Poin Brogader : 6422 Total Posan : 3127 Sejak : 13.11.06 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0069 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Status :
kawin | nikah
Sikon : Single Hobi : Touring Slogan : Mutiara
Subyek: Profil psikologis pengendara sepeda motor 12.11.07 16:38
Profil psikologis pengendara sepeda motor 1. Percaya dirinya besar, yakin bahwa mereka beda Sebetulnya mereka bisa naik angkutan umum, tapi mereka tetap naik motor, karena mereka yakin bahwa origin-destination mereka beda banget dengan rute-rute angkutan umum yang dibuat DLLAJR. Kenapa DKI susah payah mikir buat ngatur jalur motor ? Atur saja rute bis yang jelas-jelas menjadi hak dan wewenangnya, sehingga mendekati origin-destination masyarakat yang perlu transport umum. 2. Pengendara motor adalah orang yang rasional Mungkin sebagian dari mereka sebenarnya mampu beli mobil sederhana, atau pernah punya mobil. Tapi setelah krisis ekonomi dan kenaikan harga BBM bertubi-tubi mereka memutuskan untuk naik motor saja. Merekalah orang yang merespon kesulitan ekonomi secara rasional. 3.Pengendara motor sayang keluarga (keluarga inti) Pada akhir pekan mereka membawa seluruh keluarganya naik motor ke Ancol atau Taman Mini, membawa makanan sendiri. The whole family in one motorcycle. 4. Mereka berusaha melindungi keluarganya Bis kota itu kurang friendly untuk wanita dan anak-anak, lebih-lebih waktu masuk dan bubar kantor/sekolah. Semua bis-metromini-Kopaja penuh berjejal, wanita berdempetan dengan yang bukan muhrim, anak-anak tidak bisa nafas karena mukanya terhimpit perut dan pantat orang-orang yang berdiri di sekeliling dia. Pengendara motor tidak mau keluarganya ada dalam kondisi tidak enak seperti itu. They are just too proud. 5. Mereka juga sayang keluarga besar (extended family) Dibela-belain kehujanan kepanasan keanginan, mereka mudik naik motor, untuk menemui simbok di kampung. Ketimbang ditipu oleh sopir dan kernet bis antarkota yang tak kunjung jera melanggar aturan tarif lebaran. 6. Mereka dermawan dengan suara klakson Semua yang menghalangi diberi suara klakson. Lumayan ... pengendara mobil jadi tahu bahwa ada motor mau nyusul dari sebelah kiri. Suara klakson ditambah lampu motor yang nanti harus nyala siang dan malam, akan membuat pengendara mobil akan lebih awas bahwa motor dari arah samping tidak mau ngerem, jadi hati-hatilah kalau mau memintas. Di tempat kerja mungkin mereka tertindas ... di jalan raya mereka melampiaskan kekesalannya lewat klakson. 7. Sesama pengendara motor ada ikatan batin Ketika lampu setopan menyala merah, mereka akan berkumpul paling depan. Kenal-tidak-kenal mereka akan bicara, saling tukar informasi mengenai jalur terpendek untuk mencapai tujuannya. Ketika hujan besar turun, mereka akan berteduh di bawah jembatan sambil mencari teman baru. Soal menghalangi jalan orang lain sampai terjadi macet, bukan hanya mereka yang berbuat begitu. Pengendara moge malah membunyikan sirine untuk menghardik pemakai jalan lain agar menepi. Siapa yang lebih sopan ayo ? 8. Mereka membantu polisi Kalau melihat tindak kriminal semacam jambret, seringkali ada yang mau bersusah payah mengejar pelakunya sampai diperoleh nomor motor pelaku. Lalu dilaporkan ke polisi. Tapi di kesempatan lain, mereka beberapa kali melanggar rambu lalu-lintas dan ditilang polisi. Apa iya tidak sengaja ? 9. Pengendara motor memanfaatkan ruang semaksimal mungkin Kalau pagi, jalur menuju tempat kerja mereka akan dipakai 150%. Artinya, jalur untuk arus lawan akan dipakai juga. Trotoir akan dipakai juga kalau bisa, yang berarti pejalan kaki harus nempel di dinding.
ROBIN 151 Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6075 Total Posan : 1394 Sejak : 27.10.07 Domisili : Bejat KorWil : Bejat NRA : 151 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : nikah Hobi : alam bebas
Subyek: Re: Profil psikologis pengendara sepeda motor 12.11.07 17:10
Heru wrote:
Profil psikologis pengendara sepeda motor 9. Pengendara motor memanfaatkan ruang semaksimal mungkin Kalau pagi, jalur menuju tempat kerja mereka akan dipakai 150%. Artinya, jalur untuk arus lawan akan dipakai juga. Trotoir akan dipakai juga kalau bisa, yang berarti pejalan kaki harus nempel di dinding.
kalau udah jadi anggota koster hal ini boleh ga ya...
DHeriS Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6194 Total Posan : 1016 Sejak : 22.06.07 Domisili : Ciamis - Bandung - Jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
250
Julukan : masih 250 euy... Sikon : a wife with 3 kids... Slogan : mutiara...
Subyek: Re: Profil psikologis pengendara sepeda motor 13.11.07 6:52
robin wrote:
Heru wrote:
Profil psikologis pengendara sepeda motor 9. Pengendara motor memanfaatkan ruang semaksimal mungkin Kalau pagi, jalur menuju tempat kerja mereka akan dipakai 150%. Artinya, jalur untuk arus lawan akan dipakai juga. Trotoir akan dipakai juga kalau bisa, yang berarti pejalan kaki harus nempel di dinding.
kalau udah jadi anggota koster hal ini boleh ga ya...
... yaaa, itu mah atuh bukan anggota koster juga mestinya sih gak boleh bgitu bro....
Surya Donatur KOSTER
Poin Brogader : 6220 Total Posan : 256 Sejak : 21.08.07 Domisili : Duri-Riau Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : Menikah Hobi : Touring, main Keyboard, Fotografi Slogan : Jangan Hanya menjadi Baik,Jadilaah Cemerlang
Subyek: Re: Profil psikologis pengendara sepeda motor 13.11.07 9:51
Poin ke 9 itu emang kenyataannya seperti itu, memamfaatkan ruang semaksimal mungkin tanpa memikirkan hak pengguna jalan yang lain, kita sebagai pengendara sepeda motor hendaknya menyadari hal ini, ingat kita bisa membahayakan diri kita sendiri juga dapat membahayakan orang lain.
g-force LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6144 Total Posan : 515 Sejak : 29.07.07 Domisili : jakarta - bekasi ajah... Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 1250 Sikon : bedua terus deh pokonya ;)
Subyek: Re: Profil psikologis pengendara sepeda motor 13.11.07 10:53
yah...mang begitulah orang2 yang naek motor...ada ruang dikit,sikat..ada yang lega dikit,hajar... ati2 aja jangan sampe ngrugiin orang laen...
Sponsored content
Subyek: Re: Profil psikologis pengendara sepeda motor