Poin Brogader : 7522 Total Posan : 5143 Sejak : 19.08.08 Domisili : RawaMangun KorWil : Jakarta Pusat NRA : 0728 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : Darknight Status :
lajang
Sikon : Single Hobi : Nonton Film Slogan : ** A little love can make a bi
Subyek: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 17.01.09 17:48
Memiliki sepeda motor yang gesit jalannya memang mengasyikkan. Namun menjadi menyebalkan ketika motor mulai terasa berat dan tidak bertenaga di jalan. Berikut ini adalah tips standar dari situs web organisasi.org bagi pengendara sepeda motor pemula agar sepeda motornya bisa melaju dengan kecepatan yang wajar.
1. Motor Kotor Butuh Cuci Motor
Kotoran yang menempel pada motor kita serta kotoran yang menyumbat bagian-bagian yang bergesekan dapat membuat jalan motor kita jadi agak seret dan berat. Secara rutin cucilah motor kita di tempat cuci steam yang mencuci sampai ke detail tiap bagian.
2. Ban Kempes Butuh Diisi Angin
Ban yang kempes atau agak kempes bisa menghambat laju motor kita. Konsumsi bensin pun jadi boros dan resiko pecah ban motor di jalan jadi lebih besar. Untuk itu periksalah kondisi ban sepeda motor kita sebelum memulai perjalanan agar kecepatan motor kita bisa dimaksimalkan.
3. Banyak Barang Bawaan Berat Perlu Di Singkirkan
Periksa kembali barang apa saja yang anda bawa baik di bagasi maupun di box di belakang motor (bila ada). Membawa barang yang berat akan mempengaruhi laju motor. Singkirkan barang yang berat dan tidak anda perlukan agar kecepatan bisa kembali normal seperti sedia kala.
4. Saringan Udara Kotor Perlu Dibersihkan
Biasanya setiap service rutin, mesin speda motor kita akan dibongkar untuk dibersihkan agar udara yang masuk ke mesin bisa cukup serta berkualitas baik agar pembakaran dalam mesin bisa berjalan maksimal.
5. Oli Jelek Perlu Ganti Oli
Terkadang beratnya laju motor disebabkan oleh oli yang sudah buluk sehingga perlu diganti dengan oli baru yang lebih fresh, sehingga mesin motor dapat beroperasi dengan baik. Biasanya setiap satu sampai dua bulan sekali perlu penggantian oli tergantung intensitas pemakaian kita.
Sekian tips standar mempercepat laju motor ini, semoga berguna. Silahkan ditambahkan jika ada yang kurang. terimakasih.
harry2yo Moderator KOSTER
Poin Brogader : 11350 Total Posan : 16296 Sejak : 06.08.08 Domisili : Dibalik Layar KorWil : Kota Ikan SURA NRA : 0266 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : TerBang Sikon : Amin Hobi : nge-klik Slogan : - Keselamatan Itu Penting
- Ja
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 17.01.09 19:17
Mantab Bro
buyung Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6491 Total Posan : 4508 Sejak : 04.05.08 Domisili : PAMULANG KorWil : TANG-SEL NRA : 0237 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : menikah Hobi : TIDUR Slogan : Jadilah diri sendiri
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 17.01.09 21:27
thanks bro info nya
webster AdminMuda KOSTER
Poin Brogader : 7522 Total Posan : 5143 Sejak : 19.08.08 Domisili : RawaMangun KorWil : Jakarta Pusat NRA : 0728 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : Darknight Status :
lajang
Sikon : Single Hobi : Nonton Film Slogan : ** A little love can make a bi
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 18.01.09 2:00
setiap motor abis dicuci pasti kerasa enteng...ya gak...sugesti ya itu..
[BOETHO] Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7061 Total Posan : 4615 Sejak : 19.04.07 Domisili : Trenggalek - Bogor KorWil : Bogor NRA : 0013 Jabatan : Ang. Pendiri Thunder :
125
Julukan : Big Black Beauty Sikon : MENGERIKAN.... Hobi : MANASIN ORANG Slogan : ADA APA YAH...??
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 18.01.09 13:52
EAGLE EYE wrote:
setiap motor abis dicuci pasti kerasa enteng...ya gak...sugesti ya itu..
AHHH....NGGAK JUGA BRUR....YG JELAS SETIAP MOTOR ABIS DICUCI PASTI KELIATAN BERSIH.......
Iwan K-310 PELTU KOSTER
Poin Brogader : 5976 Total Posan : 355 Sejak : 16.11.08 Domisili : Jaksel - Bojonggede KorWil : JAKARTA SELATAN NRA : 310 Jabatan : Sekkorwil Jaxel Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 18.01.09 14:25
Klo motor thunder mo enteng gampang aja bro... lepas tangki, lepas knalpot, lepas mesin, lepas jok, lepas body.
Klo mau lari cepat tinggal ikatkan tali ke metromini, dijamin wuzz...wuzz....
PEACE PEACE
boybowie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6618 Total Posan : 4444 Sejak : 05.08.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125cc Sikon : kawin Hobi : touring Slogan : Jadikanlah hidupmu penuh dengan persahabatan dan kekeluargaan
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 20.01.09 17:59
Tips tambahan:
6. Buka semua perabotan lenong....
manyon Mayor KOSTER
Poin Brogader : 5652 Total Posan : 762 Sejak : 04.01.09 Domisili : tegal KorWil : jawa tengah Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : married Hobi : main games Slogan : enjoy aja
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 20.01.09 19:27
EAGLE EYE wrote:
setiap motor abis dicuci pasti kerasa enteng...ya gak...sugesti ya itu..
iya....memang perasaan tambah enteng oom......
Thandyman BRIGJEN KOSTER
Poin Brogader : 5808 Total Posan : 1640 Sejak : 05.06.08 Domisili : Pandaan. Pasuruan. JaTim KorWil : Pandaan. Pasuruan NRA : 0244 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : married Hobi : Riding Slogan : You can't stand alone
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 20.01.09 19:36
Sebenarnya bener juga tambah enteng karena semua kan kebasahan jadi baik rante maupun gear jadi lebih licin kena air yg masih ngendon. Kalau mau tipap saat enteng ada tips sederhana dari saya. 1 Tambahkan gasoline booster apapun bbm anda 2 Lumasi rante secara teratur yah seminggu sekali kek 3 bersihkan karburator pake carb cleaner tanpa membuka karbu cukup disemprotkan ke manifold lewat saringan udara sambil di nyalain mesin dan digas 4 lumasi kabel gas dengan oli. 5 Ganti oli tiap 1000 km 6 Jaga tekanan angin ban sekalian periksa ketegangan rante Dah itu aja oya jgn lupa periksa air aku setiap minggu atau abis turing.
rherhe PRAKA KOSTER
Poin Brogader : 5717 Total Posan : 37 Sejak : 25.09.08 Domisili : jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : punya pacar! Hobi : main futsal... merawat motor kasayangan gw.. hehe.. Slogan : sayangilah motormu, karena dialah yang menemanimu setiap hari..
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 20.01.09 20:26
satu lagi stelan angin karbulator..
Bebex-KOBRA Kapten KOSTER
Poin Brogader : 5951 Total Posan : 654 Sejak : 19.12.08 Domisili : Bali KorWil : Denpasar. Bali NRA : 0640 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : Single (di bali) Hobi : renang, maen game, ma lg latihan surfing Slogan : buatlah hidup lebih berarti karna hidup cuma sekali
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 20.01.09 20:51
siip informasinya....
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
PRODUK OPTIMISASI DAN PENDONKRAK TENAGA RANMOR ... TELAH TERUJI DAN TERBUKTI
SUKSES PENUH DI 2009 .. DAN KINI KAMI HADIR DENGAN PRODUK UNGGULAN UNTUK 2010
GAGAL ? .. TANPA EFEK EFISIENSI DAN PERFORMA ? ... GARANSI UANG KEMBALI 100% !!!
PAKET ANTI-GESEKAN : ANTI TENAGA PANAS DAN PEMULIHAN TENAGA MESIN Memulihkan tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan antar logam dan gesekan antara ban dan jalan.
VeryLube Anti-Carbon | Carbon Cleaner, dipakai pertama sekali dari semua, untuk melarutkans dan membuang endapan kerak karbon sisa pembakatan tak sempurna dalam mesin dan membuangannya via knalpot.
XADO Moto Revitalizant, dipakai setelah mesin bersih, untuk memulihkan kembali permukaan logam mesin yang terkikis atau cacat karena gesekan antar logam. Hasilnya permukaan logam mesin akan dipulihkan seperti baru, rata dan licin.
VeryLube Moto Engine Conditioner, dipakai berikutnya, untuk melapisi permukaan logam mesin dengan bahan anti gesekan, sedemikian sehingga efek gesekan antar logam adalah minimum, dan tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan ini dapat diminimasi, dan digunakan sepenuhnya sebagai tenaga mesin.
LJI Chain Wax, pelumas rantai anti-karat, dipakai untuk meminimasi gesekan antara logam rantai dan gerigi sproket, sehingga tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan ini dapat diminimasi, dan digunakan sepenuhnya sebagai tenaga mesin.
TireGuard Auto Sealant, gel anti-bocor ban, dipakai agar ban tak kempes dan bocor alias tekanan angin ban selalu optimum, dipakai untuk meminimasi gesekan antara karet pemukaan ban dan permukaan jalan, sehingga tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan ini dapat diminimasi, dan digunakan sepenuhnya sebagai tenaga mesin.
MANFAAT : mengurangi tenaga gerak yang terbuang sebagai panas, sehingga memulihkan tenaga mesin, bahanbakar minyak lebih irit, pembakaran lebih mudah, cepat, dan sempurna, mesin lebih bertenaga, bunyi mesin lebih halus, mesin lebih awet.
Pemulihan tenaga mesin dan peningkatan kehematan, dan pengiritan bahanbakar : 3 s/d 30 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket : Rp 290.000
PAKET PENINGKAT PENYULUTAN DAN PEMBAKARAN
MNS DC booster | accumulator booster, dipasang paralel dengan aki, gunanya untuk mempertahankan tegangan aki selalu mantap, sekaligus berfungsi sebagai penyangga muatan listrik [electric charge buffer], merupakan kombinasi bank penampung [capacitor bank] dan pemantap [stabilizer], sehingga dengan demikian seluruh sistem kelistrikan, baik penyulutan maupun pencahayaan optimum.
MNS electric stabilizer | cuprox booster, dipasang paralel dengan aki, kuproks, dan alternator, gunanya agar ranmor sanggup menerima pembebanan kelistrikan yang berlebihan, membuat aki | baterai tidak gampang tekor akibat pemasangan lampu dan klakson tambahan, lampu tembak, dan sistem audio di kendaraan bermotor.
MNS CDI stabilizer, dipasang sebelum CDI [capacitive discharge ignitor], gunanya untuk memantapkan tegangan CDI agar beroperasi secara optium, dan dapat menghasilkan arus listrik maksimum ke kumparan penyulutan [ignition coil], sehingga kumparan penyulutan juga beroperasi secara optium.
MNS CDI improver | Ignition coil booster, dipasang antara CDI | ignitor dan ignition coil, gunanya untuk meningkatkan, menyangga, mempertahankan dan memantapkan arus listrik dari penyulut ke kumparan penyulutan, sehingga tegangan listrik kumparan penyulutan tak merosot, bahkan meningkat, selalu optimum dan mantap untuk menghasikan percikan listrik elektrioda busi.
Dual Core SpakPlug Cable, kabel pengganti untuk kabel busi standar, dirancang sedemikian sehigga resistansi | hambatan listriik kabel minimum, untuk meminimasi arus listrik yang terbuang sebagai panas, sehingga arus listrik maksimum, dan tegangan listrik pada elektroda busi dapat dipertahankan tetap mantap sesuai tegangan listrik kumparan penyulutan.
Denso Iridium SparkPlug, busi pengganti untuk busi standar, dirancang untuk digunakan untuk rangkum jarak jauh dan kelajuan tinggi, lebih tahan panas dan lebih awet, sangat pas untuk touring dan racing.
MANFAAT : penggunaan tenaga listrik optimum, tegangan listrik mantap, arus listrik lebih kuat, mesin lebih mudah dihidupkan [easy start], pembakaran lebih mudah, cepat, dan sempurna, bahanbakar lebih irit, mesin lebih bertenaga, bunyi mesin lebih halus, mesin lebih awet.
Pemulihan tenaga mesin dan peningkatan kehematan, dan pengiritan bahanbakar : 3 s/d 30 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket : Rp 890.000
PAKET OPTIMISASI BAHAN BAKAR DAN UDARA
VeryLube Petrol Tank, berfungsi membersihkan tanki bahanbakar minyak dari kotoran, endapan, kerak, dan bahan tak diperlukan.
VeryLube Aqua Stop, berfungsi membuang molekul air didalam tanki bahanbakar minyak, dengan cara memecah molekul air menjadi gas air dan gas pembakar.
MNS Racing Fuel Conditioner, berfungsi menghancurkan karet dan belerang dalam bahanbakar minyak, sekaligus berfungsi sebagai peningkat nomor oktan bahanbakar minyak [octan booster], anti ketukan [anti knocking], memecah molekul air didalam bahanbakar minyak menjadi gas air dan gas pembakar, memecah molekul bahanbakar minyak agar lebih halus, meningkatkan rapat masa bahanbakar minyak.
Spark | Fuel Saver, berfungsi mengoptimasi komposisi bahanbakar minyak, meningkatkan nomor oktan bahanbakar, memudahkan campuran gas bahanbakar dan udara untuk dibakar, sekaligus berfungsi sebagai katalisator pembakaran.
X-Power Engine Up | Fuel Saver, berfungsi memperhalus aliran bahanbakar minyak dari tanki ke karburator, memecah molekul bahanbakar minyak agar lebih halus, meningkatkan rapat masa bahanbakar minyak.
Magic Jet | Fuel Saver, berfungsi menyaring komponen udara yang tak diperlukan, memperhalus aliran udara ke karburator, memecah molekul udara agar lebih halus, meningkatkan rapat masa udara.
MANFAAT : bahanbakar minyak lebih irit, pembakaran lebih mudah, cepat, dan sempurna, mesin lebih bertenaga, bunyi mesin lebih halus, mesin lebih awet.
Pemulihan tenaga mesin dan peningkatan kehematan, dan pengiritan bahanbakar : 3 s/d 30 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket : Rp 790.000
PAKET OPTIMISASI DAN PENINGKAT PERFORMA LENGKAP UNTUK MOTO Mencakup semua paket diatas plus WEL | H-GEN
Pengiritan bahanbakar : 30 s/d 300 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket Lengkap : Rp 2.990.000
. . .
SOLUSI PERFORMA OTOMOTO TEKNOLOGI
PENINGKATAN PERFORMA YANG AKAN BISA DICAPAI
pengubahan ban jadi anti-kempes, anti-bocor, tahan-tembusan paku, beling, dlsb.
pergesekan antara ban dan permukaan jalan minimum, sehingga suhu ban lebih dingin.
perpanjangan usia ban 3 sampai 5 kali lipat, karena ban lebih awet.
penurunan gesekan antara rantai dan gerigi gear sproket.
perpanjangan usia rantai 2 sampai 3 kali lipat, karena rantai lebih awet.
perpanjangan usia gear sproket, karena gesekan rantai minimum.
pembersihan bagian dalam mesin dari kerak dan endapan tanpa bongkar-pasang mesin.
pemulihan permukaan logam mesin secara halus dan merata.
pergesekan antar permukaan logam, diminimasi oleh bahan anti friksi.
pergerakan mesin dan suaranya lebih halus.
peningkatan tekanan minyak pelumas mesin.
peningkatan mutu dan waktu hidup minyak pelumas.
perpanjangan usia minyak pelumas 4 sampai 5 kali lipat, karena oli lebih awet.
penurunan getaran dan kebisingan mesin hingga 10 kali lipat.
pemulihan daya mesin dan tenaga terbuang hingga 100 %.
peningkatan kompresi mesin hingga maksimum.
perlindungan komponen mesin dari keausan.
perlindungan logam mesin ketika terjadi kekurangan atau kebocoran minyak pelumas.
pemeliharaan otomatis mesin agar selalu dalam kondisi prima.
perpanjangan usia mesin 2 sampai 3 kali lipat, karena logam mesin lebih awet.
penghematan penggantian spare-part, baik waktu maupun biaya.
peningkatan akselerasi, percepatan atau tarikan.
peningkatan kemudahan start mesin, meski mesin dalam keadaan dingin.
pemisahan bahan tak mudah terbakar dari bahanbakar.
peningkatan nilai oktan bahanbakar.
penurunan partikel kotoran udara yang masuk ke karburator dan kamar bakar mesin.
penurunan uap air dalam udara yang masuk ke karburator dan kamar bakar mesin.
pemecahan molekul udara dan bahanbakar menjadi lebih halus.
peningkatan kerapatan molekul udara dan bahanbakar menjadi lebih rapat.
pembersihan otomatis karburator.
percepatan pembakaran gas campuran udara dan bahanbakar.
pengurangan karbon dalam kamar bakar mesin.
pembakaran lebih sempurna, meminimasi tenaga terbuang sebagai panas.
pengurangan emisi gas buang, sehingga mengurangi polusi udara.
pemuatan aki lebih optimum.
pencegahan penurunan tegangan aki dibawah nominal.
peningkatan usia aki 2 sampai 3 kali lipat, karena aki lebih awet.
penyalaan lampu-lampu lebih terang 2 sampai 3 kali lipat.
pemantapan tegangan penyulut [CDI] dan peningkatan tegangan koil penyulutan.
penyulutan busi lebih efektiv, elektroda busi memercik dengan sempurna.
perpanjangan usia busi 2 sampai 3 kali lipat.
pengiritan atau penurunan konsumsi bahanbakar minyak, 2 sampai 3 kali lipat.
perpanjangan waktu tune-up dan servis periodik.
dan masih banyak lagi efek positiv yang akan anda rasakan dan nikmati . . .
Subyek: WTA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 04.03.10 12:12
halloo salam semuanya
nama saya raka, baru aja gabung di forum ini
6 bulan lalu gue baru aja beli motor thunder dari temen gue
pas pertama gue naikin , nih motor emang enak dipake
motor nya sih semuanya standar, bengkelnya pasti bengkel dealer motor SUZUKI cuman ada satu problem, napa yah, tarikan gigi 1nya terasa pendek bgt, dan ngga ada tarikannya?
gimana yah caranya agar tarikan motor thunder jadi yahuud??
trus sekarang ini, setiap gue ngegas, motornya jadi bergetar bgt, napa yah??
mohon sarannya?? thanks all
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Tak perduli anggota KOSTER atau bukan, sdh pernah KOPDAR atau sdh punya NRA atau belum . . . sdh lama mendaftar di forum ini atau blm . . . bila pertama masuk forum ini hendaknya lbh dulu memperkenalkan diri, apalagi bukan atau blm jadi anggota resmi KOSTER, meski anda anggota senior di klub atau komunitas lain, atau cuma sekedar numpang jualan. Mohon dipahami dan diperhatikan . . . mau punya "brother" tapi nggak jelas orgnya . . . how can? . . .
PLEASE FOR BROTHERHOOD . . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 04.03.10 13:29
razka wrote:
. . .
gimana yah caranya agar tarikan motor thunder jadi yahuud??
. . .
mohon sarannya?? thanks all
ADMINISTRATOR WARNING: ATTENTION !!!
jangan pernah memuji menggunakan kata "Yahud", karena artinya, "hebat seperti Yahudi" . . .
Yahudi (Jew) digunakan utk menyebut keturunan Yahudi atau Yahuda (Yehudah, Yehuda, Yudah, Judah, Judas, Juda, Jude, Judy), anak ke4 nabi Ya’qúb yang bergelar Isrá`íl [artinya, org yg melakukan perjalanan panjang dan jauh], yg menyarankan kpd para saudaranya utk menjual adik mereka, Yúsuf (Joseph), anak ke11 dan kesayangan nabi Ya’qúb, kpd para pedagang daripada membunuhnya. Pedagang itu membawa Yúsuf sbg budak belian ke Mesir dan menjualnya ke Istana, sampai akhirnya `Alláh mengangkat Yúsuf sbg nabí seperti leluhurnya.
. . .
razka CATAM KOSTER
Poin Brogader : 5191 Total Posan : 4 Sejak : 04.03.10 Domisili : tangerang dan depok NRA : 0000 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 04.03.10 13:41
ok, sorry nih, maklum masih NEWBIE
LA011199 Donatur KOSTER
Poin Brogader : 6348 Total Posan : 799 Sejak : 23.06.09 Domisili : Ciputat - Tangerang Selatan KorWil : Jakarta Selatan NRA : 0767 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : BBC Sikon : in relationship Hobi : koleksi kura-kura / reptil, ikan koi Slogan : Kerja keras, sabar & iklha
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 04.03.10 14:56
Salam kenal Bro, kl mau tarikan T125 ente lebih yahud silakan datang ke bengkel B&S di Tanah Baru Beiji-Depok atau calling ane aja di 0811912729, dijamin
dedy0208 PELTU KOSTER
Poin Brogader : 5971 Total Posan : 380 Sejak : 27.01.09 Domisili : Babelan 75%, Cilincing 10%, Cibesut 5% KorWil : Jakarta Utara Jabatan : Anggota Thunder :
125
Julukan : CLC-125 Sikon : Udah punya Bini Hobi : BABELAN, CILLINCING, CIBESUT PP Slogan : Lebih Baik jadi Bos Kecil dari pada Kuli Besar
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 04.03.10 15:56
in Forum bro...
Waktu service minta dibersihin tali kopling + tali Gas aja, biasanya Tali Kopling + Tali gas di kasih minyak di ujungnya dan minyaknya dikeluarin di ujung satunya lagi sambil di kocok2, supaya Tarikan kopling + gas engga berat. Gitu aja, smoga membantu bro...
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 05.03.10 6:55
SILAHKAN PILIH TETAP SEIMBANG KOMPROMISTIK ATAU PINCANG
(C) 2006—2010 — EE ONE S | KOSTER 0115 Thunder Rider
Tiap ranmor sdh diracang dgn pertimbangan matang dlm segala aspek oleh para ahli dedengkot otomotiv, puluhan bahkan ratusan ilmuwan dan insinyur di pabrikan ranmor bersangkutan. Sdh pula diuji-coba utk bbg faktor utk memenuhi bbg ketetapan standar Internasional. Jadi sangat kecil sekali bahwa suatu ranmor mengalami penyimpangan rekayasa rancang-bangun atau disain dan konstruksi dlm pabrikasinya, apalagi cuma sepedamotor.
Dan ini termasuk SUZUKI Thunder.
Lantas, jika ada masalah atau anggapan kekurangan, maka letaknya kemungkinan besar dan bahkan hampir dpt dipastikan adalah pd peguna awam, bukan krn kesalahan atau keteledoran pabrikan!
Pd dasarnya tiap ranmor maksud umum atau "general purpose" dirancang dgn memperhatikan aspek kompromistik rasio teknik atau "win-win" alias jalan tengah terbaik, yg secara teknik disebut "optimum", yakni titik terbaik antara medium dan maksimum.
Demikian pula dgn SUZUKI Thunder.
Jadi kesalahan bukan pd produsen atau pabrikan, tp pd konsumen atau peguna!
. . .
Istiah "tarikan" ramor, dlm istilah ilmiah dan teknik adalah "percepatan" atau "akselerasi" (acceleration), yakni perubahan "pertambahan kecepatan per satuan waktu". Lawannya adalah "perlambatan" atau "deselerasi" (deceleration), yakni perubahan "perkurangan kecepatan per satuan waktu" alias percepatan negativ.
Secara mekanik, besar atau kuat percepatan ditentukan oleh diameter roda gigi, baik roda gigi transmisi (transmission gear) maupun roda gigi rantai, cakram rantai atau sproket (sprocket), krn roda gigi inilah yg menjadi media perpindahan tenaga, gaya, dan daya (energy, force and power), dari mesin (engine) ke roda (wheel).
Sesuai hukum fisika mekanika, makin besar atau lebar diameter roda gigi, makin besar atau kuat percepatan, dan sebaliknya. Tp sbg implikasi dan konsekuensi hal ini, makin besar percepatan dpt dicapai, makin rendah kecepatan maksimum kendaraan dpt diraih, dan sebaliknya.
Artinya, jika kuat akselerasi ditingkatkan, maka laju maksimum merosot, dan sebaiknya.
Hal ini menjelaskan mengapa pd gigi transmisi 1 kuat akselerasi adalah maksimum, tapi kecepatan adalah minimum. Sedangkan pd gigi transmisi 5 kuat akselerasi adalah minimum, tapi kecepatan adalah maksimum. Sebab diameter roda gigi transmisi 1 sekitar 5 x diameter roda gigi transmisi 5, dan sebaliknya!
. . .
Nah, berarti utk meningkatkan tarikan Thunder, bisa dilakukan dgn mengganti sproket standar Thunder dgn sproket lain berdiameter lbh besar. Tp dgn konsekuensi top speed merosot.
Sebaliknya, utk meningkatkan top speed Thunder, bisa dilakukan dgn mengganti sproket standar Thunder dgn sproket lain berdiameter lbh kecil. Tp dgn konsekuensi tarikan merosot.
Jadi tinggal pilih, mana yg ingin diunggulkan. Tarikan atau top speed! Krn tak mungkin atau mustahil bisa ditingkat sekaligus bersama.
Apa yg tlh diset oleh pabrikan SUZUKI Thunder adalah titik optimum kompromistik antara tarikan dan top speed.
Sekarang bergantung pd pemilik atau peguna, apakah titik keseimbangan ini ingin digeser, dgn mengunggulkan yg satu dan mengorbankan yg lain.
Terserah anda!
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 05.03.10 7:12
PILIH SALAH SATU SAJA, TOP SPEED ATAU AKSELERASI
(C) 2006—2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
sproket | cakram-gigi depan dan belakang
Secara teknik, ada 2 macam rasio gigi,
rasio daya, bila roda|cakram-gigi depan berputar lbh cepat drpd roda|cakram-gigi belakang
rasio kelajuan, bila roda|cakram-gigi depan berputar lbh lambat drpd roda|cakram-gigi belakang
Jika cakram-gigi depan ditambah 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi depan menjadi lbh besar, maka cakram-gigi belakang berputar lbh cepat, dan spdmotor akan menghasilkan peningkatan top speed, tp akselerasi lbh lambat. Sebaliknya, jika cakram-gigi depan dikurangi 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi depan menjadi lbh kecil, maka cakram-gigi belakang berputar lbh lambat, dan spdmotor akan menghasilkan akselerasi lbh cepat, tp top speed merosot.
Jika cakram-gigi belakang dikurangi 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi belakang menjadi lbh kecil, maka cakram-gigi belakang berputar lbh cepat, dan spdmotor akan menghasilkan peningkatan top speed, tp akselerasi lbh lambat. Sebaliknya, jika cakram-gigi belakang ditambahi 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi belakang menjadi lbh besar, maka cakram-gigi belakang berputar lbh lambat, dan spdmotor akan menghasilkan akselerasi lbh cepat, tp top speed merosot.
cakram-gigi mana pun diubah | diganti banyak giginya, berarti rantai penggelindingnya juga harus diganti, krn akan membutuhkan banyak mata-rantai berbeda. Rantai Thundie 125 standar 118 mata-rantai.
Jadi tinggal pilih, apakah top speed atau akselerasi ingin ditingkatkan.
Jika cakram-gigi depan lbh besar, mk top speed lbh tinggi, tp akselerasi lbh lambat.
Jika cakram-gigi depan lbh kecil, mk top speed lbh rendah, tp akselerasi lbh cepat.
Jika cakram-gigi belakang lbh kecil, mk top speed lbh tinggi, tp akselerasi lbh lambat.
Jika cakram-gigi belakang lbh besar, mk top speed lbh rendah, tp akselerasi lbh cepat.
Sistem transmisi dan cakram-gigi roda adalah pelipat torsi (torque multipliers). Dlm istilah awam, jika gigi 1 memiliki rasio 3 dan gigi 5 memiliki rasio 1 dan mesin menghasilkan 100 daya putar, maka ban belakang bekerja 300 daya putar pd gigi 1 dan 100 pd gigi 5. Ini menjelaskan knp kendaraan memiliki akselerasi lbh cepat pd gigi 1 dan lbh lambat pd gigi lainnya.
Pasangan sprocket | cakram-gigi menentukan rasio secara keseluruhan. Torsi ban belakang bisa dinaikkan atau diturunkan dgn mengubah rasio ini, dan ini secara langsung berdampak pd akselerasi dan top speed.
(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
razka CATAM KOSTER
Poin Brogader : 5191 Total Posan : 4 Sejak : 04.03.10 Domisili : tangerang dan depok NRA : 0000 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 05.03.10 10:52
terimakasih banyak akan masukannya bro
jadi terbuka mata gue lengkap bgt infonya
el capitano hendra KOPDA KOSTER
Poin Brogader : 5282 Total Posan : 48 Sejak : 18.01.10 Domisili : jakarta selatan KorWil : jaxel pejantan NRA : 799 Jabatan : anggota biasa aja Thunder :
125
Julukan : thunder hideung tea' Sikon : MENIKAH Hobi : TRAVELING MENCARI SESUATU YG BARU Slogan : Bravo KOSTER
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 06.03.10 1:01
Bro kalo mo coba kaya gw aja,...ganti kaburator RX king, knalpot di bobok ataw pake racing, kampas kopling pake SUZUKI RG ataw merk BARNET,..lumayan bro kalo di itung ga mahal koq ....berat badan gw 96kg mesin standart ,di coba lawan scorpio standart tembus speedo tembus 125 ,apalagi kalo berat badan ente 70 an,...bakal lebih dah........I NEVER LIE TO ALL BROGADER....
Tongho SERTU KOSTER
Poin Brogader : 5804 Total Posan : 145 Sejak : 23.12.08 Domisili : Wahana Pondok Gede KorWil : - NRA : 0000 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
250
Julukan : Lucky's Bike Sikon : Married Hobi : Denger musik barat jadul Slogan : Diusahakan ... alon-alon asal kelakon
ne' ora alon-alon ojo lali klakson!!
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 08.03.10 12:17
saran ane kalo ente ingin real thunder & gak mau repot dikemudian hari gak usah gonta-ganti daleman mesin deh.... pake aja saran pak i-one, pakai perbandingan sproket, itu menurut ane yang aman, mau akselerasi, tapi korban top speed, atau sebaliknya mau semuanya............ganti mongtornya.....
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9675 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng? 08.03.10 13:33
wus wus wus...
Sponsored content
Subyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng?
PERFORMA: Bagaimana Agar Tarikan Thunder Lebih Enteng?