Poin Brogader : 6148 Total Posan : 93 Sejak : 16.07.07 Domisili : Bekasi -Jakarta Timur KorWil : Jakarta Timur NRA : 0192 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Black Sikon : Single Seater Hobi : Makan
Subyek: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 04.12.07 12:34
First topic message reminder :
Bro....ane mw tanya lagi neh...
Gimana caranya bikin EN125 gw larinya kenceng tanpa langkah bore-up....!!! mohon dibantu....
soalnya gw dikasitw ma ank2 balap liar yg pke thunder...! katanya sch aman....malah si thundie bisa lari 160km/jam lebih... tp ane mw tau mnurut bro2 semua....
Pengirim
Message
B124M SERKA KOSTER
Total Posan : 155 Sejak : 10.02.09
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 16.10.09 11:22
yg merasa thundienya paling kenceng,ikut drg race aja di yogyakarta gelaran akbar akhir tahun,di stadion maguwoharjo sleman,sekalian buktikan klo thundie memang bisa kencang,lebih mantap di forum resmi.
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9675 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 16.10.09 23:07
kalo hadiahnya gede bagus juga tuh....
Flik Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6296 Total Posan : 706 Sejak : 06.10.08 Domisili : Bekasi KorWil : Bekasi-Jakarta NRA : 0255 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
250
Julukan : Koneng Suka Mereng Sikon : Available Hobi : Futsal, korek mesin, turing, rolling, kumpul Slogan : Tetap Mereng
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 17.10.09 20:11
bro Yadie share videonya donk biar forum bisa liat performa moto ente.. ok..??
moto ente kan 125, nah special tuh bisa nyaingin ninja 250 palagi tanpa bore-up.. kalo mtr gw mah udah biasa apalagi cuma ninja standart, Thunder 250 eh 300 gitu loh hehehehehe.... malah anak2 di JTC lebih kenceng lagi..
kalo moto loe kan 125, nah keren bgt tuh kalo ada videonya...
gak mungkin kan loe ke KORWIL KOSTER satu2 seluruh indonesia bwt nunkukin performa moto loe, mending di buat videonya aja, ok bro..??
harry2yo Moderator KOSTER
Poin Brogader : 11350 Total Posan : 16296 Sejak : 06.08.08 Domisili : Dibalik Layar KorWil : Kota Ikan SURA NRA : 0266 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : TerBang Sikon : Amin Hobi : nge-klik Slogan : - Keselamatan Itu Penting
- Ja
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 17.10.09 21:23
Flik wrote:
bro Yadie share videonya donk biar forum bisa liat performa moto ente.. ok..??
moto ente kan 125, nah special tuh bisa nyaingin ninja 250 palagi tanpa bore-up.. kalo mtr gw mah udah biasa apalagi cuma ninja standart, Thunder 250 eh 300 gitu loh hehehehehe.... malah anak2 di JTC lebih kenceng lagi..
kalo moto loe kan 125, nah keren bgt tuh kalo ada videonya...
gak mungkin kan loe ke KORWIL KOSTER satu2 seluruh indonesia bwt nunkukin performa moto loe, mending di buat videonya aja, ok bro..??
setuju
Jowy Atreides PRADA KOSTER
Poin Brogader : 5363 Total Posan : 15 Sejak : 09.10.09 Domisili : Highland Kingdom Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : GSX 250 '99 Sikon : in relationship with Jilia Blight Hobi : Naik Thunder Yang 250 Slogan : Bravo KOSTER
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 17.10.09 22:06
great idea.. jadi gak cuma kata2 aja bro buktikan thundermu..
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9675 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 17.10.09 22:47
Flik wrote:
bro Yadie share videonya donk biar forum bisa liat performa moto ente.. ok..??
moto ente kan 125, nah special tuh bisa nyaingin ninja 250 palagi tanpa bore-up.. kalo mtr gw mah udah biasa apalagi cuma ninja standart, Thunder 250 eh 300 gitu loh hehehehehe.... malah anak2 di JTC lebih kenceng lagi..
kalo moto loe kan 125, nah keren bgt tuh kalo ada videonya...
gak mungkin kan loe ke KORWIL KOSTER satu2 seluruh indonesia bwt nunkukin performa moto loe, mending di buat videonya aja, ok bro..??
