Fungsi utama ban adakah utk membawa beban | muatan kendaraan, baik kendaraan itu sendiri, maupun orang dan barang. Krn kitu adalah utama dan vital bahwa tekanan angin ban harsus selalu dipelihara agar tetap pd tekanan optimum yg sesuai.
Kelebihan angin akan menyebabkan ban cepat aus secara tak beraturan. Kekurangan angin akan meneyebabkan kerusakan pd struktur ban secara keseluruhan. Baik kelebihan maupun kekurang bisa berakibat pd kecelakaan fatal.
Ukuran tekanan angin yg tak sesuai tak memungkin ban utk berfungsi dan beroperasi sesuai dgn rancangannya. Utk performa terbaik, peliharalah selalu tekanan angin ban direkomendasikan oleh pabrikan ban dan atau pabrikan kendaraan.
Tekanan angin ban dinyatakan dlm satuan tekanan | pressure unit, sbb.
SATUAN TEKANAN | PRESSURE UNIT
satuan sistem internasional | SI unit (systeme international d'unites):
- Pa (Pascal)
satuan lain:
- N/m2 (Newton per square metre) [MKS system] - dn/cm2 (dyne per square centimetre) [cgs system] - kg/cm2 (kilogramme per square centimetre) [mixed MKS cgs system, applied technical unit] - psi = lb/in2 (pound per square inch, libra per square inch) [fps system, British engineering system] - torr (torricelli) - bar (barometer) - atm (atmosphere) - mm Hg (milimetre Hydrargyrum | Mercurium | air raksa) - in Hg (inch Hydrargyrum | Mercurium | air raksa) - ft H20 (foot Hydrogenium-diOxyde | pure water | air murni)
PENGUBAHAN SATUAN TEKANAN | PRESSURE UNIT CONVERSION
1 kPa (kiloPascal) = 1.000 Pa 1 Pa = 1 N/m2 = 10 dn/cm2 = 1,019.72 x 10^-5 kg/cm2 = 1,450.38 x 10^-4 psi = 9,869.23 x 10^6 atm 1 kg/cm2 = 980,665 x 10^2 Pa = 98.066,5 Pa = 98,066.5 kPa [mendekati 100 kPa] = 14,223.4 psi = 0,967.841 atm 1 psi = 1 lb/in2 = 6,894.76 x 10^3 Pa = 0,070.306.8 kg/cm2 = 0,068.046 atm 1 atm = 1,013.25 x 10^5 Pa = 1,033.23 kg/cm2 = 14,695.9 psi 1 bar = 10^5 Pa =0,986.923 atm 1 torr = 133,322 Pa = 1/760 atm 1 atm = 760 mm Hg = 29,92 in Hg = 33,90 ft H20 [semua pd 0 derajat C]
SATUAN TEKANAN PRAKTIS | PRACTICAL PRESSURE UNIT
Satuan tekanan ban yg umum digunakan dlm praktek teknik adalah kg/cm2 dan psi.
TEKANAN BAN STANDAR SUZUKI THUNDER
Utk ban standar Suzuki Thunder 125, ukuran tekanan ban adalah sbb.
Hanya pengendara, tanpa penumpang | boncenger, tekanan angin ban
Utk ban dgn ukuran berbeda dan beban berbeda, tekanan angin ban juga berbeda.
Ukuran tekanan angin ban merupakan fungsi dari kadar beban (load rating) sbgmn dinyatakan dlm indeks beban (load index) dan lebar irisan | ulir (section | tread width) ban.
Lebih jauh ttg ukuran ban, silahkan lihat tulisan sy dlm forum ini dlm topik KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 05.12.07 9:32
robin wrote:
kenapa artikel ini ga ada yg merespon ya.....
bahasa pak iwan yg tdk bs dimengerti ama all brother atau percayain aja ama alay tukang tambal ban?????
Tak ada data atau informasi dapat diolah, dikirimkan ke atau diambil dari suatu jalur komunikasi, tanpa pertama menterjemahkan data tsb kedalam ungkapan numerik. Suatu komputer, ia bekerja dengan cara seperti itu ...
...
