Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistBlogToolBarRSS FeedCalendarPencarianFAQBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


Share | 
 

 Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 6813
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

PostSubyek: Lepas Per Rocker Arm   21.06.07 9:14


Nggak
sedikit mekanik umum yang mengeluh setel klep Suzuki Thunder 125. Karena ukuran kerenggangan katup isap dan buang kerap nggak sama. “Lantaran rocker arm klep buang dilengkapi per (gbr. 1),” ujar Kiky, mekanik Rizky Motor di Jl. Raya Peninggilan, No. 22, Ciledug, Tangerang.

Nah, karena per itu, maka rocker arm atau yang biasa disebut pelatuk klep terus tertekan (gbr. 2). “Akhirnya, karena tekanan per bikin susah memastikan setelan klep meski sudah pakai filler gauge. Efek lainnya malah bikin baut setelan klep cepat aus, lho,” beber Boski, panggilan beken Kiky.


Menurutnya lagi, itu per bisa aja
dilepas. Pendapat serupa juga dikatakan Mathius Martin, punggawa Kem’s
Brother di Jl. H Asmawi, Depok, Jawa barat. “Saya sudah sering
melakukan. Malah konsumen bilang, akselerasi lebih oke,” ujar pria
ramah itu. Selain karena setelan klep lebih akurat, noken as berputar
lebih enteng.


Malah, nggak cuma itu. Proses starter jadi lebih mudah. “Terutama kalau Thunder masih pakai kick starter, jadi enteng,” sahut Martin.

Membuka per rocker arm mudah. Pastikan piston di TMA (Titik Mati Atas) alias top. Setelah itu, buka baut penahan cap (penutup) head cylinder yang nempel ke rangka pakai kunci ring 12 mm (gbr. 3).

Oh ya, sedikit info biar nggak salah buka. Soalnya, blok mesin atas Thundie 125 terdiri dari tiga bagian. Blok seher, kepala silinder dan tutup kepala silinder. Jadi, yang perlu dibuka cukup atas aja atau cap.


Langkah berikut buka baut kepala silinder pakai kunci ring 10. Setelah cap lepas dari kepala silinder, buka dua baut as rocker arm, masih pakai kunci sama atau obeng kembang (gbr. 4). Namun baiknya, gunakan kunci ring agar baut nggak slek alias dol.

Jika sudah, baru copot as pelatuk klep dari dudukannya pakai tang. Setelah itu, baru deh per bisa dilepaskan. Memasang cap-nya, sama seperti membuka. Hanya saja, ini kebalikannya.

________________________________________
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
abung125
PRAKA KOSTER
PRAKA KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3533
Total Posan : 32
Sejak : 06.04.07
Domisili : cilegon
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : due rabi

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   22.06.07 18:20

salam koster,
bro mengenai lepas melepas per pelatuk ane pernah dapet saran dari mr.tomy huang juragan brt : tundi bekerja di rpm tinggi maka rawan bila per dilepas karna per per pelatuk diciptakan pasti ada fungsinya.
itu dulu dari ane smoga dipertimbangkan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.gmail.com
candra904
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3478
Total Posan : 1806
Sejak : 24.05.07
Domisili : Balikpapan
KorWil : Balikpapan
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja dah...
Sikon : kawin 1 anak
Slogan : Orang Bijak Taat Ibadah... Taat Pajak....Taat Berlalulintas

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   24.06.07 11:38

wah kudu banyak ngeriset ni Bro Dim.. Piss Mann!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/candra904
[BOETHO]
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 4348
Total Posan : 4615
Sejak : 19.04.07
Domisili : Trenggalek - Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0013
Jabatan : Ang. Pendiri
Thunder :
  • 125
Julukan : Big Black Beauty
Sikon : MENGERIKAN....
Hobi : MANASIN ORANG
Slogan : ADA APA YAH...??

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   25.06.07 5:13

BUAT THUNDER KOK COBA-COBA......mmhhhh...mikir... mmhhhh...mikir... suzuki thunder dot c

________________________________________
013
AG 5758 ZI
"Thunder Tiga Digit"
"BIG BLACK BEAUTY"
KOSTER DIVISI TOURING
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
pecintamerahsejati
Mayor KOSTER
Mayor KOSTER


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 3583
Total Posan : 764
Sejak : 15.02.07
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0012
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : thunder bebex 70 cc
Sikon : geus kawin coiii
Hobi : -

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   25.06.07 18:04

emang betul kata bro abung .. ngapain pabrik cape" nyiptain kalo nggak ada guna..... tapi selama ini gwe copot nggak masalah tuh tuh sebab cdi masih std alias masih pake limiter.. kecuali yang udah ganti sebab dengan makin tingginya rpm rawan terjadi tumbukan klep makanya diciptakan per rocker arm ini.....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.depok.go.id
lo2nmanson
SERTU KOSTER
SERTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3486
Total Posan : 141
Sejak : 31.05.07
Domisili : Bandung-jombang
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : thunder 125
Sikon : 100% perjaka
Hobi : Otomotif,musik,komputer
Slogan : belajar mati sebelum mati

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   25.07.07 14:04

gue dah coba lepas per rocker Arm sejak febuari 2007 ampe sekarang ga ada masalah tuh malah tarikan jadi ringan trus kick jadi ringan lalu stel klep jadi makin mudah & tepat
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki_thunder.com
not exist anymore
SERKA KOSTER
SERKA KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3174
Total Posan : 176
Sejak : 30.03.08
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125

PostSubyek: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   25.04.08 22:02

TIP: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125

Nggak sedikit mekanik umum yang mengeluh setel klep Suzuki Thunder
125. Karena ukuran kerenggangan katup isap dan buang kerap nggak sama.
“Lantaran rocker arm klep buang dilengkapi per (gbr. 1),” ujar Kiky,
mekanik Rizky Motor di Jl. Raya Peninggilan, No. 22, Ciledug, Tangerang.

Nah,
karena per itu, maka rocker arm atau yang biasa disebut pelatuk klep
terus tertekan (gbr. 2). “Akhirnya, karena tekanan per bikin susah
memastikan setelan klep meski sudah pakai filler gauge. Efek lainnya
malah bikin baut setelan klep cepat aus, lho,” beber Boski, panggilan
beken Kiky. KLIK - Detail

Menurutnya lagi, itu per bisa aja
dilepas. Pendapat serupa juga dikatakan Mathius Martin, punggawa Kem’s
Brother di Jl. H Asmawi, Depok, Jawa barat. “Saya sudah sering
melakukan. Malah konsumen bilang, akselerasi lebih oke,” ujar pria
ramah itu. Selain karena setelan klep lebih akurat, noken as berputar
lebih enteng.

KLIK - DetailMalah, nggak cuma itu. Proses starter
jadi lebih mudah. “Terutama kalau Thunder masih pakai kick starter,
jadi enteng,” sahut Martin.

Membuka per rocker arm mudah.
Pastikan piston di TMA (Titik Mati Atas) alias top. Setelah itu, buka
baut penahan cap (penutup) head cylinder yang nempel ke rangka pakai
kunci ring 12 mm (gbr. 3).

Oh ya, sedikit info biar nggak salah
buka. Soalnya, blok mesin atas Thundie 125 terdiri dari tiga bagian.
Blok seher, kepala silinder dan tutup kepala silinder. Jadi, yang perlu
dibuka cukup atas aja atau cap.KLIK - Detail

Langkah berikut
buka baut kepala silinder pakai kunci ring 10. Setelah cap lepas dari
kepala silinder, buka dua baut as rocker arm, masih pakai kunci sama
atau obeng kembang (gbr. 4). Namun baiknya, gunakan kunci ring agar
baut nggak slek alias dol.

Jika sudah, baru copot as pelatuk
klep dari dudukannya pakai tang. Setelah itu, baru deh per bisa
dilepaskan. Memasang cap-nya, sama seperti membuka. Hanya saja, ini
kebalikannya.

ada yang udah pernah nyoba belum?
Kembali Ke Atas Go down
audiarsza
LETTU KOSTER
LETTU KOSTER


ANGGOTA BIASA
Male Poin Brogader : 3516
Total Posan : 518
Sejak : 10.05.07
Domisili : kota 1000 angkot
NRA : double O seven
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : inspek aja deh
Hobi : ga ada...

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   27.04.08 13:20

wah bro kalo daleman gw mendingan ke bkl pribadi aja...repot kalo di rumah ga ada konci...(lagian jg ga bisa masangnya bro Piss Mann! )
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com/
Rendy 133
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 3563
Total Posan : 3594
Sejak : 25.07.07
Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur
KorWil : BEJAT
NRA : 0133
Jabatan : KetHan | KaWil
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Black&Black
Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871
Hobi : keep for brothers......
Slogan : it's me

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   28.04.08 10:38

salam koster

yang mau jadi kelinci percobaan kira kira sapa ya...?
kalau hasilnya memang oke dan gak ada masalah ane mau juga deh..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki thunder.com
dani^bejo
KOPTU KOSTER
KOPTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3284
Total Posan : 57
Sejak : 11.12.07
Domisili : jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : perjaka

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   28.04.08 13:02

udah banyak yg di copot bro.....!!! n gak ada masalah.... aman2 aje.....

fungsinya utk mempermudah setting klep...!!

klu ada yg ngrasa motor lebih enak... paling itu cmn sugesti aje...... he..he..he.....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6995
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   28.04.08 17:08

dhe-d wrote:
Nggak sedikit mekanik umum yang mengeluh setel klep Suzuki Thunder
125. Karena ukuran kerenggangan katup isap dan buang kerap nggak sama.
“Lantaran rocker arm klep buang dilengkapi per (gbr. 1),” ujar Kiky,
mekanik Rizky Motor di Jl. Raya Peninggilan, No. 22, Ciledug, Tangerang.

Nah,
karena per itu, maka rocker arm atau yang biasa disebut pelatuk klep
terus tertekan (gbr. 2). “Akhirnya, karena tekanan per bikin susah
memastikan setelan klep meski sudah pakai filler gauge. Efek lainnya
malah bikin baut setelan klep cepat aus, lho,” beber Boski, panggilan
beken Kiky. KLIK - Detail

Menurutnya lagi, itu per bisa aja
dilepas. Pendapat serupa juga dikatakan Mathius Martin, punggawa Kem’s
Brother di Jl. H Asmawi, Depok, Jawa barat. “Saya sudah sering
melakukan. Malah konsumen bilang, akselerasi lebih oke,” ujar pria
ramah itu. Selain karena setelan klep lebih akurat, noken as berputar
lebih enteng.

KLIK - DetailMalah, nggak cuma itu. Proses starter
jadi lebih mudah. “Terutama kalau Thunder masih pakai kick starter,
jadi enteng,” sahut Martin.

Membuka per rocker arm mudah.
Pastikan piston di TMA (Titik Mati Atas) alias top. Setelah itu, buka
baut penahan cap (penutup) head cylinder yang nempel ke rangka pakai
kunci ring 12 mm (gbr. 3).

Oh ya, sedikit info biar nggak salah
buka. Soalnya, blok mesin atas Thundie 125 terdiri dari tiga bagian.
Blok seher, kepala silinder dan tutup kepala silinder. Jadi, yang perlu
dibuka cukup atas aja atau cap.KLIK - Detail

Langkah berikut
buka baut kepala silinder pakai kunci ring 10. Setelah cap lepas dari
kepala silinder, buka dua baut as rocker arm, masih pakai kunci sama
atau obeng kembang (gbr. 4). Namun baiknya, gunakan kunci ring agar
baut nggak slek alias dol.

Jika sudah, baru copot as pelatuk
klep dari dudukannya pakai tang. Setelah itu, baru deh per bisa
dilepaskan. Memasang cap-nya, sama seperti membuka. Hanya saja, ini
kebalikannya.

ada yang udah pernah nyoba belum?

thanks bro.....tp gambar2 nya gak muncul ya???

________________________________________
Regards,
Bro Jay

Div. Entertainment KOSTER
NRA : K-125 or K19-02
081584121048 / 08119840548
email : nazar.mardianto@suzuki-thunder.com (koster)
nazarjajay@yahoo.com (fs & ym)
nmardianto@marathonoil.com (office)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
candra904
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3478
Total Posan : 1806
Sejak : 24.05.07
Domisili : Balikpapan
KorWil : Balikpapan
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja dah...
Sikon : kawin 1 anak
Slogan : Orang Bijak Taat Ibadah... Taat Pajak....Taat Berlalulintas

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   28.04.08 23:17

kudu konsul n riset lg ni tips ama bengkel langganan....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/candra904
king syahriar
PELTU KOSTER
PELTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3292
Total Posan : 317
Sejak : 08.12.07
Domisili : Surakarta Hadiningrat
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 bro
Sikon : perjaka
Hobi : Main Game, Nonton Film, nOngkrOng, tOuring

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   10.05.08 17:53

kira kira bisa naikin berapa dk ya... Ngupil
Kembali Ke Atas Go down
http://king.syahriar@yahoo.co.id
lo2nmanson
SERTU KOSTER
SERTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3486
Total Posan : 141
Sejak : 31.05.07
Domisili : Bandung-jombang
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : thunder 125
Sikon : 100% perjaka
Hobi : Otomotif,musik,komputer
Slogan : belajar mati sebelum mati

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   04.07.08 16:36

gue udah lepasin per  sendiri di rumah dgn modal kunci 10 dan 12 ..udah ampir 2 taun ampe sekarang ga ada apa2 yg pasti setel klep jd gampang trus tarikan jd aga ringan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki_thunder.com
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6995
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   04.07.08 16:40

Oh gitu ya bro?

________________________________________
Regards,
Bro Jay

Div. Entertainment KOSTER
NRA : K-125 or K19-02
081584121048 / 08119840548
email : nazar.mardianto@suzuki-thunder.com (koster)
nazarjajay@yahoo.com (fs & ym)
nmardianto@marathonoil.com (office)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
Thandyman
BRIGJEN KOSTER
BRIGJEN KOSTER


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 3095
Total Posan : 1640
Sejak : 05.06.08
Domisili : Pandaan. Pasuruan. JaTim
KorWil : Pandaan. Pasuruan
NRA : 0244
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : married
Hobi : Riding
Slogan : You can't stand alone

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   04.07.08 17:10

Kayanya patut dicoba nih tapi bukan tanpa alasan kan pihak pabrik masang ntu per?? Mungkin pak Iwan nih yang bisa bantu sedikit pencerahannya.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kmbspda@net.id
belan
LETTU KOSTER
LETTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3651
Total Posan : 541
Sejak : 03.03.07
Domisili : batam
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : single

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   04.07.08 17:13

nunggu pak iwan aja ahh,.. lama amat yach...
Kembali Ke Atas Go down
lolonmanson
CATAM KOSTER
CATAM KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3522
Total Posan : 1
Sejak : 17.04.07
Domisili : Bandung
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : EN125
Sikon : perjaka

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   08.07.08 15:14

Thandyman wrote:
Kayanya patut dicoba nih tapi bukan tanpa alasan kan pihak pabrik masang ntu per?? Mungkin pak Iwan nih yang bisa bantu sedikit pencerahannya.
boleh juga tuh idenya kita tunggu apa kata pak iwan yg jelas motor sejak dilepas per rocker arm jadi enteng ampe sekarang ga ada masalah tuh...oke pak iwan tolong pencerahannya oke
Kembali Ke Atas Go down
wite
KOPTU KOSTER
KOPTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 2951
Total Posan : 63
Sejak : 12.11.08
Domisili : bandung
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : mahasiswa
Hobi : ngukur jalan n maen di aspal

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   13.11.08 3:17

Per Rocker Arm yg ane dnger ktanya she memng tarikannya entengm klo d lepas, tpi klep agak berisik...bner gatuch??? Mikirrr...
Kembali Ke Atas Go down
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24754
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   13.11.08 5:03

not exist anymore wrote:
TIP: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125

Nggak sedikit mekanik umum yang mengeluh setel klep Suzuki Thunder 125. Karena ukuran kerenggangan katup isap dan buang kerap nggak sama. "Lantaran rocker arm klep buang dilengkapi per (gbr. 1)," ujar Kiky, mekanik Rizky Motor di Jl. Raya Peninggilan, No. 22, Ciledug, Tangerang.

Nah, karena per itu, maka rocker arm atau yang biasa disebut pelatuk klep terus tertekan (gbr. 2). "Akhirnya, karena tekanan per bikin susah memastikan setelan klep meski sudah pakai filler gauge. Efek lainnya malah bikin baut setelan klep cepat aus, lho," beber Boski, panggilan beken Kiky. KLIK - Detail

Menurutnya lagi, itu per bisa aja dilepas. Pendapat serupa juga dikatakan Mathius Martin, punggawa Kem’s Brother di Jl. H Asmawi, Depok, Jawa barat. “Saya sudah sering melakukan. Malah konsumen bilang, akselerasi lebih oke,” ujar pria ramah itu. Selain karena setelan klep lebih akurat, noken as berputar lebih enteng. KLIK - Detail

Malah, nggak cuma itu. Proses starter jadi lebih mudah. “Terutama kalau Thunder masih pakai kick starter, jadi enteng,” sahut Martin.

Membuka per rocker arm mudah. Pastikan piston di TMA (Titik Mati Atas) alias top. Setelah itu, buka baut penahan cap (penutup) head cylinder yang nempel ke rangka pakai kunci ring 12 mm (gbr. 3).

Oh ya, sedikit info biar nggak salah buka. Soalnya, blok mesin atas Thundie 125 terdiri dari tiga bagian. Blok seher, kepala silinder dan tutup kepala silinder. Jadi, yang perlu dibuka cukup atas aja atau cap. KLIK - Detail

Langkah berikut buka baut kepala silinder pakai kunci ring 10. Setelah cap lepas dari kepala silinder, buka dua baut as rocker arm, masih pakai kunci sama atau obeng kembang (gbr. 4). Namun baiknya, gunakan kunci ring agar baut nggak slek alias dol.

Jika sudah, baru copot as pelatuk klep dari dudukannya pakai tang. Setelah itu, baru deh per bisa dilepaskan. Memasang cap-nya, sama seperti membuka. Hanya saja, ini kebalikannya.

Ada yang udah pernah nyoba belum?
Apa? Apa tidak salah? Meneketehe.... Mari kita baca lagi pernyataan ini:

not exist anymore wrote:

Nggak sedikit mekanik umum yang mengeluh setel klep Suzuki Thunder 125. Karena ukuran kerenggangan katup isap dan buang kerap nggak sama. "Lantaran rocker arm klep buang dilengkapi per (gbr. 1), " ujar Kiky, mekanik Rizky Motor di Jl. Raya Peninggilan, No. 22, Ciledug, Tangerang.
Kuaget banget Menurut saya itu mekanik sungguh keterlaluan!!! Apa dia tak pernah tahu bahwa, pada semua kendaraan bermotor, keregangan katup buang (exhaust valve) atau katup keluar (outlet valve) hampir selalu lebih lebar daripada katup isap (suction valve) atau katup masuk (inlet valve)?

mmhhhh...mikir... Pada kendaraan kuno tahun 1950an atau 1960an mungkin masih sama atau lebih kurang sama keregangan masing-masing katup ini. Tapi pada kendaraan modern, hampir dapat dipastikan bahwa katup buang selalu lebih renggang daripada katup masuk. Aturan standar ini berlaku juga pada Suzuki Thunder 125, dan ini menjadi salah satu alasan mengapa katup buang Suzuki Thunder dilengkapi dengan per atau pegas lengan ayun (rocker arm spring), sebagai penjamin agar selalu terbuka lebih lebar daripada katup masuk, tapi tidak membuka dengan keregangan berlebihan (over clearance).

Piss Mann! Pada Suzuki Thunder, keregangan katup buang lebih lebar daripada keregangan katup masuk, tapi katup masuk membuka lebih lama daripada katup buang. Tentang mengapa ini dibuat demikian, telah dijelaskan dalam banyak artikel saya dalam forum ini menyangkut kupas tuntas dan bedah mesin Suzuki Thunder, terutama mengenai termodinamika mesin 4-tak.

Keregangan katup Suzuki Thunder 125:
  • masuk: 0.03 s/d 0.07 mm, optimum 0,05 mm, maksimum 0,10 mm, durasi buka 272°
  • buang: 0.12 s/d 0.18 mm, optimum 0,15 mm, maksimum 0,20 mm, durasi buka 260°
Dengan kata lain, pada Suzuki Thunder 125, keregangan katup buang 1,5 s/d 2,0 x keregangan katup masuk.

Jadi, mekanik atau teknisi yang begitu tak usah didengar lagi tip dan trik, atau nasehat atau sarannya lebih lanjut, karena akan menyesatkan, dan mesin kendaraan Suzuki Thunder kesayangan anda akan jadi korban.


PEGAS LENGAN AYUN | ROCKER ARM SPRING DAN FUNGSINYA

mmhhhh...mikir... Penggunaan per atau pegas (spring) apa pun pada kendaraan otomotiv memiliki 3 (tiga) fungsi utama, yakni sebagai:
  • penahan rentangan (strecth resistor) atau pembatas (limiter).
  • pembalik atau pengembali rentangan (strecth returner) atau pemulih (recoverer).
  • peredam getaran (vibraton redeemer) atau penyerap (absorber).
Dalam banyak hal, fungsi kedua dan ketiga adalah lebih dominan, sehingga disebut juga pegas balik (return spring) atau pegas redam (redeem spring).

Bisa anda bayangkan kalau mekanisme rem tak memiliki pegas balik, apa jadinya, dimana tentu kanvas rem akan lengket dan tak kembali ke posisi semula.

Contoh paling nyata adalah pegas pematah atau penyerap goncangan (shock absorber, shock breaker), dan tentu anda tahu sendiri akibatnya bila pegas peredam ini tak bekerja atau sudah lemah.

Nah, fungsi per atau pegas pada lengan ayun (rocker arm) dalam mekanisme katup atau klep (valve) mesin tak berbeda, hanya saja kerjanya tak bisa kita lihat secara langsung dan tak bisa kita rasakan secara langsung tanpa membuka kop mesin.

lama amat yach... Jadi fungsi utama pegas lengan ayun (rocker arm spring) adalah sebagai pembalik pembukaan klep karena ungkitan tuas ungkit atau nok (cam) pada poros nok (cam shaft) dan sekaligus sebagai peredam getaran mesin yang diterima klep. Sementara itu kepegasan atau kekenyalan (elasticity) tutup-buka masing-masing klep itu sendiri ditangani oleh pasangan pegas dalam dan luar pada tiap tangkai klep. Dgn demikian, secara keseluruhan semua pegas dalam mekanisme klep berfungsi untuk membangkitkan kekenyalan dan meredam getaran, shg klep beroperasi melakukan tutup-buka dengan halus dan lembut, yang mana dengan tambahan minyak pelumas yang tepat akan samasekali meredam bunyi gesekan, dan yang terdengan paling suara ringan . . . cup . . . cup . . . cup . . .




Pengaturan dan penyetelan katup | klep silinder mesin Suzuki Thunder



Kerenggangan katup (valve clearance) terdapat di antara ujung tangkai katup dan sekrup penyetelan (adjusting screw) pada lengan ayun (rocker arm). Jika kerenggangannya melampaui batas maksimum, maka akan mengakibatkan timbulnya bunyi. Jika kerenggangan katup terlalu rapat, maka katup tidak dapat duduk dengan tepat dan mengakibatkan bocoran gas sehingga tenaga dihasilkan tak maksimum. Hal paling buruk dengan kerenggangan katup terlalu rapat adalah bahwa katup akan menyentuh kepala torak (zuiger, piston) dan dapat mengakibatkan kerusakan pada keduanya, yakni katup dan torak.
not exist anymore wrote:
Nah, karena per itu, maka rocker arm atau yang biasa disebut pelatuk klep terus tertekan. "Akhirnya, karena tekanan per bikin susah memastikan setelan klep meski sudah pakai filler gauge. Efek lainnya malah bikin baut setelan klep cepat aus, lho," beber Boski, panggilan beken Kiky.
Binun nehh Apanya yang susah? Koq teknisi tdk tahu teknik penyetelan klep dengan lengan ayun berpegas?

Pada penyetelan katup masuk (intake valve), penyetean dilakukan secara normal seperti biasa. Tapi pada katup buang (exhaust valve), karena terdapat pegas pada lengan ayun, maka saat melakukan penyetelan, lengan ayun harus lebih dulu diungkit dengan obeng pipih sambil memasukkan pencacah ketebalan (thickness gauge) atau "filler" antara sekrup penyetelan (adjusting screw) dan tangkai katup.

Akibat penyetelan katup yang longgar atau justeru rapat, katup tak membuka dan menutup secara sempurna, dan atau tak tepat waktunya, antara lain:.
  • buka-tutup katup | klep tak kenyal | pegas.
  • bunyi mesin kasar atau berisik.
  • katup | klep cepat aus atau rusak.
  • buka-tutup katup tak sinkron dgn pewaktuan penyulutan busi.
  • pembakaran cendrung tak sempurna.
  • ada pemborosan campuran gas dan atau tenaga,
  • putaran mesin stasioner tak rata atau sempurna.
  • putaran mesin pada kelajuan tinggi tak rata atau sempurna.
  • efiensi termodinamik merosot.
  • dll.
. . .

lama amat yach... Semoga bisa dicerna dan bergnua . . .

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24754
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   13.11.08 7:43

dani^bejo wrote:
udah banyak yg di copot bro.....!!! n gak ada masalah.... aman2 aje.....
fungsinya utk mempermudah setting klep...!!
klu ada yg ngrasa motor lebih enak... paling itu cmn sugesti aje...... he..he..he.....
lo2nmanson wrote:
gue udah lepasin per  sendiri di rumah dgn modal kunci 10 dan 12 ..udah ampir 2 taun ampe sekarang ga ada apa2 yg pasti setel klep jd gampang trus tarikan jd aga ringan
lama amat yach... Menurut sebagian org, termasuk teknikan, keberadaan pegas lengan ayun (rocker arm spring) membikin susah penyetelan klep buang. Tp menurut saya itu hanya karena tdk tahu teknik bgmn melakukannya dgn baik dan benar sesuai prosedur panduan pemeliharaan Suzuki Thunder sbgmn disaranhkan oleh pabriknya.

Binun nehh Koq, pegas tsb dilepas lantas "fungsi"nya utk "mempermudah setting klep???"

mmhhhh...mikir... Padahal kan secara teknik pegas tsb dipasang oleh perancangnya agar fungsinya mengatur buka-tutup klep sesuai dgn yg disyaratkan utk kesempurnaan pembuangan gas buang tanpa ada penyimpangan? Dan secara teknik keberadaan pegas tsb tak mengganggu penyetelan asalkan tahu teknik dan caranya.

Bisa jadi secara "visual" atau "emosional" tampak tak terjadi apa-apa Meneketehe.... dlm waktu cukup lama stlh pegas tsb dilepas. Tp yg nyata secara "teknikal" dan "rasional" tlh terjadi pemborosan tenaga dan rosot efisiensi yang tak secara langsung bisa dideteksi oleh mata. Jadi barometernya tak bisa hanya menggunakan perasaan atau penglihatan semata, tp hrs diukur menggunakan instrumentasi teknik sensitiv dan presisi. Dan sy yakin dgn pegas tsb mesin bekerja lbh sempurna drpd tanpanya,

Secara logikal, tindakan ini sangat tak bermanfaat. Hitung saja! Penyetelan klep, yg katanya dipermudah tsb, hanya dilakukan sesaat atau suatu waktu tertentu. Sementara itu, pegas tsb kerjanya setiap saat ketika kendaraan beroperasi sepanhang waktu. Jadi CBR (cost to benefit ratio) samasekali tak imbang alias nol besar. Pola manjemen apa ini?!

. . .

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24754
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   13.11.08 8:02

Thandyman wrote:
Kayanya patut dicoba nih tapi bukan tanpa alasan kan pihak pabrik masang ntu per??
Mungkin pak Iwan nih yang bisa bantu sedikit pencerahannya.
belan wrote:
nunggu pak iwan aja ahh,.. lama amat yach...
lolonmanson wrote:
boleh juga tuh idenya kita tunggu apa kata pak iwan
yg jelas motor sejak dilepas per rocker arm jadi enteng
ampe sekarang ga ada masalah tuh...
oke pak iwan tolong pencerahannya oke

lama amat yach... Sdh dijelaskan secara rinci dlm uraian pd pos sblmnya diatas.
Terasa enteng atau ringan, itu ukuran "sensasional",
dan bukan ukuran bahwa mesin Suzuki Thunder tsb bekerja dgn sempurna.

mmhhhh...mikir... Kalau mau tahu pasti bedanya secara "teknikal",
antara yg dengan pegas dan yg tanpa pegas.
silahkan diujicoba di laboratorium dgn instrumen presisi.

Cayooo...Semangat! Yg jelas Thunder sy dengan pegas tsb,
msh bisa tembus kelajuan-puncak, diatas 120 km/hr,
dengan konsumsi BBM super-irit, 60 s/d 90 km/liter.

Dan tak ada alasan bagi sy Meneketehe.... utk melepas pegas tsb,
hanya utk sekedar kemudahan sementara melakukan penyetelan klep,
dan sy tak punya kesulitan atau hambatan dgn keberadaan pegas tsb
dlm melakukan penyetelan klep, . . . so what???!!! . . .

. . .

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
lo2nmanson
SERTU KOSTER
SERTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3486
Total Posan : 141
Sejak : 31.05.07
Domisili : Bandung-jombang
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : thunder 125
Sikon : 100% perjaka
Hobi : Otomotif,musik,komputer
Slogan : belajar mati sebelum mati

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   03.03.09 13:24

dari :http://www.motorplus-online.com/index.php/article/detail/id/576

Gasingan mesin Suzuki Thunder 125 pada putaran atas seringkali tersendat. Menurut Dwi Utomo, juragan bengkel Datz Motor di Jl. Meruya Ilir, Lapangan Bola, Jakarta Barat, memang dari pabrikannya dibuat penahan, berupa per pembalik di pelatuk klep buang (gbr. 1). Fungsinya bikin Thunder 125 makin irit saat digeber.

Bagi yang suka tarikan atas Thunder terasa lebih enteng, per pembalik itu bisa dicabut (gbr. 2). Sehingga gasingan mesin dari bawah ke tarikan atas makin yahud dan enteng.

“Di Thunder per pembalik mungkin oleh pabriknya agar bukaan gas buang tidak terlalu terbuka. Sehingga saat nutupnya juga lebih cepat,” ujar Dwi Utomo.

Itu berakibat tarikan bawah jadi dirasa agak berat.

Untuk mengentengkannya, per klep bisa dicopot. Karena fungsinya sekadar penahan. Caranya, buka dulu tutup kepala silinder pakai kunci 12. Selanjutnya copot. Tapi sebelumnya pindahkan ke posisi top yaitu pada posisi TMA (Titik Mati Atas). Setelah head terbuka kelihatan pelatuk klep dan per pembaliknya.

Langsung copot per pembaliknya. Gunakan tang untuk menarik as pemegang pelatuk (gbr. 3). Beres dan silakan pasang ulang. Dipastikan tarikan Thunder 125 makin enak saat digas.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki_thunder.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24754
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   03.03.09 13:34

mmhhhh...mikir... Utk yg ingin melepas pegas klep buang silahkan . . .
tak ada larangan . . .

lama amat yach... BTW sampai saat ini sy pribadi tak merasa ada keperluan melepas pegas tsb . . .
krn akselerasi bisa full RPM dan tembus top speed . . .
dan kosumsi BBM iritnya bukan main . . .

. . .

FYI Bro Gerry K-39 KOSPAD sdh dilepas pegas klep buangnya . . .
Ask him directly for the effects . . .

. . .
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Dodik JeTC
Panglima KOSTER
Panglima KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3852
Total Posan : 7746
Sejak : 04.07.08
Domisili : Jember. JaTim
KorWil : JeTC
NRA : 0494
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : MR. BIG
Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah...
Hobi : cari sodara

PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   03.03.09 16:56

gimana testimoni Om Gerry setelah per dilepas ???

sharing donk Om Gerr...

jadi penasaran neh...

kalo ga masalah boleh juga tuh...

apalagi tarikan jadi enteng..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125   Today at 17:34

Kembali Ke Atas Go down
 
Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» kopling PTS bunyi nging"
» As roda depan lepas
» Beda Mesin PX, PS dengan Super 78
» WTA: Kenapa Mesin Excel Saya Panas Banget?
» VESPA GS for share

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Performa Suzuki Thunder-
Navigasi: