Poin Brogader : 5988 Total Posan : 7 Sejak : 21.12.07 Domisili : Bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single
Subyek: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 07.01.08 10:35
First topic message reminder :
mohon pencerahan, ban gede and rante ditambah, tarikan drop
hy Bro semua.... motor gw thunder 125, gw pake monoshock satria rantenya gw tambah(sekitar 7 mata) cause dudukan ban geser ke belakang, ban belakang 18 80/120, mohon pencerahannya..... apa rante yg di tambahin or ban yg di gedein ngaruh ama tarikan or speed motornya??? soalnya yg gw rasain tarikan mesin jadi drop and max speed cuman 100Km/jam, apa ada cara buat ngembaliin speednya(biar tarikan enteng) tanpa harus modif di mesin. thx sebelumnya................
Pengirim
Message
atnlie Jenderal KOSTER
Total Posan : 3368 Sejak : 21.02.08
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 17.03.08 12:34
Yup setuju bro Gerr, kalo touring itu kan medannya macem2. kadang jalan mulus kadang jalan berbatu kadang juga berlumpur jadi yahhh cari yang aman
KzmX Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6002 Total Posan : 703 Sejak : 10.12.07 Domisili : Cirebon Kota Udang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 250+750 Sikon : Jomblo
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 17.03.08 16:07
gerry_garsono wrote:
pake BT45 or BT 92 , metzeler oke2 aja...lah... kalo pake ban tahu untuk di highway....kurang cocok bro...hee
Ngomong2 ban, aye jadi inget kalo ban depan udah gak enak. Ada yang jual BT45 / metzeler seken gak ya? Ukuran 120-17F aja....
Rendy 133 Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6277 Total Posan : 3594 Sejak : 25.07.07 Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur KorWil : BEJAT NRA : 0133 Jabatan : KetHan | KaWil Thunder :
125
Julukan : 125 Black&Black Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871 Hobi : keep for brothers...... Slogan : it's me
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 17.03.08 21:58
atnlie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6424 Total Posan : 3368 Sejak : 21.02.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan NRA : 0313 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : http://www.atnlie.co.nr
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 18.03.08 8:25
bantuin tuh ada yang butuh ban tuh
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9709 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 18.03.08 11:21
KzmX wrote:
adi_adrian87 wrote:
mao tanya sedikit aja
sekarang ini gw ada masalah ban, kok ngesot2 mulu palagi lewat jln yg ada tanah nya ditambah becek2 bekas ujan.. sebenernya ban std nya emang begitu ga sih?? ato gw hrs ganti ban, kalo memang harus ganti ban :sallute: kasi tau dong rekomendasi merk apa, ukuran brp dan kisaran harganya?? pemakaian sih unt extreme bebatuan tanah jln becek.
soalnya motor bebek gw aja bisa lebih nempel ketanah, kok thunder yg bannya gede malah goyang2 kaya ban bocor..
Kayanya mengding ganti ban model Tahu aja de yang kotak2 kaya motorcross. Lebih gigit kalo dijalanan extreme gitchu. Ato pake ban BT-45 dedicated buat Touring. Lebih tahan lama.
Ada yang punya ide laen?
Stuju sama bro KZMX, pake tahu atau motorcross, pake yang motorcross lebih pas buat medan spt ente ceritain
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27468 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 18.03.08 15:26
Thunder sy masih pakai ban ukuran standar, depan 80/90x18 dan belakang 90/90x18, dgn dandanan touring total sekitar 180 kg. Usia ban tsb sdh 8 bulan, sdh dibawa pp touring ke Yogyakarta, dan sering pp Bandung, dll, dan rerata sehari 100 km. Kalau hujan, seberapa pun lebatnya dan bagaimana pun kondisi jalannya, tetap jalan terus, sedangkan jalan pp dari rumah sy ke kantor separoh hancur lebur, banyak kubangan dan gundukan, dan bahkan sy hampir selalu dgn kelajuan tinggi, tp sampai detik ini belum pernah slip atau terpeleset dlm perjalanan di jalanan, dan memudahan takan pernah.
BTW, disamping ban, cara atau teknik kita berkendara, spt bagaimana mengatur keseimbangan, juga sangat menentukan.
