Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistBlogToolBarRSS FeedCalendarPencarianFAQBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 2 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 2 Tamu :: 1 Bot

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


Share | 
 

 PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2
PengirimMessage
Buitenzorg
PRATU KOSTER
PRATU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 2550
Total Posan : 27
Sejak : 03.02.10
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
Jabatan : Warga Biasa ajah
Thunder :
  • 125
Julukan : Red Dragon from Buitenzorg
Sikon : Single
Hobi : Berenang & Mancing
Slogan : Takut mati jangan hidup, takut hidup mati sekalian.

PostSubyek: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   08.02.10 11:37

First topic message reminder :

Ada beberapa cara untuk meningkatkan performa motor Thunder 250cc, langsung aja dech:

1.Membersihkan ruang bakar plus.
Biasanya thunder dengan km> 25000 kudu servis besar, yang harus dilakukan
adalah membersihkan ruang bakar, cek ring piston, cek apakah ada goresan pada
liner, skir klep (kudu 1 hari 1 malem untuk nentuin apakah klep masih bocor
atau tidak), cek kerenggangan klep, lihat kondisi rocker arm sudah aus atau
tidak, cek busi (lihat warnanya puti kecoklatan - merah bata atau tidak),
bersihkan dan setel karburator, cek kopling dan kampas kopling,ganti per
kopling jika panjang per kopling < 40 mm (aslinya 42 mm), cek karet kopling,
cek pompa oli, terakhir cek rante, kerenggangannya dan cek gear sproket. Ini
mengikuti SOP service pabrikan.

2. lepas segel engine di thunder. Cuma gak semua mekanik bisa melakukan itu
(mungkin gak tahu). Kalo thunder standar biasanya mulai teriak di 4500 - 6500
(peak) selebihnya rada drop powernya sampe batas limiter di 9500 rpm. kalo
segel dilepas, power mulai ada di 2500 - 3000 (o-1500 rpm jatah buat stasioner,
1500 - 2500 jatah buat mesin ambil napas) dan puncaknya di 8000-9000 rpm
(tergantung dari karakter mesin). Karburator standar (main jet dan pilot jet
tidak berubah, knalpot standar pabrik. Problemnya cuma satu warna spkbor depan
bisa kaya pelangi karena sering nyeruduk angkot kalo gak biasa jaga jarak
karena jarak akselerasi motor bertambah tetapi deselerasi motor (baca
pengereman) tetap. Setahu ane mesin diriset pabrik hasilnya muncul 100% power
namun ketika dibuat massal powernya diturunkan (disegel) hingga 25% dengan
berbagai macam alasan (mulai dari menurunkan biaya produksi, aturan
keselamatan, dll) jadi kalo mesin thunder di brosur 20.6 HP (diukur di engine)
maka power sebenernya diatas itu. sebenernya bukan CDI yang menentukan powernya
keluar di rpm bawah-atas (tarikan bawah atas enak). Engine yang minta. Yang
mesti diketahui CDI hanya bertugas mengirimkan sinyal-sinyal arus ke koil
sesuai dengan inputan dari pickup koil (ada faktor putaran mesin bermain) jika
CDI aftermarket setting pengapian di rpm 3000 - 15000 tapi kalo enginenya tidak
mau ngikutin maunya CDI juga gak akan keluar powernya. Jadi kalo mekaniknya
emang jago, dia bisa buat mesin dengan powerband yang lebih lebar dari 2500 -
9000 rpm dibandingin dengan standar yang cuma 4500 - 6500 rpm (tentunya dengan
CDI standar)

3. Porting dan polish jalur ruang bakar in/out dan ruang bakarnya. Kalo istilah
kerennya korek harian. Bagian silinder head biasanya diutak atik. Tapi gak
semua orang tahu start awalnya dari mana. Biasanya yang dirapihkan adalah
bagian kulit jeruk di sepanjang jalur ruang bakar dan merapihkan ruang bakar
itu sendiri. Tapi untuk porting dan polish ada banyak faktor yang ikut
diperhitungkan (namanya mekanik harus bisa ngitung dong, bukan bilang katanya
si anu bikin kenceng) mulai dari durasi kem yang menentukan tekanan
kevakuman ruang bakar, bore stroke, diameter klep, lubang in dan out yang
diperlukan, tekanan gas buang yang keluar, panjang leher angsa knalpot, volume
dari silencer, tekanan backpressure dari knalpot yang diminta, kompresi yang
diminta, serta debit/volume bahan bakar+udara yang diperlukan untuk di ruang
bakar. dari faktor itu keluar berapa diameter lubang in yang diperlukan
dibagian mana harus diperbesar dan dibagian mana yang cukup dibersihkan kulit
jeruknya saja. Karbu bagaimana? tergantung hitungannya bos, dari debit yang
diperlukan perdetik dihubungkan dengan faktor AFR, dan diamter jalur in, muncul
ukuran spuyer yang digunakan baik untuk pilot atau main jet. Knalpot ganti??
tergantung hitungan tadi, di motor ane knalpot standar dibobok dan dibuat ulang
sesuai dengan hitungan volume
silencer. Soal bensin perlu pake pertamax? jawabnya tergantung kompresi yang
diminta, kalo memang maunya pake pertamax ruang bakar disetting untuk pertamax,
kalo make premium 88 juga bisa. Selama ini yang didenger mesin kalo udah korek
mintanya naik pertamax karena kompresi naik. Itu gak sepenuhnya bener. kompresi
hanya bilangan yang berkaitan dengan bahan bakar apa yang mau dipake. Kalo
kompresi 9-9.5 biasanya disarankan pake premium, 9.5 - 10.5 pertamax 92 10.5 -
12 pertamax 94, 12 up mulai dari bensol, avgas, dll.

4. Oversize/Bore up (memperbesar volume silinder)
Nah kalo ini rada ekstrem. Bore up bisa mulai dari oversize 50, 100 (bawaan
pabrik) sampe oversize 200 - 400. Biasanya liner di blok silinder
diperbesar/dicorter sampe ukuran yang dimau.Liner asli biasanya hanya sanggup
sampe oversize 100, lebih dari itu harus ganti liner yang lebih tebel,lebih
bagus dan lebih kuat dan punya batas toleransi kerenggangan yang sempit (tes
dulu di lab). Kendalanya ketika oversize, gak semua tukang bubut punya alat
yang punya toleransi kesalahan 0.01 mm atau lebih kecil dan biasanya juga alat
bubutnya gak pernah dikalibrasi. tanya kenapa? karena harga alat kalibrasi sama
mahalnya dengan harga mesin bubutnya, efeknya paling parah adalah center dari
liner berubah alias miring yang berakibat, liner baret (karena center liner
tidak sama dengan center arah gerak piston, ring habis sebelah. Di jakarta cuma
ada satu yang bisa melakukan itu. Biasanya kesalahannya 0.05 mm up (tergantung
skill tukang bubut). Diukur pake sigmat analog gak begitu keliatan karena
tolerensi sigmat hanya 0.05 mm. comtoh kalo ente mau oversize 100 berarti harusnya
diameter liner 73.00 mm (asli 72 mm), kalo yang bagus biasanya yang keluar
adalah 73.01-73.03mm dan yang jelek adalah 73.05 mm up. Nah kalo masalah diatas
sedah tidak menjadi masalah, baru dihitung ulang faktor yang disebut diatas
untuk mengeluarkan power engine yang optimal.Ada efek negatif kalo
kompresi kegedean. Dinamo starter minta ganti yang lebih kuat.
Bore up dengan piston mobil? hati-hati karena konstruksi pin piston untuk mobil
berbeda dengan motor, baik dari ukuran piston, tebal piston, konstruksi bangun
piston, maupun diameter dan posisi center pinnya. kalo diameter pin mungkin
bisa dilakukan oversize tapi posisi center pin tidak bisa dirubah.Ini yang
bahaya buat liner karena posisi centernya berubah tidak sama dengan centernya
arah gerak piston,piston miring sebelah, dll.

5. Naik stroke.
Kalo ini tidak direkomendasikan. Tanya kenapa?karena di sini belum ada yang
punya alat untuk ngebalance kruk as. Selama di Indonesia belum ada yang punya
alat itu jangan dilayanin kalo ada yang nawarin naik stroke. Sudah beberapa
thunder yang bermasalah dengan naik stroke.

Nah kalo semua diatas udah di jalanin baru deh ente mulai upgrade aksesoris
pendukung motor sesuai dengan kemauan mesin.

1. Benahi kabel bodi. minimal bersihkan soket dan solder setiap sambungan
terutama yang berkaitan kabel di sekitaran sepul, CDI, kuproks, dan koil. Kalo
punya duit lebih ganti kabel yang berkaitan diatas dengan kabel kualitas lebih
bagus (hambatannya lebih kecil dari kabel standar). soalnya kable mudah getas
setelah umur thundi lebih dari 2thn,sering terkena panas mesin,
nge"fong" dan punya hambatan kabel yang besar karena ukuran tembaga
dlam kablenya halus sekali. Efek negatifnya kalo kabel gak dirapihin adalah
arus yang di dalam kabel bisa lebih kecil dari spek input CDI untuk membuka
kurva pengapian dan sinyal arus yang dikirim ke koil untuk mengaktifkan busi
juga jadi lebih kecil sehingga energi yang dikeluarkan juga lebih kecil,
efeknya jelas bahan bakar tidak terbakar sempurna dan jadi boros BBM

2. Ganti koil dan CDI? jawabnya tergantung dari maunya mesin. Kalo memang masih
sesuai dengan maunya mesin kenapa harus ganti?. Kalo dirunut begini, Dari
kompresi mesin keluar bahan bakar apa yang dipake,misal pertamax 92 di kompresi
9.7, dari sini keluar hitungan energi aktivasi yang diperlukan dari bensin
pertamax, Energi tersebut keluar dari busi sebagai pemantik. disini faktor
angka busi menentukan berapa energi yang diminta sesuai maunya pertamax 92
dikompresi 9.7. contoh Energi yang keluar dari Denso X24 beda dengan Denso X27.
Dari hitungan energi tsb keluar spek busi yang diminta.
Spek busi tersebut tentu ada spek input arus dan voltase yang masuk ke busi
untuk mengeluarkan energi. Voltase dan arus dikeluarkan oleh koil, nah dikoil
punya rentang output arus dan voltase yang dikeluarkan. kalo masih masuk
rentang outputnya gak usah ganti kalo diluar itu baru ganti koil. Faktor lain
juga ada, panjang kabel busi dan chop busi juga punya pengaruh. Ada efek
negatifnya kalo ganti koil diatas spek standar. Kabel bodi bisa meleleh karena
arus yang disedot terlalu besar sedangkan hambatan dalam kable standar juga
besar dan menimbulkan efek panas berlebihan dan meleleh deh (pengalaman
pribadi), selain itu juga umur busi juga lebih pendek karena harus berpijar
lebih tinggi dari speknya.

ya klo repost ma'lum masih prajurit
hanya sekedar share ja.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kristiantobloger.blogspot.com

PengirimMessage
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   09.03.10 3:30

puji46 wrote:
Para KOSTER sekalian, saya ingin menanyakan,
bagaimana caranya meningkatkan performance Thunder 250,
supaya tarikannya juga enak serta topspeed nya juga dapat.
paling ga bisa mencapai kecepatan 200km/jam.
terimakasih.

SILAHKAN PILIH TETAP SEIMBANG KOMPROMISTIK ATAU PINCANG

(C) 2006—2010 — EE ONE S | KOSTER 0115 Thunder Rider


Tiap ranmor sdh diracang dgn pertimbangan matang dlm segala aspek oleh para ahli dedengkot otomotiv, puluhan bahkan ratusan ilmuwan dan insinyur di pabrikan ranmor bersangkutan. Sdh pula diuji-coba utk bbg faktor utk memenuhi bbg ketetapan standar Internasional. Jadi sangat kecil sekali bahwa suatu ranmor mengalami penyimpangan rekayasa rancang-bangun atau disain dan konstruksi dlm pabrikasinya, apalagi cuma sepedamotor.

Dan ini termasuk SUZUKI Thunder.

Lantas, jika ada masalah atau anggapan kekurangan, maka letaknya kemungkinan besar dan bahkan hampir dpt dipastikan adalah pd peguna awam, bukan krn kesalahan atau keteledoran pabrikan!

Pd dasarnya tiap ranmor maksud umum atau "general purpose" dirancang dgn memperhatikan aspek kompromistik rasio teknik atau "win-win" alias jalan tengah terbaik, yg secara teknik disebut "optimum", yakni titik terbaik antara medium dan maksimum.

Demikian pula dgn SUZUKI Thunder.

Jadi kesalahan bukan pd produsen atau pabrikan, tp pd konsumen atau peguna!

. . .

Istiah "tarikan" ramor, dlm istilah ilmiah dan teknik adalah "percepatan" atau "akselerasi" (acceleration), yakni perubahan "pertambahan kecepatan per satuan waktu". Lawannya adalah "perlambatan" atau "deselerasi" (deceleration), yakni perubahan "perkurangan kecepatan per satuan waktu" alias percepatan negativ.

Secara mekanik, besar atau kuat percepatan ditentukan oleh diameter roda gigi, baik roda gigi transmisi (transmission gear) maupun roda gigi rantai, cakram rantai atau sproket (sprocket), krn roda gigi inilah yg menjadi media perpindahan tenaga, gaya, dan daya (energy, force and power), dari mesin (engine) ke roda (wheel).

Sesuai hukum fisika mekanika, makin besar atau lebar diameter roda gigi, makin besar atau kuat percepatan, dan sebaliknya. Tp sbg implikasi dan konsekuensi hal ini, makin besar percepatan dpt dicapai, makin rendah kecepatan maksimum kendaraan dpt diraih, dan sebaliknya.

Artinya, jika kuat akselerasi ditingkatkan, maka laju maksimum merosot, dan sebaiknya.

Hal ini menjelaskan mengapa pd gigi transmisi 1 kuat akselerasi adalah maksimum, tapi kecepatan adalah minimum. Sedangkan pd gigi transmisi 5 kuat akselerasi adalah minimum, tapi kecepatan adalah maksimum. Sebab diameter roda gigi transmisi 1 sekitar 5 x diameter roda gigi transmisi 5, dan sebaliknya!

. . .

Nah, berarti utk meningkatkan tarikan Thunder, bisa dilakukan dgn mengganti sproket standar Thunder dgn sproket lain berdiameter lbh besar. Tp dgn konsekuensi top speed merosot.

Sebaliknya, utk meningkatkan top speed Thunder, bisa dilakukan dgn mengganti sproket standar Thunder dgn sproket lain berdiameter lbh kecil. Tp dgn konsekuensi tarikan merosot.

Jadi tinggal pilih, mana yg ingin diunggulkan. Tarikan atau top speed! Krn tak mungkin atau mustahil bisa ditingkat sekaligus bersama.

Apa yg tlh diset oleh pabrikan SUZUKI Thunder adalah titik optimum kompromistik antara tarikan dan top speed.

Sekarang bergantung pd pemilik atau peguna, apakah titik keseimbangan ini ingin digeser, dgn mengunggulkan yg satu dan mengorbankan yg lain.

Terserah anda!


. . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24757
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   09.03.10 3:32

... Bro tau nggak,
krn kelajuan dan tarikan spdmotor itu bergantung juga pd banyaknya gerigi pd cakram rantai alias "sprocket",

berarti dgn mengganti cakram rantai depan dan atau belakang ... dan juga berarti juga ganti rantai,

krn akan dibutuhkan rantai dgn banyak mata-rantai berbeda,

kecepatan dan percepatan bisa diubah ...

pernahkah anda berpisikir sedemikian ... ???

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24757
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   09.03.10 3:36

PILIH SALAH SATU SAJA, TOP SPEED ATAU AKSELERASI

(C) 2006—2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S



sproket | cakram-gigi depan dan belakang


Secara teknik, ada 2 macam rasio gigi,
  • rasio daya, bila roda|cakram-gigi depan berputar lbh cepat drpd roda|cakram-gigi belakang
  • rasio kelajuan, bila roda|cakram-gigi depan berputar lbh lambat drpd roda|cakram-gigi belakang
Jika cakram-gigi depan ditambah 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi depan menjadi lbh besar, maka cakram-gigi belakang berputar lbh cepat, dan spdmotor akan menghasilkan peningkatan top speed, tp akselerasi lbh lambat. Sebaliknya, jika cakram-gigi depan dikurangi 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi depan menjadi lbh kecil, maka cakram-gigi belakang berputar lbh lambat, dan spdmotor akan menghasilkan akselerasi lbh cepat, tp top speed merosot.

Jika cakram-gigi belakang dikurangi 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi belakang menjadi lbh kecil, maka cakram-gigi belakang berputar lbh cepat, dan spdmotor akan menghasilkan peningkatan top speed, tp akselerasi lbh lambat. Sebaliknya, jika cakram-gigi belakang ditambahi 1 gigi saja, shg dimeter cakram-gigi belakang menjadi lbh besar, maka cakram-gigi belakang berputar lbh lambat, dan spdmotor akan menghasilkan akselerasi lbh cepat, tp top speed merosot.

cakram-gigi mana pun diubah | diganti banyak giginya, berarti rantai penggelindingnya juga harus diganti, krn akan membutuhkan banyak mata-rantai berbeda. Rantai Thundie 125 standar 118 mata-rantai.

Jadi tinggal pilih, apakah top speed atau akselerasi ingin ditingkatkan.
  • Jika cakram-gigi depan lbh besar, mk top speed lbh tinggi, tp akselerasi lbh lambat.
  • Jika cakram-gigi depan lbh kecil, mk top speed lbh rendah, tp akselerasi lbh cepat.
  • Jika cakram-gigi belakang lbh kecil, mk top speed lbh tinggi, tp akselerasi lbh lambat.
  • Jika cakram-gigi belakang lbh besar, mk top speed lbh rendah, tp akselerasi lbh cepat.
Sistem transmisi dan cakram-gigi roda adalah pelipat torsi (torque multipliers). Dlm istilah awam, jika gigi 1 memiliki rasio 3 dan gigi 5 memiliki rasio 1 dan mesin menghasilkan 100 daya putar, maka ban belakang bekerja 300 daya putar pd gigi 1 dan 100 pd gigi 5. Ini menjelaskan knp kendaraan memiliki akselerasi lbh cepat pd gigi 1 dan lbh lambat pd gigi lainnya.



Pasangan sprocket | cakram-gigi menentukan rasio secara keseluruhan. Torsi ban belakang bisa dinaikkan atau diturunkan dgn mengubah rasio ini, dan ini secara langsung berdampak pd akselerasi dan top speed.

. . .

__________________________________________________

(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24757
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   09.03.10 3:39

CARA PENINGKATAN TENAGA MESIN RANMOR TERBAIK DI DUNIA!!!

(C) 2006—2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S


. . .

MENAMBAH TENAGA MESIN RANMOR?

BORE-UP SILINDER MESIN? BERARTI PEMBOROSAN!!!

PERBESAR DIAMETER SPRAYER KARBURATOR? BERARTI PEMBOROSAN!!!

BOROS BBM DAN BOROS DUIT!!!


LALU BAGAIMANA AGAR HEBAT TAPI HEMAT?

GUNAKAN LOGIKA DAN AKAL SEHAT!!!


. . .


TENAGA DAN VOLUME SILINDER

Hukum alam atau fisika menyatakan bahwa tenaga atau energi tak dapat diciptakan dan tak dapat dimusnahkan, melainkan hanya dapat diubah dari satu bentuk ke lain bentuk.

Jumlah total tenaga dan benda atau energi dan materi di seluruh semesta atau alam raya adalah tetap atau konstan. Hukum alam atau fisika menyatakan bahwa energi dan materi adalah satu hal sama dalam wujud berbeda.

Hukum alam atau fisika pula menyatakan bahwa energi atau tenaga adalah fungsi ruang dan juga fungsi waktu. Tenaga adalah produk gaya (force) terhadap ruang dan produk daya (power) terhadap waktu.

Kesimpulannya adalah mustahil atau tak mungkin memperbesar tenaga pada volume ruang tetap, dan makin lama makin banyak tenaga dialihkan dgn bergulirnya waktu.

Karena itu tenaga ranmor bergantung pada volume silinder mesin (engine cylinder volume). Makin besar volume silinder mesin, makin jauh perpindahan (displacement) atau langkah torak (piston stroke) terhadap ruang, makin besar tenaga dihasilkan pd gaya tetap, dan makin besar daya dihasilkan pd satuan waktu tetap.

Jadi, tak ada cara lain yg lbh efektiv utk memperbesar tenaga mesin ranmor, kecuali dgn cara memperbesar volume silinder mesin. Dlm konteks ranmor ini berarti peningkatan rasio kompresi (compresion ratio) atau perbandingan volume total silinder mesin thdp volume kamar bakar (combustion chamber) secara fisik.

Dgn demikian, "bore-up" atau over-size" silinder mesin adalah termasuk kategori ini.


. . .


TENAGA DAN BAHANBAKAR

Meski demikian, sesuai pernyataan pertama diatas, cara lain dpt dilakukan utk peningkatan tenaga adalah melalui pengubahan bentuk lain tenaga. Dlm konteks ranmor, yakni pengubahan tenaga BBM (bahanbakar minyak). Makin banyak BBM dibakar, makin besar gaya dorong (thrusting force) atau dorongan (thrust), makin besar tenaga mesin dihasilkan. Namun ini berarti pemborosan BBM dan tentu biaya.

Penggantian penyemprot (sprayer; sproier) karburator dgn yg memiliki diameter penampang lbh besar adalah termasuk kategori ini.

Berkaitan dgn hal ini, utk mesin Otto, yakni mesin menggunakan busi (spark plug; bougie), digunakan juga pengubahan tenaga listrik. Makin kuat tenaga listrik, makin kuat percikan bunga-api listrik (electric spark; vonk) dihasilkan busi, makin tinggi suhu pembakaran utk membakar gas campuran udara dan BBM, makin sempurna pembakaran, makin banyak gas dibakar, makin besar tekanan (pressure), makin besar dorongan, makin besar tenaga mesin dihasilkan. Namun ada batas maksimum suhu diperkenankan, batas ketingkatbakaran gas yg ditentukan oleh nomor oktan (octant number) BBM, dan kriteria komposisi campuran yg ditentukan oleh rasio stoisiomerik (stoichiometric ratio) campuran udara dan BBM, dan ketepatan waktu penyulutan (ignition timming), agar proses pembakaran berlangsung semestinya sbgmana diinginkan. Jika tidak, maka yg terjadi justeru pembakaran tak sempurna dan pembuangan tenaga percuma sebagai gas buang dan panas.

. . .

Cara manapun diterapkan dari alternativ diatas, berarti adalah pemborosan atau pembengkakan biaya, baik awal, pengubahan, maupun operasional. Artinya, tak efisien secara ekonomik, meski efektiv secara teknik.


. . .


TENAGA DAN EFISIENSI TERMAL MESIN

Efisiensi termal mesin berarti penghematan panas mesin, yakni penghematan tenaga mesin yg terbuang sbg tenaga panas.

Hukum alam atau fisika menyatakan bahwa tiap media bergesekan akan selalu menghasilkan panas! Artinya, dlm tiap pergesekan akan selalu ada sebagian tenaga total [potensial dan kinetik] terbuang krn diubah menjadi tenaga panas sbg efek fisik utk mengatasi gesekan tsb. Makin kasar permukaan media, makin besar gesekan, makin banyak tenaga terbuang sng panas! Dan ini berlangsung dlm tiap mesin ranmor dan mekanisme pendukungnya!

Jadi, cara terbaik utk meningkatkan tenaga mesin adalah dgn cara memulihkan tenaga mesin yg terbuang sbg tenaga panas. Makin kecil tenaga panas, makin besar tenaga mesin.

Stop! Harap dicatat bahwa tenaga panas (heat energy) tak samadgn suhu panas (hot temperature)! Tak identik! Samasekali beda! Jika tenaga panas adalah ukuran kuantitas, maka suhu panas adalah ukuran kualitas.

Dgn demikian tinggi suhu panas mesin bukan ukuran banyak tenaga mesin terbuang sbg tenaga panas!

Suhu panas mutlak dibutuhkan oleh mesin! Tp pengubahan tenaga mesin menjadi tenaga panas tidak!

Cara paling murah dan mudah, efiesien dan efektiv, secara teknik dan juga ekonomik, adalah optimisasi operasi mesin (engine operation optimization), utk mencegah dan meniadakan pengubahan tenaga mesin menjadi tenaga panas, yg dpt dilakukan, antara lain dgn cara:
  • minimasi friksi atau gesekan bagian-bagian bergerak mesin, melalui penggunaan pelumas tepat yg memiliki kekentalan (viscosity) terbaik bertahan terhadap rangkum perubahan suhu (temperature variation range) mesin, utk gesekan antar permukaan logam, didalam mesin dan diluar mesin.

  • minimasi friksi atau gesekan antara permukaan ban dan jalan, melalui penggunaan ban sesuai dgn beban dan laju ranmor dan sikon jalan, dgn tekanan udara sesuai dgn volume ban dan beban.

  • akurasi pewaktuan penyulutan (ignition timming), melalui penyetelan waktu pembukaan dan penutupkan katup (valve; klep) mesin secara tepat thdp titik mati (death point), keregangan katup (valve clearance), dan kumparan jemput (pick-up coil) atau pendeyut (pulser).

  • maksimasi tenaga listrik utk penyulutan busi, melalui penyulut (ignitor) dan kumparan sulut (ignition coil).

  • maksimasi penyulutan, melalui penggunaan busi yg sesuai dgn tegangan dan arus listrik dihasilkan dan penyetelan keregangan elektroda busi, utk menghasilkan percikan bunga-api listrik terkuat.

  • maksimasi BBM, melalui penggunaan nomor oktan BBM sesuai dgn rasio kompresi mesin, dgn atau tanpa katalisator pembakaran.

  • maksimasi rapat molekular (molecular density) BBM, dan penyaring bahanbakar (fuel filtering).

  • maksimasi komposisi komponen udara, dan penyaringan udara (air filtering).

  • maksimasi proses pembakaran gas campuran udara dan BBM.

  • minimasi terpaan angin atau helaan (drag) krn gerak ranmor thdp udara, melalui pembentukan tubuh kendaraan ke bentuk aerodinamik, dimana hukum dinamika fluida (fluid dynamics) menyatakan bahwa, makin kuat dorongan (thrust), makin kuat helaan (drag), sementara dua gaya ini berlawanan arah atau bertolak belakang.
Semua ini dilakukan utk satu tujuan, yaitu meminimasi tenaga gerak terbuang sbg tenaga panas.

Sepuluh cara utama diatas inilah yg disarankan atau dianjurkan oleh tiap pabrikan ranmor di seluruh dunia! Tak ada cara lain lbh efisien dan efektiv, alias hemat dan berdampak, secara teknik dan ekonomik! Atas dasar konsep pemulihan tenaga terbuang ini pula semua donkrak (booster) ranmor di seluruh dunia dirancang dan dibuat, agar tenaga terbuang adalah minimum.

Sadarilah bahwa anda tak akan pernah lebih pintar drpd jutaan ilmuwan dan insinyur terdidik dan terlatih yg bekerjasama dlm tim utk merancang bbg ramor di seluruh perusahaan pabrikan otomotiv di seluruh dunia!!!

Apa yg dilakukan oleh tiap item dlm daftar diatas tiada lain adalah upaya peningkatan efisiensi mesin, utk memulihkan sebagian tenaga mesin yg terbuang sbg tenaga panas! Sedemikian shg tenaga dihasilkan mesin dan ditransalsikan ke ranmor adalah maksimum! Namun krn selalu saja ada sebagian tenaga mesin terbuang sbg tenaga panas krn gesekan antar media, ygmana tak bisa dihilangkan samasekali atau dibuat menjadi nol, maka dikatakan bahwa upaya minimasi keterbuangan ini adalah optimisasi mesin. Optimum artinya adalah yg terbaik antara medium dan maksimum.

And all of these what I have done to my Thunder!

Has proven that best maintenance produces best performance!!!

. . .


__________________________________________________

(C) 2006–2010 — KOSTER 0115 Thunder Rider | EE ONE S

HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.

Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.

Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Dodik JeTC
Panglima KOSTER
Panglima KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3855
Total Posan : 7746
Sejak : 04.07.08
Domisili : Jember. JaTim
KorWil : JeTC
NRA : 0494
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : MR. BIG
Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah...
Hobi : cari sodara

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   09.03.10 16:57

Buat pemakaian sehari hari .... standart 250 sdh mantab kok.

Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6998
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   10.03.10 10:33

@Bro Dodik: Wah slamat naik kelas bro Dodik....kapan gantinya neh? hehe

________________________________________
Regards,
Bro Jay

Div. Entertainment KOSTER
NRA : K-125 or K19-02
081584121048 / 08119840548
email : nazar.mardianto@suzuki-thunder.com (koster)
nazarjajay@yahoo.com (fs & ym)
nmardianto@marathonoil.com (office)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
Dodik JeTC
Panglima KOSTER
Panglima KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3855
Total Posan : 7746
Sejak : 04.07.08
Domisili : Jember. JaTim
KorWil : JeTC
NRA : 0494
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : MR. BIG
Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah...
Hobi : cari sodara

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   10.03.10 14:46

Bro Jay wrote:
@Bro Dodik: Wah slamat naik kelas bro Dodik....kapan gantinya neh? hehe


Baru dapet sebulan Bro... btw dua minggu baru dapet dah kebanting ke aspal jdi pas ke bogor kaki sebelah pincang mesti diiket biar ga nyeri...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6998
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   10.03.10 15:31

Dodik JeTC wrote:
Bro Jay wrote:
@Bro Dodik: Wah slamat naik kelas bro Dodik....kapan gantinya neh? hehe


Baru dapet sebulan Bro... btw dua minggu baru dapet dah kebanting ke aspal jdi pas ke bogor kaki sebelah pincang mesti diiket biar ga nyeri...

Waduh...sayang amat ya....tapi syukurlah bs sampe ke bogor dan pulang lagi ke jember dengan selamat bro...

Btw, GS 250 standar aja udah enak diliatnya bro..

________________________________________
Regards,
Bro Jay

Div. Entertainment KOSTER
NRA : K-125 or K19-02
081584121048 / 08119840548
email : nazar.mardianto@suzuki-thunder.com (koster)
nazarjajay@yahoo.com (fs & ym)
nmardianto@marathonoil.com (office)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
LA011199
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


WAKIL KEPALA DIVISI SRO
Male Poin Brogader : 3638
Total Posan : 799
Sejak : 23.06.09
Domisili : Ciputat - Tangerang Selatan
KorWil : Jakarta Selatan
NRA : 0767
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : BBC
Sikon : in relationship
Hobi : koleksi kura-kura / reptil, ikan koi
Slogan : Kerja keras, sabar & iklha

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   10.03.10 16:32

Dodik JeTC wrote:
Buat pemakaian sehari hari .... standart 250 sdh mantab kok.


T250nya mantap Bro ! ati2 kl parkir sm spionnya, byk yg minat tuh Bro
Kembali Ke Atas Go down
http://fxlubke@yahoo.com
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6998
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   10.03.10 16:59

Yoi....ati2 bro Dodik, kalo parkir disembarang tempat...jagain bener tuh spionnya..

________________________________________
Regards,
Bro Jay

Div. Entertainment KOSTER
NRA : K-125 or K19-02
081584121048 / 08119840548
email : nazar.mardianto@suzuki-thunder.com (koster)
nazarjajay@yahoo.com (fs & ym)
nmardianto@marathonoil.com (office)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
Dodik JeTC
Panglima KOSTER
Panglima KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3855
Total Posan : 7746
Sejak : 04.07.08
Domisili : Jember. JaTim
KorWil : JeTC
NRA : 0494
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : MR. BIG
Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah...
Hobi : cari sodara

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   11.03.10 8:59

Wa... bro tu spion sdh ga ori....

ampun deh harga ori nya.........



ane dapet sdah ga ori...

ada tawaran alternatip Rp. 350rb di FB Gsx 250 tapi terbatas

kalo mo mirip coba punya motor roda 3 Triseda kaisar katanya cuman 30rb per biji cuman stangnya ketinggian
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6998
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   11.03.10 13:17



LIPUTAN: Modifikasi T250 (Big Black Carbonite) Bro Lubke Arief KOSTER Jaksel K-0767 di Tabloid Otomotif 11-17 Maret




________________________________________
Regards,
Bro Jay

Div. Entertainment KOSTER
NRA : K-125 or K19-02
081584121048 / 08119840548
email : nazar.mardianto@suzuki-thunder.com (koster)
nazarjajay@yahoo.com (fs & ym)
nmardianto@marathonoil.com (office)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
LA011199
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


WAKIL KEPALA DIVISI SRO
Male Poin Brogader : 3638
Total Posan : 799
Sejak : 23.06.09
Domisili : Ciputat - Tangerang Selatan
KorWil : Jakarta Selatan
NRA : 0767
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : BBC
Sikon : in relationship
Hobi : koleksi kura-kura / reptil, ikan koi
Slogan : Kerja keras, sabar & iklha

PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   12.03.10 1:02

Terimakasih Bro Jay
Kembali Ke Atas Go down
http://fxlubke@yahoo.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?   Today at 21:41

Kembali Ke Atas Go down
 
PERFORMA: Bagaimana Meningkatkan Performa Thunder 250?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 2Pilih halaman : Previous  1, 2
 Similar topics
-
» Vespa Super 1979 (best offer aja)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Performa Suzuki Thunder-
Navigasi: