disain akhirnya saja berbeda.
. . .
brorokrs MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 6697 Total Posan : 2178 Sejak : 08.01.08 Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD NRA : 0242 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : rokrsthunder Sikon : baru punya atu anak.... Hobi : Hiking-Fishing-Touring Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 04.06.08 10:18
mang bisa 1:90km/liter dg speed 120km/jam...??#@ Sprocket belakang ganti kecil n depan ganti gede ya bang E-1....
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9533 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 04.06.08 10:23
colonel BARON wrote:
kalo mio kaya gmn cara ngiritnya om??
halagh... mio... hari gini gak pake gigi....ompong kaleee hehehehe....
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 04.06.08 10:27
Mio pake pertamax ya? Ane suka pake skywave juga ke kantor kadang2, bendinnya pertamax and kerasa banget borosnya ketimbang thunder, apa matic emang gitu yahh?
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 04.06.08 11:12
rokrs wrote:
mang bisa 1:90km/liter dg speed 120km/jam...??#@ Sprocket belakang ganti kecil n depan ganti gede ya bang E-1....
Memang bisa, tapi cukup fantastis "tune-up' dan "maintenance"nya . Secara teorits, makin tinggi akselerasi, makin cepat kendaraan, makin lebar katup "throttle" karburator membuka, yang berarti makin banyak udara memasuki rongga venturi karburator. Dengan demikian, rasio udara dan bahanbakar bisa dinaikkan sedikit lebih tinggi, dari normal 14,7 s/d 15 : 1, bisa jadi 16 s/d 17 : 1. Dgn kata lain, gas campuran dibikin sedikt miskin (lean) atau kering (dry). Namun tanpa mesin kehilangan tenaga. Artinya pembakaran gas harus betul sempurna sehingga efisiensi tertinggi bisa dicapai. Dan ini membutuhkan dukungan percikan busi optimum, agar seluruh gas dibakar habis tanpa sisa dalam waktu sesingkatnya dan diubah seluruhnya jadi tenaga mesin.
Dan itu saja tidak cukup . Thundie saya menggunakan penyearah dan pemecah molekul bahanbakar sebelum memasuki filter bahanbakar ke karburator, sehingga rapat bobot (mass density) bahanbakar bisa ditingkatkan, dan debet (volume per satuan waktu) bahanbakar dari tanki ke karburator, dapat diperkecil tapi berbobot, karena rasio yang dibutuhkan bukan rasio volume, tapi rasio bobot, antara bobot udara dan bobot bahanbakar. Lantas molekul udara juga dipecah dan diperhalus sebelum memasuki karburator via filter udara.
Untuk kelistrikan, percikan busi ditingkatkan, sehingga sangat kuat. Lantas suhu | temperatur mesin ditingkatkan sedikit lebih tinggi, sehingga efisiensi termal meningkat, dan dihasilkan tenaga optimum. Sementara itu dinding silinder dan piston dilapisi gel untuk meminimasi friksi metal dan peredam panas, dan ditambah lagi dengan bahan katalisator pembakaran, shg gas campuren lebih cepat dibakar.
A little bit complicated memang . Jadi harus pakai 3 booster, yakni booster bahanbakar, booster udara, dan booster busi. Plus gel anti friksi metal, katalisator pembakaran, dan penahan viskositas | kekentalan oli agar tetap cukup kental pada temperatur tinggi.
. . .
Kalau spocket depan diperbesar dan spocket belakang diperkecil, kecepatan kendaraan memang meningkat, tapi tarikan atau akselerasi merosot alias drop.
Intinya, untuk penghematan bahanbakar adalah peningkatan efisiensi . Baik efisiensi bahanbakar, efisiensi termal mesin, maupun efisiensi mekanisme tiap bagian bergerak kendaraan secara keseluruhan.
Kalau Suzuki Thunder anda bisa mencapai rata-rata 60 s/d 70 km/liter saja itu sudah sangat bagus . Bahkan bisa rata-rata 55 km/liter sudah lumayan irit.
. . .
brorokrs MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 6697 Total Posan : 2178 Sejak : 08.01.08 Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD NRA : 0242 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : rokrsthunder Sikon : baru punya atu anak.... Hobi : Hiking-Fishing-Touring Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 04.06.08 14:58
Boleh dong bung E-1 alat untuk penyearah dan pemecah molekul bahanbakar sebelum memasuki filter bahanbakar ke karburator, serta booster bahanbakar, booster udara, dan booster busi.Seperti yang di jelaskan... Berapa nih harganya... Buat ngirit BBM... Sepertinya thundie saya 1:40 deh konsumsi BBM / 1 liter.... di sharing alat nya...
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 04.06.08 15:55
Itu barang semua produksi lokal. Tapi untuk saat ini saya tak punya stok. Spt NUFTON SPARKING-PLUG BOOSTER sekarang lagi mandek produksinya.
Untuk solusi alternativ, silahkan coba bbrp produk lain, seperti misalnya SPONTAN POWER.
Untuk jelasnya silahkan lihat dlm forum ini, dlm topik:
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM DAN PENINGKAT KINERJA MESIN
Semoga berguna . . .
buyung Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6498 Total Posan : 4508 Sejak : 04.05.08 Domisili : PAMULANG KorWil : TANG-SEL NRA : 0237 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : menikah Hobi : TIDUR Slogan : Jadilah diri sendiri
Subyek: Tip dan Trik Berhemat BBM 02.09.08 14:11
Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat para pemilik kendaraan makin perhatian terhadap angka konsumsi BBM. Kenaikan per awal bulan ini memaksa sebagian besar pemilik kendaraan menghitung kembali budged pengeluaran bulanan untuk kendaraannya. Yang pasti, dengan jarak tempuh yang sama harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi. Untuk pengendara yang mengemudikan mobil dengan perangkat Multi Information Display (MID) bisa dengan mudah memantau pemakaian BBM. Lalu, bagaimana kalau angka MID menunjukkan pemakaian BBM yang boros? Boros tidaknya pemakaian BBM juga tergantung dari gaya mengemudi, selain faktor teknis mekanis tentunya.. Berikut beberapa tips dan trik yang perlu dilakoni untuk menekan anggaran BBM : 1. Jangan Menghentak. Injakan harus stabil dan bertahap. Kalau pedal gas diinjak secara tiba-tiba, otomatis bahan bakar yang akan dihisap ke ruang bakar juga semakin banyak. Sementara, pada saat itu putaran mesin masih rendah. Akibatnya tidak semua bahan bakar yang masuk ke ruang mesin terbakar. Ini yang disebut dengan pemborosan. Karena, bahan bakar yang masuk tidak keluar dalam bentuk tenaga, tetapi ikut terbuang lewat knalpot.2. Kenali RPM Mesin.Salah satu cara membuat konsumsi BBM yang efisien adalah melakukan pergantian gigi (transmisi) yang tepat, yaitu pada saat mesin mencapai torsi maksimum (momen maksimum).Pemindahan gigi ketika mobil tengah membutuhkan torsi (daya dorong) yang besar, sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan keterangan mengenai moment maximum (torsi maximum) masing-masing mobil (biasanya dalam satuan kgm/rpm). Sementara, apabila kendaraan sudah bergerak (di mana daya dorong tidak diperlukan), paling efisien bila melaju dengan RPM di antara 2.500 s/d 3.500 dan dengan gigi tertinggi.Contoh, data teknis pada manual book tertulis torque maximum: 200Nm/3750rpm. Ini berarti momen tertinggi sebesar 200Nm terjadi pada saat mesin berputar sebanyak 3750 per menit.Pada contoh ini, berarti sebaiknya kita melakukan perpindahan gigi ketika rpm menunjukkan kisaran angka 3750. Angka RPM dapat dilihat di tachometer yang berada pada dashboard mobil.Angka RPM di tachometer amat penting diperhatikan. Untuk mengefektifkan konsumsi BBM, saat melaju di jalan pertahankanlah putaran mesin pada kisaran torsi maksimum tersebut. Karena, pada saat itulah suplai BBM sangat sesuai dengan output yang dihasilkan mesin.Satu kebiasaan yang seringkali dilupakan pengendara adalah: tidak segera menyesuaikan gigi persneling setelah penurun kecepatan (deselerasi). Setelah berlari kencang lalu tiba-tiba mengerem mendadak, sebaiknya juga mengoper gigi perseneling ke posisi lebih rendah.3. Ukur HC dan CO.Boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar juga ditentukan oleh komponen-komponen mesin. Komponen mesin yang sudah banyak mengalami keausan / kerusakan bisa menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna. Untuk mendeteksinya, periksa emisi gas buang. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan nilai HC (hidrokarbon) dan CO (karbonmonoksida) terlalu tinggi, ini pertanda pembakaran di ruang bakar tidak sempurna (banyak bahan bakar terbuang percuma).4. Beban dan Penggerak.Faktor lain yang menentukan konsumsi bahan bakar adalah beban dan penggerak (pendorong kendaraan). Semakin berat beban yang harus diangkut, konsumsinya juga akan semakin besar. Yang dimaksud penggerak di antaranya: kopling, bearing (roda), kopel (propeler shaft), as roda, dan roda. Bila komponen-komponen ini aus atau rusak, akan menyebabkan hilangnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk mendorong mobil mejalu. Sementara, konsumsi bahan bakarnya tetap besar. Terkait dengan roda, penyematan ban dan velg besar, termasuk juga faktor yang mempengaruhi konsumsi bbm.Berikut, tips lain yang patut diperhatikan pula :1. Kebiasaan ke luar kantor makan siang/malam, lebih baik dikurangi. Membawa bekal/delivery tampaknya lebih baik.2. Jika bepergian, ajaklah keluarga / rekan yang satu tujuan/kehendak untuk pergi bersama dalam satu kendaraan. Untuk urusan yang sama tak perlu harus menjalankan dua atau tiga kendaraan sementara dengan satu unit saja sudah cukup.3. Beralih ke angkutan umum seperti busway, KA, atau metromini.4. Ketika jalanan macet, saat ke luar kota, sebaiknya berhenti dulu. Berganti aktivitas lain seperti istirahat, makan, ke kamar kecil, atau mengisi BBM hingga kemacetan terurai. 5. Mengemudilah dengan smooth. Kurangi frekwensi pengereman. Saat menghadapi lampu merah tidak perlu menggeber gas, biarkan mobil meluncur kerena harus berhenti. Kurangi frekwensi nggeber gas lalu mengerem. Tindakan ini merupakan langkah pembuangan energi yang sia-sia.6. Saat meluncur atau menurun, persneling jangan diposisikan pada neutral. Efek engine brake terbukti lebih menghemat BBM daripada stasioner.7. Nyalakan AC seperlunya.8. Minta bengkel melakukan setting timing yang tepat sesuai dengan jenis bahan bakar yang dipakai. Titik pengapian terlalu maju atau mundur mengakibatkan boros BBM.7. Bersihkan saringan udara (bisa dilakukan sendiri) per 2.500 km atau tergantung kondisi.8. Jangan memanaskan mobil terlalu lama, maksimum 2 menit saja. Warming-up mesin selama 30 menit, sama artinya dengan terjebak macet selama 30 menit juga.9. Carilah rute / jalan alternatif yang tidak macet, agak jauh sedikit asal lancar tetap lebih mengirit.Selamat mencoba. KapanLagi.com - (berbagai sumber/rsd)
boybowie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6625 Total Posan : 4444 Sejak : 05.08.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125cc Sikon : kawin Hobi : touring Slogan : Jadikanlah hidupmu penuh dengan persahabatan dan kekeluargaan
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 02.09.08 17:22
:koster: Jadi supaya hemat BBM : 1. Kebiasaan ke luar kantor makan siang/malam, lebih baik dikurangi. Membawa bekal/delivery tampaknya lebih baik. 2. Jika bepergian, ajaklah keluarga / rekan yang satu tujuan/kehendak untuk pergi bersama dalam satu kendaraan. Untuk urusan yang sama tak perlu harus menjalankan dua atau tiga kendaraan sementara dengan satu unit saja sudah cukup. 3. Beralih ke angkutan umum seperti busway, KA, atau metromini. 4. Ketika jalanan macet, saat ke luar kota, sebaiknya berhenti dulu. Berganti aktivitas lain seperti istirahat, makan, ke kamar kecil, atau mengisi BBM hingga kemacetan terurai. 5. Mengemudilah dengan smooth. Kurangi frekwensi pengereman. Saat menghadapi lampu merah tidak perlu menggeber gas, biarkan mobil meluncur kerena harus berhenti. Kurangi frekwensi nggeber gas lalu mengerem. Tindakan ini merupakan langkah pembuangan energi yang sia-sia. 6. Saatmeluncur atau menurun, persneling jangan diposisikan pada neutral. Efekengine brake terbukti lebih menghemat BBM daripada stasioner. 7. Nyalakan AC seperlunya. 8. Minta bengkel melakukan setting timing yang tepat sesuai dengan jenis bahan bakar yang dipakai. Titik pengapian terlalu maju atau mundur mengakibatkan boros BBM.9. Carilah rute / jalan alternatif yang tidak macet, agak jauh sedikit asal lancar tetap lebih mengirit.
Banyak juga tips dan triknya.... Jadi pusing mikirin BBM yang makin naik..... Mumet....endasku.....
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
FUEL FLOW BOOSTER | FUEL SAVER: X POWER ENGINE-UP FUEL SAVER
TIPE : UNTUK RANMOR
XP 00800, utk sepedamotor dengan kapasitas silinder mesin s/d 600 cc.
XP 02000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 0.500 s/d 1.000 cc.
XP 04000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 1.000 s/d 1.500 cc.
XP 07000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 1.500 s/d 3.000 cc.
XP 09000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 3.000 s/d 5.000 cc.
XP 16000, utk mobil dgn kapasitas silinder mesin 5.000 s/d 12.000 cc, bisa digunakan untuk bus, truk, dan tabung LPG 50 kg.
HARGA :
XP 00800 S Rp 100.000
XP 00800 G Rp 150.000
XP 02000 S Rp 225.000
XP 02000 G Rp 305.000
XP 04000 S Rp 300.000
XP 04000 G Rp 350.000
XP 07000 S Rp 350.000
XP 07000 G Rp 400.000
XP 09000 S Rp 425.000
XP 09000 G Rp 475.000
XP 16000 S Rp 500.000
XP 16000 S Rp 550.000
PERBEDAAN XP S [silver] dan G [gold] :
tingkat pengiritan
kualitas material
masa pemakaian, MTBF (Mean Time Before Failure)
CATATAN :
spesifikasi dan harga bisa berubah pada sembarang waktu tanpa pemberitahuan di depan.
TEKNOLOGI
X Power adalah perangkat teknologi modern dan telah dipatenkan dengan kode registrasi HAKI No. DOO 2003.10958.11060. X Power pada dasarnya adalah ionizer, pembuat ion, atom atau molekul bermuatan listrik, dan bekerja menggunakan gelombang "neodyne magnetic" dengan sistem IECCPMF (Induction Energy Closed-Circuit Positive Micro-Frequency), dimana X Power mengubah molekul BBM (BahanBakar Minyak) atau BBG (BahanBakar Gas) seperti LPG (Liquid Petroleum Gas) dan BG (Bio Gas)] menjadi ion.
PENGHEMAT BAHANBAKAR | FUEL SAVER
Ionisasi terhadap molekul bahanbakar memecah molekul bahanbakar menjadi lebih kecil dan lebih ringan, sedingga rapat masa per satuan volume bahanbakar meningkat, dan menghemat pemakaian bahanbakar, 10 s/d 50 % [ BBM 20 s/d 40 %, dan BBG 25 s/d 50 % ].
PENINGKAT NOMOR OKTAN | OCTAN BOOSTER
Ionisasi dihasilkan X Power dapat mereduksi efek negativ zat tak diinginkan terkandung dalam BBM, seperti Pb (Plumbum) atau timbal atau timah-hitam, Fe (Ferrum) atau besi, dlsb, dan dengan demikian X Power dapat meningkatkan nomor oktan BBM, dan mengubah kualitas Premium 88 atau Premium 90 [ dulu Premix 90 ] menjadi setara Pertamax 92 atau Pertamax Plus 96, dimana makin tinggi nomor oktan, makin sulit bahanbakar dibakar pada suhu rendah, kecuali pada suhu tinggi, sehingga X Power dapat meminimasi bahkan meniadakan pembakaran dini (premature combustion) karena tekanan tinggi, dan dengan demikian X Power mereduksi atai bahkan mengeliminasi ketukan (knocking) atau letupan (detonation) dalam silinder mesin.
PEMERCEPAT PEMBAKARAN | COMBUSTION CATALYST
Ionisasi terhadap molekul bahanbakar dapat mengikat oksigen secara lebih sempurna, dan dengan demikian X Power dapat meningkatkan laju pembakaran, sehingga pembakaran lebih sempurna, mesin lebih bertenaga, dan kontaminasi gas buang minimum bahkan mendekati nol, sehingga polusi udara karena emisi mendekati nol.
MANFAAT DAN KEUNTUNGAN | BENEFIT AND ADVANTAGE
Konsekuensi ionisasi X Power terhaap BBM | BBG antara lain adalah :
Memecah molekul bahanbakar menjadi ion, sehingga menghemat bahanbakar 10 s/d 50 %.
Meningkatan nomor oktan bahanbakar, sehingga menghilangkan ketukan dan letupan dalam silinder mesin, dan dengan demikian mengubah Premium setara Pertamax | Pertamax Plus.
Memudahkan campuran gas dibakar, sehingga menyempurnakan pembakaran.
Membuat pembakaran lebih efektiv, sehingga mesin lebih bertenaga dan tarikan lebih ringan.
Membuat kerja mesin lebih enteng, getaran mesin lebih halus, suara mesin lebih halus.
Meningkatkan suhu panas pembakaran dan mesin lebih mantap.
Membuat kamar bakar lebih bersih.
Mereduksi gas buang dan memperbaiki kualitas gas buang atau emisi kendaraan.
Membuat komponen mesin lebih awet.
Menghemat biaya pemeliharaan mesin.
PENERAPAN DAN KEUNGGULAN
X Power dapat digunakan untuk segala jenis mesin dan merk kendaraan bermotor :
dengan sistem pembakaran 2 tak ataupun 4 tak.
sistem penyaluran bahanbakar menggunakan karburator ataupun inyeksi bahanbakar (fuel injection).
jenis mesin berbahanbakar bensin [OTO] ataupun berbahanbakar solar [DIESEL], ataupun berbahanbakar gas.
X Power dapat digunakan pada segala jenis kendaraan bermotor dan mesin stasioner :
kendaraan bermotor air, seperti: perahu motor, kapal motor, dlsb.
mesin stasioner, seperti generator listrik, air conditiner, mesin las, mesin penggiling, dlsb.
PEMASANGAN
X Power dipasang pada saluran BBM, sebelum atau sesudah penapis bahanbakar (fuel filter).
X Power bekerja pada saluran bahanbakar, dan dimana pun dia ditempatkan, sepanjang masih dalam tata saluran bahanbakar, ia dpt bekerja secara efektiv.
sangat mudah dalam cara pemasangan dan pemeliharaan.
tak ada efek sampingan negativ dapat merusak mesin.
tak menggugurkan garansi kendaraan.
garansi terbatas pabrikan 12 bulan.
masa pemakaian, MTBF (Mean Time Before Failure): 5 tahun untuk BBG dan 7 tahun untuk BBM.
X Power berbeda dengan kebanyakan alat lain penghemat bahanbakar, yang menggunakan sistem jepit, dan unjukkerjanya turun bila diletakkan dekat sumber panas, dan dapat merusak mesin karena tak menggunakan teknologi IECCPMF.
CARA PEMASANGAN
X Power dipasang pada saluran BBM, sebelum atau sesudah penapis bahanbakar (fuel filter).
Faktor teknik perlu diperhatikan dalam pemasangan.
Sebelum pemasangan :
pastikan mesin ranmor dalam kondisi normal alias tak bermasalah.
jangan memotong slang | pipa BBM bawaan asli ranmor, gunakan ekstensi telah disediakan.
Sesudah pemasangan :
pastikan pada klem slang tak ada bocoran aliran bahanbakar.
untuk ranmor dengan sistem karburator, stel sekrup aliran udara karburator pada 1 s/d 3 putaran berlawanan arah jarum jam, dari kondisi setelan normal sebelumnya [ bukan dari kondisi nol ].
untuk ranmor dengan sistem injeksi bahanbakar elektronik {electronic fuel injection, EFI), aliran udara tak perlu distel, karena sistem akan secara otomatis menyesuaikan atau mengatur sendiri.
untuk mesin Diesel, keluarkan udara dalam saluran bahanbakar dengan cara memompa dengan pompa pada mesin, aliran udara tak perlu distel, karena sistem akan secara otomatis menyesuaikan atau mengatur sendiri.
BEBERAPA FAKTOR PENDUKUNG BERFENGARUH TERHADAP EFEK KERJA X POWER DALAM PENGHEMATAN BAHANBAKAR
kebersihan penapis bahanbakar (fuel filter), bersihkan dan ganti secara teratur dan berkala.
kebersihan penapis udara (air filter), bersihkan dan ganti secara teratur dan berkala.
kebersihan penapis minyak pelumas (oil filter) mesin, bersihkan dan ganti secara teratur dan berkala.
kekentalan minyak pelumas mesin, ganti minyak pelumas secara teratur dan berkala.
kondisi mesin sebelum pemasangan, gunakan engine revitalizant untuk memulihkan logam mesin dari goretan dan membuat permukaan logam menjadi halus, dan engine conditioner untuk melindungi logam mesin dari gesekan, terutama bila minyak pelumas encer atau kurang.
kondisi gerigi sproket dan rantai, stelan dan pelumasan rantai, ganti bila aus dan lumasi secara teratur dan berkala.
kondisi ban, jangan sampai kurang angin dan aus.
kondisi pelat kopling, jangan sampai tipis atau aus.
cara berkendara, upayakan selalu kelajuan konstan, pindahkan gigi transmisi pada waktunya dan jalankan kendaraan pada putaran 3.000 s/ d 9.000 rpm atau pada kelajuan 50 s/d 100 kmph.
AIR FLOW BOOSTER | FUEL SAVER: MAGIC JET POWER-UP SYSTEM
Fungsi Utama :
Menyaring komponen udara yang tak diperlukan.
Memperhalus aliran udara ke karburator.
Memecah molekul udara agar lebih halus.
Meningkatkan rapat masa udara.
Manfaat Pemakaian Magic Jet Air Booster | Fuel Saver:
Mengurangi konsumsi volume bahanbakar per satuan waktu | jarak.
Meningkatkan pengiritan bahanbakar 5-15%.
Mempercepat pembakaran gas campuran udara dan bahanbakar dalam kamar bakar.
Mengurangi polusi gas buang.
Menambah akselerasi dan laju puncak (top speed) 5-10%.
Meningkatkan performa mesin 10-25%.
Membuat suara mesin lebih halus.
Membuat mesin lebih awet.
Bisa digunakan oleh berbagai jenis moto dan oto [ada berbagai ukuran].
Tak mempunyai efek negatif ke kendaraan.
Tak membutuhkan maintenans.
Hasil test BPPT : Magic Jet mengurangi racun gas buang (CO) hingga 32,406%, berkurangnya sisa bensin tak terbakar (HC) 38,288 ppm, bertambahnya energi yang terbakar (CO2) hingga 24,468%.
Pemegang REKOR MURI kategori instalasi tercepat alat penghemat BBM.
Reported by:
Lativi
OtoPlus
Tabloid Otomotif Indonesia
Suara Pembaharuan
Pos Kota
Berita Kota
Lampung Post
Radar Lampung
dll.
Harga:
Rp 150.000, untuk moto underbound | bebek
Rp 350.000, untuk oto, moto gede, sport-touring
Diskon: khusus anggota resmi KOSTER
Catatan: spesifikasi dan harga bisa berubah tanpa pemberitahuan di depan.
KONTAK :
KOSTER ON-LINE OUTLET outlet@koster.or.id atau outlet@suzuki-thunder.com outlet . KOSTER.or.id atau suzuki-thunder.com/store
PROTEK: PERFORMA OTOMOTO TEKNOLOGI Jl. Kemang no. 25. Kompleks ARCO. Duren Seribu. Parung. Bogor | Sawangan. Depok 16518. 0251-8611-593, 088-8872-8949, 081-2991-3951 mail@protek.web.id www.protek.web.id www.protek.web.id/koster atau koster.protek.web.id
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
PRODUK OPTIMISASI DAN PENDONKRAK TENAGA RANMOR ... TELAH TERUJI DAN TERBUKTI
SUKSES PENUH DI 2009 .. DAN KINI KAMI HADIR DENGAN PRODUK UNGGULAN UNTUK 2010
GAGAL ? .. TANPA EFEK EFISIENSI DAN PERFORMA ? ... GARANSI UANG KEMBALI 100% !!!
PAKET OPTIMISASI BAHAN BAKAR DAN UDARA
VeryLube Petrol Tank, berfungsi membersihkan tanki bahanbakar minyak dari kotoran, endapan, kerak, dan bahan tak diperlukan.
VeryLube Aqua Stop, berfungsi membuang molekul air didalam tanki bahanbakar minyak, dengan cara memecah molekul air menjadi gas air dan gas pembakar.
MNS Racing Fuel Conditioner, berfungsi menghancurkan karet dan belerang dalam bahanbakar minyak, sekaligus berfungsi sebagai peningkat nomor oktan bahanbakar minyak [octan booster], anti ketukan [anti knocking], memecah molekul air didalam bahanbakar minyak menjadi gas air dan gas pembakar, memecah molekul bahanbakar minyak agar lebih halus, meningkatkan rapat masa bahanbakar minyak.
Spark | Fuel Saver, berfungsi mengoptimasi komposisi bahanbakar minyak, meningkatkan nomor oktan bahanbakar, memudahkan campuran gas bahanbakar dan udara untuk dibakar, sekaligus berfungsi sebagai katalisator pembakaran.
X-Power Engine Up | Fuel Saver, berfungsi memperhalus aliran bahanbakar minyak dari tanki ke karburator, memecah molekul bahanbakar minyak agar lebih halus, meningkatkan rapat masa bahanbakar minyak.
Magic Jet | Fuel Saver, berfungsi menyaring komponen udara yang tak diperlukan, memperhalus aliran udara ke karburator, memecah molekul udara agar lebih halus, meningkatkan rapat masa udara.
MANFAAT : bahanbakar minyak lebih irit, pembakaran lebih mudah, cepat, dan sempurna, mesin lebih bertenaga, bunyi mesin lebih halus, mesin lebih awet.
Pemulihan tenaga mesin dan peningkatan kehematan, dan pengiritan bahanbakar : 5 s/d 50 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.