Semoga berguna ...
... gue pikir ... motor sih begimane org yg pakenye ... ... kan namanya mesin nurut aje ... he he he ...
France Tivoz Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6747 Total Posan : 3535 Sejak : 02.10.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0206 Jabatan : KaDiv Bakteri Thunder :
125
125 dan 250
Julukan : Red Bull Sikon : unmeried Hobi : Belajar Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 21.03.08 20:45
Wele-wle mau tarikan kenceng,cantolin aja ma kereta He....He...
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27468 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: MODIFIKASI: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 12.11.08 3:45
DAMPAK PERUBAHAN UKURAN DIAMETER SPROKET | CAKRAM GIGI RANTAI TERHADAP TARIKAN DAN KELAJUAN PUNCAK | TOP SPEED
(C) 2006—2008 — EE ONE S | Thunder Rider
Secara teknik, istilah sproket (sprocket) digunakan utk menyebut cakram gigi (teeth disc) dimana rantai ditautkan utk menyalurkan putaran mesin agar roda belakang berputar. Istilah ini dibedakan dgn istilah gigi transmisi (transmission gear) atau versneling, tp msh bertautan krn kelajuan putarannya bergantung pd posisi gigi transmisi, dan merupakan bagian yg ikut menentukan reduksi dan rasio gigi secara keseluruhan (total gear ratio and reduction) atau FGR (final gear ratio).
Tarikan, percepatan atau akselerasi (acceleration) dan kelajuan (speed) atau kecepatan (velocity) spdmotor itu bergantung juga pd diameter dan atau banyaknya gerigi (teeth) pd sproket atau cakram rantai.
Berarti mengganti sproket | cakram rantai depan dan atau belakang dgn ukuran berbeda ... juga berarti mengganti rantai (chain), krn akan dibutuhkan rantai dgn banyak mata-rantai atau gerigi berbeda, kecepatan dan percepatan bisa merosot (drop) atau bisa juga meningkat (rise) ... pernahkah anda berpikir sedemikian ... ???
Utk alasan teknik penyaluran tenaga (energy transmission), sproket depan yg menghela atau mengemudikan (drive) krn diputar oleh mesin, selalu berdiametar lbh kecil dan bergerigi lbh sedikit drpd sproket belakang yg dihela atau dikemudikan (driven) melalui rantai (chain). Alasan ini akan jadi jelas dlm uraian berikut.
Secara teknik, ada 2 kemungkinan dampak perubahan ukuran diameter dan atau banyak gerigi pd sproket,
rasio daya (power ratio), bila sproket | cakram-gigi depan berputar lbh cepat drpd sproket | cakram-gigi belakang, krn berdiameter lbh kecil atau bergerigi lebih sedikit drpd yg standar.
rasio kelajuan (speed ratio), bila sproket | cakram-gigi depan berputar lbh lambat drpd sproket | cakram-gigi belakang, krn berdiameter lbh besar atau bergerigi lebih banyak drpd yg standar.
Jika sproket | cakram-gigi depan ditambah 1 gigi saja, shg dimeter sproket | cakram-gigi depan menjadi lbh besar, maka sproket | cakram-gigi belakang berputar lbh cepat, dan spdmotor akan menghasilkan peningkatan top speed, tp akselerasi lbh lambat. Sebaliknya, jika sproket | cakram-gigi depan dikurangi 1 gigi saja, shg dimeter sproket | cakram-gigi depan menjadi lbh kecil, maka sproket | cakram-gigi belakang berputar lbh lambat, dan spdmotor akan menghasilkan akselerasi lbh cepat, tp top speed merosot.
Jika sproket | cakram-gigi belakang dikurangi 1 gigi saja, shg dimeter sproket | cakram-gigi belakang menjadi lbh kecil, maka sproket | cakram-gigi belakang berputar lbh cepat, dan spdmotor akan menghasilkan peningkatan top speed, tp akselerasi lbh lambat. Sebaliknya, jika sproket | cakram-gigi belakang ditambahi 1 gigi saja, shg dimeter sproket | cakram-gigi belakang menjadi lbh besar, maka sproket | cakram-gigi belakang berputar lbh lambat, dan spdmotor akan menghasilkan akselerasi lbh cepat, tp top speed merosot.
Intinya, sproket | cakram-gigi mana pun diubah | diganti banyak giginya, berarti rantai penggelindingnya juga harus diganti, krn akan membutuhkan banyak mata-rantai | gerigi berbeda. Rantai Thundie 125 standar 118 mata-rantai.
Jadi tinggal pilih, apakah top speed atau akselerasi ingin ditingkatkan.
Jika sproket | cakram-gigi depan lbh besar, mk top speed lbh tinggi, tp akselerasi lbh lambat.
Jika sproket | cakram-gigi depan lbh kecil, mk top speed lbh rendah, tp akselerasi lbh cepat.
Jika sproket | cakram-gigi belakang lbh kecil, mk top speed lbh tinggi, tp akselerasi lbh lambat.
Jika sproket | cakram-gigi belakang lbh besar, mk top speed lbh rendah, tp akselerasi lbh cepat.
Sistem transmisi dan cakram-gigi roda adalah pelipat torsi (torque multipliers). Dlm istilah awam, jika gigi 1 memiliki rasio 3 dan gigi 5 memiliki rasio 1 dan mesin menghasilkan 100 daya putar, maka ban belakang bekerja 300 daya putar pd gigi 1 dan 100 pd gigi 5. Ini menjelaskan knp kendaraan memiliki akselerasi lbh cepat pd gigi 1 dan lbh lambat pd gigi lainnya.
Pasangan sproket | cakram-gigi menentukan reduksi dan rasio gigi secara keseluruhan (total gear ratio and reduction) atau FGR (final gear ratio). Torsi ban belakang bisa dinaikkan atau diturunkan dgn mengubah rasio ini, dan ini secara langsung berdampak pd akselerasi dan top speed.
Uraian lbh jauh ttg akselerasi dan top speed, silahkan lihat dlm forum ini, dlm topik:
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
Reza-B3269JM KOPKA KOSTER
Poin Brogader : 6149 Total Posan : 93 Sejak : 16.07.07 Domisili : Bekasi -Jakarta Timur KorWil : Jakarta Timur NRA : 0192 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Black Sikon : Single Seater Hobi : Makan
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 13.11.08 21:55
Pak ... gimana caranya biar grafik top speed naik, tapi tidak mengurangi akselerasi...??? apa mungkin mesti naikin kompresi..??? atau mesti menambah stroke...??? secara logika diameter bore thundie udah gede banget dibanding diameter bore motor2 bebek yg ber-cc sama seperti Thundie kita...!!! dan masalahnya lagi Thundie standar performanya kurang oks banget dibanding Shogun 125R, Supra 125R, apalagi sama Shogun 125SP ... bisa kebanting tuh lari si Thundie dari akselerasi, top speed apalagi konsumsi bensinnya...
Apa ada yang salah dari rasio gear...??? mohon bantuannya pak ... biar lari Thundie ada, namun irit BBM....!!!
Soalnya ane jd sering ngobrak-ngabrik tu thundie biar larinya enak buat boncengan jg.... Selama ini top speed ane g jauh2 dari 100 kmph (speedometer thundie awal) tp stelah diobrak-abrik baru bisa nyantol 110-120 kmph... itu juga malah jadi boros BBM... sekarang 1 liter cuma bisa 23-25 km... boros sekaleee...
adi131 Kapten KOSTER *
Poin Brogader : 6392 Total Posan : 418 Sejak : 14.11.06 Domisili : bogor-jkt KorWil : Bogor NRA : 131 | K1-024 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 13.11.08 23:27
sepemahaman gw :
untuk kasus kondisi normal
tenaga naik = konsumsi bahan bakar harus lebih tinggi. andaikata ada perlakuan-perlakuan lain yang bisa membuat power lebih tinggi tanpa menambah boros bahan bakar itu yaa... artinya servis perbaikan dari kondisi mesin yang tadinya ga sempurna... (misal karena kerak) menjadi disempurnakan..
dalam kasus modifikasi sproket-rasio gigi.
itu artinya pilihan... menaikkan akselerasi = menurunkan top speed, demikian juga sebaliknya.
klo di balapan, itu artinya tinggal liat sirkuitnya... kalo jenis trek-nya panjang-panjang... yang dicari top speed, klo trek-nya benyak tikungan, maka yang dicari aakselerasi optimum...
gimana pak iwan?
regards, -a-
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27468 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 14.11.08 9:02
Reza-B3269JM wrote:
Pak ... gimana caranya biar grafik top speed naik, tapi tidak mengurangi akselerasi...??? apa mungkin mesti naikin kompresi..??? atau mesti menambah stroke...???
. . .
Apa ada yang salah dari rasio gear...??? mohon bantuannya pak ... biar lari Thundie ada, namun irit BBM....!!!
Soalnya ane jd sering ngobrak-ngabrik tu thundie biar larinya enak buat boncengan jg.... Selama ini top speed ane g jauh2 dari 100 kmph (speedometer thundie awal) tp stelah diobrak-abrik baru bisa nyantol 110-120 kmph... itu juga malah jadi boros BBM... sekarang 1 liter cuma bisa 23-25 km... boros sekaleee...
adi131 wrote:
sepemahaman gw :
untuk kasus kondisi normal
tenaga naik = konsumsi bahan bakar harus lebih tinggi.
. . .
dalam kasus modifikasi sproket-rasio gigi.
itu artinya pilihan... menaikkan akselerasi = menurunkan top speed, demikian juga sebaliknya.
klo di balapan, itu artinya tinggal liat sirkuitnya... kalo jenis trek-nya panjang-panjang... yang dicari top speed, klo trek-nya benyak tikungan, maka yang dicari aakselerasi optimum...
gimana pak iwan?
regards, -a-
Bro Reza, apa yg disimpulkan oleh Bro Adi itu betul . . . ya begitulah . . .
HANYA ADA TIGA ALTENATIV ATAU PILIHAN UNTUK THUNDIE 125 MU
(C) 2008 — EE ONE S | Thunder Rider
Ok, no way man !!! Anda musti memilih , mana yg ingin diunggulkan dan mana yg terpaksa musti dikorbankan. You can not always get everything what you want!!! Tak ada yg salah! Itu hukum alam, sunnatullaah!!! Bukan manusia yg mau spt itu!
Itu bak pepatah ... "buah si malakama" : Jika dimakan, maka ibu mati; . . . dan jika tak dimakan, maka bapak mati"
Jika tak mau mati keduanya , . . . maka jalan keluarnya adalah makan sebelah atau separoh saja. Paling banter ibu sakit dan bapak sakit, . . . tapi kagak mati. Jadi tak perlu "digital" 1 atau 0, atau yes or no! Tapi bisa semi-digital alias "fuzzi", yg dlm istilah kita "remang-remang" atawa di perbatasan antara terang dan gelap.
Jadi kita bisa memilih hanya 3 altenativ ekstrim, antara:
akslerasi maksimum dan top speed minimum, akselerasi naik, tp tospeed turun
akslerasi minimum dan top speed maksimum, akslerasi turun, tp top speed naik
akslerasi medium dan top speed medium, akaslerasi dan top speed masing-masing naik atau turun separoh, alias "win-win" atawa "fifty-fifty"
Serupa juga, kita bisa memilih hanya 3 altenativ ekstrim, antara:
kelajuan tinggi dan konsumsi BBM boros
kelajuan rendah dan konsumsi BBM irit
kelajuan sedang dan konsumsi BBM sedang
Kasarnya, kalau nggak mau cheweq dan nggak mau chowoq, ya ambil yg "banci' aja . . . ha ha ha . . . whaaa khaaa khaaaaakkkkkkk . . .
Pasalnya kan,
mau spdmotor batangan, tp harganya mahal.
mau yg harganya murah, tp ternyata spdmotor bebek.
Nah spdmotor batangan dan harganya murah itu ya spdmotor "hibrida" atau model kompromistik: Suzuki Thunder 125, alias Suzuki Thunder 250 yg kapasitas mesinya dibebekan, tp badannya tetap model batangan.
Suzuki Thunder sebenarnya dirancang utk kapasitas mesin 250 cc. Tp karena daya beli kebanyakan org Indonesia rendah, utk mencapai target penjualan di Indonesia, akhirnya diambil kebijakan produksi dan pemasaran, menurunkan harga jual, dgn cara meluncurkan Suzuki Thunder 125 cc.
Jadi siapa pun pemilik Suzuki Thunder 125 cc, hrs tahu diri, bahwa spdmotor Suzuki Thunder 125 cc adalah bentuk minimalis utk menekan harga jual agar bisa disesuaikan dgn daya beli masyarakat Indonesia dan negara lain dgn taraf perekonomian setara Indonesia.
Dgn demikian jangan pernah berharap terlalu banyak dgn kemampuan mesin Suzuki Thuder 125, krn ia adalah produk kompromistik hibrida antara penampilan Suzuki Thunder 250 cc dan harga Suzuki model underbound atau model bebek.
Utk uraian lanjut dan lbh lengkap, silahkan lihat dlm forum ini, topik:
MODIFIKASI: DILEMA MODIFIKASI, PRIORITAS, DAN OPSI: SPORT? TOURING? SPORT-TOURING?
MODIFIKASI: PENGETAHUAN DASAR TEKNOLOGI OTOMOTIV UTK MODIFIKASI
MODIFIKASI: DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS
Utk pengiritan konsumsi BBM, silahkan lihat dlm forum ini, topik:
SHARE: THUNDIE GUE IRIT BENER DEH
. . .
Reza-B3269JM KOPKA KOSTER
Poin Brogader : 6149 Total Posan : 93 Sejak : 16.07.07 Domisili : Bekasi -Jakarta Timur KorWil : Jakarta Timur NRA : 0192 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Black Sikon : Single Seater Hobi : Makan
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 15.11.08 18:22
Becul.....hahaha thankz.....!!!!
feri tuh KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5685 Total Posan : 53 Sejak : 22.10.08 Domisili : tangerang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 17.11.08 10:14
ooh begitu sip2 infonya
dexolgenk Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6033 Total Posan : 3355 Sejak : 25.12.07 Domisili : Batam Island Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : Thunder 125 ... pengen dijadiin kaya motard.. Sikon : Single Hobi : Surfing Slogan : Keep Fighting ( Tetap Berusaha, bukan terus berantem )
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 20.01.09 8:37
om iwan siip banget pencerahannya emang sih , motor kita ini masih kalah jika bener2 di pacu dengan motor bebek apa lagi dalam kondisi pull tenk
tapi ya....kita juga harus bangga dengan motor kita karena keunggulannya ya pada medan yang dihadapi ( dalam CC yang sama, bukan model yang sama ) meskipun CC nya bebek, tapi medannya 250 BRO jalan banjir sedengkul, jalan becek, polisi tidur jalan berkerikil, tanah kuning, tanjakan tajam medan off road, semuanya bisa di babat ama motor kita
tapi gw ngomong beginian bener ga ya di tread yang ini
sorry neh kalo OOT
esel LETJEN KOSTER
Poin Brogader : 7699 Total Posan : 2688 Sejak : 05.11.08 Domisili : X mlg KorWil : Jakarta Utara NRA : 0323 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : dari sudut pandang mana dulu nehh bro?? Hobi : Touring Slogan : Jangan pernah ngajarin BUAYA berenang!!!!
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 20.01.09 10:37
apapun bensinna tetep Kalo mo thundie kita bertenaga, akselerasi bagus, top speed bagus butuh modal lebih.
loveapel MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 5412 Total Posan : 2166 Sejak : 19.01.09 Domisili : Yogyakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : diragukan keberadaanya... Slogan : seorang newbie yg akan terus menjadi newbie
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 20.01.09 11:20
betull.....and modalnya ga sedikit.....
thunder_warrior KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5470 Total Posan : 72 Sejak : 14.08.09 Domisili : Denpasar. Bali KorWil : Denpasar. Bali NRA : 650 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : thunder 125 Sikon : Married Hobi : Jalan-jalan, fotografi Slogan : Bravo KOSTER
let's make a better world to make a better life
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed 15.04.10 21:21
wah yang jelas mengapa kita pilih 125 karena irit... klo mau tenaga, pilih 250 aja....
Sponsored content
Subyek: Re: MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed
MODIF: Dampak Perubahan Sproket Terhadap Tarikan dan Top Speed