Poin Brogader : 9533 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 11.11.06 17:24
Hindari menggeber gas pada saat motor dalam kondisi stationer misalnya ketika berhenti di lampu merah. Karena setiap gas ditarik, jarum skep di karburator bakal naik dan bensin disemprotkan dari ruang pelampung. Jadi, motor tidak bergerak tapi bensin sudah terpakai.
Ketika motor berjalan, jangan sering stop & go, alias mengendurkan gas dann menggebernya kembali karena ketika tarikan awal mesin membutuhkan banyak bensin.
Pakai gigi sesuai kecepatan agar bensin tidak terkuras sia sia.
Periksa tekanan ban. Kalau ban kita kempes atau kurang angin, beban motor menjadi berat dan lebih mengkonsumsi banyak bensin.
Karburator harus bersih. Ukuran spuyer berdasarkan standard yang berlaku. Selain itu filter udara juga harus bersih. Jangan sampai tersumbat kotoran atau debu bisa-bisa campuran gas pembakaran menjadi kaya akibatnya boros bensin.
Buat penggemar knalpot racing, copot dulu ganti ke standard. Knalpot racing cenderung boros bahan bakar soalnya spuyer karburator ikut dinaikkan kalo kita pakai knalpot racing.
Pilih BBM di pom bensin yang bersih, alias tidak oplosan.
Jika tikungan, gunakan gigi yang lebih rendah (engine brake), namun jangan menarik gas terlalu besar jika sudah melewati tikungan. Boleh juga terapin gaya balap, yaitu cari jalan sependek-pendeknya. Di belokan ngerem sedikit dan lewati jalur bagian dalam.
Gantilah oli mesin secara rutin dan jangan lupa menggunakan pelumas oli yang di rekomendasi. Perhatikan kapasitasnya, karena bila terlalu penuh dan kental akan menganggu putaran kruk as yang berakibat bensin boros.
Terakhir, service motor sobat secara rutin di bengkel resmi, dan hindari modifikasi sehingga efisiensi kerja mesin tetap terjaga, BBM tetep irit dan umur sparepart lebih panjang.
Ok selamat berhemat, sobat!
Credits to: TRC Forum
pecintamerahsejati Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6303 Total Posan : 764 Sejak : 15.02.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0012 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : thunder bebex 70 cc Sikon : geus kawin coiii Hobi : -
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 21.02.07 10:38
gwe rasa kalo mau hemat nggak usah repot" kaya yg dianjurin dimas.....naikin aja tuh motor ke truk or tarik di angkot pasti hemat BBM...yoi nggak (BBM=Benar-benar mabok)
Admin Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9179 Total Posan : 369 Sejak : 11.11.06 Domisili : Indonesia KorWil : INDONESIA NRA : 0000 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 dan 250 Sikon : Penunggang Suzuki Thunder Hobi : Nurunin Pangkat Orang Slogan : Cari di Google
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 21.02.07 10:58
Dengan ini saya nobatkan Brogader Anto (pecintamerahsejati) sebagai biangnya OOT di Forum...Semoga bro Anto lekas waras dan bisa mulai posting dengan baik dan benar di forum ini...
Terima kasih
nino 125 SERMA KOSTER
Poin Brogader : 6339 Total Posan : 223 Sejak : 11.01.07 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Subyek: Tips Irit, Tapi Tetap Bisa Ngebut 22.11.07 22:44
Pengendara sepeda motor di Jakarta, memang cenderung terprovokasi oleh situasi lalu lintas yang nyaris selalu macet. Tak saja tergoda untuk menyelinap di antara mobil-mobil mewah, pemotor biasanya juga ingin selalu kencang meninggalkan kepadatan jalanan. Ketika menunggu lampu merah, juga sering kali terjadi pemandangan 'menakjubkan.' Sekelompok pengendara motor seakan saling bersiap di garis start arena balap. Dan suara mesinpun menderu-deru, satu sama lain bagai memamerkan kemampuan mesinnya.
Kebiasaan memacu motor dan mengeber-ngeber gas seperti itu tak mereka sadari sebagai keburukan yang sekurangnya berdampak pada borosnya konsumsi bahan bakar minyak. Sejumlah tips ini bisa digunakan motorsit menyiasati keinginan untuk jalan kencang tanpa harus mengonsumsi bensin secara berlebihan.
- Hindari bukaan gas mendadak Banyak pemotor di ibukota memilih gaya memacu motor bagai pembalap. Ini tampak dari cara mereka memutar gas --pada stang kanan-- secara keras dan sesekali melepasnya dengan diikuti mengerem tajam. Kegiatan itu amat berbahaya bagi keselamatan diri dan pengguna kendaraan lain.
Sebab konsentrasi pada buka-tutup gas malah bisa menyirnakan konsentrasi pengendaraan. Dan reflek pengereman pun bisa-bisa terganggu. Kecelakaan dipastikan tak dapat dihindari. Perhatikan saja, para pembalap pun tak pernah melakukan hentakan gas seperti itu.
Selain membahayakan, kegiatan tersebut akan menyedot banyak konsumsi bensin terbakar dalam karburator tanpa hasil memadai. Artinya BBM boros tanpa hasil berarti. Cobalah menggunakan gas secara halus namun tak harus lambat. Dijamin konsumsi bensin motor Anda akan irit sesuai spesifikasi mesin bersangkutan.
- Jangan berlebihan mainkan gas Pernah memperhatikan pemotor saat berhenti di lampu merah? Ngeri dan berisik kan. Ini jelas kebiasaan amat buruk. Selain memperburuk kondisi polusi udara, kegiatan itu tak ada gunanya. Bensinpun jelas banyak terbuang percuma.
Hentikan kebiasaan buruk ini karena sekaligus berarti menghemat pemakaian bahan bakar. Kalau kelakuan sembrono itu karena alasan mesin tak bisa hidup stasioner, lebih baik motor di tune-up atau sekurangnya besarkan setelan gasnya. Bisa dilakukan di karburator atau pada kabel gas.
Memainkan gas juga perlu dihindari kala memanaskan mesin di pagi hari. Sama sekali tak ada gunanya mengeber gas untuk dugaan membuat mesin cepat panas. Biarkan mesin hidup 15 menit di pagi hari, niscaya motor segera siap dijalankan.
- Sesuaikan persneling dan kecepatan Mungkin karena lelah atau jenuh berpuluh kilometer mengendarai motor, pengendara acap malas memposisikan persneling sesuai dengan kecepatan kendaraan roda duanya. Umumnya pemotor cuek dengan kecepatan rendah sementara posisi gigi persneling masih tinggi. Bisa juga sebaliknya, mesin telah menderu saat posisi gigi masih rendah.
Kebiasaan buruk lainnya, kala ingin menambah kecepatan, gas langsung ditekan tanpa didahului penurunan posisi gigi. Lainnya adalah nekat memindah gigi sementara putaran mesin masih tinggi. Semua itu bakal menjadikan ringkihnya mesin dan lagi-lagi, bensin boros.
Mudah mengatasi kebiasaan buruk tersebut.
Pantau saja rpm dalam speedometer dan biasakan selalu memindah gigi - baik turun maupun naik pada saat rpm di bawah angka 5 (berarti senilai 5.000 rpm). Sementara bagi motor bebek yang tidak dilengkapi rpm, lihat saja ukuran pada speedometer yang pasti terdapat petunjuk angka gigi persneling yang direkomendasikan sesuai kecepatan.
- Selip kopling Pemotor berkopling sering hanya memainkan (selip) kopling saat hendak mendahului kendaraan lain. Demikian juga pemotor bebek yang hanya menginjak separuh posisi persneling untuk kepentingan itu. Ini jelas keliru, karena motor tak bertambah tenaga namun konsumsi bensin malah bertambah besar.
Memang terasa ada hentakan bagai kecepatan bertambah, tapi kebiasaan selip kopling malah bisa berdampak komponen tersebut cepat aus sebelum waktunya. Turunkan posisi persneling kalau memang ingin mendapat tenaga lebih besar saat akan mendahului kendaraan lain.(bid/berbagai sumber)
DarkCloud SERDA KOSTER
Poin Brogader : 5996 Total Posan : 117 Sejak : 19.12.07 Domisili : Jakarta--Kalisari Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Hitam Taon 07 Sikon : Beristri Hobi : Netting, Touring
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 03.01.08 17:24
Betul tuh...infomasi yang sangat berguna :I Lop Koster:
France Tivoz Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6753 Total Posan : 3535 Sejak : 02.10.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0206 Jabatan : KaDiv Bakteri Thunder :
125
125 dan 250
Julukan : Red Bull Sikon : unmeried Hobi : Belajar Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 03.01.08 17:32
ROBIN 151 Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6074 Total Posan : 1394 Sejak : 27.10.07 Domisili : Bejat KorWil : Bejat NRA : 151 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : nikah Hobi : alam bebas
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 03.01.08 17:36
tapi koq tulisanx agak buram ya...?
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9533 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 03.01.08 17:54
udah gue itemin tuh postingannya si Nino
ROBIN 151 Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6074 Total Posan : 1394 Sejak : 27.10.07 Domisili : Bejat KorWil : Bejat NRA : 151 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : nikah Hobi : alam bebas
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 03.01.08 18:17
dah mimin...
DarkCloud SERDA KOSTER
Poin Brogader : 5996 Total Posan : 117 Sejak : 19.12.07 Domisili : Jakarta--Kalisari Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Hitam Taon 07 Sikon : Beristri Hobi : Netting, Touring
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 03.01.08 18:45
king syahriar PELTU KOSTER
Poin Brogader : 6012 Total Posan : 317 Sejak : 08.12.07 Domisili : Surakarta Hadiningrat Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 12.03.08 5:17
TIP HEMAT BBM - SUDAH TERUJI DAN TERBUKTI
Mau menghemat BBM? Berikut adalah 15 (limabelas) tip yg tlh teruji dan terbukti, mutlak hrs anda lakukan bila moto anda ingin efisien dan efektiv.
Ada 15 (limabelas)??? Banyak sekali!?
Ya, kalau mau super irit spt Thundie sy yg bisa mencapai 90 km/liter justeru pd speed 120 km/jam!
Minimum butir 1 s/d 10 hrs anda terapkan pd Thundie anda utk konsumsi BBM irit s/d 60 km/liter.
Berikut adalah tip irit BBM bisa anda lakukan.
Jangan melakukan akselerasi|ngegas bila tak dibutuhkan, krn akan membuang BBM secara percuma.
Gunakan gigi (gear, verseneling) utk RPM dan speed yg sesuai, shg tenaga mesin digunakan sesuai dgn ukurannya dan tak ada tenaga terbuang sia-sia.
Senantasa pelihara dan jaga moto anda dlm kondisi prima! Tiap bagian bergerak hrs diberi pelumas yg sesuai secara tepat [oli, minyak, gemuk, zat aditiv, anti-karat|korosi].
Pelumasan mesin hrs optimum. Gunakan oli dgn kekentalan|viskositas tinggi dan bisa mengikuti perubahan suhu|temperatur mesin dan cuaca dgn baik [SAE 10- 50, atau 20- 40].
Tegangan rantai harus optimum, dan rantai harus selalu bersih dan diberi pelumas anti-karat|korosi.
Tekanan ban depan-belakang harus tetap optimum, tak boleh kurang angin. Jangan gunakan ban dgn tapak terlalu lebar.
Tubuh kendaraan hrs aerodinamik, bisa menyalurkan aliran angin dr depan ke belakang dgn baik. Kalau menggunakan perisai|tameng-angin (wind-shield), gunakan yg memiliki bentuk sportiv atau aerodinamik, shg tak menghambat aliran angin. Kalau memungkinkan, pd tubuh kendaraan gunakan "fairing".
Saringan|filter udara, BBM, dan oli hrs bersih dan bekerja optimum, shg tak ada hambatan utk, baik udara maupun BBM, dlm memasuki karburator, dan oli memasuki mesin.
Campuran udara dan gas BBM dlm karburator optimum, tak terlalu kaya dan tdk terlalu miskin. Stel celah masuk campuran gas karburator sebaik mungkin, shg mesin tdk mati krn kekurangan catu BBM dan tak ada BBM yg terbuang krn tak terpakai.
Pembukaan katup|klep (valve), baik masuk (intake) maupun buang (exhaust), harus optimum, tak terlalu lebar dan tak terlalu sempit. Stel buka-tutup klep sebaik mungkin.
Pengapian|penyalaan (ignition) harus optimum. Gunakan CDI (capacitor discharge ignition) dan koil yg sesuai, dan juga busi (bougie, spark-plug) yg sesuai dgn setelan celah vonk (spark gap) antar elektroda optimum, shg koil menghasil tegangan listrik tertinggi dan busi menghasilkan percikan bunga-api listrik terbaik.
Utk kendali aliran BBM dr tanki ke karburator, gunakan fuel-flow booster utk aliran BBM, antara tanki dan saringan|filter BBM. Gunanya utk mengoptimumkan kerapatan|densitas molekul BBM, shg kadar BBM per satuan volume ruang jadi optimum.
Utk peningkatan pengapian|penyalaan busi, gunakan sparking-up booster utk busi, antara koil dan busi. Gunanya utk meningkatkan arus dan atau tegangan listrik antar elektroda busi.
Utk bagian dalam mesin, gunakan zat additiv, gel pelapis permukaan logam, shg gesekan|friksi antar permukaan logam|metal mesin, terutama antara piston dan dinding silinder, bisa diperkecil menjadi minimum.
Utk optimasi pembakaran (combustion) campuran gas BBM dan udara dlm kamar bakar mesin (engine combustion chamber), gunakan zat aditiv sbg katalisator, shg campuran tsb dibakar sempurna dlm kala waktu pembakaran (combustion time period), tak ada yg tak terbakar shg terbuang ke knalpot.
Dgn menerapkan 15 butir tip diatas secara konsisten, dijamin Suzuki Thunder anda hemat BBM.
Konsumsi BBM Suzuki Thunder, normal antara 35 s/d 55 km/liter, atau rerata 45 km/liter, bergantung sikon kendaraan, jalan, dan cara berkendara. Dibawah 35 km/liter adalah boros, 45 km/liter adalah normal, dan diatas 55 km/liter adalah irit.
Dgn menerapkan 15 butir tip diatas secara konsisten, Suzuki Thunder saya, berusia 22 bln atau 1 thn 10 bln. Konsumsi BBM antara 50 s/d 90 km/liter, atau rerata 70 km/liter, alias super irit.
50 s/d 60 km/liter, utk 30 s/d 60 km/jam, sikon jalan macet, jalan rusak.
70 s/d 90 km/liter, utk 90 s/d 120 km/jam, sikon jalan sepi, luar kota, touring, kelajuan tinggi.
Tampak tak mungkin, tp fakta nyata di lapangan, dan telah diuji selama hampir 1 thn, dan terbukti irit.
Tp BTW, tak mudah memenuhi 15 syarat diatas, krn dibutuhkan kebiasaan dan kedisiplinan tinggi.
JANGAN PERNAH ... KECUALI ...
Ada satu kebiasaan yg selalu sy lakukan, tiap hari dan tiap melakukan perjalanan, tp blm tentu bisa dilakukan oleh tiap org, yakni, sy selalu menyetel debet (volume per satuan waktu) aliran campuran gas BBM dan udara di karburator, sesuai sikon kendaraan, jalan, dan cara berkendara.
minimum, idle 500 RPM, pengiritan maksimum BBM tanpa membuat mesin mati pd siang hari.
optimum, idle 1.000 RPM, normal, komprimistik.
maksimum, idle 1.500 RMP, pengisian aki terbaik pd malam hari ketika pemakaian listrik maksimum.
Penyetelan ini butuh kepekaan|sensitivitas teknik. Sy menggunakan bunyi mesin dan RPM sbg ukuran stelan.
BTW, utk yg awam perihal teknik, jangan pernah ubah stelan karburator anda kalau sdh optimum, krn riskan dan berbahaya.
kalau kekecilan, moto anda bisa mati mendadak ketika berada di depan atau menyalip kendaraan lain, shg anda ditabrak.
kalau kebesaran, moto anda akan kekecangan dan bisa diluar kendali shg anda yg menabrak, atau mesin anda kepanasan.
Intinya, kalau anda bisa tetap menjaga konsumsi rerata BBM Thundie anda sekitar 50 s/d 55 km/liter, itu sdh baik.
Kita boleh berhemat, tp jangan pernah sampai jadi pelit apalagi kikir .. !!
...
Berikut adalah bbrp artikel terkait dlm forum ini, dlm topik:
KONSUMSI BENSIN THUNDIE
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
SPARK-PLUG BOOSTER
BOOSTER SUZUKI THUNDER
TEKANAN ANGIN BAN
DAMPAK KEKURANGAN TEKANAN ANGIN BAN ATAU KEMPES BAN
KAPAN HARUS GANTI BAN
PENGARUH UBAHAN UKURAN BAN
BERAPA PERSENTASI PERUBAHAN BAN DIPERKENANKAN?
KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER
KONSEKUENSI PERUBAHAN BAN TERHADAP SPEEDOMETER DAN ODOMETER
TRANSMISI KELAJUAN THUNDER, RPM DAN KMPH
PENGETAHUAN DASAR TEKNOLOGI OTOMOTIV UTK MODIFIKASI
DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS
KAPAN MUSTI GANTI OLI
SUZUKI THUNDER SEMUSTINYA PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!
BAHAYA MENGELITIK AKIBAT BBM BURUK
MESIN MENGELITIK
STELAN KLEP THUNDIE
PANAS APA 'PANAS'???
MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER
BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER
ISTILAH TEKNIK OTOMOTIV
...
Semoga berguna dan bermanfaat ...
Supriyadi Restiyawan Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6196 Total Posan : 743 Sejak : 30.10.07 Domisili : LeuwiLiang. Bogor KorWil : LeuwiLiang NRA : 0132 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : Single Slogan : Bravo KOSTER
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 12.03.08 8:04
DarkCloud SERDA KOSTER
Poin Brogader : 5996 Total Posan : 117 Sejak : 19.12.07 Domisili : Jakarta--Kalisari Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Hitam Taon 07 Sikon : Beristri Hobi : Netting, Touring
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 12.03.08 8:18
Hebat dan dashyat betul tips nya
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9715 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Rencananya pemerintah akan menaikkan harga BBM bulan depan, untuk itu ada baiknya sedulur's mulai siap-siap melakukan penghematan BBM.. Berikut trik dan tips untuk hemat BBM, :
Ganti velg & ban profil lebar dan berat ke ukuran yang lebih kecil, atau standar. Velg dan ban profil lebar dan besar kalo diaplikasi ke Thundie 125 bikin "teriak" mesin dan boros bensin.Karena harus bekerja extra dengan body thundie yang berat plus velg dan ban yg lebar. Kasian kan thundie mu....
ganti knalpot racing dengan knalpot standar, karena knalpot standar lebih hemat BBM dan tidak berisik dibandingkan dengan knalpot model racing yang jelas-jelas bising, bikin polusi, dan bikin boros BBM. Tau nggak?knalpot "model racing" cuma menambah power 0,sekian persen.
Perbaiki gaya riding yang biasa betot ulur gas, mbejek gas sampe mentok,... biasakan mengurut gas sesuai rpm. karena dengan stop n go, konsumsi bensin jadi lebih boros. Hindari jalan macet.
rajin servis berkala, rawat karbu dan mesin.
Jangan memanaskan mesin lebih dari 3 menit, bila kelamaan dipanaskan, berakibat bensin menjadi boros.
Jangan mainkan gas di lampu merah, dengan menekan kopling. Lebih baik netralkan saja.
Semoga bermanfaat buat bro semua....
ADHI "BLACWARRIOR" MULIA 027 KOSTER JAKSEL BAND OF BROTHERS COLONEL GESSIE "WILD BULL" 250 X B 6979 KDE
FOREVER THUNDER, THUNDER FOREVER RIDE TO LOVE, CARE & PEACE
king syahriar PELTU KOSTER
Poin Brogader : 6012 Total Posan : 317 Sejak : 08.12.07 Domisili : Surakarta Hadiningrat Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 08.05.08 15:11
blackwarrior wrote:
Rencananya pemerintah akan menaikkan harga BBM bulan depan, untuk itu ada baiknya sedulur's mulai siap-siap melakukan penghematan BBM.. Berikut trik dan tips untuk hemat BBM, :
Ganti velg & ban profil lebar dan berat ke ukuran yang lebih kecil, atau standar. Velg dan ban profil lebar dan besar kalo diaplikasi ke Thundie 125 bikin "teriak" mesin dan boros bensin.Karena harus bekerja extra dengan body thundie yang berat plus velg dan ban yg lebar. Kasian kan thundie mu....
ganti knalpot racing dengan knalpot standar, karena knalpot standar lebih hemat BBM dan tidak berisik dibandingkan dengan knalpot model racing yang jelas-jelas bising, bikin polusi, dan bikin boros BBM. Tau nggak?knalpot "model racing" cuma menambah power 0,sekian persen.
Perbaiki gaya riding yang biasa betot ulur gas, mbejek gas sampe mentok,... biasakan mengurut gas sesuai rpm. karena dengan stop n go, konsumsi bensin jadi lebih boros. Hindari jalan macet.
rajin servis berkala, rawat karbu dan mesin.
Jangan memanaskan mesin lebih dari 3 menit, bila kelamaan dipanaskan, berakibat bensin menjadi boros.
Jangan mainkan gas di lampu merah, dengan menekan kopling. Lebih baik netralkan saja.
Semoga bermanfaat buat bro semua....
ADHI "BLACWARRIOR" MULIA 027 KOSTER JAKSEL BAND OF BROTHERS COLONEL GESSIE "WILD BULL" 250 X B 6979 KDE
FOREVER THUNDER, THUNDER FOREVER RIDE TO LOVE, CARE & PEACE
apa yang disampaikan diatas oleh bro adhi, disamping tips untuk irit bensin, juga irit duit ya...hehe soalnya khan beli veleg lebar dan ban lebar tu ngeluarin duit, hehe.... tapi yang pasti lebih ramah lingkungan dan jauh dari arogansi...
siip lah black warrior
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 08.05.08 16:32
BTW . . . Thundie sy msh super-irit. Sbg tambahan utk tip diatas dari Bro Adhi, ada bbrp tambahn tip lain yg juga cukup signifikan dr sy.
Dampak yg pasti adalah bahwa akan makin bayak pengemudi mobil pribadi beralih ke spdmotor. Jadi KOSTER hrs siap kedatangan para new bikers yg selama ini bermobil . . . ha ha ha . .
Konsumsi BBM Suzuki Thunder 125 | 250, normal adalah antara 35 s/d 55, dimana dibawah 35 adalah boros dan diatas 55 adalah irit, bergantung pd a.l.:
kondisi kendaraan: oli, pelumas lainnya, setting karburator, busi, pengapian, rantai, ban, berat kendaraan plus beban, dll.
kondisi jalan: rata atau bergelombang, baik atau rusak, lancar atau macet, dll.
cara mengemudikan kendaraan: halus atau kasar, konstan atau sering ngegas, bagaimana memindah gigi | verseneling, dll.
Kalau Thundie saya sejak dulu pakai Premium [krn lbh murah, padahal semestinya Pertamax] dan relativ irit antara 60 s/d 75 km/liter, dan pernah mencapai 80 s/d 90 km/liter, krn pakai multiple technology treatment utk:
kendaraan selalu dlm kondisi prima, baik permesinan maupun kelistrikan.
Seboros2nya Thundie saya, krn penurunan kondisi kendaraan dan kondisi jalan dll, masih antara 50 s/d 60 km/liter.
TIP HEMAT BBM - SUDAH TERUJI DAN TERBUKTI
Mau menghemat BBM? Berikut adalah 15 (limabelas) tip yg tlh teruji dan terbukti, mutlak hrs anda lakukan bila moto anda ingin efisien dan efektiv.
Ada 15 (limabelas)??? Banyak sekali!?
Ya, kalau mau super irit spt Thundie sy yg bisa mencapai 90 km/liter justeru pd speed 120 km/jam!
Minimum butir 1 s/d 10 hrs anda terapkan pd Thundie anda utk konsumsi BBM irit s/d 60 km/liter.
Berikut adalah tip irit BBM bisa anda lakukan.
Jangan melakukan akselerasi|ngegas bila tak dibutuhkan, krn akan membuang BBM secara percuma.
Gunakan gigi (gear, verseneling) utk RPM dan speed yg sesuai, shg tenaga mesin digunakan sesuai dgn ukurannya dan tak ada tenaga terbuang sia-sia.
Senantasa pelihara dan jaga moto anda dlm kondisi prima! Tiap bagian bergerak hrs diberi pelumas yg sesuai secara tepat [oli, minyak, gemuk, zat aditiv, anti-karat|korosi].
Pelumasan mesin hrs optimum. Gunakan oli dgn kekentalan|viskositas tinggi dan bisa mengikuti perubahan suhu|temperatur mesin dan cuaca dgn baik [SAE 10- 50, atau 20- 40].
Tegangan rantai harus optimum, dan rantai harus selalu bersih dan diberi pelumas anti-karat|korosi.
Tekanan ban depan-belakang harus tetap optimum, tak boleh kurang angin. Jangan gunakan ban dgn tapak terlalu lebar.
Tubuh kendaraan hrs aerodinamik, bisa menyalurkan aliran angin dr depan ke belakang dgn baik. Kalau menggunakan perisai|tameng-angin (wind-shield), gunakan yg memiliki bentuk sportiv atau aerodinamik, shg tak menghambat aliran angin. Kalau memungkinkan, pd tubuh kendaraan gunakan "fairing".
Saringan|filter udara, BBM, dan oli hrs bersih dan bekerja optimum, shg tak ada hambatan utk, baik udara maupun BBM, dlm memasuki karburator, dan oli memasuki mesin.
Campuran udara dan gas BBM dlm karburator optimum, tak terlalu kaya dan tdk terlalu miskin. Stel celah masuk campuran gas karburator sebaik mungkin, shg mesin tdk mati krn kekurangan catu BBM dan tak ada BBM yg terbuang krn tak terpakai.
Pembukaan katup|klep (valve), baik masuk (intake) maupun buang (exhaust), harus optimum, tak terlalu lebar dan tak terlalu sempit. Stel buka-tutup klep sebaik mungkin.
Pengapian|penyalaan (ignition) harus optimum. Gunakan CDI (capacitor discharge ignition) dan koil yg sesuai, dan juga busi (bougie, spark-plug) yg sesuai dgn setelan celah vonk (spark gap) antar elektroda optimum, shg koil menghasil tegangan listrik tertinggi dan busi menghasilkan percikan bunga-api listrik terbaik.
Utk kendali aliran BBM dr tanki ke karburator, gunakan fuel-flow booster utk aliran BBM, antara tanki dan saringan|filter BBM. Gunanya utk mengoptimumkan kerapatan|densitas molekul BBM, shg kadar BBM per satuan volume ruang jadi optimum.
Utk peningkatan pengapian|penyalaan busi, gunakan sparking-up booster utk busi, antara koil dan busi. Gunanya utk meningkatkan arus dan atau tegangan listrik antar elektroda busi.
Utk bagian dalam mesin, gunakan zat additiv, gel pelapis permukaan logam, shg gesekan|friksi antar permukaan logam|metal mesin, terutama antara piston dan dinding silinder, bisa diperkecil menjadi minimum.
Utk optimasi pembakaran (combustion) campuran gas BBM dan udara dlm kamar bakar mesin (engine combustion chamber), gunakan zat aditiv sbg katalisator, shg campuran tsb dibakar sempurna dlm kala waktu pembakaran (combustion time period), tak ada yg tak terbakar shg terbuang ke knalpot.
Dgn menerapkan 15 butir tip diatas secara konsisten, dijamin Suzuki Thunder anda hemat BBM.
Konsumsi BBM Suzuki Thunder, normal antara 35 s/d 55 km/liter, atau rerata 45 km/liter, bergantung sikon kendaraan, jalan, dan cara berkendara. Dibawah 35 km/liter adalah boros, 45 km/liter adalah normal, dan diatas 55 km/liter adalah irit.
Dgn menerapkan 15 butir tip diatas secara konsisten, Suzuki Thunder saya, berusia 22 bln atau 1 thn 10 bln. Konsumsi BBM antara 50 s/d 90 km/liter, atau rerata 70 km/liter, alias super irit.
50 s/d 60 km/liter, utk 30 s/d 60 km/jam, sikon jalan macet, jalan rusak.
70 s/d 90 km/liter, utk 90 s/d 120 km/jam, sikon jalan sepi, luar kota, touring, kelajuan tinggi.
Tampak tak mungkin, tp fakta nyata di lapangan, dan telah diuji selama hampir 1 thn, dan terbukti irit.
Tp BTW, tak mudah memenuhi 15 syarat diatas, krn dibutuhkan kebiasaan dan kedisiplinan tinggi.
JANGAN PERNAH ... KECUALI ...
Ada satu kebiasaan yg selalu sy lakukan, tiap hari dan tiap melakukan perjalanan, tp blm tentu bisa dilakukan oleh tiap org, yakni, sy selalu menyetel debet (volume per satuan waktu) aliran campuran gas BBM dan udara di karburator, sesuai sikon kendaraan, jalan, dan cara berkendara.
minimum, idle 500 RPM, pengiritan maksimum BBM tanpa membuat mesin mati pd siang hari.
optimum, idle 1.000 RPM, normal, komprimistik.
maksimum, idle 1.500 RMP, pengisian aki terbaik pd malam hari ketika pemakaian listrik maksimum.
Penyetelan ini butuh kepekaan|sensitivitas teknik. Sy menggunakan bunyi mesin dan RPM sbg ukuran stelan.
BTW, utk yg awam perihal teknik, jangan pernah ubah stelan karburator anda kalau sdh optimum, krn riskan dan berbahaya.
kalau kekecilan, moto anda bisa mati mendadak ketika berada di depan atau menyalip kendaraan lain, shg anda ditabrak.
kalau kebesaran, moto anda akan kekecangan dan bisa diluar kendali shg anda yg menabrak, atau mesin anda kepanasan.
Intinya, kalau anda bisa tetap menjaga konsumsi rerata BBM Thundie anda sekitar 50 s/d 55 km/liter, itu sdh baik.
Kita boleh berhemat, tp jangan pernah sampai jadi pelit apalagi kikir .. !!
...
Berikut adalah bbrp artikel terkait dlm forum ini, dlm topik:
KONSUMSI BENSIN THUNDIE
TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
SPARK-PLUG BOOSTER
BOOSTER SUZUKI THUNDER
TEKANAN ANGIN BAN
DAMPAK KEKURANGAN TEKANAN ANGIN BAN ATAU KEMPES BAN
KAPAN HARUS GANTI BAN
PENGARUH UBAHAN UKURAN BAN
BERAPA PERSENTASI PERUBAHAN BAN DIPERKENANKAN?
KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER
KONSEKUENSI PERUBAHAN BAN TERHADAP SPEEDOMETER DAN ODOMETER
TRANSMISI KELAJUAN THUNDER, RPM DAN KMPH
PENGETAHUAN DASAR TEKNOLOGI OTOMOTIV UTK MODIFIKASI
DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS
KAPAN MUSTI GANTI OLI
SUZUKI THUNDER SEMUSTINYA PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!
BAHAYA MENGELITIK AKIBAT BBM BURUK
MESIN MENGELITIK
STELAN KLEP THUNDIE
PANAS APA 'PANAS'???
MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER
BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER
ISTILAH TEKNIK OTOMOTIV
...
Semoga berguna dan bermanfaat ...
buyung Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6498 Total Posan : 4508 Sejak : 04.05.08 Domisili : PAMULANG KorWil : TANG-SEL NRA : 0237 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : menikah Hobi : TIDUR Slogan : Jadilah diri sendiri
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM 08.05.08 22:33
naik lagi.....naik lagi.....,tpi gaji ga naek-naek ============== :orang pintar: Salam KOSTER Buyung B 6857 NWC 08561431301 02198099317 YM : ===============
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :