PERFORMA: TIP: KARBURATOR: Bikin Irit BBM Lewat Tune-Up Karburator
+2
Bro Jay
nico-jtc
6 posters
Pengirim
Message
nico-jtc Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6180 Total Posan : 1136 Sejak : 13.08.07 Domisili : Karawaci. Tanggerang KorWil : JTC Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : GSX 250 Sikon : in a relationship (FS banget yah)
Subyek: PERFORMA: TIP: KARBURATOR: Bikin Irit BBM Lewat Tune-Up Karburator 02.09.08 11:34
Pilot Jet
main Jet
Jarum skep
Harga BBM naik, harga sembako ikut naik, semua serba naik. Terus apa yang musti kita lakukan? Apa enggak mau pakai motor lagi? Jelas tidak toh, mau enggak mau kita tetap pakai motor. Maka dari itu biar enggak terlalu berat diongkos, motor mania musti cek up besutan, siapa tahu masih bisa dibikin irit.
Salah satu caranya dengan mengupgrade atau tune-up karburator. Maksudnya karburator diservis ulang dan dicek keausannya. Karena salah satu penyebab besutan boros adalah setingan karburator yang sudah berubah dan banyak peranti – peranti yang sudah aus dan musti diganti.
“Peranti karburator yang musti diperhatikan biar enggak boros adalah jarum skep, main jet dan pilot jet,” ulas Syafrudin, kepala bengkel Clara Motor II di Jl. Arteri Kelapa Dua No 5, Kebon Jeruk, Jakbar.
Loh kenapa musti ada perhatian khusus? Jarum sekep dan rumahnya (needle jet), berfungsi mengatur berapa banyak bensin yang disemprotkan ke ruang bakar sesuai pelintiran gas. Kalau jarum ini sudah aus, tirus atau baret menyebabkan mesin ndut-ndutan karena jumalh bensin yang terhisap dengan udara masuk tidak lagi seimbang. Sudah motor enggak ada larinya, pemakaian bensin pun ikutan tambah.
Komponen lainnya yang mesti dicek yaitu pilot jet. Siapa tahu pernah diganti ukuran lebih gede atau lubangnya aus. Peranti ini berfungsi untuk menjaga kelangsaman/setasioner saat besutan berhenti. Bila lubangnya tidak standar lagi, motor susah langsam dan setelan gaspun minta digedein biar enggak mati–mati. Tapi akibatnya konsumsi BBM lebih boros.
Kemudian peranti lain yang harus diganti, main jet. Berfungsi sebagai pengatur jumlah BBM yang disemprotkan ke ruang bakar saat putaran menengah atas. Bila peranti ini lubangnya tampak terlalu longgar/aus, akan mempengaruhi debit BBM. Semakin longgar lubangny, BBM yang dikonsumsi semakin banyak, sebaliknya jika lubangnya lebih kecil konsumsi BBM lebih irit. Ukuran balikin saja sesuai bawaan motor.
Terus biayanya berapa? Sebagai contoh pada besutan Honda Supra. Bila beli satu set repair kit karburator asli sekitar Rp 200.000 lengkap dengan sil-silnya. Tapi jika eceran, main jet (Rp 35.000), pilot jet Rp 59.000 dan Rp 81.000 (jarum skep).
Tapi kalau yang agak murah ada produk imitasi, cukup ditebus sekitar Rp 15.000 sampai Rp 20.000 untuk satu set repair kit karburator Honda Supra. "Produk imitasi kualitasnya belum tentu terjamin. Salah pilih malah bikin tambah boros bensin. Di bengkel resmi tidak jual selain yang orisinal,” tambah Syafrudin. Hayo, silahkan pilih sendiri deh!
Penulis: Banar/Foto: Popo
source: www.otomotifnet.com
boleh ijo2nya kang mimin.
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9715 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: KARBURATOR: Bikin Irit BBM Lewat Tune-Up Karburator 02.09.08 13:21
nico-jtc wrote:
nazar wrote:
Nic....kapan ada waktu nganter gw cek karbu & ganti spuyer2nya DITO biar irit?
boleh zar di bengkel langganan gue mau? sekalian setting mongtor lu. bengkelnya di daerah kebon jeruk III.
siip lah...sabtu ini ada waktu? nanti gw kontek loe sabtu pagi
dodietaje KOPKA KOSTER
Poin Brogader : 5699 Total Posan : 84 Sejak : 23.10.08 Domisili : selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 250 Sikon : single Hobi : jalan2 naek motor tua
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: KARBURATOR: Bikin Irit BBM Lewat Tune-Up Karburator 20.11.08 16:06
Bro Jay wrote:
nico-jtc wrote:
nazar wrote:
Nic....kapan ada waktu nganter gw cek karbu & ganti spuyer2nya DITO biar irit?
boleh zar di bengkel langganan gue mau? sekalian setting mongtor lu. bengkelnya di daerah kebon jeruk III.
siip lah...sabtu ini ada waktu? nanti gw kontek loe sabtu pagi
Sekalian bro jay/nico kl mo coba2 di daerah Tugu (Tanah Baru) ad tuh BMS (Beji Mtr Sport) bnyk yg rekomen...emg specialis mobil n mtr besar.... Silakan mencoba
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
FUEL FLOW BOOSTER | FUEL SAVER: X POWER ENGINE-UP FUEL SAVER
TIPE : UNTUK RANMOR
XP 00800, utk sepedamotor dengan kapasitas silinder mesin s/d 600 cc.
XP 02000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 0.500 s/d 1.000 cc.
XP 04000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 1.000 s/d 1.500 cc.
XP 07000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 1.500 s/d 3.000 cc.
XP 09000, utk spdmotor dan mobil dgn kapasitas silinder mesin 3.000 s/d 5.000 cc.
XP 16000, utk mobil dgn kapasitas silinder mesin 5.000 s/d 12.000 cc, bisa digunakan untuk bus, truk, dan tabung LPG 50 kg.
HARGA :
XP 00800 S Rp 100.000
XP 00800 G Rp 150.000
XP 02000 S Rp 225.000
XP 02000 G Rp 305.000
XP 04000 S Rp 300.000
XP 04000 G Rp 350.000
XP 07000 S Rp 350.000
XP 07000 G Rp 400.000
XP 09000 S Rp 425.000
XP 09000 G Rp 475.000
XP 16000 S Rp 500.000
XP 16000 S Rp 550.000
PERBEDAAN XP S [silver] dan G [gold] :
tingkat pengiritan
kualitas material
masa pemakaian, MTBF (Mean Time Before Failure)
CATATAN :
spesifikasi dan harga bisa berubah pada sembarang waktu tanpa pemberitahuan di depan.
TEKNOLOGI
X Power adalah perangkat teknologi modern dan telah dipatenkan dengan kode registrasi HAKI No. DOO 2003.10958.11060. X Power pada dasarnya adalah ionizer, pembuat ion, atom atau molekul bermuatan listrik, dan bekerja menggunakan gelombang "neodyne magnetic" dengan sistem IECCPMF (Induction Energy Closed-Circuit Positive Micro-Frequency), dimana X Power mengubah molekul BBM (BahanBakar Minyak) atau BBG (BahanBakar Gas) seperti LPG (Liquid Petroleum Gas) dan BG (Bio Gas)] menjadi ion.
PENGHEMAT BAHANBAKAR | FUEL SAVER
Ionisasi terhadap molekul bahanbakar memecah molekul bahanbakar menjadi lebih kecil dan lebih ringan, sedingga rapat masa per satuan volume bahanbakar meningkat, dan menghemat pemakaian bahanbakar, 10 s/d 50 % [ BBM 20 s/d 40 %, dan BBG 25 s/d 50 % ].
PENINGKAT NOMOR OKTAN | OCTAN BOOSTER
Ionisasi dihasilkan X Power dapat mereduksi efek negativ zat tak diinginkan terkandung dalam BBM, seperti Pb (Plumbum) atau timbal atau timah-hitam, Fe (Ferrum) atau besi, dlsb, dan dengan demikian X Power dapat meningkatkan nomor oktan BBM, dan mengubah kualitas Premium 88 atau Premium 90 [ dulu Premix 90 ] menjadi setara Pertamax 92 atau Pertamax Plus 96, dimana makin tinggi nomor oktan, makin sulit bahanbakar dibakar pada suhu rendah, kecuali pada suhu tinggi, sehingga X Power dapat meminimasi bahkan meniadakan pembakaran dini (premature combustion) karena tekanan tinggi, dan dengan demikian X Power mereduksi atai bahkan mengeliminasi ketukan (knocking) atau letupan (detonation) dalam silinder mesin.
PEMERCEPAT PEMBAKARAN | COMBUSTION CATALYST
Ionisasi terhadap molekul bahanbakar dapat mengikat oksigen secara lebih sempurna, dan dengan demikian X Power dapat meningkatkan laju pembakaran, sehingga pembakaran lebih sempurna, mesin lebih bertenaga, dan kontaminasi gas buang minimum bahkan mendekati nol, sehingga polusi udara karena emisi mendekati nol.
MANFAAT DAN KEUNTUNGAN | BENEFIT AND ADVANTAGE
Konsekuensi ionisasi X Power terhaap BBM | BBG antara lain adalah :
Memecah molekul bahanbakar menjadi ion, sehingga menghemat bahanbakar 10 s/d 50 %.
Meningkatan nomor oktan bahanbakar, sehingga menghilangkan ketukan dan letupan dalam silinder mesin, dan dengan demikian mengubah Premium setara Pertamax | Pertamax Plus.
Memudahkan campuran gas dibakar, sehingga menyempurnakan pembakaran.
Membuat pembakaran lebih efektiv, sehingga mesin lebih bertenaga dan tarikan lebih ringan.
Membuat kerja mesin lebih enteng, getaran mesin lebih halus, suara mesin lebih halus.
Meningkatkan suhu panas pembakaran dan mesin lebih mantap.
Membuat kamar bakar lebih bersih.
Mereduksi gas buang dan memperbaiki kualitas gas buang atau emisi kendaraan.
Membuat komponen mesin lebih awet.
Menghemat biaya pemeliharaan mesin.
PENERAPAN DAN KEUNGGULAN
X Power dapat digunakan untuk segala jenis mesin dan merk kendaraan bermotor :
dengan sistem pembakaran 2 tak ataupun 4 tak.
sistem penyaluran bahanbakar menggunakan karburator ataupun inyeksi bahanbakar (fuel injection).
jenis mesin berbahanbakar bensin [OTO] ataupun berbahanbakar solar [DIESEL], ataupun berbahanbakar gas.
X Power dapat digunakan pada segala jenis kendaraan bermotor dan mesin stasioner :
kendaraan bermotor air, seperti: perahu motor, kapal motor, dlsb.
mesin stasioner, seperti generator listrik, air conditiner, mesin las, mesin penggiling, dlsb.
PEMASANGAN
X Power dipasang pada saluran BBM, sebelum atau sesudah penapis bahanbakar (fuel filter).
X Power bekerja pada saluran bahanbakar, dan dimana pun dia ditempatkan, sepanjang masih dalam tata saluran bahanbakar, ia dpt bekerja secara efektiv.
sangat mudah dalam cara pemasangan dan pemeliharaan.
tak ada efek sampingan negativ dapat merusak mesin.
tak menggugurkan garansi kendaraan.
garansi terbatas pabrikan 12 bulan.
masa pemakaian, MTBF (Mean Time Before Failure): 5 tahun untuk BBG dan 7 tahun untuk BBM.
X Power berbeda dengan kebanyakan alat lain penghemat bahanbakar, yang menggunakan sistem jepit, dan unjukkerjanya turun bila diletakkan dekat sumber panas, dan dapat merusak mesin karena tak menggunakan teknologi IECCPMF.
CARA PEMASANGAN
X Power dipasang pada saluran BBM, sebelum atau sesudah penapis bahanbakar (fuel filter).
Faktor teknik perlu diperhatikan dalam pemasangan.
Sebelum pemasangan :
pastikan mesin ranmor dalam kondisi normal alias tak bermasalah.
jangan memotong slang | pipa BBM bawaan asli ranmor, gunakan ekstensi telah disediakan.
Sesudah pemasangan :
pastikan pada klem slang tak ada bocoran aliran bahanbakar.
untuk ranmor dengan sistem karburator, stel sekrup aliran udara karburator pada 1 s/d 3 putaran berlawanan arah jarum jam, dari kondisi setelan normal sebelumnya [ bukan dari kondisi nol ].
untuk ranmor dengan sistem injeksi bahanbakar elektronik {electronic fuel injection, EFI), aliran udara tak perlu distel, karena sistem akan secara otomatis menyesuaikan atau mengatur sendiri.
untuk mesin Diesel, keluarkan udara dalam saluran bahanbakar dengan cara memompa dengan pompa pada mesin, aliran udara tak perlu distel, karena sistem akan secara otomatis menyesuaikan atau mengatur sendiri.
BEBERAPA FAKTOR PENDUKUNG BERFENGARUH TERHADAP EFEK KERJA X POWER DALAM PENGHEMATAN BAHANBAKAR
kebersihan penapis bahanbakar (fuel filter), bersihkan dan ganti secara teratur dan berkala.
kebersihan penapis udara (air filter), bersihkan dan ganti secara teratur dan berkala.
kebersihan penapis minyak pelumas (oil filter) mesin, bersihkan dan ganti secara teratur dan berkala.
kekentalan minyak pelumas mesin, ganti minyak pelumas secara teratur dan berkala.
kondisi mesin sebelum pemasangan, gunakan engine revitalizant untuk memulihkan logam mesin dari goretan dan membuat permukaan logam menjadi halus, dan engine conditioner untuk melindungi logam mesin dari gesekan, terutama bila minyak pelumas encer atau kurang.
kondisi gerigi sproket dan rantai, stelan dan pelumasan rantai, ganti bila aus dan lumasi secara teratur dan berkala.
kondisi ban, jangan sampai kurang angin dan aus.
kondisi pelat kopling, jangan sampai tipis atau aus.
cara berkendara, upayakan selalu kelajuan konstan, pindahkan gigi transmisi pada waktunya dan jalankan kendaraan pada putaran 3.000 s/ d 9.000 rpm atau pada kelajuan 50 s/d 100 kmph.
AIR FLOW BOOSTER | FUEL SAVER: MAGIC JET POWER-UP SYSTEM
Fungsi Utama :
Menyaring komponen udara yang tak diperlukan.
Memperhalus aliran udara ke karburator.
Memecah molekul udara agar lebih halus.
Meningkatkan rapat masa udara.
Manfaat Pemakaian Magic Jet Air Booster | Fuel Saver:
Mengurangi konsumsi volume bahanbakar per satuan waktu | jarak.
Meningkatkan pengiritan bahanbakar 5-15%.
Mempercepat pembakaran gas campuran udara dan bahanbakar dalam kamar bakar.
Mengurangi polusi gas buang.
Menambah akselerasi dan laju puncak (top speed) 5-10%.
Meningkatkan performa mesin 10-25%.
Membuat suara mesin lebih halus.
Membuat mesin lebih awet.
Bisa digunakan oleh berbagai jenis moto dan oto [ada berbagai ukuran].
Tak mempunyai efek negatif ke kendaraan.
Tak membutuhkan maintenans.
Hasil test BPPT : Magic Jet mengurangi racun gas buang (CO) hingga 32,406%, berkurangnya sisa bensin tak terbakar (HC) 38,288 ppm, bertambahnya energi yang terbakar (CO2) hingga 24,468%.
Pemegang REKOR MURI kategori instalasi tercepat alat penghemat BBM.
Reported by:
Lativi
OtoPlus
Tabloid Otomotif Indonesia
Suara Pembaharuan
Pos Kota
Berita Kota
Lampung Post
Radar Lampung
dll.
Harga:
Rp 150.000, untuk moto underbound | bebek
Rp 350.000, untuk oto, moto gede, sport-touring
Diskon: khusus anggota resmi KOSTER
Catatan: spesifikasi dan harga bisa berubah tanpa pemberitahuan di depan.
KONTAK :
KOSTER ON-LINE OUTLET outlet@koster.or.id atau outlet@suzuki-thunder.com outlet . KOSTER.or.id atau suzuki-thunder.com/store
PROTEK: PERFORMA OTOMOTO TEKNOLOGI Jl. Kemang no. 25. Kompleks ARCO. Duren Seribu. Parung. Bogor | Sawangan. Depok 16518. 0251-8611-593, 088-8872-8949, 081-2991-3951 mail@protek.web.id www.protek.web.id www.protek.web.id/koster atau koster.protek.web.id
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27474 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
PRODUK OPTIMISASI DAN PENDONKRAK TENAGA RANMOR ... TELAH TERUJI DAN TERBUKTI
SUKSES PENUH DI 2009 .. DAN KINI KAMI HADIR DENGAN PRODUK UNGGULAN UNTUK 2010
GAGAL ? .. TANPA EFEK EFISIENSI DAN PERFORMA ? ... GARANSI UANG KEMBALI 100% !!!
PAKET OPTIMISASI BAHAN BAKAR DAN UDARA
VeryLube Petrol Tank, berfungsi membersihkan tanki bahanbakar minyak dari kotoran, endapan, kerak, dan bahan tak diperlukan.
VeryLube Aqua Stop, berfungsi membuang molekul air didalam tanki bahanbakar minyak, dengan cara memecah molekul air menjadi gas air dan gas pembakar.
MNS Racing Fuel Conditioner, berfungsi menghancurkan karet dan belerang dalam bahanbakar minyak, sekaligus berfungsi sebagai peningkat nomor oktan bahanbakar minyak [octan booster], anti ketukan [anti knocking], memecah molekul air didalam bahanbakar minyak menjadi gas air dan gas pembakar, memecah molekul bahanbakar minyak agar lebih halus, meningkatkan rapat masa bahanbakar minyak.
Spark | Fuel Saver, berfungsi mengoptimasi komposisi bahanbakar minyak, meningkatkan nomor oktan bahanbakar, memudahkan campuran gas bahanbakar dan udara untuk dibakar, sekaligus berfungsi sebagai katalisator pembakaran.
X-Power Engine Up | Fuel Saver, berfungsi memperhalus aliran bahanbakar minyak dari tanki ke karburator, memecah molekul bahanbakar minyak agar lebih halus, meningkatkan rapat masa bahanbakar minyak.
Magic Jet | Fuel Saver, berfungsi menyaring komponen udara yang tak diperlukan, memperhalus aliran udara ke karburator, memecah molekul udara agar lebih halus, meningkatkan rapat masa udara.
MANFAAT : bahanbakar minyak lebih irit, pembakaran lebih mudah, cepat, dan sempurna, mesin lebih bertenaga, bunyi mesin lebih halus, mesin lebih awet.
Pemulihan tenaga mesin dan peningkatan kehematan, dan pengiritan bahanbakar : 5 s/d 50 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket : Rp 790.000
brorokrs MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 6697 Total Posan : 2178 Sejak : 08.01.08 Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD NRA : 0242 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : rokrsthunder Sikon : baru punya atu anak.... Hobi : Hiking-Fishing-Touring Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: KARBURATOR: Bikin Irit BBM Lewat Tune-Up Karburator 30.03.11 15:26
waah waah...nih thread gak ada jhon-pantau nya ya???? Ampe imagenya gak nampak....
agustinik SERDA KOSTER
Poin Brogader : 5513 Total Posan : 101 Sejak : 28.08.09 Domisili : Jakarta Timur Jabatan : Ang. Forum Thunder :
250
Julukan : 250 Sikon : Diakui sebagai suami yg baik.. Hobi : Riding... Play game.. Browsing.. Slogan : Bravo KOSTER
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: KARBURATOR: Bikin Irit BBM Lewat Tune-Up Karburator 31.05.11 7:23
penjelasannya detail tp nda ada gambar produknya... tampilin dong om mimin..
Sponsored content
Subyek: Re: PERFORMA: TIP: KARBURATOR: Bikin Irit BBM Lewat Tune-Up Karburator
PERFORMA: TIP: KARBURATOR: Bikin Irit BBM Lewat Tune-Up Karburator