lo kira moto GP bisa pake kamera ware less...lagi pula bisa jatoh berkeping2 tuh kamera mental.....kalo gapercaya Thunder itu bisa menmbus batas 150 kpj yaudah gapapa..tanya az yg udah pernah ngerasain motornya gw lewatin....
harry2yo Moderator KOSTER
Poin Brogader : 11350 Total Posan : 16296 Sejak : 06.08.08 Domisili : Dibalik Layar KorWil : Kota Ikan SURA NRA : 0266 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : TerBang Sikon : Amin Hobi : nge-klik Slogan : - Keselamatan Itu Penting
- Ja
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 17.10.09 22:54
[quote="yadie_bejat"]
Flik wrote:
lo kira moto GP bisa pake kamera ware less...lagi pula bisa jatoh berkeping2 tuh kamera mental.....kalo gapercaya Thunder itu bisa menmbus batas 150 kpj yaudah gapapa..tanya az yg udah pernah ngerasain motornya gw lewatin....
wuihh...berarti yg pernah ente lewatin banyak ya Bro?
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9675 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 17.10.09 22:56
webster wrote:
pernah waktu kebandung..malam malam juga jadi sepi 4 moto lagi kebut kebutan..jalannya nanjak meliuk liuk.. moto ane ada diposisi pertama.. tiba tiba tuh moto ngelewatin dengan santainya, dah gitu pas lagi nikung ngelewatinnya.. an%@#^# mo^##%#&#
w akui emang jago lu bro
so...yg punya Thunder jangan mau diremhkan,buktikan kalo moto kita bukan gede bodi duank seperti mereka katakan...bangkit...bangkit dan tunjukan kepada dunia kalo thundie kita bisa....tapi keep safety raiding
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9675 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 17.10.09 22:59
ane dah liat kok buktinya.. ane ama bro esel lagi lari 125km lagi kebut kebutan waktu itu malam jadi sepi (jangan ditiru) tiba tiba tuh moto dengan santainya ngelewatin kita dan lewatinnya emang bener bener jauh kencengnya sialan edan @%%^%R@^%#%@^
@bro yadie: pegangin idung nya gw males liatnya kembang kempis kegeeran begitu![/quote]
msh ga pada percaya kalo thundie kita bisa super power...???gw bukan bawa nama pribadi tapi thundie kita semua bro.......semangat..........
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9675 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 17.10.09 23:02
webster wrote:
ryankustiana wrote:
kalo punya gw c cepet naik rpmnya bro..indikator rpm ori thundie gacukup buat speed moto gw coz mentok,kalo gapercaya boleh coba adu speed ma moto gw..[/b][/color]
bisa az gue bilang sepeda ontel kakek gue bisa lari 150 kpj,trus gue bilang kl ga percaya datang az ke pekanbaru...
(ternyata sesungguhnya sepedanya di ikat di ninja RR adek gue... ..... )
ane dah liat kok buktinya.. ane ama bro esel lagi lari 125km lagi kebut kebutan waktu itu malam jadi sepi (jangan ditiru) tiba tiba tuh moto dengan santainya ngelewatin kita dan lewatinnya emang bener bener jauh kencengnya sialan edan @%%^%R@^%#%@^
@bro yadie: pegangin idung nya gw males liatnya kembang kempis kegeeran begitu![/quote]
huffffhhhhh masih pada gak percaya juga...yaudahLah.....
B124M SERKA KOSTER
Poin Brogader : 5781 Total Posan : 155 Sejak : 10.02.09 Domisili : Yogjakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : Married Hobi : volley ball,touring alone Slogan : Senyumlah karena senyum itu adalah ibadah
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 18.10.09 5:09
hadiahnya sih gak seberapa bila menang di drag race resmi,tapi kan nama Suzuki Thunder 125 jelas jadi terangkat,bahwa nih mtr thundie bisa kenceng jg,tul gak bro..?
yadie_bejat Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 9675 Total Posan : 4274 Sejak : 08.10.08 Domisili : antara bekasi dan jakarta timur KorWil : bejatterz SeJaT NRA : B3JA Jabatan : JENDRAL BEJAT Thunder :
125
Julukan : 125 "b Status :
lajang
Sikon : mSh tEbAr pE5oNa Hobi : tEbaR pEsoNa ma cewe gw lah.. Slogan : be U'r self lah..
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 19.10.09 15:50
tapi khn kalo dikomersilin lebih enak palagi kalo gw bisa masuk motogp wkwkwk
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27467 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
PRODUK OPTIMISASI DAN PENDONKRAK TENAGA RANMOR ... TELAH TERUJI DAN TERBUKTI
SUKSES PENUH DI 2009 .. DAN KINI KAMI HADIR DENGAN PRODUK UNGGULAN UNTUK 2010
GAGAL ? .. TANPA EFEK EFISIENSI DAN PERFORMA ? ... GARANSI UANG KEMBALI 100% !!!
PAKET ANTI-GESEKAN : ANTI TENAGA PANAS DAN PEMULIHAN TENAGA MESIN Memulihkan tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan antar logam dan gesekan antara ban dan jalan.
VeryLube Anti-Carbon | Carbon Cleaner, dipakai pertama sekali dari semua, untuk melarutkans dan membuang endapan kerak karbon sisa pembakatan tak sempurna dalam mesin dan membuangannya via knalpot.
XADO Moto Revitalizant, dipakai setelah mesin bersih, untuk memulihkan kembali permukaan logam mesin yang terkikis atau cacat karena gesekan antar logam. Hasilnya permukaan logam mesin akan dipulihkan seperti baru, rata dan licin.
VeryLube Moto Engine Conditioner, dipakai berikutnya, untuk melapisi permukaan logam mesin dengan bahan anti gesekan, sedemikian sehingga efek gesekan antar logam adalah minimum, dan tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan ini dapat diminimasi, dan digunakan sepenuhnya sebagai tenaga mesin.
LJI Chain Wax, pelumas rantai anti-karat, dipakai untuk meminimasi gesekan antara logam rantai dan gerigi sproket, sehingga tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan ini dapat diminimasi, dan digunakan sepenuhnya sebagai tenaga mesin.
TireGuard Auto Sealant, gel anti-bocor ban, dipakai agar ban tak kempes dan bocor alias tekanan angin ban selalu optimum, dipakai untuk meminimasi gesekan antara karet pemukaan ban dan permukaan jalan, sehingga tenaga gerak yang terbuang sebagai panas karena gesekan ini dapat diminimasi, dan digunakan sepenuhnya sebagai tenaga mesin.
MANFAAT : mengurangi tenaga gerak yang terbuang sebagai panas, sehingga memulihkan tenaga mesin, bahanbakar minyak lebih irit, pembakaran lebih mudah, cepat, dan sempurna, mesin lebih bertenaga, bunyi mesin lebih halus, mesin lebih awet.
Pemulihan tenaga mesin dan peningkatan kehematan, dan pengiritan bahanbakar : 3 s/d 30 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket : Rp 290.000
PAKET PENINGKAT PENYULUTAN DAN PEMBAKARAN
MNS DC booster | accumulator booster, dipasang paralel dengan aki, gunanya untuk mempertahankan tegangan aki selalu mantap, sekaligus berfungsi sebagai penyangga muatan listrik [electric charge buffer], merupakan kombinasi bank penampung [capacitor bank] dan pemantap [stabilizer], sehingga dengan demikian seluruh sistem kelistrikan, baik penyulutan maupun pencahayaan optimum.
MNS electric stabilizer | cuprox booster, dipasang paralel dengan aki, kuproks, dan alternator, gunanya agar ranmor sanggup menerima pembebanan kelistrikan yang berlebihan, membuat aki | baterai tidak gampang tekor akibat pemasangan lampu dan klakson tambahan, lampu tembak, dan sistem audio di kendaraan bermotor.
MNS CDI stabilizer, dipasang sebelum CDI [capacitive discharge ignitor], gunanya untuk memantapkan tegangan CDI agar beroperasi secara optium, dan dapat menghasilkan arus listrik maksimum ke kumparan penyulutan [ignition coil], sehingga kumparan penyulutan juga beroperasi secara optium.
MNS CDI improver | Ignition coil booster, dipasang antara CDI | ignitor dan ignition coil, gunanya untuk meningkatkan, menyangga, mempertahankan dan memantapkan arus listrik dari penyulut ke kumparan penyulutan, sehingga tegangan listrik kumparan penyulutan tak merosot, bahkan meningkat, selalu optimum dan mantap untuk menghasikan percikan listrik elektrioda busi.
Dual Core SpakPlug Cable, kabel pengganti untuk kabel busi standar, dirancang sedemikian sehigga resistansi | hambatan listriik kabel minimum, untuk meminimasi arus listrik yang terbuang sebagai panas, sehingga arus listrik maksimum, dan tegangan listrik pada elektroda busi dapat dipertahankan tetap mantap sesuai tegangan listrik kumparan penyulutan.
Denso Iridium SparkPlug, busi pengganti untuk busi standar, dirancang untuk digunakan untuk rangkum jarak jauh dan kelajuan tinggi, lebih tahan panas dan lebih awet, sangat pas untuk touring dan racing.
MANFAAT : penggunaan tenaga listrik optimum, tegangan listrik mantap, arus listrik lebih kuat, mesin lebih mudah dihidupkan [easy start], pembakaran lebih mudah, cepat, dan sempurna, bahanbakar lebih irit, mesin lebih bertenaga, bunyi mesin lebih halus, mesin lebih awet.
Pemulihan tenaga mesin dan peningkatan kehematan, dan pengiritan bahanbakar : 3 s/d 30 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket : Rp 890.000
PAKET OPTIMISASI BAHAN BAKAR DAN UDARA
VeryLube Petrol Tank, berfungsi membersihkan tanki bahanbakar minyak dari kotoran, endapan, kerak, dan bahan tak diperlukan.
VeryLube Aqua Stop, berfungsi membuang molekul air didalam tanki bahanbakar minyak, dengan cara memecah molekul air menjadi gas air dan gas pembakar.
MNS Racing Fuel Conditioner, berfungsi menghancurkan karet dan belerang dalam bahanbakar minyak, sekaligus berfungsi sebagai peningkat nomor oktan bahanbakar minyak [octan booster], anti ketukan [anti knocking], memecah molekul air didalam bahanbakar minyak menjadi gas air dan gas pembakar, memecah molekul bahanbakar minyak agar lebih halus, meningkatkan rapat masa bahanbakar minyak.
Spark | Fuel Saver, berfungsi mengoptimasi komposisi bahanbakar minyak, meningkatkan nomor oktan bahanbakar, memudahkan campuran gas bahanbakar dan udara untuk dibakar, sekaligus berfungsi sebagai katalisator pembakaran.
X-Power Engine Up | Fuel Saver, berfungsi memperhalus aliran bahanbakar minyak dari tanki ke karburator, memecah molekul bahanbakar minyak agar lebih halus, meningkatkan rapat masa bahanbakar minyak.
Magic Jet | Fuel Saver, berfungsi menyaring komponen udara yang tak diperlukan, memperhalus aliran udara ke karburator, memecah molekul udara agar lebih halus, meningkatkan rapat masa udara.
MANFAAT : bahanbakar minyak lebih irit, pembakaran lebih mudah, cepat, dan sempurna, mesin lebih bertenaga, bunyi mesin lebih halus, mesin lebih awet.
Pemulihan tenaga mesin dan peningkatan kehematan, dan pengiritan bahanbakar : 3 s/d 30 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket : Rp 790.000
PAKET OPTIMISASI DAN PENINGKAT PERFORMA LENGKAP UNTUK MOTO Mencakup semua paket diatas plus WEL | H-GEN
Pengiritan bahanbakar : 30 s/d 300 %, bergantung kondisi kendaraan dan jalan.
Harga Paket Lengkap : Rp 2.990.000
. . .
SOLUSI PERFORMA OTOMOTO TEKNOLOGI
PENINGKATAN PERFORMA YANG AKAN BISA DICAPAI
pengubahan ban jadi anti-kempes, anti-bocor, tahan-tembusan paku, beling, dlsb.
pergesekan antara ban dan permukaan jalan minimum, sehingga suhu ban lebih dingin.
perpanjangan usia ban 3 sampai 5 kali lipat, karena ban lebih awet.
penurunan gesekan antara rantai dan gerigi gear sproket.
perpanjangan usia rantai 2 sampai 3 kali lipat, karena rantai lebih awet.
perpanjangan usia gear sproket, karena gesekan rantai minimum.
pembersihan bagian dalam mesin dari kerak dan endapan tanpa bongkar-pasang mesin.
pemulihan permukaan logam mesin secara halus dan merata.
pergesekan antar permukaan logam, diminimasi oleh bahan anti friksi.
pergerakan mesin dan suaranya lebih halus.
peningkatan tekanan minyak pelumas mesin.
peningkatan mutu dan waktu hidup minyak pelumas.
perpanjangan usia minyak pelumas 4 sampai 5 kali lipat, karena oli lebih awet.
penurunan getaran dan kebisingan mesin hingga 10 kali lipat.
pemulihan daya mesin dan tenaga terbuang hingga 100 %.
peningkatan kompresi mesin hingga maksimum.
perlindungan komponen mesin dari keausan.
perlindungan logam mesin ketika terjadi kekurangan atau kebocoran minyak pelumas.
pemeliharaan otomatis mesin agar selalu dalam kondisi prima.
perpanjangan usia mesin 2 sampai 3 kali lipat, karena logam mesin lebih awet.
penghematan penggantian spare-part, baik waktu maupun biaya.
peningkatan akselerasi, percepatan atau tarikan.
peningkatan kemudahan start mesin, meski mesin dalam keadaan dingin.
pemisahan bahan tak mudah terbakar dari bahanbakar.
peningkatan nilai oktan bahanbakar.
penurunan partikel kotoran udara yang masuk ke karburator dan kamar bakar mesin.
penurunan uap air dalam udara yang masuk ke karburator dan kamar bakar mesin.
pemecahan molekul udara dan bahanbakar menjadi lebih halus.
peningkatan kerapatan molekul udara dan bahanbakar menjadi lebih rapat.
pembersihan otomatis karburator.
percepatan pembakaran gas campuran udara dan bahanbakar.
pengurangan karbon dalam kamar bakar mesin.
pembakaran lebih sempurna, meminimasi tenaga terbuang sebagai panas.
pengurangan emisi gas buang, sehingga mengurangi polusi udara.
pemuatan aki lebih optimum.
pencegahan penurunan tegangan aki dibawah nominal.
peningkatan usia aki 2 sampai 3 kali lipat, karena aki lebih awet.
penyalaan lampu-lampu lebih terang 2 sampai 3 kali lipat.
pemantapan tegangan penyulut [CDI] dan peningkatan tegangan koil penyulutan.
penyulutan busi lebih efektiv, elektroda busi memercik dengan sempurna.
perpanjangan usia busi 2 sampai 3 kali lipat.
pengiritan atau penurunan konsumsi bahanbakar minyak, 2 sampai 3 kali lipat.
perpanjangan waktu tune-up dan servis periodik.
dan masih banyak lagi efek positiv yang akan anda rasakan dan nikmnati . . .
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up 09.03.10 3:42
CARA PENINGKATAN TENAGA MESIN RANMOR TERBAIK DI DUNIA!!!
(C) 2006—2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
. . .
MENAMBAH TENAGA MESIN RANMOR?
BORE-UP SILINDER MESIN? BERARTI PEMBOROSAN!!!
PERBESAR DIAMETER SPRAYER KARBURATOR? BERARTI PEMBOROSAN!!!
BOROS BBM DAN BOROS DUIT!!!
LALU BAGAIMANA AGAR HEBAT TAPI HEMAT?
GUNAKAN LOGIKA DAN AKAL SEHAT!!!
. . .
TENAGA DAN VOLUME SILINDER
Hukum alam atau fisika menyatakan bahwa tenaga atau energi tak dapat diciptakan dan tak dapat dimusnahkan, melainkan hanya dapat diubah dari satu bentuk ke lain bentuk.
Jumlah total tenaga dan benda atau energi dan materi di seluruh semesta atau alam raya adalah tetap atau konstan. Hukum alam atau fisika menyatakan bahwa energi dan materi adalah satu hal sama dalam wujud berbeda.
Hukum alam atau fisika pula menyatakan bahwa energi atau tenaga adalah fungsi ruang dan juga fungsi waktu. Tenaga adalah produk gaya (force) terhadap ruang dan produk daya (power) terhadap waktu.
Kesimpulannya adalah mustahil atau tak mungkin memperbesar tenaga pada volume ruang tetap, dan makin lama makin banyak tenaga dialihkan dgn bergulirnya waktu.
Karena itu tenaga ranmor bergantung pada volume silinder mesin (engine cylinder volume). Makin besar volume silinder mesin, makin jauh perpindahan (displacement) atau langkah torak (piston stroke) terhadap ruang, makin besar tenaga dihasilkan pd gaya tetap, dan makin besar daya dihasilkan pd satuan waktu tetap.
Jadi, tak ada cara lain yg lbh efektiv utk memperbesar tenaga mesin ranmor, kecuali dgn cara memperbesar volume silinder mesin. Dlm konteks ranmor ini berarti peningkatan rasio kompresi (compresion ratio) atau perbandingan volume total silinder mesin thdp volume kamar bakar (combustion chamber) secara fisik.
Dgn demikian, "bore-up" atau over-size" silinder mesin adalah termasuk kategori ini.
. . .
TENAGA DAN BAHANBAKAR
Meski demikian, sesuai pernyataan pertama diatas, cara lain dpt dilakukan utk peningkatan tenaga adalah melalui pengubahan bentuk lain tenaga. Dlm konteks ranmor, yakni pengubahan tenaga BBM (bahanbakar minyak). Makin banyak BBM dibakar, makin besar gaya dorong (thrusting force) atau dorongan (thrust), makin besar tenaga mesin dihasilkan. Namun ini berarti pemborosan BBM dan tentu biaya.
Penggantian penyemprot (sprayer; sproier) karburator dgn yg memiliki diameter penampang lbh besar adalah termasuk kategori ini.
Berkaitan dgn hal ini, utk mesin Otto, yakni mesin menggunakan busi (spark plug; bougie), digunakan juga pengubahan tenaga listrik. Makin kuat tenaga listrik, makin kuat percikan bunga-api listrik (electric spark; vonk) dihasilkan busi, makin tinggi suhu pembakaran utk membakar gas campuran udara dan BBM, makin sempurna pembakaran, makin banyak gas dibakar, makin besar tekanan (pressure), makin besar dorongan, makin besar tenaga mesin dihasilkan. Namun ada batas maksimum suhu diperkenankan, batas ketingkatbakaran gas yg ditentukan oleh nomor oktan (octant number) BBM, dan kriteria komposisi campuran yg ditentukan oleh rasio stoisiomerik (stoichiometric ratio) campuran udara dan BBM, dan ketepatan waktu penyulutan (ignition timming), agar proses pembakaran berlangsung semestinya sbgmana diinginkan. Jika tidak, maka yg terjadi justeru pembakaran tak sempurna dan pembuangan tenaga percuma sebagai gas buang dan panas.
. . .
Cara manapun diterapkan dari alternativ diatas, berarti adalah pemborosan atau pembengkakan biaya, baik awal, pengubahan, maupun operasional. Artinya, tak efisien secara ekonomik, meski efektiv secara teknik.
. . .
TENAGA DAN EFISIENSI TERMAL MESIN
Efisiensi termal mesin berarti penghematan panas mesin, yakni penghematan tenaga mesin yg terbuang sbg tenaga panas.
Hukum alam atau fisika menyatakan bahwa tiap media bergesekan akan selalu menghasilkan panas! Artinya, dlm tiap pergesekan akan selalu ada sebagian tenaga total [potensial dan kinetik] terbuang krn diubah menjadi tenaga panas sbg efek fisik utk mengatasi gesekan tsb. Makin kasar permukaan media, makin besar gesekan, makin banyak tenaga terbuang sng panas! Dan ini berlangsung dlm tiap mesin ranmor dan mekanisme pendukungnya!
Jadi, cara terbaik utk meningkatkan tenaga mesin adalah dgn cara memulihkan tenaga mesin yg terbuang sbg tenaga panas. Makin kecil tenaga panas, makin besar tenaga mesin.
Stop! Harap dicatat bahwa tenaga panas (heat energy) tak samadgn suhu panas (hot temperature)! Tak identik! Samasekali beda! Jika tenaga panas adalah ukuran kuantitas, maka suhu panas adalah ukuran kualitas.
Dgn demikian tinggi suhu panas mesin bukan ukuran banyak tenaga mesin terbuang sbg tenaga panas!
Suhu panas mutlak dibutuhkan oleh mesin! Tp pengubahan tenaga mesin menjadi tenaga panas tidak!
Cara paling murah dan mudah, efiesien dan efektiv, secara teknik dan juga ekonomik, adalah optimisasi operasi mesin (engine operation optimization), utk mencegah dan meniadakan pengubahan tenaga mesin menjadi tenaga panas, yg dpt dilakukan, antara lain dgn cara:
minimasi friksi atau gesekan bagian-bagian bergerak mesin, melalui penggunaan pelumas tepat yg memiliki kekentalan (viscosity) terbaik bertahan terhadap rangkum perubahan suhu (temperature variation range) mesin, utk gesekan antar permukaan logam, didalam mesin dan diluar mesin.
minimasi friksi atau gesekan antara permukaan ban dan jalan, melalui penggunaan ban sesuai dgn beban dan laju ranmor dan sikon jalan, dgn tekanan udara sesuai dgn volume ban dan beban.
akurasi pewaktuan penyulutan (ignition timming), melalui penyetelan waktu pembukaan dan penutupkan katup (valve; klep) mesin secara tepat thdp titik mati (death point), keregangan katup (valve clearance), dan kumparan jemput (pick-up coil) atau pendeyut (pulser).
maksimasi tenaga listrik utk penyulutan busi, melalui penyulut (ignitor) dan kumparan sulut (ignition coil).
maksimasi penyulutan, melalui penggunaan busi yg sesuai dgn tegangan dan arus listrik dihasilkan dan penyetelan keregangan elektroda busi, utk menghasilkan percikan bunga-api listrik terkuat.
maksimasi BBM, melalui penggunaan nomor oktan BBM sesuai dgn rasio kompresi mesin, dgn atau tanpa katalisator pembakaran.
maksimasi komposisi komponen udara, dan penyaringan udara (air filtering).
maksimasi proses pembakaran gas campuran udara dan BBM.
minimasi terpaan angin atau helaan (drag) krn gerak ranmor thdp udara, melalui pembentukan tubuh kendaraan ke bentuk aerodinamik, dimana hukum dinamika fluida (fluid dynamics) menyatakan bahwa, makin kuat dorongan (thrust), makin kuat helaan (drag), sementara dua gaya ini berlawanan arah atau bertolak belakang.
Semua ini dilakukan utk satu tujuan, yaitu meminimasi tenaga gerak terbuang sbg tenaga panas.
Sepuluh cara utama diatas inilah yg disarankan atau dianjurkan oleh tiap pabrikan ranmor di seluruh dunia! Tak ada cara lain lbh efisien dan efektiv, alias hemat dan berdampak, secara teknik dan ekonomik! Atas dasar konsep pemulihan tenaga terbuang ini pula semua donkrak (booster) ranmor di seluruh dunia dirancang dan dibuat, agar tenaga terbuang adalah minimum.
Sadarilah bahwa anda tak akan pernah lebih pintar drpd jutaan ilmuwan dan insinyur terdidik dan terlatih yg bekerjasama dlm tim utk merancang bbg ramor di seluruh perusahaan pabrikan otomotiv di seluruh dunia!!!
Apa yg dilakukan oleh tiap item dlm daftar diatas tiada lain adalah upaya peningkatan efisiensi mesin, utk memulihkan sebagian tenaga mesin yg terbuang sbg tenaga panas! Sedemikian shg tenaga dihasilkan mesin dan ditransalsikan ke ranmor adalah maksimum! Namun krn selalu saja ada sebagian tenaga mesin terbuang sbg tenaga panas krn gesekan antar media, ygmana tak bisa dihilangkan samasekali atau dibuat menjadi nol, maka dikatakan bahwa upaya minimasi keterbuangan ini adalah optimisasi mesin. Optimum artinya adalah yg terbaik antara medium dan maksimum.
And all of these what I have done to my Thunder!
Has proven that best maintenance produces best performance!!!
(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
Sponsored content
Subyek: Re: PERFORMA: Bikin Kencang Thunder 125 Tanpa Bore-Up