| PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin | |
|
|
Pengirim | Message |
---|
brorokrs MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 6646 Total Posan : 2178 Sejak : 08.01.08 Domisili : Pasar Rebo-Cikarang PP with Thundie KorWil : Jakarta Utara | KOSTRAD NRA : 0242 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : rokrsthunder Sikon : baru punya atu anak.... Hobi : Hiking-Fishing-Touring Slogan : Jiwa yang sudah terdidik akan dapat menguasai fisik. Bagi orang yang berakal, hidupdalam kesusahan bersama orang2 berakal lebih disenangi daripada hidup dalam kelapangan bersama orang2 bodoh.
| Subyek: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 05.02.09 10:31 | |
| Salam Koster!!! Untuk para brogader yang masih kebingungan dalam memilih busi berikut panduan yang semoga berguna......Peranan busi cukup penting dalam proses pembakaran campuran bensin dan udara di dalam silinder. Arus listrik tegangan tinggi dari distributor dialirkan ke busi untuk membangkitkan bunga api dengan temperatur tinggi di antara elektroda tengah dan masa. Bunga api inilah yang meledakkan campuran bensin udara yang telah dikompresikan. Berdasarkan kemampuannya untuk meradiasikan panas, busi bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu busi panas dan dingin. Perbedaan antara keduanya terletak pada panjang ujung insulator. Busi dingin mempunyai ujung insulator yang lebih panjang. Pemakaiannya harus disesuaikan dengan kondisi dapur pacu dan tingkat kompresi. Untuk mesin standar dianjurkan untuk memakai busi panas, sedangkan busi dingin umumnya digunakan pada dapur pacu berkompresi tinggi atau di udara dingin. Di pasaran, busi panas biasanya memakai kode P 1 - 8, busi dingin berkode P 9 - 14. Sebenarnya pemakaian busi bergantung pada mutu bensin, udara, dan kebiasaan mengemudi. Jika kualitas bahan bakar jelek, udara banyak mengandung air dan mesin sering berada pada rpm tinggi saat kecepatan rendah, umur pakai busi akan pendek. Bagaimana efeknya jika busi dingin disandingkan BBM oktan rendah (Premium) dan busi panas dengan BBM oktan tinggi (Pertamax Plus). Atau, busi panas dengan oktan rendah dan busi dingin dengan oktan tinggi. Apakah semua itu bisa memberikan efek tertentu pada mesin? Sebetulnya pemilihan bahan bakar lebih disesuaikan dengan kapasitas kompresi mesin, bukan busi. Kalau kompresi tinggi tapi bahan bakar kurang mendukung, mesin pasti ngelitik. Sedang jika BBM oktan tinggi namun kompresi rendah, ya nggak terlalu bermanfaat. Paling hanya sisa pembakaran lebih bersih. Namun perlu di perhatikan juga, bawha Pertamax dan busi dingin mempunyai karakter yang bertolak belakang. Pertamax sifatnya tahan kompresi dan susah dibakar, sedangkan busi dingin susah membakar bensin di cuaca dingin. Sehingga banyak kejadian busi missfire (sering mati) bila mesin masih dingin (pagi hari). sumber: http://www.motorplus-online.com; http://www.republika.co.id/; http://www.pikiran-rakyat.com/__________________ *****BRAVO KOSTER***** 242-0808-0803 36-1400-21-01 rokrs@suzuki-thunder.com admin@vinnofj.co.cc admin@ronikrisafandi.co.cc
| |
|
| |
France Tivoz Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6702 Total Posan : 3535 Sejak : 02.10.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0206 Jabatan : KaDiv Bakteri Thunder : Julukan : Red Bull Sikon : unmeried Hobi : Belajar Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 05.02.09 21:08 | |
| Wah mantap oi thanx Bro Roks | |
|
| |
Flik Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6252 Total Posan : 706 Sejak : 06.10.08 Domisili : Bekasi KorWil : Bekasi-Jakarta NRA : 0255 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Koneng Suka Mereng Sikon : Available Hobi : Futsal, korek mesin, turing, rolling, kumpul Slogan : Tetap Mereng
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 06.02.09 22:41 | |
| - BAKTERI KOSTER wrote:
- Wah mantap oi thanx Bro Roks
keren juga ya busi gw panas trus soalnya mesinnya nyala hehe..... | |
|
| |
loveapel MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 5367 Total Posan : 2166 Sejak : 19.01.09 Domisili : Yogyakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : diragukan keberadaanya... Slogan : seorang newbie yg akan terus menjadi newbie
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 06.02.09 23:04 | |
| kalo busi dingin yg tipe racing buat thunder kode brapa tuh??? trus kl beli bilangnya bgimana y??? | |
|
| |
Wendy Dj Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 5909 Total Posan : 1414 Sejak : 10.04.08 Domisili : SBY KorWil : Surabaya NRA : 263 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 250 akhirnya... Sikon : Menikah
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 06.02.09 23:15 | |
| hehe susah ya kadang ngomong ama org toko, terlalu teknis, kadang mereka ga ngerti. terlalu sederhana, dikirain dongok... cari toko yg gede n pinter utik2 mesin bro, baru ngerti mereka soal busi panas dingin kali ya.. | |
|
| |
Flik Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6252 Total Posan : 706 Sejak : 06.10.08 Domisili : Bekasi KorWil : Bekasi-Jakarta NRA : 0255 Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Koneng Suka Mereng Sikon : Available Hobi : Futsal, korek mesin, turing, rolling, kumpul Slogan : Tetap Mereng
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 06.02.09 23:33 | |
| tanya kebengkel racing aja bro kaya bengkel2 yang turun di road race pasti tau ko..... | |
|
| |
France Tivoz Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6702 Total Posan : 3535 Sejak : 02.10.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0206 Jabatan : KaDiv Bakteri Thunder : Julukan : Red Bull Sikon : unmeried Hobi : Belajar Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 08.02.09 9:43 | |
| Oh masalah busi buat Thunder ya,kebetulan gua punya catatannya
Untuk SUZUKI THUNDER ( Busi NGK )
Suzuki Thunder 125
- Std NGK : Type CR 8 E - NGK Platinum :Type CR 8 EGP - NGK Iridium : Type CR 8 EIX
Suzuki Thunder 250/GSX 250
- Std NGK : Type D8EA - NGK Platinum : Type D8VX - NGK Iridium : Type DR 8 EIX
Untuk Thunder 125 tidak disarankan memakai busi karisma karena spesifikasi dari pabrikan berbeda , walaupun drat dan bentuk busi sama,berikut spesifikasi busi karisma ( Kecuali Darurat)
- Std NGK : Type CPR6EA-9 - NGK Platinum : Type CPR6EAGP-9 - NGK Iridium : Type CR7EIX
Berikut Alamat Distributor NGK
Jakarta :
PT SURYA ALAM SEMESTA 021-5821091-92
Surabaya PT Sinar Agung Prasadikindo 031-748-36-22
Silakan menghubungi No diatas untuk lebih mengetahui dimana untuk mendapatkannya | |
|
| |
Daverson Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7383 Total Posan : 2510 Sejak : 01.07.07 Domisili : Jakarta Utara KorWil : KOSTRAD NRA : 0321 Jabatan : Anggota Resmi Thunder : Julukan : My Blue Sikon : apa yah.. ? Hobi : Makan & Traveling Slogan : Yakinlah pada kemampuan diri sendiri & berusahalah terus jgn putus asa
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 08.02.09 10:32 | |
| Jenis nya lumayan lengkap tp ada yg merk Denso ngak ? | |
|
| |
France Tivoz Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6702 Total Posan : 3535 Sejak : 02.10.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0206 Jabatan : KaDiv Bakteri Thunder : Julukan : Red Bull Sikon : unmeried Hobi : Belajar Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 08.02.09 10:34 | |
| Sori dan kalau denso gua gak ada. Mengingat Perihal kita suzuki kerjasama businya adalah dengan NGK.
Data gua dapat dari Pabriknya langsung Di Jl Raya Bogor ,Cibubur | |
|
| |
loveapel MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 5367 Total Posan : 2166 Sejak : 19.01.09 Domisili : Yogyakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : diragukan keberadaanya... Slogan : seorang newbie yg akan terus menjadi newbie
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 08.02.09 10:54 | |
| - BAKTERI KOSTER wrote:
- Oh masalah busi buat Thunder ya,kebetulan gua punya catatannya
Untuk SUZUKI THUNDER ( Busi NGK )
Suzuki Thunder 125
- Std NGK : Type CR 8 E - NGK Platinum :Type CR 8 EGP - NGK Iridium : Type CR 8 EIX
Suzuki Thunder 250/GSX 250
- Std NGK : Type D8EA - NGK Platinum : Type D8VX - NGK Iridium : Type DR 8 EIX
Untuk Thunder 125 tidak disarankan memakai busi karisma karena spesifikasi dari pabrikan berbeda , walaupun drat dan bentuk busi sama,berikut spesifikasi busi karisma ( Kecuali Darurat)
- Std NGK : Type CPR6EA-9 - NGK Platinum : Type CPR6EAGP-9 - NGK Iridium : Type CR7EIX
Berikut Alamat Distributor NGK
Jakarta :
PT SURYA ALAM SEMESTA 021-5821091-92
Surabaya PT Sinar Agung Prasadikindo 031-748-36-22
Silakan menghubungi No diatas untuk lebih mengetahui dimana untuk mendapatkannya waahh,bro bakteri ganti nama ajah, jadi bakteri busi.....hehehee sep infonya bro.... | |
|
| |
France Tivoz Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6702 Total Posan : 3535 Sejak : 02.10.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0206 Jabatan : KaDiv Bakteri Thunder : Julukan : Red Bull Sikon : unmeried Hobi : Belajar Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 08.02.09 11:02 | |
| | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27423 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 07.01.10 17:40 | |
| TIPE BUSI DAN CELAH PERCIK BUSI UNTUK SUZUKI THUNDER
(C) 2006–2010 — Thunder Rider | EE ONE S — KOSTER 0115
TIPE DAN CELAH PERCIK BUSI UNTUK SUZUKI THUNDER | TIPE BUSI | SPARK GAP [ mm ] | GUNAKAN BUSI TIPE INI BILA | CUPRUM | MIN | MED | MAX | ELEKTRODA BUSI STANDAR | TEGANGAN KOIL | panas [ cepat panas ] | 0,65 | 0,70 | 0,75 | basah | rendah | standar | 0,75 | 0,80 | 0,85 | ok | sedang | dingin [ lambat panas ] | 0,85 | 0,90 | 0,95 | gosong | tinggi | IRIDIUM | 0,85 | 0,90 | 0,95 | hangus | ekstra tinggi |
Disclaimer: KOSTER tak bertanggungjawab dan tak dapat dituntut atas kerusakan ranmor atau kerugian apa pun karena penggunaan data dan informasi terkandung disini. |
| |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27423 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 07.01.10 17:42 | |
| RUJUKAN SILANG BUSI PENGGANTI UNTUK SUZUKI THUNDER EN 125
(C) 2006–2010 — Thunder Rider | EE ONE S — KOSTER 0115
RUJUKAN SILANG BUSI PENGGANTI UNTUK SUZUKI THUNDER EN 125 | TIPE BUSI | MEREK PABRIKAN | CUPRUM | DENSO | NGK | NHSP | TORCH | BOSCH | Champion | SplitFire | Daytona MaxFire | panas | U22ESR-N | CR7E | B7RC | CR7E | UR3CC | G65 | SF430D | | standar | U24ESR-N | CR8E | B8RC | CR8E | UR2CC | G63 | SF430C | | dingin | U27ESR-N | CR9E | B9RC | CR9E | UR1CC | G61 | SF430B | | IRIDIUM | | | | | | | | | panas | IU22 | | IB7RC | IC7E | | | | 61480 | medium | IU24 | | IB8RC | IC8E | | | | 61481 | dingin | IU27 | | IB9RC | IC9E | | | | 61482 | I RACING | | | | | | | | | medium | IU01 | | | | | | | |
REFERENCE: Spark Plug Cross Reference from DENSO, NGK, NHSP, etc.
Disclaimer: KOSTER tak bertanggungjawab dan tak dapat dituntut atas kerusakan ranmor atau kerugian apa pun karena penggunaan data dan informasi terkandung disini. |
| |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27423 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 07.01.10 17:43 | |
| RUJUKAN SILANG BUSI PENGGANTI UNTUK SUZUKI THUNDER GSX 250
(C) 2006–2010 — Thunder Rider | EE ONE S — KOSTER 0115
RUJUKAN SILANG BUSI PENGGANTI UNTUK SUZUKI THUNDER GSX 250 | TIPE BUSI | MEREK PABRIKAN | CUPRUM | DENSO | NGK | NHSP | TORCH | BOSCH | Champion | SplitFire | Daytona MaxFire | panas | X22ES-U | D7EA | B7RC | D7RC | X5DTC | P-A7HC | SF413D | | standar | X24ES-U | D8EA | B8RC | D8RC | X5CC | P-A5HC | SF413C | | dingin | X27ES-U | D9EA | B9RC | D9RC | X4CC | P-A3HC | SF413B | | IRIDIUM | | | | | | | | | panas | IX22 | | IB7RC | IC7E | | | | 61487 | medium | IX24 | | IB8RC | IC8E | XR2CS | A6G | | 61488 | dingin | IX27 | | IB9RC | IC9E | | | | 61489 | I RACING | | | | | | | | | medium | IXU01 | D8EVX | | | | | | |
REFERENCE: Spark Plug Cross Reference from DENSO, NGK, NHSP, etc.
Disclaimer: KOSTER tak bertanggungjawab dan tak dapat dituntut atas kerusakan ranmor atau kerugian apa pun karena penggunaan data dan informasi terkandung disini. |
| |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27423 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 07.01.10 17:45 | |
| RUJUKAN SILANG BUSI PENGGANTI UNTUK SUZUKI THUNDER
(C) 2006–2010 — Thunder Rider | EE ONE S — KOSTER 0115
RUJUKAN SILANG BUSI PENGGANTI UNTUK SUZUKI THUNDER | PABRIKAN BUSI | NEGARA | SUZUKI THUNDER EN 125 | SUZUKI THUNDER GSX 250 | panas | standar | dingin | panas | standar | dingin | DENSO | Japan | U22ESR-N | U24ESR-N | U27ESR-N | X22ES-U | X24ES-U | X27ES-U | NGK | Japan | CR7E | CR8E | CR9E | D7EA | D8EA | D9EA | NHSP | China | B7RC | B8RC | B9RC | B7RC | B8RC | B9RC | TORCH | China | CR7E | CR8E | CR9E | D7RC | D8RC | D9RC | BOSCH | Germany | UR3CC | UR2CC | UR1CC | X5DTC | X5CC | X4CC | Champion | USA | G65 | G63 | G61 | P-A7HC | P-A5HC | P-A3HC | SplitFire | USA | SF430D | SF430C | SF430B | SF413D | SF413C | SF413B | AutoLite | USA | | | | 2755 | 4133 | 4132 | AC Delco | USA | | | | S123XL | S121XL | S119XL | MotorCraft | USA | | | | | HG2C | | Eyquem | France | | | | | | D1000L | Eyquem | France | | | | | | D1050L |
REFERENCE: Spark Plug Cross Reference from DENSO, NGK, NHSP, etc.
Disclaimer: KOSTER tak bertanggungjawab dan tak dapat dituntut atas kerusakan ranmor atau kerugian apa pun karena penggunaan data dan informasi terkandung disini. |
| |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27423 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 07.01.10 17:46 | |
| RUJUKAN SILANG BUSI IRIDIUM PENGGANTI UNTUK SUZUKI THUNDER
(C) 2006–2010 — Thunder Rider | EE ONE S — KOSTER 0115
RUJUKAN SILANG BUSI IRIDIUM PENGGANTI UNTUK SUZUKI THUNDER | PABRIKAN BUSI | NEGARA | SUZUKI THUNDER EN 125 | SUZUKI THUNDER GSX 250 | panas | standar | dingin | panas | standar | dingin | DENSO | Japan | IU22 | IU24 | IU27 | IX22 | IX24 | IX27 | DENSO | Japan | | | | | IXU01 | | NGK | Japan | | | | | D8EVX | | NHSP | China | IB7RC | IB8RC | IB9RC | IB7RC | IB8RC | IB9RC | TORCH | China | IC7E | IC8E | IC9E | IC7E | IC8E | IC9E | BOSCH | Germany | | | | | XR2CS | | Champion | USA | | | | | A6G | | Daytona MaxFire | France | 6480 | 6481 | 6482 | 6187 | 6188 | 6189 |
REFERENCE: Spark Plug Cross Reference from DENSO, NGK, NHSP, etc.
Disclaimer: KOSTER tak bertanggungjawab dan tak dapat dituntut atas kerusakan ranmor atau kerugian apa pun karena penggunaan data dan informasi terkandung disini. |
| |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27423 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin 07.01.10 17:47 | |
| DENSO IRIDIUM POWER SPARKPLUGHarga: Rp 125.000 Diskon: khusus anggota resmi KOSTER Catatan: spesifikasi dan harga bisa berubah tanpa pemberitahuan di depan KONTAK :KOSTER ON-LINE OUTLEToutlet@koster.or.id atau outlet@suzuki-thunder.comoutlet .koster.or.id atau suzuki-thunder.com/storePROTEK: PERFORMA OTOMOTO TEKNOLOGIJl. Kemang no. 25. Kompleks ARCO. Duren Seribu. Parung. Bogor | Sawangan. Depok 16518. 0251-8611-593, 088-8872-8949, 081-2991-3951 mail@protek.web.idwww.protek.web.idwww.protek.web.id/koster atau koster.protek.web.id | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin | |
| |
|
| |
| PERFORMA: Busi Panas & Busi Dingin | |
|