Jika kita tak dapat mengukur apa yang kita sedang bicarakan, dan kita tak dapat mengungkapan pengetahuan tsb kedalam bentuk angka-angka, maka pengetahuan kita tsb adalah tak memadai, tak lengkap dan tak-memuaskan ....
Berarti hal tsb baru awal dari suatu informasi, tapi kita mempunyai hambatan besar dalam benak kita dan kendala dalam pemikiran, untuk berlanjut ke tingkat informasi yang bisa dikur dan bisa diungkapkan, menyangkut hal apa pun saja ...
...
Pengetahuan kita hanya memuaskan ... bilamana kita dapat mengungkapan itu kedalam bentuk angka-angka.
...
Berapa? Dan berapa pun ada pula ukurannya! Berapa apa? Lantas apa nya itu pun relativ pula ukurannya!
Berapa banyak, berapa besar, berapa kuat, berapa kencang, berapa laju, dst .... Lantas berapa nya relativ dibandingkan dengan apa???!!!
...
Itulah gunanya satuan ukuran dan standarisasi unit tsb ...
...
i a n PRAKA KOSTER
Poin Brogader : 6015 Total Posan : 35 Sejak : 01.12.07 Domisili : bekasi Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 05.12.07 14:46
:sallute:
[BOETHO] Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7069 Total Posan : 4615 Sejak : 19.04.07 Domisili : Trenggalek - Bogor KorWil : Bogor NRA : 0013 Jabatan : Ang. Pendiri Thunder :
125
Julukan : Big Black Beauty Sikon : MENGERIKAN.... Hobi : MANASIN ORANG Slogan : ADA APA YAH...??
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 05.12.07 21:40
:kosterianz:
Chenoot cap cip cup PELDA KOSTER
Poin Brogader : 6303 Total Posan : 291 Sejak : 16.02.07 Domisili : Bogor Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: Cek Tekanan Angin Ban Secara Rutin 13.12.07 10:22
Cek Tekanan Angin Ban Secara Rutin
Source : Google.com
Perawatan motor bisa dimulai dari cek tekanan angin ban. Cara ini minimal dilakukan seminggu sekali, tapi anda harus terus memantaunya setiap pagi atau sebelum menjalankan motor.
Tekanan angin yang dibiarkan kurang akan membuat ban luar panas dan cepat rusak serta lebih mudah aus. Itu akibat sisi luar ban terlalu lentur dan ban dalam juga bisa rusak.
Semua dampak itu bukan masalah jika diketahui sewaktu motor lagi diam. Justru akan sangat bermasalah jika motor sedang berjalan maka akan mengakibatkan motor anda terjatuh, apalagi kalau anda sedang lari kencang.
Ukuran standar tekanan angin ban, idealnya 2.0 kg/cm2 untuk ban depan dan 2,25 kg/cm2 untuk belakang. Kg/cm2 merupakan standar JIS atau Japanese Industries Standart atau standar industri Jepang. Kalau diukur pakai PSI atau Pounds per square inc, 30 untuk depan dan 32 untuk belakang.
Tapi jangan terlalu percaya alat ukur, apalagi kalau anda menggunakan jasa tukang tambal pinggir jalan. Alat ukur yang dipakai biasanya belum atau tidak dikalibrasi ulang. Jadi akan lebih baik jika anda memiliki alat ukur sendiri.
Jangan lupa anda juga harus mengUkur tekanan angin ban di saat kondisi ban sudah tidak panas lagi. Kalau anda baru selesai menggunakannya, sebaiknya tunggulah beberapa saat sampai ban dalam kondisi dingin. Semoga hal ini bermanfaat untuk anda.
(Sumber : Motorplus-online.com)
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 28.02.08 5:37
Ukuran tekanan ban (tyre pressure) merupakan fungsi dari kadar beban (load rating) sbgmn dinyatakan dlm indeks beban (load index) dan lebar ulir (tread width) ban.
Indeks beban, adalah berat beban | muatan maksimum dpt disangga ban secara normal. Lebar ulir, adalah lebar tapak | permukan ban yg menapak tanah.
Perhitungan kasar [rule of thumb] tekanan angin ban adalah sbb.
indeks beban / lebar ulir X 11 - DEPAN
indeks beban / lebar ulir X 10 - BELAKANG
CONTOH: BAN STANDAR SUZUKI THUNDER 125
80/90 - 18 45 P - DEPAN
Lebar ulir = 80 mm = 8 cm Indeks beban = 45 = 165 kg Tekanan ban, sbg ban depan = 165 / 8 x 11 = 1,875 kg/cm2 = 26,69 psi [sekitar 27 psi] Tekanan ban disarankan oleh pabrikan : pengendara, tanpa atau dengan penumpang: 1,75 kg/cm2 = 24,890.95 psi [sekitar 25 psi]
90/90 - 18 51 P - BELAKANG
Lebar ulir = 90 mm = 9 cm Indeks beban = 51 = 195 kg Tekanan ban, sbg ban belakang = 195 / 9 x 10 = 2,16 kg/cm2 = 30,74 psi [sekitar 31 psi] Tekanan ban disarankan oleh pabrikan: pengendara, tanpa penumpang: 2,00 kg/cm2 = 28,446.8 psi [sekitar 29 psi] pengendara, dengan penumpang: 2,25 kg/cm2 = 32,002.65 psi [sekitar 32 psi]
N/B: 1 kg/cm2 = 14,223.4 psi [pounds per square inch]
Silahkan lihat dlm forum ini, dlm topik:
KODE INDEKS BEBAN BAN
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 28.02.08 12:48
nazar wrote:
Om E-1, berarti variabel profil tinggi ban gak ngaruh ya di rumus mencari tekanan tadi?
Itu perhitungan kasar atau pendekatan gamblang saja alias "approximation" atau "rule of thumb", utk menggampangkan kalkulasi matematika fisika rumit.
Pd dasarnya, sedikit-banyak tentu saja berpengaruh, krn tekanan angin ban bekerja radial ke segala arah. Tp bagian yg paling mendapat tekanan paling berat adalah bagian bawah, krn arah vektor gaya berat beban langsung bekerja dr atas ke bawah sbg efek gravitasi bumi. Guna profil | tinggi ban, selain turut menentukan diameter dan perimeter ban adalah utk menjaga agar tapak ban yg menapak tanah tetap pd ukurannya.
Secara fisik, hubungan gaya berat (weight) dan tekanan (pressure) adalah, bahwa tekanan adalah efek kerja gaya persatuan luas permukaan (surface area):
p = W / A = F / A
dimana, p, tekanan (pressure) dalam kg/m2 (kilogram per square meter) W, F, berat (weight) atau gaya (force) dalam kg berat atau N (Newton) A, luas permukaan memperoleh tekanan, dlm m2 (meter square, meter persegi)
...
Whatever, dlm praktek kita ikuti saja saran pabrikan, krn disana juga ada faktor kekenyalan | elastisitas (elasticity) karet bahan | material ban dan efek stress dan strain atau tekanan geser thdp bentuk ban, yg sdh diperhitungkan oleh pabrikan dan tlh melalui serangkaian tes uji-coba di laboratorium dan di lapangan utk keselamatan pengendara.
... ... ...
France Tivoz Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6754 Total Posan : 3535 Sejak : 02.10.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0206 Jabatan : KaDiv Bakteri Thunder :
125
125 dan 250
Julukan : Red Bull Sikon : unmeried Hobi : Belajar Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 28.02.08 13:07
Thanx atas informya nich
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 28.02.08 15:51
Pak E-1, sy baru pasang ban belakang ukuran 150/70-17 neh...(emang error sih scr aerodinamika ban), nah sementara ini diisi angin biasa. Pertanyaan saya kapan ya saya bisa mengisinya dengan N2? kata beberapa orang sih jangan langsung diisi N2 dulu, nunggu sampe bannya bener2 nempel reket dulu sama velgnya (kira2 1 minggu) baru kuras angin dan isi N2, apa bener begini? mohon pencerahan
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 28.02.08 16:02
Thunder Rider wrote:
nazar wrote:
Om E-1, berarti variabel profil tinggi ban gak ngaruh ya di rumus mencari tekanan tadi?
Itu perhitungan kasar atau pendekatan gamblang saja alias "approximation" atau "rule of thumb", utk menggampangkan kalkulasi matematika fisika rumit.
Pd dasarnya, sedikit-banyak tentu saja berpengaruh, krn tekanan angin ban bekerja radial ke segala arah. Tp bagian yg paling mendapat tekanan paling berat adalah bagian bawah, krn arah vektor gaya berat beban langsung bekerja dr atas ke bawah sbg efek gravitasi bumi. Guna profil | tinggi ban, selain turut menentukan diameter dan perimeter ban adalah utk menjaga agar tapak ban yg menapak tanah tetap pd ukurannya.
Secara fisik, hubungan gaya berat (weight) dan tekanan (pressure) adalah, bahwa tekanan adalah efek kerja gaya persatuan luas permukaan (surface area):
p = W / A = F / A
dimana, p, tekanan (pressure) dalam kg/m2 (kilogram per square meter) W, F, berat (weight) atau gaya (force) dalam kg berat atau N (Newton) A, luas permukaan memperoleh tekanan, dlm m2 (meter square, meter persegi)
...
Whatever, dlm praktek kita ikuti saja saran pabrikan, krn disana juga ada faktor kekenyalan | elastisitas (elasticity) karet bahan | material ban dan efek stress dan strain atau tekanan geser thdp bentuk ban, yg sdh diperhitungkan oleh pabrikan dan tlh melalui serangkaian tes uji-coba di laboratorium dan di lapangan utk keselamatan pengendara.
... ... ...
Ok bener banget karena vektor F atau W =massa jenis x g x Volum, dimana V udara dalam ban merupakan integral dari profil tinngi dan lebar ban.....cie cie, gw knapa jd sok sok ngerti fisika gini yahh?? hehe....gw ngomong gini siy biar ngeramein aja, hehe
nico-jtc Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6181 Total Posan : 1136 Sejak : 13.08.07 Domisili : Karawaci. Tanggerang KorWil : JTC Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : GSX 250 Sikon : in a relationship (FS banget yah)
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 28.02.08 16:13
nazar wrote:
Pak E-1, sy baru pasang ban belakang ukuran 150/70-17 neh...(emang error sih scr aerodinamika ban), nah sementara ini diisi angin biasa. Pertanyaan saya kapan ya saya bisa mengisinya dengan N2? kata beberapa orang sih jangan langsung diisi N2 dulu, nunggu sampe bannya bener2 nempel reket dulu sama velgnya (kira2 1 minggu) baru kuras angin dan isi N2, apa bener begini? mohon pencerahan
Pake Nitro aja bro, gue dari masih pake velg jari-jari & ban standart thunder 250 Dunlop ukuran 120/17 udah pake nitro. menurut pengalaman pake nitro sih bikin awet ban, dan bantingan ban jadi lebih enteng. ban depan bukan nikung jadi enteng bro, apalagi udah pake ban ukuran gede.
selamat mencoba.
oh iya untuk info biasanya sih gue ngisi ban nitro cuma nambah aja sih Rp.3000 untuk depan belakang, kalo kuras baru yah Rp.5000. untuk tekanan ban di rekomendasikan dari pabrik Bridgestone 40psi tapi sengaja gue kerasin dikit biat gak rugi hehehe,...
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27475 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 29.02.08 2:33
nazar wrote:
Pak E-1, sy baru pasang ban belakang ukuran 150/70-17 neh...(emang error sih scr aerodinamika ban), nah sementara ini diisi angin biasa. Pertanyaan saya kapan ya saya bisa mengisinya dengan N2? kata beberapa orang sih jangan langsung diisi N2 dulu, nunggu sampe bannya bener2 nempel reket dulu sama velgnya (kira2 1 minggu) baru kuras angin dan isi N2, apa bener begini? mohon pencerahan
Betul. error ban ente sekitar 0,036 atau 3,6%, jadi kelebihan 0,6%, karena maksimum toleransi 3%. Yg jelas motor ente tambah beban tarikan, dan utk pembacaan skala speedometer juga perlu koreksi, dgn kt lain speedometer anda menunjukan speed sedikit lebih lambat drpd sebenarnya.
Ttg hal tsb, sesuai kupasan rinci dlm forum ini, dlm topik:
EFEK BAN LEBIH LEBAR | BESAR DRPD BAN STANDAR ASAL
DAFTAR PILHAN UKURAN BAN BELAKANG SUZUKI THUNDER
KONSEKUENSI PERUBAHAN UKURAN BAN TERHADAP ANGKA PETUNJUK SPEEDOMETER DAN ODOMETER
Ban diisi udara lbh dulu sblm diganti isi dgn gas N2 (Nitogen), memang ada betulnya, dan sebaiknya begitu, utk merapatkan ban ke velg, dan utk mengetahui apakah ada bocoran kecil atau tidak stlh rangkum waktu tertentu.
Logikanya begini. Ban perlu dirapatkan dulu oleh desakan molekul udara, krn molekul udara sekitar 6 s/d 7 x lbh berat drpd molekul gas Nitogen (N2), dan krn gas Nitrogen sekitar 1/6 s/d 1/7 x lbh ringan drpd udara, mudah keluar merembes via lubang kecil.
Utk informasi bro, komposisi udara adalah sbb.
TUJUH KOMPONEN UDARA DAN PERSENTASI MASING-MASING DALAM UDARA
N2, gas Nitrogenium (Nitrogen) atau gas lemas, 078,02%
O2, gas Oksigenium (Oxygen) atau gas asam, 020,71%
Ar, gas Argon (Argon), 000,80%
H2, gas air atau uap air (diHydrogen), 000,41%
CO2, gas karbonium dioksida (Carbon diOxyde), atau gas asam-arang, 000,03%
gas lain, salah satu atau satu campuran kombinasi dari beberapa atau semua yang berikut ini: CH4, gas methana, NH3, gas ammonia, He, gas helium, gas jarang (rare gas), 000,02%
debu kosmik (cosmic dust) dari antariksa, 000,01%
Total persentasi 100%
BERAT MOLEKUL MASING-MASING KOMPONEN
N2, gas Nitrogenium (Nitrogen) atau gas lemas, 14 x 2 = 28
O2, gas Oksigenium (Oxygen) atau gas asam, 16 x 2 = 32
Ar, gas Argon (Argon), 40
H2, gas air atau uap air (diHydrogen), 1 x 2 = 2
CO2, gas karbonium dioksida (Carbon diOxyde), atau gas asam-arang, 12 + 16 x 2 = 44
gas lain, salah satu atau satu campuran kombinasi dari beberapa atau semua yang berikut ini: CH4, gas methana, NH3, gas ammonia, He, gas Helium, gas jarang (rare gas), 4 s/d 64
debu kosmik (cosmic dust) dari antariksa, 4 s/d 64
Jadi ban berisi gas Nitrogen 1/6 s/d 1/7 atau 0,15 x lbh ringan drpd ban berisi udara.
Nah, agar ban Thunder anda lbh ringan | enteng, silahkan isi dgn gas Nitrogen sbg pengganti udara.
... ... ...
Semoga berguna ...
DHeriS Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6194 Total Posan : 1016 Sejak : 22.06.07 Domisili : Ciamis - Bandung - Jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
250
Julukan : masih 250 euy... Sikon : a wife with 3 kids... Slogan : mutiara...
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 29.02.08 9:26
Thunder Rider wrote:
Ukuran tekanan ban (tyre pressure) merupakan fungsi dari kadar beban (load rating) CONTOH: BAN STANDAR SUZUKI THUNDER 125
80/90 - 18 45 P - DEPAN
Lebar ulir = 80 mm = 8 cm Indeks beban = 45 = 165 kg Tekanan ban, sbg ban depan = 165 / 8 x 11 = 1,875 kg/cm2 = 26,69 psi [sekitar 27 psi] Tekanan ban disarankan oleh pabrikan : pengendara, tanpa atau dengan penumpang: 1,75 kg/cm2 = 24,890.95 psi [sekitar 25 psi]
N/B: 1 kg/cm2 = 14,223.4 psi [pounds per square inch]
Bro... punten nih, ane coba hitung2 persamaan di atas pake kalkulator ane: 165 / 8 x 11 = 226.875, atau 2,269 kg/cm2 = 32,268 psi (32 psi) cmiiw....
Terakhir diubah oleh DHeriS tanggal 29.02.08 13:34, total 1 kali diubah
DHeriS Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6194 Total Posan : 1016 Sejak : 22.06.07 Domisili : Ciamis - Bandung - Jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
250
Julukan : masih 250 euy... Sikon : a wife with 3 kids... Slogan : mutiara...
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 29.02.08 9:29
Thunder Rider wrote:
..... Logikanya begini. Ban perlu dirapatkan dulu oleh desakan molekul udara, krn molekul udara sekitar 6 s/d 7 x lbh berat drpd molekul gas Nitogen (N2), dan krn gas Nitrogen sekitar 1/6 s/d 1/7 x lbh ringan drpd udara, mudah keluar merembes via lubang kecil.
.... thansk infonya.. sedikit koreksi, kalau molekur udara sekitar 6 s.d. 7 x lebih berat drpd molekul gas Nitrogen, tentunya Gas Nitrogen 6 s.d. 7 x lebih ringan drpd udara.... cmiiw....
DHeriS Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6194 Total Posan : 1016 Sejak : 22.06.07 Domisili : Ciamis - Bandung - Jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
250
Julukan : masih 250 euy... Sikon : a wife with 3 kids... Slogan : mutiara...
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 29.02.08 9:38
nah, ni die kasus ane.... ban depan 110/80/18, kode 56H pake rumus tadi, maka: Lebar Ulir = 110 mm = 11 cm Indeks beban = 56 = 224, diambil dari http://suzuki-thunder.net/aerodinamika-suzuki-thunder-tune-up-bodi-fairing-dan-manouver-f68/kode-indeks-beban-ban-t2230.htm Tekanan ban, = 224 / 11 x 11 = 2,24 kg/cm2 = 31,86 [sekitar 32 psi]
ban belakang 130/70/17, kode 62H pake rumus di atas, maka: Lebar Ulir = 130 mm = 13 cm Indeks beban = 62 = 265, diambil dari http://suzuki-thunder.net/aerodinamika-suzuki-thunder-tune-up-bodi-fairing-dan-manouver-f68/kode-indeks-beban-ban-t2230.htm Tekanan ban, = 265 / 13 x 11 = 2,24 kg/cm2 = 31,86 [sekitar 32 psi]
betul gak Om Iwan..? tapi, klo pake tekanan segitu, kok rasanya keras banget ya... klo di jalan yang agak kurang mulus, kerasa banget..... pencerahan, please.... Tks...
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 29.02.08 10:25
DHeriS wrote:
nah, ni die kasus ane.... ban depan 110/80/18, kode 56H pake rumus tadi, maka: Lebar Ulir = 110 mm = 11 cm Indeks beban = 56 = 224, diambil dari http://suzuki-thunder.net/aerodinamika-suzuki-thunder-tune-up-bodi-fairing-dan-manouver-f68/kode-indeks-beban-ban-t2230.htm Tekanan ban, = 224 / 11 x 11 = 2,24 kg/cm2 = 31,86 [sekitar 32 psi]
ban belakang 130/70/17, kode 62H pake rumus di atas, maka: Lebar Ulir = 130 mm = 13 cm Indeks beban = 62 = 265, diambil dari http://suzuki-thunder.net/aerodinamika-suzuki-thunder-tune-up-bodi-fairing-dan-manouver-f68/kode-indeks-beban-ban-t2230.htm Tekanan ban, = 265 / 13 x 11 = 2,24 kg/cm2 = 31,86 [sekitar 32 psi]
betul gak Om Iwan..? tapi, klo pake tekanan segitu, kok rasanya keras banget ya... klo di jalan yang agak kurang mulus, kerasa banget..... pencerahan, please.... Tks...
wow bener tuh dherries, mantap lah... Eh Bro, tolong itungin psi-nya ban gw doonk pliiiis, soalnya gw masih belum2 sempat buka link2 yang lain & gak sempet2 baca keseluruhan....mau ya bro dheris?? ban depan : 110/70-17 ----> berapa psi?? ban belakang : 150/70-17----> berapa psi?
thanks
Rendy 133 Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6284 Total Posan : 3594 Sejak : 25.07.07 Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur KorWil : BEJAT NRA : 0133 Jabatan : KetHan | KaWil Thunder :
125
Julukan : 125 Black&Black Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871 Hobi : keep for brothers...... Slogan : it's me
Subyek: Re: PERFORMA: Tekanan Angin Ban 29.02.08 13:03
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9716 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :